Cara Membuat Keripik Kentang Super Renyah

//Cara Membuat Keripik Kentang Super Renyah

Cara Membuat Keripik Kentang Super Renyah

Cara membuat keripik kentang – Siapa yang tidak menyukai keripik kentang, cemilan yang satu ini sangat cocok dinikmati sambil menonton tv dan membuat Anda tidak bisa berhenti mengunyah. Bagi Anda yang gemar menyantap keripik kentang, sekarang Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Keripik kentang adalah salah satu cemilan yang sangat cocok untuk segala suasana. Jika dulu hanya memiliki rasa original saja, keripik kentang kini sudah berevolusi dengan berbagai varian rasa; sebut saja rasa keju, balado, pedas, dan lainnya.

para ahli makanan telah melakukan percobaan untuk mendapatkan keripik kentang yang super renyah. Ini bukan hanya masalah bagaimana teknik memotong kentang dan memasukkannya ke dalam oven, tetapi ini masalah rasa,,ternyata rahasianya terletak pada tepung jagung.

Bahan yang umun Anda temui ini, dapat membantu menyerap kelembapan yang dihasilkan oleh kentang sehingga memberikan tekstur yang halus dan renyah pada saat dipanggang.

Cara membuat Keripik kentang Renyah

Keripik kentang Renyah

Sekilas mengenai kentang

Tahukah Anda  bahwa kentang yang mempunyai nama ilmiah Solanum tuberosum L. tersebut merupakan salah satu tanaman yang dimanfaatkan pada bagian umbi batangnya? Umbi kentang dimanfaatkan oleh manusia untuk membuat beragam olahan makanan, salah satu makanan olahan umbi kentang yang paling populer adalah keripik kentang.

Makanan olahan dari bahan dasar kentang ini memang sudah dipasarkan dengan berbagai varian rasa dan merek dagang karena hampir semua orang sangat suka mengkonsumsi keripik yang satu ini.

Bahan – bahan untuk cara membuat keripik kentang

Marilah kita intip bagaimana cara membuat keripik kentang yang super renyah dan gurih!
-Pertama-tama, sediakan bahan utama dalam pembuatan keripik kentang tersebut yaitu kentang. Anda dapat membeli 1 kg kentang untuk membuat keripik kentang dalam porsi besar.
– Namun, jangan memilih kentang sembarangan karena akan mempengaruhi kualitas rasa dari keripik yang akan Anda buat. Usahakan untuk membeli kentang yang besar-besar, berumur tua, dan berkulit halus tanpa adanya bintik-bintik hitam.
– Selanjutnya, sediakan pula kapur sirih dan air secukupnya untuk bahan rendaman kentang. Setelah itu, untuk bumbu dasarnya, sediakan 1 ½ sendok teh garam halus, 1 ½ sendok teh bawang putih bubuk, merica halus dan gula secukupnya, dan 1 ½ sendok teh paprika bubuk.
– Terakhir, sediakan juga varian bumbu tabur yang paling menggoda selera Anda. Bumbu tabur keripik kini sudah tersedia di pasaran sehingga kita tidak perlu untuk mengolahnya sendiri. Varian bumbu tabur keripik ketang yang bisa dipilih terdiri dari balado, keju bubuk, barbeque, cabai bubuk, dan lain-lain.

Langkah – langkah untuk cara  membuat keripik kentang

1.  Untuk cara membuat keripik kentangnya adalah dengan cara mengupas kentang lalu cuci sampai benar-benar bersih. Supaya kupasan keripik tipis dan merata, maka gunakanlah parutan khusus keripik kentang karena alat tersebut dapat menghasilkan irisan dengan ketebalan yang super tipis sampai dengan 1/8 inci.1.
2.  Larutkan kapur sirih bersama dengan air. Masukan irisan kentang tadi lalu aduk-aduk sebentar saja kemudian tiriskan di atas kertas handuk sampai benar-benar kering. Berikan bumbu dasar dengan bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya.
3. Cara membuat bumbu dasar keripik kentang sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan bumbu tadi dan aduklah sampai benar-benar rata.
4.  Setelah itu, panaskan minyak dengan menggunakan nyala api kecil. Upayakan mengunakan minyak yang banyak agar proses penggorengan kentang dapat berjalan dengan sempurna.

5.Kemudian, masukan kentang ke dalamnya. Aduk satu kali saja dan tunggu hingga kentang berwarna kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.

6.Terakhir, taburi keripik yang sudah digoreng tadi dengan bumbu tabur sesuai dengan selera Anda, lalu aduk-aduk hingga merata.
7. Catatan : Ada yang perlu Anda perhatikan agar proses pembuatan keripik dapat berjalan dengan sempurna. Anda harus merendam kentang dengan air dingin dan campurkan dengan kapur sirih supaya kandungan gula dalam kentang dapat mengurang.
8. Kemudian,perhatikan pula proses pengeringan supaya kandungan air dapat berkurang dan penggorengan keripik pun akan lebih baik.
9.Selanjutnya, goreng keripik secara bertahap agar matang merata , lalu tiriskan keripik dan pisahkan minyaknya dengan menggunakan kertas dan pisahkan minyaknya dengan memnggunakan kertas tisu sehingga minyak dapat meresap paa tisu
10.Setelah siap, Anda dapat langsung menyajikan keripik kentang tersebut untuk dikonsumsi. Anda juga dapat menyimpannya di dalam toples atau bungkus plastik jika ingin dimakan di lain waktu. Pastikan tempat penyimpanannya kedap udara agar keripiknya tidak menjadi lembek.

Resep – Resep  Cara Membuat Keripik kentang

  1. Keripik kentang instan sederhana

Berawal dari rasa penasaran pengen banget nih bikin keripik kentang sendiri dirumah…lebih mudah dan lebih murah… Mau  tau Resepnya?

Nah,,Kali ini kami akan membagi resepnya cara membuat Keripik Kentang,Simak langkah – langkah resep berikut ini :

Bahan – bahan

  • 1 buah kentang ukuran besar
  • secukupnya Air kapur
  • Bubuk kentang goreng instan
  • secukupnya Minyak goreng

Langkah – langkah Cara membuat keripik kentang instan sederhana

  • Kupas kentang lalu cuci bersih kemudian potong menggunakan pisau pengupas sayur dan buah (hasilnya akan tipis)
  • kemudian rendam dengan air dan air kapur secukupnya.
  • Diamkan hingga 5-10 menit. Lalu goreng hingga matang dan kecoklatan.
  • Taburkan bubuk kentang goreng instan..
  •  Keripik Kentang instan siap dihidangkan
keripik kentang instan

Keripik kentang instan

2.Keripik kentang homemade

Cemilan buat nemenin nonton drama korea nih 😁 super crispy dan juga gampang banget bikin nya.Bisa bikin sendiri dirumah dan murah loh 😀

Mau tau resepnya ?

Nah,,Kali ini kami akan membagi resepnya Cara membuat Keripik Kentang,Simak yah langkah – langkahnya berikut ini :

Bahan – bahan

  1. 4 buah kentang
  2.  garam secukupnya

Langkah – langkah untuk  Cara membuat keripik Kentang Homemade

  1.  Cuci  dan kupas kulit kentang
  2.  Setelah itu potong – potong kentang setipis mungkin,saya pakai alat slice seperti difoto ini
  3.  Kentang yang sudah di potong – potong,dicuci kembali di air mengalir sampai air cuciannya jadi bening ya.tips crispy nya dari ini.
  4. Kemudian tiriskan dan goreng kentang seperti biasa,usahakan saat di goreng kentangnya jangan terlalu banyak dan jangan sampai menempel.
  5. Tiriskan di atas tissue utk menyerap minyak yg tersisa di keripik.
  6. Keripik kentang bole ditaburi garam atau bumbu perasa sesuai selera.
  7. Kentang Homemade siap di hidangkan
  8. Selamat mencoba 🙂
Cara Membuat Keripik kentang Homemade

Keripik kentang Homemade

3.Keripik kentang hOt chips potato

Awalnya penasaran Coba – coba buat aja,,ehh ternyata banyak yang suka keripik kentangnya..apalagi Hot chips potatonya 😀 enak,gurih dan terasa pedasnya…

Mau Coba ? Nah langsung saja kali ini kami akan membagikan Resep – resepnya Cara membuat keripik kentang Hot Chips Potatonya,Simak yh langkah – langkahnya berikut ini :

Bahan – bahan

–  4  buah kentang ukuran sedang

–  secukupnya Garam

– secukupnya Bubuk cabe

Langkah – Langkah Cara membuat keripik Kentang HOt Chips Potato

1.  Kupas kentang dan cuci bersih

2.  Iris kentang tipis2 kemudian rendam di dalam air garam -/+ 1 jam

3.  Goreng dalam minyak panas sambil dibolak balik supaya gak lengket

4.   Angkat setelah matang keemasan

5.  Tempatkan di piring kemudian taburi dengan bubuk cabe

Cara membuat keripik kentang Hot spicy

Keripik kentang Hot spicy

4. Keripik kentang cokelat

Ini nih paling Kesukaan bangettt…bisa buat sendiri dirumah 😀

Mau tau resepnya ? Nah kali ini kami akan membagikan  resepnya Cara membuat keripik kentang  Cokelat, Yuk langsung saja…simak Langkah – langkahnya yah :

Bahan – bahan

  • 1 kg kentang
  • 10 siung bawang merah
  • Cokelat Bubuk
  • Garam (boleh juga royco)
  • Minyak goreng

Langkah – langkah Cara membuat Keripik Kentang Cokelat

1.  Kupas kulit kentang sampai bersih

2.  Kemudian cuci kentang. Lalu siapkan air panas untuk merendam

3. Rendam cokelat dengan air panas bersih 10-15 menit

4.  Goreng kentang jangan sampai gosong tapi garing aja

5.  Lalu campur kentang dengan cokelat yang sudah di masak tuang kan bawang merah goreng beri gula secukupnya

6.  Keripik Kentang cokelat siap di hidangkan

Cara membuat Keripik Kentang Cokelat

Keripik Kentang Cokelat

5. Keripik kentang gurih sederhana

Ceritanya dari sore – sore hujan, mau kemana -mana  juga males. Dinginnn. Malem – malam laper pengennya ngemil.Yah sudah buat keripik kentang aja,,Buatnya mudah bisa dirumah dan murah…

Mau tau resepnya ?

Nah,,Kali ini kami akan membagi resepnya Cara membuat Keripik Kentang Gurih Sederhana,Simak langkah – langkahnya berikut ini :

Bahan – Bahan

  • 2 buah kentang
  • secukupnya garam
  • kaldu ayam non msg
  • air
  • minyak goreng

Langkah – langkah Cara membuat Keripik Kentang Gurih

  1. Kupas kentang, cuci. Buat air rendaman beri garam dan kaldu ayam non msg
  2. Iris kentang tipis2 (klo saya di asah)
  3. masukkan dlm air rendaman. Rendam 15 mnt
  4. Tiriskan. Lalu goreng.,angkat sajikan.
  5. Keripik Kentang Gurih siap di hidangkan
Cara membuat Keripik Kentang Gurih

Keripik Kentang Gurih

6.Keripik kentang kriuk

Awalnya iseng” aja buat cemilan dirumah sendiri & tetapi enak juga setelah dicicipi dan alhamdulillah banyak yang pesan…bisa dijual lagi juga 😀

Mau Coba ? kali ini kita akan memberikan resep resep nya Cara membuat keripik kentang kriuk,Berikut Langkah – langkah  Cara membuat keripik Kentang Kriuk :

Bahan – Bahan

 -1/2 kg kentang iris tipis

  -Secukupnya Kaldu non msg buat taburan
  -garam secukupnya

Langkah – langkah Cara membuat Keripik Kentang Kriuk

1. Cuci bersih kentang sampe airnya bening…..

2. Tiriskan kentang sampe benar – benar kering, bisa juga di lap pake tisu dapur ya

3.  Goreng sedikit-sedikit aja ya, biar cepet kering kentangnya…..

4. Taburin kaldu non msg dan Garam secukupnya

5. Keripik kentang siap disajikan

Cara membuat Keripik Kentang Kriuk

Keripik Kentang Kriuk

7. Keripik kentang crispy

Kemarin waktu dipasar di kasih kentang sama nenek – nenek jualan biasa langganan, so kentang nya udah sedikit rusak.. Tapi masih bisa diolah.. padahal gak kenal sama itu nenek.. Bingung mau dimsk apa,Ya sudah buat keripik kentang saja,lebih mudah bisa buat dirumah sendiri & murah

Mau Coba ? Nah kali ini kita akan membagikan resep resep nya Cara membuat keripik Crispy,Berikut Langkah – langkah nya :

Bahan – bahan

  • 500 gr kentang
  • 1 sdt garan
  • 1 sdt mrica
  • 3 bj bawang putih
  • 1 bj bawang merah
  • secukupnya penyedap rasa

Langkah – langkah Cara membuat keripik entang crispy:

1.  Kupas kentang dan cuci bersih, potong – potong tipis ( pisau dapur) cuci kmbali hinga bersih air nya tidak putih kental lagi.

2. Haluskan bumbu, masukan dalam wadah, masukan air secukupnya untuk merendam kentang

3. Tunggu 40menit

4. Panaskan pengorengan.. Jika sudah panas goreng dengan api kecil.. Biar tidak gosong.

5.  Keripik kentang siap disajikan 😀

6.  Selamat Mencoba 🙂

Cara membuat keripik kentang Crispy

Keripik kentang Crispy

8. Keripik kentang pedas simple

Mau Cemilan yang enak dan pedas untuk dirumah yang Simple?

Cobain nih cemilan yang satu ini…Bisa dibuat dirumah sendiri loh 😀 lebih mudah dan murah…

Nah kali ini kami akan berbagi resepnya cara untuk membuat keripik Kentang pedas.Berikut ini Resepnya:

Bahan – Bahan

  • 1 kg kentang
  • 1 ons cabe merah kriting
  • 10 biji cabe rawit merah
  • 7-8 bh b.merah
  • 4-5 bh b.putih
  • 5-6 bh kemiri
  • secukupnya garam
  • gula pasir
  • lada bubuk
  • bawang goreng

Langkah – langkah untuk Cara membuat Keripik Pedas Simple

  1. Kupas kulit kentang,iris tipis (aq pke alat potong kentang),cuci bersih lalu goreng dgn api sedang
  2. Goreng sampai kentang habis

3. Untuk sambelnya aku blender cabe,bawang  kemiri..

4. Tumis bumbu cabe sampai agak mengering/kadar airnya sedikit,,kecilkan api lalu masukan  kentang gorengnya..

      5.  Aduk sampai semua tercampur rata,,angkat & beri taburan bawang goreng

      6.  Simpan ditempat yang kedap udara/bisa dalam kaleng tutupnya dilapisi koran

7. Keripik Kentang Pedas siap di hidangkan

Hasil gambar untuk cara membuat keripik kentang pedas

Keripik kentang pedas sederhana

9.Keripik kentang balado

Untuk kali ini kita akan membagikan resep cara untuk membuat keripik kentang balado karena banyak  sekali  orang yang paling suka sama makanan yang satu ini 😀 daripada beli coba bikin sendiri dan hasilnya enak dan bisa dinikmati sendiri 🙂

Nah gk usah tunggu lama lagi berikut ini kita akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik singkong balado

Bahan – Bahan

  • 1 kg kentang ukuran besar
  • 5 butir bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 150 gr cabai merah besar
  • Gula
  • Garam
  • Royco

Langkah – langkah Cara Membuat  Keripik Kentang Balado

  1. Kupas kentang, cuci hingga bersih
  2. Potong kentang menjadi bentuk tipis – tipis
  3. Goreng kentang dengan api sedang Cenderung kecil agar krispi
  4. Haluskan bawang merah,putih, cabai,tambahkan gula garam,royco
  5. Tumis bumbu hingga agak matang
  6. Masukkan kentang, aduk hingga rata..angkat jika sudah rata
  7. Keripik Kentang balado siap dihidangkan
Cara membuat Keripik kentang Balado

Keripik kentang Balado

10. Sambal keripik kentang teri medan

Tips agar kentang tetap krispi adalah diparut pakai alat parutan yg tipis lalu direndam air sebentar dan ganti air rendaman sampai airnya agak bening. Alias getahnya hilang.
Saus sambel dimasak sampai agak kental dan seperti berkaramel. Biarkan agak dingin baru di aduk rata dengan teri dan keripik kentang.

Mau tau Resepnya ?

Nah kali ini kami akan berbagi Resep – Resepnya bagaimana cara membuat sambal keripik teri medan.Yuk langsung saja..Simak Langkah – langkah untuk cara membuat nya yah :

Bahan – Bahan

  • 1 kg kentang diparut lembaran tipis
  • 2.5 ons teri medan direndam sbtr
  • 2 ons kacang tanah digoreng (saya skip karna ga suka kacang)
  • Saus :
  • 1 ons cabe merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdm cuka masak
  • 2 sdm saus sambel botolan (saya ABC extra pedas)
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt vetsin
  • 1/2 ruas lengkuas diiris tipis
  • 2 lbr daun jeruk purut
  • 1/2 gelas air utk memblender
    Secukupnya minyak goreng

Langkah – langkah Cara membuat sambal keripik kentang teri medan

  1. Goreng teri sampai garing dan kering. lalu Tiriskan.
  2. Goreng kentang yang sudah diparut dan direndam tadi dengan minyak baru. Goreng sampai garing dan kering. Tiriskan dan tuang ke kertas pengisap minyak. Biarkan dingin.
  3. Buat saus: blender cabe dengan bawang putih sampai sangat halus. Karna pake blender miyako saya tambahkan air setengah gelas dan blender sekitar 5 menit sampai halus sekali.
  4. Tumis bumbu dengan sedikit minyak. Api sedang saja. Taruh lengkuas, daun jeruk, cuka, garam,gula, vetsin, dan saus sambel botolan. Masak sampai kental dengan api kecil. Aduk biar ga gosong. Setelah saus tampak kental dan minyaknya keluar terpisah dari saus. Tutup api dan biarkan dingin.
  5. Tuangkan keripik kentang dan teri ke kuali yg sdh dingin sausnya. Aduk rata. Simpan di toples kedap.
  6. Tips : kalau saus kebanyakan jgn di aduk semua sekaligus. Agar tidak basah dan hancur. Bahan di bagi 2 kali aduk.
  7. Cara membuat Sambal Keripik Kentang Teri Medan

                                      Sambal Keripik Kentang Teri Medan

 

 

 

 

 

 

By | 2017-11-24T23:49:03+00:00 November 24th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Keripik Kentang Super Renyah

About the Author: