Cara Membuat Selai Nanas Dengan Mudah? Inilah Caranya!!!

//Cara Membuat Selai Nanas Dengan Mudah? Inilah Caranya!!!

Cara Membuat Selai Nanas Dengan Mudah? Inilah Caranya!!!

Cara membuat selai nanas  salah satu jenis makanan awetan yang berasal dari buah nanas. cara membuat selai nanas terbuat  dari bahan dasar buah nanas yang segar yang dihaluskan lalu dimasak dengan ditambahkan gula hingga padat. Harga buah nanas dapat dijangkau dan banyak digunakan untuk bahan  dasar selai.

cara membuat selai nanas merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari buah-buahan yang dilumatkan,ditambahkan gula dan dimasak sampai kental. Selai juga merupakan bahan dasar untuk membuat kue nastar. Macam-macam rasa selai seperti mangga,anggur,strawberry dll

Selai juga banyak dijual ditoko-toko bermacam-macam variasi rasa. Anda dapat membuat sendiri? Selai nanas juga mengandung banyak gizi yang bermanfaaat dan tidak mengandung bahan pewarna dan pemanis makanan. Juga, dapat dilakukan sederhana untuk membuat isi kue nastar.

Selai nanas memiliki rasa yang sangat mannis sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis roti. Apakah anda tertarik untuk mencoba? Cara pembuatan selai nanas pun juga tidak begitu sulit.

Berikut Bahan Untuk Cara Membuat Selai Nanas

Bahan-bahan Cara Membuat selai nanas :

Nanas 1 ukuran sedang ( menghasilkan 4 cangkir potongan nanas )
Tepung terigu 1KG
Gula 2 gelas
2 buah kayu manis yang diserut halus
4buah cengkkeh ( jangan trlalu banyak )
½ sdt vanilli bubuk
¼ sdt garam
2 sendok makan air jeruk nipis

Cara Membuat Selai Nanas :

Sediakan wajan yang agak lebar agar mudah diaduk dan panaskan terlebih dahulu
Kupas buah nanas hingga bersih lalu hilangkan bagian seluruh mata dan bagian tengahnya. karena pada bagian mata dan bagian tengah buah nanas tidak dapat dimakan.
Setelah pengupasan, potong kecil-kecil buah nanas yang telah dikupaas tersebut lalu blender nanas hingga halus
Masak nanas dalam wajan hingga mendidih. Masukan gula pasir 300 gram, air jeruk limau, dan kayu manis kemudian aduk terus hingga tercampur rata semua adonan.
Masak terus hingga selai surut airnya atau hingga padat sambil diaduk-aduk. Aduk terus adonan selai sampai matang dan tidak berarir lagi kurang lebih sekitar 30menit
Setelah mengental dan menjadi selai, matikan api dan tambahan jus lemon. Campur dengan baik biarkan dingin sepenuhnya.
Sekarang ambil topless gelas kering dan simpan selai dapat bertahan dengan lama, setelah dingin masukkan dalam toples kecil dan tutup rapat lalu masukkan dalam kulkas biasanya mampu bertahan selama 3tahun atau lebih tanpa bahan pengawet
RAGAM OLAHAN NANAS

Nanas merupakan salah satu merupakan buah yang banyak dibudayakan didaerah tropis dan subtropis. Di indonesia pada mulanya hanya sebagai tanaman pekarangan, dan meluas dikebunkan dilahan kering diseluruh wilayah nusaantara. Tanaman ini mempunyai banyak manfaat terutama pada kulitnya.

Produk olahan dari nanas sendiri yang paling familliar dimasyarakat hanya selai nanas serta nastar,padahal produk olahan daari selai nanas sendiri banyak diaplikasikan untuk produk diantara lain :

Kue Nastar

Kue kering yang banyak disukai semua orang pada saat lebaran mempunyai bentuk yang menarik rasa yang empuk, legit,enak lembut dan lumer dimulut. . Awalnya resep kue nastar terinspirasi dari kue  Eropa yang biasanya dibuat dalam satu loyang besar yang berdiameter 2cm dengan berbagai hiasan diatas nya yang berisikan selai strawberry, blueberry atau apel, durian,kacang dll

sebenarnya kue nastar tidak hanya untuk hari raya idul fitri ataupu bulan suci ramadhan, tetepi kue nastar sendiri melambangkan datangnya keberuntungan pada hari raya imlek di negara bagi warga negara tionghoa sendiri. buah nanas juga memiliki banyak kandungan vitamin daan maanfaat bagi kehidupan sehari hari seperti untuk membantu penglihatan,mengubah glukosa menjadi energi, mencegah plak pada gigi dan gusi.

buah nanas dapat ditanam didaerah dataran rendah dengan ketinggian 100-200m dipermukaan laut, kelembapan tanah dapat menyebabkan pertumbuhan buah nanas. buah nanas terdiri dari daun yang panjang berujung tajam dalam roset yang mengilingi batang buah nanas itu sendiri.

meski bermacam-macam variasi da bentuk kue nastar tetap kue nastar original tetap terbuat dari selai nanas yang terbuat dari buah nanas

CARA MEMBUAT KUE NASTAR

Bahan Yang Diperlukan :

Tepung terigu 1/2 kg.
Telur 3 buah (kuningnya saja).
Putih telur 1 buah sebagai olesannya.
Susu bubuk 25 gram.
Wisman 1 sdm.
Butter 1 sdm +-200 gram.
Mentega 1/2 kg.
Gula halus 1/8 kg.
Tepung maizena 30 gram.
Selai nanas.

Cara Membuat Nastar :

Pertama-tama kocok bahan margarin, telurmentega, tepung maizena hingga adonan agak mengembang dan gula larut.
Lalu masukkan putih telur kemudian kocok sambil merata.
Campurkan tepung terigu, susu bubuk sedikit-sedikit sambil adonan terus diaduk secara perlahan-lahan dengan menggunakan sendok kayu.
Setelah itu ambil adonan, pipihkan, lalu beri isian selai nanas homemade. Bentuk sesuai selera, lalu beri sedikit isian dengan selai nanas yang sudah dipulung atau di bulatkan.
kemudian Bentuk sesuai selera, lalu beri sedikit isian dengan selai nanas yang sudah dipulung atau di bulatkan lalu simpan dan tata di atas loyang yang sudah dioles margarin secara tipis. Terus lakukan sampai semua adonan habis.
Setelah semua adonan beres di bentuk olesi permukaanya dengan kuning telur menggunakan kuas lalu taburi dengan parutan gula halus.
Kemudian panggang dalam oven 150 derajat celcius kurang lebih selama 20-30 menit atau sampai matang dan warnanya menjadi kecoklatan.
Jika sudah matang dinginkan nastar di atas cooling rack lalu masukkan pada wadah toples yang kedap udara.

Cake Singkong Nanas Dari Cara Membuat Selai Nanas

cake singkong nanas terbuat dari bahan lokal sebagai pengganti nasi diwilayah desa karena lahan pertanian yang mengurangi produkvitas beras.dari gizi singkong memiliki banyak serat dan kalium yang lebih banyak daripada beras.kandungan gula dalam singkong pun rendah oalahan yg cepat,mudah dan enak.

jenis olahan yang terkenal didaerah sunda bedanya makanan ini tidak dibugkus dengan daun akan tetapi makanan ini dibungkus dengan loyang.adapun bahan dan cara pembuatannya seperti uraian dibawah ini.

Bahan Membuat Kue Singkong :

  • 1 kg singkong.
  • 1 buah nanas matang, ukuran sedang.
  •  1/2 buah kelapa mua yang masih bisa diparut.
  • 1 bungkus agar-agar putih.
  • 1/2 sdt vanilli.
  • Gula pasir.

Cara Membuat Kue Singkong Nanas :

  1. Kupaslah 1 kg singkong berikut 1 butir kelapa muda. Lalu parutlah singkong dan kelapa muda tadi.
  2. Setelah keduanya selesai diparut. Aduklah hingga rata, kemudian masukkan gula pasir dan vanilli ditambah sedikit garam, agar olahan terasa lebih mantap.
  3. Jika semua dirasa sudah rata lalu masukan agar-agar dan vanilli.
  4. Parutlah nanas tersebut. Lalu masukkan kedalam adonan tadi, aduk lagi hingga merata dan kalis.
  5. Jika semuanya sudah tercampur dan rata, masukkan kedalam loyang yang sudah disediakan.
  6. Kukuslah adonan yang sudah kedalam dandang yang sudah dalam keadaan panas, Selama kira-kira 45 menit. Sambil menunggu adonan matang, Parutlah setengah butir kelapa sisa tadi untuk taburan.
  7. Setelah adonan matang, angkatlah loyang dari dandang. Kukuslah kelapa parut tadi agar tidak cepat basi.
  8. Jika adonan kue singkong nanas tadi sudah bener-bener di
  9. ngin tuangkanlah keatas alas yang datar dan siap untuk dipotong. Potonglah dadu kira-kira 3 x 3 cm. Guling-gulingkan keatas kelapa parut tadi, hingga permukan tertutup kelapa. Dan kue singkong nanas siap untuk dihidangkan.

setelah kalian pelajari semua kalian juga dapat mempelajari Inilah Alasan Cara Membuat Selai Pepaya Mudah dan Manfaat Pepaya

selai pepaya

Cara Membuat Selai Pepaya

Pepaya adalah  buah berasaldari meksiko amerika  selatan.pepaya  dapat dimanfaat daun sebagai sayuran, daging buah dapat digunakan sebagai campuran koktail buah, daun sebagai lalapan.

 

Kegunaan

Pengambilan getah pepaya dapat dilakukan pada  berumur 2-3-5 tahun. Penyadapan dapat dilakukan hingga tujuh kali dengan interval empat hari. Waktu yang digunakan pada saat pagi hari atau sore hari

 

Pemerian

Ada tigas kelamin papaya yaitu tumbuh jantan, betina dan banci bentuk buah yang memanjang dengan ujung runcing, warna muda hijau gelap. Daging pepaya berasal dari karpela.bagian tengah buah kelapa berongga biji yang bewarna kehitaman terbungkus lapisan  berlendir untuk mencengah kekeringan.

 

Manfaat  Pepaya

 

Manfaat Buah Pepaya

Pepaya memiliki  vitamin A  yang memiliki bagi kesehatan mata  pepaya juga  dapat  mempelancar  pencernaan yang sulit untuk buang  air besar. Pepaya yang setengah matang dapat digunakan untuk rujak yang digabungkan dengan buah bengkoang, nanas, jambu,belimbing dan lain-lain.

 

Manfaat Biji Pepaya

Biji pepaya dapat digunakan sebagai menurunkan kadar kolestrol dan dapat meningkatkan kadar HDL. Efek hiperlipidemia pada buah pepaya disebababkan pada kadar lemak nabati.

 

Hama Dan Penyakit

Hama pada buah pepaya dapat menyerang  antraknosa, busuk akar, busuk pangkal batang, bercak daun. Serangga pada buah pepaya dapat diketahui pada taun 2008 di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

 

Vitamin Dalam Kandungan Buah Pepaya

Pepaya memiliki antioksidan,vitamin dan mineral dapat menjaga tubuh menjadi lebih bugar. Buah pepaya juga memiliki beberapa vitamin yaitu vitamin C, vitamin B, dan vitamin A.

 

Cara  Membuat  Selai  Pepaya

 

Bahan :

  1. 500 gram pepaya matang yang sudah diambil bijinya
  2. 100 gram gula pasir
  3. 200 ml air
  4. 2 cm kayu manis
  5. 3 buah cengkih

 

Cara  Membuat  Selai  Pepaya :

  1. Blender pepaya hingga sampai halus
  2. Tuang jus diwajan dan masukkan kayu manis,cengkih dan gula pasir
  3. Aduk hingga meletup sehingga menjadi lengket.
  4. Angkat lalu simpan kedalam toples

selai pepaya nanas

 

Cara  Membuat  Selai  Pepaya  Nanas

 

Bahan  :

  1. 1 buah nanas
  2. 1 buah pepaya
  3. 400 gr gula pasir
  4. Sedikit garam
  5. 1 sdt sitrun

 

Cara Membuat Selai Pepaya Nanas :

  1. Kupas, cuci bersih parut buah nanas dan pepaya
  2. Masukkan parutan yang tadi kedalam panci masak dan aduk hingga matang
  3. Air yang surut masukkan gula dan garam aduk terus menerus hingga warna lebih cantik
  4. Jika mendapatkan tekstur yang telah diinginkan tambah sitrum dan aduk rata
  5. Pindahkan kewadah mendinginkan sebelum disimpan. Setelah sudah dingin disimpan diwadah lalu taruh kedalam kulkas.
  6. Oleskan roti tekstur hingga lembek untuk isi nastar atau roti.

 

apelpepaya

Cara  Membuat  Selai  Apel  Dengan Bahan  Pepaya

 

Bahan :

  1. 1 buahApel
  2. 200 grampepaya matang
  3. 200 gramgula pasir
  4. 1/2 sdtbubuk kayumanis
  5. 2 sdmair jeruk nipis peras

 

Cara Membuat :

  1. Blender apel dan pepaya hingga bahan halus lalu tambahkan sedikit air putih
  2. Masuk semua bahan dalam wajan tambah semua bahan tersebut
  3. Aduk semua bahan hingga sampai air menyusut,
  4. Matikan api tunggu hingga bahan dingin
  5. Masukkan semua bahan yang sudah matang kedalam wadah yang sudah diediakan
  6. Selai apel dengan bahan pepaya siap untuk disajikan
By | 2018-11-27T06:04:24+00:00 November 8th, 2018|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Selai Nanas Dengan Mudah? Inilah Caranya!!!

About the Author: