Pastikan Menggunakan Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

Kemasan makanan maupun minuman merupakan hal penting dalam menjaga maupun mempromosikan produk yang dijual. Namun kita juga harus mempertimbangkan kemasan makanan ramah lingkungan.

Pada masa ini dimana tingginya tingkat global warming yang salah satu sebabnya ialah banyaknya sampah kemasan makanan/minuman. Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut pemerintah, perusahaan maupun pihak lain yang mencoba membuat kemasan makanan ramah lingkungan.

Pada artikel kali ini saya akan membahas kemasan makanan ramah lingkungan. Sebagai contohnya penggunaan bahan kemasan yang mudah didaur ulang, berasal dari sumber yang mudah diperbaharui maupun bahan yang mudah terurai.

Beberapa Poin Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

1. Bahan Kemasan Lebih Ringan dari Bahan Sebelumnya

Kemasan pengganti harus memiliki nilai lebih dari bahan kemasan yang digunakan sebelumnya. Baik bahan yang lebih ringan attaupun bahan memiliki ukuran yang lebih kecil dari bahan yang digunakan sebelumnya.

2. Bahan Kemasan Dapat Mengurangi Limbah Kemasan

Kemasan pengganti dapat mengurangi penumpukan limbah bekas kemasan baik kemasan dapat digunakan kembali maupun kemasan mudah di daur ulang.

3. Prosentase Daur Ulang Yang Lebih Besar

Kemasan pengganti harus memiliki persentase kadar daur ulang yang lebih tinggi dari kemasan yang digunakan sebelumnya.

4. Sumber Bahan Yang Dapat Diperbaharui

Bahankemasan harus memiliki sumber bahan yang dapat diperbaharui dengan mudah.

5. Nilai Estetika dan Efisiensi Produk

Penggunaan bahan kemasan harus meningkatkan nilai estetika juga efisiensi logistiknya.

Mari biasakan Sarapan -> Langkah Mudah Cara Membuat Selai Pisang yang Enak

Berikutnya kita akam membahas bebagai inovasi kemasan makanan ramah lingkungan yang dapat digunakan. Inovasi kemasan berikut dilakukan oleh berbagai kalangan untuk mendapatkan kemasan makanan ramah lingkungan.

Pengembangan inovasi kemasan ramah lingkungan baik menggunakan bahan yang sudah tersedia maupun penelitian untuk menciptakan produk kemasan baru. Berikut pembahasannya.

Bahan Kemasan Alternatif Agar Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

1. Kemasan Berbahan Kertas

kemasan makanan ramah lingkungan

Variasi kemasan berbahan kertas merupakan kemasan fleksibel utama sebelum ditemukannya plastik san alumunium foil. Hingga saat inipun kemasan kertas masih bertahan dikarenakan harganya yang lebih murah juga bahan kertas lebih ramah lingkungan.

Bahan kertas lebih ramah lingkungan karena kertas mudah didaur ulang dan bahan bakunya yang organik dan mudah diperbaharui. Inovasi kemasan berbahan kertas sangat bervariasi mulai kertas yang tahan lemak, tahan air, tahan suhurendah maupun suhu tinggi dsb.

2. Kemasan Berteknologi Biofoam

kemasan makanan ramah lingkungan

Biofoam dapat digunakan sebagai kemasan pengganti styrofoan, biofoam berbahan dasar alami sehingga lebih mudah terurai. Bahan utama kemasan ini adalah pati dengan tambahan serat. Kedua bahan dapat diperoleh dari tanaman pangan apapun yang mengandung unsur tersebut.

Proses pembuatannya menggunakan teknologi thermopressing, dengan mencampurkan bahan dengan bahan aditif lain. Proses setelah itu adalah mencetak adonan pada suhu 170 sampai 180 derajad Celcius selama 2 sampai 3 menit.

Bahan biofoam lebih kuat dibanding styrofoam. Namun tingkat hidrofobisitasnya masih rendah sehingga aplikasinya terbatas untuk mengemas produk dengan kadar air rendah.

3. Kemasan Edibel Packaging

kemasan makanan ramah lingkungan

Inovasi Edibel Packaging merupakan temuan kemasan baru yang ramah lingkungan. Keuntungannya adalah dapat melihat isi produk, melindungi produk dan kemasan dapat dimakan. Karena masih baru penggunaannya masih jarang.

Edibel Packaging dibagi menjadi dua yaitu berguna sebagai pelapis (adible coating) dan memiliki bentuk lembaran (edible film). Disarankan untuk kedepannya menggunakan teknologi kemasan ini agar lingkungan lebih terjaga.

4. Biodegradable Plastic

kemasan makanan ramah lingkungan

Kemasan jenis ini juga merupakan inivasi baru dimana bahan plastik ini adalah bahan alami dari singkong. Kemasan ini memungkinkan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan kemasan makanan ramah lingkungan.

Diperlukan juga dukungan dan dorongan supaya kemasan plastik yang kurang ramah lingkungan diganti dengan inovasi ini. 

Macam Kemasan Makanan Ramah Lingkungan Berbahan Kertas

1. Grease-Proof Board

Kemasan berbahan kertas ini digunaka sebagai kemasan yang kbersentuhan langsung dengan produk. Keunggulan kemasan ini dapat digunakan untuk produk makanan beku maupun makanan siap saji dengan suhu hingga 175 derajat Celcius.

Penggunaan kemasan ini diantaranya sebagai bungkus roti, pastry, burger, kue kering, kue basah, cokelat, pizza, bermacam gorengan, ayam olahan.

2. Heat Sealable Board

Kemasan Heat Sealable Board digunakan sebagai kemasan yang kontak langsung  dengan produk makanan yang panas dan memiliki kandungan minyak tinggi. Bahan kemasan ini dapatt bertahan dalam suhu minus 18 derajat Celcius sampai suhu 175 derajad Celcius.

Penggunaan kemasan jenis ini sebagai contohnya untuk kemasan sandwich, makanan instan, bungkus permen dsb.

3. Hard Size Board

kemasan makanan ramah lingkungan

Penggunaan bahan kemasan ini digunakan untuk kemasan yang tidak kontak langsung dengan produk, misal sebagai secondary packaging. Contohnya sebagai kemasan manisan, nugget beku, pizza beku, dan makanan awetan lainnya. Bahan kemasan ini dapat bertahan dalam suhu minus 180 sampai suhu 175 derajat Celcius.

4. PE Board

kemasan makanan ramah lingkungan

Kemasan PE Board sesuai untuk kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk, terutama makanan berminyak tinggi dan makanan yang memakai saus. Cocok untuk mengemas rice box, hot take away, food big buckets dsb.

Penggunaannya juga cocok untuk menyimpan makanan beku dalam jangka waktu lama. Bahan kemasan ini dapat digunakan dalam freezer hingga temperatur minus 180 sampai suhu 100 derajat Celcius.

5. Natura Cup

kemasan makanan ramah lingkungan

Kemasan Natural Cup adalah kemasan kertas dengan lapisan premium poly-coated yang kokoh dan anti-bocor. Kemasan dengan varian ini dapat digunakan sebagai wadah minuman dingin dengan suhu minus 18 sampa suhu 100 derajad Celcius. Contoh penggunaan kemasan ini antara lain sebagai kemasan es krim, yoghurt, aneka jenis sup dan mie.

6. Bio Natura Cup

kemasan makanan ramah lingkungan

Bahan kemasan yang digunakan merupakan 100% kertas bio-degradable tanpa lapisan plastik, tanpa bahan pewarna, tahan panas dan anti-bocor. Kemasan ini dirancang untuk wadah berbagai jenis makanan dan minuman. Material bio-degradable memungkinkan wadah ini digunakan sebagai kembali sebagai keperluan lain seperti pot untuk keperluan menanam tanaman hortikultura.

Penemuan Kemasan Makanan Ramah Lingkungan Oleh anak Bangsa

Evoware merupakan salah satu inovasi anak bangsa yang berupa kemasan makanan ramah lingkungan dari rumput laut. Inovasi ini hadir untuk membantu mengatasi masalah sampah konsumsi plastik yang sulit dihentikan.

David Christian sebagai Founder dari Evoware mendapatkan inspirasi dari temuan sebelumnya yaitu produk gelas yang bisa dimakan. Penemuannya ini bisa digunakan untuk mengganti gelas plastik yang ada saat ini.

Inovasi David telah menjuarai Circular Design Challenge dan Social Venture Challenge Asia 2017. Berkat kemenangannya ini membuat banyak media meliput dan David bekerjasama dengan Co-Founder lainnya untuk terus berinovasi produk baru seperti packaging.

Berikut beberapa produk yang telah diproduksi diantaranya adalah Coffe Sachet, Seasoning Sachet, Food Wrap ( Burger wrap, sandwiches, bread).

kemasan makanan ramah lingkungan

Beberapa kelebihan kemasan evoware diantaranya adalah kemasan akan larut dalam air hangat. Kelebihan kedua adalah 100% biodegradable sehingga dapat diurai oleh organisme. Ketiga dapat disimpan dalam kurun waktu dua tahun.

Produk ini juga bersertifikat dan Halal, bergizi, mengandung serat tinggi, bervitamin, juga mengandung mineral. Selain itu juga bisa diberi warna yang bervariasi serta logo merek.

Dengan adanya alternatif baru kemasan makanan ramah lingkungan, semoga dapat membantu mengurangi pemanasan global. Mari gunakan kemasan makanan ramah lingkungan agar lingkungan kita tetap asri. Semoga tulisan ini dapat jadi referensi yang bermanfaat, Terima Kasih.