Cara Membuat Makaroni Goreng Enak dan renyah

//Cara Membuat Makaroni Goreng Enak dan renyah

Cara Membuat Makaroni Goreng Enak dan renyah

Cara Membuat Makaroni Goreng 

Cara Membuat Makaroni Goreng – Ada yang tahu apa itu Makaroni? Nama Makaroni pasti sudah tidak asing di telinga kita kan? Apalagi bagi anda yang doyan camilan gurih dan kriuk-kriuk.

Cara Membuat Makaroni Goreng

Gambar makaroni siap saji

Makaroni sendiri sebenarnya berasal dari Italia yang merupakan jenis pasta kering dari tepung. Ada banyak bentuk makaroni, tapi yang terkenal di Indonesia adalah pipa cekung, uliran dan kerang kecil.

Varian Rasa Makaroni Goreng

Banyaknya varian rasa dan jenis makaroni goreng misalnya makaroni goreng pedas banget yang teksturnya seperti keripik, makaroni goreng keju, makaroni goreng kering biasa, makaroni goreng tepung panir crispy kriuk, dll.

Adapun pengembangan rasa juga dengan cara memasaknya Anda boleh membuat makaroni panggang oven, makaroni bakar, dan makaroni kukus atau makaroni basah.

Makaroni banyak dijual dan dikemas dengan berbagai variasi pengembangan rasa, misalnya makaroni goreng pedas banget yang teksturnya seperti keripik, makaroni goreng keju, makaroni goreng kering biasa, makaroni goreng tepung panir crispy kriuk, dll.

Di pasaran banyak diperjual belikan makaroni goreng dengan berbagai varian rasa seperti pedas manis, balado, asin, keju dsb. Semuanya enak dan dijual dengan harga yang relatif murah. Begitu juga dengan cara memasaknya Anda boleh membuat makaroni panggang oven, makaroni bakar, dan makaroni kukus atau makaroni basah.

Andapun sebenarnya dapat membuat Makaroni sendiri di rumah, cara membuat makaroni goreng renyah dan gurih sebenarnya tidak sulit, cukup digoreng dan bumbui saja.

Sebagai perbandingan, banyak makaroni goreng dijual yang menggunakan bumbu-bumbu yang tidak sehat alias terlalu banyak bahan pengawet dan bumbu penyedap rasanya. Nah, maka dari pada itu bagaimana jika membuat makaroni  sendiri yang lebih sehat tentunya?

  1. Resep dan Cara Membuat Makaroni Goreng (Original)

Cara Membuat Makaroni Goreng

Sajian Makaroni Goreng Siap Saji

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • – 250 gram makaroni mentah
  • – 3 sdm minyak goreng
  • – 1 sdm kaldu bubuk non MSG
  • – 1/2 sdt garam halus
  • – Minyak untuk menggoreng
  • – Air secukupnya
  • – Bumbu secukupnya
  • Cara Membuat Makaroni Goreng (Original): 

  1. Rebus makaroni mentah dalam air yang diberi sedikit garam sampai cukup lunak.  Beri 3 sendok makan minyak goreng agar pastanya tidak saling lengket.
  2. Panaskan minyak, lalu goreng makaroni tadi satu demi satu. Jangan langsung banyak karena dapat lengket satu sama lain. Biarkan naik ke atas, baru masukkan yang lain.
  3. Setelah makaroni agak lunak, tiriskan makaroni sampai benar benar kering.
  4. Pisahkan makaroni di atas tray dan panggang di oven sampai makaroni menjadi keras kembali seperti sebelum di rebus. Dioven kira-kira 10 sampai 20 menit tergantung dengan oven masing-masing. Kalau setelah 20 menit belum keras juga, bisa di oven lagi.
  5. Makaroni yang keras siap digoreng sampai kuning keemasan. Taburi dengan bubuk kaldu atau sedikit garam halus. Simpan dalam wadah toples.
  6. Sajikan makaroni goreng (Original) siap untuk dinikmati.

Apabila anda meinginkan varian rasa yang lain, tinggal ditambahkan bumbu pedas, gula merah, keju dll. Berikut ini disajikan varian rasa macaroni yang lainnya:

        2. Resep dan Cara Membuat Makaroni Goreng Pedas 

Cara Membuat Makaroni Goreng

Sajian Macaroni Goreng Pedas

  • Bahan-bahan yang diperlukan:

  • – 250 gram makaroni
  • – 3 sdm minyak goreng
  • – 1 sdm kaldu bubuk non MSG
  • – 1/2 sdt garam halus
  • – Minyak untuk menggoreng
  • – Air secukupnya
  • – Bumbu secukupnya
  • +  Tambahkan bubuk cabe sesuai selera
  • + Tambahkan tepung terigu 1 sdm
  • Cara Membuat Makaroni Goreng Pedas: 

  • Rebus makaroni mentah dalam air yang diberi sedikit garam sampai cukup lunak.  Beri 3 sendok makan minyak goreng agar pastanya tidak saling lengket.
  • Panaskan minyak, lalu goreng makaroni tadi satu demi satu. Jangan langsung banyak karena dapat lengket satu sama lain. Biarkan naik ke atas, baru masukkan yang lain.
  • Setelah makaroni agak lunak, tiriskan makaroni sampai benar benar kering.
  • Pisahkan makaroni di atas tray dan panggang di oven sampai makaroni menjadi keras kembali seperti sebelum di rebus. Dioven kira-kira 10 sampai 20 menit tergantung dengan oven masing-masing. Kalau setelah 20 menit belum keras juga, bisa di oven lagi.
  • Makaroni yang keras siap digoreng sampai kuning keemasan, Setelah itu t angkat dan tinggal diberi bubuk pedas saja. Ketika sudah dingin segera masukkan ke dalam toples tertutup.
  • Sajikan makaroni goreng (Pedas) siap untuk dinikmati.

 

         3. Resep dan Cara Membuat Makaroni Goreng Pedas Manis 

Cara Membuat Makaroni Goreng

Sajian Makaroni Goreng Pedas Manis

Bahan-bahan yang diperlukan:

  •  250 gram makaroni mentah
  • 3 sdm minyak goreng
  • Cabai merah seperlunya
  • 1/2 sdt garam dapur
  • Minyak untuk menggoreng
  • Air secukupnya
  • Bumbu secukupnya
  • Tambahkan gula merah di parut halus
  • Tambahkan cabai rawit (Opsional)
  • Cara Membuat Makaroni Goreng Pedas Manis:

  1. Rebus makaroni mentah dalam air yang diberi sedikit garam sampai cukup lunak.  Beri 3 sendok makan minyak goreng agar pastanya tidak saling lengket.
  2. Panaskan minyak, lalu goreng makaroni tadi satu demi satu. Jangan langsung banyak karena dapat lengket satu sama lain, sampai mekar dan terlihat kecoklatan. Biarkan naik ke atas, baru masukkan yang lain.
  3. Uleg cabe merah dan rawit bersama dengan garam hingga halus.
  4. Setelah makaroni agak lunak, tiriskan makaroni sampai benar benar kering.
  5. Pisahkan makaroni di atas tray dan panggang di oven sampai makaroni menjadi keras kembali seperti sebelum di rebus. Dioven kira-kira 10 sampai 20 menit tergantung dengan oven masing-masing. Kalau setelah 20 menit belum keras juga, bisa di oven lagi.
  6. Selanjutnya siapkan wajan untuk membumbui makaroni, panaskan gula merah dengan sedikit air hingga meleleh. Masukkan cabe halus lalu aduk-aduk hingga rata, panaskan terus hingga terlihat meletup-letup.
  7. Masukkan makaroni yang telah digoreng sebelumnya, aduk terus hingga tercampur rata. Ketika sudah dingin segera masukkan ke dalam toples tertutup.
  8. Sajikan makaroni goreng (Pedas Manis) siap untuk dinikmati.

 Untuk selanjutnya akan diberikan varian penyajian Makaroni fusilli

Apa itu fusilli??

–> Fusilli itu adalah semacam pasta Makaroni

Cara Membuat Makaroni Goreng

Sajian Makaroni Goreng Fusilli

Berikut disajikan resep Makaroni Fusilli

  • Siapkan alat-alat yang diperlukan:

  • -Teflon/Penggorengan
  • -Telenan(alas untuk memotong)
  • -Pisau
  • -Panci
  • Bahan-bahan yang diperlukan:

  • – 250 gram makaroni mentah
  • – 3 sdm minyak goreng
  • – Bawang Bombai
  • – 1/2 sdt garam dapur
  • – Minyak untuk menggoreng
  • – Air secukupnya
  • – Bawang putih
  • +  Tambahkan saus tomat
  • + Tambahkan merica
  • + Ditambah saus sambal
  • + Tambahkan kecap manis
  • Cara Membuat Makaroni Fusilli:

  1. Rebus makaroni mentah dalam air yang diberi sedikit garam sampai cukup lunak.  Beri 3 sendok makan minyak goreng agar pastanya tidak saling lengket dan tambahkan sedikit mentega.
  2. Rebus air, lalu goreng makaroni tadi satu demi satu. Jangan langsung banyak karena dapat lengket satu sama lain, sampai mekar dan terlihat kecoklatan. Biarkan naik ke atas, baru masukkan yang lain.
  3. Potong bawang bombai, bawang putih, kemudian di uleg.
  4. Kemudian tumis bawang tersebut dengan minyak goreng/mentega sampai harum.
  5. Setelah makaroni agak lunak, tiriskan makaroni sampai benar benar kering.
  6. Pisahkan makaroni di atas tray dan panggang di oven sampai makaroni menjadi keras kembali seperti sebelum di rebus. Dioven kira-kira 10 sampai 20 menit tergantung dengan oven masing-masing. Kalau setelah 20 menit belum keras juga, bisa di oven lagi.
  7. Selanjutnya siapkan wajan untuk membumbui makaroni, campurkan saus tomat dan saus sambel, aduk sampai merata dan tambahkan sedikit air.
  8. Masukkan makaroni yang telah digoreng sebelumnya, aduk terus hingga tercampur rata.
  9. Setelah itu tambahkan garam, kecap(Opsional) dan merica secukupnya, ketika sudah dingin segera masukkan ke dalam toples tertutup.
  10. Sajikan makaroni fusilli siap untuk dinikmati.

Informasi Kandungan Nilai Gizi Makaroni Bagi Kesehatan:

  • Nama Bahan Makanan : Makaroni
  • Nama Lain / Alternatif : Macaroni
  • Banyaknya Makaroni yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian Makaroni yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Jumlah Kandungan Energi Makaroni = 363 kkal
  • Total Kandungan Protein Makaroni = 8,7 gr
  • Kandungan Lemak pada Makaroni = 0,4 gr
  • Total Kandungan Karbohidrat Makaroni = 78,7 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Makaroni = 20 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor yang terdapat pada Makaroni = 80 mg
  • Kandungan Zat Besi pada Makaroni = 0 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Makaroni = 0 IU
  • Kandungan Vitamin B1 Makaroni = 0,1 mg
  • Jumlah Kandungan yang terdapat Vitamin C Makaroni = 0 mg
  • Khasiat / Manfaat Makaroni : – (Belum Tersedia)
  • Huruf Awal Nama Bahan Makanan : M
    Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat Makaroni Bagi kesehatan:

Makaroni merupakan salah satu pasta yang bentuknya elbow. Makanan ini biasanya terbuat dari tepung terigu dan biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Makaroni sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, sapi dan masih banyak lagi sesuai selera.

1. Menurunkan kadar gula darah:

Makaroni mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan tercerna secara perlahan di dalam tubuh yang kemudian meningkatkan kadar gula darah secara bertahap. Untuk pengolahannya yakni dengan cara makaroni harus direbus terlebih dahulu agar indeks glimemik yang ada di dalamnya bisa menurun dengan drastis.

2.Membantu menurunkan berat badan:

Makaroni menjadi pengganti  makanan utama untuk menghasilkan karbohidrat bagi tubuh. Yang mana kandungan gizi dalam makaroni salah satunya sumber karbohidrat yang menjadi panggenti nasi sebagai makana pokok.

3. Untuk memulihkan stamina tubuh:

Kandungan gizi dalam makaroni mampu memulihkan stamina dalam tubuh setelah beraktivitas seharian, sebab ada zat karbohidrat sebagai memberi energi bagi tubuh yang sangat diperlukan manusia dalam menunjung aktivitas sehari-hari.

4. Sebagai zat untuk membangun tubuh:

Kandungan protein di dalam makaroni dapat berfungsi untuk membangun tubuh, dimana dalam kandungan gizi dalam makaroni mengandung serat pangan(dietary fiber) sekitar 1,6 gram tiap mangkuk dallm keadaan masak. Selain itu makaroni juga mengandung protein. Kandungan protein dalam produk-produk makaroni kering bervariasi, antara 10-18 persen. Sumber: majalah Moms n kiddie.

Fakta unik Makaroni:

Makaroni merupakan jenis makanan yang penting bagi orang – orang yang bekerja berat?         Ternyata makaroni ini terbukti mampu mengembalikan energi kita setelah capek berolahraga atau bekerja seharian. Jika tubuh dan juga mental Anda bekerja keras sepanjang hari, atau Anda berolahraga berat, dan Anda merasa lelah, maka mengkonsumsi makaroni setidaknya 3 kali seminggu akan sangat membantu mengembalikan energi dan semangat Anda.

Apakah makaroni dapat membuat kita bahagia?
Berdasarkan hasil penelitian, makaroni merupakan salah satu jenis makanan yang telah terbukti mampu membuat orang yang mengkonsumsinya merasa bahagia. Makaroni ini memiliki sebuah zat yang menyebabkan kadar hormon bahagia kita meningkat setelah memakannya.  konsumsi makaroni setidaknya tiga kali seminggu akan membantu Anda merasa bahagia.

Hubungan antara makaroni dan kebugaran Anda.
kebugaran jasmani bukan hanya berhubungan dengan kesehatan tetapi juga berhubungan dengan keterampilan gerak meliputi aktivitas, kecepatan gerak, kecepatan reaksi tubuh. Kandangan gizi dalam makaroni membantu memenuhi asupan tubuh sehari-hari.

Cita rasa makaroni yang mendunia.
Hampir seluruh negara di dunia mengenal dan akrab dengan hidangan berbahan makaroni. Orang Italia menyebutnya “pasta, spaghetti”, orang Amerika mengenalnya sebagai “pasta-mie-makaroni”, sementara bagi mereka yang di Inggris nama lainnya adalah “pasta-makaroni”, lain pula dengan warga Jerman yang lebih senang menyebutnya sebagai “teigwaren-spätzel”. Di Cina, makanan ini disebut “mein”, sementara di Jepang, orang – orang terbiasa dengan sebutan “udon”. Meski nama dan penyebutannya amat bervariasi dari satu negara ke negara lain, tak dapat dipungkiri bahwa saat ini makaroni merupakan makanan yang memiliki cita rasa yang sungguh mendunia.

Diet ala Mediterrania dan makaroni!
Dalam menu pola makan tradisional Mediterrania, jenis makanan yang kaya akan karbohidrat dapat dengan mudah Anda temui. Buah – buahan, sayur – mayur, kacang – kacangan, dan terutama makaroni dan bulgur… Makaroni juga merupakan jenis makanan utama yang harus ada dalam pola makan ini. [dikutip dari Oldways Advocates for Better Eating and Drinking http://www.oldwayspt.org ]

Makaroni dianjurkan bagi yang mengikuti program diet.
karbohidrat kompleks yang ada dalam makaroni menyumbang sekitar 82 persen dari total kalorinya. Karbohidrat kompleks tidak menyebabkan kegemukan. Hal ini dapat terjadi karena makaroni akan membuat Anda merasa telah kenyang lebih cepat, sehingga dapat menekan keinginan untuk menyantap hidangan berikutnya.

 

By | 2017-05-20T07:35:14+00:00 May 6th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Makaroni Goreng Enak dan renyah

About the Author: