Select Page

Pada saat musim hujan, segala macam gorengan yang renyah dan hangat tentu menjadi camilan yang begitu menggugah selera. Apalagi, jika gorengan tersebut merupakan pisang goreng yang bagian luarnya gurih, Kali ini saya akan membagikan cara membuat pisang crispy mantap.

Cara Membuat Pisang Crispy

cara membuat pisa crispy

Mmm, rasanya udah kebayang kan bagaimana enaknya pisang goreng ini.Cara membuat pisang goreng yang enak, renyah dan legit menggigit di rumah, sebenarnya sangat mudah kok ladies. Mau tahu cara membuat atau resepnya? Simak yang berikut ini.

1. Pisang Crispy Goreng

Kriuk dari pisang goreng krispi pasti membuat siapa pun tergoda untuk menyantapnya. Nah, tahu nggak sih, cara membuat pisang goreng krispi ternyata sangat mudah lho.

Bahan-bahan:

  • 10 buah pisang kepok
  • 250 gram tepung beras
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt kapur sirih
  • 1/2 sdt baking powder
  • vanili
  • 1/2 butir telur ayam
  • Air secukupnya
  • 1 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Pisang Crispy Goreng:

  1. Kupas pisang kepok, belah menjadi dua bagian, kemudian sisihkan.
  2. Campur semua bahan kriuk sampai tidak ada tepung yang menggumpal, pastikan tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.
  3. Celupkan pisang kepok ke dalam adonan tepung.
  4. Goreng dalam minyak panas.
  5. Tuangkan juga sedikit adonan di atas pisang yang sedang digoreng agar kriuknya banyak. Goreng hingga pisang berwarna cokelat keemasan.
  6.  Angkat, lalu tiriskan dan pisang goreng krispi siap dihidangkan.

2. Pisang Crispy Homemade

Meski cara membuat pisang goreng ini dilakukan di rumah, namun hasilnya tak kalah nikmat dari hasil buatan penjual gorengan. Nah, berikut ini cara membuat pisang goreng rumahan.

Bahan-bahan:

  • 5 buah pisang
  • 10 gram mentega
  • 50 gram tepung beras
  • 100 gram tepung terigu
  • 10 gram susu bubuk
  • 50 gram gula pasir
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Pisang Crispy Homemade:

  1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, mentega, susu, dan gula. Aduk hingga merata. Tambahkan garam sesuai selera.
  2. Belah pisang menjadi dua. Celupkan ke dalam adonan.
  3. Panaskan minyak goreng di wajan dan goreng pisang hingga berwarna cokelat keemasan.
  4. Pisang goreng siap disajikan

3. Pisang Crispy Sederhana

Cara membuat pisang goreng satu sangat mudah dan bisa dipraktikkan oleh siapa pun. Berikut ini cara membuat pisang goreng sederhana.

Bahan-bahan:

  • 1 sisir buah pisang kepok matang
  • 4 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 1 sdm tepung beras
  • Garam (secukupnya)
  • Bubuk vanili (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Air (secukupnya)

Cara Membuat Pisang Crispy Sederhana:

  1. Kupas pisang kemudian belah jadi dua.
  2. Campur tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras dan bubuk vanili secukupnya.
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan yang cukup encer. 4. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Koreksi rasa jangan sampai terlalu asin atau manis.
  4. Celupkan buah pisang yang telah dikupas ke dalam adonan tepung, goreng dengan api sedang.
  5. Goreng pisang hingga berwarna kuning keemasan, bagian luarnya renyah dan dalamnya matang sempurna.
  6. Angkat pisang yang telah matang, sajikan selagi masih hangat.

4. Pisang Goreng Crispy Cokelat

Pisang goreng coklat merupakan variasi dari pisang goreng yang disukai anak-anak hingga remaja. Perpaduan lembutnya pisang dan manisnya cokelat sangat menggugah selera. Berikut ini cara membuat pisang goreng.

Bahan-bahan:

  • 5 buah pisang kepok matang, belah menjadi dua bagian
  • 60 gram tepung terigu serbaguna
  • vanili bubuk
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 butir telur ayam yang sudah dikocok lepas untuk adonan dan telur kocok untuk mencelupkan pisang
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya
  • 20 gram susu bubuk
  • Tepung roti secukupnya
  • 20 gram margarin yang sudah dilelehkan
  • Bahan isi pisang goreng coklat
  • Coklat blok yang sudah disisir halus atau diparut secukupnyaGula pasir secukupnya

Cara Membuat Pisang Crispy Cokelat:

  1. Campurkan bahan adonan yaitu, tepung terigu, telur, margarin, gula, dan garam. Aduk sampai semua bahan adonan tercampur rata.
  2. Dadar adonan di atas teflon datar sampai matang. Lakukan tahap ini sampai semua adonan selesai dimasak.
  3. Ambil satu lembar kulit yang sudah dibuat, tata pisang yang sudah dipotong kecil memanjang, taburi dengan coklat dan gula pasir.
  4. Gulung kulit dengan rapat, kemudian gulingkan pada tepung terigu, lalu celupkan ke telur yang sudah dikocok, gulingkan kembali pada tepung roti sampai semua permukaan tertutupi.
  5. Goreng dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan minyak jika sudah matang.
  6. Pisang goreng coklat siap disajikan.

5. Pisang Crispy Coklat Keju

Cara membuat pisang goreng coklat keju crispy memang agak sedikit berbeda dari cara membuat pisang goreng pada umumnya. Namun, rasanya dijamin bikin ngiler.

Bahan-bahan:

  • 1 sisir pisang kepok atau pisang uli yang belum terlalu matangkeju cheddar parut secukupnyacoklat meses secukupnyasusu kental manis secukupnyaminyak untuk menggoreng
  • Bahan celupan:
  • 150 gr tepung terigu
  • 1 sdm tepung beras
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • air secukupnya
  • Bahan kremesan
  • 150 gr tepung beras
  • 2 sdm tepung sagu
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 btr kuning telur
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • air secukupnya

Cara Membuat Pisang Crispy Cokelat Keju:

  1. Belah pisang kepok menjadi 3-4 bagian namun jangan sampai putus di salah satu ujungnya. Lebarkan ujung yang terbelah lepas sehingga membentuk seperti kipas. Sisihkan.
  2. Membuat adonan celupan. Satukan semua bahan celupan kedalam wadah, tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga merata dan membentuk adonan. Tekstur adonan untuk celupan adalah lembek namun tidak encer, seperti membuat adonan untuk pisang goreng biasa. Sisihkan.
  3. Membuat adonan kremesan. Satukan semua bahan untuk kremesan kedalam wadah, tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tercampur merata. Tekstur adonan untuk kremesan jauh pebih encer dari adonan celupan. Kurang lebih seperti adonan untuk membuat rempeyek, encer dan mudah dituang. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak yang banyak dengan api sedang, minyak harus sudah benar-benar panas baru pisang bisa digoreng.
  5. Ambil 1 sendok sayur adonan kremesan, tuang kedalam minyak panas dari jarak yang agak renggang sehingga adonan pecah saat bertemu minyak. Nantinya, kremesan akan timbul ke permukaan minyak, kumpulkan menggunakan spatula.
  6. Ambil satu buah pisang, celup kedalam adonan celupan. Goreng pisang dengan cara meletakannya diatas kremesan yang mengapung di permukaan minyak. Gulingkan pisang sedemikian rupa hingga kremesan menyelimuti seluruh permukaan pisang. Lakukan hal yang sama terhadap semua sisa pisang dan adonan.
  7. Goreng pisang hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  8. Sajikan pisang goreng crispy dengan topping siraman susu kental manis, parutan keju dan coklat butiran/meses.

6.Pisang Crispy Renyah

Saya selalu bikin cemilan terutama kesukaan suami, nah ini salah satunya.. katanya enak.. klo udah buat ini pasti klo udah ngunyah ambil lagi dan lagi..

Bahan-bahan:

  • 2 buah pisang kepok belah 3 memanjang jadi 6 keping (hanya punya sisa segitu abis buat piscok)
  • Bahan adonan :
  • 3 sendok tepung terigu
  • 4 sendok tepung beras rosebrand
  • 1 sdt mentega
  • 1.5 sendok gula pasir
  • Kunyit bubuk (agar warna pisang gorengnya bagus menguning)
  • Sedikit Garam
  • Secukupnya air

Cara Membuat Pisang Crispy Renyah:

  1. Campurkan bahan adonan, adonan tidak terlalu kental agak sedikit encer
  2. Lalu masukan pisang, goreng dengan api sedang. Jika sudah terlihat garing dan menguning angkat dan tiriskan.

7.Pisang Crispy Thailand

Bagi teman teman yang lagi mencari ide bisnis atau ide jualan untuk bulan puasa Pisang goreng crispy ala thailand ini bisa menjadi salah satu menunya.

Bahan-bahan:

  • 7 buah pisang Gedah / Awa / jenis pisang apa saja yang bisa digoreng
  • 10 sdm tepung beras
  • 6 sdm tepung terigu protein sedang
  • 4 sdm kelapa parut
  • sejumput garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt soda kue
  • 2 sdm wijen
  • 1/2 sdt vanili bubuk (opsional)
  • 250 ml air

Cara Membuat Pisang Crispy Thailand:

  1. Buat adonan tepung: Campur semua bahan, aduk sampai rata
  2. Kupas pisang dan pipihkan
  3. Masukkan adonan pisang ke dalam tepung
  4. Goreng pisang dalam minyak cukup panas menggunakan api sedang, soreng setengah matang, angkat pisang masukkan kembali ke dalam adonan tepung kemudian goreng untuk yang kedua kalinya. Goreng sampai warna kuning keemasan dan matang
  5. Beri toping sesuai selera
  6. Selamat Mencoba

8.Pisang Crispy Goreng Pasir

Bosen sama pisang goreng biasa. Ini coba buat pisang goreng pasir, dan ternyata endolll banget rasanya… Crispy banget. Ini makannya dicocolin ke coklat leleh… Yummyyyyy…. Cuma ga kefoto aja coklatnya. Keburu habis

Bahan-bahan:

  • 1 sisir pisang kepok
  • 5 sdm tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • Secukupnya Tepung panir
  • Minyak untuk menggoreng
  • Coklat leleh untuk cocolan

Cara Membuat Pisang Crispy Goreng Pasir:

  1. Kupas pisang, belah jadi 2 (saya cuma saya sayat-sayat supaya matang sampai dalam)
  2. Larutkan tepung terigu dengan air. Tambahkan gula dan garam. Kekentalan dikira-kira Aja ya….
  3. Celupkan pisang ke dalam adonan tepung dan gulungkan ke tepung panir. Remas2 sampai tepung panir menempel…
  4. Goreng dengan minyak panas Dan api sedang sampai kekuningan
  5. Tiriskan. Sajikan dengan coklat dan akan lebih cocok kalo dimakan dengan singkong keju lho.ini cara membuat singkong keju mudah anda bisa mencobanya dirumah.

Segudang Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

ca membuat pisang crispySiapa yang tidak kenal dengan buah pisang? Rasanya yang mantap dan harganya yang terjangkau membuat buah ini banyak digemari oleh orang. Namun, jangan hanya suka makan buahnya saja. Cari tahu juga manfaatnya untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut berbagai manfaat buah pisang yang perlu Anda ketahui.

  • Baik Bagi Pencernaan

Jika Anda pernah mendengar istilah flu perut atau pernah mengalami keracunan makanan, maka pisang merupakan pilihan yang tepat untuk menenangkan masalah perut Anda. Tekstur pisang yang lembut membuat makanan ini dapat dengan mudah melewati saluran cerna.

Kandungan kaliumnya juga membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh Anda. Tak hanya itu, kandungan serat dalam buah ini juga membantu menambah kepadatan feses dan meredakan diare.

Satu lagi manfaat pisang bagi pencernaan adalah meringankan masalah morning sickness pada ibu hamil. Karena buah satu ini kaya akan kandungan vitamin B6. Vitamin B6 memang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama kehamilan guna mengurangi masalah mual dan muntah.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Selain membantu menggantikan elekterolit yang hilang dari tubuh, kandungan kalium dalam pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

American Heart Association (AHA) menganjurkan para penderita hipertensi untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah.Proses ini karena kalium berperan dalam menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dalam tubuh.

Namun, manfaat pisang yang satu ini tidak akan bekerja secara efektif bila Anda tidak mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan lemak. Jadi selain makan buah ini, Anda juga diharuskan untuk menerapkan pola makanan sehat yang kaya nutrisi.

  • Menurunkan Risiko Stroke

Faktanya, kalium yang terkandung dalam buah ini juga dapat membantu menurunkan risiko stroke. Terutama untuk wanita usia lanjut yang telah melewati masa menopause.

Hal ini berhasil dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa wanita pasca menopause yang rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi makanan berkalium sama sekali.

  • Meningkatkan Stamina Olahraga

Minuman olahraga memang dapat membantu menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang hilang. Sayangnya, minuman jenis ini biasanya mengandung gula dan bahan buatan lainnya. Sebagai gantinya, Anda bisa makan buah pisang sebelum olahraga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pisang dapat dijadikan bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang. Bahkan, buah ini diketahui memberi manfaat yang lebih dari minuman olahraga biasa karena mengandung kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B-6 alami.

  • Kaya Akan Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh agar dapat berfungsi normal. Magnesium penting untuk pembentukan protein, mempertahankan fungsi otot dan saraf, produksi energi, serta mengendalikan gula dan tekanan darah.

Kebiasaan minum minuman keras, memiliki riwayat diabetes tipe 2, gangguan saluran cerna, dan asupan makanan yang kurang dapat meningkatkan risiko kekurangan magnesium. Padahal kekurangan magnesium dapat menurunkan nafsu makan, menyebabkan mual-muntah, kesemutan, hingga meningkatkan risiko kejang, migrain, osteoporosis, dan gangguan irama jantung.

Namun Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, pisang kaya akan magnesium. Dua buah pisang berukuran sedang mengandung 16% dari kebutuhan magnesium harian Anda. Menambahkan pisang ke dalam menu makanan dapat mencegah Anda mengalami kekurangan magnesium.

  • Sumber Mangan Yang Baik

Meski jarang terdengar, mangan merupakan mineral yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Mangan membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino dalam tubuh manusia. Selain itu, mineral ini juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan penyembuhan luka.

Mangan juga diperkirakan dapat mencegah migrain, menurunkan risiko komplikasi kehamilan, dan menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami osteoporosis memiliki kadar mangan yang lebih rendah dalam tubuh dibandingkan mereka yang tidak mengalami osteoporosis.

Kabar baiknya, pisang merupakan sumber mangan yang baik. Dua buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 30 persen kebutuhan mangan harian Anda.

  • Mengandung Serat Tinggi

Kebutuhan akan serat pada pria di bawah usia 50 tahun adalah sekitar 38 gram per hari, dan 25 gram per hari untuk perempuan. Sayangnya, masih banyak orang yang sama sekali tidak memenuhi kebutuhan serat ini per harinya.

Padahal, serat sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan menjaga pergerakan usus. Selain itu, serat juga penting untuk menjaga kadar kolesterol dan mengontrol kadar gula darah. Serat juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena menjaga agar Anda kenyang lebih lama.

Faktanya, buah ini mengandung serat yang tinggi. Dua buah pisang berukuran sedang mengandung 6 gram serat kira-kira memenuhi 23 persen dari kebutuhan sharian Anda.

  • Meredakan Nyeri Ulu Hati dan Mencegah Tukak Lambung

Orang yang punya maag bisa mendapatkan manfaat pisang untuk kesehatan pencernaan mereka jika buah ini rutin dijadikan camilan.

Si kuning manias ini merupakan antasida alami dan berfungsi menetralkan asam lambung. Pisang juga mengandung antioksidan flavonoid bernama leucocyanidin, yang membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

  • Baik Untuk Kulit

Jangan buang pisang yang sudah terlalu matang jika Anda mau memperoleh manfaat pisang untuk kesehatan kulit. Ya, pisang yang kematangan dapat digunakan sebagai masker wajah.

Buah ini mengandung vitamin C, sebuah antioksidan yang penting dalam pembentukan kolagen dan membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV. Buah ini juga diketahui dapat mencegah timbulnya jerawat, menyerap minyak, dan melembabkan kulit kering.

Cara membuat masker wajah dari buah ini cukup mudah. Pertama, pilihlah buah yang sudah matang atau lembek. Lalu, tumbuk hingga menjadi adonan pasta halus. Oleskan masker pisang pada kulit wajah yang bersih dan biarkan selama setidaknya 15 menit.

Setelah itu, bilaslah dengan air hingga bersih. Untuk menambah kelembapan, Anda dapat menambahkan satu sendok teh madu atau greek yogurt polos.

Demikian artikel Cara Membuat Pisang Crispy.Semoga artikel saya dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda,selamat mencoba.

× Whatsapp Kami!