Select Page

Cara membuat rainbow cake yang menggugah selera itu lumayan mudah. Tapi tunggu dulu, apa itu rainbow cake? rainbow cake adalah adalah kue berlapis dengan perpaduan warna pelangi. dan cara membuat rainbow cake yang menggugah selera ini sengaja dibuat oleh Kaitlin saat pesta perpisahan sahabatnya.

Kecintaan sahabatnya pada pelangi dan lemon, cara membuat rainbow cake yang menggugah selera membuat kaitlin ingin memberikan sesuatu yang berbeda.

Mereka ingin membuat kue di mana saat dipotong akan memberikan nuansa pelangi dengan aroma citrus. Cara membuat rainbow cake saat ini sedang banyak digemari oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang menyukai cake. Selain mempunyai rasa yang enak, tampilan rainbow cake sendiri sangatlah cantik, dengan warna pelangi.

Rainbow cake ini menjadi sangat populer sekali setelah ramai diperbincangkan dalam jejaring sosial. Bahkan ada salah satu acara televisi Amerika The Martha Stewart Show pun tertarik untuk mengulasnya. Dalam acara ini Kaitlin Flanerry si penulis blog whisk-kids sekaligus penullis resep rainbow cake diundang langsung pada bulan April 2010.

Asal mula cara membuat rainbow cake ini sebenarnya berasal dari seorang mahasiswi bernama Kaitlin Flanerry yang tinggal di negara Amerika Serikat. Kaitlin pada awalnya ingin bermaksud untuk membuat sesuatu yang berkesan bagi teman kuliahnya yang akan pindah ke daerah lain dengan membuatkan sebuah kue untuk dessert..

Mereka ingin membuat kue di mana saat dipotong akan memberikan nuansa pelangi dengan aroma citrus. Cara membuat rainbow cake ini pun akhirnya dipamerkan kaitlin dalam blog pribadinya (whisk-kids) dan menarik perhatian banyak orang yang mengunjungi blognya.

Cara Membuat Rainbow Cake

rainbow

Bahan yang di Butuhkan Untuk Membuat Rainbowcake:

  • 3 ons tepung terigu
  • 12 butir telur
  • 2 ons gula pasir
  • 250 ml susu cair
  • 2 sendok teh emulsifier/pengembang roti (SP, Buggerman, dsb)
  • Selai (selai nanas, blueberry, strawberry, atau lainnya menurut selera)
  • Margarine(1 ons)
  • Pewarna makanan menurut selera

adonan rainbow cake

Cara Membuat Rainbowcake:

    1. Masukkan 3 bahan sekaligus yaitu telur, gula pasir, dan emulsifier kemudian kocok hingga mengembang. Jika tidak mempunyai mixer bisa menggunakan pengocok telur manual namun harus dengan kecepatan yang konstan.
    2. Masukkan susu cair dan tepung terigu (jangan dimasukkan langsung semuanya tapi sedikit demi sedikit) sambil terus dikocok hingga benar-benar rata.
    3. Adonan yang sudah tercampur rata kemudian dibagi menjadi 4 bagian yang sama lalu diberi warna berbeda.
    4. Tuangkan masing-masing adonan yang sudah diberi warna pada loyang berukuran 22 cm x 22 cm. Sebelumnya loyang harus diberi lapisan kertas roti dan dioles margarine (mentega) supaya tidak lengket.
    5. Kukus adaonan hingga matang (kurang lebih 30 menit). Setelah matang biarkan menjadi dingin.
    6. Oleskan selai pada permukaan masing-masing kue Rainbow Cake untuk menyatukan keempat bagian tersebut lalu dipotong dengan ukuran sesuai selera kita.

Manfaat Bahan Dasar Rainbowcake:

Tepung Trigu

tepung trigu2

Tepung terigu merupakan salah satu bahan makanan yang dibuat dari biji gandum yang berbentuk serbuk atau butiran sangat halus berwarna putih. dan tepung terigu ini merupakan salah satu jenis tepung yang sering digunakan manusia dalam membuat berbagai jenis makanan dan masakan. Tidak hanya itu, tepung trigu  juga digunakan dalam pembuatan rainbow cake yang menggugah selera loh.

Misalnya, terigu bisa digunakan sebagai bahan pokok dalam pembuatan mie, roti, biskuit, dan bubur. Tepung trigu juga  sangat penting dalam pembuatan cara membuat rainbow cake loh.

Manfaat Lain yang Dapat Diperoleh dari Tepung Terigu

Selain sebagai bahan pembuatan makanan, tepung terigu memiliki manfaat lain yaitu sebagai berikut.

  • Mengatasi Luka Bakar

Apabila kita terkena luka bakar, misalkan tidak sengaja terkena air mendidih ketika masak, kita dapat menggunakan tepung terigu untuk mengatasi masalah luka bakar yang kitda alami. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara mencelupkan tangan kita yang terkena luka bakarke dalam tepung terigu kurang lebih selama 10 menit.

Hasilnya, tangan kita yang tercelup air mendidih tersebut tidak akan terasa sakit maupun berwarna merah. Namun apabila luka bakar tersebut tidak terletak pada tangan, kita dapat menaburkan tepung terigu pada luka bakar tersebut.

  • Membuat Logam Berkilau

Apabila ceret dapur, lampu tembaga maupun barang kerjaninan lain kepunyaan kita yang terbuat dari logam terlihat usang karena dimakan waktu, kita dapat menggunakan tepung terigu untuk mengembalikan kilau barang-barang tersebut.

Caranya cukup mudah, campurkan tepung terigu dengan cuka putih dan garam secukupnya hingga membentuk pasta kemudian oleskan pada barang-barang tersebut hingga kering. Setelah itu, hilangkan tepung terigu dari barang-barang tersebut dengan menggunakan kain yang lembut.

  • Sebagai Sampo Kering

Apabila kita sedang terburu-buru dan rambut terasa berminyak, kita dapat menggunakan tepung terigu untuk mengatasi hal tersebut.  Caranya cukup mudah dengan taburkan sedikit tepung terigu pada akar rambut dan sisir hingga tepung terigu hilang secara merata. Hal ini dkarenakan tepung terig dapat menghilangkan minyak dalam rambut kita sehingga rambut tidak akan terlihat lepek.

  • Mencerahkan Kulit

Dengan takaran yang tepat, tepung terigu dapat kita jadikan masker agar membuat kulit kita terlihat lebih sehat dan cerah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan tepung terigu dengan 1 sendok makan yogurt dan sedikit bubuk kunyit untuk dijadikan masker. Aplikasikan masker pada wajah dan biarkan selama 25 menit, kemudian basuh dengan air hangat.

  • Membantu Mengatasi Jerawat

Selain dapat membuat kulit cerah, tepung terigu juga dapat dijadikamn masker untuk membantu mengatasi jerawat. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan tepung terigu, madu, teh hijau hangat yang sudah di seduh serta beberapa tetes lemon untuk dijadikan masker. Aplikasikan masker pada jerawat dan tutupi dengan plester selama semalaman, dan bersihkan pada keesokan harinya.

  • Sebagai Lulur

Tepung terigu ternyata juga bisa digunakan sebagai lulur untuk detoksifikasi kulit. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan teung terigu dan anggur yang telah dihancurkan hingga menjadi adonan yang pas untuk lulur. Aplikasikan pada tubuh sebagai lulur dan diamkan selama lebih dari 15 menit, kemudian mandilah dengan air hangat.

Gula Pasir

Gula pasir juga penting dalam adonan cara membuat rainbow cake yang menggugah selera loh guys. kuyyy kita simak lebih dalam…

Gula Pasir

1. Meredakan Nyeri Haid

Ternyata kandungan gula juga bermanfaat meredakan nyeri dan kram haid yang kerap membuat wanita tidak nyaman. Gula juga dapat memperbaiki mood dan meredakan rasa pegal-pegal ketika haid.

Cobalah secangkir teh yang hangat beraroma peppermint dengan sedikit tambahan gula batu yang tidak mengandung lemak dan kolesterol.

2. Menghaluskan Kulit Wajah dan Bibir

Scrub wajah di rumah habis? Coba deh membuat scrub sendiri yang menggunakan gula pasir dan madu murni. Oles pada permukaan kulit wajah dan bibir lalu pijat perlahan dengan gerakan memutar.

Diamkan hingga 15 menit lalu bilas dan keringkan. Gula pasir juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

3. Meningkatkan Energi Dengan Cepat

Gula yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa yang akan menghasilkan energi dengan cepat. Oleh karena itu, gula baik dikonsumsi saat tubuh lemas dan kelelahan, misalnya setelah berolahraga, saat bangun tidur, saat dehidrasi, dan sebagainya.

4. Meredakan Stres

Tak heran saat kita dilanda stres, cokelat dan es krim menjadi obat yang mujarab. Ternyata gula memang mengandung hormon dopamine yang bisa dapat menimbulkan rasa bahagia dan meredakan stres.

5. Tekanan Darah

Saat seseorang menderita tekanan darah rendah, kepala sering terasa ringan dan pusing, bahkan tubuhnya bisa sangat lemas sekali, limbung lalu jatuh pingsan.

Hal ini disebabkan oleh kurang lancarnya aliran darah dan oksigen ke otak. Kondisi seperti ini salah satunya dapat diatasi dengan mengonsumsi gula yang berguna sebagai sumber energi.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Saat sulit berkonsentrasi dalam mengerjakan suatu hal, itu tandanya tubuh kita butuh gula. Dengan cepat gula akan meningkatkan fungsi otak sehingga bisa bekerja dengan lebih baik.

Namun pastikan kita tidak terlalu banyak mengonsumsi gula karena berakibat buruk bagi kesehatan, seperti obesitas dan diabetes. Untuk orang dewasa, takaran harian gula pasir yang diperbolehkan biasanya maksimal 50gram atau sekitar lima sendok makan.

7. Menyembuhkan Luka

Ternyata menaburkan gula di atas luka sudah dilakukan sejak 1700 SM oleh para tabib di daerah Mesir. Gula mengandung antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme serta bisa mengurangi pembengkakan. Selain itu gula juga dapat merangsang jaringan kulit untuk beregenerasi.

Susu Cair

Susu cair juga sangat penting dalam cara membuat rainbow cake loh, berikut manfaat susu cair bagi kita.

susu cair1

1. Susu yang Rendah Lemak

Manfaat Susu Ultra mengandung lemak yang rendah. Ini amat baik untuk kesehatan tubuh. Susu biasanya lemaknya tinggi, kalau ultra ini rendah.

Cocok di minum oleh mereka yang sedang ingin minum susu, tapi tidak mau kena obesitas. Sungguh cocok diminum dikala diet. Tapi sebaiknya minumnya cukup sekali saja dalam sehari dengan takaran maksimal 250 ml.

2. Mengandung Protein

Susu Ultra mengandung banyak protein yang baik sekali manfaatnya untuk tubuh. Tahukah apa kegunaan protein? Protein pada susu biasa gunanya adalah untuk merangsang perkembangan jaringan sel dan otot. Membuat otot-otot dan jaringan tubuh jadi memiliki regenerasi cepat dan pertumbuhan yang maksimal.

3. Kalsium yang Tinggi

Khasiat Susu Ultra dengan kandungan kalsiumnya yang tinggi baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Membuat tulang jadi tidak mudah keropos dan terkena gangguan tulang seperti aterosklerosis. Selain itu, gigi juga jadi lebih kuat dan tidak gampang tanggal.

4. Sumber Kalori

Manfaat Susu Ultra ampuh sekali sebagai sumber kalori. Tiap manusia membutuhkan kalori sebagai sumber energi. Orang yang kekurangan kalori akan punya tubuh yang lemas. Untuk itu, penuhilah kebutuhan kalori ini dengan minum susu ini.

5. Sebagai Sumber Natrium

Natrium adalah zat mineral yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur fungsi metabolisme dan keseimbangan air dalam tubuh. Jika kekurangan natrium, maka tubuh akan rentan jatuh sakit. Natrium pada susu ultra ini jumlahnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita.

6. Tinggi Kadar Kalium

Kalium adalah salah jenis zat garam dalam tubuh yang fungsinya sebagai elektrolit yang mengatur arus listrik dalam tubuh. Tidak hanya kabel saja yang mengandung listrik. Tubuh manusia sebenarnya juga mengandung listrik. Untuk itu penuhilah kalium ini dengan manfaat susu ultra ini.

7. Mengandung Banyak Vitamin

Khasiat susu ultra sebagai sumber vitamin yang baik untuk tubuh. Vitamin tidak hanya didapatkan dari sumber makanan tetapi alami yang segar. Terkadang susu pabrikan yang dikemas dengan sistem UHT seperti ini pun banyak mengandung vitamin yang melimpah.

8. Menghilangkan Rasa Lapar

Minum susu ultra itu sangat ampuh dalam menghilangkan rasa lapar. Cocok untuk para individu yang memiliki kegiatan super padat dan belum sempat makan. Kalau lapar, coba saja minum susu ini. Pasti perut yang tadinya keroncongan jadi kenyang.

9. Memperbaiki Mood yang Buruk

Jika kamu sedang punya mood yang buruk tak ada salahnya mencoba manfaat dan khasiat susu ultra yang ampuh sekali sebagai mood stabilizer.

10. Mencegah Dehidrasi

Selain itu, susu ultra juga diyakini bisa menjadi obat alami depresi. Karena rasa lezatnya dan membuat manusia lupa pada kesedihannya.

Efek Samping Mengkonsumsi Rainbow Cake yang Menggugah Selera

Cara membuat rainbow cake juga mempunyai efek samping loh… mau tahu? yuk kita simak kembali.

1. Gizi Tidak Berimbang

Ketika masuk kedalam tubuh, gula akan dirubah menjadi energi dan membuat si kecil kenyang lebih lama. Nah, kondisi ini akan menurunkan nafsu makan si kecil sehingga kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi. Padahal tubuh si kecil membutuhkan asupan nutrisi lain seperti lemak, vitamin, protein, mineral dan nutrisi lainnya.

2. Kerusakan Gigi

Kandungan gula yang tinggi secara perlahan akan menyebabkan kerusakan pada lapisan gigi si kecil. Hal ini terjadi karena sisa makanan manis akan memicu bakteri sehingga menyebabkan asam pada gigi yang menyebabkan gigi berlubang.

3. Diabetes

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan manis adalah salah satu pemicu timbulnya penyakit gula darah. Nah, jika si kecil memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula berlebih maka bukan tidak mungkin akan terkena penyakit ini di usia muda. Maka dari itu berikan kontrol terhadap anak dalam mengkonsumsi makanan manis.

4. Obesitas

Asupan gula berlebih berarti kalori tubuh meningkat sehingga hal ini beresiko menyebabkan terjadinya penimbunan lemak di dalam tubuh. Lama kelamaan akan memicu resiko obesitas atau kelebihan berat badan.

5. Kanker Pankreas

Mengkonsumsi makanan atau minuman manis dengan kandungan gula yang cukup tinggi bisa memicu penyakit kanker pankreas. Hal ini sangat rentan menyerang anak-anak usia dini jika tidak segera ditangani secepat mungkin. Berikan batasan pada anak dalam mengkonsumsi makanan manis.

6. Sugar Rush

Sugar rush terjadi saat balita mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi, seperti donat, bolu, cupcakes, atau muffin. Makanan ini cepat diserap dan dicerna tubuh sehingga gula darah meningkat cepat lalu turun lagi.

Kenaikan gula darah ini memompa energi balita dan berdampak buruk pada konsentrasinya. Jaga dan batasi asupan makanan anak yang mengandung gula tinggi. Cobalah berikan kue buatan sendiri atau buah-buahan sebagai gantinya.

7. Kehilangan Nafsu Makan

Apa yang terjadi jika balita makan makanan manis sebelum jam makan? Makanan manis memiliki kalori tinggi sehingga memberikan efek kenyang sesaat. Dampaknya? Balita pasti malas makan karena sudah merasa kenyang.

Karena itu, hindari memberikan makanan manis apa pun sebelum jam makan. Kita dapat membuat jadwal kapan anak boleh makan makanan manis.

8. Menurunkan Kemampuan Otak

Gula diketahui dapat mempercepat proses penuaan sel, begitu pula sel-sel otak. Maka dengan mengonsumsi banyak gula, sel-sel otak cenderung akan mengalami penurunan fungsi lebih cepat. Sehingga anak akan malas belajar dan kesulitan menangkap pelajaran.

9. Dugaan Hiperaktif

Pada tahun 1973, Benjamin Feingold, seorang ahli alergi, mengatakan bahwa gula dan pewarna buatan memperburuk dan memicu hiperaktif pada anak. Beberapa orang tua juga melaporkan bahwa anak-anaknya yang berkebutuhan khusus, menjadi hiperaktif setelah mengkonsumsi berbagai makanan terutama permen dan makanan yang manis-manis.

Ini menjadi salah satu alasan bagi mereka untuk membatasi asupan makanan manis seperti cokelat, permen, dan kue kepada anak-anaknya, terutama pada malam hari.

Mereka percaya bahwa anak-anak mereka mengalami kesulitan untuk bersantai atau tidur setelah mengkonsumsi gula pada malam hari. Namun, keterkaitan antara gula dan hiperaktivitas pada anak-anak masih menjadi bahasan yang kontroversial sampai saat ini.

10. Dampak Adiktif atau Kecanduan

Kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi juga akan membuat anak kecanduan. Mereka akan meminta lagi dan lagi. Padahal, untuk memenuhi kebutuhan energinya, anak bisa mendapatkannya dari karbohidrat  kompleks yang jauh lebih sehat.

Karena efek candu inilah, semakin banyak gula yang masuk ke dalam tubuh anak, semakin tinggi pula keinginan si kecil untuk menyantap yang manis-manis.

Pasalnya, konsumsi gula berlebihan akan mengakibatkan peningkatan kadar gula darah, yang kemudian diikuti dengan produksi hormon insulin dalam jumlah besar. Kelebihan kadar insulin dalam darah inilah yang kemudian memicu sensor pada otak untuk menyantap gula lebih banyak lagi.

 

Sekian cara membuat cake rainbow yang menggugah selera ini, semoga resep ini bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimaksih.

× Whatsapp Kami!