Cara Membuat Keripik Usus Yang Enak dan Gurih

//Cara Membuat Keripik Usus Yang Enak dan Gurih

Cara Membuat Keripik Usus Yang Enak dan Gurih

Cara membuat keripik usus –  Usus  ini merupakan salah satu ‘jeroan’ yang mempunyai rasa enak & menggugah selera, dikarenakan rasanya yang enak, contohnya usus ayam yang sering kali dibuat menjadi berbagai jenis masakan, misalnya digoreng, di tumis, disambal goreng ataupun di botok.

Namun, pernahkah anda mencoba cemilan yang cukup unik tapi sangat disukai hampir semua orang  yaitu keripik usus ? Tidak gampang memang mencari bahan utama untuk pembuatan keripik usus ini, yaitu usus mentah. Namun anda  dapat memesan usus pada pedagang daging ayam untuk mendapatkannya.Membuat keripik usus ini sebenarnya cukup mudah & sangat murah. Berikut beberapa resep Cemilan  :

Resep – resep Cara Membuat Keripik

1.Keripik usus ayam gurih

Bahan – Bahan

  • 500 gram usus ayam mentah
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 2 butir kemiri, haluskan
  • 1 sdt ketumbar, haluskan
  • 2 cm jahe, haluskan
  • 4 cm kunyit, haluskan
  • Garam Secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis, peras & ambil airnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Pelapisnya :

  • 200  gram tepung terigu
  • 1 bungkus tepung bumbu ayam instan/tempe goreng instan
  • 1 bungkus kaldu ayam bubuk
  • 1 sdm tepung beras
  • garam secukupnya

Langkah – langkah Cara membuat Keripik Usus Ayam Gurih

Bersihkan dulu usus sampai benar – benar setelah itu tiriskan. Potonglah sesuai selera anda, misalnya kira -kira sepanjang 2 -4 cm

2. Campur kan dengan bumbu – bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang putih, gram, kunyit , kemiri, ketumbar & jahe.Aduklah hingga rata sambil diremas remas agar bumbunya meresap pada usus.

3.  Jika sudah, siapkanlah tepungnya untuk pelapis. Campurkanlah tepung terigu bersama tepung beras, tepung bumbu instannya, kaldu ayam bubuk dan juga sedikit garam halus. Aduklah semua bahan tersebut tersebut agar tercampur rata

4. Selanjutnya, ambillah segenggam usus ayam, Kemudian lumuri dengan tepung. Remas – remas saja agar tepungnya menempel pada usus dengan baik. Ayak usus ayam yang sudah dilumuri dengan tepung agar tidak membuat minyaknya jadi hitam ketika usus digoreng

5. Goreng usus dengan api sedang hingga berubah warnanya jadi agak kuning keemasan

6. Angkat & letakkan pada sebuah wadah yang sudah diberi alas kertas ataupun tisu

7. Apabila sudah dingin, segeralah simpan keripik usus pada sebuah toples yang kedap udara. Hal tersebut dilakukan agar keripik usus jadi awet kering dan tetap renyah.

Itulah resep cemilan : membuat keripik usus ayam gurih & cara memasaknya dirumah.Hanya dengan budget yang murah tidak lebih dari 50 ribu saja, Anda bisa dapatkan cemilan unik berupa keripik usus enak yang super gurih dan juga renyah,Selamat mencoba sendiri & berkreasi bisa juga dirumah ya!

Cara membuat keripik-usus-ayam

keripik usus ayam gurih

2. Keripik usus kriuk

Suka banget sama keripik usus ini. Tapi kalo beli di luar ragu takutnya nyucinya gak  bersih dan gak sehat, Mending bikin sendiri dirumah, lebih mudah dan higenis lebih terjamin kebersihannya dan juga sehat tanpa pengawet 😀

Mau tau resepnya ? Nah Kali ini kami akan berbagi resepnya Cara membuat keripik usus Kriuk,Simak langkah – langkah cara membuat keripik usus berikut ini :

Bahan – bahan

  • 500 g usus ayam
  • 500 g minyak untk menggoreng
  • 5 siung bawang putih
  • 200 gr tepung terigu
  • 200 gr tepung beras
  • Sepucuk sdt lada bubuk
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya masako
  • 1 liter air

Langkah – langkah cara membuat  Keripik usus kriukk

  1. Beli usus biasanya sudah di bersihin dari pasar. Tinggal kita cuci ulang sampai bersih
  2. Rebus air kurang lebih 1 ltr. Setelah mendidih matikan api masukkan usus k dalam air panas rendam 10mnt. Angkat potong – potong
  3. Haluskan bawang putih garam merica bubuk. Masukkan k dalam usus yang sudah di potong tadi ungkep kurang lebih 5 menit
  4. Campur tepung terigu + tepung beras. Tambahkan sedikit lada bubuk garam setengah sdt garam sedikit masako. Aduk – aduk
  5. Masukkan usus ke dalam tepung kering. Aduk – aduk sampai merata.
Cara Membuat Keripik Usus Kriuk

Keripik Usus Kriuk

Cara membuat keripik usus tahan lama kriuknya

Bahan – bahan

  • 1 kg usus

Bumbu basah (dicampur):

  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 bks masako
  • 2 sdt garam halus
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt ladaku
  • 150 ml Santan kental dari setengah kelapa

Bumbu adonan kering (dicampur aduk):

  • 200 grm terigu
  • 100 grm tepung beras
  • 100 grm tepung tapioka
  • 1 bks masako
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 bks ladaku
  • 1/4 sdt sodakue
  • 2 sdt garam halus
  • minyak untuk goreng

Langkah – langkah cara membuat keripik usus tahan lama kriuknya

1.  Cuci usus, rebus tiriskan lalu rendam dengan 1 sdt kapur sirih selama 30 menit.

2.  Lalu cuci bersih lalu rendam dengan bumbu basah selama 15 menit

3.  Lalu ambil segenggam usus lalu gulingkan ke bumbu kering.

4.  Kibaskan lalu goreng dalam minyak panas.

5.  Setelah setengah matang kecilkan api aduk-aduk terus hingga coklat matang lalu angkat.

3.Keripik usus ayam Gurih renyah

Ketika kita memotong ayam, bagian usus sering dibuang karena dianggap tidak ada manfaatnya. Padahal ada berbagai cara supaya usus tersebut tidak terbuang sia-sia, salah satunya dengan memanfaatkannya untuk dijadikan makanan, dan salah satunya adalah dijadikan keripik usus ayam yang gurih dan renyah untuk disantap.

Keripik usus ayam memiliki citarasa yang gurih dan renyah enak…anda yang pernah mencobanya pasti bakal penasaran ingin mencicipinya lagi. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik ini diantaranya adalah usus ayam, jeruk nipis, minyak goreng, air kapur sirih, tepung beras, merica bubuk, sagu, garam, dan lain sebagainya

Mau Coba ? sebenarnya cukup mudah & sangat murah,bisa dicoba dirumah sendiri.. Nah Kali ini kami akan berbagi resepnya Cara membuat keripik usus Kriuk,Simak langkah – langkah cara membuat keripik usus berikut ini :

Bahan – Bahan

  • 350 gram usus ayam, dicuci, dipotong-potong 15 cm
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • minyak untuk menggoreng
  • 2 sendok teh air kapur sirih

Bumbu Pelapis (aduk merata)

  • 200 gram tepung beras
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok teh garam
  • 50 gram tepung sagu

Bahan Perendam

  • 200 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 3 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya, diiris

Bumbu Halusnya

  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 5 butir bawang merah
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 3 butir kemiri, disangrai
  • 2 sendok teh ketumbar bubuk

Langkah – langkah untuk cara membuat usus ayam gurih renyah

1.  Terlebih dahulu rendam usus ayam di dalam campuran air kapur sirih, garam, dan air jeruk nipis. Lalu diamkan selama 30 menit. Angkat dan cuci bersih.

2.   Selanjutnya aduk rata bahan perendam dan bumbu halus. Tambahkan usus ayam. Aduk lagi sampai rata. Diamkan lagi selama 15 menit. Angkat dan tiriskan.

3.  Kemudian gulingkan usus ke dalam bahan pelapis.

4.  Langkah terakhir goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api kecil sampai maatang dan kering.

Cara membuat keripik-usus-ayam-gurih

keripik usus ayam gurih

4.Keripik usus rasa keju

Mau tau cemilan yang simpel dan yang  pasti nikmat? kali ini kita akan memberikan beberapa resep baru cara untuk membuat keripik usus rasa keju yang mudah,simpel dan yang pasti gurih,nikmat,kita dapat membuat nya sendiri  dirumah loh 😀

Nah yuk Langsung saja berikut ini kita akan membagikan resep-resep nya cara membuat keripik usus rasa keju 😀

Bahan – bahan

  • 1 kg usus ayam (opsional)
  • 6 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • ketumbar
  • merica
  • tepung tapioka (kanji)
  • tepung beras
  • bumbu serba guna (opsinal)
  • penyedap (opsional)

Langkah – langkah cara membuat keripik usus rasa keju

1. Cuci bersih usus sampe bener – bener keset. Dicuci di air yang mengalir ya, karena usus kan tempatnya kotoran juga 😀

2. Uleg semua bumbu

3. Biar lebih bersih lagi, rebus usus bersama bumbu yang sudah diuleg

4.  Jika dirasa bumbu sudah meresap kedalam usus, angkat, tiriskan, diperas hingga kandungan airnya berkurang

5. Siapkan semua tepung, campurkan aduk- aduk bersama usus. Make sure semuA permukAan usus dilumuri tepung ya.

6. Goreng dg api kecil

7. Angkat dan taburi bumbu rasa keju

Cara membuat keripik keju

keripik usus rasa keju

5.Keripik usus pedes manis

Untuk kali ini kita akan memberikan resep cara untuk membuat keripik usus pedes manis,karena banyak  sekali  orang yang paling suka sama makanan yang satu ini :D,daripada beli coba bikin sendiri dan hasilnya enak dan bisa dinikmati sendiri 🙂

Nah gk usah tunggu lama lagi berikut ini kita akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik usus pedes manis,berikut langkah – langkah Cara membuatnya  :

Bahan – bahan

  • 1/2 kg usus ayam
  • 150 gr tepung bumbu serba guna
  • 150 gr tepung kanji
  • 1 sdt merica bubuk
  • minyak goreng untuk menggoreng
  • 1/4 sdt kapur sirih (agar usus tidak bau)
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 1 bngkus bumbu indofood rasa pedas manis

Langkah – langkah Cara  membuat keripik usus pedas manis

1.Bersihkan usus, kemudian remas2 usus menggunakan kapur sirih bilas usus sampai bersih

2.Remas kembali usus dengan air perasan jeruk nipis. Bilas menggunakan air.

3.Potong2 usus 3 cm.

4.Campurkan tepung serba guna, tepung kanji, dan merica masukan usus ke dalam tepung. Remas2 usus sambil d aduk rata.

5.Simpan ke dalam kulkas usus yang sudah di balur tepung selama setengah jam

6.Panaskan minyak goreng, goreng usus yang sudah d simpan d kulkas sampe warna kecoklatan.

7.Taburi bumbu indofood rasa pedas manis.. Campurkan sampai rata. Usus siap dinikmati..

8.selamat menikmati

Cara membuat Keripik usus pedas manis

Keripik usus pedas manis

6. Keripik usus hot crispy

Dari bermacam cemilan yang aku bikin pake tepung bumbu mulai daun bayam,jamur krispi sampe onion ring buat aku  cemilan ini yg paling enak & kriuk nya paling awet tahan lama.enak lah pokonya😂 Mudah kok cara membuatnya Keripik usus hot crispy…

Nah mau coba ? Kali ini kami akan membagikan resep- resepnya cara membuat keripik usus hot crispy…Simak yuk langkah – langkah cara membuatnya :

Bahan – bahan

1.Potong – potong  usus sesuai selera & lumuri dengan garam+perasan jeruk nipis,saya beli usus yg udah kukusan jadi klo pake usus mentah dikukus dulu selama 30 menitan.

2.Tiriskan usus & siapkan wadah tepung,panaskan minyak untuk penggorengan deep fried.

3.Ambil sebagian usus untuk sekali goreng & balurkan dalam tepung kering,balut merata & ketukkan tepung yg berlebih.

4.Goreng terendam dalam minyak panas & bolak balik sesekali aja,angkat saat sudah mengering & mulai mengapung.

5.Lakukan hingga habis & simpan dalam wadah kedap udara ketika sudah dingin,siap disantap setiap saat untuk cemilan maupun lauk

Cara membuat Keripik usus Hot Spicy

Keripik usus Hot Spicy

7. Keripik usus simple

Mau tau cemilan yang simpel dan yang  pasti nikmat? enak buat cemilan…kali ini kita akan memberikan beberapa resep baru cara untuk membuat keripik usus simple yang mudah, dan yang pasti nikmat,gurih dan renyah..kita dapat membuat nya sendiri  dirumah loh 😀

Mau coba ? Nah yuk Langsung saja berikut ini kita akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik usus halus:D

Simak langkah – langkah cara untuk membuat keripik usus simple

Bahan – bahan

  • 500 gr usus ayam
  • secukupnya tepung beras
  • 2 sdm tepung bumbu
  • 2 bji jeruk nipis
  • bahan halus :
  • bawang putih
  • ketumbar sckupnya
  • 2 bji kemiri
  • garam
    kunyi

Langkah – langkah untuk cara membuat keripik usus simple

1.Cuci bersih usus ayam dari semua kotoran, lalu peras 1 bji jeruk nipis diamkan 5menit

2.Rebus usus smpai matang lalu buang airnya, peras lg dg 1 buah jeruk nipis lalu rendam selama 5 mnit dan buang airnya

3.Masukan bumbu halus kedalam usus lalu diremas2 biar merata

4.Taburkan sedikit demi sedikit tepung bumbu dan tepung beras secukupnya sesuai selera

5.Goreng hingga kecoklatan

6.Kripik usus siap di sajikan.. selamat mencoba 🙂

cara membuat keripik usus simple

keripik usus simple

8.Keripik usus ayam kampung

Bahan – bahan

  • usus ayam kampung
  • 4 lbr daun jeruk, iris halus (optional)
  • ▶ bumbu :
  • 1 sdt ketumbar
  • secukupnya garam
  • 3 siung bawang putih
  • sepucuk sdt lada bubuk
  • ▶ bahan A :
  • 1/2 gelas belimbing air
  • 3 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung tapioka
  • ▶ bahan B :
  • 1 gelas tepung beras
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung tapioka
    secukupnya garam

Langkaah – langkah Cara membuat keripik usus ayam kampung

1. Cuci bersih usus dengan air mengalir. Lalu rebus kurleb 10 menit agar bakterinya mati. Tambahkan sedikit garam saat perebusan agar tidak terlalu menyerap air ususnya.

2. Haluskan bumbu, campurkan pada bahan A dan beri irisan daun jeruk. Aduk rata.

3. Potong usus 5-7 cm, masukkan pada bahan A biarkan terendam sesaat. Lalu angkat dan kebaskan, masukkan pada bahan B, tekan-tekan sedikit kebaskan kembali. Sisihkan, lakukan sampai habis.

4. Panaskan minyak dengan api besar sampai benar-benar panas lalu kecilkan api ke sedang dan tunggu beberapa saat. Masukkan usus yg telah dibalut tepung, banyaknya tergantung dari banyaknya minyak goreng. Yg penting usus terendam seluruhnya agar hasilnya bagus. Goreng hingga garing, angkat dan tiriskan.

5. Anginkan hingga dingin dan simpan. Jika ingin disimpan dalam waktu lama dalam toples sebaiknya dialasi tisu makan agar minyak yg masih tersisa diserap tisu.

6.  Happy cooking dan selamat mencoba. See you!

Cara membuat keripik usus ayam kampung

keripik usus ayam kampung

9.Keripik usus super  kriuk

Mumpung lagi  libur jadi coba -coba buat cemilan kesukaan sendiri dirumah…

caranya mudah dan murah…yang pasti nikmat,gurih dan kerasa kriuknya..juga beda dari yang lain…

mau coba? Langsung saja yuk berikut ini kami akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik usus super kriuk :

Bahan – Bahan

  • 1/2 kg usus ayam
  • secukupnya tepung terigu
  • 5 butir bawang putih
  • 1 ruas kari kunyit
  • 3-5 lembar daun jeruk purut
  • secukupnya ketum bar
  • garam secukupny
  • secukupnya vitsin

Langka – langkah cara membuat keripik usus super kriuk

1.  Bersihkan usus ayam dan potong – potong sesuai selera ya dan setelah itu di cuci bersih.

2.  Haluskan bawang putih,kunyit,ketumbar,daun jeruk purut

3.  Campurkan bumbu halus dan usus ayam tambahkan garam dan vitsin…

4.  Diamkan sekitar 5-10 menit biar bumbu meresap dahulu

5. Siapkan tepung di baskom setelah itu masuk kan usus ayam yang sudah direndam bumbu kedalam tepung sambil d remas – remas

6.  Setelah tercampur tepung dan  di remas – remas angkat dan siap di goreng di minyak panas….

7. Goreng di minyak yg benar –  benar panas agak garing dan gak banyak minyak menempel

8.  Ingat yah…masuk kan usus ayam berbumbu ke dalam tepung taip bertahap biar benar” tercampur dengan tepung…

9. Selamat mencoba ya 😀

Cara membuat super kriuk

Keripik usus super kriuk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

By | 2017-11-24T23:46:13+00:00 November 24th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Keripik Usus Yang Enak dan Gurih

About the Author: