Cara Membuat Selai Coklat yang Praktis dan Enak

//Cara Membuat Selai Coklat yang Praktis dan Enak

Cara Membuat Selai Coklat yang Praktis dan Enak

Cara membuat selai coklat – Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Manfaat cokelat :

1. Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah cokelat bar dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung karena mengandung beberapa bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular berjalan lancar.

Terutama dark chocolate dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan prosentase hampir 50% dan penyakit koroner sebesar 10%. Jadi bukan sebuah masalah mengkonsumsi sebuah bar atau sepotong cokelat sehari-hari.

 

2. Menurunkan Tekanan Darah

Sama seperti sayuran yang memiliki warna yang gelap, coklat juga memiliki sifat dan manfaat yang mirip. Coklat mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan. Antioksidan membantu menurunkan tekanan darah sahabat CNI dengan memproduksi oksida nitrat. Hal ini juga menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

 

3. Menurunkan Kolesterol

Makan coklat juga membantu Anda dalam menurunkan kolesterol jahat alias low density lipoprotein cholesterol (LDL). Disamping menurunkan LDL cokalt juga meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

 

4. Anti Depresan

Coklat bisa menjadi teman sahabat ketika mengalami masalah dan sedang down. Hal ini karena cokelat mengandung serotonin yang merupakan anti depresan alami.

 

5. Kandungan Lemak Rendah

Cocoa powder yang merupakan bahan utama dalam coklat rendah lemak. tak perlu khawatir dalam mengkonsumsi coklat dalam masalah berat badan. Namun hal ini bisa berubah ketik mengkonsumsi dengan jumlah yang besar.

 

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Flavonoid, seperti yang disebutkan sebelumnya, hadir dalam cokelat dan mereka juga membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah selama 2-3 jam setelah Anda mengkonsumsinya. Dengan melebarkan pembuluh darah di otak, flavonoid meningkatkan aliran darah.

 

7. Menghindari Kelelahan Kronis

Kelelahan kronis merupakan ancaman bagi kesehatan dan kebahagiaan seseorang. Penyakit ini menyebakan sakit kepala, tubuh nyeri, jantung dan masalah pernapasan.

Tapi makan sekitar 50 gram sehari-hari coklat membantu untuk menghindari sindrom kelelahan kronis. Jika seseorang sudah menderita sindrom ini, cokelat membantu dalam memeranginya juga.

 

8. Menghambat Penuaan

Keuntungan lain dari mengkonsumsi cokelat adalah bahwa hal itu membantu dalam menghambat penuaan. Hal ini dapat menghambat kerutan prematur atau garis yang menunjukkan penuaan di wajah. Coklat mengandung antioksidan alami untuk menundanya.

 

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

Dengan mengonsumsi coklat maka kita bisa mendapatkan manfaat meningkatnya kesehatan mata kita. Hal ini dikarenakan aliran darah yang menuju ke retina meningkat dengan baik dan dapat membantu memperbaiki penglihatan dan kekuatan mata.

 

10. Mengurangi Resiko Kanker

Kakao, atau coklat, mengandung antioksidan yang menghentikan pertumbuhan kanker, dengan menyebabkan protein tertentu dalam tubuh untuk menonaktifkan bagian-bagian yang menghasilkan sel-sel tumor.

 

11. Meningkatkan Produksi Insulin Alami

Dengan mengonsumsi coklat, sama saja dengan meningkatkan produksi insulin secara alami. Hal ini juga membantu menurunkan resiko terkena diabetes lho. Dengan mengonsumsi coklat kita juga mebdapatkan energy tambahan untuk beraktifitas kembali.

 

12. Menghaluskan Kulit

Flavanols yang terdapat pada coklat bisa melindungi dari sinar UV, menjaga kelembaban kulit dan menjaganya untuk tetap bersinar. Coklat juga membantu mempertahankan elastisitas kulit dan meremajakan sel-sel kulit sahabat CNI. Jadi bintik-bintik hitam, kulit kasar akan jauh.

 

13. Membantu untuk Menurunkan Berat Badan

Coklat bukan hanya memberikan efek senang akan tetapi juga dapat membantu dalam program diet.

 

14.Sangat Baik untuk Kesehatan Otak

Kamu mungkin akan kaget kalau coklat juga bisa bikin cerdas lho. Coklat yang bisa membuat syaraf-syaraf rileks dapat membantu system kerja otak yang bekerja untuk mengontrol semua organ. Termasuk rasa senang yang akan membuat enjoy untuk beraktifitas.

Begitu banyak manfaat dari cokelat, selain itu cokelat juga bisa di jadikan selai.

Selai coklat adalah pasta rasa coklat yang biasa di jadikan olesan roti pada roti tawar dan roti bakar maupun pastri atau waffle atau wafer. Meskipun selai coklat tersebut memiliki rasa, aroma, dan wujud seperti coklat namun selai tersebut bukan murni coklat.

Pasta tersebut mengandung kokoa dan minyak sayur atau minyak kelapa, dan juga mengandung gula, susu dan perasa tambahan. Dari masa ke masa selai tersebut juga sering di kombinasikan seperti dengan kacang dan madu. Selai coklat tersebut biasanya di jual dalam kemasan toples maupun plastik.

begitulah manfaat dari cokelat, oleh karena itu saya disini akan membuat artikel cara membuat selai coklat.

 

Berikut cara membuat selai coklat

Siapkan bahan-bahan untuk cara membuat selai coklat

  1. 3sdm tepung terigu
  2. 3sdm coklat bubuk
  3. 6sdm gula pasir
  4. 1 sachet SKM coklat
  5. 250ml air, susur cair/ susu UHT
  6. 1/2 sdm mentega

NB : Kualitas selai coklat tergantung bahan kualitas yang anda pakai

 

Langkah-langkah cara membuat selai coklat

  1. Campurkan semua bahan kecuali mentega (campur coklat bubuk dengan susu cair sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal), aduk hingga rata.
  2. Tuang kedalam panci, masak dengan api kecil sambil diaduk terus menerus hingga mengental , matikan api, tambahkan mentega, aduk hingga rata.
  3. Tunggu dingin dan setelah itu selesai. Kalau mau lebih awet simpan di dalam kulkas

Begitu cara membuat selai coklat, Terimakasih dan selamat mencoba.

 

Peluang Usaha membuat selai cokelat :

– Buatlah Kemasan yang Menarik

Hal yang harus anda perhatikan untuk menentukan keberhasilan bisnis anda adalah kemasan yang menarik untuk produk.

Karena memang produk selai yang nantinya dihasilkan akan dijual maka untuk menarik perhatian pelanggan maka dibutuhkan kemasan yang unik dan beda dari yang lain untuk mengatasi persaingan dengan produk lain yang juga sama sama menjual selai coklat.

 

– Keunikan Bahan dan Rasa

Rasa dan juga bahan yang digunakan dalam usaha selai coklat anda juga harus anda perhatikan sebagai kunci sukses usaha anda .Untuk menaikkan persaingan produk selai coklat anda, kualitas dan bahan produk memang hal yang paling utama dalam menjalankan sebuah usaha.

Karena jika kualitas dari produk anda berada di bawah ekspektasi, maka usaha yang anda jalankan tidak akan bertahan lama kemudian bisa saja anda bangkrut. Oleh karena itu dalam menjalankan peluang usaha selai coklat yang harus anda perhatikan adalah dari segi kualitas rasa dan bahan sebagai kunci sukses dari usaha anda.

– Pemasaran dengan Jangkauan Luas

Hal terpenting dari usaha selai coklat yang anda geluti adalah memiliki pemasaran dengan jangkauan yang luas, apalah arti sebuah produk jika tidak mampu untuk dipasarkan .Pemasaran ini dapat dilakukan dengan menitipkan selai anda di pusat perbelanjaan di daerah anda, atau bahkan jika anda mampu untuk mengekspornya lintas provinsi itu lebih baik sehingga pemasaran produk anda akan lebih luas dan tidak hanya berada di sekitar rumah saja.

Strategi Penjualann Selai Cokelat Agar Cepat Laku :

– Buatlah kemasan selai coklat yang sederhana namun nampak elegan dan menarik. Perhatikan juga kebersihan kemasan karena sangat berpengaruh kepada kepuasan pembeli.

– Promosi sangat berpengaruh. Lakukan promosi sebaik mungkin, gunakan media elektronik karena banyak orang yang banyak mengetahui suatu hal dari sini.

– Berjualan di event yang banyak didatangi orang juga menjadi salah satu cara promosi yang efektif untuk mepromosikan produk selai coklat Agar bisnis cepat berkembang, tidak ada salahnya untuk mencoba bekerjasama dengan rumah makan, warung makan atau pun kedai tempat orang sering nongkrong dengan cara menitipkan barang dagangan anda.

– Analisa usaha selai coklat anda dengan membandingkan produk anda dengan produk selai coklat lain lalu temukan kekurangan selai coklat anda sehingga anda bisa membenahi kekurangan

Selamat mencoba bisnis nya gan, Semoga bermanfaat. Terima kasih telah melihat artikel cara membuat selai coklat. klik untuk lihat cara mudah membuat selai stawberry

 

By | 2018-04-09T07:41:49+00:00 March 21st, 2018|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Selai Coklat yang Praktis dan Enak

About the Author: