Cara Membuat Keripik Bayam Gurih & Renyah

//Cara Membuat Keripik Bayam Gurih & Renyah

Cara Membuat Keripik Bayam Gurih & Renyah

Cara Membuat Keripik Bayam – Bayam adalah salah satu tumbuhan yang termasuk dalam golongan sayuran hijau. Bayam merupakan tumbuhan sehat yang dapat dikonsumsi dan memiliki daun yang lebar.Tumbuhan dapat dijadikan berbagai macam masakan yang sangat enak lezat salah satunya dibuat menjadi sayur bening.

Selain itu, bayam juga dapat dijadikan makanan kering dan tahan lama yaitu keripik bayam. Keripik bayam adalah makanan yang dibuat dengan cara digoreng yang dipadukan dengan bumbu-bumbu penyedap lainnya.Keripik bayam memiliki rasa yang sangat enak dan gurih juga memiliki tekstur yang renyah.

Keripik bayam biasanya banyak terdapat di mini market atau super market juga memiliki nilai ekonomis yang sedikit mahal padahal bahan dan bumbunya sangat mudah untuk kita dapatkan.Untuk itu, kita tidak harus membeli tetapi kita buat keripik bayam sendiri dengan cara yang mudah dan sederhana. Dibawah ini adalah cara membuat keripik bayam.

Bahan

  • 50 lembar daun bayam yang masih segar
  • 250 gr tepung beras
  • 50 gr tepung kanji
  • 4 siung bawang putih ( haluskan )
  • 5 butir bawang merah ( haluskan )
  • 3 butir kemiri ( haluskan )
  • 2 cm kunyit ( haluskan )
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • air secukupnya

Langkah – langkah untuk Cara Membuat Keripik Bayam

  1. daun bayam dicuci bersih terlebih dahulu lalu tiriskan
  2. campur semua tepung menjadi satu ( aduk rata )
  3. masukkan semua bumbu yang dihaluskan kedalam campuran tepung
  4. tambahkan garam dan penyedap rasa kemudian aduk sampai semua bahan tercampur rata
  5. tuang air sedikit demi sedikit sambil diadu-aduk sampai adonan pas
  6. celupkan tiap lembar daun bayam kedalam adonan tepung
  7. panaskan minyak lalu goreng bayam yang sudah dicelup dengan adonan ( lakukan sampai selesai )
  8. tunggu sampai matang dan kering lalu angkat dan tiriskan
  9. keripik bayam siap untuk dinikmati
Keripik Bayam

membuat keripik bayam

Resep-resep Cara membuat Keripik Bayam

1.Keripik Bayam Krispy

Awalnya iseng” aja buat cemilan dirumah sendiri & tapi enak juga setelah dicicipi dan alhamdulillah banyak yang pesan…bisa dijual lagi juga 😀

Nah  kali ini kita akan memberikan resep resep nya Cara membuat keripik bayam,Berikut Cara membuat keripik bayam krispy

Bahan

  • 1 kg tepung beras
  • 8 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 ruas kunyit
  • 1 santan (kara)
  • Garam + penyedap rasa (sasa)
  • 50 daun bayam yg besar
  • 2 butir telur
  • 1/2 kg minyak goreng

Langkah – langkah Cara membuat Keripik Bayam Krispy

1.Haluskan semuah bumbu kemudian masukan je dalam mngkok msukan tepung beras + air sedikit demi dikit jasih garam + penyedap rasa

2.Kemudian panaskan minyak goreng

3.Kemudian goreng daun bayamnya

4.Keripik byam siap santap

Cara membuat Keripik Bayam

Keripik Bayam Krispy

2.Keripik Bayam Krispy Simpel

kali ni kami akan berbagi resep Cara membuat keripik bayam yang  simpel dan Mudah dibuat dirumah,lebih murah dan bisa dijadikan untuk cemilan juga…enak dan renyah loh 😀

Nah langsung saja kami akan bagikan resep resepnya untuk Cara membuat keripik bayam krispy yang simpel Berikut ini :

Bahan

  • 1 baskom bayam potong (daun lebar)
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kelingking kencur bersihkan
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 butir kemiri
  • 250 gram tepung beras
  • 1 sdt tepung kanji
  • secukupnya Air putih
  • Garam secukupnya (me : 1 sdt krn suka asin. Hehe)
  • secukupnya Minyak goreng

Langkah – langkah Cara untuk membuat keripik bayam Krispy simpel

1.  Petik semua daun bayam, bersihkan

2.  Haluskan semua bumbu

3.  Campur tepung beras, tepung kanji dan bumbu ke dalam baskom

4.  Beri air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan kekentalan sedang (tidak terlalu cair)

5.  Panaskan minyak goreng yang banyak

6.  Ambil 1 lembar daun bayam, celupkan ke adonan, goreng (me : goreng per 4 lembar)

7.   Goreng hingga kekuningan (cuma sebentar) angkat

8.  Lakukan hingga habis. Simpan ke dalam toples rapat

Cara membuat Keripik bayam simple

Keripik bayam simple

3.Kerispik Bayam Kriuk

Mau Cemilan yang enak dan kriuk untuk dirumah yang Kriuk?

Cobain nih cemilan yang satu ini…Bisa dibuat dirumah sendiri loh 😀 lebih mudah dan murah…

Nah kali ini kami akan berbagi resepnya cara untuk membuat keripik bayam kriuk.Berikut ini Resepnya:

Bahan

  • Daun bayam lebar
  • 200 g Tepung Beras
  • 1 sdm Tepung Sagu
  • 1 btr Telur
  • Air/Santan
  • Bumbu:
  • 4 btr Bawang Putih (haluskan)
  • 1 bks Penyedap Rasa (Me:Royko Ayam)
  • 1 sdt Garam
  • 1 sdt ketumbar bubuk

Langkah – langkah untuk Cara membuat Keripik  Bayam kriuk

1. Cuci bersih daun bayam. Tiriskan

2.  Masukan tepung beras,sagu,telur dan bumbu. Beri air/santan sedikit demi sedikit sampai adonan agak encer tetapi masih bisa nempel di daun ya.

3.  Panaskan minyak banyak. Masukan daun satu persatu ke dalam adonan dan goreng sampai matang dengan menggunakan api kecil, angkat dan tiriskan.

4.  Jika mau dimasukan ke dalam toples. Beri tatakan kertas di bawahnya agar minyak di bayam tidak mengendap di bayam nya.

Keripik Bayam

Keripik Bayam Kriuk

4.Keripik bayam Crunchy

Malam – malam hujan gini enaknya pengen ngemil ya sudah buat ini saja..Lebih murah dan mudah bisa dibuat dirumah dan bisa dijual lagi..makanan ini banyak loh yang suka

mau tau resepnya? Nah kali ini kami akan berbagi resep resepnya untuk Cara membuat keripik bayam Crunch yang mudah Berikut ini :

Bahan

  • 50 lembar daun bayam
  • 250 gr tepung beras
  • 50 gr tepung kanji
  • 1 butir telur
  • 2 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 2 btr kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • secukupnya Kunyit,mentega
  • secukupnya Garam,penyedap rasa
  • secukupnya Santan,air
  • Minyak sayur untuk menggoreng

Langkah  – langkah untuk Cara membuat  keripik bayam Crunchy

  1. Cuci bersih daun bayam lalu tiriskan
  2. Haluskan semua bumbu,ketumbar,bawang putih,bawang merah,kunyit,kemiri,ketumbar
  3. Siapkan mangkuk besar untuk membuat adonannya,lalu masukan tepung beras,sagu,telur,garam,margarin,penyedap rasa,bumbu yg dihaluskan,santan&air hingga adonan siap untuk d buat kripik bayam
  4. Setelah siap semuanya tinggal di goreng dengan api yang sedang,hingga kripik bayam kuning keemasan dan kripik bayam siap hidangkan

5. Keripik Bayam Merah

Tadi pagi pergi kepasar eh ketemu bayam merah,cuma lima ribu dapat 3 iket…lumayan  lah coba coba menu baru,bisa dibuat sendiri dirumah dan mudah…dan ternyata enak dan renyah juga loh 😀

mau tau resepnya?

Nah kali ini kami akan berbagi resepnya Cara membuat keripik bayam merah,Berikut ini resepnya:

Bahan

  • secukupnya Bayam Merah
  • 5 tbsp Tepung Beras Putih Organik
  • 1 tsp Bawang Putih Bubuk
  • 1 tbsp Kaldu Sapi Bubuk non MSG & non Gulgar
  • secukupnya Air Matang

Langkah – langkah untuk cara membuat Keripik bayam merah

1. Masukan semua bahan jadi satu, kecuali bayamnya.

2.  Aduk-aduk hingga rata.

3.  Balur bayam dengan adonan tepung

4.lalu goreng deh.sampai benar-benar sampai matang

5.Selamat Minikmati

Cara membuat Keripik bayam merah

Keripik bayam merah

7. Keripik Bayam Renyah

Malam – malam pengen ngemil ya sudah buat ini saja..Lebih murah dan mudah bisa dibuat dirumah bisa juga untuk anaknya yg bosan sayur bisa dibuat alternatif cemilan.. katanya bayam mengandung Zat besinya tinggi loh..

mau tau resepnya?

Nah kali ini kami akan berbagi resep resepnya untuk Cara membuat keripik bayam renyah yang mudah Berikut ini :

Bahan

  • 50 lembar daun bayam segar
  • 250 gr Tepung beras
  • 50 gr tepung kanji
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • Garam
  • Air

Langkah – langkah untuk Cara membuat Keripik bayam renyah

1.   Cuci bayam terlebih dahulu lalu tiriskan

2.   Campur semua tepung menjadi satu (aduk rata)

3.   Ulek bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, daun jeruk purut sampai halus.

4.   Masukkan bumbu yg sudah diulek tadi kedalam campuran tepung

5.   Tambahkan garam kemudian aduk sampai semua bahan tercampur rata

6.   Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai adonan pas. (Jangan terlalu kental nanti jadinya gak renyah)

7.   Celupkan tiap lembar bayam ke dalam adonan tepung

8.   Panaskan minyak lalu goreng bayam yg sudah di celup dengan adonan (lakukan sampai selesai)

9.  Panaskan minyak lalu goreng bayam yg sudah di celup dengan adonan (lakukan sampai selesai)

10.  Tunggu sampai matang dan kering lalu angkat dan tiriskan

cara membuat keripik bayam renyah

Keripik Bayam renyah

8. Keripik Bayam Kress kress

Tadi  pagi kepasar beli bayem 5000 harusnya cuman dapet 3 ato 2 iket doang , berhubung beli bayemnya di tempatnya om cayono alhasil dikasih 5 iket bayem pas dibayar uangnya malah di masukin lg ke plastiknya jd intinya ini bayem gratis wkwkwk, karena kebayakan alhasil sebagian di bikin kripik bayem  deh 😀

mau tau resepnya?

Nah berikut ini kami akan berbagi resepnya Cara membuat keripik bayam kress,Berikut ini resepnya :

Bahan

  1.     – 2 ikat bayam yg daunya besar”
  2.     – 150 grm tepung terigu
  3.     – 175 grm tepung maizena
  4.     – 1 sdt garam/sesuai selera
  5.     – 1 sdt lada bubuk/ sesuai selera
  6.     – 1 sdt ketumbar bubuk/ sesuai selera
  7.     –  500 mili air es
  8.     –  Minyak goreng untuk menggoreng

Langkah-langkah Cara membuat Keripik Bayam Kress

  1. 1.  Cuci bersih bayam lalu siangi/petik daunnya pilih daun yg lebar” agar mudah saat menggoreng

  2.  2.  Ambil wadah untuk adonan tepung, masukan tepung terigu, tepung maizena, garam,lada,dan merica aduk sampai tercampur semua lalu masukan air es dikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan tepung sperti adonan tempura,
  3. 3.  Panaskan minyak goreng, sambil menunggu minyak panas adonan bs dimasukan ke dalam kulkas agar tetap dingin,
    4.Setelah minyak panas masukan bayam ke dalam adonan tepung lalu goreng sampai berwara coklat kemasan. (Pastikan tepung tetap dingin agar hasilnya kress kress)

    5.Nb: adonan ini bs juga digunakan untuk membuat tempura.

    cara membuat Keripik Bayam Kress

    Keripik Bayam Kress

    9. Keripik Bayam awet kriyuk

    Bayam potong punya rasa yang agak langgu mungkin itu yg buat  saya gak mau makan jika di buat sayur. Tapi beda kalau sudah jadi yang begini bisa jadi cemilan…. dulu2an deh nyomot begitu turun dari penggorengan…😀😀. awet kriuk asal simpan dalam tempat kedap udara ya meski seminggu dan tanpa spiner…Cobain nih cemilan yang satu ini…Bisa dibuat dirumah sendiri loh 😀  dan lebih mudah, murah…

    mau tau resepnya?

    Nah kali ini kami akan berbagi resepnya cara untuk membuat keripik bayam kriuk.Berikut ini Resepnya:

    Bahan :

    1.     – 30 lbr Daun Bayam Jumbo/bayam potong
    2.     – 200 gr Tepung Beras
    3.     – 150 gr Tepung Tapioka
    4.     – 1 btr Telur
    5.     –  secukupnya Air bersih/Santan
    6.     –  Haluskan
    7.     –  3 siung Bawang Putih
    8.     –  1 sdt Ketumbar
    9.     –  4 lbr Daun jeruk
    10.     –  Sedikit kunyit
    11.     –  secukupnya Garam
    12.     –  Minyak Goreng

      Langkah – langkah Cara membuat keripik Bayam awet kriuk

    13.    1.Cuci bersih bayam lalu tiriskan..
    14.    2.Buat adonan peyek/tepung campurkan dgn semua bahan adonan dgn kekentalan yg kita inginkan. Koreksi rasa
    15.    3.Panaskan minyak diatas api besar lalu kecilkan. Sekaali lagi minyak harus panas sebab akan berpengaruh pada hasil gorengan. Terkadang minyak hanya meresap pada daun jadi terlihat basah daun tanpa terlihat tepungnya. Celup 1/1 daun bayam dalam larutan tepung hingga rata, goreng.
    16.     4.Angkat dan tiriskan.
    17.     5.Sedikit Tips* bagi saya yg gak punya spiner 😊😊. Saat menyimpan dalam toples alasi toples dengan tissue bersih beberapa lapis tata Keripik bayam dalam posisi berdiri..
    18.      6. Selamat mencoba ya 😀
    19. cara membuat keripik bayam awet kriuk

      keripik bayam awet kriuk

       10.Keripik Bayam Hot Spicy

    20. Lagi pengen nyemil yang gurih-gurih buka kulkas dan ada bayam 😁 langsung di olah aja deh :DRasa nya top crispi crispi…Bisa dibuat dirumah sendiri dan mudah loh…
    21. mau tau resepnya?
    22. Nah kami akan berbagi resepnya Cara membuat keripik bayam hot spicy,berikut ini resepnya :

    Bahan

    1.     – bayam
    2.     – tepung serbaguna hot spicy
    3.     – gula
    4.     – tepung maizena

      Langkah – langkah Cara membuat keripik bayam Hot Spicy

           1. Cairkan tepung serbaguna dan tambahkan gula secukupnya

           2. Tambahkan tepung maizena. Perbandingan nya tepung serbaguna : maizena 5:1

           3. Masukan daun bayam yang sudah di cuci

           4. Goreng sampai kering

           5. Sajian siap di santap

      cara membuat bayam krispy hot spicy

      Cara membuat keripik bayam hot spicy

      10. Keripik Bayam Rempeyek

      Ada tanaman bayam di sawah kosong milik tetangga. Bayamnya  besar – besar..enak tuh dibuat rempeyek. Ayuk kita eksekusi…awalnya cuma coba- coba dirumah buat cemilan dirumah dan akhirnya bisa dibuat dirumah sendiri dan mudah untuk  membuatnya,makanan ini banyak loh yang suka

      mau tau resepnya?

      Nah berikut ini kami akan berbagi resepnya Cara membuat keripik bayam kress,Berikut ini resepnya :

    5. Bahan

    6.       – 1 ikat Bayam
    7.       –  300 gr Tepung Beras
    8.       –  5 sdm Tepung Kanji
    9.       –  Sejumput Baking Powder
    10.       –  1 bh Telur
    11.       –  Bumbu Halus :
    12.       –  4 siung Bawang Putih
    13.       –  2 siung Bawang Merah
    14.       –  Secukupnya Kunyit
    15.       –  Secukupnya Garam
    16.       –  Secukupnya Vetsin
    17.       –  3 lbr Daun Jeruk (koyak2)
    18.       –  Secukupnya air
    19.       –  Minyak untuk penggorengan

      Langkah – langkah Cara membuat keripik bayam Rempeyek :

    20.      1. Cuci bersih bayam, pisahkan antara daun dan tangkai.
    21.      2. Siapkan tepung beras + tepung kanji + baking powder + telur. Masukkan Semua bumbu halus kedalam dan tambahkan air. Aduk hingga tercampur rata. Beri air sedikit encer agar lebih kriuk
    22.      3. Masukkan bayam kedalam adonan hingga tercampur rata.
    23.      4. Goreng dengan api sedang smpai kuning keemasan. Angkat dan tiriskan
cara membuat bayam rempeyek

Kripik bayam rempeyek

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

By | 2017-11-18T04:13:00+00:00 November 16th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Keripik Bayam Gurih & Renyah

About the Author: