Select Page

Siapa yang tidak suka dengan kerupuk nasi. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep kerupuk nasiyang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

Proses perebusan beras dikenal juga sebagai ‘tim’. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

A.Pengertian Nasi

Hasil gambar untuk GAMBAR NASI

Nasi adalah beras (atau kadang-kadang serealia lain) yang telah direbus (dan ditanak). Proses perebusan beras dikenal juga sebagai ‘tim’. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

Warna nasi yang telah masak (tanak) berbeda-beda tergantung dari jenis beras yang digunakan. Pada umumnya, warna nasi adalah putih bila beras yang digunakan berwarna putih. Beras merah atau beras hitam akan menghasilkan warna nasi yang serupa dengan warna berasnya. Kandungan amilosa yang rendah pada pati beras akan menghasilkan nasi yang cenderung lebih transparan dan lengket. Ketan, yang patinya hanya mengandung sedikit amilosa dan hampir semuanya berupa amilopektin, memiliki sifat semacam itu. Beras Jepang (japonica) untuk sushi mengandung kadar amilosa sekitar 12-15% sehingga nasinya lebih lengket daripada nasi yang dikonsumsi di Asia Tropika, yang kadar amilosanya sekitar 20%. Pada umumnya, beras dengan kadar amilosa lebih dari 24% akan menghasilkan nasi yang ‘pera’ (tidak lekat, keras, dan mudah terpisah-pisah).

B.Manfaat Nasi Bagi Tubuh

Jika kita bicara manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh maka salah satu hal yang paling penting adalah sumber energi bagi manusia.

1. Sumber Energi

Nasi adalah jenis makanan pokok yang sangat penting bagi tubuh manusia, tidak heran banyak penduduk dunia makanan pokoknya adalah nasi. Kandungan karbohidrat dan kalori pada nasi adalah sumber tenaga yang tidak tergantikan. Ia merupakan sumber energi yang cukup besar untuk tubuh.

2. Mendukung Pertumbuhan Manusia Dari Bayi Sampai Tua

Sebagai makanan pokok, nasi merupakan sumber utama untuk mendukung pertumbuhan manusia. Mulai dari bayi hingga orang tua didukung pertumbuhannya oleh nasi. Kandungan zat dan mineral yang ada di nasi, membuatnya adalah sumber terbaik untuk membantu pertumbuhan manusia dan menjadi makanan pokok hingga tua nanti.

3. Meningkatkan Mood Baik

Serotonin adalah senyawa yang menimbulkan perasaan senang pada otak, kandungan karbohidrat dapat mendongkraknya. Ini juga ditunjukkan pada penelitian, seseorang yang menjalani diet setiap hari dengan komsumsi 1/2 cangkir nasi atau selembar roti, sering mengalami depresi dan kegelisahan.

4. Mencegah Kanker

Brown rice banyak mengandung serat insoluble yang akan mengurangi resiko sel-sel kanker terjadi pada tubuh. Banyak penelitian yang sudah mempercayai itu

5. Nasi Non Kolesterol

Nasi tidak mengandung lemak berbahaya sama sekali ataupun sodium. maka dari itu, nasi pasti juga baik untuk dimasukkan dalam menu diet seimbang.

6. Kaya Akan Vitamin

Nasi itu banyak mengandung vitamin dan mineral misalnya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin.

7. Mengobati Disentri

Manfaat nasi pada kulit arinya, dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati disentri. Sekam padi yang berusia tiga bulan mengandung diuretic properties. Bahkan orang China percaya bahwa nasi dianggap meningkatkan selera, menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.

8. Baik Untuk Tulang

Nasi merupakan “Vitamin” untuk tulang yang dapat membuat pertumbuhan tulang terbentuk secara sempurna. Kandungan kalsium pada nasi sangat penting untuk membentuk tulang agar menjadi kuat dan mencegah osteoporosis di masa tua.

9. Baik Untuk Gigi

Pertumbuhan gigi juga di topang oleh nasi, sama sepertinya tulang, kandungan kalsium pada nasi sangat berperan untuk membentuk gigi yang kuat.

D.Fungsi Berdasarkan Kandungan Karbohidratnya

  1. Mengendalikan Berat Badan
  2. Mencegah berbagai penyakit
  3. Baik untuk kesehatan jantung
  4. Fungsi pencernaan
  5. Mencegah kerusakan jaringan otot
  6. Mengatur kadar gula dalam darah
  7. Mengatasi kecemasan

E.Ini yang Terjadi pada Tubuh Bila Anda Kurangi Makan Nasi

1. Nafsu Makan Menurun

Hal ini terutama terjadi apabila kondisi ketosis dipicu oleh konsumsi karbohidrat yang lebih sedikit. Penurunan konsumsi sumber makanan karbohidrat dapat menimbulkan perubahan hormon pengatur rasa lapar, karena tubuh lebih banyak mengonsumsi makanan sumber protein, sayuran, dan buah. Senyawa keton yang dihasilkan saat mengalami ketosis juga mempengaruhi otak merespon rasa lapar.

2. Berat Badan Menurun

Seperti efek rendah karbohidrat pada umumnya, tubuh yang kekurangan karbohidrat akan lebih mudah mengalami penurunan berat badan karena tubuh memecah lemak. Hal ini terjadi apabila ketosis berlangsung dalam beberapa minggu dan dapat bertahan lama ataupun sebentar, tergantung seberapa cepat tubuh berhenti menggunakan lemak sebagai bahan energi dan menyimpan cadangan makanan kembali.

3. Peningkatan Konsentrasi dan Tenaga

Mengurangi konsumsi karbohidrat dalam waktu yang lama mendorong tubuh untuk beradaptasi menggunakan lemak sebagai sumber energi. Mengurangi sumber energi yang lebih mudah dipecah seperti karbohidrat akan membantu tubuh untuk mengatur sumber energi yang lebih efisien. Saat kekurangan glukosa, otak juga mulai beradaptasi untuk menggunakan sumber energi lain seperti senyawa keton untuk mengganti karbohidrat. Mekanisme tersebut juga membantu otak bekerja lebih baik dalam berkonsentrasi dan mengingat.

4. Mudah Lelah

Gejala ini terjadi pada permulaan tubuh, saat tubuh baru mulai menggunakan lemak sebagai sumber energi, dan dapat berlangsung dalam beberapa hari sebelum tubuh beradaptasi sepenuhnya. Pada awal adapatasi, tubuh mengeluarkan sisa karbohidrat dan air, selain menggunakan lemak sebagai bahan energi. Untuk mengatasi hal ini, tingkatkan konsumsi elektrolit atau garam mineral sodium, potassium, dan magnesium saat Anda mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedikit.

5. Sembelit

Kondisi ketosis juga disertai dengan pengeluaran cairan berlebih dan jumlah sisa makanan yang lebih sedikit. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengganti cairan tubuh dan memakan makanan dengan karbohidrat kompleks saat kekurangan konsumsi karbohidrat sederhana seperti dari tepung dan nasi.

6. Insomnia

Kesulitan tidur saat tubuh mengalami ketosis dikarenakan rasa lapar akibat konsumsi karbohidrat dengan jumlah yang lebih sedikit dari biasanya. Hal ini menyebabkan individu yang mengalami ketosis terbangun dari tidur malam hari saat kadar karbohidrat paling rendah, dan sulit untuk tidur kembali.

7. Bau Mulut

Perubahan bau mulut disebabkan oleh peningkatan senyawa acetone pada urin dan napas. Kondisi ini dapat hilang saat tubuh sudah tidak berada dalam kondisi ketosis lagi, atau tubuh mulai terbiasa menggunakan lemak sebagai bahan energi karena kadar acetone sudah kembali menurun. Hal ini tentu saja dapat diatasi dengan menggosok gigi ataupun berukumur.

F.Resep Kerupuk Nasi

Hasil gambar untuk GAMBAR KERUPUK NASI

1. Resep Kerupuk Nasi Gendar

Bahan-bahan:

  • 400 gram Nasi sisa
  • 1 1/2 sdt Garam
  • Ketumbar Bubuk
  • Bawang Putih Bubuk
  • Secukupnya Kaldu bubuk (bila suka)
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Kerupuk Nasi Gendar:

  1. Siapkan wadah, campur semua bahan. Boleh tes rasa.
  2. Panaskan kukusan, kukus 15 menit. Angkat dan langsung ditumbuk sampai halus/lembut.
  3. Siapkan kertas nasi. Ambil sedikit nasi dan tipiskan (boleh pke ulekannya/rooling pin) lakukan sampai habis.
  4. Kemudian jemur sampai kering. Kira kira 2-3 hari (tergantung ketipisannya) dan panas teriknya
  5. Bila sudah benar2 kering. Boleh deh digoreng dengan minyak banyak dan panas (mendidih). Simpan dlm toples agar tetap kriukk

2.Resep Kerupuk Nasi Gurih

Bahan-bahan:

  • 12 sdm munjung nasi yang sudah direndam air selama 2 jam
  • 15 sdm tepung tapioka
  • 5 siung bawang putih
  • 2 tangkai daun bawang (hijaunya saja)
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • Secukupnya garam

Cara Membuat Kerupuk Nasi Gurih:

  1. Blender nasi, bawang putih, ketumbar dan garam. Jika perlu boleh ditambahkan sedikit air. Bisa juga diulek ya bun, dan kalau bisa nasinya sedikit di peras airnya supaya tidak perlu pakai tepung terlalu banyak.
  2. Masukkan daun bawang dan tepung secara bertahap, aduk dengan spatula. Setelah agak kalis, baru aduk dengan tangan. Karena saya pakai blender dan ditambah air, jadi perlu banyak tepung.
  3. Untuk takaran tepung disesuaikan dengan adonannya ya buibu, pokoknya sampai adonan kalis. Lalu bentuk bulat lonjong.
  4. Panaskan air, lalu rebus sampai adonan mengapung. Angkat. Dinginkan. Lalu masukkan frezeer selama 4 jam.
  5. Potong tipis adonan lalu tata di loyang, jemur 1-2 hari.
  6. Setelah kering, goreng di minyak panas.

3.Resep Kerupuk Nasi Tanpa Blender

Bahan-bahan:

  • 300 gr nasi sisa
  • 500 gr tepung tapioka
  • Bumbu halus :
  • 1 sdm ketumbar
  • 5 siung bawang putih
  • Udang rebon (saya gak ada, jdi pkai ikan teri)
  • Daun bawang/seledri (iris tipis)
  •  Garam
  • Penyedap

Cara Membuat Kerupuk Nasi Tanpa Blender

  1. Rendam nasi selama 2 jam. Setelah itu, kukus nasi.
  2. Tumbuk/ulek nasi selagi panas. Setelah nasi lumat masukkan bumbu halus dan daun bawang. Tambahkan garam dan penyedap. Aduk rata.
  3. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, lalu uleni sampai kalis (tidak ada yg lengket di wadah dan tangan).
  4. Setelah kalis, bentuk memanjang/lenjer kemudian rebus di air mendidih. Bila sudah mengapung berarti sudah matang. Angkat, tiriskan
  5. Lalu masukkan ke dalam kulkas semalaman agar mudah dipotong. Karena saya gak punya kulkas, jd saya biarkan seharian.
  6. Jika sudah mengeras, potong tipis”. Kemudian jemur. Setelah kering bisa langsung digoreng dgn minyak panas.

4.Resep Kerupuk Nasi Bungkus Telur

Bahan-bahan:

  • 1 kepal Nasi putih
  • 3 bh krupuk putih, dihancurkan
  • 1 bh wortel dpotong dadu kecil drebus
  • Telur dadar:
  • 1 bh telur bebek/ayam
  • 3 lbr daun bawang
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat Kerupuk Nasi Bungkus Telur:

  1. Campur nasi wortel dan krupuk, aduk hingga rata, kepal2
  2. Bikin telur dadar hingga selebarny jgn dlu dblik, klo sudh stengh mteng masukan kepaln nasiny diatas telur, bungkus selagi masih nempel,, biarkn dlu agar dalamn telur mteng, bolak balik.
  3. Jika drasa sudah mteng langsung angkat simpn d wadah, tata dgn pelengkapny

5.Resep Kerupuk Nasi Renyah Tanpa Bleng

Bahan-bahan:

  • 400 gr Nasi (rendam air)
  • 6 siung bawang putih
  • secukupnya Ketumbar
  • Sagu secukupnya (untuk mengulen adonan)
  • Udang rebon secukupnya (optional)
  •  Garam
  •  Msg
  •  Air

Cara Membuat Kerupuk Nasi Renyah Tanpa Bleng

  1. Nasi yg sudah direndam diblender dengan sedikit air bersama bawang putih, ketumbar dan rebon hingga halus
  2. Setelah halus tambahkan garam dan msg lalu tambahkan sagu hingga adonan bisa di bentuk.
  3. Adonan dirasa cukup bisa di bentuk, buat adonan berbentuk lenjer lalu rebus dalam air mendidih yg sebelumnya telah diberi 2sdm minyak makan. Rebus hingga mengapung

  4. Dingin simpan dalam kulkas selama semalam, tujuannya supaya lebih mudah saat diiris.
  5. Keluar dari kulkas, lenjeran diiris tipis2 dan ditata diatas tampah/nampan. Jemur hingga kering. Jika cuaca mendukung sehari sudah kering
  6. Kering, goreng dengan minyak panas sambil diaduk2 sampai mekar dan matang, selamat mencoba

6.Resep Kerupuk Nasi Aci

Bahan-bahan:

  • 1 piring nasi sisa
  • 200 gram tepung kanji
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt tumbar
  • Garam
  • Royco
  • Air

Cara Membuat Kerupuk Nasi Aci

  1. Rendam nasi dg air panas kira2 1 jam. Lalu uleg nasi
  2. Uleg bumbu. Campurkan dengan nasi. Tambahkan royco. Aduk2 sampai tercampur. Jika krg lember beri air sedikit.
  3. Masukkan tepung kanji. Adonan tidak kalis ya mak. Yg penting bisa dibentuk
  4. Bentuk lonjong atau sesuai selera. Jika lengket di tangan alasi dengan plastik.
  5. Rebus air sampai mendidih. Masukkan adonan. Rebus sampai mengapung
  6. Angkat dan tiriskan. Dinginkan. Masukkan ke freezer kira2 semalam biar mudah diiris ya mak.
  7. 1 malam kemudian  iris2 bahan kerupuk tipis2.
  8. Jemur kerupuk. Jika cuaca panas, 1 hari penjemuran udah kering ya mak. Cepet kok
  9. Simpan kerupuk di tempat kedap udara.

7.Resep Kerupuk Nasi Kanji

Bahan-bahan:

  • 250 tepung kanji/tapioka
  • 100 gr nasi sisa (belum basi)
  • 50 ml air
  • 1 bks kecil royco
  • 1 sdt ketumbar bubu
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt lada bubuk
  • secukupnya pewarna merah

Cara Membuat Kerupuk Nasi Kanji:

  1. Langkah pertama timbang nasi seberat 100 gr.Kemudian rendam dengan secukupnya air hingga semua nasi terendam.Rendam selama 2 jam.Kemudian tiriskan.Perendaman ini guna hasil kerupuk lebih halus dan renyah.
  2. Setelah direndam masukkan nasi dalam blender.Tambahkan potongan bawang putih, lada bubuk dan ketumbar bubuk.Masukkan 50 ml air.Blender hingga benar benar halus.
  3. Masukkan dalam baskom.Tambahkan 1 bungkus royco.Masukkan tepung kanji 1/2 bagian.Campur rata dengan spatula.Tambahkan lagi sisa tepung kanji, uleni dengan tangan hingga padat dan tidak lengket lagi ditangan.
  4. Bagi adoanan menjadi 4 bagian.Bentuk lonjong sambil ditekan tekan dengan tangan.Rebus adonan dalam panci.Saat memasukkan adonan air harus sudah mendidih.Beri sedikit minyak goreng agar tidak lengket dipanci.Rebus selama kurang lebih 25 menit hingga terapung dan matang.Sesekali boleh diaduk.
  5. Ketika matang, angkat dan tiriskan.Biarkan hingga dingin dan uap panas hilang.Kemudian teteskan sedikit pewarna makanan warna merah pada kuas.Poles rata pada bahan kerupuk tadi.Masukkan dalam kulkas hingga mengeras.Bisa juga tidak dimasukkan dalam kulkas namun proses pengerasanya lebih lama.
  6. Setelah mengeras iris tipis tipis kemudian jemur hingga kering.Sebaiknya adonan dibuat sore hari.Malam didinginkan biar mengeras.Pagi pagi diiris, kalo sudah panas dijemur.Cepat kering atau tidaknya tergantung panas dan tebal tipisnya kerupuk.Bila dipatahkan tidak alot/lunak berarti sudah kering dan siap digoreng.

8.Resep Kerupuk Nasi Balado

Bahan-bahan:

  • 250 g nasi putih
  • 500 g tepung tapioka
  • Bumbu balado instan
  • Bumbu :
  • 6 siung bawang putih
  • 5 g ketumbar
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Kerupuk Nasi Balado

  1. Rendam nasi 2/3jam lalu tiriskan.kemudian blender nasi dgn bumbu…krn sy pakai bumbu balado jd tdk pakai bermacam2 bumbu.dan takaran’y pun sedikit hanya cukup utk membri rs gurih pd krupuk..jk ingin rasa original,takaran bumbu bs d tambh & d beri daun bawang dll sesuai slera
  2. Campurkan tepung sedikit demi sedikit dan uleli hingga mudah d bentuk lonjong seperti lontong..besar kecil’y tergantung slera ya
  3. Kemudian rebus hingga mengapung yg arti’y sudah mtang
  4. Setelah matang tiriskan tunggu hingga dingin kemudian masukkan kulkas sampai adonan tdk empuk/sedikit mengeras agar mudah d iris.bs jg d rendam es batu.
  5. Lalu itu iris tipis dan jemur hingga kering..q ngiris’y pake irisan kripik supaya ketebalan’y sama dan lbh cepat selesai
  6. Kemudian d jemur diamkan semalam seblm d goreng agar krupuk bs mengembang sempurna..goreng dg minyak yg sudah bnr2 panas
  7. Setelah d goreng taburi dg bumbu balado sesuai slera.

Demikianlah artikel yang telah saya buah semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah dengan bahan-bahan yang mudah anda dapatkan.

× Whatsapp Kami!