Select Page

Mie memang menjadi salah satu makanan yang tak hanya lezat dan menggugah selera saja. Mie, juga telah menjadi salah makanan yang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Salah satunya adalah spaghetti, dan pada kesempatan kali ini saya akan membagi resep tentang Cara Membuat Spaghetti.

Spaghetti sendiri merupakan masakan khas Italia yang digemari banyak orang di seluruh dunia. Karena cara membuat spaghetti cukup mudah dan memerlukan waktu yang sebentar, kali ini Vemale akan memberikan resep membuat spaghetti sederhana di rumah.

Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat spaghetti dan cara membuatnya. Simak baik-baik dan jangan lupa untuk membuatnya di rumah ya.

Bahan Cara Membuat Spaghetti :

  • 200 gram spaghetti (bisa merk apa saja)
  • 3 siung bawang putih (cincang halus)
  • 2 siung bawang merah (iris tipis)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)
  • Saus tomat (secukupnya)
  • Bumbu dan Pelengkap
  • Saus sambal (secukupnya)
  • Kecap manis (secukupnya)
  • 1 buah paprika (iris tipis sesuai selera)
  • 3 buah sosis (goreng, iris sesuai selera)
  • Minyak goreng (secukupnya, 3 sdm)
  • Daging ayam goreng (secukupnya, suwir-suwir)

Cara Membuat Spaghetti :

  1. Rebus spaghetti hingga matang lalu angkat dan tiriskan. Sisihkan sebentar.
  2. Panaskan wajan lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  3. Tambahkan garam, kaldu ayam bubuk serta paprika. Masak hingga paprika matang.
  4. Selanjutnya, masukkan saus tomat, saus sambal, sedikit kecap manis, daging ayam goreng dan sosis. Aduk rata sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Terakhir, masukkan spaghetti yang sudah direbus dan aduk rata.
  6. Kecilkan api dan masak spaghetti kira-kira selama 5 – 7 menit sampai matang dan bumbu meresap.
  7. Matikan api, angkat spaghetti dan segera sajikan selagi masih panas.

Jadi, itulah resep cara membuat spaghetti yang simple dan sederhana di rumah. Resep yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba resep ini dan semoga bermanfaat

Manfaat Dibalik Cara Membuat Spaghetti

Cara Membuat Spaghetti

Pasta menjadi salah satu jenis makanan khas Italia yang digemari oleh banyak orang. Tidak hanya di negara asalnya, pasta juga populer di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Sampai, hampir seluruh restoran di Indonesia kini telah menyajikan menu pasta dengan beragam varian yang sayang untuk dilewatkan.

Sebenarnya, pasta sendiri berbahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan telur dan air, lalu dibentuk menyerupai mie. Dilihat dari bentuknya, pasta dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti spaghetti, macaroni, fettuccini, lasagna, dan masih banyak lagi.

Sebagai penambah cita rasa, pasta dapat disajikan dengan berbagai bahan pendamping, misalnya saja daging, ayam, jamur, keju, dan bahan-bahan lezat lainnya.

Ragam Kebaikan Dibalik Kelezatan Spaghetti

Cara Membuat Spaghetti

1. Sumber Energi Dari Spaghetti

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Pasta sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga bisa menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh.

Good news, pasta bisa jadi sumber karbohidrat pengganti nasi, dan tentu kandungan karbohidrat di dalam pasta dapat berbeda-beda tergantung jenis pasta yang Anda makan. Misal saja pada 100 gram spaghetti dapat mengandung sekitar 31 gram karbohidrat.

2. Melancarkan Pencernaan

Gandum memang dikenal sebagai sumber serat yang baik. Begitu juga gandum yang terdapat di dalam pasta, memiliki jumlah serat yang kaya akan manfaat untuk membantu melancarkan fungsi pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat ini secara maksimal, ada baiknya anda mengkonsumsi pasta yang dibuat dari gandum utuh ( whole grain pasta ).

3. Menjaga Kesehatan Mata

Zat lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam pada pasta berguna untuk menjaga kesehatan mata. Lutein dapat membantu mencegah berbagai gangguan mata seperti katarak, retinitis pigmentosa, dan age-related macular degeneration (AMD).

Selain itu, zat zeaxanthin juga dapat membantu melindungi mata dari pancaran sinar biru (blue light) yang biasa terpapar dari gawai ataupun screen gadget anda. Semua manfaat baik tersebut dapat anda peroleh dari whole grain pasta (gandum utuh).

4. Mendukung Pembentukan Sel-Sel Tubuh

Pasta ternyata juga mengandung asam folat yang bagus untuk pembentukan dan pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Zat ini juga sangat berperan di dalam memproduksi DNA dan akan membawa informasi genetik di dalam tubuh seseorang.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh memiliki peran penting dalam membentengi tubuh dari berbagai gangguan, sehingga harus selalu dijaga dengan baik. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga nutrisi yang Anda konsumsi.

Fun fact, selenium yang terkandung dalam pasta juga bermanfaat sebagai peningkatan system imune (kekebalan tubuh), sehingga bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya penyakit.

6. Menurunkan Berat Badan

karbohidrat yang terkandung di dalam pasta tidak akan menyebabkan meningginya kadar gula darah dalam tubuh saat dikonsumsi. Dengan begitu, proses pencernaan pasta membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan karbohidrat lainnya, misalnya nasi.

Proses pencernaan yang lama tersebut dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, dan secara otomatis dapat menurunkan kemungkinan seseorang untuk makan dalam porsi yang lebih banyak. Inilah yang bisa membuat pasta berkontribusi sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Tak hanya lezat, ternyata pasta juga sehat. Walaupun demikian, bukan berarti anda boleh mengkonsumsi pasta dengan jumlah berlebihan. Supaya lebih sehat, pilihlah bahan pendamping pasta yang sehat seperti contohnya, daging rendah lemak atau pun ikan sebagai sumber protein tubuh anda.

Karena pada prinsipnya, menu makanan sehari-hari Anda harus mengandung gizi seimbang, yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Fakta Unik Dari Cara Membuat Spaghetti

Cara Membuat Spaghetti

Pasta atau spaghetti emang bukan makanan asli Indonesia,tapi makanan ini sudah hits selama bertahun-tahun. Gampang banget mencari makanan yang satu ini. Bahkan, ada versi instannya. Teman-teman tinggal beli di supermarket dan memasaknya sendiri di rumah.

Masih banyak orang menyebutkan kalau pasta (Spaghetti) adalah makanan asal Italia. Padahal sebenarnya ada negara yang telah lebih dulu mengkonsumsi pasta. Caranya juga gampang banget, kayak masak mi instan. Nah, sebagai orang yang pernah makan pasta, kamu wajib banget tahu beberapa fakta menarik yang berikut ini nih.

1. Tiongkok Lebih Dulu Menemukan Cara Membuat Spaghetti

Negara yang pertama kali yang mengkonsumsi pasta adalah bangsa dari Tiongkok sejak 5.000 tahun sebelum masehi. Sedangkan penemunya bukanlah Marco Polo seperti yang banyak diketahui. Tapi, pasta ditemukan oleh masyarakat Pra- Roman Etruscan sejak 500 tahun sebelum masehi.

2. Italia, Konsumen Spaghetti/Pasta Tertinggi

Italia dinobatkan sebagai negara yang mengkonsumsi pasta paling tinggi. Produksi pastanya mencapai 2,75 juta ton per tahun. Wow! Negara kedua selanjutnya yang mengkonsumsi banyak pasta ialah Venezuela dan diikuti dengan negara Tunisia.

3. Ada 600 Jenis Spaghetti/Pasta

Dikutip berdasarkan data-data yang diambil dari International Pasta Organization, terdaftar hampir lebih dari 600 jenis pasta yang ada di dunia. Selain itu, tiap tanggal 25 Oktober yang merupakan hari ulang tahun dari Colombus juga diperingati sebagai Hari Pasta Sedunia.

4. Makan Spaghetti Bisa Membuat Anda Bahagia

Pasta mengandung karbohidrat yang bisa meningkatkan produksi serotonin. Serotonin yaitu hormon yang bisa membuat kita merasakan perasaan nyaman juga bahagia.  Oleh karena itu, memakan pasta bisa membuat kita merasa nyaman dan bahagia, loh!

5. Dulu Dibuat Dengan Cara Diinjak

Dahulu sebelum ditemukannya mesin pembuat pasta, adonan pasta dibuat dengan cara di lumatkan dengan cara diinjak. Pasta yang adonannya banyak, bahkan membutuhkan waktu satu hari penuh untuk menginjak nya. Wow!

6. Ada Kata Tunggal Dan Kata Jamak Untuk “Spaghetti”.

Spaghetto ialah kata-kata tunggal, dan kata “Spaghetti” dipakai sebagai kata jamak. itulah penggunaan dalam bahasa Italia yang baik dan benar ya.

7. Proses Pembuatan Spaghetti/Pasta Dulu Dan Sekarang Beda.

Sebelum ada mesin, adonan pasta dibuat pakai kaki. hal tersebut dikarenakan adonannya keras sekali dan tidak akan bisa teraduk dengan baik jika hanya pakai tangan kosong saja. Dan juga membutuhkan waktu seharian untuk menyelesaikan seluruh adonan tersebut. Butuh perjuangan banget ya ternyata.

8. Ada Pasta/Spaghetti Yang Bisa Bikin Perut Kenyang Lebih Lama.

Al dente pasta tidak cuma lebih enak, pasta jenis ini juga bisa bikin kamu merasa kenyang lebih lama. Itu karena pasta ini tidak dimasak terlalu matang. Ini akan membuat perut mencerna si pasta dalam waktu yang lebih lama dan kamu akan jadi kenyang lebih lama karenanya.

9. Ada Begitu Banyak Bentuk Pasta/Spaghetti

Diperkirakan ada sekitar 350 bentuk pasta. Namanya juga beda-beda. Susah kalau mau dihafalin satu per satu.

10. Jumlah Pasta Yang Dimakan Orang Italia Sangatlah Fantastis.

Dalam setahun, rata-rata orang Italia mengkonsumsi pasta sebanyak 27 kilogram. Amazing sekali kan? Kita saja cuma makan pasta di hari-hari tertentu saja kan. Belum tentu juga bakal sebulan sekali makan pasta.

11. Dulu Orang Pernah Mengira Kalo Cara Membuat Spaghetti Di Tanam Seperti Pohon.

Pada tanggal 1 April tahun 1957, BBC menayangkan satu film dokumenter yang memperlihatkan perkebunan Spaghetti di Swiss. Yups, spaghetti itu beneran ada di pohon-pohon. Gara-gara video lelucon itu banyak yang pengen beli pohon penghasil spaghetti.

12. Ada Hari Pasta/Spaghetti Sedunia.

Tepat pada tanggal 25 Oktober ditetapkan sebagai Hari Pasta Sedunia dan sedangkan pada tanggal 4 Januari ditetapkan sebagai Hari Spaghetti Nasional.

13. Pasta/Spaghetti Paling Kering Cuma Dibikin Pakai Dua Bahan.

Dua bahan yang dimaksud adalah tepung semolina dan air. Tidak ada bahan tambahan lainnya. Sekarang emang ada yang di kasih tambahan telur, tapi aslinya cuma pakai dua bahan itu aja sudah cukup.

14. Italia Membuat Spaghetti Dalam Jumlah Fantastis Tiap Tahunnya.

Tiap tahun produksi pasta mencapai 1,7 sampai 3,3 juta ton. Gila kan? Pantas saja sih karena jumlah pasta yang dikonsumsi masyarakat juga sangat banyak banget. Setelah mengetahui fakta dibalik pasta/spaghetti kok jadi kepingin makan pasta yah. Pasti enak banget deh, apalagi kalo dibikin agak pedes gitu. Uhhh… jadi laper deh. Yuk, makan dulu.

Jadi itulah akhir sharing kita hari ini, di pembahasan seputar pasta sekaligus fakta uniknya juga didalam artikel yang berjudul “Cara Membuat Spaghetti” ini, semoga selalu bermanfaat apapun yang sudah saya share dan juga semoga dapat menghibur atau pun menebus rasa penasaran anda seputar Spaghetti/pasta, sekian dan terimagaji eh terimakasih.

× Whatsapp Kami!