Select Page

Resep macaroni schotel dikenal kan oleh Apicius pada abad satu. Pada abad 12 Guglielmo di Malavalle membuat hidangan pasta macaroni bernama “macarrones sen logama”, hidangan macaroni bersaus yang dihidangkan pada pesta-pesta banguet. Pesta ini merupakan pesta para petinggi di zaman tersebut.

Macaroni berasal dari kata “maccheroni” yang diadopsi dari bahasa Sisillia “maccaruni”, artinya adonan yang dibuat dengan tenaga. Sejarah lain juga menyebutkan bahwa orang Inggris memaknai “maccheroni” sebagai segala sesuatu yang sempurna dan anggun.

Ratusan tahun lamanya Bangsa Italia menjaga rahasia resep pembuatan pasta, bahkan mereka juga telah membuat lebih dari 300 bentuk resep olahan. Bangsa Italia mengungkapkan rasa kecintaannya pada macaroni dan juga pasta dengan cara membangun sebuah museum pasta di Pontasio, Italia.

Resep Macaroni Schotel adalah pasta yang berasal dari Italia. Bahannya sendiri dari tepung terigu, hard wheat varietas durum atau tepung semolina, milled durum, yaitu butiran dari endosperm biji gandum.
Macaroni biasanya sering diolah menggunakan saus krim dan kacang polong.

Uniknya, cuman gandum jenis durum saja yang cocok untuk membuat pasta. Jenis gandum ini dipilih karena tingginya kandungan protein gluten yang terkandung, sehingga menjadikan adonan pasta kenyal dan elastic.

Schotel berasal dari bahasa Londo yang artinya “piring”. Pada jaman VOC dulu, noni-noni Belanda sangat menyukai pasta yang disajikan di atas piring. Nah dari sinilah nama macaroni scotel tersebar dan ngetop sampai sekarang.

Katanya di Italia maupun Belanda makanan jenis ini malah tidak populer loh, terutama yang bentuk dan resepnya yang umum yang kita tahu dan digunakan di Indonesia. Nah, sekarang saya akan berbagi tentang “Resep Macaroni Schotel” chek it out.

Resep Makaroni Schotel Panggang

Resep Macaroni Schotel

Bahan Resep Macaroni Schotel Panggang :

  • 500 gram makaroni elbow (aku pakai merk Sedani)
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 250 gram daging giling/kornet
  • 1 sachet Dancow (larutkan dengan air)/susu UHT
  • Secukupnya keju mozarella
  • 1,5 sdt lada
  • Secukupnya oregano
  • 1 sdm garam
  • Secukupnya keju Quickmelt (aku pakai Prochiz, lebih enak dari pada yang Kr*ft)
  • 1 sdm terigu
  • 2 sdm kaldu sapi (aku pakai yang non-MSG)
  • 1 sdt tepung maizena

Resep Macaroni Schotel :

  1. Masak dulu makaroni elbow hingga aldente atau sesuai dengan tekstur yang kamu inginkan. Sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay yang dipotong kotak-kotak hingga wangi. Tuangkan daging giling atau kornet dan masak hingga warnanya berubah kecokelatan.
  3. Masukkan makaroni yang sudah matang, aduk merata. Tuangkan susu Dancow (boleh UHT 350ml) dan tambahkan perasa – kaldu, garam, dan lada. Aduk hingga rata.
  4. Tambahkan tepung maizena dan terigu hingga tekstur makaroni menjadi lebih kental. Setelah rata, matikan kompor.
  5. Pindahkan ke loyang lalu panggang di oven selama 15-20 menit.
  6. dan tada… Macaroni Schotel siap disajikan…

Resep Macaroni Schotel Kukus

Resep Macaroni Schotel

Bahan-Bahan :

  • Macaroni
  • Keju craft
  • Kornet
  • 2 buah telor
  • Kotak aluminium
  • Susu UHT
  • Blueband
  • Garam
  • Kaldu jamur
  • Bawang bombay
  • Bawang putih
  • Daun Seledri

Langkah Membuat :

  1. Rebus macaroni, aduk perlahan hingga matang. Tiris kan macaroni beri sedikit minyak dan aduk perlahan
  2. Panaskan blueband, masukan bawang putih dan bombay yang sudah di cincang hingga wangi. Masukan kornet sampai matang.
  3. Di wadah lain campur kan susu UHT, telur dan keju parut kemudian aduk. Masukan campuran tersebut ke dalam tumisan. Kemudian masukan macaroni.
  4. Aduk perlahan, masukan seledri aduk kembali kemudian masukan garam dan kaldu jamur secukupnya
  5. Tunggu sampai susu meresap. Cek rasa kembali. Setelah matang masukan ke dalam kotak aluminium, beri toping keju parut di atasnya. Kemudian kukus 15 menit. Santan selagi hangat beri saus pedas sebagai pelengkap rasa

Manfaat Macaroni Schotel Bagi Tubuh

Resep Macaroni Schotel

1. Sumber Karbohidrat Kompleks

Resep makaroni schotel adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik bagi tubuh. Karbohidrat kompleks sendiri memerlukan waktu yang lebih lama untuk bisa diuraikan oleh tubuh, sehingga metabolisme tubuh akan meningkat dan siapa saja yang mengkonsumsi nya akan merasa kenyang lebih lama.

2. Asupan Serat dari Makaroni

Serat tidak larut yang berasal dari pasta dapat membantu menstabilkan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Dengan demikian, mengkonsumsi makaroni dalam jumlah yang sesuai akan membantu meminimalkan risiko penyakit diabetes dan menurunkan kadar kolesterol.

3. Kaya akan Folat, Lutein dan Zeaxanthin

Kandungan folat yang berperan pada pembentukan sel darah merah bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makaroni. Selain folat, makaroni juga kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan penglihatan.

4. Mengembalikan Energi yang Hilang Setelah Olahraga

Makaroni terbukti mampu mengembalikan energi kita setelah capek olahraga atau bekerja seharian. Karena itulah mengapa makaroni menjadi makanan paling favorit bagi para olahragawan.

5. Dapat Membuat Suasana Hati Bahagia

Makaroni juga mampu membahagiakan orang yang memakannya. Kok bisa ya? ternyata, dari sebuah penelitian makaroni ini mengandung sebuah zat yang bisa membuat kadar hormon bahagia kita meningkat setelah mengkonsumsi nya. Jadi kalau ingin tersenyum lega dan selalu merasa bahagia, makan deh makaroni setidaknya tiga kaliseminggu. Tapi, jangan ketawa-ketiwi sendiri di jalan ya, nanti dikira orang gila lagi hehehe…

6. Makaroni Sangat Cocok untuk Penderita Diabetes

Makaroni sangatlah cocok untuk dikonsumsi untuk penderita diabetes. Syaratnya adalah makaroni tidak boleh direbus terlalu lama agar kadar glimemik yang terkandung didalamnya bisa menurun dengan drastis.

Makaroni mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan dicerna secara perlahan di dalam tubuh yang kemudian meningkatkan kadar gula darah secara bertahap. Bila makaroni dikonsumsi dengan benar dan tentu saja tanpa harus disertai dengan saus yang berlemak, kita bisa merasa jauh lebih sehat dan pola makan kita jauh lebih terjaga.

7. Makan Pasta Tidak Membuat Gemuk

Belakangan ini pasta seperti menjadi musuh orang yang ingin menurunkan berat badan. Sebetulnya pasta itu tidak menggemukkan. Meskipun kaya akan karbohidrat, sebenarnya pasta membantu kita untuk tetap langsing. Demikian penemuan sebuah studi baru.

Hal itu disebabkan pasta merupakan bagian dari pola makan Mediterannean yang kaya dengan sayur dan minya zaitun. Pasta berhubungan dengan penurunan indeks massa tubuh dan penurunan ukuran lingkar pinggang. Studi yang dilakukan peneliti Italia itu menganalisa pola makan lebih dari 23.000 orang dari dua daerah berbeda di Italia.

Peneliti meminta mereka mencatat semua yang mereka makan dalam sebuah buku harian. Kemudian mereka ditanyai soal pola makan itu lewat telepon.

Malah sebenarnya makan pasta berhubungan dengan lebih langsing. Menikmati pasta sesuai dengan kebutuhan menyebabkan lingkar pinggang menjadi lebih kecil dan pinggang-pinggul menjadi lebih baik.

Periset menemukan mereka yang makan pasta teratur juga cenderung lebih mengikuti pola makan Mediterranean. Makan banyak tomat, bawang, bawang putih, minyak zaitun, keju dan nasi. Tapi, mereka menyebutkan efek bermanfaat makan pasta berhasil dengan syarat pola makan Mediterranean itu dilakukan dengan patuh.

Fakta Unik Macaroni Schotel

Macaroni dan cheese (mac cheese) atau makaroni keju merupakan salah satu hidangan khas Amerika. Hidangan ini menjadi bagian dari budaya Amerika karena sering kali disajikan di negara ini.

Lebih dari itu, mac cheese menjadi makanan favorit siapapun, mulai anak-anak hingga dewasa. Tak heran jika di Amerika, produk mac cheese dari Kraft terjual 1 Juta box setiap harinya.

Bahkan mac cheese tak hanya terkenal di Amerika, melainkan di negara lain, termasuk Indonesia. Dengan keju yang melimpah dan makaroni yang lezat, siapa yang akan menolak mac cheese?

meskipun begitu, mac cheese memiliki sejumlah fakta yang belum diketahui banyak orang.

1. Mac Cheese Atau Macaroni Schotel Sudah Ada Berabad-Abad Yang Lalu

Pada abad ke-14, keju dan pasta yang disebut makerouns tercatat dalam buku memasak inggris, Forme of Cury.

2. Manta  presiden AS Sangat Menyukai Mac Cheese

Thomas Jefferson, mantan Presiden AS sangat menyukai mac cheese, dan menyebutnya “kue pie yang di sebut macaroni”.

3. Hari Macaroni And Cheese Nasional

Pada tanggal 14 Juli setiap tahun nya, menjadi National Macaroni and Cheese Day di AS.

4. Lebih Baik Menggunakan Cheddar

Umumnya mac cheese menggunakan keju cheddar, namun resep lain menggunakan keju parmesan dan jenis keju lainnya.

5. Munculnya Mac Cheese Kraft

Mac cheese cepat saji salah satunya adalah produk keluaran Kraft yaitu Kraft Macaroni and Cheese yang dirilis pada tahun 1937.

 6. Bahan Makanan Saat Perang

Kraft Macaroni and Cheese semakin populer, karena dipakai sebagai bahan makanan tentara saat Perang Dunia ke-II (World War Two).

7. Macaroni (Mac Cheese) menjadi Warna Resmi

Pada tahun 1993, Crayola, perusahaan Krayon yang berbasis di Pennsylvania,AS, Menamakan salah satu warna krayonnya dengan nama “Macaroni and Cheese”.

Sedikit Tips :

Pasta adalah makanan pokok di seluruh dunia dan mengandung beberapa nutrisi penting. Namun, pasta tinggi karbohidrat. Diet tinggi karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah dan telah dikaitkan dengan beberapa efek negatif pada kesehatan.

Untuk alasan ini, penting untuk menjaga ukuran porsi di periksa dan memilih toping sehat untuk pasta Anda, seperti sayuran, lemak sehat dan protein. Pada akhirnya, moderasi adalah kunci dalam hal pasta.

Meskipun Anda dapat menikmatinya kadang-kadang, penting untuk kolaborasi nya dengan makanan bergizi lainnya dan pastikan itu hanya satu komponen dari makanan sehat secara keseluruhan.

Itu lah beberapa manfaat Resep Macaroni Schotel yang bisa tema-teman ketahui. Baiklah mungkin cukup sekian dari saya terimakasih sudah membaca artikel Resep Macaroni Schotel ini sampai habis, semoga bermanfaat semua yang sudah saya bagikan disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

× Whatsapp Kami!