TIPS DAN CARA MEMBUAT KERUPUK LELE YANG GURIH.!!

//TIPS DAN CARA MEMBUAT KERUPUK LELE YANG GURIH.!!

TIPS DAN CARA MEMBUAT KERUPUK LELE YANG GURIH.!!

Tips Dan Cara Membuat Kerupuk Lele – Ikan lele merupakan salah satu ikan yang banyak digemari masyarakat, selain rasanya yang nikmat, ikan lele juga mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi kita. Meskipun kerupuk ikan lele ini belum begitu familiar di kalangan masyarakat, tapi kerupuk ikan lele ini menawarkan rasa yang gurih dan sangat nikmat. Ikan lele memiliki harga jual yang cukup terjangkau, dengan begitu kerupuk lele bisa menjadi peluang usaha yang bagus.

Beberapa jenis kerupuk masih jarang dan belum banyak diperjual belikan di pasaran, salah satunya adalah kerupuk ikan lele. Selain itu, kerupuk ikan lele ini berpotensi untuk dikembangkan mengingat budidaya ikan lele cukup mudah dan hasil perikanan dari budidaya ikan lele cukup tinggi.

Seperti proses pembuatan kerupuk lainnya, cara membuat kerupuk lele cukup mudah dan murah. Untuk skala kecil, kerupuk ikan lele bisa diroduksi di rumah dengan peralatan dapur yang seadanya karena memang pembuatannya cukup sederhana.

Pada dasarnya, kerupuk ikan lele sama dengan kerupuk lainnya yaitu mengikat bahan utama dengan tepung tapioka sehingga menjadi adonan yang kemudian dipadatkan agar gampang dalam proses pengirisan/pemotongannya. Setelah itu barulah kerupuk mentah dijemur untuk kemudian bisa digoreng dan dikonsumsi.

 

Kandungan Gizi Lele

Selain dagingnya yang memiliki rasa gurih dan enak, tentunya ikan ini memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini karena daging ikan lele banyak mengandung sumber Protein dan Gizi seperti Zat besi, Vitamin B1, dan Vitamin B2.

Manfaat mengkonsumi daging ikan lele akan di dapatkan jika mengkonsumsinya di lakukan secara rutin dan teratur. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ikan lele juga dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan jika dalam mengkonsumsinya di lakukan secara berlebihan atau tidak teratur.

 

 Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan

  • Sebagai Sumber Protein

Lele air tawar ini apabila dikonsumsi dapat menjadi sumber protein hewani yang bisa mencukupi kebutuhan harian anda. Didalam protein ikan lele terkandung asam amino  esensial lisin, metionin dan leusin yang lebih tinggi jika dibandingkan yang terkandung didalam susu dan daging.  Leusin berguna untuk memebantu proses pertumbuhan pada anak.

 

  • Pembentukan Tulang dan Gigi

Didalam ikan lele kandungan fosfor cuckup tinggi yang berguna untuk memberi energi dalam metabolisme. Fosfor juga berfungsi membantu penyerapan kalsium. Pada ibu hamil fosfor berguna untuk pembentukan tulang pada janin, apabila asupan fosfor untuk janin kurang makan akan mengambilnya dari sang ibu, ini dapat menyebabkan sang ibu mengalami osteoporosis.

 Fosfor merupakan mineral urutan kedua dalam daftar mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Mineral ini sangat berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan mineral fosfor ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda, karena anda dapat menderita tulang keropos yang dapat berujung kelumpuhan apabila berlangsung sangat lama.

 

  • Baik untuk Otak dan Jantung

Walaupun harga ikan ini relatif murah, akan tetapi kandungannya tidak kalah jika dibanding dengan ikan salmon dan tuna. Ikan lele juga mengandung asam omega 3 dan omega 6 yang sangat baik bagi kinerja otak serta dapat mencegah penyakit jantung. Mengkonsumsi ikan lele secara rutin dapat menurunkan kolesterol, diabetes serta jantung kororner. Asam omega3 juga membantu perkembangan otak dan fungsi penglihatan pada bayi.

 

  • Menurunkan Tekanan Darah

Para ahli telah melakukan penelitian yang menemukan pula manfaat dari asam omega3 bagi tubuh yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi, merawat kesehatan kulit terutama dari ekzema dan dermatitis, serta berperan dalam pembentukan cortese otak.

 

  • Vitamin A Pada Lele Mencapai 150 IU/100 gram, Sungguh Baik Untuk Bola Mata

Vitamin tidak hanya didapatkan dari buah dan sayur. Karena seluruh ikan pun mengandung vitamin ini. Termasuk Lele. Sehingga ikan ini memang sangat baik untuk bola mata anda, supaya bola mata jernih, cantik, dan bersinar.

 

  • Ikan lele Mengandung Karbohidrat 8 gram, Artinya Cocok Untuk Program Diet

Tahukah anda bahwa karbohidrat itu sangat baik untuk membuat tubuh jadi gemuk? Karena tiap karbohidrat yang tercerna akan diubah menjadi gula, di mana gula ini bakalan memicu penumpukan lemak. Padahal tiap orang yang sedang diet benci sekali pada kegemukan. Jangan takut, ini bisa diatasi dengan makan Lele.

 

cara membuat kerupuk ikan lele

 

Resep Dan Cara Membuat Kerupuk Lele

Ikan lele yang kita gunakan sebaiknya pilihlah ikan lele yang masih segar sehingga lebih terjamin rasa dan kualitasnya. Untuk ukurannya sendiri, pilihlah ikan lele yang berukuran cukup besar untuk memudahkan proses pemisahan daging dari tulangnya.

Untuk ikan lele dengan jumlah/bobot 500 gram, biasanya menghasilkan daging ikan minimal 250 gram sehingga didapat perbadingan 1 banding 1 jika kita menggunakan 250 gram tepung sagu. Lebih banyak daging ikan tentu lebih enak, namun biaya produksinya juga menjadi lebih besar. Untuk bahan lainnya, kita simak berikut ini beserta cara membuatnya.

 

Bahan-Bahan Cara Membuat Kerupuk Lele

  1. 500 gr ikan lele segar
  2. 250 gr tepung sagu
  3. 2 btr telur ayam
  4. 6 siung bawang merah, haluskan
  5. 2 sdm gula pasir
  6. 6 siung bawang putih, haluskan
  7. 2 sdt garam
  8. 2 sdt kaldu bubuk

Langkah-Langkah Cara Membuat Kerupuk Lele

  1. Kukus ikan lele, tidak perlu sampai matang betul. Yang penting daging ikan sudah cukup lunak dan gampang dipisahkan dari tulang/duri-durinya. Pisahkan semua daging ikan lele dari tulangnya kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender.
  2. Pindahkan kedalam wadah, masukkan telur, bawang merah halus, bawang putih halus, gula pasir, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tercampur merata.
  4. Atur tekstur adonan, jika adonan terlalu kakau maka tambahkan air seperlunya. Tekstur adonan kira-kira seperti tekstur adonan nugget atau adonan mendoan, lembek namun tidak encer.
  5. Masukkan adonan kedalam plastik yang memiliki diameter kecil namun memanjang. Seperti plastik yang digunakan untuk membuat es mambo atau es potong. Ikat ujungnya agar adonan tidak keluar.
  6. Kukus adonan yang telah dimasukkan kedalam palstik selama kurang lebih 15-20 menit. Atau hingga adonan didalamnya menggumpal dan mengeras. Angkat kemudian dinginkan.
  7. Keluarkan adonan yang sudah keras dari plastik. Potong-potong/iris adonan menggunakan pisau dengan ketebalan kira-kira 1-2 milimeter. Usahakan jangan terlalu tebal, atau perkirakan saja ketebalannya seperti kerupuk mantah pada umumnya.
  8. Jemur kerupuk ikan lele mentah di terik matahari hingga benar-benar kering. Setelah itu, barulah kemudian kerupuk siap digoreng.
  9. Untuk menggorengnya, gorenglah seperti menggoreng kerupuk pada umumnya. Panaskan minyak, kemudian masukkan kerupuk lele mentah dan goreng hingga mengembang. Angkat dan tiriskan.
  10. Kerupuk ikan lele yang gurih kini siap dinikmati.

Pada dasarnya, cara membuat kerupuk ikan lele relatif mudah dengan bahan-bahan yang juga mudah diperoleh. Secara garis besar, alurnya adalah pembuatan adonan, pemadatan adonan, pengirisan dan penjemuran kerupuk mentah. Barulah kemudian kerupuk ikan lele bisa digoreng dan dikonsumsi. Kalian tertarik mencoba resep kerupuk ikan lele ini di rumah? Selamat mancoba

Berikut Ini Resep Menarik Lainnya yang Mesti di Coba!

Cara Membuat Selai Mangga

By | 2018-04-16T12:40:44+00:00 April 2nd, 2018|Artikel|Comments Off on TIPS DAN CARA MEMBUAT KERUPUK LELE YANG GURIH.!!

About the Author: