Select Page

Resep Pasta Makaroni dikenal kan oleh Apicius pada abad satu. Macaroni berasal dari kata “maccheroni” yang diadopsi dari bahasa Sisillia “maccaruni”, artinya adonan yang dibuat dengan tenaga. Sejarah lain juga menyebutkan bahwa orang Inggris memaknai “maccheroni” sebagai segala sesuatu yang sempurna dan anggun.

Ratusan tahun lamanya Bangsa Italia menjaga rahasia resep pembuatan pasta, bahkan mereka juga telah membuat lebih dari 300 bentuk resep olahan. Bangsa Italia mengungkapkan rasa kecintaannya pada macaroni dan juga pasta dengan cara membangun sebuah museum pasta di Pontasio, Italia.

Resep Pasta Makaroni adalah pasta yang berasal dari Italia. Bahannya sendiri dari tepung terigu, hard wheat varietas durum atau tepung semolina, milled durum, yaitu butiran dari endosperm biji gandum.
Macaroni biasanya sering diolah menggunakan saus krim dan kacang polong.

Uniknya, cuman gandum jenis durum saja yang cocok untuk membuat pasta. Jenis gandum ini dipilih karena tingginya kandungan protein gluten yang terkandung, sehingga menjadikan adonan pasta kenyal dan elastic.

Schotel berasal dari bahasa Londo yang artinya “piring”. Pada jaman VOC dulu, noni-noni Belanda sangat menyukai pasta yang disajikan di atas piring. Nah dari sinilah nama macaroni scotel tersebar dan ngetop sampai sekarang.

Katanya di Italia maupun Belanda makanan jenis ini malah tidak populer loh, terutama yang bentuk dan resepnya yang umum yang kita tahu dan digunakan di Indonesia. Nah, sekarang saya akan berbagi tentang “Resep Pasta Makaroni” chek it out.

Resep Pasta Makaroni Chilli & Cheese

Suka makaroni pedas? Jika Demikian, kamu bakal sangat suka juga dengan chili mac & cheese ini. Sensasi lembut keju dipadukan dengan citarasa pedas yang khas, makan sekali tidak akan puas!

Bahan-Bahan :

  • 1 sdm olive oil
  • 200gr daging-sapi giling
  • 1 bawang bombang (dicincang)
  • 300gr tomat kaleng
  • 1 sdm bubuk cabe
  • 2 siung bawang-putih
  • 1 sdt cumin
  • 2 cup air
  • 1 sdt oregano
  • ½ cup susu
  • 200 gr pasta makaroni
  • ½ cup heavy cream
  • 2 cup cheddar cheese (diparut)
  • 1 siung daun-bawang

Langkah-Langkah :

  1. Rebus pasta
  2. Panaskan minyak di penggorengan dengan api sedang, lalu masukkan daging giling, bawang bombay, sedikit garam, bawang putih, lalu aduk
  3. Tuang air, tomat, susu, bubuk cabe, cumin, oregano, aduk, lalu diamkan sejenak
  4. Masukkan pasta, masak kurang lebih 5 – 10 menit
  5. Tambahkan keju dan heavy cream
  6. Sajikan dengan daun bawang

Tips Resep Pasta Makaroni Selezat Restoran Berbintang

resep pasta makaroni

Bagi kamu pecinta pasta, tentu sudah nggak asing lagi dengan makaroni kan. Makaroni adalah salah satu pasta yang berbentuk seperti siku. Cara membuat pasta makaroni merupakan olahan tepung asal Italia yang sangat populer di dunia.

Pasta makaroni adalah pasta yang terbuat dari tepung terigu, tepung semolina, dan endosperm biji gandum atau dikenal dengan istilah milled durum. Semua bahan tersebut dicampur dengan tambahan telur sehingga menghasilkan pasta yang kenyal dan elastik.

Umumnya cara membuat pasta macaroni diolah dengan saus krim dan tambahan kacang polong. Bahkan kamu bisa mencampur dengan tambahan daging ayam, daging sapi atau tambahan sayur-sayuran lainnya sesuai dengan selera keluarga.

1. Porsi Pasta

Ada banyak aturan dasar yang seirng digunakan oleh banyak koki professional untuk memasak pasta adalah 100 gram pasta, 1 liter air dan 7 gram garam. Pastikan kamu memasak pasta dengan jenis dan ukuran yang sama sehingga waktu matangnya akan berbarengan.

2. Takar Air

Isi air 2/3 volume panci besar dan pastikan juga air tidak sampai meluap saat mendidih. Jika kamu memasukkan air yang terlalu sedikit, maka pasta akan lengket. Pastikan juga jika seluruh air mendidih sebelum memasukkan pasta kering. Setidaknya, kamu memenuhi panci dengan air lebih tinggi 4 cm dari permukaan pasta.

3. Garam

Merebus pasta adalah bagian dari memasak, sehingga perlu cita rasa, maka dari itu bisa tambahkan garam pada air rebusan. Garam tak hanya menambah rasa tapi juga mampu menaikkan suhu air.

4. Jangan Tambah Minyak

Banyak orang yang berpendapat saat merebus pasta harus ditambahkan minyak agar tidak saling lengket. Nah ini malahan akan membuat saus pasta tidak mau menempel di permukaan pasta sehingga rasanya saus kurang menyerap.

5. Teknik Mengaduk

Agar hasil makanan khas Italia sempurna, maka kamu juga harus mengetahui teknik mengaduk yang benar. Sebaiknya kecilkan api sebelum pasta dimasukkan. Jika pasta tersebut pendek seperti makaroni, maka bisa langsung diaduk perlahan agar tak lengket. Teknik mengaduknya pun perlu diperhatikan, aduk dengan gerakan membentuk angka delapan setiap 3-4 menit dan tak perlu menutup panci saat merebus.

6. Al Dente

Tekstur al dente ditandakan dengan matang d iseluruh bagian pasta, namun tidak lembek atau keras saat digigit, kenyal namun tak ‘melawan’ saat digigit dibagian tengahnya. Teman-teman bisa melakukan tes dengan mencoba gigit pasta jika sekiranya merasa sudah matang.

7. Mematangkan Pasta

Mematangkan pasta bukanlah dengan cara direbus lama, tetapi dengan meniriskannya, lalu matikan api dan tutup panci berisi pasta selama 10-15 menit. Trik yang satu ini sering dilakukan supaya proses pematangan yang al dente dilakukan setelah proses perebusan pasta.

8. Jangan Dibilas

Memasak pasta tidaklah seperti memasak mie yang mesti dibilas air setelah ditiriskan. Cukup dengan hanya ditiriskan dengan saringan dan tidak boleh dibilas karena takut akan membuang sari pati dari pasta tersebut. Pati tersebut bermanfaat agar saus pasta menyerap dengan sempurna.

9. Tambahkan Saus

Setelah disaring, campur pasta ke saus dan aduk. Tuangkan saja sedikit minyak zaitun, ini bertujuan agar pasta tidak saling menempel satu sama lain.

10. Jangan Buang Semua Air Rebusan

Pada saat ingin menyaring pasta, alangkah baiknya jangan membuang semua air rebusan pasta. Air rebusan tersebut mengandung pati yang mampu membantu mengencerkan saus agar menempel sempurna di helai pasta.

Manfaat Resep Pasta Makaroni Bagi Tubuh

resep pasta makaroni

1. Pasta Sumber Karbohidrat Kompleks

Resep makaroni schotel adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik bagi tubuh. Karbohidrat kompleks sendiri memerlukan waktu yang lebih lama untuk bisa diuraikan oleh tubuh, sehingga metabolisme tubuh akan meningkat dan siapa saja yang mengkonsumsi nya akan merasa kenyang lebih lama.

2. Asupan Serat dari Makaroni

Serat tidak larut yang berasal dari pasta dapat membantu menstabilkan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Dengan demikian, mengkonsumsi makaroni dalam jumlah yang sesuai akan membantu meminimalkan risiko penyakit diabetes dan menurunkan kadar kolesterol.

3. Kaya akan Folat, Lutein dan Zeaxanthin

Kandungan folat yang berperan pada pembentukan sel darah merah bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makaroni. Selain folat, makaroni juga kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan penglihatan.

4. Mengembalikan Energi yang Hilang Setelah Olahraga

Makaroni terbukti mampu mengembalikan energi kita setelah capek olahraga atau bekerja seharian. Karena itulah mengapa makaroni menjadi makanan paling favorit bagi para olahragawan.

5. Dapat Membuat Suasana Hati Bahagia

Makaroni juga mampu membahagiakan orang yang memakannya. Kok bisa ya? ternyata, dari sebuah penelitian makaroni ini mengandung sebuah zat yang bisa membuat kadar hormon bahagia kita meningkat setelah mengkonsumsi nya. Jadi kalau ingin tersenyum lega dan selalu merasa bahagia, makan deh makaroni setidaknya tiga kaliseminggu. Tapi, jangan ketawa-ketiwi sendiri di jalan ya, nanti dikira orang gila lagi hehehe…

6. Pasta Makaroni Sangat Cocok untuk Penderita Diabetes

Makaroni sangatlah cocok untuk dikonsumsi untuk penderita diabetes. Syaratnya adalah makaroni tidak boleh direbus terlalu lama agar kadar glimemik yang terkandung didalamnya bisa menurun dengan drastis.

Makaroni mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan dicerna secara perlahan di dalam tubuh yang kemudian meningkatkan kadar gula darah secara bertahap. Bila makaroni dikonsumsi dengan benar dan tentu saja tanpa harus disertai dengan saus yang berlemak, kita bisa merasa jauh lebih sehat dan pola makan kita jauh lebih terjaga.

7. Makan Pasta Makaroni Tidak Membuat Gemuk

Belakangan ini pasta seperti menjadi musuh orang yang ingin menurunkan berat badan. Sebetulnya pasta itu tidak menggemukkan. Meskipun kaya akan karbohidrat, sebenarnya pasta membantu kita untuk tetap langsing. Demikian penemuan sebuah studi baru.

Hal itu disebabkan pasta merupakan bagian dari pola makan Mediterannean yang kaya dengan sayur dan minya zaitun. Pasta berhubungan dengan penurunan indeks massa tubuh dan penurunan ukuran lingkar pinggang. Studi peneliti Italia itu menganalisa seluruh pola makan lebih dari 23.000 orang yang berada di dua daerah yang berbeda di Italia.

Peneliti meminta mereka mencatat semua yang mereka makan dalam sebuah buku harian. Kemudian mereka ditanyai soal pola makan itu lewat telepon.

Malah sebenarnya makan pasta berhubungan dengan lebih langsing. Menikmati pasta sesuai dengan kebutuhan menyebabkan lingkar pinggang menjadi lebih kecil dan pinggang-pinggul menjadi lebih baik.

Periset menemukan mereka yang makan pasta teratur juga cenderung lebih mengikuti pola makan Mediterranean. Makan banyak tomat, bawang, bawang putih, minyak zaitun, keju dan nasi. Tapi, mereka menyebutkan efek bermanfaat makan pasta berhasil dengan syarat pola makan Mediterranean itu dilakukan dengan patuh.

Fakta Resep Pasta Makaroni

Macaroni dan cheese (mac cheese) atau makaroni keju merupakan salah satu hidangan khas Amerika. Hidangan ini menjadi bagian dari budaya Amerika karena sering kali disajikan di negara ini.

Lebih dari itu, mac cheese menjadi makanan favorit siapapun, mulai anak-anak hingga dewasa. Tak heran jika di Amerika, produk mac cheese dari Kraft terjual 1 Juta box setiap harinya.

Bahkan mac cheese tak hanya terkenal di Amerika, melainkan di negara lain, termasuk Indonesia. Dengan keju yang melimpah dan makaroni yang lezat, siapa yang akan menolak mac cheese?

meskipun begitu, mac cheese memiliki sejumlah fakta yang belum diketahui banyak orang.

1. Mac Cheese Atau Pasta Macaroni Sudah Ada Berabad-Abad Yang Lalu

Pada abad ke-14, keju dan pasta yang disebut makerouns tercatat dalam buku memasak inggris, Forme of Cury.

2. Manta  presiden AS Sangat Menyukai Mac Cheese

Thomas Jefferson, mantan Presiden AS sangat menyukai mac cheese, dan menyebutnya “kue pie yang di sebut macaroni”.

3. Hari Macaroni And Cheese Nasional

Pada tanggal 14 Juli setiap tahun nya, menjadi National Macaroni and Cheese Day di AS.

4. Lebih Baik Menggunakan Cheddar

Umumnya mac cheese menggunakan keju cheddar, namun resep lain menggunakan keju parmesan dan jenis keju lainnya.

5. Munculnya Mac Cheese Kraft

Mac cheese cepat saji salah satunya adalah produk keluaran Kraft yaitu Kraft Macaroni and Cheese yang dirilis pada tahun 1937.

6. Bahan Makanan Saat Perang

Kraft Macaroni and Cheese semakin populer, karena dipakai sebagai bahan makanan tentara saat Perang Dunia ke-II (World War Two).

7. Makaroni (Mac Cheese) menjadi Warna Resmi

Pada tahun 1993, Crayola, perusahaan Krayon yang berbasis di Pennsylvania,AS, Menamakan salah satu warna krayonnya dengan nama “Macaroni and Cheese”.

Sedikit Saran :

Pasta adalah makanan pokok di seluruh dunia dan mengandung beberapa nutrisi penting. Namun, pasta tinggi karbohidrat. Diet tinggi karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah dan telah dikaitkan dengan beberapa efek negatif pada kesehatan.

Untuk alasan ini, penting untuk menjaga ukuran porsi di periksa dan memilih toping sehat untuk pasta Anda, seperti sayuran, lemak sehat dan protein. Pada akhirnya, moderasi adalah kunci dalam hal pasta.

Meskipun Anda dapat menikmatinya kadang-kadang, penting untuk kolaborasi nya dengan makanan bergizi lainnya dan pastikan itu hanya satu komponen dari makanan sehat secara keseluruhan.

Baiklah sekian dari saya semoga artikel “Resep Pasta Makaroni” ini bermanfaat bagi semua orang. Jangan lupa untuk sering-sering berkunjung ke website kami ya teman-teman karena kami akan membagikan berbagai hal disini.

× Whatsapp Kami!