Select Page

Resep Bolu Kukus Gula Merah adalah resep jajanan tradisional Indonesia yang masih popular sampai sekarang nah pada kesempatan kali ini kita akan berbagi informasi mengenai Resep Bolu Kukus Gula Merah, Manfaat Bolu Kukus,dan Fakta Unik Bolu Kukus.

Secara etimologi yang berasal dari Kamus kuno yaitu, Oxford kata bolu atau Cake berasal dari kata “Kaka” yang berasal dari bahasa kuno Norse (yaitu bahasa pendatang dari utara Jerman) di wilayah scandinavia pada masa era viking abad 13.Cake pada masa itu sangat berbeda dengan cake yang kita makan pada masa sekarang. Bentuk cake nya menyerupai roti dengan rasa manis dari madu.

Pada awal sejarah Bolu,  bolu di buat untuk memperingati ritual upacara keagamaan, namun seiring dengan perkembangan zaman cake di sajikan secara khusus untuk memperingati hari bersejarah dalam kehidupan manusia seperti hari kelahiran, perkawinan, pembabtisan, masa liburan dan bahkan di sajikan saat ada kematian, sebagai kue spesial untuk penghormatan bagi orang-orang tercinta.

Perkembangan bolu mulai sangat bervariatif pada abad 19 sejak di temukan nya baking powder sebagai bahan pengembang cake (leavening agent) sehingga kita dapat mengenal cake seperti yang kita makan saat ini, dengan penambahan gula icing sebagai toping ataupun penggunaan butter cream sebagai hiasan ataupun filling.

Istilah bolu kukus yang sebelumnya di kenal sebagai kue yang memiliki bentuk seperti roti dengan penambahan madu sebagai pemanis, menjadi sangat bermacam-macam setelah di temukan nya bahan pengembang cake tersebut. Di berbagai negara Eropa sejarah cake di kenal sangat beragam ceritanya.

Dilihat dari penggunaan bahan utama yaitu Tepung terigu, gula, telur, dan margarin dengan perbandingan 1:1:1:1 , maka di kenal dengan Istilah Pound Cake yang berkembang di wilayah Inggris Raya. Penyajian berbentuk pound cake biasanya dengan menggunakan Loyang roti (loaf Pan) atau di bentuk “bundt” dengan bagian tengah berlubang dan ditaburi gula icing.

Resep Bolu Kukus Gula Merah

Resep Bolu Kukus Gula Merah

Bahan-Bahan :

  • 4 porsi
  • 200 gr Gula Merah sisir halus
  • 1/4 sdt Garam
  • 200 ml Air
  • 3 helai Daun pandan
  • 1/4 sdt Vanilla bubuk
  • 2 butir Kuning Telor
  • 1/2 sdt Soda Kue
  • 50 gr Gula Pasir
  • 1/4 sdt Baking Powder
  • 250 gr Tepung segitiga/kunci
  • 100 ml Minyak Goreng

Langkah-Langkah :

  1. Didihkan air,gula merah,daun pandan+garam+vanilli bubuk sampai larut. Saring ya,sisihkan sampai suhu ruang.
  2. Mixer kuning telor+gula pasir+BP+Soda kue sampai pucat mengembang pakai speed tinggi
  3. Masukkan secara berurutan :
  4. Air gula merah lalu campuran terigu sampai rata aja ya dengan mixer speed paling rendah,matikan mixer. Lasttt masukkan masukkan minyak aduk pakai Spatula aja.
  5. Tuang dalam cup bolu kukus ya. 1 resep tadi jadi 9 cup ya
  6. Kemudian Kukus selama 20 menit dengan api besar, alangkah baiknya tutup dandang dilapisi dengan serbet supaya uap air rebusan tidak menetes. waktu menit ke 5 sudah mekar
  7. Taraaa.. Bolu Kukus Gula Merah siap dihidangkan.

Tips Anti Gagal Mengolah Resep Bolu Kukus Gula Merah

Resep Bolu Kukus Gula Merah

Bisa dikatakan, membuat bolu kukus gampang-gampang susah. Terlebih masalah tepung terigu yang digunakan. Bolu kukus sering kali keras dan gak legit karena kesalahan memilih tepung. Tepung terigu yang berprotein rendah atau sedang menjadi salah satu kunci menghasilkan bolu lembut dan empuk.Ada beberapa tips nih yang bisa teman-teman terapkan supaya bolu kukus nya semakin nikmat.

1. Adonan Harus Kental

Pastikan adonan bolu kukus benar-benar kental. Tandanya yaitu adonan bolu menjadi berat saat di mixer, dan saat adonan diambil dengan jari dan dibalik, adonan tidak jatuh.

2. Jangan Lupa Gunakan Kertas Roti

Gunakan selalu kertas roti atau cup kertas tanpa lapisan dalam cetakan bolu kukus berlubang. Kertas yang tipis akan membantu uap air mendorong adonan untuk merekah.

3. Tuang Adonan Secukupnya

Tuangkan adonan secukupnya sebanyak jumlah kapasitas panci kukusan. Adonan bolu kukus yang  terlalu lama dibiarkan dalam cup akan membentuk lapisan keras di atasnya. Hal ini membuat uap air susah mendorong adonan, sehingga hasilnya gak maksimal.

4. Pastikan Panci Kukusmu Sudah Dalam Kondisi Panas

Yup, kamu harus benar-benar memastikan panci kukus mu sudah dalam keadaan panas dan airnya mendidih. Kukuslah di atas api besar supaya dorongan uap air yang kuat akan membantu proses merekahnya adonan.

5. Jangan Buka Tutup Kukusan Sebelum 15 Menit

Kenapa? karena mekar bolu kukus bisa menjadi kurang sempurna jika teman-teman sering membuka tutup panci kukus nya.

6. Memilih Telur

Untuk penggunaan telur ke dalam adonan bolu kukus mekar, sebaiknya kita gunakan yang ukurannya tidak terlalu besar. Karena jika terlalu banyak mengandung telur, maka adonan tidak bisa mengental dengan baik. Sudah pasti, adonan jadi tidak mengembang sempurna nantinya.

7. Penggunaan Gula

Meskipun tidak terlalu suka dengan kue yang manis, pemakaian gula pada bolu kukus mekar harus cukup banyak. Tujuannya agar adonan bolu kukus gula merah bisa kita kocok sampai kental sekali. Jadi, jangan asal mengurangi takaran gula di dalam resep, ya.

8. Penggunaan Loyang

Supaya bolu kukus gula merah bisa mekar dengan sempurna, bolu kukus  harus mendapatkan panas dari segala penjuru saat proses dikukus. maka dari itu loyang bolu kukus harus berlubang-lubang pada bagian samping dan bawahnya juga.

Itulah beberapa tips supaya bolu kukusmu sukses! Ingat, potonglah bolu kukus saat benar-benar dingin. Jika kamu memotong bolu kukus yang baru saja matang, hal ini bisa membuat tepian bolu yang dipotong jadi basah.

Manfaat Resep Bolu Kukus Gula Merah

Resep Bolu Kukus Gula Merah

Roti bolu merupakan salah satu makanan yang sering anda jumpai pada saat acara-acara tertentu seperti pernikahan, ulang tahun, acara pengajian, serta yang lainya. Makanan ini memiliki rasa manis yang pas juga enak dimulut dan memiliki tekstur sangat lembut. Makanan ini memiliki berbagai jenis bentuk dan rasa. Kemudian, makanan ini salah satu jenis makanan yang di gemari oleh masyarakat indonesia.

Meskipun makanan ini sudah banyak di jual dimana-mana, namun anda juga tidak ada salahnya jika anda ingin membuatnya sendiri dengan cara yang mudah karena makanan ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat yg bisa didapat jika mengkonsumsi Bolu Kukus.

1. Untuk Kesehatan Mata

Khasiat pertama yang bisa membantu anda dalam hal menjaga kesehatan mata.Ternyata bukan sayur wortel saja yang bisa menjaga kesehatan mata anda. Namun makanan ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Maka dari itu, untuk mencegah hal buruk yang mungkin akan terjadi, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan ini yang semoga bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan mata secara lebih baik.

2. Sebagai Program Diet

Jika anda memiliki berat badan berlebihan tentu ingin sekali menurunkan berat badan entah bagaimanapun caranya. Disaat ingin menurunkan berat badan, ternyata hanya dengan memakan roti bolu kukus adalah salah satu solusi bagi proses penurunan berat badan anda yang dianggap berlebihan.

3. Bagus Bagi Kesehatan Tulang

Ternyata kue bolu kukus di dalamnya mengandung vitamin D yang berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium tulang. Tidak heran jika makanan ini menjadi salah satu makanan yang bermanfaat sebagai pencegah terjadinya pengeroposan pada tulang.

4. Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Kue bolu kukus memiliki kandungan selenium sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. apakah kamu tahu? beragam jenis penyakit, sebaiknya di antisipasi dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti makanan bolu kukus ini serta melakukan olahraga secara rutin.

5. Sebagai Pembentukan Otot

Kue bolu kukus memiliki protein yang cukup tinggi yang dapat digunakan dalam menyehatkan serta membantu perkembangan otot. Karena di dalam pengolahan makanan ini banyak di fermentasi kan dengan berbagai makanan yang bermanfaat, salah satunya telur yang ada di dalam makanan ini. sedangkan telur sendiri sangat baik sekali bagi anda yang sedang proses pembentukan otot.

6. Untuk Pemeliharaan Sel Tubuh

Kue bolu kukus juga bermanfaat untuk memelihara sel tubuh yang sehat. Ini disebabkan karena makanan ini memiliki senyawa protein. Sedangkan protein memiliki peranan yang sangat baik untuk memproduksi dan menggantikan sel-sel tubuh yang sudah mati.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Senyawa yang ada di dalam roti bolu ini memiliki manfaat untuk membentuk perlindungan khusus bagi tubuh dengan menstabilkan kandungan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Kemudian senyawa tersebut bisa mengancam jenis kolesterol buruk yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung. Jadi, kandungan yang ada di dalam makanan ini penting untuk membuat kesehatan jantung anda sehat.

Itu lah beberapa manfaat dari bolu yang bisa kita ketahui. Baiklah mungkin cukup sekian dari saya terimakasih sudah membaca artikel Resep Bolu Kukus Gula Merah ini sampai habis, semoga bermanfaat semua yang sudah saya share disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

× Whatsapp Kami!