Cara Mudah Membuat Shampo

//Cara Mudah Membuat Shampo

Cara Mudah Membuat Shampo

Cara Membuat Shampo –  Shampo adalah sabun cair untuk mencuci rambut dan kulit kepala, terbuat dari bahan-bahan alami seperti tumbuhan atau zat kimia. Fungsi shampo pada intinya adalah untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran yang melekat sehingga faktor daya bersih (Clearsing ability) merupakan suatu hal yang penting dari produk shampo.

Shampo untuk membersihkan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, biasanya mengandung acid atau asam yang didapat dari apel, lemon atau cuka yang berfungsi untuk menghilangkan residu atau sisa produk perawatan semacam creambath, busa untuk rambut (foam), hairspray, lilin rambut (wax), jelly rambut (gel), dan produk lainnya yang tertinggal di kulit kepala.

Cara Membuat Shampo

Contoh Gambar Shampo Kemasan

Sejarah Shampo

Sejak zaman dahulu sudah banyak yang membuat shampo dari bahan-bahan alami yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar. Seperti bila ingin rambutnya hitam berkilau maka shamponya dibuat dari merang yang dibakar hingga menjadi abu dan dicampur dengan air, selain itu kemiri, santan, dan lidah buaya juga sering digunakan. Bahkan sampai sekarang bahan-bahan tersebut juga masih banyak digunakan pada produk shampo, akan tetapi dengan beraneka campuran bahan kimia.

Keistimewaan shampo jenis ini, antara lain bahan baku mudah didapat, tanpa menimbulkan efek samping, relatif murah, serta ramah lingkungan. Kelemahannya adalah produk tersebut tidak tahan lama. Shampo jenis tradisional berkembang menurut daerah tempat lahirnya dimulai dari India sejak zaman kuno. Pada awalnya shampo yang sangat efektif dibuat dengan mendidihkan Sapindus dengan gooseberry India kering (aamla) dan beberapa ramuan lainnya.

Shampo modern sendiri berkembang di benua Eropa, sampai pada abad ke 20  di Inggris tepatnya tahun 1914. Untuk produksi shampo cair secara masal pada tahun 1927, shampo cair ditemukan oleh penemu Jerman Hans Schwarzkopf di Berlin, yang namanya menciptakan merek shampo yang dijual di Eropa.

Fungsi Shampo 

Fungsi shampo pada intinya adalah untuk membersihkan rambut dan kulit dari kotoran yang melekat sehingga faktor daya bersih (cleansing ability) merupakan hal yang penting dari suatu produk shampo.

Shampo sendiri berfungsi untuk meningkatkan ketegangan permukaan kulit kepala sehingga dapat meluruhkan penumpukan kotoran dan membersihkan kulit kepala dan rambut dari sisa produk perawatan rambut yang digunakan setiap hari.

Untuk memiliki rambut yang bersih dan sehat, keramas adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Saat proses tersebut akan terjadi pengangkatan minyak pada rambut dan membuatnya tetap terlihat dan berbau segar.

Shampo pada umumnya digunakan dengan mencampurkannya dengan air dengan tujuan untuk melarutkan minyak alami yang dikeluarkan oleh tubuh untuk melindungi rambut dan membersihkan kotoran yang melekat.

Dampak Penggunaan Shampo Modern

Shampo-shampo yang banyak dijual di pasaran mengandung bahan pembersih yang keras yang disebut sulfat, yang dapat membuat rambut Anda kering dan rusak seiring berjalannya waktu. Bahkan, menggunakan satu merek shampo terus menerus, rambut Anda kehilangan kemampuan untuk merespon merek tertentu. Tidak hanya itu, rambut Anda juga terkena unsur-unsur lingkungan seperti iklim, cuaca dan polusi.

Shampo yang digunakan di musim panas tidak akan sesuai untuk musim dingin, karena rambut Anda membutuhkan lebih banyak uap air dalam cuaca kering. Jenis shampo ini sangat cocok digunakan saat rambut akan melalui proses kimiawi agar rambut dan kulit kepala benar-benar bersih dengan tujuan proses kimiawi yang digunakan pada pengeritingan atau pewarnaan dapat diserap dengan baik.

Pada shampo modern sebagian besar bahan baku tidak merupakan bahan kimia olahan, beberapa diantaranya ditambahkan bahan nabati.Karena unsur asam mengurangi minyak maka jenis shampo ini dapat membuat rambut menjadi kering jika digunakan terlalu sering dan disarankan untuk menggunakannya paling banyak dalam jangka waktu satu kali seminggu.

Kita harus pandai-pandai memilih produk shampo mana yang terbaik dan aman untuk kita, agar rambut dan kulit kita terhindar dari kerusakan dan tetap sehat.

Jenis-Jenis Shampo

Secara garis besar , produk shampo dibagi menjadi 2 jenis, yaitu shampo tradisonal dan shampo modern.

  • Shampo tradisonal atau lebih tepatnya shampo nabati mempunyai cirri-ciri:

  1. bahan baku utamanya berasal dari sayuran atau buah-buahan, seperti wortel, seledri, jeruk nipis, merang dan lidah buaya.
  2. proses pembuatannya sangat sederhana, yaitu mengambil sarinya (dengan cara pemarutan,pemerasan dan penyaringan) kemudian ditambah air.
  • Shampo modern modern sebagian besar bahan baku tidak merupakan bahan kimia olahan, beberapa diantaranya ditambahkan bahan nabati.

Jenis-jenis shampo juga bisa dibagi berdasarkan bentuk fisik dari shampo itu sendiri, diantaranya adalah :

  • Shampo bubuk (powder shampo) Shampo bubuk pernah populer pad tahun 70-80an, yaitu shampo bubuk dalam kemasan (sachet). Namun seiring perkembangannya shampo bubuk mulai tersaingi oleh shampo cair. Shampo bubuk selain digunakan manusia, lebih banyak digunakan untuk hewan peliharaan yang tidak menyukai jika terkena dengan air seperti kucing dan anjing.
  • Shampo cair (liquid shampo) Shampo cair dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis yaitu : shampo clear, shampo opak (buram /tidak tembus cahaya), serta shampo krim. Shampo cair lebih banyak digunakan manusia karena lebih praktis dan mudah cara penggunaannya.

Berdasarkan jenisnya tersebut kemudian dihasilkan beragam jenis produk shampo, seperti shampo telur, shampo pearl, shampo conditioning,shampo krim,shampo anti ketombe,shampo protein, shampo lunak (sof shampo untuk rambut sensitive), shampo two in one, shampo three in one, shampo tonic, shampo serba guna, bahkan shampo hewan.

Bahan Alami Untuk Membuat Shampo

Berikut beberapa resep untuk membuat shampo alami yang tepat untuk kenyamanan dan kesehatan rambut Anda. Shampo ini bebas bahan kimia dan efektif untuk membersihkan rambut serta kulit kepala  ketika digunakan.

  1. Telur dan vodka

Cara Mudah Membuat Shampo

Bahan alami daritelur dan vodka untuk membuat shampo alami

Ternyata bahan tersebut efektif dapat digunakan untik membersihkan dan merawat rambut, Shampo ini merupakan solusi yang mengagumkan untuk rambut yang berminyak. Caranya dengan mencampur 2 sendok teh vodka dengan 2 butir telur terus oleskan dan terapkan pada rambut dan kulit kepala. Pijat dari ujung kepala sampai ujung rambut selama beberapa menit dan bersihkan dengan air dingin.

 

  1. Baking soda dan Air

Cara Mudah Membuat Shampo

Bahan campuran baking soda untuk membuat shampo alami

Shampo pasta baking soda ini dapat efektif membantu membersihkan rambut terutama jika rambut anda terlalu kotor. Caranya adalah dengan melarutkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Kemudian, oleskan pada kulit kepala dan beri pijatan lembut beberapa saat dan bilas sampai bersih.

 

  1. Alpukat dan baking soda

Cara Mudah Membuat Shampo

Alpukat dan baking soda untuk membuat shampo alami

Buah apulkat sangat bermanfaat untuk merawat rambut rusak. Penggunaannya dengan membuat pasta dari campuran alpukat, baking soda dan air. Kemudian, oleskan pada kulit kepala dan rambut, biarkan beberapa saat, lalu cuci sampai bersih. Khasiatnya anda akan mendapatkan rambut yang sehat dan bersih, jika rutin berkeramas dengan pasta ini.

  1. Sabun castile dan minyak atsiri

Cara Mudah Membuat Shampo

Sabun castile dan minyak atsiri sebagai produk untuk membuat shampo secara alami

Bila rambut Anda mengalami kerusakan, cobalah keramas dengan sabun castile dan minyak Atsiri. Buatlah campuran dari sabun castile, air dan minyak atsiri, seperti jojoba atau minyak biji anggur dalam jumlah yang sama, aduk rata. Kemudian, gunakan untuk mencuci rambut.

  1. Santan kelapa dan sabun castile

Cara Mudah Membuat Shampo

Bahan campuran santan kelapa dan sabun castile untuk membuat shampo alami

Ini adalah shampo alami buatan sendiri, yang dapat Anda gunakan bahkan untuk rambut anak-anak Anda. Campur jumlah yang sama dari santan dan sabun castile dan menambahkan minyak esensial seperti peppermint, jeruk, rosemary atau lavender di dalamnya. Aduk rata dan gunakan secara menyeluruh pada rambut Anda. Anda dapat menambahkan ramuan minyak zaitun atau minyak almond untuk mengatasi rambut kering dan kusam.

 

  1. Teh hijau

Cara Mudah Membuat Shampo

Shampo dari bahan dasar teh hijau

Menurut penelitian teh hijau baik untuk kesehatan Anda. Tetapi, itu juga baik untuk rambut. Untuk penggunannya, buatlah campuran dari teh hijau, minyak lavender dan sabun castile dengan bagian yang sama. Aduk rata. Kemudian, simpan dalam botol dan gunakan secara rutin saat keramas. Produk shampo dari bahan teh hijau banyak digunakan pada shampo modern yang dijual kemasan.

Cara Membuat Shampo

Membuat shampo dengan bahan-bahan yang sederhana, cara yang mudah, dan aman tentunya bagi kesehatan rambut dan kulit kepala ini cukup direkomendasikan.

CARA MEMBUAT SHAMPO CAIR ALAMI

Bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan :

Taxafon/Sulfafon 1 ons

Natrium Klorida 15 gram

Air masak 500 cc

Pewarna secukupnya

Bibit Minyak Wangi 2 cc

Langkah-langkah :

  1. Masukkan Taxafon/Sulfafon dan Natrium Klorida ke dalam panci sambil diaduk hingga tercampur rata.
  2. Masukkan Air masak sedikit demi sedikit ke dalam campuran Texafon/sulfafon dan Natrium Klorida tadi sambil terus diaduk hingga merata.
  3. Terakhir masukkan pewarna dan bibit minyak wangi secara bersamaan, aduk terus hingga benar-benar merata. Setelah semua bahan tercampur dengan merata maka shampo cair telah siap untuk digunakan.

Bahan diatas adalah bahan alami untuk membuat shampo yang dapat anda coba dirumah. Dengan beraham manfaat dan tanpa efek samping cari diatas patut anda coba.

CARA MEMBUAT SHAMPO MODERN DI RUMAH

Selanjutnya, apabila anda ingin bereksperimen dengan menggunakan bahan kimia untuk membuat shampo yang anda perlukan diantaranya adalah:

Alat dan Bahan         :

Alat           :                     

  1. Beaker glass
  2. Erlenmeyer
  3. Pengaduk
  4. Gelas Ukur
  5. Picnometer
  6. Viscometer

 

Bahan        :

  1. a) Shampo rambut jernih              b) Shampo rambut keruh
  2. Emal 30 gr                                              1. Texapone 30 gr
  3. SLS 5 gr                                                   2. SLS
  4. NaHCO3 3 gr                                         3. NaHCO3
  5. Nipagin 5 gr                                           4. Nipagin
  6. Aquades 100 ml                                    5. Aquades
  7. Pewarna dan parfum secukupnya     6. Pewarna dan parfum secukupnya

 

Cara Kerja                :

*) Shampo rambut jernih

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
  2. Timbang bahan – bahan yang dibutuhkan
  3. Masukan SLS, NaHCO3, dan nipagin kemudian larutkan dalam aquades
  4. Masukan larutan tersebut dalam cawan berisi Emal sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga homogen
  5. Tambahkan parfum dan pewarna secukupnya
  6. Ukur viskositas 

 

*) Shampo rambut keruh

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
  2. Timbang bahan – bahan yang dibutuhkan
  3. Masukan SLS, NaHCO3, dan nipagin kemudian dalam aquades
  4. Pada campuran tersebut tambahkan sedikit demi sedikit texapone sambil diaduk
  5. Tambahkan pewarna dan parfum
  6. Ukur viskositas

Shampo yang dihasilkan mengandung buih yang banyak kemungkinan terjadi terlalu kebanyakan menggunakan emal atau pada saat pengadukan terlalu maksimal Surfaktan yang digunakan adalah emal yang merupakan surfaktan golongan anionic yang sering sekali digunakan dalam pembuatan produk shampo. Emal sendiri berwujud gel padat berwarna bening dan agak sukar larut dalam air.

Perlu diperhatikan dalam pelarutanya agar tidak terlalu mengaduk terlalu keras, karena akan menyebabkan larutan berbusa dan mengurangi daya bersih dan daya tarik juga.Shampo rambut keruh adalah salah satu jenis shampo yang memiliki warna keruh atau lebih tepatnya tidak tembus cahaya. pH shampo rambut keruh 8, (basa). Paling aman adalah 7 karena kontak dengan kulit manusia

Saran :Umumnya orang sengaja pilih produk yang berbuih banyak karena kesannya mahu lebih rasa bersih. Padahal semakin banyak buihnya, semakin tidak bagus untuk kesehatan kita. Apalagi yang rutin seharian kita sentiasa menggunakan. Seperti shampo dan sabun. Karena pemakaiannya rutin setiap hari dan bisa digunakan lebih dari satu kali, maka kita perlu mencari produk yang kurang kimia.

Demikianlah tips dan resep cara membuat shampo untuk rambut. Saat ini shampo merupakan bahan kebutuhan pokok mandi yang diperlukan setiap orang untuk membersihkan rambut. Tentunya, ini cukup menjadi peluang usaha bagi Anda yang ingin mencoba bidang ini. Semoga tulisan ini bermanfaat.

 

 

 

 

By | 2017-06-10T23:30:05+00:00 June 10th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Mudah Membuat Shampo

About the Author: