Select Page
Dari cerita yang banyak beredar tentang asal usul resep brownis kukus coklat merona yang bikin ngilerrr, konon awalnya ada seorang koki yang lupa memasukkan baking powder ke dalam adonan resep kue coklat. Sehingga setelah dipanggang, hasilnya  kue coklat tidak mengembang (bantat).
Tekstur resep brownis kukus coklat yang seharusnya tebal, lembut, dan berpori2, menjadi agak padat dan basah. Inilah cikal bakal kue brownies yang kita temukan sekarang. Nama ”brownies” diambil dari “the deep brown color of cookie”. Brownies punya ciri khas warna cokelat tua kehitaman.

Uangnya pun sudah habis untuk modal membuat kue lainnya. Teman si pemuda datang pagi-pagi seperti biasanya, dan dia mengira resep brownis kukus coklat bantat yang telah jadi, adalah kue untuk dijualnya hari itu. Tanpa sepengetahuan pemuda, temannya tetap pergi menjual kue-kue tadi.

Brownies diperkirakan berasal dari Amerika Serikat. Pertama kali dipublikaskan tahun 1897. Brownies dikenal sebagai cake panggang lembut berbentuk kotak yang kaya akan coklat. Lalu beberapa waktu kemudian resepnya dimodifikasi lagi dengan penambahan telur dan coklat batangan.

Resep Brownis Kukus Coklat Merona yang Bikin Ngilerrr

bolu kukus coklat

Bahan yang di Butuhkan Membuat Bolu Kukus Coklat

Bahan A:

  • 150 gr drak cooking cholate
  • 120 gr margarine

Bahan B:

  • 4 butir telur
  • 150 gr gula pasir
  • 1 sdm emulsifier(sp/tbm/ovalet)
  • 1 sdt vanili bubuk

Bahan C:

  • 85 gr tepung trigu protein sedang
  • 35 gr coklat bubuk
  • 1 sdt baking baking powder

Bahan D:

  • 60 ml skm coklat

bahan brownis

Cara Membuat Brownis Kukus Coklat:

  1. Siapkan semua bahan… timbang sesuai takaran… panaskan kukusan… siapkan loyang yg sdh diolesi dgn margarine dan ditaburi tepung terigu…sisihkan…

  2. Tim bahan A…(150gr dcc+120gr margarine) sisihkan…biarkan dingin.

  3. Kocok bahan B…(4 butir telur+150gr gula pasir+1 sdm emulsifier+1 sdt vanili bubuk)mixer dari kecepatan yg paling rendah sampai ke tinggi secara bertahap sampai putih mengembang dan kaku…kira”10 menit.

  4. Ayak Bahan C…(85gr tepung terigu+35gr coklat bubuk+1 sdt baking powder).

  5. Masukkan ke bahan B sedikit demi sedikit…mixer dgn kecepatan rendah hingga rata…jgn over mix yaa…asal rata aja…matikan mixer…aduk kembali dgn menggunakan spatula hingga rata…pas disini lupa sy foto…

  6. Masukkan bahan A yang sudah di tim tadi ke dalam adonan…aduk balik dgn spatula hingga rata…

  7. Ambil 4 sendok sayur adonan… campur dengan bahan D (60 ml SKM coklat)aduk rata…ini untuk layer tengah nya…sisa adonan dibagi dua untuk bagian atas dan bagian bawah…

  8. Tuang setengah adonan kedalam loyang…ratakan…kukus selama 10 menit…

  9. Setelah 10 menit…masukkan campuran adonan+SKM coklat tadi… ratakan… kukus lagi selama 10 menit…

  10. Selanjutnya setelah 10 menit… terakhir… tuang sisa adonan…kukus kembali selama 30 menit..

  11. Berikutnya setelah 30 menit…buka tutup kukusan…angkat kue dan dinginkan… keluarkan dari loyang…potong”…sajikan…

    Tentang Brownis Kukus Coklat yang Bikin Ngiler

    Sungguh sangat sulit untuk memastikan asal mula resep brownies kukus coklat. Salah satu cerita yang beredar mengatakan bahwa resep brownis kukus coklat  ini berasal dari seorang koki yang lupa memasukkan bahan pengembang kue yang disebut baking powder ke dalam adonan kue Bolu Cokelatnya.

    Sehingga setelah kue tersebut dipanggang, hasilnya tidak mengembang seperti halnya kue-kue bolu yang biasa dia buat. Tekstur resep brownis kukus coklat yang harusnya lembut, tebal dan berpori, menjadi bantat, padat dan sedikit basah.

    Pada saat ini resep brownis kukus coklat telah mengalami banyak modifikasi dengan beraneka ragam rasa tambahan, seperti Brownies keju, pisang, blueberry, strawberry, kacang-kacangan, kopi, dan lainnya.

    Begitu pula dengan proses pembuatannya yang tidak lagi hanya dipanggang, namun dapat pula dikukus yang kemudian dikenal dengan nama Brownies Kukus.

    Nah, sekarang teman-teman sudah tidak bingung lagi kan membedakan antara Brownies dengan Bolu Cokelat? Hah? Masih bingung? Ya sudah saya coba uraikan perbedaannya ya.

    Cir-ciri Brownies

    1. Ciri khasnya berbentuk persegi sedangkan Bolu Cokelat biasanya berbentuk bulat (loyang cincin/tulban).
    2. Teksturnya padat, lembap, dan sedikit basah, sedangkan Bolu Cokelat teksturnya lembut, tebal/tinggi dan berpori.
    3. Brownies bahan dasarnya mentega (bisa diganti dengan margarin atau minyak), tepung, gula, telur dan cokelat. Sedangkan Bolu Cokelat, bahan dasarnya telur, gula, tepung dan cokelat bubuk (biasanya dalam jumlah yang sedikit), adonannya juga biasa ditambah dengan susu dan mentega.
    4. Tidak menggunakan bahan pengembang dalam adonannya sedangkan Bolu Cokelat menggunakan bahan pengembang.
    5. Umumnya tidak diberi topping kecuali kacang-kacangan karena dinikmati begitu saja sudah enak. Bila menggunakan bahan tambahan seperti kacang-kacangan, keju, selai, aneka cokelat, pisang dan lainnya, bahan tersebut dicampurkan ke adonan Brownies sebelum dipanggang. Sedangkan Bolu Cokelat biasanya diberi aneka taburan dan hiasan seperti, butter cream, meises, kacang, keju, cokelat leleh dan lainnya setelah adonan di panggang.
    6. Brownies adalah Bolu Cokelat, sedangkan Bolu Cokelat belum tentu Brownies.

 Manfaat Brownis Kukus Coklat Merona yang Bikin Ngilerrr

1. Meningkatkan Tekanan Darah

Darah rendah merupakan kondisi ketika tekanan darah yang dihasilkan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh di bawah batas tekanan normal. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan hipotensi.

Cara satu-satunya mengetahui apakah kita memiliki tekanan darah rendah atau tidak, dengan melakukan pengukuran tekanan darah. Seseorang dikatakan mengalami hipotensi ketika tekanan darahnya kurang dari 90/60 milimeter merkuri (mm Hg) atau kurang. Padahal idealnya tekanan darah yang normal mencapai 120/80 mm Hg.

Khasihat brownis yang pertama dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Kandungan glukosa yang ada di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan tekanan darah sehingga sangat baik dikonsumsi bagi anda yang saat ini kekurangan darah.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Khasiat lainnya dari brownies juga bisa meningkatkan fungsi otak. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya akan sangat berperan penting untuk meningkatkan dan menjalankan fungsi otak secara maksimal. Oleh karena itu, mulailah mengkonsumsi makanan ini.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jika jantung tidak sehat maka akan mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit. Untuk itu, anda bisa mulai mencoba mengkonsumsi makanan ini. Kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya akan menjaga kesehatan jantung dengan baik.

4. Mendukung Fungsi Pencernaan

Fungsi pencernaan umumnya adalah untuk memberikan nutrisi agar limbah dari tubuh bisa dikeluarkan. Untuk mendukung fungsi pencernaan anda bisa melakukannya dengan banyak mengkonsumsi brownies ini. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu mendukung fungsi pencernaan secara maksimal.

5. Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan

Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi idaman tiap orang. Tidak heran, mereka yang mengalami kelebihan berat badan rela melakukan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Namun, menurunkan berat badan bukan perkara mudah. Salah langkah, penurunan berat badan yang tidak tepat justru dapat membahayakan kesehatan kita.

Meski penurunan berat badan dengan cepat memang terdengar menggoda, namun program diet ketat semacam ini bukanlah cara yang benar untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Di dalam proses menjalani program diet ketat, yang mana kita akan memaksakan pengurangan asupan makanan tertentu secara berlebihan, pada akhirnya hanya membuat diri sendiri kewalahan. Gaya hidup ‘baru’ yang kita jalani selama menjalani diet ketat ini akan menyiksa dalam jangka panjang.

Lalu Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan dengan Aman?

Di lain sisi, penurunan berat badan sekitar 0,5-1,5 kg per minggu merupakan penurunan berat badan yang direkomendasikan. Memang terdengar lambat, namun langkah ini akan lebih efektif untuk dijalani dalam jangka panjang jika diikuti dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Lalu seperti apa cara menurunkan berat badan yang benar? Mari kita telusuri cara-caranya di sini.

  • Mengurangi Jumlah Kalori yang DiKonsumsi

Berat badan yang kita miliki sekarang merupakan cerminan dari jumlah kalori yang kita konsumsi tiap hari. Karena itulah, untuk menurunkan berat badan, kita juga harus mengurangi jumlah kalori yang kita konsumsi tiap hari.

Salah satu yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan asupan kalori adalah dengan mengonsumsi makanan nabati, buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Kita juga bisa mengonsumsi susu khusus diet sebagai asupan pengganti makanan. Selain rendah kalori,  susu khusus diet juga sudah dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral sehingga merupakan pilihan yang lebih baik daripada tidak makan sama sekali. Susu diet juga dianggap lebih praktis untuk mengganti asupan sarapan dan makan malam di dalam menjalani program diet.

  • Berolahraga Secara Rutin

Sebagian orang bisa saja menurunkan berat badan tanpa melakukan olahraga, namun hasilnya akan menjadi lebih maksimal jika kita menyeimbangkannya dengan olahraga. Olahraga berperan membakar kelebihan kalori di dalam tubuh.

Banyaknya kalori yang terbakar pun bergantung kepada frekuensi, durasi, dan intensitas olahraga yang kita lakukan. Olahraga aerobik bisa menjadi referensi yang cocok untuk membakar kalori tubuh.

Sebagai alternatif, lakukan gerakan-gerakan latihan kecil kapan pun kita sempat, seperti meniru gerakan melompat yang ditayangkan di iklan televisi atau mencuci piring sambal menari kecil.

  • Komitmen Terhadap Diri Sendiri

Menurunkan berat badan membutuhkan waktu, usaha, dan komitmen dalam jangka panjang. Pastikan kepada diri sendiri bahwa kita siap membuat perubahan secara permanen menuju gaya hidup yang lebih sehat.

Maka dari itu, kita harus fokus. Pada nyatanya akan dibutuhkan banyak energi, baik dari sisi mental dan fisik, dalam mengubah kebiasaan buruk Anda sebelumnya.

Menurunkan berat badan sebaiknya tidak dilakukan secara cepat dan drastis. Agar hasilnya memuaskan, Anda dapat mengubah gaya hidup dengan mengurangi asupan kalori dan memperbanyak aktivitas fisik. Konsultasikan kepada dokter atau ahli medis untuk mendapatkan saran yang sehat dalam menurunkan berat badan secara ideal.

Brownies juga sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Bagi kita yang bermasalah dengan berat badan bisa rutin mengkonsumsi makanan ini. Kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya akan berguna untuk menurunkan berat badan.

6. Sebagai Sumber Energi Tubuh

Jika tubuh anda kekurangan sumber energi maka akan mengakibatkan lemah dan lesu sehingga anda tidak bisa beraktifitas dengan baik. Untuk itu, kita bisa mengkonsumsi brownies ini pada saat sarapan pagi. Kandungan glukosa yang ada di dalamnya terbukti bisa menjadi sumber energi untuk tubuh.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol bisa disebabkan salah satunya karena faktor banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Untuk mengatasinya kita bisa mengkonsumsi brownies ini. Kandungan lemak tak jenuh dalam makanan ini akan menurunkan kadar kolesterol sehingga baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol.

8. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Untuk meningkatkan penyerapan nutrisi bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada dalam brownies sangat efektif mampu meningkatkan nutrisi dan menyerapnya ke dalam tubuh sehingga kita bisa bebas beraktifitas dengan tubuh yang sehat.

9. Diabetes

kadar gula

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah di atas normal. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi brownies ini. Kandungan serat yang ada di dalamnya akan mencegah munculnya penyakit diabetes sehingga makanan ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

10. Mencegah Obesitas

Obesitas umumnya disebabkan karena banyak mengkonsumsi makanan ynag mengandung lemak. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi brownies ini. Kandungan serat yang ada dalam makanan ini terbukti mampu mencegah obesitas pada diri anda.

Selain 10 manfaat dan khasiat brownies untuk kesehatan, ada lagi 3 manfaat lainnya dari makanan ini yang perlu anda ketahui, Berikut ini manfaatnya:

3 Manfaat dan Khasiat Brownies Lainnya:

  1. Mencegah kerusakan jaringan otot
  2. Mengatur kenaikan kadar gula darah
  3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Demikian 13 manfaat dan khasiat brownies untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui. Semoga informasi tentang  khasiat makanan ini bermanfaat untuk menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan tubuh.

Bahaya Makan Cokelat Terlalu Banyak

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi cokelat dalam jumlah yang terlalu banyak atau terlalu sering bisa memberikan efek kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah dampak-dampak tersebut:

1. Meningkatkan Berat Badan

Jika kita makan cokelat terlalu sering, besar kemungkinan berat badan akan naik. Bahkan, banyak program diet yang meminta kita untuk menghindari cokelat terlebih dahulu. Hal ini disebabkan oleh kadar kalori di dalam cokelat yang cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi dengan berlebihan dikhawatirkan akan merusak program penurunan berat badan.

Jika kita sampai mengalami kelebihan berat badan, dikhawatirkan akan meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, penyakit jantung, serta hipertensi.

2. Kelebihan Asupan Gula

Kebanyakan produk cokelat di pasaran tinggi kandungan gula. Berdasarkan alasan inilah cokelat memiliki rasa yang manis. Masalahnya adalah terlalu banyak mengonsumsi gula bisa menyebabkan dampak kesehatan yang kurang baik seperti memicu gigi berlubang, penyakit gusi, atau bahkan diabetes.

Khusus untuk diabetes, penyakit ini tidak bisa diobati dan bisa menyebabkan komplikasi serius yang bisa saja berakhir dengan kematian.

3. Gangguan Pencernaan

Di dalam cokelat terdapat kandungan kafein, yaitu kandungan yang juga bisa ditemukan di dalam kopi. Kafein ternyata bersifat stimulan bagi usus.

Hal ini berarti, jika dikonsumsi dengan berlebihan, bisa menyebabkan iritasi pada usus besar hingga memicu diare. Cokelat juga bersifat asam yang tentu akan membuat lambung mengalami peningkatan produksi asam lambung jika dikonsumsi berlebihan.

4. Memiliki Kadar Kalium yang Tinggi

Cokelat termasuk dalam makanan dengan kadar kalium yang tinggi. Meski terlihat baik, tingginya kadar kalium ini bisa membahayakan penderita penyakit ginjal atau penyakit adrenal karena bisa membuat kondisi kesehatannya semakin memburuk.

Mitos Makan Brownis Kukus Cokelat Berlebihan Bisa Memicu Kematian

Selain dampak-dampak kesehatan tersebut, terdapat sebuah mitos yang dipercaya banyak orang tentang makan cokelat, yakni jika kita mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak, maka ada kemungkinan kita bisa mati mendadak. Apakah mitos ini benar adanya?

Pakar kesehatan Reed Caldwell yang berasal dari New York University Langone Medical Center menyebut cokelat ternyata memang berpotensi mematikan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan theobromine yang bisa memberikan efek mirip seperti kafein. Jika kita mengonsumsinya, pembuluh darah akan melebar dan menyebabkan penurunan tekanan darah.

Jika theobromine dikonsumsi dalam jumlah yang sangat tinggi, maka dampaknya akan membuat denyut jantung meningkat dengan drastis. Hal ini akan memicu munculnya sakit kepala yang cukup parah, badan gemetaran, tubuh yang berkeringat, hingga menurunnya nafsu makan. Jika denyut jantung tidak bisa dikendalikan, hal ini dikhawatirkan bisa menyebabkan kematian.

Beruntung, Caldwell menyebut kasus kematian yang disebabkan oleh kebanyakan makan cokelat ini sangat jarang terjadi. Seringkali kasus kebanyakan makan cokelat hanya berujung pada gangguan pencernaan atau sakit perut saja.

Hal ini disebabkan oleh theobromine baru bisa memicu efek keracunan jika sampai dosisnya mencapai 1.000 mg untuk setiap kilogram berat badan tubuh kita. Padahal, di setiap gram cokelat hanya memiliki sekitar 2,4 hingga 5,5 mg theobromine.

Jjika kita mengonsumsi kue cokelat, kadarnya lebih tinggi yakni sekitar 16 mg per gramnya. Kita tentu harus makan berkilo-kilo cokelat untuk mendapatkan efek keracunan ini. Meskipun begitu, sebaiknya memang kita tidak berlebihan makan cokelat demi mencegah efek buruk bagi kesehatan.

Sekian resep brownis kukus coklat merona yang bikin ngilerrr ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.

× Whatsapp Kami!