Select Page

Bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja? Kepengen coba resep baru dengan bahan utama ayam? Yuk simak dibawah ini beberapa resep ayam lada hitam!

Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Beberapa olahan makanan dengan bahan dasar ayam yaitu ayam goreng, ayam bakar, ayam kecap, kari ayam dan lain – lain. Salah satu olahan ayam yang akan kita bahas disini yaitu ayam lada hitam.

Lada hitam yang merupakan salah satu bumbu rempah khas Indonesia yang memang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Ketika kita menyantap, tekstur daging ayam yang lembut dipadukan dengan lada hitam akan memberikan cita rasa pedas sekaligus hangat.

Rempah – rempah lada hitam berasal dari Asia Tenggara dan China, dan boleh didapati di sana dan di kawasan tropika yang lain. Vietnam adalah pengeluar dan pengeksport terbesar lada di dunia,negara ini dapat menghasilkan 34% daripada tanaman dunia pada tahun 2008.

Kalori Dalam Lada Hitam

Database Makanan dan Penghitung Kalori

100 Gram (G)

Lada Hitam

Informasi Gizi
Ukuran Porsi
100 gram (g)
Per porsi
Energi
1067 kj
255 kkal
Lemak
3,26g
Lemak Jenuh
0,98g
Lemak tak Jenuh Ganda
1,13g
Lemak tak Jenuh Tunggal
1,01g
Kolesterol
0mg
Protein
10,95g
Karbohidrat
64,81g
Serat
26,5g
Gula
0,64g
Sodium
44mg
Kalium
1259mg
Terakhir Diperbarui: 04 Feb 08 05.07 AM
Sumber: FatSecret Platform API
13%
dari AKG*
(255 kal)
13% AKG
Rincian Kalori:

Karbohidrat (78%)

Lemak (9%)

Protein (13%)

*Berdasarkan AKG dari 2000 kalori

Ringkasan Gizi:

Kal
255
Lemak
3,26g
Karb
64,81g
Prot
10,95g
Terdapat 255 kalori dalam Lada Hitam (100 gram).
Rincian Kalori: 9% lemak, 78% karb, 13% prot.

Ukuran porsi umum:

Ukuran Porsi Kalori
 1 sejumput
 1 sd 5
 1 sdm 16
 1 ons 72
 100 gram (g) 255

Tahap Pengolahan Lada Hitam 

1. Perontokan

Untuk mempercepat perontokan atau pelepasan gagang buah lada atau dompolan, maka buah lada yang baru dipetik ditumpuk pada lantai beralas tikar dengan ketebalan tumpukan antara 30 cm sampai + 1 meter selama 2 – 3 hari. Tumpukan tersebut biasanya ditutup dengan karung.

Setelah itu lada dipisahkan dari dompolan atau gagang dengan menggunakan saringan yang terbuat dari anyaman bambu dan ditempatkan agak tinggi serta dibawahnya ditaruh suatu wadah atau tampah sebagai penampung buah lada. Gagang dari buah lada yang tertinggal pada saringan bambu dipisahkan dan ditampung pada wadah khusus.

2. Pengeringan

Buah lada yang sudah terpisah dari gagangnya, kemudian dijemur dibawah sinar matahari selama 3 – 7 hari tergantung dari keadaan cuaca. Pengeringan buah lada dilakukan dengan mempergunakan tikar, tampah atau plastik. Untuk meningkatkan efisiensi pengeringan dan mencegah pengotoran lada, pengeringan dapat diperbaiki dengan mempergunakan lantai pengeringan yang dibuat lebih tinggi dari tanah.

Dalam tahap pengeringan lada, tumpukan lada dibolak-balik atau ditipiskan dengan ketebalan tumpukan 10 cm menggunakan garuk dari kayu,hal ini dilakukan agar pengeringan lebih cepat dan merata.

Hasil akhir penetuan dari pengeringan lada dapat dilakukan secara organoleptik yaitu dengan diraba atau dipijat dengan jari tangan dimana lada dianggap kering bila dipijat memberikan suara menggeretak dan pecah. Selain itu dapat juga dilakukan dengan alat pengukur kadar air, sesuai dengan kadar air yang diinginkan.

3. Pembersihan Dan Sortasi

Lada kering kemudian ditampi dengan tampah, yaitu untuk membuang bahan-bahan yang ringan serta benda asing lainnya seperti tanah, pasir, daun kering, gagang, serat-serat dan juga sebagian lada enteng.

4. Pengemasan Dan Penyimpanan

Lada yang sudah kering dan bersih kemudian dimasukkan dalam karung atau wadah penyimpanan lain yang kuat dan bersih.

Karung atau wadah tersebut kemudian disimpan diruangan penyimpanan yang kering dan tidak lembab (± 70 %), dengan diberi alas dari bambu atau kayu setinggi ± 15 cm dari permukaan lantai sehingga bagian bawah karung tidak berhubungan langsung dengan lantai.

Untuk pengolahan hasil lada hitam, dari 100 kg lada basah yang masih bergagang diperoleh lada basah tanpa gagang antara 70 – 80 kg atau rata-rata 80 kg serta selanjutnya akan diperoleh lada hitam kering sebanyak antara 25 – 33 kg atau ratarata 31 kg.

Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan :

lada Hitam

1. Bertindak Sebagai Antiradang

Salah satu potensi manfaat lada hitam bagi kesehatan adalah sebagai zat antiradang. Senyawa piperin yang terkandung di dalam lada hitam mdapat untuk meredakan peradangan serta mengandung antioksidan yang tinggi.

2. Mampu Melawan Infeksi

Manfaat lada hitam lainnya adalah memiliki sifat antibakteri. Ada sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minyak lada hitam dapat membantu melawan bakteri E. coli yang dapat menyebabkan infeksi melalui makanan yang terkontaminasi. Selain itu, minyak lada hitam juga bisa melawan infeksi yang bakteri Staphylococcus penyebab bisul di kulit.

3. Meredakan Gejala Flu

Manfaat lada hitam yang selanjutnya yaitu dapat digunakan sebagai pereda gejala flu. Rasa pedas pada lada hitam dapat bekerja sebagai dekongestan alami dan merangsang pembentukan lendir untuk membersihkan saluran napas.

4. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat minyak lada hitam kemungkinan bisa digunakan untuk mencegah diabetes tipe 2. Ada sebuah studi mengungkapkan bahwa minyak lada hitam dapat menghambat enzim amilase dalam memecah pati menjadi glukosa. Kemampuan ini penting bagi penderita diabetes tipe 2 karena dapat membantu menjaga kadar gula darah dan menunda penyerapan glukosa.

5. Mengatasi Kesulitan Menelan Pada Lansia

Kesulitan menelan makanan pada para lansia kerap menimbulkan masalah serius, misalnya pneumonia. Beruntung, studi menunjukkan bahwa aroma yang dihasilkan minyak lada hitam dapat merangsang refleks tubuh untuk menelan makanan. Hanya dengan menghirup aroma alami yang dihasilkan oleh minyak lada hitam sudah dapat membantu merangsang refleks otot menelan.

6. Mencegah Radang Dan Infeksi Lambung

Lalu manfaat lada hitam secara tradisional digunakan untuk mengatasi gejala gangguan lambung. Ada penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa ternyata lada hitam memang mengandung zat yang dapat melindungi lapisan dinding lambung dari efek peradangan, bahkan dapat menekan pertumbuhan bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan infeksi dan tukak lambung.

7. Membantu Mengendalikan Tumor Dan Kanker

Penelitian di laboratorium mengungkapkan bahwa kandungan piperin yang ada di dalam lada hitam diduga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan zat piperin dalam lada hitam bekerja dengan cara mengurangi efek radikal bebas dan menekan peradangan, sehingga pertumbuhan sel kanker dapat dihambat.

Fakta Unik Lada 

  1. Lada disebut juga dengan merica dengan ciri khas rasanya yang pedas.
  2. Jika tidak sempat berolah raga, Anda dapat memakan makanan yang mengandung lada untuk membakar lemak. Untuk membantu pembakaran lemak, lada hitam adalah pilihan yang tepat.
  3. Pedasnya lada, terutama lada hitam, dapat mengobati beberapa masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, rasa nyeri, maupun radang.
  4. Kandungan piperin yang ada dalam lada bermanfaat untuk membakar lemak. Piperin juga sangat bagus untuk diet karena dapat menghambat terbentuknya jaringan lemak baru.
  5. Lada juga berkhasiat untuk mengobati pegal linu, mengurangi gejala penyakit asam urat, mengobati rematik, dan menghambat tulang keropos.
  6. Beberapa kandungan dalam lada: amilum, dihdrokarveol, flavonoida, kavisin, minyak atsiri, minyak lada, piperiline, piperine, piperoleine, piperonal, poperanine, resin, saponin, dan zat putih telur.
  7. Lada hitam berasal dari Asia Tenggara dan Cina. Vietnam adalah pengekspor lada terbesar di dunia.
  8. Tanaman lada banyak tumbuh di daerah tropis, buah dan bunganya kecil berwarna putih.
  9. Untuk menambah aroma, Anda dapat mencampurkan lada hitam pada secangkir kopi, hasilnya, aroma kopi semakin harum tanpa meninggalkan jejak aroma lada.
  10. Lada hitam dapat meningkatkan fungsi saluran pencernaan. Rasa pedas lada justru dapat meningkatkan cairan pencernaan, yaitu asam klorida.

Tips Membuat Resep Ayam Lada Hitam

  1. Pada saat memasak ayam dengan bumbu rendaman, masak dengan api sedang dan biarkan hingga air yang keluar dari daging ayam habis.
  2. Bolak balik ayam sesekali agar matang merata hingga mencapai tingkat kematangan 75-80%.
  3. Jangan terlalu lama dimasak, karena ayam akan menjadi keras.

Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih

Lada Putih

  1. Lada putih diambil dari buah lada yang matang untuk selanjutnya direndam di dalam air garam guna membuang kulitnya.
  2. Pengelupasan kulit buah lada membuat tekstur permukaan lada putih terasa lembut serta terlihat lebih bersih dan menarik.
  3. Lada putih hanya dipakai untuk masakan berwarna cerah dan saus.
  4. Rasa yang dimiliki lada putih lebih pedas dibandingkan dengan lada hitam.
  5. Lada putih lebih banyak digunakan dalam masakan Indonesia daripada lada hitam karena rasanya lebih pedas.
  6. Harga lada putih lebih mahal daripada lada hitam di pasaran. Harga yang lebih mahal dikarenakan proses produksi lada putih jauh lebih rumit.
  7. Lada putih menggunakan buah yang matang.
  8. Penyebab lada putih menjadi berwarna putih adalah tidak adanya lapisan luar yang ada dalam jenis lada hitam. Ini karena ia melalui metode proses yang disebut retting untuk mengelupas daging sebelum pengeringan dilakukan.
  9. Lada Putih sangat cocok untuk masakan berwarna terang seperti, saus dan olahan daging. Disisi lada putih lebih ringan dalam rasa yang dihasilkannya dibandingkan dengan lada hitam.

Lada Hitam

  1. Lada hitam diambil dari buah lada yang telah melewati waktu masak dan kemudian dikeringkan.
  2. Rasa lada hitam jauh lebih kaya dan kompleks.
  3. Lada hitam mempunyai tekstur yang kasar pada permukaannya.
  4. Aroma yang dimiliki lada hitam lebih khas.
  5. Secara umum lada hitam mengalahkan lada putih dalam hal kekayaan dalam rasa, lebih terasa sebagai rempah dan aromanya lebih intens. Harganya juga relatif lebih murah daripada lada putih.
  6. Masakan yang bergaya Amerika dan Eropa justru lebih banyak memanfaatkan lada hitam.
  7. Lada hitam menggunakan buah berbiji yang masih mentah berwarna hijau.
  8. Mutu lada hitam yang baik ditandai dengan warnanya yang hitam mengkilat dan seragam serta bersih, disamping kadar minyak yang tinggi dan kadar cemaran yang rendah. Untuk mendapatkan lada hitam dengan mutu sesuai keinginan pasar tersebut, terutama dari segi kebersihan dan warnanya, pada pengolahan lada hitam diperlukan perlakuan pemblansiran sebelum buah lada dikeringkan.

Resep Ayam Lada Hitam

Resep Ayam Lada Hitam

1. Resep Ayam Lada Hitam dengan Jamur, Rebung & Brokoli

Bahan – bahan :

  • Dada ayam tanpa tulang dan kulit 300 gram, potong sesuai sesuai selera
  • 250 gr rebung, potong sesuai selera
  • Jamur 200 gr (rekomendasi jamur sinmeiji ,boleh jenis yang lain)
  • 200 gr brokoli, potong-potong
  • 1 buah bawang bombay ukuran besar, iris memanjang
  • 5 siung bawang putih cincang
  • 1/2 sendok makan merica hitam butiran, giling kasar
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1/4 sendok teh garam jika dirasa kurang asin

Bumbu Marinade :

  • 1 sendok makan saus tiram
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1/2 sendok teh minyak wijen
  • Merica bubuk putih 1/4 sendok teh

Cara Membuat Resep Ayam Lada Hitam dengan Jamur, Rebung & Brokoli :

  1. Marinade ayam dengan bumbu selama kurang lebih 10 menit.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan potongan ayam, masak hingga ayam berubah warna
  3. Lalu tambahkan jamur, rebung dan brokoli, serta lada hitam, aduk rata dan masak hingga matang
  4. Cicipi rasanya, bisa tambahkan lagi garam, kecap asin, kecap manis ataupun saus tiram sesuai selera saja.
  5. Angkat dan siap disajikan

2. Resep Ayam Lada Hitam Pedas Manis

Bahan Utama :

  • Daging ayam yang sudah di filet 500 gram
  • Bawang Bombay 2 buah
  • Paprika hijau 1 buah
  • Bawang merah 6 siung
  • Merica hitam/ lada hitam 3 sendok teh
  • Kecap manis 5 sendok makan
  • Gula pasir, secukupnya
  • Garam, secukupnya
  • Penyedap rasa 1 sendok teh (jika suka)
  • Minyak goreng, secukupnya

Cara Membuat Resep Ayam Lada Hitam Pedas Manis :

  1. Langkah pertama siapkan semua bahan yang dibutuhkan dalam mengolah daging ayam lada hitam di atas.
  2. Selanjutnya bersihkan daging ayam yang sudah difilet, potong sesuai sera. Biasanya ayam akan dipotong dengan bentuk dadu atau kotak tipis.
  3. Jika sudah lalu iris dan cincang halus semua bumbu yang tertulis, sisihkan.
  4. Potong paprika hijau dengan bentuk bulat atau kotak sesuai selera, sisihkan.
  5. Siapkan baskom atau wadah yang cukup untuk ayam, beri kecap manis pada potongan daging ayam, lalu diamkan selama 5 menit.
  6. Siapkan wajan untuk menumis dengan ukuran sedang, beri minyak sucukupnya untuk menumis.
  7. Tumis bawang merah, lalu bawang Bombay hingga baunya harum. Setelah itu masukan paprika hijau masak hingga paprika terlihat layu. Jika sudah layu, masukan daging ayam, lalu tambahkan garam, kecam manis, gula pasir, penyedap rasa dan merica/ lada hitam sesuai selera.
  8. Aduk-aduk pelan hingga semua bumbu dan daging menyatu. Masak daging ayam hingga benar-benar matang dan empuk. Jika belum empuk, anda bisa menambahkan air sedikit demi sedikit, lalu masak hingga benar-benar asat airnya.
  9. Setelah daging ayam sudah empuk dan rasanyapun juga enak, anda bisa matikan kompor angkat dan sajikan di atas piring.
  10. Resep ayam lada hitam siap untuk dihidangkan.

3. Resep Ayam Lada Hitam Paprika

Bahan – bahan :

  • 500 gr dada ayam fillet (potong2)
  • 1/2 buah Paprika hijau uk sedang
  • Paprika merah uk sedang 1/2 buah
  • 1 buah bawang bombay iris memanjang
  • Lada hitam bubuk 1 sdt
  • 3 sdm kecap manis

Bumbu Halus :

  • 3 buah cabe rawit merah,atau sesuai selera
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1/2 sdm garam

Cara Membuat Resep Ayam Lada Hitam Paprika :

  1. Rebus daging ayam hingga agak empuk. Atau 75% kematangan.
  2. Angkat tiriskan
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum
  4. Masukan bawang bombay,kemudian Paprika tumis hingga Paprika setengah layu
  5. Masukan ayam.aduk hingga semua bahan menyatu
  6. Tambahkan merica bubuk dan kecap manis, masak hingga ayam dan bahan yg lain matang

4. Resep Ayam Lada Hitam Pedas Istimewa

Bahan – bahan :

  • Ayam potong menjadi 12 bagian – 1 ekor
  • Paprika hijau ukuran sedang – 1/2 buah
  • Bawang bombay, iris memanjang menjadi 3 bagian – 1 buah
  • Paprika merah ukuran sedang – 1/2 buah
  • Merica hitam, tumbuk kasar – 1 sdm
  • Kecap manis – 4 sdm
  • Minyak wijen – 1 sdm
  • Kecap inggris – 2 sdm
  • Garam – 1/2 sdt
  • Kecap asin – 1/2 sdt
  • Margarine – 2 sdm
  • Bahan untuk bumbu rendaman ayam:
  • Bawang putih – 5 siung
  • Gula merah sisir – 1 sdm
  • Garam – 1 sdm

Cara Membuat Resep Ayam Lada Hitam Pedas Istimewa :

  1. Lumuri ayam dengan bumbu halus rendaman, diamkan sesaat.
  2. Panaskan wajan, masukkan ayam, tutup.
  3. Biarkan hingga ayam matang, sisihkan.
  4. Siapkan kembali wajan bersih, panaskan margarine.
  5. Tumis bawang bombay hingga harum, tambahkan paprika merah dan hijau, aduk sesekali hingga agak layu.
  6. Masukkan ayam yang telah disisihkan tadi, aduk.
  7. Tambahkan kecap manis, kecap inggris, kecap asin dan minyak wijen serta garam.
  8. Aduk kembali hingga semua ayam terbalut rata dan menyatu dengan bumbu. Sesuaikan rasanya.
  9. Masak hingga ayam dan bahan lainnya matang.

5. Resep Ayam Lada Hitam Fillet

Bahan – bahan :

  • 5 potong ayam fillet, potong sesuai selera
  • 1/2 buah bawang bombay, iris
  • 2 siung bawang putih, iris
  • Lada hitam bubuk 1 sdt
  • 1 sdm kecap manis
  • Saus tiram 1 sdm
  • 1 buah jeruk nipi
  • Wijen untuk taburan (opsional)
  • Gula dan garam secukupnya

Cara Membuat Resep Ayam Lada Hitam Fillet:

  1. Cuci bersih ayam yang sudah dipotong-potong dan lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
  3. Masukkan daging ayam.
  4. Tambahkan kecap, saus tiram, gula, dan garam.
  5. Aduk sampai rata.
  6. Tambahkan sedikit air, aduk rata dan masak sampai bumbu meletup-letup dan air menyusut.
  7. Koreksi rasa, angkat, taburi wijen dan sajikan.

6. Resep Ayam Lada Hitam Jamur Kuping

Bahan – bahan :

  • 30 gram Jamur kuping seduh air panas
  • 400 gram Fillet ayam dipotong dadu
  • 30 gram Palmia Serbaguna
  • 1 batang serai diiris kasar
  • Cabe bubuk 1 sdm
  • 2 sdm saos tomat
  • 1 1/2 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 1/2 sdm madu
  • 50 gram bawang bombay cincang halus
  • 1 sdt lada hitam ditumbuk kasar
  • 5 buah cabe merah dipotong serong
  • 1 sdt gula pasir
  • 300 ml kaldu ayam
  • 1 sdm tepung maizena dilarutkan dengan kaldu ayam
  • 2 batang daun bawang diiris kasar

Bumbu yang dihaluskan :

  • 1 sdt garam
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe

Cara Membuat Resep Ayam Lada Hitam Jamur Kuping :

  1. Panaskan margarin,tumis bumbu yang dihaluskan bersama dengan bawang bombay dan serai sampai harum,masukan daging ayam,masak sampai berubah warna.
  2. Setelah daging berubah warna,masukan jamur kuping,cabe bubuk,saos tomat,kecap manis,kecap asin,madu,gula pasir,lada hitam dan cabe potong kemudian aduk ,setelah itu tuang kaldu masak sampai kaldu menyusut baru tuang maizena yang telah dilarutkan,aduk -aduk dan cicipi rasa.Angkat.
  3. Tumis Ayam Jamur lada hitam siap disajikan bersama taburan daun bawang dan dinikmati bersama nasi panas.

Nah itulah beberapa ulasan dan resep ayam lada hitam. Jangan lupa di share ke teman – teman, saudara Anda. Dan wajib dicoba ya dirumah. Selamat Mencoba !

× Whatsapp Kami!