4 CARA MEMBUAT SELAI MANGGA YANG SANGAT MENARIK

//4 CARA MEMBUAT SELAI MANGGA YANG SANGAT MENARIK

4 CARA MEMBUAT SELAI MANGGA YANG SANGAT MENARIK

Cara Membuat Selai Mangga – Selai mangga merupakan salah satu olahan yang terbuat dari buah mangga segar. Rasanya yang manis dengan citarasa sedikit asam membuat mangga disukai orang banyak. Mangga merupakan buah serba guna, kenapa begitu? Karena dari buah mangga yang masih muda sampai yang matang dapat diolah menjadi camilan atau makanan yang enak.

Maka tak aneh lagi bila mangga menjadi salah satu komoditi buah yang sangat unggul di Indonesia. Walaupun kadang-kadang komoditi ini harganya sering naik turun dipasaran. Ini terjadi karena musim yang tidak terlalu jelas, dari banyak pengamatan pohon mangga ini akan menjadi mahal ketika musim panennya dipertengahan musim kemarau.

Sedangkan jika panennya mendekati musim hujan, maka harga mangga pun akan turun drastis. Dengan ini solusi terbaik adalah mengolah mangga menjadi sebuah makanan yang dapat dijajakan dengan harga yang lumayan. Misalnya mangga muda, mangga muda yang biasanya menjadi incaran para ibu hamil yang sedang nyidam ini paling enak dibuat rujak buah serut atau lutis. Rasanya yang asam sungguh membuat kesegaran yang luar biasa pada rujak.
Selain itu, mangga muda yang belum matang juga dapat diolah menjadi camilan lezat seperti manisan mangga, kripik mangga, stik mangga dan sambal mangga yang biasanya disajikan bersama ikan bakar ataupun masakan lainnya. Sedangkan untuk buah mangga yang sudah matang biasanya diolah atau di fermentasikan menjadi panganan yang unik. Misalnya menjadi resep membuat yogurt rasa mangga enak atau selai mangga seperti resep yang akan kami bagikan untuk anda.
Selai mangga dengan rasa manis mangga yang khas sering dipakai sebagai olesan roti tawar, isian roti isi serta roti sobek. Terkadang juga digunakan sebagai toping pizza buah, waffle, aneka cake dan kue kering seperti kue nastar. Walaupun banyak aneka selai buah yang beredaran diluaran seperti selai srikaya, selai coklat, selai kacang, selai strawberry, selai durian, selai nanas, selai anggur, selai buah naga, selai blueberry dan aneka olahan selai buah lainnya. Namun selai mangga menjadi favorit bagi banyak orang.
Selai mangga biasanya dijual instan siap pakai dengan kemasan plastik, cup serta jar atau botol kecil. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 25.000,-. Harga tergantung isian selai mangga sendiri serta merek atau brand yang digunakan. Walaupun praktis siap santap, sayangnya selai yang dijual diluaran itu mengandung bahan pengawet.
Dan itu akan berdampak tidak baik bagi kesehatan bisa dikonsumsi secara terus menerus. Dengan ini kami sarankan agar anda menyisikan sedikit waktu untuk meluangkan waktu membuat selai mangga sendiri dirumah. Manfaat selai mangga rumahan adalah lebih sehat karena tanpa bahan pengawet serta keluarga pun disajikan selai yang dibuat dari buah segar fress jadi lebih enak dan higienis.

Manfaat dari buah mangga untuk kecantikan

  •  Menjadikan kulit bercahaya

    Konsumsi mangga secara teratur dapat mengurangi bintik-bintik gelap, noda dan jerawat, serta menjadikan kulit bercahaya dari dalam. Sebab kandungan vitamin A dan Beta karoten dalam buah ini berfungsi untuk memulihkan, meremajakan dan meremajakan kembali sel kulit Anda.

 

  •  Pengobatan Komedo

    Percaya atau tidak, mangga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya siapkan scrub buah mangga dengan mencampurkan satu sendok teh daging buah mangga yang sudah dilumatkan, setengah sendok teh susu cair atau susu bubuk, dan sedikit madu. Gosokkan ke seluruh wajah Anda dengan gerakan melingkar. Scrub ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan komedo.

 

  • Manfaat anti-penuaan

    Antioksidan yang terkandung dalam buah mangga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan pigmentasi. Selain itu juga berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya.

 

  • Mencerahkan kulit yang terbakar matahari

    Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam mangga akan menyediakan nutrisi penting untuk mengembalikan kondisi kulit yang terbakar matahari. Jika kulit terbakar matahari, Anda bisa memanfaatkan kulit mangga yang sudah matang untuk mengobatinya. Gosokkan bagian dalam kulit mangga ke wajah dan tangan. Cuci bersih dengan air dingin setelah didiamkan 10 sampai 15 menit. Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali atau tiga kali seminggu untuk hasil maksimal. Lengkapi dengan konsumsi rutin mangga untuk mempercepat pemulihan sel kulit dari dalam.

 

  •  Masker untuk kulit sensitif

    Jika Anda memiliki kulit yang cenderung sensitif, Anda dapat membuat masker wajah dengan mencampur daging buah mangga yang sudah dihaluskan, oatmeal, susu, dan madu. Cuci wajah Anda dengan air dingin, lalu tepuk-tepuk hingga kering kemudian oleskan masker ini pada kulit wajah. Cuci bersih dengan air dingin setelah didiamkan selama 15 menit. Wajah akan menjadi lebih segar, halus, tanpa reaksi alergi.

 

Cara Membuat Selai Mangga

Cara membuat selai mangga tentu saja sangat mudah dan praktis. Anda tak akan kesulitan untuk membuatnya, bahkan bagi pemula atau ibu muda yang baru belajar memasak dan baru masuk dapur sekalipun. karena kami akan bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Selai Mangga  untuk membantu anda membuatnya sendiri. Berikut resep selai buah manggnya, cekidot!!

 

cara membuat selai mangga

Bahan-Bahan Cara Membuat Selai Mangga :

  • Daging buah mangga matang 1.250 gram (haluskan)
  • Air 150 mili liter
  • Gula pasir 400 gram
  • Garam 1/4 sendok teh

 

 Langkah Dan Cara Membuat Selai Mangga :

  1. Langkah awal masak daging buah mangga bersama air dan garam sambil diaduk hingga meletup-letup.
  2. Setelah itu masukkan gula pasir, aduk sampai mengental. Angkat.
  3. Selagi hangat, simpan selai dalam wadah kedap udara atau tertutup.
  4. Selai mangga pun siap dinikmati sebagai bahan oles makanan yang anda sukai.

 

Tips Membuat Selai (Berlaku Untuk Selai Buah Lainnya) :

  1. Pertama, yang harus anda lakukan adalah memilih buah segar. Pilihlah buah yang aromanya tercium kuat agar selai menjadi harum khas buah tesebut.
  2. Lalu anda dapat menambahkan kayu manis sebagai tambahan aroma pada selai mangga.
  3. Tips berikutnya adalah jangan memblender buah. Kenapa? jawabannya adalah karena jika diblender buah akan membutuhkan air tambahan yang dapat memperlambat proses memasak. kecuali bila buah yang akan digunakan sangat kering dan tidak memiliki banyak sari buah, diblender saja tak apa.
  4. Tips membuat selai untuk buah nanas, anda dapat menambahkan sedikit garam agar rasa nanas semakin enak dan gurih. Untuk buah strawberry dapat ditambahkan perasaan air jeruk nipis kedalam air rebusannya.
  5. Untuk menyimpan selai, pastikan toples kaca yang digunakan dengan tutup stainless steel yang sudah disterilisasi. Tutup toples selai rapat-rapat dan simpan ke dalam kulkas atau lemari pendingin agar kualitas selai dapat terjaga selama tiga bulan kedapan walaupun tanpa bahan pengawet sama sekali. Nahh selamat mencoba…

 

Baca Juga :

 

 

By | 2018-04-13T03:58:54+00:00 March 24th, 2018|Artikel|Comments Off on 4 CARA MEMBUAT SELAI MANGGA YANG SANGAT MENARIK

About the Author: