Select Page

Siapa yang tidak suka dengan kerupuk wortel. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan cara membuat  kerupuk wortel yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

A.Pengertian Wortel

Hasil gambar untuk gambar wortel

Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

B.Jenis Wortel

Di Indonesia, jenis wortel yang umum ditanam adalah chantenay dan nantes. Berikut jenis-jenis wortel yang populer dikonsumsi di Indonesia.

1. Chantenay Red Cored

Berbentuk kerucut, bagian pangkal besar, garis tengah ±4—5 cm dan panjagnya ± 15 cm. Berwarna oranye tua serta berdaging halus dan manis. Umur panennya ± 70 hari.

2. Royal Chantenay

Ciri-cirinya sama dengan jenis Chantenay Red Cored, namun memiliki ukuran yang lebih panjang, yaitu ± 18 cm.

3. Chantenay

Jenis wortel yang biasa ditanam di Indonesia ini berbentuk kerucut. Bagian pangkalnya besar, garis tengah ± 6 cm, dan berwarna oranye. Memiliki umur panen ± 70 hari.

4.Nantes

Berbentuk silindris dengan perbedaan antara garis tengah pangkal dan ujung yang sedikit. Wortel jenis ini berujung tumpul, bergaris tengah ± 3—4 cm, berukuran panjang ±16—19 cm. Warnanya oranye dan beraroma enak. Memiliki umur panen 2—3 bulan. [WO/KW]

C.Kandungan Wortel

 

1.Vitamin dan Mineral

Wortel mengandung vitamin A yang menjaga kesehatan mata, pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, wortel mengandung biotin (salah satu vitamin B) yang berperan dalam metabolisme lemak dan protein. Kemudian, terdapat vitamin K1 yang penting untuk pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan. Kalium, salah satu mineral yang terdapat pada wortel berperan untuk mengendalikan tekanan darah dan vitamin B6 yang berperan dalam mengubah makanan menjadi energi. Dengan kandungan vitamin dan mineral ini manfaat wortel cukup krusial untuk kesehatan manusia.

2.Karbohidrat

Karbohidrat pada wortel memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak langsung meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Oleh karena itu, wortel aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3.Serat

Pada wortel terdapat serat pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Serat-serat tersebut membantu menurunkan kadar gula dalam darah dengan memperlambat pencernaan gula dan pati. Selain itu, serat tersebut juga memberi makan bakteri baik pada usus sehingga meningkatkan kesehatan usus dan mencegah terjadinya sembelit.

4.Senyawa

Wortel mengandung banyak senyawa, seperti karotenoid dan lutein, likopen, anthocyanin sebagai antioksidan, beta karoten dan alpa karoten yang mengolah vitamin A, serta poliasetilenes sebagai senyawa bioaktif yang melindungi tubuh dari sel kanker. Oleh sebab itu manfaat wortel cukup banyak buat manusia.

D.Manfaat Wortel

1. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat wortel untuk kesehatan yang pertama adalah bisa membantu meningkatkan metabolisme. Dengan mengonsumsi jus wortel bisa meningkatkan level energi dan metabolisme. Ini karena manfaat vitamin B yang juga terkandung di dalam wortel, yang memecah glukosa, lemak, dan protein serta memastikan energi ini dipakai dengan efisien oleh tubuh kita.

2. Menyembuhkan Luka

Wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi, yang akan diubah menjadi retinol, salah satu bentuk paling murni vitamin A. Manfaat wortel untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menyembuhkan luka. Pasalnya, vitamin A bermanfaat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Gunakan jus wortel sebagai masker dan rasakan manfaat wortel.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Wortel memiliki banyak kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Dengan kandungan tersebut, manfaat wortel untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini berkat zat-zat yang terkadnung di dalam wortel mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.

4. Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Bisa Melawan Efek Buruk Radikal Bebas

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang tinggi kandungan antioksidan. Sayuran berwarna oranye ini mengandung zat yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak tubuh dari dalam.

5. Turunkan Kolesterol

Sebuah penelitian di Harvard University mengungkapkan bahwa seseorang yang sedikitnya memakan enam wortel dalam satu minggu dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi daripada yang hanya mengonsumsi satu butir saja dalam sebulan. Wortel merupakan sayuran yang tinggi serat, rendah kalori dan rendah lemak. Dengan serat ini manfaat wortel adalah membantu menurunkan kolesterol karena sifatnya yang menghambat lemak dan menurunkan kolesterol dalam darah.

6. Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Penelitian yang dilakukan di Harvard University menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak beta-karoten setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan memakan makanan yang kaya antioksidan itu –seperti wortel– dua kali setiap harinya dapat menurunkan risiko kanker sebesar 17 persen.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat wortel untuk kesehatan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kombinasi wortel dengan ketumbar ternyata bermanfaat ampuh bagi kesehatan. Menurut sejumlah peneliti, sup wortel dan ketumbar dapat mempertahankan kekebalan tubuh, sehingga bisa menjauhkan Anda dari infeksi yang disebabkan virus.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat wortel untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan otak. Asupan tinggi sayuran umbi akar, termasuk wortel, dapat memperbaiki daya ingat dan daya kognitif (kemampuan berpikir) seseorang.

9. Antiradang

Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, manfaat wortel untuk kesehatan lainnya adalah sebagai antiradang. Ekstrak wortel mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan efeknya hampir setara bila dibandingkan dengan konsumsi obatan-obatan seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib.

10. Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mulut

Selain untuk mata, manfaat wortel juga berguna untuk kesehatan mulut. Mengonsumsi wortel sehabis makan dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang karena membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi.

11. Mengatasi Kulit Berminyak

Manfaat wortel untuk wajah yang pertama adalah mengatasi kulit berminyak. Kamu dapat menggunakan wortel sebagai perawatan rutin di rumah. Wortel dapat membuat kulit lebih lembut dan bersih. Kulit berminyak biasanya bermasalah dengan pori-pori kulit, sehingga wortel dapat membersihkannya secara mendalam.

12. Membuat Kulit Lebih Bersinar

Wortel mengandung vitamin C. Berkat kandungan ini manfaat wortel untuk wajah adalah membuat kulit lebih glowing. Disarankan untuk mengonsumsi wortel secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan kulit yang lembut dan sehat. Aplikasikan secara rutin dan lihat sendiri hasilnya bagaimana kulit terlihat lebih glowing dari hari ke hari.

13. Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Manfaat wortel untuk wajah juga dapat mengatasi kulit terbakar akibar paparan sinar matahari. Jika dilakukan secara rutin menggunakan masker wortel, secara perlahan kulit kusam akan terlihat lebih sehat. Wortel juga bekerja mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah.

14. Menyamarkan Flek Hitam

Manfaat wortel untuk wajah lainnya adalah untuk menyamarkan flek hitam. Caranya dengan menggunakan Pmasker wortel secara rutin. Campurkan jus wortel dengan madu dan olive oil. Aplikasikan pada seluruh wajah dan leher secara merata. Diamkan hingga 20 menit kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

15. Relaksasi Kulit

Kulit yang lelah karena sering terkena polusi, debu atau stres akibat pekerjaan serta masalah sehari – hari dapat dirawat menggunakan manfaat wortel untuk wajah. Caranya dengan menghancurkan wortel yang telah dikupas hingga menjadi berbentuk pasta yang kental menggunakan blender. Kemudian campur pasta wortel itu dengan sedikit air mawar, lalu masukkan ke botol semprot. Gunakan ketika wajah terasa lelah.

16. Melembabkan Wajah

Kulit wajah yang kering dapat membuat kulit mengalami iritasi dan mengelupas. Kamu bisa memanfaatkan manfaat wortel untuk wajah sebagai cara melembabkan wajah secara alami. Kandungan kalium dalam wortel dapat mencerahkan kulit, caranya dengan meminum jus wortel setiap hari.

17. Mengencangkan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam manfaat wortel untuk wajah membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit. Dengan cara sederhana seperti meminum jus wortel dan memakai masker wajah yang terbuat dari wortel secara teratur sudah dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh dan tidak perlu mencoba solusi yang lebih canggih serta memerlukan biaya lebih, seperti misalnya suntik kolagen yang tidak lepas dari adanya resiko bahaya suntik kolagen yang dapat terjadi pada tubuh Anda.

18. Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Membantu Mencegah Penuaan Dini

Kandungan beta karoten dalam tubuh yang berfungsi sebagai sumber antioksidan membantu memperlambat penuaan sel sehingga kulit menjadi tidak mudah mengalami keriput. Paparan sinar matahari yang terlalu sering merupakan salah satu penyebab keriput di usia muda. Dengan rajin mengonsumsi jus wortel atau menggunakannya sebagai masker wajah, wortel menjadi salah satu cara mengatasi keriput pada wajah secara alami dan salah satu cara mencegah penuaan dini pada wajah.

19. Menstimulasi Produksi Kolagen

Dengan bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan makin berkurang. Kolagen adalah zat yang membuat kulit kencang, elastis, dan sehat. Maka dari itu kamu perlu untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu menambah produksi kolagen, salah satunya wortel. Menurut Ahli nutrisi Anna Mitsios, kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus wortel dapat bekerja untuk menstimulasi produksi kolagen dalam kulit serta menjaga elastisitas kulit. Berkat kandungan tersebut, manfaat wortel untuk wajah adalah menstimulasi produksi kolagen.

20. Meregenerasi Sel-sel Kulit Mati

Manfaat wortel untuk wajah yang satu ini juga disebabkan oleh kandungan Vitamin A yang cukup tinggi di dalam wortel. Vitamin A mampu membantu proses regenerasi sel-sel kulit mati. Proses regenerasi sel kulit ini tentu saja tidak hanya membuat kulit lebih sehat, tapi juga lebih kenyal dan halus. Untuk memanfaatkan wortel sebagai bahan alami untuk meregenerasi sel kulit mati, kamu hanya perlu menghaluskan wortel dan melumuri wajah dengan wortel ini setiap 2 kali dalam seminggu.

21. Mengatasi Kulit Kering

Kalau kamu memiliki kulit yang kering, masker wortel dan mentimun bisa membantu kamu mengatasi hal tersebut.  Selain itu, wortel juga bisa menjadi masker untuk anti penuaan. Siapkanlah wortel dan mentimun yang sudah dihaluskan serta sour cream. Kemudian campurkan 2 sendok wortel dan 1 sendok timun yang sudah dihaluskan serta satu sendok sour cream, aduk hingga rata.

E.Cara Membuat Kerupuk Wortel

Hasil gambar untuk gambar kerupuk wortel

1.Cara Membuat Kerupuk Wortel Nasi

Bahan-bahan:

  • Nasi sisa semalam
  • 1 mangkok tepung tapioka, tambah jika kurang
  • 7 siung bawang putih
  • Ketumbar bubuk
  • 1/2 kg wortel, parut dg parutan keju
  • Secukupnya garam dan kaldu bubuk

Langkah Membuat Kerupuk Wortel Nasi:

  1. Rendam nasi sisa semalam 1-2 jam, tiriskan nasi (jika perlu agak diperas).
  2. Masukkan nasi kedlm blender, tambahkan bawang putih, ketumbar bubuk, garam dan kaldu bubuk (jangan tambah air saat memblender). Blender hingga halus dan tercampur. Tuang dalam mangkok dan masukkan wortel parut.
  3. Aduk rata adonan nasi blender dan wortel parut. Lalu tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Aduk dg spatula kayu. Jika sudah mendekati kalis/tdk lengket ditangan. Uleni dg tangan.
  4. Bentuk lonjong, rebus dalam air mendidih hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  5. Simpan dikulkas semalaman agar mudah saat diiris. Jika sudah semalaman dikulkas, keluarkan. Iris tipis2.
  6. Jemur sampai kering, 1-2 hari (saya digresik jemur cuma sehari).
  7. Goreng dalam minyak panas dan api sedang hingga merekah. Tiriskan. Masukkan dalam toples saat sudah dingin. Siap dijadikan cemilan.

2.Cara Membuat Kerupuk Wortel Nastel

Bahan-bahan:

  • 1 porsi nasi putih dan kuning
  • 2 buah wortel
  • 4 siung bawang putih
  • Secukupnya garam
  • Sedikit ketumbar
  • Kaldu bubuk non MSG
  • 10 sdm tepung kanji
  • 8 sdm tepung beras
  • 9 sdm air panas
  • Sedikit minyak goreng

Langkah Membuat Kerupuk Wortel Nastel:

  1. Kupas dan cuci bawang putih, haluskan bawang putih bersama dengan ketumbar dan garam.
  2. Lalu parut wortel dengan parutan keju
  3. Panaskan kukusan, kukus nasi putih, nasi kuning dan wortel. Setelah wortel matang, matikan api. Tuang nasi dan wortel kedalam baskom beri bumbu halus dan kaldu bubuk, lalu tumbuk hingga tercampur rata.
  4. Setelah semua tercampur rata dan agak halus, tambahkan tepung beras, tepung kanji dan air panas lalu aduk rata. Jangan lupa untuk test rasa. Untuk jumlah tepung beras dan tepung kanji bisa kurang atau lebih dari resep saya, disesuaikan saja. Yang penting sampai adonan bisa dibentuk dan tidak menempel dibaskom.
  5. Baluri tangan dengan minyak, ambil adonan secukupnya lalu bentuk bulat lonjong, lakukan hingga adonan habis. Panaskan kukusan lalu kukus adonan +/- 20 menit atau sampai adonan matang. Dinginkan lalu masukkan kedalam kulkas agar adonan menjadi padat dan agak keras.
  6. Keluarkan adonan dari kulkas lalu potong tipis-tipis, tata dalam loyang kemudian jemur hingga kering.
  7. Setelah kering, kerupuk nastel bisa kita goreng.

3.Cara Membuat Kerupuk Wortel Bawang

Bahan-bahan:

  • 125 gr terigu protein sedang (me: segitiga biru)
  • Tepung sagu/ tapioka
  • 100 gr wortel parut
  • 5 siung bawang merah, parut
  • 2 butir kuning telur
  • 1 sdt garam (me: tambah penyedap rasa ayam)
  • Secukupnya air
  • 2 batang seledri, cincang halus (optional)

Langkah Membuat Kerupuk Wortel Bawang:

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Campur semua bahan hingga merata dan kalis. Fungsi air ada pada langkah ini. Bisa digunakan atau tidak. Jika kandungan air pada wortel cukup membuat adonan kalis, maka air tidak diperlukan.
  3. Letakkan adonan pada alas datar yang bersih, lalu pipihkan adonan dengan rolling pin atau botol, setipis mungkin. Agar adonan tidak lengket pada alas, taburi terlebih dahulu dengan sedikit terigu. Saya menggunakan minyak, ternyata masih sedikit lengket.
  4. Potong-potong sesuai selera. Jika kerupuk maka lebar seperti foto di bawah.
  5. Goreng dengan api sedang dan minyak secukupnya. Biarkan mengambang, baru bisa dibolak-balik.
  6. Setelah berwarna keemasan, angkat, dan tiriskan. Simpan dalam wadah toples kedap udara. Siap dinikmati.

4.Cara Membuat Kerupuk Wortel Kriuk

Bahan-bahan:

  • 100 gr wortel,blender dengan air 100 ml
  • 50 gr tepung beras
  • 125 ml air
  • 200 gr tapioka
  • 1 sdm garam (peres)
  • 3 siung bawang putih, haluskan

Langkah Membuat Kerupuk Wortel Kriuk:

  1. Di buat bubur dalam panci, masukkan jus wortel,bawang putih,garam,air dan tepung beras.. Aduk terus sampe kental banget dan mendidih,angkat..biarkan agak adem
  2. Selagi hangat, masukkan tapioka..aduk dengan sendok kayu..jika dirasa udah bisa di uleni tangan..uleni dengan ujung jari sampai kira kira bisa di bentuk.. Bentuk lonjong,besarnya sesuai selera ya.
  3. Didihkan air, tambahkan sedikit minyak.. Setelah mendidih masukkan adonan krupuk biarkan mengapung,angkat lalu tiriskan..diamkan di kulkas semaleman agar padat dan mudah di potong
  4. Ke’esokkan harinya, potong kerupuk tipis tipis.. Tata di wadah ceper ya.. Jemur di bawah panas matahari yang cukup..kalo aku, cukup sehari bolak balik langsung goreng..simpan di toples

5.Cara Membuat Kerupuk Wortel Homemade

Bahan-bahan:

  • 100 gram wortel, blender dengan 100 ml air
  • 50 gram tepung beras
  • 200 gram tepung tapioka
  • 125 ml air
  • 1 sdm garam
  • 2 siung bawang putih,haluskan

Langkah Membuat Kerupuk Wortel Homemade

  1. Masukan jus wortel, bawang putih halus,garam,air dan tepung beras. Aduk hingga rata kemudian hidupkan kompor. Aduk terus hingga lengket dan mendidih. Matikan kompor dan biarkan dingin
  2. Selagi hangat, masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diuleni. Tambahkan terus hingga adonan bisa dipulung. Bila tepung habis, tambahkan tepung lagi sedikit demi sedikit hingga dapat dibentuk (penambahan tepung di luar resep diperlukan bila memang blm bisa dibentuk) Pulung adonan seperti lontong dan sesuaikan panjangnya dengan panci (kalo aku bagi jadi 2)
  3. Didihkan air dan tambahkan sedikit minyak (airnya dikira kira saja, pokoknya hingga adonan bisa terendam seluruhnya) Setelah mendidih, masukkan adonan kerupuk kemudian biarkan hingga mengapung dan matang. Tiriskan dan biarkan dingin,kemudian masukkan dalam kulkas semalaman agar adonan kerupuk agak padat
  4. Potong kerupuk tipis tipis dengan menggunakan pisau tajam
  5. Tata di wadah kemudian jemur 2-3 hari hingga kering (lamanya tergantung panas matahari)
  6. Kerupuk kering,siap di goreng

6.Cara Membuat Kerupuk Wortel Tahu

Bahan-bahan:

  • 10 Buah Tahu
  • Secukupnya Daun pisang
  • Bumbu Rajang :
  • 7 Siung Bawang Putih
  • 5 Siung Bawang Merah
  • 1 Ruas Kunyit
  • 5 Buah Wortel
  • 1 Bungkus Kerupuk
  • Cabe Rawit secukupnya (Optional)
  • Bumbu Utuh :
  • Daun Kemangi secukupnya (Kalo saya suka agak banyak)
  • Secukupnya Daun Salam

Langkah Membuat Kerupuk Wortel Tahu:

  1. Hancurkan tahu (Jangan terlalu halus)
  2. Masukan bumbu utuh kecuali daun salam dan yg sudah di rajang ke dalam tahu. Untuk kerupuknya potong potong jadi 4 bagian saja jangan sampai hancur. Lalu aduk-aduk sampai semua bumbu menyatu dengan tahu
  3. Siapkan daun pisang yg sebelumnya sudah di hangatkan menggunakan kompor. Agar daun pisang tidak keras
  4. Masukan dan bungkus tahu ke dalam daun pisang dan tambahkan daun salam diatasnya.
  5. Setelah itu kukus tahu sampai matang dan pepes tahu wortel kerupuk siap disajikan

7.Cara Membuat Kerupuk Wortel  Gurih

Bahan-bahan:

  • 3 buah wortel ukuran sedang
  • 200 gr tepung tapioka
  • 3 siung bawang putih dan merah
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • minyak goreng secukupnya

Langkah Membuat Kerupuk Wortel Gurih:

  1. Kupas dan kukus wortel hingga lunak. Blender wortel hingga halus, atau bisa juga dengan cara ditumbuk.
  2. Haluskan bumbu bawang putih, bawang merah, ketumbar, gula dan garam secukupnya. Campur tepung tapioka dengan wortel dan bumbu halus hingga jadi adonan.
  3. Siapkan plastik bulat panjang. Masukkan adonan kerupuk ke dalam plastik. Ikat ujung-ujungnya, lalu kukus kurang lebih selama 1 jam atau hingga matang.
  4. Angkat dari kukusan. Buang plastiknya, iris tipis adonan matang dan tata rapi di atas nampan atau tampah.
  5. Keringkan di atas sinar matahari hingga kering benar.
  6. Goreng hingga mengembang dan siap dinikmati.

Demikianlah artikel yang telah saya buat semoga bermanfaat dan selamat mencoba.