Ini Beda! Cara Membuat Rolade Ayam dengan Cara Unik Hasil Nikmattt

//Ini Beda! Cara Membuat Rolade Ayam dengan Cara Unik Hasil Nikmattt

Ini Beda! Cara Membuat Rolade Ayam dengan Cara Unik Hasil Nikmattt

Cara Membuat Rolade Ayam

Cara Membuat Rolade Ayam – Ayam merupakan salah satu hewan jenis unggas yang dapat diolah menjadi berbagai makanan yang enak. Mulai dari daging sampai telur, semuanya dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Namun memilih daging ayam untuk diolah merupakan hal yang cukup penting.

cara membuat rolade ayam

Daging ayam segar

Mengingat sekarang banyak sekali daging ayam yang kurang segar. Sehingga dapat menurunkan kadar gizi maupun cita rasa ayam setelah diolah menjadi makanan. Berikut kami bagikan tips memilih daging ayam segar.

Tips untuk anda bagaimana memilih daging ayam yang segar dan sehat

  1. Cara memilih daging ayam yang segar adalah dengan menggosok kulit ayam, anda bisa menggunakan jari anda. Apabila ada rasa atau penampakan seperti tepung saat digosok maka anda patut curiga, karena ayam itu kemungkinan telah dicuci atau dilumuri bahan kimia. Sisa yang ditinggalkan tersebut merupakan bahan kimia yang tertinggal disaat pencucian yang kurang sempurna.
  2. Untuk mengetahui apakah daging ayam yang dibeli mengandung borak atau tidak, anda bisa melihat dengan cara mengamati apakah ada lalat yang hinggap pada daging ayam tersebut, jika tidak maka anda pantas untuk membelinya.
  3. Seperti hal nya daging, ayam juga mempunyai bau khas, tidak perlu diangkat sampai pada hidung anda tapi cukup angkat agak mendekat maka anda bisa mencium baunya, bila yang dicium bau anyir maka segeralah pindah ketempat penjual ayam ayam yang lain.
  4. Dari segi warna daging, daging ayam yang baik adalah yang berwarna putih kream sedikit kemerahan.
  5. Coba anda tekan daging ayam yang akan anda beli, jika kembali kebentuk semula, kenyal maka daging ayam tersebut bisa anda beli
  6. Dan ingat jangan terpengaruh dengan murahnya harga, karena bagaimana pun kualitas dan keamanan tetap menjadi nomor satu untuk keluarga.

Kandungan Gizi Pada Daging Ayam

Fakta kandungan gizi daging ayam Menurut USDA, 100 g ayam mengandung air (65 g), energi (215 kkal), protein (18 g), lemak (15 g), lemak jenuh (4 g), kolesterol (75 mg), kalsium (11 mg), besi (0,9 mg), magnesium (20 mg), fosfor (147 mg), kalium (189 mg), natrium (70 mg), dan seng (1,3 mg). Di antara vitamin dalam daging ayam antara lain vitamin C, vitamin B1 (hiamin), riboflavin, niacin, vitamin B-6(pyridoxamine), folat, vitamin B-12, vitamin A, vitamin E (tocopherol), vitamin D dan vitamin K.

Manfaat Daging Ayam

1. Kandungan protein yang tinggi

Ayam adalah salah satu bahan makanan berprotein tertinggi. Jumlah protein daging ayam adalah 18 g per 100 g ayam, ini sangat tinggi. Protein sangat penting dalam diet sehat kita. Protein yang ada pada ayam adalah asam amino yang bermanfaat untuk membangun blok otot kita.

Nilai yang disarankan kebutuhan protein dalam diet harian adalah 1 g per 1 kg berat badan,  atau 0,4 g protein per pon berat badan. Jumlah ini bagi orang yang normal. Untuk atlet, kebutuhan harian protein adalah sekitar 0,6 g menjadi 0,9 g per kg, yang lebih dari dua kali lipat kebutuhan rutin.

2. Sumber vitamin dan mineral penting

Ayam bukan hanya sumber protein yang sangat baik, tetapi juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik juga. Vitamin dan mineral yang ditemukan pada ayam sangat banyak, dan berguna untuk berbagai proses dalam tubuh kita. Misalnya, vitamin B berguna untuk katarak, gangguan kulit, kekebalan tubuh, kelemahan, pencernaan, sistem saraf, migrain, gangguan jantung, rambut beruban, kolesterol tinggi, diabetes, dll.

Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan menguatkan tulang. Vitamin A membantu menjaga penglihatan mata,  dan mineral seperti zat besi sangat membantu untuk pembentukan hemoglobin, aktivitas otot, mencegah anemia. Kalium dan natrium adalah elektrolit, fosfor sangat membantu dalam menanggulangi kelemahan, kesehatan tulang, fungsi otak, perawatan gigi dan metabolisme tubuh.

3. Berat badan

Diet dengan kandungan protein yang tinggi telah diketahui efektif mengurangi berat badan, dan ayam menyediakan kandungan protein yang tinggi. Studi dan percobaan telah menunjukkan bahwa kontrol berat badan yang signifikan ditemukan pada orang-orang yang makan ayam.

4. Kontrol tekanan darah

Konsumsi ayam telah ditemukan juga berguna dalam mengontrol tekanan darah. Hal ini diamati pada orang dengan gangguan hipertensi. Meskipun begitu, diet juga harus terdiri dari kacang-kacangan, produk diet rendah lemak dengan sayuran dan buah-buahan.

5. Mengurangi risiko kanker

Studi telah menemukan bahwa pada pemakan non-vegetarian, konsumsi daging merah, daging babi / ham yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Sedangkan pada ayam dan ikan,  risiko mengembangkan kanker kolorektal akan diturunkan di kemudian hari. Penelitian menunjukkan bahwa makan daging ayam menempatkan risiko yang lebih rendah,  daripada makan daging merah, meskipun bukti-bukti yang ada tidak begitu meyakinkan.

6. Mengurangi resiko penumpukan kolesterol

Jumlah lemak jenuh dan kolesterol yang ditemukan dalam daging merah seperti daging sapi, babi dan domba jauh lebih tinggi daripada apa yang ditemukan dalam daging ayam, ikan dan sayuran.

Dengan demikian, American Heart Association telah menyarankan untuk mengkonsumsi ayam atau ikan sebagai pengganti daging merah,  untuk menurunkan resiko perkembangan penyakit jantung,  kolesterol dan lainnya. AHA juga mengatakan bahwa konsumsi ayam atau ikan juga harus dibatasi, karena konsumsi yang lebih tinggi juga dapat menyebabkan perkembangan penyakit jantung.

7. Meringankan gejala Flu

Sup ayam hangat juga dapat membantu meringankan  pilek, hidung tersumbat dan sakit tenggorokan.

Cara Membuat Rolade Ayam

Cara membuat rolade ayam

Rolade Ayam

Cara Membuat Rolade Ayam – Dari banyak macam olahan daging ayam, rolade ayam merupakan salah satu olahan yang cukup disukai berbagai kalangan masyarakat. Namun cara membuat rolade ayam belum banyak diketahui khususnya untuk ibu-ibu muda yang masih belajar memasak. Untuk itu, kami akan membagikan cara membuat rolade ayam untuk anda yang ingin mencoba membuat rolade ayam sendiri.

Bahan bahan :

  • Daging ayam tanpa tulang sebanyak 1/4 kg.
  • Roti tawar polos tanpa kulit sebanyak 2 pcs.
  • Susu bubuk putih secukupnya.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Pala bubuk secukupnya.
  • Garam dapur beryodium secukupnya.
  • Kecap inggris secukupnya.
  • Merica halus atau bubuk secukupnya.
  • Telur Ayam 1 butir.
  • Telur ayam 1 sampai 2 butir.
  • Bawang putih ukuran sedang sebanyak 1 siung dan cincang bawangnya sampai halus.
  • Bawang bombay sebanyak 25 gram kemudian cincang kasar.
  • Margarin secukupnya.

Cara membuat rolade ayam

Langkah pertama membuat kulit dadar roladenya.

  • Siapkan wadah kemudian pecahkan 1 sampai 2 butir telur ayam. Lalu aduk sebentar dan berilah sedikit garam dapur supaya lebih sedap rasanya.
  • Siapkan penggorengan dan berilah margarin secukupnya selanjutnya tuang kocokan telur diatas secukupnya itu untuk membuat kulit dadar yang tipis. Ulangilah sampai telurnya habis.

Langkah kedua yaitu membuat adonannya.

  • Haluskan daging ayam tanpa daging yang sudah dipersiapkan dengan rotinya. Sebaiknya gunakanlah food processor atau dapat juga menggunakan mixer sampai halus.
  • Tumis bawang putih yang dicincang dan bawang bombay cincangnya sampai bau harum khas tumisan.
  • Ambil satu wadah yang cukup besar dan masukkan tumisan bersama kecap inggris, gula pasir, merica halus, susu bubuk, gula pasir, satu butir telur ayam, pala dan daging ayam yang dihaluskan dengan rotinya.
  • Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata serta tidak ada lagi gumpalan gumpalan bahan tertentu.
  • Ambil satu telur yang sudah didadar tipis tadi kemudian masukkan adonan rolade diatas secukupnya saja dan pipihkan selanjutnya rapatkan dan gulung sampai rapi.
  • Bungkus rolade mentah dengan daun pisang atau plastik yang masih bersih. Ulangi sampai semua adonan habis dan kulit dadarnya juga habis.
  • Siapkanlah panci kukusan kemudian kukus hingga matang dengan api sedang atau kurang selama 30 menit.

Sekian informasi mengenai cara membuat rolade ayam yang mudah dan tentunya enak. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mencoba membuat di rumah.

Baca juga cara membuat manisan pepaya bagi anda yang ingin mencoba kreasi resep untuk olahan pepaya. Terimakasih

By | 2017-11-18T02:12:35+00:00 May 6th, 2017|Artikel|Comments Off on Ini Beda! Cara Membuat Rolade Ayam dengan Cara Unik Hasil Nikmattt

About the Author: