Mesin Laminating – Alat Laminating Terbaru 2017

//Mesin Laminating – Alat Laminating Terbaru 2017

Mesin Laminating – Alat Laminating Terbaru 2017

Mesin Laminating

Mesin Laminating adalah sebuah alat yang berfungsi untuk melaminasi (melapisi) sebuah produk dengan plastik (film). Tujuan pelapisan (melaminasi) produk dengan plastik (film) adalah agar produk lebih aman, bersih, dan tidak mudah rusak agar dokumen menjadi lebih awet, terbebas dari debu, kotoran, maupun percikan air.

Metode pemanasan plastik (film) yang tersistematis menghasilkan lapisan pelindung (laminasi) plastik yang tidak mudah rusak, karena kertas/dokumen yang dilaminasi,menjadi lebih awet karena terbebas dari gangguan debu/udara.

Laminating merupakan proses sederhana yang di dalamnya termasuk sebuah plastik lembaran tipis, khususnya yang terbuat dari bahan polypropylene, polyester atau nylon ke permukaan lembaran atau media yang lain. Plastik ini dapat dilapiskan dengan dua cara, yaitu metode wet dan thermal laminating, Sehingga membuat produk yang dilapisi dengan film laminasi tersebut lebih aman, bersih, dan tidak mudah rusak.

Kegunaan Mesin Laminating

Mesin Laminating merupakan mesin yang banyak digunakan oleh industri di seluruh dunia, mulai dari industri skala kecil hingga industri besar. Mesin laminasi dapat digunakan untuk melapisi berbagai macam produk, seperti Buku, Kertas, Surat, Undangan, Kemasan Produk, dan masih banyak lagi.

Sehingga banyak sekali industri-industri di Dunia yang menggunakan Alat laminating untuk melapisi produknya maupun untuk membuka jasa laminasi. Dengan menggunakan Mesin laminasi, anda dapat melindungi banyak sekali benda atau barang-barang anda dengan aman, rapi, dan bersih.

Mesin laminating atau biasanya disebut mesin laminasi terdiri atas 2 jenis berdasarkan cara kerjanya, yaitu mesin laminating panas dan mesin laminating dingin.

Perbedaan dari keduanya adalah pada Mesin laminating panas menggunakan pemanas pada proses laminasinya, sedangkan pada proses mesin laminating dingin tidak menggunakan pemanas.

Untuk masalah hasil tentu saja hasil leminasi dari Mesin laminating panas secara kualitas lebih bagus dibanding Mesin laminating dingin karena panas 90 s/d 150 C untuk melelehkan bagian lem kering plastik laminating agar lengket ke media, tetapi untuk harga mesin sendiri  lebih terjangkau yang mesin laminating dingin.

Produk anda seperti buku, kemasan biasa, kemasan window, dan barang lainnya akan lebih terlihat semakin menarik. Kemasan Window sendiri merupakan sebuah kemasan yang dilaminasi dengan film laminasi yang berfungsi sebagai penampil produk (dikarenakan  transparan).

Penawaran Produk Mesin Laminating

Mesin laminating ini dibuat khusus untuk dapat memanaskan plastik (film) agar dapat optimal melindungi melaminasi produk.

Alat laminating mesin sangat cocok digunakan industri barang maupun jasa yang memanfaatkan pelapisan film (plastik) pada produknya.

Mesin laminasi ini dilengkapi dengan pemanas yang sangat berkualitas, sehingga dapat menghasilkan panas yang optimal. Walaupun saat ini harga mesin laminating semakin murah, jangan tergiur, Anda juga harus perhatikan kualitasnya. Dan yang terpenting, Anda juga harus memahami fungsionalitas dari mesin laminating itu sendiri.

Alat Laminasi tersebut dirancang dan dibuat dengan penuh perhitungan dan profesionalitas. Mesin aminasi juga dibuat dari bahan material Plat besi yang sangat kuat dan kokoh serta telah lolos uji QUALITY CONTROL.

Sehingga Kualitas, Kehandalan, Keamanan, dan Keunggulan Alat Laminating kami terjamin.

Tentunya kami menawarkan Mesin laminasi kami dengan harga yang lebih murah dari pada yang lain.

Model dan Spesifikasi Mesin Laminating Rumah Mesin

Mesin Laminating SH – 320

Mesin laminating SH-320 adalah mesin yang digunakan untuk melapisi dokumen-dokumen dengan plastik, agar dokumen lebih bersih serta aman. Selain itu, alasan kerapian dan membuat dokumen tampak lebih bagus juga menjadi pertimbangan seseorang untuk melakukan laminasi (melaminating) pada dokumen-dokumennya.

Mesin laminating SH-320 ini sering kita jumpai di tempat foto copy, mesin ini bisa anda jadikan usaha dalam kalangan bawah atau baru mencoba membuat usaha kecil-kecilan. Mesin laminating SH-320 ini termasuk mesin peralatan kantor yang harus di miliki oleh perusahaan untuk melindungi dokumennya agar tidak rusak.

Aplikasi penggunaan dengan mengunakan mesin ini adalah brosur makanan untuk restoran Anda, atau bisa juga digunakan untuk di tempat jasa foto copy yang digunakan untuk melaminating ijazah ataupun berkas-berkas dan file-file penting kertas di perusahaan Anda. Selain terlindungi dari kotoran, air dan debu, file kertas yang sudah dilaminating dapat bertahan lama sehingga bisa tersimpan dengan aman.

Alat Laminating - Mesin Laminating Terbaru 2017

Gambar alat laminating sh-320

Energi Yang Digunakan : Listrik.
TeganganListrik : 220 V.
FrekuensiListrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 600 Kilo Watt.
Ketebalan Plastik ( Film ) : < 1 mm.
Lebar Film Maksimal : 320 mm.
Waktu Siaga : 3 – 4 Menit.
Temperatur (suhu) : 70-90 C.
Berat Mesin : 7,5 Kg.
Lebar laminating : 32 cm.
Dimensi Mesin : 500 mm x 210 mm x 110 mm.

Keunggulan Mesin Laminating

  • Hasil Laminasi menjadi Lebih Kuat, Bersih, Rapi, Tidak Mudah Rusak dan Tahan Lama.
  • Mesin Laminasi Mudah Dioperasikan dan Mudah Dirawat.
  • Dibuat Dari Bahan Material Plat Besi Yang Sangat Kuat dan Kokoh.
  • Dirancang Dengan Penuh Ketilitian Dan Fungsionalitas Tinggi.
  • Proses Laminasi Lebih Cepat dan Teratur.
  • Hemat Energi dan Ramah Lingkungan.
  • Suku Cadang Prima dan Berkualitas.
  • Desain mesin Ringkas dan tidak memuat Banyak Ruang.
  • Bisa melaminasi Ukuran Kecil seperti KTP
  • Kompatibel terhadap dokumen A3, A4, F4 dll.
  • Efektif Dan Efisien.

Harga Mesin Laminating

Untuk mengetahui harga dan informasi produk Mesin Laminating kami, Anda dapat menghubungi call center kami  informasi dan harga Hub 0812 2222 9224.

Cara Penggunaan Mesin Laminating

  1. Persiapkan Mesin Laminating, Produk  yang akan dilaminasi, dan plastik (film) yang digunakan untuk melaminasi.
  2. Hidupkan mesin laminating dengan menekan tombil power. Ada on / off biasanya terletak di bagian belakang mesin. (Colokkan  mesin pada stopkontak pertama) Jika tombol on / off dalam posisi, namun tampaknya tidak akan berfungsi, periksa “siaga” untuk mendapatkan mesin keluar dari mode hibernasi.
  3. Tunggu beberapa menit, setidaknya 10 menit untuk benar-benar pemanasan. Anda dapat mengetahui apakah mesin siap dengan melihat lampu pada indikator nya. Kemudian atur suhu pemanas yang akan digunakan untuk memanaskan film (plastik) nanti.
  4. Pilih kecepatan di mana Anda ingin mesin untuk laminasi. Kebanyakan mesin memiliki 10 pengaturan, 1 adalah paling lambat dan 10 adalah yang tercepat. Laminate sangat item tebal, seperti papan poster, pada kecepatan lebih lambat. Laminate tipis item, seperti kertas notebook, pada kecepatan lebih cepat.
  5. Masukkan (Lapisi) Produk dengan Plastik (Film) yang akan digunakan untuk melaminasi produk.
  6. Tempatkan item yang ingin laminasi di mesin. Geser item sampai mereka hanya menyentuh tepi film plastik. Membuat item yakin tidak tumpang tindih atau terlalu lebar untuk mesin.
  7. Tekan tombol “Run” tombol. Item yang harus mulai bergerak melalui mesin laminating. Anda bisa tekan tombol “Stop” tombol kapan saja untuk menambahkan item tambahan. Setelah Anda memberi makan semua item ke dalam mesin, tunggu sampai item terakhir benar-benar keluar bagian belakang mesin. Tekan tombol “Stop” tombol waktu akhir.
  8. Tekan tombol “Forward” untuk memulai proses laminasi dengan arah kedepan (Forward).
  9. Letakkan (Masukkan) produk yang sudah dilapisi plastik kearah pemanas Mesin laminasi. Otomatis produk tersebut akan terseret kedalam Alat laminating dengan otomatis.
  10. Dengan begitu produk akan mulai terlaminasi di dalam Alat laminating dan akan keluar lewat sisi yang lain.
  11. Geser mekanisme pemotongan (terletak di belakang mesin) di film plastik. Ini melepaskan bahan laminasi Anda dari gulungan film plastik dan menyiapkan mesin untuk pengguna berikutnya.
  12. Lapisi kertas/dokumen dengan plastik pelapis khusus untuk laminasi, lalu dipres dan dipanaskan. Hidupkan tombol power dan biarkan mesin menjadi panas, dan sudah dapat digunakan saat lampu indikator “Ready” menyala. Jangan lupa untuk menyesuaikan ketebalan materi yang akan dilaminating. Sebaiknya lapisi plastik laminating dengan kertas hvs minimal 60 gram.
  13. Jika produk anda sudah keluar dari sisi lain, anda dapat mengambilnya.
  14. Ulangi proses tersebut hingga produk anda terlaminasi semua.

Perlengkapan Tambahan (Opsional)

Salah satu perlengkapan yang paling penting yang Anda perlukan saat bersiap-siap untuk menggunakan laminator kantong adalah carrier. Sebuah operator laminating adalah selubung yang mengelilingi kantong baik laminating dan dokumen Anda, membuat proses laminating mudah, cepat, dan bersih.

Berikut adalah empat alasan mengapa Anda harus menggunakan operator saat laminating:

1. Untuk menghindari lengket.

Bila Anda melaminasi dokumen, panas dari rol mesin mencair perekat di dalam kantong laminating. Perekat ini membantu mengikat kantong untuk dokumen Anda. Sebagai perekat dilebur selama laminasi, sangat mungkin bahwa sebagian akan cairan keluar dari kantong laminating pada mesin yang s rol mesin, yang tidak hanya mempengaruhi kinerja, tetapi tampilan dokumen Anda. Namun, Anda dapat mencegah kekacauan hal ini terjadi dengan menempel item dalam carrier.

2. Untuk mencegah kemacetan.

Laminating tanpa carrier dapat sangat meningkatkan kemungkinan kantung mendapatkan membungkus s rol mesin karena membangun-up perekat. Kadang-kadang Anda dapat mencegah kemacetan jika Anda mengatur untuk melihat potensi masalah, tapi benar-benar, cara terbaik untuk memastikan Anda tidak akan mendapatkan kemacetan adalah dengan menggunakan carrier ketika laminating.  Tidak hanya mencegah perekat dari kantong melarikan diri, itu menambah kekakuan, sehingga memudahkan untuk dokumen anda dengan aman keluar dari mesin. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir tentang dokumen Anda mendapatkan semua tergulung dalam laminator, yang menjengkelkan karena tidak bisa hanya menjalankan mesin Anda, dapat merusak pekerjaan Anda juga.

3. Untuk mendapatkan yang tampak jadi produk berkualitas.

Mari kita hadapi: salah satu alasan utama orang laminasi adalah karena mereka ingin dokumen mereka tampak bagus. Sebuah operator laminating dapat membantu membuat itu terjadi. Dengan menempatkan pekerjaan Anda di operator, Anda dapat yakin bahwa dokumen Anda akan muncul dari mesin tampak besar dan yang tidak memiliki ketidaksempurnaan seperti tanda panas sedap dipandang. Memastikan bahwa dokumen Anda akan berbaring datar dan halus, dan tidak akan terjerat di rol atau dirusak oleh perekat.

4. Untuk mendinginkan.

Bila dokumen Anda keluar dari laminator, itu akan sangat panas, sehingga  untuk membakar diri sendiri. Juga, plastik laminasi panas dapat dengan mudah ditandai dengan sidik jari. Sebuah carrier dapat mencegah hal ini, memungkinkan Anda untuk menempatkan dokumen Anda ke sisi mana ia dapat menenangkan diri dengan menjadi rusak – atau mungkin membakar tangan Anda.

Ini adalah empat alasan mengapa Anda harus menggunakan operator saat laminating. Kebanyakan paket laminating kantong anda beli akan mencakup pembawa, jadi mereka mudah (dan murah) untuk mendapatkan memegang. Atau Anda dapat memesan operator tambahan untuk memastikan bahwa Anda selalu memiliki satu di tangan. Dengan begitu banyak manfaat yang tersedia begitu mudah, pembawa jelas yang harus dimiliki ketika laminating.

Kelebihan: kertas/dokumen yang dilaminasi,menjadi lebih awet karena terbebas dari gangguan debu/udara.

Kelemahan: plastiknya menempel ke kertasnya, jadi kalau plastik pelapisnya rusak, otomatis akan merusak dokumen aslinya, kertasnya. Begitu juga kalau dalam proses laminasi terjadi kegagalan.

Proses Penggunaan Pertama kali pada Mesin Laminating

Bila Anda laminasi dokumen, panas dari rol mesin mencair perekat di dalam kantong laminating. perekat ini membantu mengikat kantong untuk dokumen Anda. Sebagai perekat dilebur selama laminasi, sangat mungkin bahwa sebagian akan cairan keluar dari kantong laminating pada mesin yang rol mesinnya, yang tidak hanya mempengaruhi kinerja, tetapi tampilan dokumen Anda. Namun, Anda dapat mencegah kekacauan hal ini terjadi dengan menempel item dalam carrier.

Keunggulan Laminasi Menggunakan Alat Laminating

Kalau dahulu cara praktis untuk laminasi adalah dengan menggunakan setrika caranya adalah: Benda yang mau dilaminating ditutup dengan plastik / kain, lalu sesuaikan ukurannya. Terus ditutup dengan kain atau kertas, baru ditekan dengan setrika panas. Setelah itu dibalik dan lakukan hal yang sama seperti tadi.

Cara tersebut diatas terkesan simpel, praktis tentunya tidak merepotkan, akan tetapi untuk hasil yang dihasilkan kadang tidak sesuai seperti yang diharapkan : Kertas meleleh, hasil buram dll.

Hasil laminasi yang di lakukan dengan alat laminasi adalah hasil cetak terlindung  terhadap goresan, dan anti air, juga hasil cetak menjadi lebih awet dan membuat hasil cetak menjadi lebih indah.

Contoh Hasil Laminasi

Mesin laminating digunakan untuk melindungi produk untuk melaminasi / melapisi kertas dengan plastik / film kertas dengan pemberian lapisan plastik menggunakan panas roll heater cara kerjanya dengan kombinasi dari panas dan plastik.

Alat Laminating - Mesin Laminating Terbaru 2017

Prinsip kerja laminasi

Manfaat yang didapatkan jika melaminasi dengan menggunakan alat laminating sendiri adalah : kertas / dokumen yang dilaminasi, menjadi lebih awet karena terbebas dari gangguan debu/udara.

 

Jenis Jenis Laminasi

1. Laminasi Doff

Alat Laminating - Mesin Laminating Terbaru 2017

gambar laminasi doff

Laminasi Doff adalah jenis laminasi yang menghasilkan lapisan film ( plastik ) yang berwarna gelap dan tidak mengkilap. Laminasi Doff mempunyai kesan yang elegan, mewah dan eksklusif. Objek yang dilaminasi dengan laminasi doff lebih awet walaupun sering dipegang dan tidak meninggalkan jejak sidik jari.

Jenis laminasi ini sering digunakan untuk melaminasi produk seperti buku, majalah, undangan, kertas, surat, dan yang lainnya.

2. Laminasi Glossy

Alat Laminating - Mesin Laminating Terbaru 2017

gambar laminasi glossy

 

Laminasi jenis ini memberi kesan berkilau terhadap hasil cetakan printer inkjet yang dilapisinya, laminasi glossy mampu memberikan kesan berkilau karena memantulkan banyak cahaya

Jenis laminasi Glossy juga akan mempunyai tekstur yang licin ketika disentuh. Laminasi Glossy sering digunakan untuk melapisi permukaan produk seperti, Foto, Sticker, Poster, Pamflet, dan produk yang sama dengan Laminasi Doff.

3. Laminasi Window

Alat Laminating - Mesin Laminating Terbaru 2017

Contoh penggunaan laminasi window pada produk panganan

Laminasi Window adalah laminasi yang mempunyai fungsi (tujuan) untuk membuat kemasan tidak tertutup ( produk dapat dilihat).Laminasi window merupakan  sebuah laminasi yang digunakan untuk membuat sebuah jendela atau kotakan pada sebuah kemasan dengan karakter mengkilap.

Laminasi window ini biasanya digunakan agar barang yang ada dalam kemasan itu terlihat dari luarnya tanpa harus membuka kemasan. Sehingga ini kan lebih memberikan kesan yang menarik pada kemasan tersebut, Yang mana area terbuka tersebut akan ditutup dengan plastik (film) laminasi yang tidak berwarna (transparan). Sehingga kemasan akan tertutup dengan optimal, namun tetap dapat menampilkan objek (produk) yang ada didalamnya.

 

4. Laminasi Spot Uvi

Alat Laminating - Mesin Laminating Terbaru 2017

Contoh penggunaan laminasi spot Uvi pada undangan / boks

Laminasi Spot Uvi adalah jenis laminasi yang mirip dengan jenis laminasi Glossy yakni menghasilkan lapisan permukaan berwarna mengkilat dan licin, Akan tetapi Varnis UV ini tidak begitu melindungi hasil cetakan. Karena prosesnya hanya disemprot dangan cairan tertentu.

UV (ultra violet) Varnish adalah lapisan cair yang digunakan untuk menutupi area dari desain dan melindunginya (misalnya teks, logo atau gambar varnishing sambil membiarkan sisa halaman tidak terpengaruh). Tidak seperti laminasi, pernis UV hadir dalam rangkaian akhir dan tidak hanya mencakup lapisan gloss dan matt tapi juga versi glitter dan warna-flip serta banyak lainnya. 

Spot Uvi digunakan untuk meningkatkan nilai dan kualitas barang cetakan (seperti brosur, folder atau lembar data) dan juga memberikan perlindungan tinta, Dapat digunakan bersamaan dengan laminasi dan dicetak di atas untuk menciptakan hasil yang lebih kreatif dan beragam.

Laminasi Spot Uvi banyak digunakan pada benda (produk) tertentu seperti Undangan, boks dll. Terkadang ada jenis undangan yang terdapat sebuah tulisan atau gambar yang memiliki warna yang lebih mengkilat dibandingkan permukaan lainnya. Tulisan atau gambar itulah yang mendapat lapisan laminasi Spot Uvi.

 

 

By | 2017-05-20T01:39:35+00:00 May 19th, 2017|Produk|Comments Off on Mesin Laminating – Alat Laminating Terbaru 2017

About the Author: