Select Page

Bolu Kukus merupakan makanan manis (sweet goods), Resep Bolu Kukus yang terbuat dari bahan utama: tepung terigu, gula, telur dan margarin. Sejarah Bolu Kukus sangat panjang dan tidak dapat dilepaskan dengan sejarah roti, yang berasal dari mesir kuno.

Secara etimologi yang berasal dari Kamus kuno yaitu, Oxford kata bolu atau Cake berasal dari kata “Kaka” yang berasal dari bahasa kuno Norse (yaitu bahasa pendatang dari utara Jerman) di wilayah scandinavia pada masa era viking abad 13.Cake pada masa itu sangat berbeda dengan cake yang kita makan pada masa sekarang. Bentuk cake nya menyerupai roti dengan rasa manis dari madu.

Pada awal sejarah Bolu,  bolu di buat untuk memperingati ritual upacara keagamaan, namun seiring dengan perkembangan zaman cake di sajikan secara khusus untuk memperingati hari bersejarah dalam kehidupan manusia seperti hari kelahiran, perkawinan, pembabtisan, masa liburan dan bahkan di sajikan saat ada kematian, sebagai kue spesial untuk penghormatan bagi orang-orang tercinta.

Perkembangan bolu mulai sangat bervariatif pada abad 19 sejak di ketemukannya baking powder sebagai bahan pengembang cake (leavening agent) sehingga kita dapat mengenal cake seperti yang kita makan saat ini, dengan penambahan gula icing sebagai topping ataupun penggunaan butter cream sebagai hiasan ataupun filling.

Istilah bolu kukus yang sebelumnya di kenal sebagai kue yang memiliki bentuk seperti roti dengan penambahan madu sebagai pemanis, menjadi sangat bermacam-macam setelah di ketemukannya bahan pengembang cake tersebut. Di berbagai negara Eropa sejarah cake di kenal sangat beragam ceritanya.

Dilihat dari penggunaan bahan utama yaitu Tepung terigu, gula, telur, dan margarin dengan perbandingan 1:1:1:1 , maka di kenal dengan Istilah Pound Cake yang berkembang di wilayah Inggris Raya. Penyajian berbentuk pound cake biasanya dengan menggunakan Loyang roti (loaf Pan) atau di bentuk “bundt” dengan bagian tengah berlubang dan ditaburi gula icing.

Resep Bolu Kukus Taro

Resep Bolu Kukus

Selain bolu kukus yg biasa, Resep Bolu Kukus yg ini jadi andalan saya…Awalnya bikin Resep Bolu Kukus yg salah satu bahannya pake air soda…tapi setelah tahu ada resep ini, langsung tinggalin resep yg bersoda tadi…karena tahu lebih sehat apalagi syuka banget bolu kukus…😊Teksturnya….mmmmm selembut kapas…yummy dech pokoknya 👌

Bahan-Bahan Resep Bolu Kukus :

  • 250 gram Tepung terigu
  • 130 ml Susu UHT
  • 2 butir Telur
  • 1 sdt SP
  • 250 gram Gula pasir
  • secukupnya Pewarna ungu
  • sedikit Vanilla essence
  • secukupnya Pasta taro

Cara Mengolah Resep Bolu Kukus Taro :

  1. Masukkan tepung terigu, gula pasir, susu UHT, vanilla & telur. Lalu mixer dengan kecepatan tinggi, kurang lebih 20 menit. Mixer sampai mengembang & tekstur kental berjejak. Tips dari saya, mixer searah saja yaa…
  2. Terakhir masukkan SP, mixer lagi, sampai adonan berubah tekstur nya menjadi lebih halus, dan warna nya menjadi lebih putih.
  3. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Satu bagian diberi pewarna & pasta. Satu bagian lagi dibiarkan tanpa diberi pewarna.
  4. Langkah berikutnya, siapkan cetakan yang telah di alasi paper cup. Isi cetakan tersebut dengan adonan putih, kemudian timpa dengan adonan yang berwarna….isi sampai penuh yaaa…wajib hukumnya, supaya bolu kukus bisa mengembang sempurna..
  5. Sambil menunggu mengisi cetakan penuh, nyalakan kompor yang telah disiapkan panci kukusan…jangan lupa lapisi dengan serbet ya penutup kukusan nya, supaya air tidak merusak tekstur bolu kukus nya.
  6. Setelah air dalam kukusan mendidih…masukkan cetakan ke dalam kukusan dan masak kurang lebih 15 menit.
  7. Dan taraaa….Bolu Kukus kapas taro siap dihidangkan…

Resep Bolu Kukus Pandan Selembut Kapas

Resep Bolu Kukus

      Pelangganku banyak yang suka dengan bolu ini selain bahan yang murah hasilnya juga lumayan banyak… cocok buat jualan.

Bahan-bahan Resep Bolu Kukus :

  •  2 telur ukuran besar
  • 175 gula pasir
  • 1 sendok teh sp/ovalet
  • 250 ml jus pandan (kalau tidak ada tidak apa)
  • 1 sachet kara
  • 200 gram tepung terigu pro sedang
  • Sedikit pasta pandan

Langkah Mengolah Resep Bolu Kukus :

  1. Campur jus pandan dan kara
  2. Mix telur, gula dan sp hingga kental berjejak,
  3. Masukkan tepung dan larutan air yang sudah dicampur dengan Kara secara bergantian sampai habis
  4. Kemudian tuang pada loyang yang sudah di oles margrin dan kertas roti, kukus kurang lebih 25-30 menit.tes dengan Cara tusuk dengan lidi jika tidak Ada yang menempel berarti sudah matang
  5.  Angkat dan dinginkan, setelah itu oles dengan buttercream Asin dan tabur dengan parutan keju…
  6. Dan bolu kukus siap di hidangkan…^_^

Resep Bolu Kukus Durian

Resep Bolu Kukus

Berawal dari saudara yang memberi 1 cup durian frozen yang sudah dikupas dari kulit dan bijinya. Mau dimakan ramai-ramai enak juga. Akhirnya punya ide buat bikin kue aja biar bisa dimakan ramai-ramai. Taraa…..akhirnya jadilah Resep Bolu Kukus Duren. Hangat-hangat dimakan ramai-ramai pas lagi hujan-hujan. Hmmmm…..so yummy 🙂

Bahan-bahan Resep Bolu Kukus :

  • 24 porsi
  • 300 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 250 ml susu cair
  • 300 gram tepung terigu
  • 1 sdt SP
  • 200 gram durian sesuai selera
  • 1 sdt baking powder double quick
  • secukupnya pewarna kuning
  • keju parut atau coklat meses untuk taburan

Resep Bolu Kukus :

  1. Panaskan kukusan
  2. Telur, gula pasir, SP dikocok sampai mengembang dan putih degan kecepatan tinggi
  3. Setelah itu Masukkan susu, baking powder dan tepung, kocok dengan kecepatan rendah
  4. Lanjut Masukkan durian, dan pewarna kuning kocok sebentar
  5. Dilanjut dengan memasukkan adonan dalam paper cup yang sudah diletakkan dalam cetakan bolu kukus, atasnya beri parutan keju atau meses
  6. Kukus dengan api besar sekitar 15 menit sampai mengembang. Angkat.  Penutup kukusan alangkah baiknya diberi kain  bersih supaya air tidak menetes ke bolu saat proses pengukusan.

Manfaat Bolu Kukus

      Roti bolu merupakan salah satu makanan yang sering anda jumpai pada saat acara-acara tertentu seperti pernikahan, ulang tahun, acara pengajian, serta yang lainya. Makanan ini memiliki rasa manis yang pas juga enak di mulut dan memiliki tekstur sangat lembut. Makanan ini memiliki berbagai jenis bentuk dan rasa. Kemudian, makanan ini salah satu jenis makanan yang di gemari oleh masyarakat indonesia.

Meskipun makanan ini sudah banyak di jual dimana-mana, namun anda juga tidak ada salahnya jika anda ingin membuatnya sendiri dengan cara yang mudah karena makanan ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat jika mengkonsumsi Bolu Kukus.

1. Bagus Untuk Kesehatan Mata

Khasiat yang pertama bisa membantu anda dalam hal menjaga kesehatan mata.Ternyata bukan sayur wortel saja yang bisa menjaga kesehatan mata anda. Namun makanan ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Maka dari itu, untuk mencegah hal buruk yang mungkin akan terjadi, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan ini yang semoga bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan mata secara lebih baik.

2. Membantu Program Diet

Jika anda memiliki berat badan berlebihan tentu ingin sekali menurunkan berat badan entah bagaimanapun caranya. Disaat ingin menurunkan berat badan, ternyata hanya dengan memakan roti bolu kukus adalah salah satu solusi bagi proses penurunan berat badan anda yang dianggap berlebihan.

3. Bagus Bagi Kesehatan Tulang

Ternyata kue bolu kukus di dalamnya mengandung vitamin D yang berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium tulang. Tidak heran jika makanan ini menjadi salah satu makanan yang bermanfaat sebagai pencegah terjadinya pengeroposan pada tulang.

4. Kekebalan Tubuh

Kue bolu kukus memiliki kandungan selenium sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. apakah kamu tahu? beragam jenis penyakit, sebaiknya di antisipasi dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti makanan bolu kukus ini serta melakukan olahraga secara rutin.

5. Pembentukan Otot

Kue bolu kukus memiliki protein yang cukup tinggi yang dapat digunakan dalam menyehatkan serta membantu perkembangan otot. Karena di dalam pengolahan makanan ini banyak di fermentasi kan dengan berbagai makanan yang bermanfaat, salah satunya telur yang ada di dalam makanan ini. sedangkan telur sendiri sangat baik sekali bagi anda yang sedang proses pembentukan otot.

6. Untuk Pemeliharaan Sel Tubuh

Kue bolu kukus juga bermanfaat untuk memelihara sel tubuh yang sehat. Ini disebabkan karena makanan ini memiliki senyawa protein. Sedangkan protein memiliki peranan yang sangat baik untuk memproduksi dan menggantikan sel-sel tubuh yang sudah mati.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Senyawa yang ada di dalam roti bolu ini memiliki manfaat untuk membentuk perlindungan khusus bagi tubuh dengan mengstabilkan kandungan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Kemudian senyawa tersebut bisa mengancam jenis kolesterol buruk yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung. Jadi, kandungan yang ada di dalam makanan ini penting untuk membuat kesehatan jantung anda sehat.

Itu lah beberapa manfaat dari bolu yang bisa kita ketahui. Baiklah mungkin cukup sekian dari saya terimakasih sudah membaca artikel Resep Bolu Kukus ini sampai habis, semoga bermanfaat semua yang sudah saya share disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…

× Whatsapp Kami!