Resep Juragan Manisan! Cara Membuat Manisan Pepaya yang Laris

//Resep Juragan Manisan! Cara Membuat Manisan Pepaya yang Laris

Resep Juragan Manisan! Cara Membuat Manisan Pepaya yang Laris

Cara Membuat Manisan Pepaya

Cara membuat manisan pepaya – Kebayakan dari masyarakat Indonesia mengetahui tentang buah pepaya hanya sebatas buah yang dapat dikonsumsi. Padahal dalam buah pepaya terdapat banyak kandugan gizi, manfaat, dan dapat diolah menjadi berbagai jenis-jenis makanan yang tentunya dapat menambah cita rasa dari buah pepaya tersebut. Untuk itu rasanya perlu untuk membahas segala hal yang berkaitan dengan buah pepaya.

cara membuat manisan pepaya

buah pepaya

Pengertian Pepaya – Pepaya (Carica papaya L), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya.

C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, “papaja”, yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, “papaya”. Dalam bahasa Jawa pepaya disebut “katès” dan dalam bahasa Sunda “gedang”.

Tanaman pepaya memiliki percabangan yang sedikit bahkan tidak ada, tanaman pepaya juga dapat tumbuh dengan ketinggian 5 hingga 10 meter, daun pepaya menyirip lima dengan bagian tangkai yang panjang dengan bagian tengah berlubang, bentuknya dapat memiliki cangap atau tidak tetapi biasanya pepaya kultivar memiliki cangap di bagian dalam.

Bentuk buah dari tumbuhan pepaya bulat atau memanjang dengan ujung biasanya meruncing tergantung pada jenisnya, warna buahnya berwarna hijau tua ketika muda dan berwarna hijau muda hingga kuning ketika sudah matang.

Karena tumbuhan Pepaya adalah monodioecious‘ (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan tiga kelamin: tumbuhan jantan, betina, dan kelamin ganda (hermafrodit) bentuk buahnya akan membulat bila dihasilkan oleh pepaya betina dan oval atau memanjang dihasilkan oleh pepaya hemafrodit.

Daging buahnya berwarna kuning hingga merah tergantung pada spesiesnya, daging tersebut terbentuk dari karpela yang menebal. Pada bagian tengah buah berongga dengan biji berwarna hitam yang berlapis lendir(pulp) untuk mencegah kekeringan.

Manfaat Pepaya bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Pepaya – Selain sebagai makanan yang dapat mengenyangkan, pepaya sebenarnya memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan pada buah pepaya antara lain folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat, fiber3, vitamin B, alfa dan beta karoten, lutein, zeaxanthan, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin K,serta lycopene (antioksidan yang paling sering dikaitkan dengan manfaat tomat).

Manfaat Buah Pepaya – Pepaya juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan, berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi pepaya :

1. Manfaat Buah Pepaya untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan

Buah pepaya memiliki manfaat untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengatasi masalah pada pencernaan kita. Manfaat ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan kita sendiri sudah merasakan manfaatnya.

Kandungan enzim papain dan serat yang dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan efektif untuk mencegah wasir. Penelitian juga membuktikan bahwa kandungan papain dalam buah pepaya dapat membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus.

2. Manfaat Buah Pepaya untuk Mencegah Flu

Buah pepaya tinggi dengan vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah flu, selain itu dengan mengkonsumsi buah pepaya maka kita juga akan terhindar dari batuk, pilek, hingga kanker.

3. Manfaat Buah Pepaya untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

4. Manfaat Buah Pepaya untuk Mencegah Serangan jantung dan Stroke

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

5. Manfaat Buah Pepaya untuk Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan di dalam pepaya bermanfaat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah di kulit, misalnya seperti flek, keriput, dan sebagainya.

6. Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A, C dan E sendiri baik untuk kesehatan kulit. Selain membantu melembabkan, vitamin tersebut juga dapat membantu mengembalikan kulit kusam menjadi cerah dan lebih segar.

7. Manfaat Buah Pepaya untuk Antiradang

Kandungan papain dan chymopapain yang bisa meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Manfaat inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai luka di kulit, psoriasis dan berbagai penyakit kulit lainnya.

8. Manfaat Buah Pepaya untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tidak hanya memperlancar buang air besar, pepaya dapat membantu membersihkan usus Anda dari racun-racun yang tak sengaja diserap tubuh. Adalah kandungan serat dan antioksidannya, yang dapat mengangkat dan membersihkan bagian usus dan membawanya melalui saluran pembuangan.

9. Manfaat Buah Pepaya untuk Anti inflamasi

Manfaat papaya bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama dapat menghilangkan rasa sakit karena enzim anti inflamasi yang terkandung pada pepaya. Enzim tersebut juga memiliki sifat mencegah kanker.

10. Manfaat Buah Pepaya untuk Menguatkan sistem imun

Vitamin C dan vitamin A yang diproduksi dalam tubuh. Senyawa beta karoten yang terdapat dalam pepaya, diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

Cara Membuat Manisan Pepaya

Cara Membuat Manisan Pepaya – Selain buah pepaya enak dan lezat disantap langsung, ada beberapa cara membuat buah pepaya menjadi berbagai macam makanan lain yang tentukan tidak kalah lezat dengan menyantap buah pepaya secara langsung.

Salah satu olahan yang dapat kita coba yaitu manisan pepaya. Sesuai judul artikel Cara Membuat Manisan Pepaya, maka mari kita simak cara membuat manisan pepaya, baik olahan manisan pepaya kering maupun olahan manisan pepaya basah.

#1 Cara Membuat Manisan Pepaya Kering 

cara membuat manisan pepaya

manisan pepaya kering

Bahan :

  • 1 pepaya (kira-kira 1 pon)
  • 2 gelas gula
  • Kulit lemon, parut
  • ½ sendok teh mint, kering atau segar

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering :

  1. Kupas pepaya dan cuci dengan bersih.
  2. Iris menjadi potongan kecil.
  3. Masukkan pepaya, mint, parut lemon dan gula di atas api kecil sampai gula larut.
  4. Masak selama 10 menit, lalu sisihkan selama setengah jam.
  5. Panaskan kembali dengan api sedang sampai campuran mengkristal.
  6. Angkat adonan dan, dengan menggunakan sendok dan garpu, cetakan menjadi bentuk bola atau bentuk persegi.

#2 Cara Membuat Manisan Pepaya Kering

cara membuat manisan pepaya

manisan pepaya kering

Bahan :

  • Pepaya mengkal 1 buah, kupas kulitnya lalu potong kecil-kecil
  • Garam 2 sendok makan
  • Gula pasir 750 gram
  • Air 250 ml
  • Kapur sirih 1 sendok makan, larutkan dalam 2000 ml air

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering :

  1. Siapkan wadah baskom lalu isikan dengan potongan kecil buah pepaya.
  2. Campurkan potongan buah pepaya dalam wadah baskom dengan taburan garam. Aduk-aduk sampai tercampur secara merata.
  3. Berikutnya siapkan wadah baskom lain dan isikan dengan 2000 ml air lalu campurkan dengan 1 sendok makan kapur sirih aduk merata. Kemudian masukkan potongan buah pepaya yang sudah dicampurkan dengan garam ke dalam larutan air kapur sirih yang sudah disiapkan tadi. Biarkan hingga 2 jam lamanya sampai meresap. Setelah itu, angkat dan cuci bersih lalu tiriskan.
  4. Tahap selanjutnya dalah menaburkan gula pasir sebanyak 250 gr pada potongan buah pepaya yang sebelumnya sudah direndam dalam air kapur sirih dan juga sudah dicuci bersih. Aduk merata dan tunggu hingga 60 menit lamanya supaya gula meresap ke dalam potongan pepaya dan terasa lebih manis.
  5. Sementara itu, masak air hingga matang dengan tambahan gula pasir yang masih tersisa. Aduk sampai larut dan angkat setelah mendidih.
  6. Tuangkan potongan buah pepaya yang sudah dicampurkan dengan gula pasir ke dalam larutan air gula dan rendam hingg 12 jam lamanya.
  7. Terakhir, keringkan hasil rendaman manisan pepaya dengan cara dijemur langsung di bawah panas matahari sampai benar-benar kering. Proses penjemuran ini memakan waktu hingga 2 hari lamanya.

#1 Cara Membuat Manisan Pepaya Basah

cara membuat manisan pepaya

manisan pepaya basah

Bahan:

  • Satu satu buah pepaya matang
  • 800 gram sampai 1 kilogram gula
  • Larutan garam (1 liter air 4 sdm garam)
  • Larutan kapur sirih (air 1 liter dan 3 sdt kapur sirih)
  • Tabung tertutup

Cara Membuat Manisan Pepaya Basah :

  1. Potong buah pepaya menjadi berbentuk dadu, usahakan jangan terlalu tipis. Rendam garam ke dalam larutan sampai layu, lalu tiriskan.
  2. Rendam pepaya ke dalam larutan kapur sirih semalam. Tiriskan dan cuci sampai air dalam pepaya habis.
  3. Masukkan 200 gr gula ke dalam buah, aduk rata, diamkan 2 jam supaya air keluar. Tiriskan dan sisihkan juga. Tambahkan sisa rendaman air gula dengan 150 gr gula lalu masak sampai mengental. Dinginkan kemudian tuangkan air gula ke pepaya. Rendam semalaman di dalam toples sampai air keluar. Lakukan langkah ini dua kali sampai gula habis. Tiriskan buah lalu sajikan.

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Manisan Pepaya yang bisa kami sampaikan. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda kalau ingin mencoba membuat dan memproduksi manisan pepaya buatan Anda sendiri.

Selain bisa dikonsumsi sehari-hari, manisan pepaya ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan, karena manisan pepaya menjadi salah satu makanan olahan buah pepaya yang cukup banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Simak juga tips memilih desain kemasan makanan ringan untuk menunjang prosentase penjualan makanan ringan. Ikuti juga cara membuat makaroni goreng untuk kreasi makanan anda. Terima kasih.

By | 2017-11-18T02:22:45+00:00 May 6th, 2017|Artikel|1 Comment

About the Author: