Terungkap Rahasia..! Cara Membuat Keripik Biji Durian Super Renyah

//Terungkap Rahasia..! Cara Membuat Keripik Biji Durian Super Renyah

Terungkap Rahasia..! Cara Membuat Keripik Biji Durian Super Renyah

Cara membuat keripik biji durian – Buah durian adalah buah salah satu buah yang digemari oleh semua orang. Rasanya yang manis menjadikan buah ini dijuluki sebagai rajanya buah.

Saat ini, menikmati buah durian tidak hanya dengan memakan buahnya langsung, tetapi dapat pula dibuat dengan berbagai macam kreasi misalnya dodol durian, kue durian dan sebagainya.

Sebagai buah musiman, durian umumnya hanya berbuah selama kurang lebih 3-4 bulan yaitu sekitar Nopember – Januari tiap tahunnya.

Jika buah durian selalu diburu untuk dinikmati dagingnya dengan beraneka ragam olahan makanan, bagaimana dengan bijinya?

Nah, mumpung sekarang masih musimnya durian dan berhubung blog ini berisi info mengenai Resep Masakan, maka berikut ini sedikit diulas tentang cara membuat keripik biji durian dan cara mengolahnya.

Sebelum menuju kelangkah – langkah cara membuat keripik biji durian anda harus tahu manfaat biji durian sebagai berikut :

cara membuat keripik biji durian

1. Penambah stamina tubuh

Khasiat biji durian yang pertama adalah sebagai biji buah yang mampu menambah stamina.

Kandungan alami berupa energy dalam biji buah ini dapat membantu tubuh Anda agar tetap kuat dan sehat dalam melakukan kegiatan sehari – hari. Anda tidak akan mudah merasakan letih dan lelah serta gejala kecapekan lainnya.

2. Baik untuk kesehatan tulang

Khasiat biji durian sangat baik untuk kesehatan tulang. Siapa sangka dalam biji buah ini mengandung sejumlah kalsium dan senyawa sehat lainnya yang mampu memberikan asupan gizi untuk tulang.

Tulang Anda tidak hanya sehat, namun juga kuat. Jangan menunggu sampai Anda terjangkit penyakit osteoporosis, mulailah memberikan nutrisi ke tulang dari sekarang.

3. Menyehatkan gigi

Khasiat biji durian yang satu ini mampu menjadikan gigi Anda lebih sehat. Gigi dan tulang memiliki struktur jaringan yang sama, sehingga jika biji buah ini baik untuk tulang Anda, maka juga baik untuk kesehatan gigi Anda.

Gigi Anda akan lebih kuat dan terlindungi dari sakit gigi. Tentunya juga perlu diimbangi dengan menjaga rutinitas menggosok gigi dengan rajin setiap hari.

4. Membuang lemak

Khasiat biji durian dapat membuat lemak berlebih di tubuh Anda. Lemak adalah bagian tubuh yang menumpuk karena banyaknya makanan tidak sehat yang Anda konsumsi ditambah lagi dengan kegiatan berolahraga yang kurang.

Jika Anda ingin mengatasinya dengan alami, Anda dapat mencoba manfaat biji buah yang bermanfaat ini.

5. Membantu menguatkan otot

Khasiat biji durian bagusa dalam membantu tubuh untuk membentuk otot. Beberapa bagian tubuh seperti bawah lengan dan juga betis adalah bagian yang sering menggelambir karena kurang terbentuknya otot pada bagian tersebut.

Selain berolahraga, Anda perlu mengonsumsi biji buah ini dengan rutin untuk mempercepat pembentukan otot yang kuat.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Siapa sangka jika biji durian juga dapat membuat daya tahan tubuh Anda semakin meningkat. Biji buah beraroma khas ini akan membuat sistem imun Anda lebih kuat sehingga tidak mudah menerima serangan penyakit.

Tubuh Anda akan lebih terlindungi dan terjaga dari beberapa jenis penyakit yang mudah menginfeksi kesehatan tubuh.

7. Mencegah depresi

Depresi yang berlarut – larut tidak hanya merusak kesehatan psikis Anda, namun juga akan berdampak pada gangguan kesehatan secara fisik.

Cegahlah depresi mulai dari sekarang dengan mengonsumsi biji durian. Biji buah ini akan memberikan rasa rileks dan ketenangan untuk pikiran Anda sehingga depresi dan gejala stress dapat dicegah.

8. Menyehatkan sel tubuh

Jaringan sel tubuh merupakan bagian dari dalam tubuh yang memiliki potensi terkena penyakit cukup besar, terutama dari serangan sel kanker akibat paparan radikal bebas.

Jagalah kesehatan sel Anda dari serangan penyakit dengan menggunakan biji durian. Biji buah ini mengandung banyak senyawa sehat yang mampy memberikan perlindungan pada sel tubuh.

9. Menjaga kesehatan metabolisme

Metabolisme yang sehat adalah metabolisme yang seimbang fungsinya dalam tubuh Anda. Banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan karena metabolisme tubuhnya yang rusak.

Jika Anda termasuk dari banyak orang tersebut, cobalah mengatasinya dengan biji durian. Biji buah unik ini akan membantu menyeimbangkan kinerja metabolisme di dalam tubuh.

10. Baik untuk kesehatan jantung

Biji durian juga baik untuk kesehatan jantung. Jantung merupakan bagian tubuh yang berpotensi terkena penyakit serangan jantung yang tiba – tiba datang tanpa diketahui terlebih dahulu.

Hal tersebut bisa terjadi karena kuranganya asupan gizi dari makanan yang Anda konsumsi. Solusi sehat terbaik untuk masalah ini yaitu dengan mengonsumsi biji durian.

11. Sebagai camilan

Ada yang sudah pernah mencoba camilan biji durian yang direbus? Mungkin anda akan lebih familiar dengan biji nangka yang direbus, namun siapa sangka, ternyata biji durian pun dapat diolah menjadi biji durian rebus, persis seperti biji nangka.

Tekstur dari biji durian pun hampir mirip dengan biji nangka, dengan tekstur yang gurih dan lezat, namun terasa sedikit manis. Biji durian rebus ini terkadang juga sengaja dijual dan diolah oleh restoran dan rumah makan yang menyajikan menu – menu yang berbau durian.

12. Sebagai regenerasi pohon durian

Durian merupakan jenis pohon yang tumbuh dari biji. Ketika anda sudah puas mengkonsumsi durian, anda dapat memanfaatkan beberapa biji durian untuk ditanam kembali.

Walaupun memakan waktu yang cukup lama, namun ketika sudah tumbuh besar, pohon durian akan memiliki manfaat terutama bagi vegetasi dan lingkungan sekitar tempat tumbuhnya pohon durian.

5 Manfaat dan Khasiat Biji Durian Lainnya:

  1. Menyehatkan kulit
  2. Membantu pertumbuhan rambut
  3. Baik untuk syaraf
  4. Membantu menyeimbangkan hormone
  5. Mencegah penyakit kekurangan protein

Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah dan kandungan gizi yang terkandung di dalam buah durian :

  • Kingdom : Plantae
  • Ordo : Malvales
  • Famili : Malvaceae
  • Genus : Durio
  • Species : Durio Zibethinus

Nutrisi Per 100 gr daging buah durian :

  • Energi : 147 kkal
  • Karbohidrat : 27.09 gr
  • Protein : 1.47 gr
  • Lemak : 5.33 gr
  • Kolestrol : 0 gr
  • Serat : 3.8 gr
  • Folat : 36 mcg
  • Vitamin A : 44 IU
  • Vitamin C : 19.7 mg
  • Natrium : 2 mg
  • Kalium : 436 mg
  • Kalsium : 6 mg
  • Tembaga : 0.207 mg
  • Fosfor : 39 mg

 

1. Cara membuat keripik biji durian tanpa mesin

cara membuat keripik biji duriancara membuat keripik biji durian

Bahan :

  • 1 kg biji durian, masih segar, cuci hingga bersih dan kesat
  • 1500 ml air
  • 25 ml air kunyit
  • 160 gram kapur sirih

Haluskan :

  • 20 gram bawang putih
  • 5 gram kemiri
  • 15 gram garam
  • 250 ml minyak Goreng

CARA MEMBUAT KERIPIK BIJI DURIAN :

  1. Cuci bersih biji durian dengan air yang mengalir sampai tidak ada lagi bagian yang licin akibat daging buah yang tertinggal.
  2. Iris tipis- tipis biji durian dengan ketebalan 1 – 2 mm, bisa juga menggunakan alat perajang agar lebih cepat.
  3. Cuci kembali biji durian yang telah di iris dengan air bersih mengalir untuk mengurangi lendir yang terdapat pada biji durian.
  4. Rendam lah irisan biji durian dengan air kapur sirih yang telah dicampur dengan air kunyit, diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian cuci kembali dengan air bersih mengalir lalu tiriskan.
  5. Campurlah bawang putih, garam dan kemiri dengan sedikit air, kemudian rendamlah irisan biji durian dengan air campuran bumbu ini. Diamkan lebih kurang selama 5 – 10 menit agar bumbu lebih meresap.
  6. Gorenglah irisan biji durian hingga berwarna kuning kecoklatan, kemudian tiriskan.
  7. Keripik biji durian pun siap disantap. Lezat.

Catatan :

Untuk menjaga kerenyahan keripik biji durian, simpanlah keripik di tempat yang kedap udara atau juga bisa menggunakan plastik yang tertutup rapat dan letakkan di tempat yang kering.

Baca juga panduan memulai usah keripik buah

 

2. Cara membuat keripik biji durian sederhana

Bahan – bahan

  1. 500 gr biji Durian
  2. Garam secukupnya.
  3. Minyak (utk menggoreng)

Langkah

  1. Bersihkan biji dari sisa – sisa daging duriannya.
  2. Kupas kulit luar dari biji durian, kulit yg paling luar agak empuk.
  3. Ini setelah di kupas kulit luarnya, dan msh tersisa kulit arinya. Kulit ini jangan di kupas krn nanti akan licin dan susah ngirisnya. Dengan di biarin spt ini maka proses iris mengiris jadi cepat & ringan…gak licin.
  4. Iris tipis biji durian buang yg spt tunas di ujung biji dan cuci bersih. Biji setelah di iris akan mengeluarkan banyak lencir, gpp langsung cuci & tiriskan.
  5. Rebus air dan beri garam, masukkan irisan biji durian. Rebus sebentar dg api kecil krn nanti airnya akan naik ke atas panci kalo pake api besar. Stlh matang, tiriskan.
  6. Goreng dgn minyak banyak dan api sedang…sampai kuning kecoklatan dan kering.
  7. Sebelum di sajikan taburi dg garam atau bumbu lainnya…
  8. Selamat menikmati….sekali lagi…di buang sayang..

Note: Keripik spt ini bisa juga di bikin dari biji Nangka krn biasanya biji – biji (beton kalo orang Jawa Timur bilangnya) ini akan masuk tempat sampah kalo tdk di olah.

Baca juga cara membuat keripik mangga

 

3. Cara membuat keripik biji durian secara tradisional

cara membuat keripik biji durian

Bahan yang digunakan dalam pembuatan keripik biji durian bumbu balado adalah:

  1. Bahan Dasar

  • Biji Durian
  • Minyak Goreng
  • Minyak Tanah
  1. Bahan Pembantu

  • Garam
  • Bawang putih
  • Kemiri
  • Cabe Merah
  • Gula Pasir
  1. Bahan Perendam Biji Durian

  • Kunyit

Proses Pembuatan Keripik Biji Durian

  1. Dipilih biji durian yang masih baik dan segar kemudian dicuci sampai bersih dan kesat.
  2. Biji durian diiris tipis – tipis dengan menggunakan alat perajang pada ketebalan 1-2 mm sambil ditampung dalam baskom yang berisi air dilakukan sampai habis lalu dicuci kembali sampai bersih.
  3. Dimasukan ke dalam baskom perendaman kapur sirih yang telah diberi air   kunyit, didiamkan selama 30 menit.
  4. Setelah waktu perendaman selesai, kemudian dicuci kembali sampai bersih dan tiriskan.
  5. Disiapkan bumbu untuk merendam irisan biji durian. Bumbunya yaitu bawang putih, kemiri, dan garam dihaluskan lalu diberi sedikit air.
  6. Biji durian yang telah ditiriskan kemudian direndam dalam bumbu yang telah diberi air selama 5-10 menit supaya bumbu meresap.
  7. Dirtiriskan biji durian kemudian digoreng sampai berwarna kuning kecoklatan.
  8. Keripik biji durian kemudian dikemas dalam plastik yang tertutup rapat dan disimpan pada tempat yang kering, hasil jadi keripik biji durian 350 gram per resep.

 

4. Cara membuat keripik biji durian dengan mesin

Bahan

  • biji durian
  • tepung maizena
  • tepung terigu
  • garam

Alat

  • timbangan
  • mesin penggiling daging
  • mesin pelempeng mie
  • pisau
  • baskom
  • talenan meja
  • kompor
  • loyang kaleng
  • wajan penggorengan
  • hot plate dan aluminium foil

Langkah – langkah pembuatan

  1. pencucian biji durian
  2. blansir 4*5 menit suhu 90 C – 100 C
  3. pengukusan selama 15 menit
  4. pengupasan
  5. penggilingan sebanyak dua kali berulang
  6. penambahan terigu, maizena dan garam
  7. pencampuran sampai rata
  8. pembuatan bentuk
  9. pemotongan
  10. pengeringan suhu 78-28 C selama 15 menit
  11. penipisan bentuk
  12. pengeringan lanjutan selama 60 menit suhu 78 C-82 C
  13. pendinginan pada suhu kamar 10 menit
  14. penggorengan pada suhu 150 C-160 C selama setengah menit
  15. keripik durian siap dikonsumsi

 

5. Cara membuat keripik biji durian yang dapat anda lakuhkan dirumah

Bahan

  1. 1 kg biji durian maka bahan pendamping lain yang diperlukan adalah
  2. Air 25 mil kunyit,
  3. Kapur sirih 150 gram,
  4. Bawang putih 25 gram,
  5. Kemiri 5 gram,
  6. Air bersih sekitar 2 liter, dan
  7. Minyak goreng sekitar ¼ liter.

Langkah membuat keripik biji durian

  1. Biji durian yang dipersiapkan harus dicuci bersih dengan dibilas berkali – kali atau dengan air mengalir sehingga lendir sisa daging buah benar – benar hilang tercuci.
  2. Setelah itu kita rajang atau iris dengan ketebalan 1 mm (menyesuaikan).
  3. Irisan biji durian kita cuci ulang dengan air mengalir.
  4. Rendam dalam campuran air kapur sirih dan air kunyit selamat 30 menit. Untuk menghilangkan aroma kunyit dan kapur sirih, hasil rendaman tersebut kita cuci lagi dengan air bersih dan ditiriskan.
  5. Irisan biji durian ini kemudian kita rendam lagi ke dalam bumbu yang terdiri atas bawang putih, garam, dan kemiri yang dihaluskan dan ditambah air secukupnya. Perendaman kira – kira 10 menit agar bumbunya meresap.
  6. Kemudian goreng sampai kering dengan ditandai warna kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  7. Keripik biji durian siap dikemas atau langsung disajikan.

 

6. Cara membuat keripik biji durian termudah

cara memebuat keripik biji durian

Bahan yang digunakan :

  • Biji durian/nangka secukupnya
  • Terigu secukupnya
  • Maizena secukupnya
  • Margarin secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara mudah untuk membuat Keripik Biji Durian :

  1. Langkah pertama bersihkan terlebih dahulu biji nangka atau biji durian dengan mencucinya hingga bersih.
  2. Selanjutnya masukkan kedalam kukusan dan kukus selama kurang lebih 15 menit.
  3. Kemudian kupas kulitnya dan haluskan biji yang telah dikupas dengan mengilingnya sebanyak 2 kali sampai halus.
  4. Tuangkan kedalam sebuah wadah kemudian masukkan tepung terigu, tepung meizena, margarine dan garam dapur aduk sampai benar – benar rata.
  5. Setelah itu ambil adonan secukupnya kumudian bentuk sesuai keinginan anda.
  6. Kemudian keringkan dengan suhu 82 derajat selama 15 menit hingga setengah kering saja.
  7. Keluarkan dari alat pengering kemudian pipihkan lalu masukkan kembali kedalam pengering dan keringkan dengan suhu yang sama selama kurang lebih 1 jam hingga benar – benat kering sempurna.
  8. Keluarkan dari alat pengering dan siap untuk digoreng.
  9. Goreng didalam minyak yang telah dipanaskan hingga matang dan renyah.
  10. Angkat dan tiriskan, masukkan kedalam toples dan siap untuk disajikan.

 

7. Adapun cara yang lainya yaitu dengan cara  :

Bahan yang dibutuhkan :

  • Biji durian secukupnya
  • Garam dapur halus secukupnya

Cara membuat Keripik Biji Durian :

  1. Cuci biji durian atau biji nagka dengan air hingga bersih, kemudian buang kulit dan matanya.
  2. Selanjutnya iris – iris tipis – tipis dengan ketebalan 2 mm atau dengan bentuk menyerupai korek api.
  3. Lakukan hal yang sama hingga biji – bijian habis.
  4. Setelah itu panaskan minyak sayur didalam wajan kemudian masukkan irisan biji kedalamnya dan goreng hingga kering, garing dan matang.
  5. Angkat, tiriskan dan biarkan dingin didalam suhu ruangan.
  6. Beri taburan garam dapur halus aduk hingga merata dan siap untuk dihiadangkan.

 

Itulah resep keripik biji durian yang gurih dan renyah. Sekarang, tidak hanya dagingnya saja yang dapat disantap tetapi bijinya pun dapat diolah menjadi makanan yang enak sehingga tidak terbuang sia-sia.

Semoga dapat menjadi inspirasi dalam membuat cemilan lezat untuk keluarga tercinta. Selamat berkreasi & selamat mencoba!

By | 2017-11-30T02:38:05+00:00 November 25th, 2017|Artikel|Comments Off on Terungkap Rahasia..! Cara Membuat Keripik Biji Durian Super Renyah

About the Author: