Mesin Pengemas https://mesinpengemas.id Jual Mesin Pengemas Terbaru 2019 Fri, 25 Sep 2020 04:53:40 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.1 https://mesinpengemas.id/wp-content/uploads/2017/05/cropped-mp-1-32x32.png Mesin Pengemas https://mesinpengemas.id 32 32 Cara Membuat Keripik Jamur Dengan Kreasi Masa Kini https://mesinpengemas.id/cara-membuat-keripik-jamur/ Wed, 23 Sep 2020 06:52:23 +0000 http://mesinpengemas.id/?p=5232 Jamur merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Oleh karena itu, jamur dijadikan penganti bahan makanan seperti daging atau sumber protein hewani oleh para vegan dan vegetarian. Teksturnya yang mirip dengan daging dan harganya yang lebih murah dibandingkan daging, membuat jamur disukai oleh orang-orang sebagai penganti daging. Jamur juga diolah menjadi cemilan seperti […]

The post Cara Membuat Keripik Jamur Dengan Kreasi Masa Kini appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Jamur merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Oleh karena itu, jamur dijadikan penganti bahan makanan seperti daging atau sumber protein hewani oleh para vegan dan vegetarian. Teksturnya yang mirip dengan daging dan harganya yang lebih murah dibandingkan daging, membuat jamur disukai oleh orang-orang sebagai penganti daging. Jamur juga diolah menjadi cemilan seperti keripik jamur, makanan satu ini cocok untuk menjadi lauk atau pun hanya sekedar cemilan. untuk cara membuat keripik jamur tidak lah sulit, resep keripk jamur tidak beda jauh dengan resep keripik tempe.

Jamur merupakan salah satu sayuran terpopuler di Indonesia. Jamur tidak hanya enak, tapi juga mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Misalnya meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kolesterol dan mencegah diabetes. Jika ingin makan makanan bergizi bisa pilih jamur, dan bisa ditambah nasi. Selain itu, karena banyak masyarakat yang membudidayakan jamur, maka jamur mudah ditemukan di pasaran. Jamur merupakan bahan makanan dengan banyak varian. Dalam banyak ragam, dapat diolah menjadi hidangan yang lezat. Biasanya kebanyakan orang mengolah jamur dengan cara ditumis atau ditumis karena paling mudah dibuat. Jamur juga dibuat menjadi jamur crispy atau jamur dengan balutan tepung kerispi. Membuat siapa saja ketagihan untuk memakannaya, bisa juga dijadikan lauk bersama nasi dan bisa juga dijadikan cemilan.

Jamur kerispi merupakan makanan yang populer di Indonesia. Rasanya enak dan pengolahannya sederhana. Dari warung pinggir jalan, restoran hingga kafe, jamur shiitake bisa ditemukan di banyak tempat dengan berbagai harga dan berbagai bentuk kemasan. Kebanyakan orang tidak akan pernah melewatkan makanan ini, dan beberapa bahkan akan menjadi kecanduan. Dan para penjual juga tidak mau kalah untuk memproduksi keripik jamur, dengan bantuan mesin, mulai dari mesin pembuatan hingga mesin pengemas mereka pergunakan guna meningkatkan hasil produksi mereka.

 

Sejarah Jamur

Menurut sejarah, jamur pernah dijadikan hidangan populer bagi raja-raja Mesir. Saat ini jamur sangat digemari masyarakat dan banyak disantap dalam berbagai menu makanan yang enak. Bahkan, beberapa di antaranya berfungsi sebagai herbal. Jamur telah disebut makanan sejak 3000 tahun lalu.

Saat itu, jamur digunakan sebagai hidangan populer bagi raja-raja Mesir. Karena ketersediaan yang terbatas, masyarakat dilarang makan jamur pada saat itu.Karena kelezatannya, jamur tiram diabadikan dalam relief di Gereja Kastil Praha Katedral St. Vitus di Praha. Relief ini dibuat pada tahun 925 SM dan menceritakan kisah ratu pertama yang memeluk agama Kristen. Keluarga kerajaan merayakannya dengan jamur tiram yang lezat.

Pada Dinasti Shu atau sekitar 2400 tahun yang lalu, jamur juga digunakan sebagai obat herbal bagi raja dan bangsawan Tiongkok. Jamur yang digunakan saat itu adalah Ganoderma lucidum. Selain jamur ganoderma lucidum, jamur kuping juga dimanfaatkan sebagai ramuan herbal.Beberapa negara di dunia, termasuk Yunani, Rusia dan Mexico, percaya bahwa jamur yang dapat dimakan dapat memberikan efek yang super ampuh. Jamur yang mereka makan biasanya didapat dari kayu lapuk saat pergantian musim.

Jamur menguntungkan adalah jamur yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti: menghancurkan sampah organik, memproduksi antibiotik untuk obat, membantu proses pembuatan kacang-kacangan, bawang merah dan alkohol. Jamur yang bermanfaat termasuk jamur yang dapat dimakan oleh manusia tetapi tidak menyebabkan keracunan, antara lain: jamur yang dapat dimakan, jamur shiitake, jamur kuping, jamur tiram, dan jamur champignon.

 

5 Manfaat Jamur Bagi Kesehetan

cara membuat keripik jamur

Dalam dunia makanan, jamur termasuk dalam kategori sayuran meskipun secara teknis bukan merupakan tumbuhan. Namun jamur mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, jamur memiliki kalori yang rendah dan merupakan sumber serat yang baik. Makan jamur dapat membantu mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan menjaga kesehatan kulit melalui kandungan antioksidannya. Menurut ahli gizi Jessica Cording (Jessica Cording), berikut ini manfaat jamur bagi kesehatan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jamur mengandung antioksidan Seperti yang kita ketahui bersama, antioksidan dapat digunakan untuk mencegah radikal bebas penyebab penuaan dini dan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer. Jamur juga merupakan sumber selenium, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi, produksi DNA dan fungsi tiroid.

Membuat Kenyang

Jamur adalah makanan rendah kalori yang bagus yang dapat meningkatkan tekstur dan rasa masakan. Secangkir jamur putih atau coklat mentah hanya mengandung sekitar 20 kalori dan sekitar 2 gram protein. Haluskan jamur dengan blender dan tambahkan sedikit daging giling untuk membuat bakso atau hamburger dengan rasa yang lebih nikmat dan kenyang.

Sarat Vitamin B

Vitamin B seperti riboflavin, niasin, dan asam folat adalah kunci proses tubuh yang tak terhitung jumlahnya. Jenis jamur tertentu mengandung kadar vitamin B yang lebih tinggi dibandingkan jenis jamur lainnya, seperti jamur Portobello, yang memiliki kandungan folat lebih tinggi dibandingkan jamur Italia. Jamur shiitake mengandung lebih banyak vitamin B6 dibandingkan jenis jamur lainnya.

Penyedap Rasa Alami

Orang di negara Barat mengatakan bahwa jamur memiliki rasa umami. Artinya kurang lebih enak. Rasa asin jamur akan bertambah saat dimasak. Oleh karena itu jamur sangat cocok sebagai sayuran, bisa dimakan dengan nasi, bisa dijadikan campuran rujak, bahkan bisa menggantikan daging vegetarian.

Mengandung Vitamin D

Jamur merupakan salah satu sumber dari beberapa vitamin D nabati. Vitamin D merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang, fungsi otot dan saraf serta untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Meskipun jamur saja tidak dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda, makanan ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan asupan vitamin D Anda.

 

7 Jenis Jamur Beracun Yang Tidak Bisa di Makan

Wabah Listeria dikaitkan jamur enoki. Wabah ini disebabkan oleh Listeria monocytogenes, yang dapat menyebar jika kita mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut. Penyakit ini berdampak fatal pada wanita hamil, termasuk bayi yang belum lahir, bayi baru lahir, orang berusia di atas 65 tahun, dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Namun sebenarnya jamur wnoki aman untuk di konsumsi, karena bakteri listeria monocytogenes anakn mati jika di masak dengan benar. Yaitu dengan suhu 75 derajat celcius.

Ada beberapa jenis jamur yang tidak bisa di makan karena beracun. Penasaran apa saja ?

Deadly Dapperling (Lepiota brunneoincarnata)

Deadly dapperling adalah jamur yang diketahui mengandung Sangatoxin. Jamur ini banyak ditemukan di negara-negara Eropa dan beberapa negara Asia. Jamur ini sangat berbahaya dan banyak orang mengira bisa dimakan. Jika Anda memakan jamur ini, kita akan mengalami keracunan hati yang parah, yang dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani.

Podostroma Cornu-Damae

Jamur langka ini berasal dari Asia dan menyebabkan banyak kematian di Jepang dan Korea. Jamur merah ini mengandung racun kuat yang dapat menyebabkan kegagalan banyak organ di dalam tubuh. Gejala keracunan jamur ini biasanya berupa sakit perut, kulit mengelupas, rambut rontok, tekanan darah rendah, kerusakan sel hati, gagal ginjal akut, dan kematian tanpa pengobatan.

Destroying Angels

Destroying angels sebenarnya adalah beberapa spesies jamur putih dalam kelompok Amanita. Jamur yang sangat beracun ini sangat mirip dengan jamur kancing yang bisa dimakan. Salah satunya adalah Amanita bisporus, yang dianggap jamur paling beracun di Amerika Utara. Biasanya gejala keracunan akan muncul 5-24 jam setelah makan jamur ini. Gejala biasanya termasuk muntah, kebingungan, kejang, diare, gagal hati dan ginjal. Jamur ini juga bisa menyebabkan kematian.

Autumn Skullcap (Galerina marginata)

Autumn skullcap di musim gugur dapat dengan mudah ditemukan di bagian utara bumi dan sebagian Australia. Galerina marginata merupakan salah satu jamur yang biasanya tumbuh pada kayu yang membusuk dan membusuk. Jamur ini juga mengandung Sangatoxin. Jika dimakan, dapat menyebabkan diare, muntah, hipotermia, kerusakan hati, bahkan kematian.

Webcaps

Ada dua jenis Webcap, deadly webcap (Cortinarius rubellus) dan fool’s webcap (Cortinarius orellanus). Bentuk fisik kedua jamur ini sangat mirip. Jamur beracun itu disebut Olenanin. Jika memakan jamur ini, Anda akan mengalami gejala awal seperti masuk angin. Namun jika tidak ditangani, racun yang terkandung dalam jamur pada akhirnya akan menyebabkan gagal ginjal dan kematian.

Conocybe Filaris

Conocybe filaris adalah jamur yang tumbuh seperti rumput dan mudah ditemukan di Pacific Northwest. Jamur ini juga mengandung mikotoksin. Jika dimakan, jamur ini akan sangat berbahaya. Jika dimakan, jamur ini bisa menyebabkan perdarahan saluran cerna, gagal hati, dan pendarahan ginjal.

Death Cap (Amanita phalloides)

Jamur ini mungkin yang paling mematikan dari semua jamur. Batas atas kematian dapat ditemukan di Eropa dan sangat mirip dengan jerami yang dapat dimakan dan jamur Caesar. Sangatoxin yang tahan panas dapat dengan cepat menghancurkan sel-sel di seluruh tubuh. Dalam 6-12 jam setelah konsumsi, penderita biasanya mengalami sakit perut yang hebat, muntah dan diare yang disertai darah. Jamur ini juga dapat menyebabkan gagal hati, gagal ginjal, penyakit sistem saraf pusat dan menurunkan gula darah.

 

Resep Cara Membuat Keripik Jamur

cara membuat keripik jamur

Bahan:

  • 1 kg jamur kancing segar
  • 300 g tepung beras
  • 150 g tepung kanji
  • 2 sdt kaldu ayam bubuk
  • minyak goreng
  • bumbu halus
  • 12 siung bawang putih
  • 2 sdm ketumbar bubuk
  • 1 sdm garam

Cara Membuat Keripik Jamur :

  1. Haluskan bawang putih, ketumbar bubuk, dan garam.
  2. 2Iris jamur melintang tipis (± 2 mm), sisihkan. Lumuri jamur dengan bumbu halus, diamkan ± 10 menit.
  3. 3Campur tepung beras, tepung kanji, dan kaldu bubuk, aduk rata. Taburi jamur dengan campuran tepung kering, aduk-aduk hingga tepung melekat rata pada jamur.
  4. 4Panaskan minyak yang banyak dalam wajan di atas api sedang. Goreng jamur secara bertahap dan aduk sesekali agar tidak saling melekat hingga jamur matang dan kering,
  5. 5Angkat dan tiriskan jamur hingga dingin. Simpan jamur ke dalam wadah bertutup rapat.

 

Resep Cara Membuat Keripik Jamur Crispy

Bahan:

  • 1 bungkus jamur tiram, buang bagian akarnya yang kotor, kemudian cuci bersih lalu peras kemudian suwir-suwir.

Bahan Pelapis:

  • 1 saset kecil tepung bumbu serbaguna
  • 1 sdm tepung taipoka
  • 3 sdm tepung maizena

Cara Membuat Keripik Jamur Crispy :

  1. Campur semua tepung pelapis dalam wadah.
  2. Ambil sedikit jamur, remas-remas dalam tepung hingga terlapisi semua, kibas-kibaskan sisa tepung lalu goreng hingga kering.
  3. Baiknya goreng dalam minyak yang banyak dan panas, goreng sedikit-sedikit agar tidak menempel satu sama lain.
  4. Jamur siap disajikan.

 

Resep Cara Membuat Keripik Jamur Tiram Crispy

Bahan:

  • 1 bungkus jamur tiram
  • 5 sdm tepung putri
  • 1 sdm tepung beras
  • Minyak goreng

Cara Membuat Keripik Jamur Tiram Crispy :

  1. Cuci bersih jamur, keringkan/tiriskan, campur tepung putri dan tepung beras aduk rata.
  2. Ambil sebagian campuran tepung, tambahkan air es/dingin, aduk rata.
  3. Panaskan minyak, celup jamur ke adonan basah lalu ke adonan kering, cubit-cubit biar tepung lebih lengket, lalu goreng sampai golden brown.
  4. Angkat dan sajikan.

 

Resep Cara Membuat Keripik Jamur Enoki Crispy

Bahan:

  • 2 bungkus jamur enoki, buang akar, cuci bersih
  • 3 sdm tepung beras
  • 3 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung kanji
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt kaldu jamur
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Jamur Enoki Crispy :

  1. Campur semua tepung + baking powder + kaldu jamur + garam. Aduk rata.
  2. Ambil 3 sdm dari campuran tepung di atas.
  3. Larutkan dengan air secukupnya (jangan keenceran maupun kekentalan).
  4. Panaskan minyak.
  5. Celup jamur enoki (sobek- sobek dulu) ke larutan tepung, lalu masukkan ke tepung kering, balur rata.
  6. Tepuk-tepuk ringan di pinggir wadah, agar tepung tidak ketebalan. Goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan.

 

Resep Cara Membuat Keripik Jamur Crispy Cabai Garam

Bahan:

  • 250 gr jamur tiram, suwir-suwir
  • 8 buah cabai rawit merah, potong tipis-tipis
  • 5 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 batang daun bawang, potong tipis-tipis
  • Garam, kaldu bubuk secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Adonan Pencelup Basah:

  • 5 sdm tepung bumbu serbaguna
  • Air secukupnya

Bahan Adonan Pencelup Kering:

  • 5 sdm tepung bumbu serbaguna
  • 2 sdm tepung beras

Cara Membuat Keripik Jamur Crispy Cabai Garam :

  1. Cuci jamur 3-4 kali, peras sampai benar-benar kering lalu tiriskan.
  2. Masukkan jamur ke adonan celupan basah, lalu masukkan ke adonan celupan kering.
  3. Simpan di kulkas selama 10-15 menit.
  4. Panaskan minyak agak banyak dengan api kecil sampai benar-benar panas.
  5. Jika minyak sudah panas, goreng jamur sampai kuning kecokelatan, jangan dibolak-balik, cukup sekali balik saja agar jamur tidak menyerap banyak minyak, lalu tiriskan.
  6. Panaskan sedikit minyak, tumis cabai rawit, bawang putih dan daun bawang sampai layu dan wangi, tambahkan garam dan kaldu bubuk, lalu masukkan jamur yang sudah digoreng, aduk rata, angkat, sajikan hangat-hangat.

 

Resep Cara Membuat Keripik Jamur Crispy Balado

Bahan:

  • 500 gr jamur tiram, cuci bersih, lalu peras airnya sampai habis
  • 2 bungkus tepung bumbu crispy
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai
  • Garam, lada, kaldu bubuk non MSG secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  • 3 buah cabai merah besar
  • 15 buah cabai rawit
  • 2 buah tomat merah
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuat Keripik Jamur Crispy Balado:

  1. Buat 2 adonan tepung bumbu: basah dan kering, sesuai petunjuk kemasan.
  2. Panaskan minyak.
  3. Masukan jamur tiram ke adonan basah, lalu ke adonan kering, lalu ke adonan basah lagi, lalu goreng hingga kecokelatan.
  4. Tiriskan jamur goreng, sisihkan.
  5. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, daun jeruk, dan serai. Masak hingga harum, lalu tambahkan garam, sedikit lada, dan kaldu bubuk non MSG.
  6. Masukkan jamur crispy, aduk rata hingga bumbu meresap ke jamur, lalu angkat.
  7. Jamur crispy balado siap disajikan.

sekian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi anda dan anda yang tidak suka dengan jamur menjadi suka dengan jamur. sekian dan terima kasih

The post Cara Membuat Keripik Jamur Dengan Kreasi Masa Kini appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Kreasi Cara Bikin Keripik Pare Tidak Pahit https://mesinpengemas.id/cara-bikin-keripik-pare/ Tue, 22 Sep 2020 04:54:07 +0000 http://mesinpengemas.id/?p=5215 Rasa pahit yang dimiliki oleh sayur pare (Momordica charantia L.) membuat beberapa orang tidak suka untuk mengkonsumsi sayuran ini. Padahal di dalam sayuran pare ini banyak mengandung berbagai macam nutrisi esensial yang sangan bermanfaat bagi tubuh. Bagi anda yang tidak suka makanan pahit satu ini, sekarang pare sudah berinovasi menjadi keripik pare. cara bikin keripik […]

The post Kreasi Cara Bikin Keripik Pare Tidak Pahit appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Rasa pahit yang dimiliki oleh sayur pare (Momordica charantia L.) membuat beberapa orang tidak suka untuk mengkonsumsi sayuran ini. Padahal di dalam sayuran pare ini banyak mengandung berbagai macam nutrisi esensial yang sangan bermanfaat bagi tubuh. Bagi anda yang tidak suka makanan pahit satu ini, sekarang pare sudah berinovasi menjadi keripik pare. cara bikin keripik pare juga sangant gampang. Dalam artikel ini akan dibahas semua hal tentang pare.

Orang-orang menganal buah pare dengan sebutan yang berbeda-beda. Sebagian orang di jawa barat menyebut nama sayur pare ini dengan nama paria, masyarakat di Sumatra menemai sayur ini dengan sebutan pepare dan sedangkan orang-orang di eropa menyebut sayur pare dengan sebutan bitter mellon.

Buah pare memiliki bentuk dan tekstur yang mudah dikenali, buah yang berasal dari keluarga timun (Cucurbitaceae) ini memiliki bentuk permukaan kulit yang bebiku-biku. Warna dari pare ada yang berwarna hijau dan keputihan. Dalam keadaan matangnya buah, warna buah parea akan berubah menjadi warna kuning atau oranye.

Bagi sebagian orang, rasa pahit itulah yang membuat sayur ini spesial dan digemari banyak orang. Namun, sebagian orang, terutama anak-anak, tidak menyukai rasa pahit dari pare. Padahal dari segi gizi, pare kaya akan gizi. Setiap 100 gram pare mengandung energi 34 kkal, protein 1,1 g, lemak 0,3 g, karbohidrat 6,8 g, kalsium 45 mg, fosfor 64 mg, zat besi 1,4 g, retinol 54 mcg, tiamin 0,08 mg, dan asam askorbat 52 mg.

Kandungan dalam pare dipercaya mampu mengobati dan mengendalikan penyakit seperti disentri, cacingan, mengontrol tekanan darah, mengobati sariawan dan meredakan sakit maag. Makan pare dengan rajin dapat mencegah dan mengendalikan penyakit ganas seperti lever, diabetes dan kolesterol. Bagi ibu menyusui, mengonsumsi pare dianggap bisa mempercepat produksi ASI. Seperti sayuran lainnya, pare juga kaya serat, yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

 

Tips Mengurangi Rasa Pahit Pare

Rasa pahit pada sayur pare disebabkan oleh tingginya kandungan quinie pada pare. Untuk mengurangi rasa pahit, Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara.

Pencucian Air Garam

Potong pare menjadi dua dan buang bijinya. Potong pare menjadi irisan tipis. Tambahkan 500 gram pare cincang dan 2 sendok makan garam. Remas dengan lembut selama 1 menit. Biarkan pare selama 10 menit. Bilas pare dengan air bersih, lalu siapkan untuk dimasak.

Menggunakan Daun Jambu Biji

Irisan pare yang dimasak dengan daun jambu biji juga bisa mengurangi rasa pahitnya. Tekniknya, 500 gram par, buang bijinya dan potong tipis-tipis. Rebus 7 lembar daun jambu biji dalam air mendidih. Peras daun jambu biji sebelum digunakan. Masak selama 4 menit. Angkat dan tiriskan. Siap tara sesuai persyaratan formula.

Lempengan Tanah Liat

Mengukus pare di tandfdah liat kering sangat efektif menghilangkan rasa pahit. Tanah liat kering banyak dijual di pasar tradisional, dan orang biasanya menggunakan tanah liat ini untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Caranya adalah dengan memanaskan air kemudian gunakan papan tanah liat untuk memasukkan potongan-potongan kecil. Didihkan. Angkat dan tiriskan. Kupas siap diolah.

Perkaya Bumbu Masak

Mengolah pare dengan paduan bumbu pedas, asin dan manis, seperti diolah menjadi sambal goreng pare membuat cita rasa pahit pare bisa dikurangi.

5 Manfaat dari Sayur Pare

cara bikin keripik pare

Bagi orang Indonesia, kita sering makan sayur ini dengan olahan pendamping somay hingga gado-gado. Akan tetapi bagi anda yang menykai makan makanan pahit , sebaiknya baca terlebih dahulu manfaat-manfaat yang dimiliki sayur satu ini.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Pare dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, pare juga memiliki serat yang dapat membantu Anda tetap kenyang dalam waktu yang lama; sebuah penelitian menemukan bahwa pare dapat meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi kandungan lemak di perut. Namun, diperlukan penelitian lebih lafdfnjut untuk mengetahui manfaat pare dalam membakar lemak.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat pare dalam menurunkan kadar gula darah telah lama digunakan sebagai pengobatan diabetes. Pare bekerja dengan cara merangsang produksi insulin dan meningkatkan pencernaan gula dalam tubuh.Selain itu, pare juga dapat menurunkan kadar fruktosamin dalam tubuh, sehingga membantu Anda mengatur kadar gula darah dalam jangka panjang.

Mengurangi Kolesterol

Manfaat pare ini masih perlu penelitian lebih lanjut. Namun menurut beberapa penelitian awal pada tikus, ditemukan bahwa pare dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida, dan menurunkan kolesterol dapat menurunkan risiko penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung.

Mengandung Banyak Nutrisi

Tidak diragukan lagi bahwa pare mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh Anda! Pare menyimpan berbagai senyawa, seperti vitamin C, vitamin A, asam folat, dan berbagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Berpotensi Mengatasi Kanker

Manfaat pare dalam pengobatan kanker masih perlu penelitian lebih lanjut, selain itu diyakini ampuh membunuh sel kanker di usus besar, nasofaring, lambung dan paru-paru, juga dipercaya dapat menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker payudara.

 

4 Efek Samping Konsumsi Pare Berlebihan

Pare rupanya telah digunak sebagai bahan obat-obatan herbal selama berabad-abad. Sayuran ini dekenal dengan citarasa yang pahit , dan kebanyakan orang mengunakannya sebagai pengatur gula darah. Akan tetapi pare jika dikonsumsi secara berlebihan dapat merugikan kesehatan.

Memicu Kontraksi

Dipercaya bahwa pare dapat menyebabkan kontraksi. Wanita menyusui tidak dianjurkan mengonsumsi pare secara berlebihan. Namun, hampir tidak ada penelitian ilmiah di bidang ini. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum makan pare.

Mengganggu Kinerja obat

Makan pare dan obatnya bisa menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah sangat rendah. Orang dengan riwayat diabetes yang sedang minum obat harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi pare.

Membuat Irama Jantung Tidak Teratur

Ketika ritme jantung menjadi tidak teratur, itu menyebabkan darah menumpuk di satu sisi jantung. Hal ini dapat menyebabkan trombosit membentuk gumpalan, yang dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung. Dalam sebuah penelitian, seorang pria berusia 22 tahun mengalami gejala setelah minum setengah cangkir jus pare.

Dapat Menyebabkan Koma Hipoglikemik

Koma hipoglikemik adalah bentuk koma yang disebabkan oleh injeksi insulin yang berlebihan. Ini dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah yang parah. Ada laporan kasus yang menunjukkan timbulnya koma hipoglikemik dan timbulnya fibrilasi atrium (irama jantung abnormal) akibat konsumsi pare.

 

Cara Bikin Keripik Pare Crispy

cara bikin keripik pare

Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai tambah pada barang barang hasil budidaya pertanian adalah dengan melakukan pengolahan pasca panen. Hal ini menjadi penting untuk dipikirkan mengingat sifat dari barang barang hasil budidaya pertanian yang mudah busuk atau rusak. Selain untuk meningkatkan nilai tambah, pengolahan pasca panen ini juga dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya kelebihan suplai hasil pertanian yang dapat menyebabkan harga barang barang hasil budidaya pertanian ini bisa turun harga dan berdampak merugikan petani.

Demikian juga pada tanaman pare. Buah pare yang merupakan hasil budidaya para petani kita adakalanya mengalami over produksi sehingga menyebabkan suplai di pasar berlebihan. Apabila ini terjadi sementara permintaan konsumsi pare ini cenderung stabil maka harga buah pare akan turun dengan sendirinya. Apalagi konsumen buah pare untuk kebutuhan sayur ini juga tidak banyak mengingat rasa buah pare yang pahit. Sehingga penikmat buah pare untuk kebutuhan konsumsi sayuran juga terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan upaya untuk mengolah buah pare ini dengan membuatnya menjadi kripik pare krispi. Cara Membuat Keripik Pare ini di proses sedemikian rupa jadi keripik supaya makin banyak orang yang suka dan merasakan faedah dari pare. keripik tempe juga merupakan salah satu keripik dengan manfaat tinggi, salah satunya protein. Keripik tempe dapat dengan mudah kita jumpai di warung atau toko tempat menjual cemilan. Atau anda bisa membuatnya sendiri, resep keripik tempe sangat mudah untuk membuatnya.

Di kabupaten kediri beberapa UMKM sudah memproduksi kripik pare krispi. Mereka telah mampu mengolah buah pare segar menjadi keripik krispi dengan tehnologi yang terbilang cukup mumpuni, mulai dari mesin pembuatan hingga mesin pengemas memberi nilai tambah terhadap buah pare sehingga menjadi camilan yang enak, renyah dan bernilai gizi. Cara membuat keripik pare krispi ini memiliki banyak versi, namun disini penulis akan menyajikan salah satu tehnik cara mebuat keripik pare krispi yang telah dicoba.

 

Berkreasi Cara Bikin Keripik Pare, Tidak Terasa Pahit

Cara bikin keripik pare goreng, pare goreng adalah sejenis sayuran yang biasanya digoreng. Rasanya pahit, jadi tidak semua orang menyukainya. Namun, mereka memiliki cara unik untuk menyukai pare. Salah satunya dibuat sebagai chip.

Kalau ke Solo, Boyolali atau Yogyakarta, tidak sulit mencari keripik pare. Saat Anda makan keripik pare ini, Anda tidak akan lagi merasakan kepahitan. Karena itu, selama Anda mau mencicipinya, Anda bisa mencicipinya. Namun Anda tidak perlu berjalan jauh ke Solo untuk menemukan keripik ini. Di rumah, Anda bisa berkreasi.

Bahan:

  1. 1 kg pare mentah
  2. 1 butir telur ayam
  3. 300 gr tepung beras
  4. 100 gr tepung tapioka
  5. 0,5 liter minyak goreng

Bumbu:

  1. 1 kg pare mentah
  2. 1 butir telur ayam
  3. 300 gr tepung beras
  4. 100 gr tepung tapioka
  5. 0,5 liter minyak goreng

Cara Bikin Keripik Pare:

  1. Siapkan pare untuk dicuci bersih kemudian potong dan keluarkan isinya.
  2. Iris tipis-tipis buah pare kemudian beri 1,5 sdm garam, lalu balurkan ke seluruh pare yg sudah diiris. Tidak perlu diperas dan biarkan hingga sekitar 10-20 menit.
  3. Setelah sekitar 20 menit, cuci dan bilas pare hingga benar-benar bersih, sambil diperas kuat-kuat hingga benar-benar tiris, ulangi langkah ini 3-4x. Langkah ini berfungsi untuk mengurangi rasa pahit pada pare.
  4. Setelah dicuci kemudian kita siapkan panci, lalu isi air dan rebus hingga mendidih, matikan api kompor kemudian masukkan pare yg sudah dicuci hingga terendam seluruhnya dalam air panas, biarkan 3 menit kemudian segera tiriskan dan masukkan ke dalam baskom yg berisi air dingin. Kemudian peras pare kembali hingga benar-benar tiris.
  5. Ini hasilnya pare yang sudah siap olah / digoreng menjadi keripik.
  6. Langkah selanjutnya campur tepung beras, tepung tapioka, kaldu bubuk, bawang putih bubuk dan garam kemudian aduk hingga rata.
  7. Selanjutkan kocok lepas 1 butir telur, beri garam dan kaldu bubuk sedikiit saja.Tuang ke dalam pare yg sudah diperas,aduk hingga benar-benar rata.
  8. Siapkan wajan, beri minyak dalam jumlah banyak.
  9. Sambil menunggu minyak panas, masukkan pare yg sudah dicampur kocokan telur ke dalam campuran tepung kering. Aduk rata hingga pare terlumuri tepung dengan rata dan tidak saling lengket satu sama lain.
  10. Goreng pare dalam minyak yg sudah panas dengan api sedang. Jangan kuatir pare tidak akan saling lengket satu sama lain. Jangan lupa sambil sesekali diaduk, setelah matang segera angkat dan tiriskan (ditandai minyaknya terlihat tenang).
  11. Biarkan hingga dingin lalu simpan dalam toples.

 

Cara Bikin Keripik Pare Pedas Renyah

Bahan:

  1. 3 buah pare
  2. 150 gram tepung beras
  3. 2 sdm tepung tapioka
  4. 1 sdt bubuk bawang putih
  5. 1 sdt garam
  6. 1 sdt bubuk cabe
  7. secukupnya kaldu bubuk
  8. 200 ml air matang

Cara Bikin Keripik Pare:

  1. Pare diiris tipis-tipis, kemudian rendam ke dalam air garam. Diamkan kurang lebih 30 menit, tiriskan hingga air benar-benar mengering.
  2. Campurkan tepung beras, tepung tapioka, garam, bubuk bawang, bubuk cabe dan kaldu bubuk. Tambahkan air hingga adonan tidak terlalu kental, tetapi juga tidak terlalu cair.
  3. Masukkan irisan pare ke dalam adonan tepung.
  4. Goreng pare hingga kecoklatan. Gunakan api sedang. Tips supaya keripik menjadi renyah, goreng 2 kali. Gorengan pertama asal matang dulu kemudian angkat dan tiriskan. Lakukan hingga adonan habis. Setelah itu, goreng kembali keripik yg sudah ditiriskan hingga terasa kering.

Sekian pembahasan cara bikin keripik pare kali ini semoga bermanfaat bagi anda, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari teman di waktu santai anda dan bagi anda yang suka memakan sayur pare, sekian dan terima kasih.

The post Kreasi Cara Bikin Keripik Pare Tidak Pahit appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Resep Cara Membuat Sereal Enak dan Sederhana Kreasi Rumahan https://mesinpengemas.id/cara-membuat-sereal/ Mon, 21 Sep 2020 12:25:39 +0000 http://mesinpengemas.id/?p=5198 Hampir seluruh orang di dunia ini pasti sudah tau atau tidak asing dengan yang namnya sereal. Merupakan menu sarapan praktis, cara membuat sereal juga gampang dan bisa di buat dirumah, ini menjadi salah satu menu sarapan yang disukai banyak orang. Menikmati sarapan sereal dapat di campur dengan campuran susu, yoghurt, bahkan dengan air saja dereal […]

The post Resep Cara Membuat Sereal Enak dan Sederhana Kreasi Rumahan appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Hampir seluruh orang di dunia ini pasti sudah tau atau tidak asing dengan yang namnya sereal. Merupakan menu sarapan praktis, cara membuat sereal juga gampang dan bisa di buat dirumah, ini menjadi salah satu menu sarapan yang disukai banyak orang. Menikmati sarapan sereal dapat di campur dengan campuran susu, yoghurt, bahkan dengan air saja dereal sudah sangan terasa nikmat dan dapat juga di makan langsung tanpa menggunakan campuran apapun. Itulah mengapa sereal menjadi salah satu menu sarapan yang banyak di sukai karena rasanya dan juga pembuatannya yang sangat praktis.

Sarapan sereal adalah salah satu makanan atau menu sarapan yang dinikmati oleh ratusan juta masyarakat di dunia setiap harinya. Sereal juga menu sarapan bagi para orang yang sedang menjalankan program diet atau menjadi seorang vegetarian yang sadar akan kesehatan. Sereal pertama diciptakan pada tahun 1863 yang disebut sebagau granula.

Hampir 50 persen orang-orang di amerika mengawali harinya dengan mengkonsumsi sereal sebagai menu sarapan mereka. Di setiap sereal memiliki kandungan yang berbeda-beda, tergantung jenis merek yang anda pilih. Ada beberapa merek yg tepat dapat memenuhi jumlah kebutuhan nutrisi yang ada di dalam tubuh anda.

Mungkin beberapa orang di Indonesia tidak terbiasa untuk memekan menu sarapan seral ini, karena menurut orang Indonesia kalau belum makan nasi belum kenyang. Mayoritas orang di Indonesia mereka lebih memilik memakan menu sarapan nasi seperti nsi goreng, bubur, nasi telur mata sapi, tempe. omongin masalah tempe, tempe juga salah satu makanan dengan protein yang tinggi, dan tempe saat ini juga ada dalam bentuk keripik. Mau tau resep keripik tempe yang enak dan juga gurik? kalian bisa mencarai taunya.

Tapi, tahukah anda? Bahwa sereal dengan berbentuk cincin sudah ditemukan sejak zaman prasejarah, tepatnya di zaman perunggu

Tetapi apakah sereal yang ditemukan di Austria ini juga merupakan menu yang digunakan sebagai menu sarapan?

 

Sejarah Munculnya Sereal

Tim arkeolog Austria menemukan makanan kuno yang berbentuk cincin di situs Zaman Perunggu Akhir Stillfried an der March, Austria. Makanan prasejarah berbentuk cincin yang punya diameter tiga sentimeter ini diduga adalah sereal di Zaman Perunggu, lo, teman-teman.

Penemuan makanan prasejarah ini juga dikatakan unik karena sangat sedikit penemuan sisa makanan, padahal banyak catatan arkeologis tentang pertanian.Tim arkeolog menduga sereal itu berasal dari era 900 sampai 1.000 Sebelum Masehi dan tempat ditemukannya sereal kuno diperkirakan merupakan tempat menyimpan biji-bijian.

Hal itu dibuktikan dengan adanya ratusan lubang penyimpanan biji-bijian yang ditemukan di tempat penemuan sereal kuno berbentuk cincin. Tim arkeolog menyimpulkan makanan prasejarah berbentuk cincin ini adalah sereal kuno karena bahan pembuatnya, teman-teman.

Setelah diteliti, makanan prasejarah yang diduga sereal dari Zaman Perunggu ini terbuat dari bahan yang hampir sama seperti sereal saat ini, yaitu dari olahan gandum dan tepung.Sereal kuno berbentuk cincin ini dibuat dari olahan gandum dan tepung basah kualitas tinggi yang dikeringkan tanpa proses pemanggangan.

Sereal yang Ditemukan Bukan untuk Menu Sarapan

Sereal berbentuk cincin yang ditemukan oleh para arkeolog tidak hanya satu, teman-teman, tapi ada beberapa pecahan dan jika disusun menjadi tiga cincin. Cara pemasakan sereal ini juga berbeda dengan sereal modern saat ini, yaitu sereal prasejarah itu diduga hanya dibentuk dari campuran basah yang tidak dipanggang tapi dibiarkan kering begitu saja.

Setelah diteliti lebih lanjut dari proses pemasakan dan ukuran sereal, tim arkeolog menduga sereal yang ditemukan ini bukan untuk menu sarapan, lo. Meskipun belum pasti, tapi tim arkeolog menduga sereal berbentuk cincin yang ditemukan di Austria ini digunakan untuk tradisi ritual pada periode Perunggu Akhir.

Diduga tradisi ritual yang dilakukan itu menggunakan makanan, salah satunya adalah sereal yang ditemukan. Hal ini disimpulkan dari kemiripan pembuatan sereal cincin ini dengan cincin lain dari tanah liat yang ditemukan di tempat yang sama.

 

Manfaat Sereal, Sumber Nutrisi Gizi

Sereal merupakan bagian dari biji-bijian yang dapat dimakan seperti gandum, beras, jagung, dan sorgum. Namun sereal hadir dalam berbagai bentuk, dan memiliki tingkat populasitas yang berbeda-beda di setiap negara.

Akan tetapi, gandum dan beras sangat populer di seluruh penjuru dunia. Setiap negara memilikinya sebagai makanan pokok, dan orang-orang di setiap negara tersebut mngnggapnya sebagai sumber nutrisi bagi mereka. Berbagai macam mineraldan vitamin serta serat banyak terkandung di dalam sereal.

Pastinya kita perlu melakukan riset untuk menemukan kandungan yang terkandung di dalam setiap sereal. Kita dapat menemukan banyak sekali informasi tentang nutrisi yang dikandung sereal yang berguna bagi tubuh kita.

Selain itu, sereal sanagn mudah untuk di dapatkan dengan harga yang terjangkau, jadi mahal dan susah di dapatkan bukan merupakan alasan untuk tidak memiliki menu sarapan satu ini. Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi sereal.

Sumber Energi Yang Baik

Sereal adalah sumber energi yang penting karena dapat memberi kita 30% dari total kalori dalam makanan. Mereka mungkin makanan berkalori paling banyak dikonsumsi di dunia. Persentase mungkin berbeda di setiap negara. Alasan utama popularitas mereka mungkin karena harganya lebih murah daripada kebanyakan sumber nutrisi lainnya.

Sumber Protein Yang Baik

Protein sangat penting bagi kita karena tubuh menggunakannya untuk memperbaiki dan membangun jaringan. Mereka juga digunakan untuk membuat bahan kimia manusia seperti hormon dan enzim. Kandungan protein setiap butir berbeda.

Ambil contoh nasi, karena mengandung paling sedikit protein, tetapi itu adalah bentuk protein terbaik yang bisa kita dapatkan. Kita membutuhkan protein tulang, darah, kulit dan otot. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengonsumsi sereal untuk menjaga asupan protein harian kita.

Membantu Mencegah Kanker

Sereal kaya akan steroid nabati yang merangsang estrogen. Mereka mengandung pitosterol yang memblokir estrogen, yang meningkatkan kanker payudara. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa biji-bijian bahkan dapat mencegah kanker usus besar karena kandungan seratnya yang tinggi. Fitosterol mengurangi waktu yang dibutuhkan estrogen untuk diserap kembali ke dalam darah melalui dinding usus besar dengan meningkatkan pergerakan tinja.

Membantu Mengatasi Sembelit

Sereal mengandung serat larut dan tidak larut. Ini termasuk selulosa, pektin dan hemiselulosa. Diet tinggi serat dikaitkan dengan kesehatan pencernaan yang baik. Mereka menambah jumlah feses dan membuatnya lebih lembut, sehingga memudahkan tubuh untuk melewatinya. Ini membantu menyingkirkan kanker. Kita juga bisa mencegah kanker dengan makan sereal dalam jumlah besar. Mengonsumsinya dapat memastikan bahwa bagian dalam tubuh bersih dan kanker usus besar menjauh dari kita.

Sumber Vitamin Yang Baik

Sereal mengandung berbagai nutrisi. Nutrisi tersebut termasuk berbagai vitamin. Jenis dan jumlah biji-bijian dapat bervariasi. Dengan mengonsumsi sereal, secara efektif kita dapat mengatasi kekurangan vitamin B kompleks. Sereal dapat digunakan untuk mengekstrak minyak yang kaya vitamin E, tetapi juga mengandung banyak nutrisi lainnya. Sayangnya, banyak dari mereka yang hilang selama proses penggilingan.

Membantu Menjaga Berat Badan

Sarapan gandum utuh adalah cara terbaik untuk mengontrol berat badan. Karena efek pelumasnya pada usus besar, sereal dapat memastikan saluran pencernaan kita bersih. Ini juga membuat kita kenyang untuk waktu yang lama. Mengurangi mengidam makanan juga bisa membantu kita menurunkan berat badan.

Mendukung Kesehatan Jantung

Makan sereal dalam jumlah yang tepat baik untuk kesehatan jantung kita. Makan sereal saat sarapan memastikan kita makan lebih sedikit dan makan lebih banyak energi. Karena kita tidak merasa lapar untuk sementara waktu, serat dapat membantu kita menghindari makan yang berujung pada lemak. Nantinya lemak akan membuat jantung kita sulit untuk mengambil darah dan dapat menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi sereal sebagai bagian dari makanan kita dapat membantu kita menghindari banyak masalah ini.

 

Rekomendasi Macam-macam Merek Sereal Terbaik Utuk Sarapan

Saat ini ada banyak merek sereal yang ada di berbagai negara, bahkan di indonesi juga memiliki produk sereal yang terkenal juga salah satu contoh nestle’s koko krunch yang memiliki paking dengan gambar singa lucu. dengan mengunakan mesin pengemas yang bagus dan besar netle’s dapat memproduksi sereal dalam jumlah yang besar setiap harinya.

Whole Grain Cereal

Seperti namanya, sereal ini terbuat dari biji-bijian (terutama oat) yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Biasanya ada dua versi sereal gandum, yang mengandung gula dan yang tanpa gula. Tahukah Anda, konsumsi biji-bijian secara teratur dapat menurunkan kolesterol dan membantu kesehatan jantung.

Bran Cereal

Sereal ini merupakan campuran dari sumber serat lainnya, seperti kismis, corn flakes dan jenis biji lainnya yang banyak mengandung serat. Karena kandungan seratnya yang tinggi, sereal ini akan membuat kita merasa kenyang. Selain itu, jika sering sarapan pagi dengan kulit gandum, sistem pencernaan akan lebih lancar.

Sereal Manis

Dari anak-anak hingga orang dewasa, selalu terasa seperti sereal manis. Namun, jaga agar gula darah Anda tetap benar! sereal ini biasanya mengandung pemanis dan pengawet. Anda tidak perlu menambahkan topping lain, karena sereal ini sudah mengandung perisa.

Sereal Organic

Perbedaan sereal ini dengan sereal lainnya terletak pada bahan yang digunakan. Biji-bijian organik dibuat dari tumbuhan tanpa pupuk atau pestisida kimiawi. Meski harganya mahal, namun kaya nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Sereal Oat Atau Haver

Oat adalah sereal yang tumbuh di daerah beriklim sedang dan subtropis. Orang Belanda memperkenalkan sereal ini kepada penduduk Indonesia dalam bentuk oatmeal. Kandungan vitamin dan asam folat pada sereal bisa membuat tubuh kita lebih sehat.

Sereal Jelai

Sereal ini biasanya dikonsumsi oleh penderita diabetes. Barley berasal dari tanaman biji-bijian yang kaya serat, zat besi, antioksidan, dan asam amino.

Sereal Biji-Bijian Atau Kacang

Sereal ini mengandung biji-bijian dan kacang-kacangan. Mengandung banyak vitamin D, asam folat dan serat. Biasanya bijinya sudah kering, karena ada campuran madu.

 

Cara Membuat Sereal dengan Sederhana

cara membuat sereal

Bahan:

  • 30 gram Nestle Nestum Polybag Susu + Pisang Sereal
  • Buah Pisang Segar
  • 2 Kacang Almond, hancurkan
  • 1 Kismis
  • 2 Kayumanis
  • 135 ml susu putih cair

Cara membuat sereal:

  1. Tuangkan 30 gram atau setara dengan 5 sendok makan Nestle Nestum ke dalam panci
  2. Kemudian tambahkan susu putih cair, masak hingga hangat dan mengental. Kemudian sisihkan.
  3. Tuangkan pada mangkuk dan berikan topping irisan pisang segar, bubuk kayumanis, kismis, dan kacang almond.
  4. Bubur pisang siap disantap.

 

6 kreasi Menu Cara Membuat Sereal Gampang, Tanpa Ribet

cara membuat sereal

1. Cara Membuat Sereal Cookies

Bahan:

  • 50 gram sereal
  • 60 gr mentega
  • 25 gram cokelat chip
  • 16 gr gula
  • 15 gram tepung terigu
  • 6 gram maizena
  • 1/2 butir telur
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • garam secukupnya

Cara Membuat Sereal Cookies:

  1. Siapkan wadah, kocok mentega, gula, dan telur sampai merata.
  2. Tambahkan maizena, garam, baking powder, dan tepung terigu yang telah diayak.
  3. Masukkan sereal dan cokelat chip, aduk kembali.
  4. Bentuk adonan jadi bulatan kecil, kemudian letakkan di atas loyang yang telah diberi lapisan kertas roti.
  5. Panggang selama kurang lebih 30 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.
  6. Kalau kamu gak punya oven, bisa dikukus atau dipanggang di atas wajan teflon.
  7. Sajikan cereal cookies!

 

2. Cara Membuat Sereal Cornflake Cookies

Bahan:

  • 115 gram mentega tawar
  • 90 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 210 gram tepung terigu
  • 75 gram cokelat chip
  • 45 gram sereal cornflakes
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok teh baking soda

Cara Membuat Sereal Cornflake Cookies:

  1. Kocok mentega dan gula di dalam mangkuk besar dengan mixer.
  2. Tambahkan vanila, telur, baking soda, tepung, dan cokelat chip.
  3. Di mangkuk terpisah, hancurkan cornflakes.
  4. Ambil adonan, kemudian celupkan ke dalam cornflakes.
  5. Panggang selama 12-13 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.
  6. Kalau gak ada oven, bisa menggunakan teflon atau panci kukus.
  7. Sajikan cornflake cookies!

 

3. Cara Membuat sereal and Milk Ice Cream Sandwiches

Bahan:

  • 6 sendok makan berbagai jenis sereal
  • 4 buah cereal bar rasa vanila
  • 3/4 cangkir es krim vanila
  • 1 sendok makan karamel yang telah dipanaskan

Cara Membuat Sereal and Milk Ice Cream Sandwiches:

  1. Di dalam mangkuk, campurkan semua sereal sesuai selera.
  2. Letakkan cereal bar di bagian paling bawah, kemudian oleskan dengan es krim.
  3. Susun sereal di bagain atasnya.
  4. Tutup dengan cereal bar, kemudian dinginkan di dalam kulkas hingga dingin.
  5. Cereal and milk ice cream sandwiches siap disajikan .

 

4. Cara Membuat Sereal Bar

Bahan:

  • 2 cangkir sereal
  • 6 sendok makan mentega almond atau bisa diganti dengan selai kacang
  • 5 sendok makan sirup maple

Cara Membuat Sereal Bar:

  1. Masukkan sereal, mentega yang telah dicairkan, dan sirup maple ke dalam mangkuk.
  2. Campurkan semua bahan sampai merata.
  3. Tuang ke dalam loyang kue, kemudian dinginkan selama setengah jam.
  4. Sebelum disajikan, potong jadi beberapa bagian sesuai selera

 

5. Cara Membuat Sereal Crunchy cereal chicken fingers

Bahan:

  • 2 buah dada ayam yang telah dipotong memanjang
  • 3 cangkir sereal
  • 1 cangkir tepung serbaguna
  • 2 butir telur yang telah dikocok
  • 1/2 cangkir saus tomat
  • 1/4 cangkir saus apel
  • garam secukupnya
  • bubuk lada hitam secukupnya
  • minyak secukupnya
  • kecap asin secukupnya

cara Membuat Sereal Chicken Fingers:

  1. Campurkan tepung, garam, dan merica ke dalam mangkuk.
  2. Siapkan dua mangkuk berisi sereal dan kocokan telur.
  3. Celupkan potongan ayam ke dalam tepung, telur, dan sereal secara berurutan.
  4. Goreng sampai berwarna kecokelatan.
  5. Siapkan sausnya dengan mencampurkan saus apel, kecap asin, dan tomat.
  6. Sajikan bersama saus.

 

6. Cara Membuat Sereal Chocolate crunch bar

Bahan:

  • 2 cangkir cornflakes
  • 3/4 gelas chocolate chip
  • 3/5 cangkir mentega almond
  • 1/2 cangkir madu
  • 1/3 cangkir gula

Cara Membuat Sereal Crunch Bar:

  1. Panaskan campuran gula, madu, dan selai kacang, sisihkan.
  2. Tambahkan cokelat bersama sereal ke dalamnya.
  3. Tuang ke loyang roti yang telah diolesi minyak.
  4. Ratakan adonan di atas loyang, dinginkan selama 2-3 jam.
  5. sajikan.

Sekian pembahasan cara memnuat sereal kali ini semoga bermanfaat bagi anda, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang menjalankan program diet, sekian dan terima kasih.

The post Resep Cara Membuat Sereal Enak dan Sederhana Kreasi Rumahan appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Tahukah Anda Cara Membuat Basreng Lezat Dan Gurih? Yuk,Simak https://mesinpengemas.id/cara-membuat-basreng/ Fri, 18 Sep 2020 05:12:16 +0000 http://mesinpengemas.id/?p=5179 Siapa sih yang enggak suka dengan jajanan satu ini? Cemilan yang dinamakan basreng (Bakso Goreng), terkenal akan kerenyahan, kegurihannya, dan rasa pedas ini membuat ketagihan siapapun yang mencobanya. Cemilan ini sangat cocok untuk menemani santai sore anda dan juga cocok untuk cemilan saat menonton film. Mau tau cara membuat basreng yang lezat dan juga gurih, […]

The post Tahukah Anda Cara Membuat Basreng Lezat Dan Gurih? Yuk,Simak appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Siapa sih yang enggak suka dengan jajanan satu ini? Cemilan yang dinamakan basreng (Bakso Goreng), terkenal akan kerenyahan, kegurihannya, dan rasa pedas ini membuat ketagihan siapapun yang mencobanya. Cemilan ini sangat cocok untuk menemani santai sore anda dan juga cocok untuk cemilan saat menonton film. Mau tau cara membuat basreng yang lezat dan juga gurih, mari kita simak.

Nama Basreng di ambil dari singkatan bakso goreng, yang dibuat garing renyah crispy. Basreng terbuat dari bahan adonan baso ikan Tenggiri, bukan baso sapi, yang digoreng garing dengan mengunakan kayu bakar dan campuran ramuan bahan alami hingga menghasilkan keripik basreng yang lezat nan gurih serta tahan lama tanpa mengunakan bahan pengawet. Jajanan basreng satu ini mirip dengan jajanan yang tidak asing bagi siapapun dari kerenyahannya, kegurihannya bahkan sekarang jajanan ini juga diberi rasa pedas mulai dari level 1 hingga level 5. Apakah itu? keripik tempe, jajanan satu ini juga cocok untuk menemani waktu santai anda. Mau tau apa resep keripik tempe nikmat yang dapat kamu buat sendiri dengan mudah di rumah.

Rasa pedas yang didapat dari racikan cabai asli, menghasilkan rasa pedas yang alami, serta warna merah yang juga alami tanpa pewarna buatan atau pewarna makanan. Rupanya rahasia dibalik aneka kreasi dan variasi olahan cemilan basreng pedas lezat nan gurih merupakan bahannya yang alami, tanpa campuran bahan kimia apapun.

Bahan untuk membuat penganan ini tidak beda dengan bakso, yakni campuran tepung tapioka dengan daging sapi atau ikan. Untuk panganan ini umumnya menggunakan bakso yang berbahan ikan tenggiri.

Bagi pedagang yang di kedai atau tenda pedagang kaki lima, mereka tidak akan memotong bakso sebelum ada yang membeli. Bakso itu masih terlihat bulat sebesar bakso pada umumnya. Bakso itu kemudian dipotong-potong kecil setelah ada pembelinya. Kemudian digoreng di minyak yang sudah panas. Setelah ditiriskan, basreng kemudian ditaburi cabai. Terakhir basreng itu dimasukan dalam kemasan.

 

Sejarah Munculnya Basreng

Sebelumnya apa itu basreng? Pangan yang dimodifikasi ini rupanya berasal dari kota bandung. Omongin masalah bandung, bandung merupakan kota yang dikenal sebagai kota tujuan belanja, dan bandung juga merupakan tempat munculnya makanan-makanan terkenal seperti makanan cilok yaitu makan yang terbuat dari tepung aci atau kanji yang ditusuk, kemudian ada lagi  cilok yang dicelupkan ke dalam telur kemudian digoreng dan masih banyak lagi makanan yang terkenal dari bandung.

Begitu juga dengan olahan bakso. Bakso pada umumnya berbentuk bulat, namun sekarang bakso ada yang dipotong kecil-kecil berbentuk persegi empat dan sekarang juga terdapat bakso berukuran kecil-kecil seukuran batu kerikil yang di jajankan dengan campuran bakso kerikil dan diberi kuah kaldu dengan saus kecap, dan juga campuran sambal. Bahkan hingga muncul variasi bakso berukuran bola besar yang memiliki berat hampir 3kg.

Modifikasi bakso lainnya yaitu bakso goreng atau sering disebut basreng. Jajanan yang banyak di jual di sudut-sudut kota bandung. Biasanya dijajakan di tempat-tempat yang ramai pengunjung, seperti di halaman depan mal, mini market, halaman sekolah dan tempat-tempat lainnya. Makanan yang dijual di pedagang kaki lima ini kemudian dirubah  menjadi jajanan yang berkelas dengan memberikan sedikit sentuhan di bagian kemasan dan mengunakkan bahan yang berkualitas oleh para internet marketer di facebook, twitter, bahkan di e-commerce. Untuk memulai bisnis tersebut kita dapat dengan mudah membuat untuk basreng dalam jumlah yang besar dengan bantuan mesin. Bicara permasalahan mesin untuk mesin pengemas terpercaya bagi semua orang dan sudah teruji kalian para pebisnis makanan dapat membelinya di mesinpengemas,id

Saat ini sudah banyak merek-merek basreng bermunculan, salah satunya yaitu Maicih yang sudah terkenal dengan makanan serba keripik yang berlokasi di kota bandung. Salah satu keripik yang terkenal yaitu keripik basreng, Keripik yang dijual Maicih banyak diminati karena disini keripik basreng memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda. Bakan di laman resmi mereka, mereka memiliki tingkat kepedasan hingga level 5.

 

Manfaat Ikan Tenggiri Bagi Kesehatan

cara membuat basreng

Ikan tenggiri merupakan ikan yang satu golongan dengan ikan tuna, tongkol, kembung, dan juga makarel, seperti yang kita ketahui bahwa jenis ikan ini sanagat cocok untuk pembuatan makanan seperti siomay, pempek, dan bakso.

Dibalik rasa ikan ini yang lezat rupanya ikan ini memiliki manfaat yang terkandung di dalamnya, ini beberapa manfaat dari ikan tenggiri.

1. Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat

Kolesterol merupakan hantu yang menakutkan bagi sebagian orang untuk memakan semua jenis daging. Meski begitu, selama kolesterol yang dikandung masih dalam fase normal, kolesterol tidak selamanya menakutkan. Jika Anda khawatir kadar kolesterol jahat Anda akan naik, hindari makan jeroan dan beralihlah ke makarel. Ikan dari air asin dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

2. Berdampak Pada Kecerdasan

Banyak orang yang menganjurkan ibu hamil dan anak-anak makan ikan secara teratur untuk meningkatkan kualitas kognitif. Ini benar, termasuk mengonsumsi ikan tenggiri yang mengandung omega-3 yang sehat, ikan ini baik untuk kemampuan kognitif anak.

3. Memberikan Kesehatan Pada Mata

Vitamin A adalah vitamin yang diperlukan untuk kesehatan mata, dan itu adalah alat yang paling penting dalam hidup kita. Jika ingin memiliki mata yang sehat, sebaiknya makan makanan yang kaya vitamin A, seperti ikan tenggiri. Selain mengonsumsi ikan tenggiri juga bisa mengonsumsi beberapa makanan dan sayuran yang mengandung vitamin A.

4. Ampuh Untuk Hilangkan Ketombe

Fakta membuktikan bahwa selain baik untuk kesehatan, ikan kembung juga sangat baik untuk kesehatan rambut. Manfaat yang didapat bisa efektif menghilangkan ketombe. Yang bisa dilakukan adalah dengan haluskan daging ikan tenggiri, kemudian campur dengan lidah buaya halus, dan aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke rambut, tunggu 30 menit, lalu bersihkan.

5. Kaya Vitamin

Ikan memang merupakan makanan dengan manfaat yang tak terhitung jumlahnya bagi yang mengkonsumsinya. Pada ikan tenggiri terdapat beberapa vitamin baik, seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin B1 yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan.

 

Manfaat dan Bahaya Makan Pedas Bagi Kesehatan

1. Manfaat Menkonsumsi Makan Pedas

Beberapa makanan akan terasa lebih enak jika Anda menambahkan cabai atau sambal agar terasa lebih menyegarkan. Tahukah Anda bahwa mengonsumsi makanan pedas dapat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Padahal, cabai sebagai bumbu masakan sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk menyembuhkan peradangan dan memperlancar peredaran darah.

Saat Anda makan makanan pedas, darah Anda akan mengalir lebih cepat dari biasanya di tubuh Anda. Dengan cara ini, racun dalam tubuh bisa dikeluarkan bersamaan dengan keringat. Selain itu masih ada beberapa manfaat pedas bagi tubuh, yaitu:

  • Meningkatkan Imun Dalam Tubuh

Salah satu manfaat makan makanan pedas adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi cabai yang dikenal tinggi kandungan vitamin C dan A. Kedua jenis vitamin tersebut merupakan antioksidan dan dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari penyakit. Oleh karena itu, orang yang suka makan cabai cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk sakit.

  • Menurunkan Berat Badan

Manfaat kesehatan lain dari makanan pedas adalah dapat menurunkan berat badan. Saat menyantap cabai, rasa pedas dan gosong di lidah disebabkan oleh adanya senyawa capsaicin pada cabai. Padahal, kandungan tersebut dapat meningkatkan suhu tubuh dan mempercepat metabolisme, sehingga kalori dalam tubuh lebih cepat terbakar.

  • Mencegah Kanker

Dikatakan juga bahwa hanya dengan mengkonsumsi makanan pedas secara teratur dapat mencegah kanker. Kandungan capsaicin pada paprika juga dapat secara efektif menghambat atau bahkan membunuh pertumbuhan sel kanker tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

  • Menyehatkan Jantung

Tahukah Anda kalau makanan pedas bisa baik untuk kesehatan jantung? Pasalnya, lada bisa mencegah penggumpalan darah. Kandungan capsaicin sudah terbukti efektif melawan peradangan yang menjadi penyebab penyakit jantung.

2. Bahaya Mengkonsumsi Pedas Terlalu Banyak

Meskipun makanan pedas bisa mendatangkan banyak manfaat, Anda tidak harus mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Dosis yang tepat diperlukan untuk menghindari penyakit pada perut. Berikut ini beberapa bahaya terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas:

  • Maag

Salah satu bahaya makan makanan pedas adalah maag. Cabai dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sakit perut atau peradangan, yang sering disebut dengan penyakit maag. Tidak hanya itu, Anda juga akan mengalami diare dan sakit kepala.

  • Asam Lambung Naik

Orang yang sering makan makanan pedas bisa menimbulkan efek buruk pada perut. Pasalnya, makanan pedas akan meningkatkan asam lambung yang akan menyebabkan tenggorokan menjadi panas. Selain itu, dinding lambung bisa menjadi meradang dan rusak.

  • Membuat Usus Iritasi

Usus juga merupakan bagian tubuh manusia yang sensitif, jadi jika seseorang mengkonsumsi makan pedas telalu banyak itu bisa berbahaya, penyakit usus mungkin sulit untuk dihindari dan menyebabkan iritasi.

 

Resep Cara Membuat Basreng Lezat dan Gurih

cara membuat basreng

1. Cara membuat basreng original (ikan tenggiri)

Bahan:

  • 400 g bakso ikan tenggiri
  • minyak goreng
  • 10 lembar daun jeruk, buang tulang daun, iris halus, sangrai hingga kering
  • 75 g gula bubuk
  • 1 sdm garam
  • 2 sdt cabai rawit bubuk

Cara Membuat Basreng Original:

  1. Iris tipis bakso ikan. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan.
  2. Goreng irisan bakso secara bertahap hingga kering dan renyah. Angkat, tiriskan.
  3. Sangrai gula bubuk, garam dan cabai rawit bubuk. Aduk hingga tercampur rata dan kering.
  4. Tambahkan daun jeruk dan bakso goreng, aduk rata. Angkat. Sajikan atau simpan dalam wadah bertutup rapat.

2. Cara Membuat Basreng Daging Ayam

Bahan:

  • 250 gram dada ayam, dipotong-potong
  • 1/2 sendok makan garam kasar
  • 1 butir telur
  • 150 gram es serut
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • 1 sendok makan bawang putih goreng
  • 1 sendok makan bawang merah goreng
  • 100 gram tepung sagu aren

Cara Membuat Basreng Daging Ayam:

  1. CARA MEMBUAT PENTOL BAKSO, masukkan ayam dan garam dalam choper. Giling sampai halus.
  2. Masukkan telur, es serut, penyedap rasa, bawang putih, merica bubuk, soda kue, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng. Giling sampai lembut.
  3. Tambahkan tepung sagu. Giling rata sampai lembut dan kalis.
  4. Ambil adonan. Bentuk bulat. Masukkan dalam air hangat. Bila bakso sudah mulai penuh, rebus sampai matang. Tiriskan. Iris. Angin-anginkan.
  5. Goreng ke dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api kecil hingga kering. Sajikan untuk cemilan sangat enak dan laris manis.

 

3. Cara Membuat Basreng Daging Sapi

Bahan:

  • Bakso sapi yang telah jadi siap untuk dibuat
  • Cabai bubuk pedas hot
  • Minyak Goreng

Cara Membuat Basreng Daging Sapi:

  1. Pilih pentol bakso sapi dengan kualitas baik, Anda bisa beli di pasar
  2. Bakso diiris sesuai dengan bentuknya bulat
  3. Dijemur dan biarkan dalam suhu ruangan selama 2 hari
  4. Goreng dengan minyak goreng berkualitas sampai basreng merekah dan renyah
  5. Setelah basreng diangkat dan masih dalam kondisi panah taburi dengan bumbu yang telah disiapkan agar menempel.
  6. Diamkan kurang lebih 1-2 jam di suhu ruangan jangan langsung di kemas agar tidak cepat melempem.
  7. Sajikan untuk 350 gram. Selamat ngemil.

 

4. Resep Cara Membuat Basreng Seblak

Bahan:

  • 3 buah bakso ikan secukupnya
  • Minyak
  • 2 buah sosis

Bahan yang Dihaluskan:

  • 5 buah Cabe rawit merah
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 2 siung Bawang putih
  • 1 cm Kencur/cikur
  • 2 sendok makan Gula merah
  • 1/2 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat Basreng Seblak:

  1. Untuk membuat sajian kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan memperhatikan langkah persiapan. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan pada resep yang perlu kita olah terlebih dahulu sebelum dimasak dan dicampurkan dengan sajian lainnya.
  2. Adapun bahan pertama yang perlu kita olah terlebih dahulu adalah basreng atau bakso gorengnya. Pertama-tama siapkan sebuah pisau bersama dengan sebuah tatakan. Kemudian potong basreng dengan ukuran memanjang seperti kentang goreng.
  3. Lakukan hal yang sama pada sisa basreng yang masih ada. Kemudian letakkan dalam wadah, sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan sajian ini dengan bahan-bahan lainnya secara merata.
  4. Apabila sudah selesai dengan merata maka selanjutnya kita akan potong-potong sosis. Potong sosis dengan bentuk bulat ukuran agak tipis namun tidak terlalu kecil. Gunakan pisau dan masukkan dalam wadah kemudian sisihkan sajian ini sebelum dicampur dengan bahan lainnya.
  5. Nah setelah semua persiapan diatas dilakukan dengan merata.
  6. Bila sudah minyak sudah panas merata masukkan terlebih dahulu sosis dan goreng sampai matang dengan cara mengaduknya secara merata hingga sosis menjadi lebih mengembang dengan merata.
  7. Angkat sajian ini dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara sebelum sajian ini dimasak dan dicampurkan dengan bahan lainnya dengan merata.
  8. Lanjutkan dengan menuangkan potongan basreng kedalamnya dan masak sampai bagian luarnya kering dan matang dengan merata. Angkat yang telah selesai di goreng menggunakan penyaring gorengan kemudian sisihkan dalam wadah agar minyaknya lebih meniris dengan merata.
  9. Siapkan wajan yang sama namun sisakan sedikit minyaknya. Lalu panaskan dengan merata dan tuangkan bumbu halus kedalamnya kemudian aduk-aduk dengan merata serta tumis sajian ini sampai matang dan tercium bau harum yang enak pada sajian kali ini.
  10. Masukkan sosis bersama dengan potongan basreng yang sudah anda goreng sebelumnya. Lalu aduk-aduk dengan merata semua bahan ini sampai tercampur.
  11. Jangan lupa masukkan garam bersama dengan gula pasir serta tambahkan sedikit kaldu bubuk untuk memberikan rasa pada sajian kali ini

 

5. Cara Membuat Basreng Ekonomis Kekinian

Bahan:

  • 375 g tapioka.
  • 125 g maizena.
  • 2 buah mie (mie eko sudh direbus).
  • 1 butir telur.
  • 3 siung bawang putih (haluskan).
  • daun seledri.
  • penyedap rasa.
  • Air hangat.

Cara Membuat Basreng Kekinian:

  1. Campur semua bahan, tuang airnya sedikit2 saja agar tidak kelembekan.
  2. Bantuk bulatan lonjong lalu goreng (me: rebus sampai mengapung).
  3. Diamkan seharian supaya set dan gampang diiris.
  4. Goreng sampai matang.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang cara membuat basreng lezat dan gurih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari cemilan yang cocok untuk menemani waktu santai anda. Sekian dan terima kasih

The post Tahukah Anda Cara Membuat Basreng Lezat Dan Gurih? Yuk,Simak appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Cara Membuat Resep Kue Nastar Lembut dan Lumer https://mesinpengemas.id/resep-kue-nastar/ Thu, 17 Sep 2020 04:09:39 +0000 http://mesinpengemas.id/?p=5129 Kue Nastar, adalah salah satu manisan tradisional paling populer untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Alasan mereka dibuat dan dikonsumsi selama ini adalah karena dalam bahasa Hokkien (ong lai) berarti (golden pear) dan melambangkan kemakmuran dan keberuntungan. Warna keemasan dan rasa manis dari nanas melambangkan kelimpahan. Jadi semakin banyak isian biskuitnya, semakin kaya dan enak pula […]

The post Cara Membuat Resep Kue Nastar Lembut dan Lumer appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Kue Nastar, adalah salah satu manisan tradisional paling populer untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Alasan mereka dibuat dan dikonsumsi selama ini adalah karena dalam bahasa Hokkien (ong lai) berarti (golden pear) dan melambangkan kemakmuran dan keberuntungan. Warna keemasan dan rasa manis dari nanas melambangkan kelimpahan. Jadi semakin banyak isian biskuitnya, semakin kaya dan enak pula yang didapat. Di Indonesia manisan ini sangat populer saat momen merayakan Lebaran (perayaan Idul Fitri) dan Natal. Dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat kue nastar dan apa saja resep kue nastar tersebut.

Kue nastar memang salah satu kue kering Lebaran yang paling banyak disukai oleh keluarga Indonesia. Hampir bisa dipastikan kalau kue kering satu ini pasti ada di meja tamu saat Lebaran tiba. Bahkan jika kue ini tidak ada di meja saat lebaran pasti ada yang menanyakannya. Sama halnya dengan tempe, tempe juga tidak kalah dengan kue nastar dengan kerenyehannya membuat siapapun yang memakannya akan membuat ketagihan. resep keripik tempe sendiri itu sangat gampang untuk di buat oleh siapa saja.

Untuk cara membuat kue nastar yang memiliki tekstur yang lembut dan lumer di mulut memang membutuhkan perhatian khusus. Dalam membuat kue nastar yang empuk dan tidak mengeras, yang pertama sekali harus diperhatikan adalah saat mengocok atau mixer butternya. Kemudian adonan resep kue nastar yang telah jadi sebaiknya langsung segera dibikin saat itu juga, jangan mendiamkan adonan terlalu lama itu bisa membuat adonan yang mengandung butter tadi sedikit lembek dan hasilnya tidak renyah. Namun kebanyakan dari keluarga indonesia mereka lebih memilih untuk membeli atau memesan makanan ini dalam bentuk yang sudah jadi, dan banyak UKM di luaran sana menjalankan usaha berjualan kue kering salah satunya yaitu kue nastar. Semua pesanan dari customer akan dikirim mengguakan paking kardus yang dinilai aman dengan menggunakan mesin pengemas kardus hasil buatan mesinpengemas.id

Sejarah Munculnya Resep Kue Nastar

Nastar sudah dikenal semenjak zaman penjajahan kolonial, nastar adalah salah satu resep kue asal Belanda yang melekat dengan masyarakat Indonesia. Nama nastar ini berasal dari bahasa Belanda ananas dan tart, penggabungan dua kata tersebut kemudian disingkat penyebutannya menjadi nastar.

Pembuatannya yang berasal dari campuran adonan terigu, gula, mentega dan telur, kue nastar umumnya berbentuk seperti setengah bola dengan tambahan cengkeh atau kismis diatasnya.

Pada mulanya resep kue nastar terinspirasi dari kue pie khas Eropa yang biasanya dibuat dalam satu loyang besar berisi selai strawberry, blueberry, atau apel.

Tetapi karena buah-buah tersebut sulit untuk didapatkan di Indonesia, isian pie diganti dengan buah yang mudah di dapatkan di Indonesia yaitu nanas, yang memiliki rasa asam manis yang sama.

Selain itu, seiring berjalannya waktu bentuk kue pun dimodifikasi menjadi bulat-bulat kecil ukuran sekali makan hingga menjadi camilan yang lebih praktis.

Kue yang memiliki citarasa yang tinggi ini dulunya hanya dibuat sebagai makanan perayaan di hari-hari besar dan hanya diperuntukkan bagi para kaum bangsawan atau kaum priyayi dan orang-orang kaya saja.

Lama-kelamaan, resep kue ini menyebar juga hingga menjadi kue yang merakyat dan tetap identik dengan perayaan hari besar.

Sebenarnya kue nastar tak hanya identik dengan lebaran saja, bahkan natal atau perayaan tahun baru saja, kue kering ini pun akrab sebagai sajian yang melambangkan datangnya keberuntungan saat perayaan Imlek bagi warga Tionghoa.

Meski isian selai dalam kue nastar dan bentuknya saat ini semakin bervariasi, namun tetap saja kue nastar original dengan isian selai nanas selalu jadi andalan dan jadi favorit banyak orang

 

Cara Membuat Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar

Bahan Selai Nanas:

  • 4-5 buah nanas segar. Kulitnya di kupas setelah itu cuci hingga bersih dan buang bagian tengah dari nanas.
  • 200 gram gula pasir
  • 1 batang kayu manis
  • 1 sdt garam

Bahan Olesan dan Topping Nastar:

  • 1 sdm susu cair
  • 2 sdm madu
  • butir telur, diambil kuningnya saja

Bahan Nastar:

  • 300 gram tepung terigu berprotein rendah, diayak halus
  • 90 gram gula halus atau bubuk
  • 2 butir telur diambil kuningnya saja
  • 150 gram mentega atau butter kualitas bagus. Sebaiknya menggunakan merek Golden Churn, Hollman Butter atau wijsman sesuai selera.
  • 50 gram tepung maizena
  • 100 gram margarin
  • 50 gram susu bubuk
  • 50 gram keju edam atau cheddar yang sudah diparut

Cara Membuat Selai Nanas:

  1. Pertama haluskan atau blender buah nanas yang sudah dipotong-potong sampai halus. Bisa juga diparut manual untuk menghaluskannya.
  2. Siapkan wajan dengan api kecil kemudian masukkan nanas yang sudah halus. Jangan lupa air juice blenderan nanas juga dimasukkan.
  3. Aduk-aduk nanas blenderan sampai airnya menguap semua.
  4. Masukkan gula pasir, garam dan masukkan kayu manisnya.
  5. Kemudian aduk semua bahan isian kue untuk nastar tadi sampai benar-benar kental dan berbentuk selai.
  6. Angkat dan dinginkan baru kemudian masukkan ke dalam toples atau wadah kedap udara.

Cara membuat:

  1. Pertama ambil wadah adonan dan masukkan butter, margarin dan gula bubuk.
  2. Kocok adonan dengan mixer kecepatan rendah sampai adonan yang dimasukkan tercampur rata kurang lebih selama 2 menit.
  3. Masukkan kuning telur ayamnya satu persatu kemudian kocok lagi dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata. Jangan terlalu lama kurang lebih selama  1 menit saja.
  4. Campur tepung maizena dengan tepung terigu dan susu bubuknya di tempat lain kemudian aduk sampai rata.
  5. Tuang sedikit demi sedikit campuran tepung tadi ke adonan kulit nastar sambil diaduk dengan spatula sampai rata. Tidak perlu pakai mixer, cukup pakai spatula kayu.
  6. Kemudian, Setelah seluruh adonan tercampur dengan rata, tuang keju parutnya dan setelah itu aduk pelan sampai tercampur rata.
  7. Setelah adonan selesai dibuat kemudian bentuk adonan nastar keju tadi sama besar dengan bentuk bulatan. Ukuran jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil.
  8. Setelah itu adonan di gilas hingga agak pipih dengan ketebalan sedang kemudian isi dengan selai nanas secukupnya kemudian bulatkan kembali.
  9. Ulangi sampai semua adonan nastar habis.
  10. Siapkan loyang dan letakkan bulatan kue nastar yang telah di cetak tadi di atasnya. Sebelum itu sebaiknya loyang dialasi dengan kertas roti agar adonan tidak lengket di Loyang dan jangan diatur terlalu dekat.
  11. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu sekitar 150 derajat sampai 160 derajat celcius.
  12. Kemudian panggang hingga agak kematengan atau kurang lebih selama 15 menit saja kemudian keluarkan dari oven.
  13. Olesi atas kue nastar nanas keju dengan bahan olesan kemudian langsung beri taburan keju parut atau cengkeh untuk toppingnya.
  14. Masukkan loyang tadi ke dalam oven dan panggang sampai matang atau kurang lebih selama 20 menit lagi.
  15. Setelah matang keluarkan dan dinginkan.

 

6 Inovasi Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar

1. Resep Kue Nastar Strowberi

Bahan Nastar:

  • Mentega100 gram
  • Mentega putih 100 gram
  • Gula halus 30 gram
  • Tepung terigu protein sedang 325 gram
  • Kuning telur ayam 1 butir
  • Pewarna makanan merah dan hijau secukupnya

Bahan selai:

  • Stroberi 200 gram, cincang
  • Nanas 100 gram, parut
  • Gula pasir 100 gram

Cara Membuat Resep Kue Nastar Strowberi:

  1. Selai: panaskan stroberi dan nanas hingga air menyusut. Kemudian campurkan gula, masak sambil terus diaduk hingga dapat dipulung. Angkat dan dinginkan
  2. Kocok mentega, mentega putih dan gula halus hingga rata. Masukkan telur, kocok rata.
  3. Tambahkan tepung, aduk rata. Ambil 50 gram adonan, beri warna hijau. Tambahkan pewarna merah pada sisa adonan.
  4. Ambil adonan nastar sebesar kelereng, pipihkan. Kemudian letakkan 1/2 sendok teh selai, setelah itu tutupi dengan adonan bentuk bulat lancip di salah satu sisinya.
  5. Buat motif jajaran genjang dengan tusuk sate, tusuk sedikit pada tengah motif. Buat daun dengan adonan hijau dan tempelkan di salah satu ujungnya
  6. Atur stroberi di atas loyang, panggang dalam oven bersuhu 150ºC selama ±30 menit hingga matang. Angkat dan sajikan.

 

2. Resep Kue Nastar Coklat Kurma Mete

Bahan Nastar:

  • 59 gr salted butter
  • 58 gr margarin
  • 20 gr gula bubuk
  • 2 kutel
  • 117 gr terigu sedang
  • 17 gr tepung maizena
  • 15 gr bubuk kakao

Bahan Isi:

  • 15 kurma, hilangkan biji dan belah 2
  • Isi dengan mete, sisihkan

Cara Membuat Resep Kue Nastar Coklat Kurma Mete :

  1. Aduk butter, margarin dan gula dengan balon whisk hingga smooth masukkan kutel aduk rata
  2. Tambahkan bahan2 kering sambil diayak, aduk rata menggunakan spatula
  3. Ambil kira-kira 10 gr adonan, pipihkan. Kemudian isi adonan dengan kurma mete, setelah itu tutup rapat dan susun di loyang yang sudah dialasi kertas roti, baking atau diolesi margarin
  4. Panggang di suhu 125°C kurleb 40-45 menit, dinginkan di cooling rack lalu masukkan stoples.

 

3. Resep Kue NastarNastar Crumble Rollcake

Bahan Bolugulung:

Bahan A:

  • 5 butir Telur utuh
  • 85 gr Gula Pasir butiran halus
  • 1/2 sdm SP
  • 1 sdm Air
  • 70 gram Tepung protein rendah
  • 15 gram Tepung Maizena
  • 10 gram Susu Bubuk

Bahan B:

  • 100 gr Salted Butter (lelehkan)

Bahan Nastar dan Crumble:

Kamu bisa menggunakan resep nastar renyah. Crumble pakai adonan yang diremas menyebar kecil-kecil dan panggang sampai kecoklatan.

Bahan Krim:

Untuk pembuatan bahan cream kalian bebas mau mengunakkan resep buttercream atau whipkrim kocok.

Cara Membuat Resep Kue Nastar Crumble Rollcake:

  1. Kocok Bahan A menjadi 1 dengan mixer langsung speed tinggi dari awal-akhir dan sampai kental putih (sekitar 10 menitan)
  2. Masukkan bahan B perlahan sambil diaduk balik pake spatula
  3. Panggang dalam loyang 24 cm yang sudah dialas kertas selama 190 derajat Celcius kurang lebih 20 menit
  4. Isi dengan filling lalu gulung
  5. Oles krim dan taburi crumble, lalu hias sesuai selera masing-masing.

 

4. Resep Kue Nastar Hitam (Black Nastar)

Bahan:

  • 5 butir Telur utuh
  • 60 gram gula halus
  • 1 butir kuning telur
  • 125 gram terigu protein rendah
  • 25 gr cokelat bubuk noir (hitam pekat)
  • 1 sdm susu bubuk full cream
  • secukupnya DCC untuk isian

Bahan Isian:

  • 200 gr gula halus
  • 1 butir putih telur
  • 1 sdt perasan air jeruk nipis

Cara Membuat Resep Kue Black Nastar:

  1. Mix bahan icing kecuali air jeruk nipis, sampai mengembang kental, masukan air jeruk nipis aduk rata lalu sisihkan. Potong dadu DCC simpan dalam wadah sisihkan.
  2. Ayak tepung terigu, coklat bubuk noir, susu bubuk. Sisihkan.
  3. Mix gula dan butter lalu masukan kuning telur, mix sekitar 2 menitan. Masukan bahan kering yang sudah diayak tadi, masukan bertahap 3x, aduk dengan spatula atau centong nasi. Jangan aduk adonan terlalu lama, karena adonan dapat mengeras, cukup sampai adonan rata saja.
  4. Ambil 1 sdt munjung adonan, pipihkan isi dengan potongan DCC, bulatkan. Kemudian letakkan dengan rapi di atas loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti atau dioles margarin. Panggang disuhu 150-160° selama 20 menit, jika sudah matang keluarkan, biarkan hingga kue tidak panas lagi.
  5. Hias kue yang masih berada di atas loyang sesuai selara.

 

5. Resep Kue Nastar Matcha

Bahan:

  • 225 gr butter
  • 150 gr margarin
  • 30 gr susu bubuk
  • 3 butir kuning telur
  • 100 gr gula halus, ayak
  • 75 gr tepung maizena, sangrai sebentar lalau ayak
  • 450 gr tepung terigu kunci biru, sangrai sebentar lalu ayak
  • 12 gr bubuk matcha, ayak

Bahan Isian:

Siapkan kira-kira 250-300 gr selai nanas, kemudian dibulat-bulatkan terlebih dahulu.

Bahan Olesan:

  • 4 butir kuning telur
  • 2 sdm susu cair

Cara Membuat Resep Kue Nastar Matcha:

  1. Kocok butter, margarin, dan gula halus dengan mikser sekitar 2 menit saja sampai mengembang
  2. Kecilkan kecepatan mikser, masukkan telur, kocok sampai asal rata
  3. Kemudian masukkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan matcha bubuk sembari diaduk memakai spatula (jangan diaduk menggunakan tangan, nanti nastar jadi keras)
  4. Jika dirasa terlalu lembek boleh ditambahkan 1 sdm terigu sampai enak dipulung. Bila masih tetap lembek, masukkan sebentar ke dalam kulkas hingga adonan agak mengeras. Adonan siap digunakan.
  5. Pipihkan adonan secukupnya, isi dengan bulatan selai nanas. Pulung adonan jadi bulat-bulat.
  6. Letakkan dalam loyang bertepi rendah yang sudah dialasi kertas roti.
  7. Panggang dalam oven bersuhu 150 derajat hingga nastar setengah matang (adonan sudah mengeras dan warnanya pucat). Keluarkan, tunggu hangat. Olesi dengan bahan olesan, panggang lagi selama 15 menit hingga matang. Pengolesan dapat dilakukan 2-3 kali agar lebih shiny (oles-panggang-oles-panggang, jangan dioles sekaligus nanti banyak retakan).

 

6. Resep Kue Nastar Greentea

Bahan:

  • 150 gr Butter
  • 50 gr margarin
  • 50 gr gula halus
  • 3 butir kuning telur
  • 20 gr susu bubuk full cream
  • 340 gr tepung kunci
  • 8 gr greentea powder, sesuai selera

Bahan Selai:

  • 1 buah nanas palembang, kupas, parut atau blender
  • 200 gram gula pasir
  • 2 batang kayu manis
  • 3 butir cengkeh

Cara Pembuatan Selai:

  1. Masak nanas, kayu manis dan cengkeh hingga airnya menyusut dan adonan agak lengket
  2. Masukkan gula pasir.
  3. Aduk hingga air habis, adonan menjadi selai dan bisa dibentuk.

Cara Membuat Resep Kue Nastar Greentea:

  1. Kocok butter, margarin, gula Halus sebentar saja 2 menitan sampai mengembang
  2. Masukkan kuning telur, kocok merata
  3. Masukkan tepung, aduk sampai rata
  4. Pipihkan, selai nanas, bulatkan
  5. Panggang suhu 150-160 selama 30 menit atau sampai matang, sesuaikan oven sendiri.

Sekian artikel kita tentang resep kue nastar lembut dan lumer dan 6 inovasi resep kue nastar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih

The post Cara Membuat Resep Kue Nastar Lembut dan Lumer appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Cara Membuat Choco Chips Cake (resep kreasi) https://mesinpengemas.id/cara-membuat-choco-chips-cake/ Thu, 09 Jul 2020 07:56:47 +0000 http://mesinpengemas.id/?p=5075 Cara membuat Choco Chips Cookies telah dikenal banyak orang. Sekarang ini, banyak orang yang mengkreasikan Choco Chips dengan jenis kue apapun dan tidak melulu Choco Chips Cookies. Namun, Choco Chips Cookies tetap memiliki sejarah yang tak terlupakn, dari penemuannya hingga dinobatkan sebagai Kue Nasional di salah satu negara bagian Amerika Serikat. Berikut ini adalah pembahasan […]

The post Cara Membuat Choco Chips Cake (resep kreasi) appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Cara membuat Choco Chips Cookies telah dikenal banyak orang. Sekarang ini, banyak orang yang mengkreasikan Choco Chips dengan jenis kue apapun dan tidak melulu Choco Chips Cookies. Namun, Choco Chips Cookies tetap memiliki sejarah yang tak terlupakn, dari penemuannya hingga dinobatkan sebagai Kue Nasional di salah satu negara bagian Amerika Serikat. Berikut ini adalah pembahasan singkat tentang sejarah Choco Chips Cookies dari tahun 1983 hingga sekarang.

Toll House di Massachusetts, 1938

Ruth_Graves_Wakefield

Choco Chips Cookies pertama kali ditemukan (atau lebih tepatnya ‘tidak sengaja ditemukan’) oleh juru masak sekaligus seorang ibu, bernama Ruth Graves Wakefield. Suatu pagi di Toll House, Ruth ingin membuat sarapan untuk anaknya berupa roti dengan olesan cokelat. Namun, saat itu Ruth sedang terburu-buru, sehingga dia hanya memotong-motong coklat batangan dalam bentuk yang kecil dan menaburi cokelat tersebut di atas loyang, lalu memanggangnya agar coklat tersebut meleleh dan bisa dioleskan diatas roti sarapan anaknya.

Namun, setelah beberapa saat, cokelat tersebut tidak meleleh sama sekali. Malah, cokelat tersebut menjadi lengket dengan loyang. Ruth sangat kecewa, tapi, anaknya tetap harus sarapan. Dengan terpaksa, Ruth mengoleskan cokelat tersebut diatas roti sarapan dan memberikan roti tersebut kepada anaknya. Ternyata, anaknya menyukai roti dengan cokelat tersebut. Dan pada saat itulah, Choco Chips pertama kali ditemukan. Lalu, Ruth mencoba menawarkannya pada para tamu-nya di penginapan, dan mereka memberi respon positif. Penemuan tak terduga ini ia namakan “Butterdrop Do Cookies”. Ruth membuat resep asli dari kukis tersebut dengan sebutan “Toll House Chocolate Crunch Cookies”. Akhirnya, Ruth memberikan resep aslinya kepada Nestlé. dengan bayaran cokelat gratis dari Nestlé seumur hidupnya.

Perang Dunia II

Selama Perang Dunia II , tentara dari Massachusetts yang ditempatkan di luar negeri berbagi kue yang mereka terima dalam paket perawatan dari rumah dengan tentara dari bagian lain Amerika Serikat. Segera, ratusan tentara menulis ke rumah meminta keluarga mereka untuk mengirimi mereka beberapa kukis Toll House dan Wakefield segera dibanjiri dengan surat-surat dari seluruh dunia yang meminta resepnya. Maka dimulailah Choco Chips Cookies sebagai makanan favorit nasional. Permintaan kukis membantu menyebarkan popularitas mereka di luar pantai timur. Resep Choco Chips Cookies dibawa ke Inggris pada tahun 1956, bersama Maryland Cookies, yaitu salah satu merk Choco Chips Cookies terlaris di Inggris.

Cara Membuat Choco Chips Cookies ‘Asli’

Resep asli Choco Chips Cookies diturunkan kepada putri Sue Brides, Peg. Berikut adalah resep asli dari Choco Chips Cookies yang dibagikan Peg dalam sebuah wawancara tahun 2017.

Bahan-bahan:

  • 1 12 gelas (350 mL) shortening
  • 1 18 gelas (265 mL) gula
  • 1 18 gelas (265 mL) gula merah
  • 3 telur
  • 1 12 sendok teh (7.5 g) garam
  • 3 18 gelas (750 mL) tepung
  • 1 12 sendok teh (7.5 g) air panas
  • 1 1 / 2  sendok teh (7,5 g) baking soda
  • 1 12 sendok teh (7.5 g) vanila
  • Choco Chips (Pada buku resep Tried and True Recipes menggunakan 2 batang (7 ons) label cokelat Nestlé, semi-manis, yang telah dipotong-potong seukuran kacang polong.)

Hari Ini

Meskipun resep Nestlé’s Toll House dikenal luas, setiap merek Choco Chips Cookies, atau “potongan cokelat semi-manis” yang dijual di AS dan Kanada, memiliki variasi resep Choco Chips Cookies pada kemasannya. Hampir semua buku masak (kue) akan tertulis setidaknya salah satu jenis cara membuat Choco Chips Cookies.

Untuk menghormati kreasi cookie di negara bagian, pada tanggal 9 Juli 1997, Massachusetts menetapkan Choco Chips Cookies sebagai Kukis Negara Resmi, setelah diusulkan oleh kelas tiga dari Somerset, Massachusetts.

 

Choco Chips Cake

Seperti yang kita tahu, Choco Chips bisa kita jadikan topping maupun bahan makanan. Sebelumnya kita telah membahas tentang cara membuat Choco Chips dan Choco Chips Cookies, serta tips-tips dalam memasak Choco Chips Cookies. Nah, kali ini kita akan membahas resep kreasi dengan Choco Chips dan salah satu diantaranya adalah Choco Chips Cake. Berikut adalah cara membuat Choco Chips Cake yang sangat mudah untuk ditiru.

Cara Membuat Choco Chips Cake

Bahan:

Bahan utama

  • 10 sendok makan (142 g) mentega
  • ⅔ gelas (132 g) gula merah
  • ⅓ gelas (66 g) gula putih
  • 1 butir telur ditambah 1 butir kuning telur
  • 1 sendok teh (5 ml) vanilla
  • 1 ⅔ gelas (208 g) tepung
  • ¾ sendok teh (3,45 g) baking soda
  • ¾ sendok teh (4,3 g) garam
  • 1 cangkir (190 g) Choco Chips

Bahan Beku

  • 4 sendok makan (57 g) mentega
  • 2 sendok makan (12 g) bubuk kakao
  • 1 ¼ gelas (156 g) gula bubuk
  • ½ sendok teh (2,5 ml) vanilla

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Panaskan lebih dulu oven dan lumasi panci.


Untuk memastikan bahwa oven Anda cukup panas ketika kue siap dipanggang, oven perlu dipanaskan terlebih dahulu. Atur oven Anda hingga 350 derajat Fahrenheit (180 derajat Celcius), dan biarkan sampai panas sepenuhnya. Selanjutnya, olesi loyang kue atau loyang pai 8 atau 9 inci (20 atau 23 cm) dan sisihkan.

  • Awasi oven Anda agar Anda tahu kapan oven anda cukup panas. Sebagian besar oven akan berbunyi bip dan / atau lampu indikator berkedip untuk memperingatkan Anda bahwa itu mencapai suhu yang diinginkan.
  • Anda bisa menggunakan springform untuk kue jika Anda khawatir bagian sisinya menempel ke loyang setelah dipanggang.
  • Gunakan semprotan anti lengket, mentega, atau margarin untuk melumasi loyang.

2. Campurkan mentega dan gula. 

Dalam mangkuk besar, kocok bersama 10 sendok makan (142 g) mentega, ⅔ gelas (132 g) gula merah, dan ⅓ gelas (66 g) gula putih dengan mixer listrik pada kecepatan medium. Mix campuran tadi selama 2 menit atau sampai mentega dan gula sepenuhnya menyatu.

  • Anda juga dapat menggunakan stand mixer untuk membuat adonan utama.
  • Jika Anda tidak memiliki mixer listrik jenis apa pun, Anda dapat mencampur adonan dengan tangan menggunakan sendok kayu dan akan membutuhkan lebih banyak waktu.

3. Aduk telur, kuning telur, dan vanila. 

Setelah mentega dan gula sepenuhnya tercampur, tambahkan telur, kuning telur lainnya, dan 1 sendok teh (5 ml) vanila. Mix bersama-sama dalam kecepatan medium sampai semua bahan sepenuhnya dimasukkan. Langkah ini akan memakan waktu sekitar 1 hingga 2 menit.

4. Campur bahan kering.

Setelah Anda menggabungkan semua bahan basah, Anda sudah bisa menambahkan bahan kering. Aduk 1 ⅔ cangkir (208 g) tepung, ¾ sendok teh (3,45 g) soda kue, dan ¾ sendok teh (4,3 g) garam ke dalam adonan. Campurkan dengan kecepatan rendah sampai bahan-bahannya tercampur rata.

  • Berhati-hatilah agar adonan tidak tercampur rata saat Anda menambahkan bahan-bahan kering. Jika Anda mencampurkan tepung terlalu banyak, gluten dapat berkembang, yang bisa membuat kue jadi kenyal dan keras.

5. Tambahkan sebagian Choco Chips dan campur. 

Saat Anda telah mencampur bahan kering ke dalam adonan, gunakan sendok kayu untuk mengaduk 1 cangkir (175 g) Choco Chips. Sisihkan sisa Choco Chips untuk digunakan nanti.

  • Anda dapat menggunakan beberapa jenis Choco Chips yang Anda sukai, seperti milk, semi-sweet, dark, atau white. Anda bahkan mungkin ingin menggunakan kombinasi dua atau lebih jenis.
  • Selain Choco Chips, Anda bisa mencampur kacang cincang ke dalam adonan kue. Kacang kenari biasanya dipasangkan dengan Choco Chips, tetapi Anda dapat menambahkan kacang pecan atau kacang macadamia jika Anda mau.

6. Masukkan adonan ke dalam loyang dan ratakan. 

Setelah Anda mengaduk Choco Chips ke dalam adonan, mulai masukkan adonan ke dalam loyang berminyak dengan hati-hati, dan ratakan permukaan adonan.

  • Jika mau, Anda bisa memasukkan adonan ke dalam freezer selama setegah sampai 1 jam, agar adonan lebih mudah di ratakan.

7. Tambahkan sisa chip ke bagian atas adonan. 

Saat adonan diratakan, ambil 2 sendok makan (30 g) Choco Chips dan taburkan di atas adonan. Tekan perlahan ke dalam adonan agar Choco Chips melekat dengan adonan.

  • Jika Anda menambahkan kacang ke dalam kue, Anda juga dapat menaburkan dan menekan kacang ke bagian dalam adonan.

8. Panggang kue sampai bagian atasnya berwarna cokelat keemasan, dan dinginkan. 

Tempatkan loyang di oven yang sudah dipanaskan di rak tengah. Biarkan kue untuk terpanggang selama sekitar 22 hingga 25 menit atau sampai berubah menjadi cokelat keemasan. Saat Anda mengeluarkan kue dari oven, letakkan loyang di atas rak kawat dan biarkan hingga dingin selama 10 menit.

9. Berikan ruang udara pada tepi kue dengan spatula dan pindahkan ke piring.

Setelah kue cukup dingin, gerakkan pisau di sepanjang tepi loyang untuk memberi ruang udara dengan lembut dari loyang. Selanjutnya, gunakan spatula besar untuk mengangkat kue dengan hati-hati dari loyang dan meletakkannya di atas piring.

  • Jika Anda telah menggunakan panci springform untuk memanggang kue, Anda hanya perlu membuka sisi dan melepaskannya dari panci untuk mengeluarkan kue dari panci tersebut.

 

Sekian pembahasan kita tentang sejarah Choco Chips Cookies dan cara membuat Choco Chips Cake. Semoga, artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.

The post Cara Membuat Choco Chips Cake (resep kreasi) appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Cara Membuat Choco Chips Cookies https://mesinpengemas.id/cara-choco-chips-cookies/ Wed, 08 Jul 2020 01:43:45 +0000 http://mesinpengemas.id/?p=5044 Cara membuat Choco Chips Cookies merupakan hal yang seringkali diremehkan orang-orang. Kelihatannya memang tidak sulit, namun tidak sedikit yang gagal dalam merealisasikannya. Choco Chips Cookies sendiri adalah jenis kue kering yang berasal dari Amerika Serikat dan memiliki Choco Chips sebagai bahan pembeda. Cara membuat Choco Chips Cookies yang asli telah terwariskan turun temurun dari pemilik […]

The post Cara Membuat Choco Chips Cookies appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Cara membuat Choco Chips Cookies merupakan hal yang seringkali diremehkan orang-orang. Kelihatannya memang tidak sulit, namun tidak sedikit yang gagal dalam merealisasikannya. Choco Chips Cookies sendiri adalah jenis kue kering yang berasal dari Amerika Serikat dan memiliki Choco Chips sebagai bahan pembeda. Cara membuat Choco Chips Cookies yang asli telah terwariskan turun temurun dari pemilik resep aslinya, yaitu Ruth Graves Wakefield dan Sue Brides.

choco chips

Choco Chips adalah salah satu contoh olahan dari Cokelat yang biasanya memiliki bentuk seperti kerucut. Choco Chips bisa dijadikan sebagai topping makanan, maupun sebagai bahan untuk membuat kue kering dan kue basah. Choco Chips sendiri sangat mudah ditemukan di toko-toko makanan. Tetapi, Choco Chips juga bisa dibuat sendiri, dan rasanya juga tidak kalah enak dari Choco Chips yang dijual di pasaran. Berikut ini adalah cara membuat Choco Chips sendiri dengan bahan-bahan sederhana.

 

Cara Membuat Choco Chips

Bahan:

  • 1 bar Cokelat Batangan atau Baking Chocolate
  • 3 sendok makan mentega
  • 2 sampai 3 sendok makan sirup maple

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Lapisi loyang datar dengan kertas loyang sebanyak 2 lapis.

 

2. Siapkan panci kecil dan mangkok kaca.

Isi panci kecil dengan sekitar 2 inci (5,08 sentimeter) air dan letakkan di atas kompor. Tempatkan mangkok kaca yang tahan panas di atas panci. Pastikan bagian bawah mangkok tidak menyentuh air.

 

3. Potong cokelat menjadi potongan-potongan kecil.

Hal ini akan membuat cokelat lebih mudah meleleh. Tidak seperti kebanyakan jenis cokelat lainnya, Baking Chocolate adalah cokelat murni dan tidak mengandung susu, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh Vegetarian.

 

4. Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk kaca.

Jika Anda ingin membuat Dark Choco Chips, jangan masukkan mentega. Mentega akan memberi Anda cokelat yang lebih kental dan rasanya lebih lebih enak, tetapi pada akhirnya akan membuat Chips menjadi lebih lembut. Choco Chips yang dibuat tanpa mentega akan lebih pahit, tetapi juga cenderung tidak meleleh.

    • Anda dapat mencoba menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti mentega, tetapi perlu diingat bahwa Choco Chips akan lunak dan meleleh lebih cepat.
    • Jika Anda tidak memiliki sirup maple, Anda dapat menggunakan kristal gula maple yang ditumbuk halus, kristal gula kelapa, atau beberapa tetes gula cair stevia.

5. Nyalakan kompor dengan api kecil atau sedang-rendah.

Aduk bahan sesering mungkin sampai semuanya meleleh dan tercampur menjadi satu. Cobalah menggunakan sendok silikon atau spatula. Cokelat leleh tidak akan menempel pada kedua sendok ini. Jika Anda menggunakan cokelat bubuk, tunggu sampai mentega mencair dulu, lalu aduk.

 

6. Sendokkan bahan-bahan tadi ke dalam Pastry Bag yang dilengkapi dengan ujung kecil.

Jika Anda tidak memiliki pastry bag, sendokkan ke dalam plastik atau freezer bag. Tutup kantongnya rapat-rapat, lalu potong salah satu sudut di bagian bawah. Jangan memotong terlalu besar atau Anda akan mendapatkan cokelat “Kisses”, bukan “Chips”.

 

7. Piping Cokelat diatas loyang yang telah dilapisi 2 lapis kertas loyang sedikit demi sedikit.

Untuk membuat bagian runcing kerucut, sentuh bagian tengah Chip dengan tusuk gigi secara perlahan, lalu angkat tusuk gigi ke atas.

 

8. Tunggu hingga keripik cokelat mengeras. 

Langkah ini mungkin memakan waktu cukup lama, tergantung seberapa hangatnya suhu di dapur Anda. Untuk mempercepat proses, letakkan loyang di dalam freezer Anda selama sekitar setengah jam.

 

9. Simpan Choco Chips dalam wadah kedap udara di dalam freezer.

 

 

Choco Chips yang sudah kita buat bisa dipakai sebagai bahan adonan Choco Chips Cookies. Berikut adalah salah satu resep Choco Chips Cookies yang sering digunakan orang-orang.

 

 

Cara Membuat Choco Chips Cookies

Bahan-bahan:

  • 2 1/4 cangkir tepung serbaguna

  • 1 sendok teh soda kue
  • Garam halus
  • 1 1/2 batang (12 sendok makan) mentega asin atau sesuai selera, sesuai suhu ruangan
  • 3/4 cangkir Light Brown Sugar kemasan
  • 2/3 cangkir gula pasir
  • 2 butir telur besar
  • 1 sendok teh ekstrak vanila murni
  • Satu kantong Choco Chips

Langkah-langkah Pembuatan:

  1. Letakkan 2 rak di tengah-tengah oven, dan panaskan sampai 375° F (190,56° C). Letakkan 2 loyang dengan kertas loyang.
  2. Kocok tepung, baking soda, dan 1 sendok teh garam dalam mangkuk besar.
  3. Kocok mentega, gula pasir dan Light Brown Sugar dengan kecepatan sedang-tinggi dalam mangkuk stand mixer yang dilengkapi dengan beater (atau dalam mangkuk besar jika menggunakan hand mixer) sampai ringan dan mengembang, selama sekitar 4 menit.
  4. Tambahkan telur, satu demi satu, kocok setelah dimasukkan satu per satu.Masukkan vanilla. Kikis sisi mangkuk. Kurangi kecepatan menjadi sedang, tambahkan campuran tepung dan kocok sampai tercampur rata. Lalu masukkan Choco Chips.
  5. Scoop 12 sendok makan adonan sekitar 2 inci terpisah ke setiap loyang yang telah dilapisi kertas loyang. Bentuk adonan menjadi bola dengan tangan sedikit basah. Panggang, putar lembaran kue dari rak atas ke bawah setengah jalan, sampai keemasan tetapi masih lunak di tengah, 12 hingga 15 menit (semakin lama waktu memasak, semakin renyah cookie). Biarkan dingin selama beberapa menit di atas loyang, dan kemudian pindahkan ke rak hingga dingin sepenuhnya.
  6. Biarkan loyang menjadi dingin sepenuhnya, ambil adonan yang tersisa di atas 1 lembar dan panggang.
  7. Setelah Choco Chips Cookies dingin, masukkan ke dalam plastik, lalu bungkus rapat plastik dengan alat pres plastik, agar udara di dalamnya terjebak dan membuat Choco Chips Cookies bertahan lebih lama.

 

Membuat Choco Chips Cookies memang gampang dan sangat sederhana. Namun, sering kali kita temukan Choco Chips Cookies yang ‘gagal’ dan tidak sesuai harapan Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Choco Chips Cookies menjadi gagal, baik karena bahan yang tidak sesuai takaran, waktu panggang yang tidak sesuai, dan lain sebagainya. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan Choco Chips Cookies yang terbaik.

Tips Membuat Choco Chips Cookies

Tips ini dibuat langsung oleh seorang blogger yang memiliki pengalaman berkali-kali membuat Choco Chips Cookies yang sempurna. Berikut ini adalah tips-tips nya.

 

1. Gunakan mentega krim asin

Jenis mentega ini menghasilkan rasa dan kualitas terbaik dibandingkan jenis mentega lain. Mentega ini seringkali digunakan untuk dioleskan ke atas roti atau kue, namun juga tidak jarang dijadikan salah satu bahan utama dalam membuat kue, selain tepung dan telur tentunya.

2. Lelehkan mentega sekitar setengah jalan dalam oven.

Panaskan batang mentega sampai kira-kira setengahnya meleleh. Ini membuat Choco Cips Cookie mejadi lunak dan terstruktur. Lelehkan mentega di dalam Oven Preaheating. Bagian mentega yang meleleh adalah bagian luar, dan tidak leleh sepenuhnya, bagian luar mentega harus memiliki struktur yang lembut dan tidak terlalu cair. Biarkan bagian dalam tetap padat. Lakukan pelelehan selama 3-5 menit.

3. Buat suhu mentega sama dengan suhu ruangan

Bukan berarti kita harus membiarkan mentega terus dibiarkan di atas meja selama berjam-jam, tapi mentega bisa dimasukkan ke Freezer dahulu, dan bisa di samakan dengan suhu ruangan beberapa saat sebelum dicampurkan ke adonan.

4. Tambahkan sedikit tepung agar adonan tidak terlalu encer

Jika merasa kalau takaran tepung sebelumnya sudah sesuai, namun adonan masih encer, tambahkan saja sedikit tepung. Adonan yang terlalu encer akan sangat berpengaruh pada hasil Choco Chips Cookies kedepannya. Jika menggunakan Mixer dan terdapat tepung disisi mangkuk yang belum tercampur sama sekali, gunakan sendok untuk mengikis sisi mangkuk tersebut.

5. Gunakan lebih dari satu jenis Choco Chips

Choco Chips ini bisa beragam, seperti White Choco Chips, Dark Choco, Semi-sweet Choco Chips dan lain sebagainya. Bisa juga memakai Choco Chips kemasan seperti Hershey’s dan Ghirardelli. Semua jenis Choco Chips yang ingin digunakan tergantung dari si pembuat Cookies. Variasi Choco Chips yang banyak akan membuat tampilan Choco Chips Cookies menjadi lebih menarik.

6. Bentuk Cookie dengan tangan

Menggunakan Scoop untuk membentuk Cookies memang bukan ide yang buruk. Namun, bentuk yang lebih bagus dapat dibuat dengan tangan. Jangan lupa, sebelum membentuk adonan dengan tangan, basahkan tangan tangan adonan tidak menempel saat dibentuk.

7. Tempatkan Choco Chip dengan benar tanpa membuat Cookies terlihat polos tanpa Choco Chips

Terkadang, Choco Chips yang dicampurkan dalam adonan, tidak muncul sama sekali saat dibentuk dan dipanggang, sehingga tampilannya hanya polos tanpa Choco Chips. Jika memungkinkan, letakkan Choco Chips pada bagian terluar adonan dan masih melekat pada adonan.

8. Perhatikan waktu pemanggangan

Bentuk dan ukuran adonan yang dibentuk sangat mempengaruhi waktu pemanggangan. Jangan pernah menyamakan antara waktu pemanggangan Cookies kecil dan Cookies besar. Jika tidak, Anda akan mendapatkan Cookies yang gosong atau Cookies yang kurang matang.

Sekian cara membuat Choco Chips Cookies beserta tips-tipsnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa ditiru oleh para pembaca.

The post Cara Membuat Choco Chips Cookies appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Mesin Strapping Band – Mesin Pengikat Kardus Terbaru 2020 https://mesinpengemas.id/mesin-strapping-band/ Tue, 24 Mar 2020 06:40:11 +0000 http://mesinpengemas.id/?p=4867 Mesin Strapping Band adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengikat sebuah kardus, karton, ataupun barang lainnya agar mudah untuk dipindah serta dengan hasil kemasan yang lebih rekat, padat dan tidak mudah membuka. Alat Pengikat Kardus ini juga berfungsi agar hasil  ikatannya dapat menjaga kardus tidak mudah terbuka dan tidak mudah rusak. Karena pada saat pengiriman maupun […]

The post Mesin Strapping Band – Mesin Pengikat Kardus Terbaru 2020 appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Mesin Strapping Band adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengikat sebuah kardus, karton, ataupun barang lainnya agar mudah untuk dipindah serta dengan hasil kemasan yang lebih rekat, padat dan tidak mudah membuka. Alat Pengikat Kardus ini juga berfungsi agar hasil  ikatannya dapat menjaga kardus tidak mudah terbuka dan tidak mudah rusak. Karena pada saat pengiriman maupun penyimpanan di gudang tidak menutup kemungkinan adanya gangguan.

Mesin strapping sering digunakan untuk mengirimkan barang yang biasa digunakan dalam proses mengirimkan barang dengan hasil kemasan barang yang didapati lebih padat, rekat serta tidak mudah untuk membuka. Biasanya mesin strapping memakai tali plastik yang dibuat dari polyethylene serta tali besi yang dibuat dari lempengan besi dan juga seng. Dalam penggunaannya mesin strapping memang bisa dipakai untuk berbagai cara pengemasan yaitu untuk mengikat dan mengemas suatu barang seperti surat kabar, blok beton, pipa dan kayu.

Untuk jenis atau macam-macam Alat Packing Strapping Band ada 3. Yakni Alat Pengikat Kardus Manual, Alat Pengikat Kardus Semi Otomomatis, dan Alat Pengikat Kardus Otomatis.

Kegunaan Mesin Strapping Band (Alat Pengikat Kardus)

Mesin Straping Band biasanya digunakan untuk mengikat barang-barang seperti produk yang dikemas menggunakan karton atau kardus, cara kerjanya yakni dengan cara perekatan dalam kemasan dengan menggunakan tali ke salah satu jenis barang dengan cara menggabungkan serta juga menguatkan.

Alat Packing Strapping Band juga sering digunakan untuk perdagangan sepertihalnya usaha pengiriman untuk mengikat boks kayu dan paket ekspedisi lainnya . Yang mana akan dikirimkan menggunakan pesawat ataupun lewat jalur darat dan laut. Sehingga membutuhkan pengikat packing yang bagus dan tidak mudah rusak. Melalui pengemasan yang baik suatu barang akan terlindungi dan terjaga aman hingga sampai dengan tempat yang dikirimkan.

Penggunaan Alat Strapping Band Kardus ditujukan agar kemasan, produk, boks kayu, ataupun barang lainnya terjaga lebih baik. Sehingga tidak mudah terbuka packing kardus nya dan mudah untuk dipindahkan (Mobilitas Tinggi). Pengemasan menggunakan mesin straping memang menjadikan sebuah produk makin berkualitas dengan tampilan lebih professional juga berkualitas.

Cara Kerja Mesin Strapping Band (Alat Pengikat Kardus)

Proses pengemasan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan juga praktis melalui sebuah mesin yang bekerja dengan cepat dengan proses yang lebih mudah. Salah satunya yaitu mesin yang diperlukan dalam pengemasan untuk membantu meringankan dalam proses pengemasan dalam jasa ekspedisi yaitu dengan memakai mesin strapping.

Mesin Strapping Band biasanya menggunakan cara kerja atau metode pengikatan kemasan atau produk dengan menggunakan tali khusus yang disebut Strapping Band ke salah satu jenis barang dengan menggabungkan dan juga menguatkan. Namun tali yang digunakan tidak selalu Strapping Band. Ada juga yang menggunakan tali Seng (Besi) ataupun tali jenis yang lain, tergantung pada kemasan atau produk yang akan diikat.

Mesin ini mempunyai pola kerja packing dengan metode strapp / tali yang nantinya bisa mengikat keseluruhan bagian pada kardus. Cara kerja mesin strapping sangat sederhana, cukup anda letakan produk anda pada meja atau permukaan mesin strapping, kemudian bentangkan tali ke seluruh badan produk kemudian masukan ujung tali pada tempat untuk merekatkan tali maka mesin akan memicu untuk mengecangkan produk Anda, dan lem panas akan membentuk ikatan sekaligus memotong. Cara kinerja dari mesin straping secera otomatis sehingga proses penggunaannya cukup mudah, cepat dan sangat hemat tenaga.

Cara Menggunakan Mesin Strapping (Alat Pengikat Kardus)

Berikut ini adalah cara mengoperasikan Mesin Strapping Band :

  1. Pertama pastikan daya tegangan listrik sesuai, kemudian cek mesin kemudian hubungkan kabel pengalir daya ke Stop Kontak.
  2. Hidupkan Mesin dengan menekan tombol ON (Tombol warna merah).
  3. Atur kekuatan pengikat dan jarak tali strapping yang dibutuhkan, jangan melepas perangkat pengaman.
  4. Terdapat tombol hijau yang berfungsi untuk mengendurkan tali yang tidak dibutuhkan.
  5. Letakkan barang atau kardus di atas garis, lalu masukkan di lubang bawah, jangan mencoba mengikat dengan menggunakan anggota badan anda.
  6. Tali akan otomatis ditarik oleh Mesin Packing Kardus dan mengikat barang atau kardus dengan rapi dan kuat.
  7. Angkat barang atau kardus yang telah terstrapping rapi dan kuat.
  8. Barang atau kardus anda siap didistribusikan atau disimpan.

Penawaran Produk Mesin Strapping Band

Strapping Tool sendiri mempunyai 3 jenis Mesin Pengikat Kardus. Yakni Alat Packing Strapping Band Manual, Alat Packing Strapping Band Semi Otomatis, Dan Alat Packing Strapping Band Otomatis.

Strapping Band Machine dibuat dari material dengan kualitas terbaik, dengan spesifikasi dan kepresisian yang seragam, sehingga menghasilkan daya tahan dan kualitas mesin yang baik. Tentunya akan lebih aman dan tahan lama. Strapping Band Machine juga telah melalui serangkaian uji coba dan lolos Quality Control.

Mesin Strapping Band kami terjamin Kualitasnya, Keandalannya,Kelengkapannya, Keamanannya serta Keunggulannya. Tentunya kami menawarkan Strapping Tool kami dengan harga yang lebih murah daripada yang lain.

Model dan Spesifikasi Mesin Strapping Band :

  1. Mesin Strapping Band HB – 810 / HC – 810 (Manual)

Mesin Strapping - Alat Pengikat Kardus Terbaru 2017

Gambar Produk Mesin Strapping Band HB – 810 / HC – 810 (Manual)

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus HB – 810 / HC – 810 (Manual) :

Energi Yang Digunakan : Manual ( Tenaga Manusia ).
Cocok Untuk : Tali / Ikatan Jenis Besi ( Seng ).
Lebar Ikatan : 9 mm – 19 mm.

  1. Mesin Strapping Band PP – B 312 / PP – C 310 (Manual)

Mesin Strapping - Alat Pengikat Kardus Terbaru 2017

Gambar Produk Mesin Strapping Band PP – B 312 / PP – C 310 (Manual)

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus PP – B 312 / PP – C 310 ( Manual ) :

Energi Yang Digunakan : Manual ( Tenaga Manusia ).
Cocok Untuk : Tali / Ikatan Jenis Plastik PP, CORD, dan PET.
Lebar Ikatan : 9 mm – 19 mm.

 

  1. Mesin Strapping Band KZ – 2 TB ( Melt Electrical Strapping Tool)

Mesin Strapping - Alat Pengikat Kardus Terbaru 2017

Gambar Mesin Strapping Band KZ – 2 TB

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus KZ – 2 TB (Melt Electrical Strapping Tool) :

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik :  220 V.
Frekuensi : 50 Hz / 60 Hz.
Daya : 200 Watt.
Lebar Ikatan : 6 mm – 15 mm.
Berat Mesin : 3,8 Kg.
Tekanan / Berat Kemasan Maksimal : 45 N.
Kecepatan Pengupasan : 15 detik / proses.
Dimensi Mesin :  370 mm x 250 mm x 230 mm.

 

  1. Mesin Strapping Band PP – SS – 150 (Semi Otomatis)

Mesin Strapping - Alat Pengikat Kardus Terbaru 2017

Gambar Produk Mesin Strapping Band PP – SS – 150 (Semi Otomatis)

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus PP – SS – 150 (Semi Otomatis) :

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik : 100 – 240 V ( AC 1 Phase ).
Frekuensi : 50 Hz / 60 Hz.
Daya : 250 Watt.
Kecepatan Pengikatan : < 3 Detik / Proses.
Ukuran Kemasan Minimal : 60 mm x 60 mm.
Ukuran Kemasan Maksimal : Tidak Terbatas.
Berat Kemasan Maksimal : 5 – 50 Kg.
Lebar Ikatan : 6 mm.
Ketebalan Ikatan : 0,5 mm x 8,5 mm.
Tapi Pengikat :  PP.
Suhu Linkungan Sekitar : 5 °C – 40 °C.
Kelembaban Lingkungan Sekitar : 35 % – 85 % RH.
Tingkat Ketinggian (DPL) : < 1000 m DPL ( Diatas Permukaan Laut ).
Suhu Pengiriman / Penyimpanan : (-25) °C – 55 °C.
Berat Mesin : 90 Kg.

 

  1. Mesin Strapping Band PP – SS – 15 L (Semi Otomatis)

Mesin Strapping - Alat Pengikat Kardus Terbaru 2017

Gambar Mesin Strapping Band PP – SS – 15 L

 

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus PP – SS – 15 L (Semi Otomatis) :

Energi Yang Digunakan :  Listrik.
Tegangan Listrik : 100 – 240 V (AC 1 Phase).
Frekuensi : 50 Hz / 60 Hz.
Daya : 250 Watt.
Kecepatan Pengikatan : < 3 Detik / Proses.
Ukuran Kemasan Minimal : 60 mm x 60 mm.
Ukuran Kemasan Maksimal : Tidak Terbatas.
Berat Kemasan Maksimal : 5 – 50 Kg.
Lebar Ikatan : 6 mm.
Ketebalan Ikatan : 0,5 mm x 8,5 mm.
Tali Pengikat : PP.
Suhu Linkungan Sekitar : 5 °C – 40 °C.
Kelembaban Lingkungan Sekitar : 35 % – 85 % RH.
Tingkat Ketinggian (DPL) : < 1000 m DPL ( Diatas Permukaan Laut ).
Suhu Pengiriman / Penyimpanan : (-25) °C – 55 °C.
Berat Mesin : 90 Kg.

 

  1. Mesin Strapping Band PP – SS – 15 A (Semi Otomatis)

Mesin Strapping - Alat Pengikat Kardus Terbaru 2017

Gambar Produk Mesin Strapping Band PP – SS – 15 A (Semi Otomatis)

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus PP – SS – 15 A (Semi Otomatis) :

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik : 100 – 240 V (AC 1 Phase).
Frekuensi : 50 Hz / 60 Hz.
Daya : 250 Watt.
Kecepatan Pengikatan : < 3 Detik / Proses.
Ukuran Kemasan Minimal : 60 mm x 60 mm.
Ukuran Kemasan Maksimal : Tidak Terbatas.
Berat Kemasan Maksimal : 5 – 50 Kg.
Lebar Ikatan : 6 mm.
Ketebalan Ikatan : 0,5 mm x 8,5 mm.
Tali Pengikat : PP.
Suhu Linkungan Sekitar : 5 °C – 40 °C.
Kelembaban Lingkungan Sekitar : 35 % – 85 % RH.
Tingkat Ketinggian (DPL) : < 1000 m DPL ( Diatas Permukaan Laut ).
Suhu Pengiriman / Penyimpanan : (-25) °C – 55 °C.
Berat Mesin : 90 Kg.

 

  1. Mesin Strapping Band KZB – I Model Standar (Semi Otomatis)

Mesin Strapping - Alat Pengikat Kardus Terbaru 2017

Gambar Produk Mesin Strapping Band KZB – I Model Standar (Semi Otomatis)

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus KZB – I Model Standar (Semi Otomatis) :

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik : 220 V.
Frekuensi :  50 Hz / 60 Hz.
Daya :  340 Watt.
Tekanan / Berat Kemasan Maksimal :  40 N – 480 N (Dapat Diatur).
Kecepatan Pengikatan :  1,8 Detik / Proses.
Lebar Ikatan :  6  mm – 15 mm.
Berat Mesin :  85 Kg.
Dimensi Mesin : 835 mm x 560 mm x 725 mm.

  1. Mesin Strapping Band KZB – II Model Meja Rendah (Semi Otomatis)

Mesin Strapping - Alat Pengikat Kardus Terbaru 2017

Gambar Produk Mesin Strapping Band KZB – II Model Meja Rendah (Semi Otomatis)

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus KZB – II Model Meja Rendah (Semi Otomatis) :

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik :  220 V.
Frekuensi :  50 Hz / 60 Hz..
Daya :  340 Watt.
Tekanan / Berat Kemasan Maksimal :  40 N – 480 N (Dapat Diatur).
Kecepatan Pengikatan :  1,8 Detik / Proses.
Lebar Ikatan :  6  mm – 15 mm.
Berat Mesin :  80 Kg.
Dimensi Mesin :  1410 mm x 560 mm x 505 mm.

  1. Mesin Strapping Band AP – 8060 Model Standar (Otomatis)

Mesin Strapping - Alat Pengikat Kardus Terbaru 2017

Gambar Produk Mesin Strapping Band AP – 8060 Model Standar (Otomatis)

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus AP – 8060 Model Standar (Otomatis) :

Energi Yang Digunakan :  Listrik.
Tegangan Listrik :  380 V.
Frekuensi : 50 Hz / 60 Hz.
Daya :  500 Watt.
Tekanan / Berat Kemasan Maksimal :  40 N – 70 N (Dapat Diatur).
Kecepatan Pengikatan :  1,8 Detik / Proses.
Lebar Ikatan :  9  mm – 15 mm.
Ukuran Kelengkungan :  800 mm x 600 mm.
Berat Mesin :  180 Kg.
Dimensi Mesin :  1100 mm x 600 mm x 1540 mm.
  1. Mesin Strapping Band AP – 8060 B (Otomatis)

Mesin Strapping - Alat Pengikat Kardus Terbaru 2017

Gambar Produk Mesin Strapping Band AP – 8060 B (Otomatis)

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus AP – 8060 B (Otomatis) :

Energi Yang Digunakan :  Listrik.
Tegangan Listrik :  380 V.
Frekuensi :  50 Hz / 60 Hz.
Daya :  700 Watt.
Tekanan / Berat Kemasan Maksimal :  40 N – 600 N (Dapat Diatur).
Kecepatan Pengikatan :  2,18 Detik / Proses.
Lebar Ikatan :  9  mm – 15 mm.
Ukuran Kelengkungan :  800 mm x 600 mm.
Berat Mesin :  200 Kg.
Dimensi Mesin :  1100 mm x 600 mm x 1540 mm.
  1. Mesin Strapping Band PP – 120 C (Otomatis)

Mesin Strapping - Alat Pengikat Kardus Terbaru 2017

Gambar Produk Mesin Strapping Band PP – 120 C (Otomatis)

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus PP – 120 C (Otomatis) :

Energi Yang Digunakan :  Listrik.
Tegangan Listrik :  220 V – 380 V.
Frekuensi :  50 Hz / 60 Hz.
Daya :  900 Watt.
Tekanan / Berat Kemasan Maksimal :  40 N – 700 N (Dapat Diatur).
Kecepatan Pengikatan :  1,8 Detik / Proses.
Lebar Ikatan :  8  mm – 15 mm.
Ukuran Kelengkungan :  1200 mm x 1200 mm.
Berat Mesin :  250 Kg.
Dimensi Mesin :  1500 mm x 600 mm x 2140 mm.
  1. Mesin Strapping Band WG – 22 XN Model Berdiri (Otomatis)

Alat Pengikat Kardus

Gambar Produk Mesin Strapping Band WG – 22 XN Model Berdiri (Otomatis)

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus WG – 22 XN Model Berdiri (Otomatis) :

Energi Yang Digunakan :  Listrik.
Tegangan Listrik :  220 V – 380 V.
Frekuensi :  50 Hz / 60 Hz.
Daya :  850 Watt.
Tekanan / Berat Kemasan Maksimal :  40 N – 700 N (Dapat Diatur).
Kecepatan Pengikatan :  2 Detik / Proses.
Lebar Ikatan :  8  mm – 19 mm.
Ukuran Kelengkungan :  800 mm x 600 mm.
Berat Mesin :  250 Kg.
Dimensi Mesin :  1410 mm x 600 mm x 1540 mm.
  1. Mesin Strapping Band WG – 22 XL Model Berdiri (Otomatis)

Mesin Strapping Band

Gambar Produk Mesin Strapping Band WG – 22 XL Model Berdiri (Otomatis)

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus WG – 22 XL Model Berdiri (Otomatis) :

Energi Yang Digunakan :  Listrik.
Tegangan Listrik :  380 V.
Frekuensi :  50 Hz / 60 Hz.
Daya :  1200 Watt.
Tekanan / Berat Kemasan Maksimal :  100 N – 800 N (Dapat Diatur).
Kecepatan Pengikatan :  1,8 Detik / Proses.
Lebar Ikatan :  8  mm – 15 mm.
Ukuran Kelengkungan :  800 mm x 600 mm.
Berat Mesin :  180 Kg.
Material :  Baja Karbon .
Dimensi Mesin :  1100 mm x 660 mm x 1540 mm.

 

  1. Mesin Strapping Band RO – MP Model Standar (Otomatis)

Mesin Strapping Band

Gambar Produk Mesin Strapping Band RO – MP Model Standar (Otomatis)

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus RO – MP Model Standar (Otomatis) :

Energi Yang Digunakan :  Listrik.
Tegangan Listrik :  220 V – 380 V.
Frekuensi :  50 Hz / 60 Hz.
Daya :  500 Watt.
Tekanan / Berat Kemasan Maksimal :  40 N – 700 N (Dapat Diatur).
Kecepatan Pengikatan :  2,3 Detik / Proses.
Lebar Ikatan :  5  mm – 12 mm.
Ukuran Kelengkungan :  800 mm x 600 mm.
Berat Mesin :  220 Kg.
Dimensi Mesin :  1470 mm x 600 mm x 1540 mm.

  1. Mesin Strapping Band DBA – 130 A Model Tegak (Otomatis)

Mesin Strapping Band

Gambar Produk Mesin Strapping Band DBA – 130 A Model Tegak (Otomatis)

Spesifikasi Mesin Pengikat Kardus DBA – 130 A Model Tegak (Otomatis) :

Energi Yang Digunakan :  Listrik.
Tegangan Listrik : 220 V.
Frekuensi :  50 Hz / 60 Hz.
Daya :  500 Watt.
Tekanan / Berat Kemasan Maksimal :  100 N – 600 N (Dapat Diatur).
Kecepatan Pengikatan :  2 Detik / Proses.
Lebar Ikatan :  9  mm – 15 mm.
Ukuran Alur :  L 1000 mm ( 100 cm ).
Berat Mesin :  140 Kg.
Dimensi Mesin :  1860 mm x 560 mm x 1500 mm.

Keunggulan Mesin Strapping Band (Mesin Pengikat Kardus)

Pengemasan dalam dunia mempunyai peran penting, sebab suatu barang tidak akan berarti apabila pengemasannya buruk atau tidak sesuai dengan bentuk produk yang tertera tersebut. Hal ini dapat menyebabkan rusaknya bahan yang dikemas baik karena faktor fisik (penyimpanan) maupun faktor kimia (stabilitas bahan yang dikemas).

Pada umumnya pengemasan berfungsi untuk menempatkan bahan atau hasil pengolahan atau hasil industri dalam bentuk yang memudahkannya dalam penyimpanan, pengangkutan, dan distribusi sampai ke tangan konsumen. Secara garis besar keunggulan pengemasan dengan alat pengemas strapping adalah sebagai berikut :

  • Dilengkapi Dengan Teknologi Penghemat Energi, Pendingin Strapping, Dan Saklar Reset
  • Dirancang Dan Dibuat Khusus Untuk Memenuhi Kebutuhan Mesin Pengikat
  • Kecepatan Proses Pengikatan 2 Detik / Produk ( Versi Otomatis )
  • Mesin Mudah Untuk Digunakan Serta Perawatannya Mudah
  • Kualitas Hasil Dan Keandalan Mesin Packing Kardus Stabil
  • Dibuat Dari Bahan Material Dengan Kualitas Terbaik
  • Praktis, Hemat, Aman, Dan Cepat
  • Terdapat 3 Varian Jenis ( Model )
  • Penyesuaian Ketegangan: Dapat disesuaikan dengan baik, Maksimal Ketegangan lebih dari 90kg.
  • Struktur Presisi: Komponen mesin utama terbuat dari paduan aluminium.
  • Sistem kontrol kompatibel.
  • Mudah memuat atau melepas bongkar: Untuk memuat atau membongkar gulungan tegap mudah terjadi karena dispenser ditempatkan di luar.
  • Plat Tidak Cepat Panas
  • Efektif Dan Efisien

Contoh Hasil Pengepakan Dengan Mesin Stripping (Alat Pengikat Kardus)

Umumnya dari kotak karton gelombang (KKG), digunakan untuk menyatukan produk-produk terkemas dalam kemasan primer dan atau sekunder, transportasi, distribusi dan penyimpanan dalam gudang.

Fungsi kemasan menurut sifat mutu performa tergantung pada permintaan industri pemakai, antara lain :
1. Perlindungan produk
2. Persentasi pemasaran (promosi)
3. Informasi identitas dan pemakain produk (informasi bagi konsumen)
4. Penyimpanan/penggudangan (untuk memperpanjang umur simpan)
5. Pengangkutan dan distribusi
Mesin Strapping - Alat Pengikat Kardus Terbaru 2017

Pengemasan Tertier menggunakan kardus atau karton untuk layanan transportasi dan logistik

Mesin Strapping - Alat Pengikat Kardus Terbaru 2017

Pengemasan dengan alat stripping akan menghasilkan kemasan produk yang rapi dan lebih kompetitif dari aspek keindahan

The post Mesin Strapping Band – Mesin Pengikat Kardus Terbaru 2020 appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Mesin Lakban Kardus – Mesin Carton Sealer Terbaru 2020 https://mesinpengemas.id/mesin-lakban-kardus/ Tue, 24 Mar 2020 04:34:54 +0000 http://mesinpengemas.id/?p=4859 Mesin Carton Sealer atau Mesin Lakban Kardus adalah sebuah alat yang ber fungsi untuk menglakban atau menyegel kardus dan karton. Proses segel kardus menggunakan metode dan alat tradisional akan membuat waktu anda terbuang sangat banyak. Ditambah lagi dengan kerapian dari segel lakban yang kurang memenuhi kriteria bagus. Untuk itu kami hadir dengan Mesin Lakban Kardus […]

The post Mesin Lakban Kardus – Mesin Carton Sealer Terbaru 2020 appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Mesin Carton Sealer atau Mesin Lakban Kardus adalah sebuah alat yang ber fungsi untuk menglakban atau menyegel kardus dan karton.

Proses segel kardus menggunakan metode dan alat tradisional akan membuat waktu anda terbuang sangat banyak. Ditambah lagi dengan kerapian dari segel lakban yang kurang memenuhi kriteria bagus.

Untuk itu kami hadir dengan Mesin Lakban Kardus yang dapat membuat proses penyegelan kardus anda lebih cepat. Tentunya akan ada bayak kelebihan Mesin Segel Kardus, seperti kardus lebih rapi serta produk anda lebih aman dan kuat.

Kegunaan Mesin Karton Sealer

Mesin Carton Sealer telah banyak digunakan oleh para pengusaha yang membutuhkan Mesin Segel Kardus. Seperti industri industri besar, jasa transportasi ( Pengiriman Barang ), dan usaha lain nya.

Pengiriman atau distribusi barang akan lebih lebih cepat, mudah, dan terjamin, jika kardus terpacking dan tersegel dengan rapi dan kuat. Untuk itu, dibutuhkan sebuah alat yang dapat menyegel kardus dengan rapi dan kuat, yakni Mesin Segel Kardus.

Karena dengan menggunakan Mesin Segel Kardus, proses penyegelan barang atau produk anda akan semakin mudah, cepat, efektif, dan efisien. Serta dengan hasil segel yang rapi, kuat, dan berkualitas tentunya.

Penawaran Produk

Mesin Carton Sealer ini dirancang serta dibuat khusus untuk menyegel atau menglakban kardus dengan rapi dan kuat. Mesin Lakban Kardus sangat cocok untuk digunakan pada segala jenis industri yang menggunakan kardus untuk membungkus produknya. Terlebih lagi bagi para penyedia jasa kirim barang atau paket.

Alat Segel Kardus telah dilengkapi dengan penggerak Konveyor terbaik. Yang mana akan terpasang di atas / bawah / kanan / kiri ( tergantung model ). Mesin Plester Kardus ini juga dilengkapi dengan Meja Penampang yang dapat anda putar sesuai kebutuhan.

Alat Plester Kardus kami juga telah dilengkapi dengan Penutup Pisau, yang akan menjaga keamanan pisau, sekaligus meningkatkan keawetan pisau. Mesin Lakban Kardus juga dilengkapi dengan Tuas Pemutar atau Crank Handel yang dapat anda atur atau sesuaikan sendiri.

Carton Sealer Machine kami dirancang dan dibuat dengan penuh perhitungan dan professional. Serta dibuat dari bahan material yang pasti nya berkualitas dan telah lolos uji QUALITY CONTROL. Sehingga Kualitas, Keandalan, Keamanan, dan Keunggulan Alat Segel Kardus kami terjamin. Tentunya kami menawarkan Mesin Plester Kardus kami dengan harga yang lebih murah dari pada yang lain.

Model Dan Spesifikasi Mesin Carton Sealer

1. Mesin Carton Sealer FXJ – 5050 I Model Berdiri ( Pengerak Konveyor Di Samping )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer FXJ – 5050 I

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 20 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 500 mm x 500 mm.
Ukuran Kardus Min. : 100 mm x 100 mm.
Lebar Lakban / Segel : 36 mm, 48 mm, 50 mm, dan 60 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,18 KVA.
Berat Mesin : 120 kg.
Dimensi Mesin : 1660 mm x 850 mm x 1260 mm.


2. Mesin Carton Sealer FXJ – 5050 II Model Berdiri ( Pengerak Konveyor Di Atas Bawah )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer FXJ – 5050 II

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 20 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 500 mm x 500 mm.
Ukuran Kardus Min. : 150 mm x 120 mm.
Lebar Lakban / Segel : 36 mm, 48 mm, 50 mm, dan 60 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,18 KVA.
Berat Mesin : 145 kg.
Dimensi Mesin : 1630 mm x 800 mm x 1230 mm.


3. Mesin Carton Sealer FXJ – 6050 Model Berdiri ( Pengerak Konveyor Di Atas Bawah )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer FXJ – 6050

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 20 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 500 mm x 600 mm.
Ukuran Kardus Min. : 150 mm x 120 mm.
Lebar Lakban / Segel : 36 mm, 48 mm, 50 mm, dan 60 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,18 KVA.
Berat Mesin : 145 kg.
Dimensi Mesin : 1630 mm x 800 mm x 1330 mm.


4. Mesin Carton Sealer FXJ – 6050 H Model Berdiri ( Pengerak Konveyor Di Atas Bawah )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer FXJ – 6050 H

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 20 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 500 mm x 600 mm.
Ukuran Kardus Min. : 140 mm x 110 mm.
Lebar Lakban / Segel : 36 mm, 48 mm, 50 mm, dan 60 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,18 KVA.
Berat Mesin : 120 kg.
Dimensi Mesin : 1755 mm x 800 mm x ( 960 – 1650 ) mm.


5. Mesin Carton Sealer FXJ – 6050 B Model Berdiri ( Pengerak Konveyor Di Atas Bawah )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer FXJ – 6050 B

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 16 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 500 mm x 600 mm.
Ukuran Kardus Min. : 110 mm x 150 mm.
Lebar Lakban / Segel : 38,1 mm, 50,8 mm, dan 76.2 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 300 Watt.
Berat Mesin : 145 kg.
Dimensi Mesin : 1730 mm x 850 mm x 1380 mm.


6. Mesin Carton Sealer FXJ – 8060 B Model Berdiri ( Pengerak Konveyor Di Atas Bawah )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer FXJ – 8060 B

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 16 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 600 mm x 800 mm.
Ukuran Kardus Min. : 120 mm x 150 mm.
Lebar Lakban / Segel : 38,1 mm, 50,8 mm, dan 76.2 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 300 Watt.
Berat Mesin : 145 kg.
Dimensi Mesin : 1870 mm x 950 mm x 1610 mm.


7. Mesin Carton Sealer FXJ – 6060 Model Berdiri ( Pengerak Konveyor Di Atas Bawah )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer FXJ – 6060

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 20 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 600 mm x 600 mm.
Ukuran Kardus Min. : 150 mm x 110 mm.
Lebar Lakban / Segel : 36 mm, 48 mm, 50 mm, dan 60 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,24 KVA.
Berat Mesin : 160 kg.
Dimensi Mesin : 1830 mm x 840 mm x 1330 mm.


8. Mesin Carton Sealer AS – 123 Model Segel Atas ( Pengerak Konveyor Di Samping )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer AS – 123

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 20 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 500 mm x 600 mm.
Ukuran Kardus Min. : 100 mm x 80 mm.
Lebar Lakban / Segel : 36 mm, 48 mm, 50 mm, dan 60 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,18 KVA.
Berat Mesin : 145 kg.
Dimensi Mesin : 1580 mm x 740 mm x 1330 mm.


9. Mesin Carton Sealer AS – 223 Model Dua Fungsi ( Pengerak Konveyor Lebar Di Atas Bawah )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer AS – 223

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 20 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 500 mm x 580 mm.
Ukuran Kardus Min. : 100 mm x 80 mm.
Lebar Lakban / Segel : 36 mm, 48 mm, 50 mm, dan 60 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,18 KVA.
Berat Mesin : 120 kg.
Dimensi Mesin : 1550 mm x 820 mm x 1320 mm.


10. Mesin Carton Sealer AS – 323 Model Lipat Otomatis ( Pengerak Konveyor Di Samping )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer AS – 323

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 20 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 600 mm x 500 mm x 600 mm.
Ukuran Kardus Min. : 200 mm x 150 mm x 100 mm.
Lebar Lakban / Segel : 36 mm, 48 mm, 50 mm, dan 60 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,18 KVA.
Berat Mesin : 190 kg.
Dimensi Mesin : 2000 mm x 890 mm x 1220 mm.


11. Mesin Carton Sealer AS – 423 Model Lipat Otomatis ( Pengerak Konveyor Di Atas Bawah )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer AS – 423

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 20 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 500 mm x 500 mm.
Ukuran Kardus Min. : 150 mm x 70 mm.
Lebar Lakban / Segel : 36 mm, 48 mm, 50 mm, dan 60 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,18 KVA.
Berat Mesin : 180 kg.
Dimensi Mesin : 1100 mm x 900 mm x 1320 mm.


12. Mesin Carton Sealer AS – 523 Model Lipat Otomatis ( Model Gaya Eropa – Pengerak Konveyor Di Samping )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer AS – 523

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 20 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 500 mm x 580 mm.
Ukuran Kardus Min. : 100 mm x 100 mm.
Lebar Lakban / Segel : 36 mm, 48 mm, 50 mm, dan 60 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,18 KVA.
Berat Mesin : 160 kg.
Dimensi Mesin : 1740 mm x 850 mm x 1330 mm.


13. Mesin Carton Sealer AS – 523 A ( Mesin Lipat Dan Segel Kardus Otomatis )

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik : 220 Volt.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,18 Kilo Volt Ampere ( KVA ).
Kecepatan Konveyor : 20 Meter / Menit.
Ukuran Kardus Max. : 500 mm x 580 mm.
Ukuran Kardus Min. : 100 mm x 100 mm.
Lebar Plester / Perekat : W = 12 mm – 15 mm , T = 5 mm -“ 8 mm.
Berat Mesin : 160 Kg.
Dimensi Mesin : 1200 mm x 850 mm x 1330 mm.


14. Mesin Carton Sealer AS – 523 B ( Carton Strapper & Auto Folder Machine )

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik : 380 Volt.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,5 Kilo Volt Ampere ( KVA ).
Kecepatan Konveyor : 2,18 Detik / Strap.
Ukuran Kardus Max. : 800 mm x 600 mm.
Ukuran Kardus Min. : 200 mm x 100 mm.
Lebar Plester / Perekat : W = 12 mm – 15 mm , T = 5 mm – 8 mm.
Berat Mesin : 180 Kg.
Dimensi Mesin : 1100 mm x 600 mm x 1540 mm.


15. Mesin Carton Sealer AS – 523 S Model Lipat Manual ( Model Gaya Eropa – Pengerak Konveyor Di Samping )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer AS – 523 S

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 20 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 500 mm x 580 mm.
Ukuran Kardus Min. : 100 mm x 100 mm.
Lebar Lakban / Segel : 36 mm, 48 mm, 50 mm, dan 60 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,18 KVA.
Berat Mesin : 160 kg.
Dimensi Mesin : 1740 mm x 850 mm x 1330 mm.


16. Mesin Carton Sealer FXJ – 6050 S Model Berdiri ( Pengerak Konveyor Di Atas Bawah )

mesin lakban kardus

Gambar Mesin Carton Sealer FXJ – 6050 S

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 20 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 500 mm x 600 mm.
Ukuran Kardus Min. : 150 mm x 120 mm.
Lebar Lakban / Segel : 36 mm, 48 mm, 50 mm, dan 60 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,18 KVA.
Berat Mesin : 145 kg.
Dimensi Mesin : 1630 mm x 800 mm x 1330 mm.


17. Mesin Carton Sealer AS – 623 Model Lipat Otomatis ( Model Untuk Plastik Gelembung – Pengerak Konveyor Di Atas Bawah )

mesin lakban kardus

Gambar Mesin Carton Sealer AS – 623

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 18 meter / menit.
Panjang Kardus : 150 mm.
Lebar Kardus : 260 mm – 460 mm.
Tinggi Kardus : 100 mm – 500 mm.
Lebar Lakban / Segel : 36 mm, 48 mm, dan 60 mm.
Jenis Pita Perekat : OPP ( BOPP , PV ).
Tinggi Meja Kerja : 550 mm – 840 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 2 x 120 Watt.
Berat Mesin : 160 kg.
Dimensi Mesin : 1000 mm x 900 mm x 1300 mm.


18. Mesin Carton Sealer FX – AT 5050 Model Lipat Otomatis ( Pengerak Konveyor Di Samping )

mesin lakban kardus

Gambar Mesin Carton Sealer FX – AT 5050

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 16 meter / menit.
Ukuran Kardus Max. : 500 mm x 500 mm.
Ukuran Kardus Min. : 120 mm x 120 mm.
Lebar Lakban / Segel : 38,1 mm, 50,8 mm, dan 76.2 mm.
Tegangan Listrik : 220 V -240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 240 Watt.
Berat Mesin : 240 kg.
Dimensi Mesin : 1840 mm x 1000 mm x 1500 mm.


19. Mesin Carton Sealer AS – 723 Model Kardus Sudut ( Model Sudut Full Otomatis )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer AS – 723

 

Energi Yang Digunakan : Listrik Dan Gas.
Kecepatan Konveyor : 6 – 10 Kardus / menit.
Ukuran Kardus Max. : 500 mm x 500 mm x 500 mm.
Ukuran Kardus Min. : 320 mm x 200 mm x 180 mm.
Lebar Lakban / Segel : 48 mm, 60 mm, dan 75 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Energi Gas : 6 Kg, f/cm2 150 nl / menit.
Berat Mesin : 380 kg.
Dimensi Mesin : 1900 mm x 1130 mm x 1530 mm.


20. Mesin Carton Sealer AS – 823 Pneumatik Menyesuaikan ( Pengerak Konveyor Di Atas Bawah )

mesin lakban kardus

Gambar Mesin Carton Sealer AS – 823

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Kecepatan Konveyor : 18 meter / menit.
Panjang Kardus : 150 mm.
Lebar Kardus : 150 mm – 500 mm.
Tinggi Kardus : 120 mm – 500 mm.
Lebar Lakban / Segel : 36 mm, 48 mm, dan 60 mm.
Jenis Pita Perekat : OPP ( BOPP , PV ).
Tinggi Meja Kerja : 56 mm – 75 mm.
Tegangan Listrik : 220 V – 240 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 2 x 90 Watt.
Berat Mesin : 130 kg.
Dimensi Mesin : 1045 mm x 780 mm x 1270 mm.


21. Mesin Carton Sealer AS – 923 ( Mesin Lipat Kardus Otomatis )

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer AS – 923

 

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik : 220 Volt.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 0,1 Kilo Volt Ampere ( KVA ).
Kecepatan Konveyor : 20 Kardus / Menit.
Ukuran Kardus Max. : 600 mm x 550 mm.
Ukuran Kardus Min. : 200 mm x 100 mm.
Lebar Plester / Perekat : W = 12 mm – 15 mm , T = 5 mm – 8 mm.
Berat Mesin : 55 Kg.
Dimensi Mesin : 950 mm x 800 mm x 780 mm.


22. Mesin Carton Sealer CES – 5050

mesin carton sealer

Gambar Mesin Carton Sealer CES – 5050

 

Energi Yang Digunakan : Listrik Dan Udara.
Kecepatan Konveyor : 1 – 10 Kardus / menit.
Panjang Kardus : 200 mm – 450 mm.
Lebar Kardus : 150 mm – 400 mm.
Tinggi Kardus : 100 mm – 350 mm.
Lebar Lakban / Segel : 48 mm – 60 mm – 75 mm x 100 mm.
Tinggi Meja Kerja : 600 mm – 720 mm.
Tegangan Listrik : 220 V / 380 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Energi Udara : > 500 L / menit, 0,4 – 0,8 MPa.
Berat Bersih Mesin : 400 kg.
Berat Kotor Mesin : 550 Kg.
Dimensi Mesin : 2000 mm x 1900 mm x 1450 mm.

 

Keunggulan Mesin Lakban Kardus Kami

  • Mesin Dapat Dirakit Atau Dirangkai Dengan Mesin Lain ( Contoh : Mesin Packing Kardus ).
  • Model Mesin Sangat Banyak Dan Bervariasi Sesuai Kebutuhan Usaha Anda.
  • Proses Penyegelan Kardus Anda Akan Semakin Cepat Dan Mudah.
  • Tuas Pemutar Atau Crank Handle Dapat Diatur Atau Disesuaikan.
  • Plester Atau Lakban Mudah Untuk Dipindah Atau Ditukarkan.
  • Dilengkapi Dengan Meja Penampang Yang Dapat Diputar.
  • Mesin Dibuat Dengan Perhitungan Yang Sangat Presisi.
  • Tinggi Meja Kerja Dapat Dengan Mudah Disesuaikan.
  • Hasil Penyegelan Lebih Rapi, Rapat, Kuat, Dan Aman.
  • Dilengkapi Dengan Tuas Penekan Manual.
  • Mudah Digunakan Dan Mudah Dirawat.
  • Mesin Yang Sangat Handal.
  • Pengunci ON / OFF Kastor.
  • Mesin Bergaransi.
  • Efektif Dan Efisien.

Cara Kerja Mesin Lakban Kardus

Mesin Carton Sealer bekerja dengan cara menyegel atau menseal setiap ada kardus ataupun barang lain nya yang melewati penyegel.

Mesin Packing Kardus biasa nya dilengkapi dengan sebauh konveyor, yang berfungsi untuk menggerak kan kardus ke arah penyegel.

Penyegel dari Mesin Segel Kardus pun bervariasi juga. Mulai dari penyegel ganda atas bawah, penyegel ganda kanan kiri, dan penyegel tunggal.

Cara Menggunakan Mesin Lakban Kardus ( FXJ – 5050 ) 

  1. Persiapkan produk anda yang sudah dimasukkan kardus.
  2. Mulai denga hidupkan Mesin Carton Sealer dengan menekan tombol ON.
  3. Putar Tuas Crank Handle Samping ( Pengatur Ukuran Kardus ) untuk mengatur lebar kardus yang akan di segel / di lakban.
  4. Putar Tuas Crank Handle Atas ( Pengatur Ukuran Kardus ) untuk mengatur tinggi kardus yang akan di segel / di lakban.
  5. Atur Posisi Roll yang berwarna merah untuk menjaga keseimbangan kardus.
  6. Kemudian letak kan kardus ke Konveyor.
  7. Otomatis Kardus akan tersegel ketika dibawa Konveyor dan melewati penyegel.
  8. Kardus anda tersegel rapi dan kuat serta siap anda kirim atau di distribusikan.

Bagi anda yang menekuni usaha jual beli produk yang dikemas dengan kardus, sangat direkomendasikan untuk menggunakan mesin carton sealer atau mesin lakban kardus untuk mempermudah pengemasan produk anda.

Dengan menggunakan mesin lakban kardus, maka pengemasan produk anda akan lebih mudah dan cepat. Sehingga tentunya dapat meningkatkan omzet penjualan produk anda.

Apabila anda memiliki usaha dibidang minuman gelas/botol, anda dapat mencoba menggunakan mesin label untuk memberikan label pada produk anda. Terimakasih

The post Mesin Lakban Kardus – Mesin Carton Sealer Terbaru 2020 appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Cara Membuat Boba Tea Dengan Mudah!!!! https://mesinpengemas.id/cara-membuat-boba-tea/ Fri, 20 Mar 2020 10:33:03 +0000 http://mesinpengemas.id/?p=4823 Pada artikel kali ini saya akan memberitahu tentang cara membuat boba tea. Anda tentu sudah familiar dengan milk tea. Minuman yang berasal dari campuran susu dan juga teh ini biasa disandingkan dengan topping boba atau dengan bubble dan dikenal dengan nama boba tea. Selain itu, kini sudah banyak variasi minuman milk tea yang sangat nikmat. […]

The post Cara Membuat Boba Tea Dengan Mudah!!!! appeared first on Mesin Pengemas.

]]>
Pada artikel kali ini saya akan memberitahu tentang cara membuat boba tea. Anda tentu sudah familiar dengan milk tea. Minuman yang berasal dari campuran susu dan juga teh ini biasa disandingkan dengan topping boba atau dengan bubble dan dikenal dengan nama boba tea. Selain itu, kini sudah banyak variasi minuman milk tea yang sangat nikmat. Alhasil, popularitas milk tea pun saat ini semakin menanjak.

Salah satu variasi boba tea yang kekinian yaitu boba milk tea caramel. Minuman yang satu ini biasanya mengombinasikan milk tea dengan mengombinasikan saus karamel dan boba sebagai topping-nya. Anda tentu bisa membuat minuman ini sendiri di rumah, lho.

Apa Itu Boba Tea?

Meski minuman yang satu ini sudah sangat populer di negara Indonesia. Ternyata masih banyak orang yang belum pernah mencoba boba tea ini. Nah, boba drink merupakan minuman milk tea atau teh susu yang diberi campuran topping bubble, sejenis bulatan kecil yang terbuat dari tepung tapioka atau tepung kanji. Bubble bisa dibuat sendiri di rumah, tetapi kini ada banyak bubble instan yang sudah dijual di pasaran sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk membuatnya sendiri.

Boba tea pertama kali dipopulerkan yaitu di negara Taiwan. Sampai saat ini, sudah ada puluhan merek boba drink yang membuka gerainya di negara Indonesia. Beberapa di antaranya ada yang mengklaim franchise dari negar Taiwan.

Seiring dengan berjalannya waktu, boba tea sudah mengalami banyak perubahan. Sebelumnya boba drink hanya terdiri atas campuran teh dan susu dengan topping bubble. Kini Anda bisa menemukan berbagai varian rasa contoh seperti taro, brown sugar, hazelnut, sampai caramel.

Topping bubble juga mempunyai tekstur yang kenyal sehingga sangat disarankan untuk mengunyahnya terlebih dahulu sebelum ditelan. Bubble yang berkualitas maka akan menawarkan tekstur kenyal dan juga mudah dikunyah. Sebaliknya, apabila topping bubble yang dipakai kurang berkualitas, rasanya alot atau susah dikunyah seperti karet.

Anda juga bisa memperoleh boba tea dengan mudah. Hampir di setiap pusat perbelanjaan sudah tersedia gerai yang menjual bubble milk tea ini. Namun, apabila Anda ingin menikmati bubble milk tea yang lebih aman, buat saja sendiri dengan bahan-bahan yang sangat sederhana.

Resep Boba Tea

Membuat boba tea sendiri bisa menghemat UANG Anda, lho. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit untuk diikuti. Berikut ini adalah cara membuat boba milk tea caramel yang bisa Anda buat di rumah.

Bahan-bahan untuk membuat boba:

  • 1 gelas Tepung Tapioka (tepung kanji)
  • 1 gelas Air Panas
  • ¼ sdt Garam
  • Pewarna makanan hitam secukupnya)
  • Air untuk merebus
  • Air dingin untuk merendam

Cara membuat Boba Tea:

  1. Letakkan tepung tapioka pada sebuah tempat atau wadah, kemudian tuang air panas sedikit demi sedikit saja. Uleni adonan dengan menggunakan tangan.
  2. Tambahkan pewarna makanan secukupnya saja, kemudian kembali uleni dengan tangan supaya pewarnanya tercampur rata.
  3. Bentuk adonan menjadi sebesar kelereng atau bisa lebih kecil, selanjutnya letakkan di wadah yang terpisah.
  4. Didihkan air panas, lalu rebus adonan yang sudah dibentuk tadi. Rebus sedikit demi sedikit supaya bobanya tidak saling menempel.
  5. Apabila teksturnya sudah empuk dan juga warnanya menjadi warna ungu tua, angkat dan tiriskan boba tersebut.
  6. Rendam boba di dalam air dingin hingga warnanya berubah menjadi warna hitam.

Bahan-bahan untuk membuat caramel milk tea:

  • 1 kantong SariWangi Milk Tea Caramel
  • 200 ml Air
  • Es batu secukupnya

Cara membuat Boba Tea:

  1. Pertama, masukkan SariWangi Milk Tea Caramel ke dalam gelas.
  2. Tuang air dan aduk sampai hingga rata.
  3. Masukkan es batu sesuai dengan selera.
  4. Tambahkan boba yang tadi telah dibuat ke dalamnya.

Cara Membuat Boba Tea- Manfaat  Teh

Cara Membuat Boba Tea Dengan Mudah!!!!

Cara Membuat Boba Tea- Kandungan Teh

Sebelum beralih ke manfaat teh bagi kesehatan, perlu diketahui lebih dulu apa saja kandungan yang ada di dalam teh. Teh yang paling sering kita nikmati yang berasal dari tanaman teh atau Camellia sinensis. Teh yang berasal dari tanaman ini antara lain yaitu teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong. Bentuk dan juga kepekatan warna teh ini tentu berbeda-beda karena tingkat oksidadinya yang berbeda.

Teh juga memiliki kandungan utama yaitu polifenol (katekin), kafein, asam amino, dan juga asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6. Teh juga mempunyai kandungan folat dan juga beberapa mineral contoh seperti magnesium, fosfor, kalium, mangan, dan juga fluoride. Setiap jenis teh yang berasal dari Camellia sinensis mempunyai kandungan yang tidak jauh berbeda.

Manfaat Teh untuk Kesehatan Tubuh

Minum teh di pagi hari mampu memberikan semangat untuk memulai aktivitas Anda. Minum teh di sore hari bisa membuat waktu santai Anda lebih menyenangkan. Selain kedua manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat teh bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan. Berikut adalah berbagai manfaat teh yang sangat perlu Anda ketahui!

1. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat teh yang pertama yaitu dapat meningkatkan konsentrasi. Teh juga  memiliki kandungan kafein yang dikenal dengan fungsinya untuk merangsang sistem saraf pusat dan juga melancarkan pada peradaran darah ke otak. Hal ini lah yang membuat kafein bisa membuat kita akan lebih ‘melek’. Kandungan kafein teh lebih rendah daripada kafein kopi dan justru membuatnya akan lebih ideal untuk dikonsumsi.

2. Menjaga Fungsi Kognitif Otak

Manfaat teh untuk otak ternyata tidak hanya untuk jangka pendek, tetapi juga untuk jangka panjang. Sebuah penelitian sudah menunjukkan bahwa senyawa antioksidan yang ada di dalam teh hijau bisa melindungi otak dan juga bisa menurunkan risiko penyakit contoh seperti Alzheimer dan juga Parkinson yang merupakan penyakit neurodegeneratif.

3. Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Menjaga kesehatan gigi dan juga mulut juga merupakan salah satu khasiat teh. Kandungan antioksidan yang ada di dalam teh juga mampu untuk membunuh bakteri di mulut yang bisa menyababkan berbagai masalah gigi dan masalah mulut. Konsumsi teh secara rutin sudah dipercaya bisa menurunkan risiko karies gigi, meningkatkan kesehatan gigi, dan juga mengatasi bau mulut.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat teh lainnya yaitu mampu untuk  menurunkan risiko diabetes. Sebuah penelitian telah membuktikan jika teh seperti teh hijau dan juga teh hitam memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah. Teh juga bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga diabetes pun mampu untuk dicegah.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Selain bisa menurunkan kadar gula darah, teh juga sangat mampu untuk membantu menurunkan tekanan darah. Berdasarkan sebuah penelitian, konsumsi teh hitam rutin maka akan menurunkan tekanan darah sistolik dan juga diastolik. Selain konsumsi teh, perubahan pola hidup yang lebih sehat juga harus  diterapkan untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

6. Menurunkan Kolesterol

Manfaat teh selanjutnya adalah sangat mampu untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kandungan antioksidan berperan penting lagi kali ini. Setelah mengonsumsi teh, kadar antioksidan dalam darah akan meningkat sehingga kolesterol jahat tidak teroksidasi.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Teh juga mampu untuk mencegah penyakit kardiovaskular mulai dari gagal jantung, serangan jantung, dan juga penyakit stroke. Manfaat teh satu ini tentunya juga dipengaruhi oleh kemampuan teh untuk menurunkan tekanan darah dan juga penyakit kolesterol. Karena kedua kondisi tersebut merupakan kondisi yang bisa memicu gangguan pada kardiovaskular.

8. Mencegah Kanker

Manfaat teh untuk kesehatan berikutnya yaitu bisa mencegah kanker. Manfaat satu ini masih dipengaruhi oleh kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Antioksidan dapat membantu dan bisa menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat teh untuk menurunkan berat badan juga sudah sangat populer. Teh yang paling terkenal bisa menurunkan berat badan yaitu teh hijau. Jenis teh yang satu ini bahkan sudah banyak terkandung di dalam teh diet. Teh hijau bisa membantu dalam hal meningkatkan metabolisme tubuh dan juga membantu pembakaran lemak, terutama pada bagian perut.

10. Menjaga Saluran Pencernaan

Selain membantu untuk menurunkan berat badan. teh juga bisa membantu dalam menjaga saluran pencernaan. Terdapat berbagai macam bakteri yang bekerja pada sistem pencernaan. Polifenol yang ada dalam teh mampu untuk meningkatkan produksi bakteri baik dan juga mencegah perkembangan bakteri yang merugikan pencernaan.

11. Mengatasi Pilek dan Flu

Anda juga mampu untuk mencoba teh sebagai salah satu obat untuk mengatasi pilek dan juga flu. Antioksidan dalam teh juga bisa membantu mencegah infeksi akibat virus dan juga bakteri. Selain itu, secangkir gelas teh hangat yang dicampur dengan perasan lemon juga ampuh untuk mengatasi hidung yang tersumbat.

12. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Sendi

Manfaat teh bagi kesehatan lainnya adalah mampu menjaga kesehatan tulang dan juga sendi. Kandungan fitokimia yang terdapat dalam teh yang berperan dalam mafaat yang satu ini. Sebuah penelitian sudah menunjukkan bahwa kelompok orang yang mengonsumsi teh setiap hari mempunyai tulang dan juga sendi yang lebih kuat daripada yang tidak.

13. Mengatasi Stres

Pernahkan Anda merasa lebih tenang jika sudah mengosumsi teh? Ya, salah satu manfaat teh yaitu dapat mengatasi stres. Teh juga mengandung asam amino L-theanine yang bisa menurunkan stres. Konsumsi teh secara rutin diketahui bisa menyebabkan penurunkan hormon kortisol yang merupakan hormon yang diproduksi ketika Anda stes.

14. Membantu Panjang Umur

Berbagai khasiat teh untuk kesehatan bisa membuat teh menjadi minuman yang bisa membantu Anda untuk memiliki umur yang lebih panjang. Perlu diketahui jika penyakit contoh seperti kanker, stoke, penyakit jantung adalah penyakit dengan risiko kematian yang tinggi. Sehingga jika Anda bisa menjaga kesehatan dengan konsumsi teh secara rutin, maka risiko kematian juga pasti akan menurun.

15. Menjaga Kesehatan Kulit

Teh juga mempunyai manfaat untuk memelihara kesehatan pada kulit. Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk kecantikan dengan kandungan teh hijau yang ada di dalamnya. Terdapat juga berbagai resep memanfaatkan teh yang basi untuk kulit wajah. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh memang akan membuat teh ampuh untuk bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat dan juga mencegah penuaan.

Konsumsi Teh Yang Baik Bagi Tubuh

Konsumsi teh dengan cara rutin bisa memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan Anda, tapi tentunya teh tidak akan bisa dikonsumsi secara sembarangan. Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat teh untuk kesehatan, sebaiknya Anda mengonsumsi teh tanpa campuran gula maupun campuran susu. Jika teh mengandung terlalu banyak gula dan juga susu, ditakutkan risiko yang didapatkan pasti akan lebih tinggi dibandingkan dengan manfaatnya untuk kesehatan.

Selain itu, terdapat juga pendapat bahwa teh tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan dengan makanan. Hal ini ada benarnya karena teh dapat mengganggu penyarapan protein dan zat besi. Lebih baik beri jarak antara sekitar 30 hingga 60 menit sebelum atau sesudah makan. Konsumsi teh bersama makanan juga tidak disarankan jika Anda mengonsumsi zat besi dan juga  protein dalam jumlah sedikit.

Cara Membuat Boba Tea- Manfaat Tepung Tapioka

Cara Membuat Boba Tea Dengan Mudah!!!!

1. Baik Bagi Para Penderita Hipertensi, Penyakit Jantung dan Stroke.

Kandungan natrium yang rendah yang ada pada tepung tapioka sangat menguntungkan bagi orang yang mempunyai tekanan darah tinggi, penderita penyakit jantung, dan penyakit stroke. Hal ini karena jumlah batas harian natrium pada orang dewasa yaitu sekitar 2300 mg.

Untuk mendapatkan manfaat tepung tapioka dengan cara maksimal, sebaiknya Anda mengurangi garam atau mengurangi baking soda ketika Anda memasak.

2. Baik Bagi Orang Dengan Diet Bebas Gluten.

Sebagian orang ada yang mengalami intoleransi terhadap bahan makanan yang terdapat mengandung gluten. Contoh seperti orang yang mengidap penyakit celliac. Tepung tapioka sangat cocok terutama bagi orang dengan diet bebas gluten karena tepung ini terbuat dari singkong yang secara alami bebas dengan gluten.

Tepung tapioka mampu untuk menjadi pengganti tepung terigu yang biasanya dipakai untuk membuat roti dan juga kue. Tetapi tidak semua produk tepung tapioka yang dijual di pasaran bebas gluten, karena biasanya tepung itu diproses dengan peralatan yang sama sehingga bisa berisiko mengalami kontaminasi dengan produk tepung lain yang mempunyai kandungan gluten.

3. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan.

Tepung tapioka biasanya sering dimanfaatkan untuk mencegah sembelit atau mencegah konstipasi. Hal ini dikarenakan tepung tapioka mengandung pati resisten di dalamnya. Pati resisten juga merupakan pati yang tidak mampu untuk dicerna oleh tubuh kita, sehingga bisa membantu untuk melancarkan pencernaan.

Selain itu, fungsinya pun sama persis seperti serat dalam sistem pencernaan. Oleh karena itu pati resisten juga mampu untuk menurunkan kadar gula darah jika setelah makan, meningkatkan metabolisme glukosa dan juga insulin dalam tubuh kita.

4. Membantu Menaikkan Berat Badan.

Anda yang mempunyai masalah untuk menaikkan berat badan anda, hal ini mampu untuk diatasi dengan mengonsumsi makanan yang biasanya terbuat dari tepung tapioka lho. Penelitian juga menyatakan bahwa kandungan karbohidrat yang tinggi yang ada pada tepung tapioka mampu untuk membantu menaikkan berat badan Anda.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Tepung kanji mengandung zat besi yang ada di dalamnya. Tubuh sangat membutuhkan zat besi untuk menghasilkan sel darah baru, mencegah anemia, dan juga melancarkan sirkulasi darah.

6. Tinggi Asam Folat

Tepung kanji juga mengandung asam folat dan juga vitamin B kompleks yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium yang ada di dalam tepung kanji sangat mampu untuk membantu mengurangi stres pada pembuluh darah dan juga arteri. Sementara kandungan potasiumnya juga sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Demikianlah artikel tentang cara membuat boba tea. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Terutama bagi orang yang telah membaca artikel inin. Sekian dan terima kasih.

The post Cara Membuat Boba Tea Dengan Mudah!!!! appeared first on Mesin Pengemas.

]]>