RESEP MEMBUAT SELAI BUAH NAGA DAN 10 MANFAAT BAGI KESEHATAN

//RESEP MEMBUAT SELAI BUAH NAGA DAN 10 MANFAAT BAGI KESEHATAN

RESEP MEMBUAT SELAI BUAH NAGA DAN 10 MANFAAT BAGI KESEHATAN

Resep Membuat Selai Buah Naga – Mumpung buah naga masih bisa kita jumpai dengan mudah dan harganya cukup terjangkau. Buah naga sendiri dikenal sebagai buah dengan berbagai manfaat. Selain dikenal sebagai anti oksidan dan vitamin, buah naga juga mengandung kalsium organik.

Rasa manis pada buah naga terutama buah naga merah juga bukan berasal dari glukosa, sehingga buah naga juga baik untuk penderita disbetes. Buah naga juga sering dijadikan smoothies. Untuk anak-anak biasanya dibuata menjadi sorbet,puding atau es krim yang memakai berbahan dasar buah naga.

Selai buah naga ini dalam proses pembuatan selai buah, pektin alami yang terkandung dalam buah-buahan akan bereaksi dengan gula dan asam sehingga membuat selai menjadi kental.

Apabila selai dibuat dari buah-buahan yang mengandung sedikit pektin, maka perlu ditambah pektin agar selai cepat mengental dan proses pemasakan tidak terlalu lama. Proses pemasakan yang terlalu lama akan membuat selai tersebut kehilangan rasa dan aroma asli dari buah yang digunakan. lemon dan jeruk nipis dikenal mempunyai kandungan pektin yang tinggi, sehingga bisa ditambahkan dalam proses pembuatan selai.

 

Manfaat Buah Naga

  1. Buah naga rendah kalori, sebanding dengan buah kiwi, mengandung sekitar 50 kalori per 100 g. Meskipun demikian, ia menyimpan banyak antioksidan, mineral, vitamin, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan.
  2. Biji naga hitam yang renyah mengandung senyawa phytochemical antioksidan fitokimia. Phytoalbumin berpikir untuk memperbaiki nafsu makan, bekerja sebagai pencahar, dan bagus untuk kesehatan kulit dan rambut.
  3. Buah ini merupakan sumber antioksidan vitamin C yang sangat baik; menyediakan sekitar 8-9 mg per 100 g atau sekitar 12-15% dari DRI (asupan yang direkomendasikan setiap hari). Konsumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan ketahanan untuk melawan agen infeksius dan mengais radikal bebas berbahaya.
  4. Tipe daging merah buah mengandung kadar vitamin-A yang sangat sehat, dan karoten. Bersama; Senyawa ini telah diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Vitamin-A juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mukosa dan kulit. Konsumsi buah alami yang kaya akan karoten diketahui dapat melindungi dari kanker rongga mulut dan rongga mulut.
  5. Buah naga juga mengandung mineral dalam jumlah baik seperti fosfor, mangan, besi, dan magnesium. Mangan yang digunakan oleh tubuh manusia sebagai co-factor untuk antioksidan kuat enzim, superoksida dismutase. Magnesium adalah mineral penguat tulang yang penting seperti kalsium.

 

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

1. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang telah mencoba berbagai hal dalam menurunkan berat badan sebaiknya mulai menyetok buah naga di dalam kulkas anda. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengisi perut dengan makanan kaya serat rendah kalori yang tidak membuat perut melar. Salah satunya adalah dengan konsumsi buah naga, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung banyak air yang akan membuat pencernaan menjadi lancar.

 

2. Sumber Besar Antioksidan

Manfaat Antioksidan adalah untuk mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita, dengan konsumsi buah ini setidaknya akan membantu proses detoksifikasi (pengeluaran racun dari tubuh melalui hati). Lalu bagaimana mendapatkan sumber antioksidan tersebut? jawaban terbesarnya adalah buah naga.

 

3. Mencegah Kanker

buah naga kaya akan antioksidan phytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

 

4. Mencegah Diabetes Melitus

Buah naga juga dipercaya dapat mencegah terjadinya diabetes. Buah ini dapat membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Selain itu kadar gula yang terkandung didalamnya juga sangat kecil sehingga sangat aman bagi penderita diabetes.

 

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Buah Naga juga dapat meningkatkan nafsu makan karena dalam buah ini mengandung vitamin B2 dan B1 yang dipercaya dapat menambah nafsu makan terutama bagi anak anak.

 

6. Menunda Penuaan Dini

Jika anda sering menghirup udara yang terpolusi maka anda terpotensi terkena penuaan dini yang sangat cepat dari biasanya. Anti oksidan yang ada di buah naga dapat membantu untuk mencegah penuaan dini ini.

 

7. Batuk Dan Asma

Gangguan pernapasan seperti asma dan batuk akibat flu mungkin dapat mempersulit dan sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Meskipun buah ini bukan pengganti pengobatan, namun ia dapat membantu meringankan batuk dan penyakit gangguan pernafasan.Buah naga juga memiliki jumlah vitamin C yang sangat tinggi yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat sehingga Anda dapat melawan infeksi lebih mudah.

 

8. Tekanan Darah Tinggi Dan Serangan Jantung

Ada dua faktor utama yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular (penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah) :

  • Stress
  • Penyumbatan arteri

Mengingat bahwa buah naga pada dasarnya “membersihkan” bagian tubuh manusia maka ia juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan yang berhubungan dengan pembuluh darah lainnya.

Selain itu, makanan ini juga dikenal untuk membantu mengurangi tingkat stres oksidatif yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit kardiovaskular.

 

9. Baik Untuk Tulang Dan Darah

Dengan kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi, buah naga juga baik untuk tulang dan darah. FAO menganggap buah naga adalah buah dengan nilai gizi tinggi karena kandungan kalsiumnya. Satu buah kecil memenuhi 1 persen dari nilai harian. Buah naga merupakan sumber yang lebih baik dari besi dengan memenuhi 8 persen dari nilai harian. Selain membantu kesehatan tulang, kalsium diperlukan untuk fungsi otot yang tepat dan transmisi syaraf. Zat besi diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Isi buah naga ini sangat tinggi vitamin C nya yang sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak.

 

Resep Membuat Selai Buah Naga

resep membuat selai buah naga

Bahan-Bahan Yang Digunakan Dalam Resep Membuat Selai Buah Naga :

  1. 500 gram buah naga tanpa kulit, dipotong-potong.
  2. 200 gram gula pasir atau selera.
  3. 5 sendok makan air jeruk nipis atau lemon

 

 Langkah Dan Resep Membuat Selai Buah Naga :

  1. Sterilkan dahulu wadah atau botol tempat penyimpanan selai, dengan cara merebusnya hingga air mendidih. setelah selesai sisihkan.
  2. Dalam sauce pan, masukan potongan buah naga kedalamnya. Lalu masak dengan api kecil hingga mengeluarkan air. Kurang lebih selama 10 menit.
  3. Setelah buah naga mengeluarkan air, masukan gula pasir dan air jeruk nipis atau lemon kedalam pan. Lalu masak sambil diaduk-aduk hingga kedasar pan, agar selai tidak hangus.
  4. Masak selai buah naga sambil bauah naga di tekan-tekan perlahan hingga bah naga hancur.
  5. Saat selai buah naga mulai mengental, berdasarkan api dan masak sambil diaduk-aduk hingga benar-benar mendidih sebentar saja. lalu matikan api.
  6. Keringkan botol selai yang sudah steril, lalu tuang selai buah naga kedalamnya. Setelah benar-benar dingin baru botol selai buah naga ditutup.

 

Semoga Resep Membuat Selai Buah Naga Ini Bermanfaat

Note :

Takaran gula pasir disesuain dengan selera dan tingkat kemanisan buah naga.

Setelah dingin, selai akan lebih set dan kental dibandingkan ketika saat masih panas. Jadi jangan memasak selai terlalu lama ya, ketika sudah mulai mengental, didihkan sebentar saja dan matikan api.

 

Lihat juga Cara Membuat Selai Buah Mangga

By | 2018-04-13T12:14:48+00:00 March 24th, 2018|Artikel|Comments Off on RESEP MEMBUAT SELAI BUAH NAGA DAN 10 MANFAAT BAGI KESEHATAN

About the Author: