Cara Membuat Keripik Singkong Enak dan Sederhana

//Cara Membuat Keripik Singkong Enak dan Sederhana

Cara Membuat Keripik Singkong Enak dan Sederhana

Cara membuat keripik singkong  –  Sebenarnya tidak terlalu sulit. Keripik singkong merupakan salah satu jenis cemilan yang disukai hampir semua orang. Mulai dari orang dewasa hingga anak kecil.

Tidak sulit untuk menemukan keripik singkong. Mulai dari yang dibuat dalam kemasan oleh pabrik besar hingga yang dijual di pinggir jalan. Keripik singkong biasa dijual dalam berbagai macam rasa.

Tentunya segala makanan yang dibuat di rumah akan lebih baik jika dibandingkan dengan membeli di luar. Salah satu alasan utamanya adalah karena makanan rumahan pasti lebih sehat dan higienis. Sama halnya juga dengan keripik singkong.

Anda bisa membuat keripik singkong sendiri di rumah untuk keluarga. Cara membuat keripik singkong tidak sulit dan tidak membutuhkan terlalu banyak bahan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Bahan – Bahan

  • Singkong sebanyak ½ kg
  • Cabe merah keriting sebanyak 80 gram
  • Bawang putih sebanyak 4 buah
  • Kapur sirih sebanyak 1 sdt
  • Garam sebanyak ¾ sdt
  • Gula sebanyak 1 sdm
  • Penyedap secukupnya
  • Minyak goreng
  • Air bersih sebanyak ½ lt

Langkah – langkah cara membuat keripik  singkong

  1. Pertama-tama, potong singkong tipis-tipis sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Kemudian rendam singkong di dalam air yang dicampur dengan kapur sirih. Aduk rata kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  2. Setelah 10 menit, angkat singkong dan bilas dengan air bersih.
  3. Goreng singkong dengan minyak yang cukup. Minyak harus menutupi semua bagian singkong. Goreng hingga singkong berwarna kekuningan.
  4. Haluskan bumbu-bumbu, seperti bawang dan cabai. Setelah itu tumis bumbu halus hingga harum, jangan lupa tambahkan gula dan garam.
  5. Campurkan bumbu dengan keripik singkong sambil digoreng secara bersamaan. Setelah merata, angkat dan simpan dalam wadah.

Sangat mudah kan untuk membuatnya? Jika anda tidak terlalu suka dengan rasa pedas, keripik singkong bisa juga tidak diberi tambahan cabai. Rasa dari keripik singkong bisa disesuaikan dengan rasa kesukaan anda. Pastikan untuk menyimpan keripik singkong di dalam wadah yang kering. Dengan begitu keripik bisa bertahan lama.

Resep Keripik singkong rumahan ini lebih aman tentunya karena tidak mengandung bahan pengawet. Kebanyakan keripik singkong dalam kemasan mengandung bahan pengawet dan zat yang berbahaya untuk tubuh. Demikianlah cara membuat keripik singkong, jangan ragu untuk membuatnya sendiri di rumah.

keripik singkong gurih dan enak

Resep resep cara membuat keripik singkong

 1.Keripik singkong original

Bahannya murah meriah ga pake tambahan apa – apa,cara pembuatannya sederhana, cemilan favorit suami dan anak2…

Bahan – Bahan

  • Singkong (ga pake ukuran)
  • Secukupnya air untuk mengukus
  • Secukupnya minyak goreng

Langkah – langkah Cara membuat keripik singkong

1. Kupas dan cuci singkong sampai bersih. Potong2 sesuai selera. Kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan selama 30 menit. Angkat. Dinginkan

2. Iris manual (ga pake telenan) bisa tipis atau agak tebal tapi jangan terlalu tebal supaya ga keras
3. Jemur minimal sampai setengah kering (kalau panas banget ga sampai setengah hari) supaya kadar airnya berkurang jadi saat menggoreng tidak menghabiskan terlalu banyak minyak
4. Goreng dalam minyak panas. Angkat. Tiriskan sebentar
5. Siap dicemil..
Cara membuat keripik singkong original

keripik singkong original

2. Keripik singkong sweet Spicy (crispy banget,tidak keras)

     Saya penggemar keripik , mau itu keripik singkong, jagung, kentang dan dalam bentuk apapun. 😀 Produk kemasan pabrik satu ini memang lezat namun kandungan MSG di dalamnya membuat saya berpikir 2x jika hendak makan dan biasanya keasinan di lidah saya.  setelah mencari ke sana kemari tips menggorengnya ini  yang mantap. bisa dibuat dirumah sendiri dan mudah loh 😀 Langsung saja saya praktekkan ^
     mau tau resepnya ? Nah kali ini kami akan memberikan resepnya Cara membuat keripik singkong sweet spicy.Berikut ini :

Bahan –  bahan

  • 700 gram singkong
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt garam
  • secukupnya Air panas (untuk merendam)
  • 100 gram cabai merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 sdm gula pasir
  • secukupnya Minyak goreng
  • 1 sdm maizena (larutkan dengan air)

Langkah – langkah cara membuat keripik singkong sweet spicy

1.  Kupas singkong lalu cuci bersih lalu iris tipis, boleh bentuk bulat atau persegi sesuai selera.

2. Siapkan wadah dan larutkan garam & baking soda dalam 1 L air panas.Rendam irisan singkong selama kurleb 1 jam. Cuci dengan air keran dan tiriskan.

3.  Goreng dengan api sedang sampai berwarna kuning keemasan. Angkat dan taruh di atas kertas (serap minyak berlebih)

4.  Bumbu : blender cabai dan bawang putih hingga halus (tambah sedikit air)

5.  tumis bumbu dengan minyak secukupnya, tambahkan gula pasir, panaskan hingga gula larut. Tambah maizena dan aduk s/d kental. Matikan api

6.  Jika bumbu sudah agak dingin, campur dengan keripik. Simpan dalam toples kedap udara.

cara membuat keripik singkong kripik singkong sweet cpicy

keripik singkong sweet spicy

3.Keripik singkong renyah

Keripik singkong ini salah satu kesukaan ku …. Ini renyaaaah bangett ga keras sama sekali…pokoknya enaaaak loh 😀
Yuk yang punya singkong bisa  cobain dirumah dan murah😊

mau tau resepnya ? Nah kali ini kami akan memberikan resepnya Cara membuat keripik singkong renyah..simak resep Berikut ini :

Bahan – bahan

  • 1 kg singkong (kupas, cuci bersih)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt baking soda/soda kue
  • Secukupnya air panas untuk merendam (sy 1 liter)
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng

Langkah – langkah cara membuat keripik singkong renyah

1.  Kupas singkong…. Iris2 tipis… Cuci bersih..
2.   Siapkan air panaas masukan garam dan baking soda aduk2 sampai larut. lalu masukan singkong…. Diamkan 1 jam..

3.  Cuci bersih singkong di air keran yg mengalir sampe bersih.. Tiriskan

4.  Panaskan minyak….. Goreng singkong sampai matang…

5.  Kasih bumbu sesuai selera ya…. Sajikan Renyaaah bnget enaak pokoknya…

6.  Selamat mencoba ya ❤❤

cara membuat keripik singkong renyah

singkong renyah

4.Keripik singkong pedas manis

Hujan – hujan  gini pengen buat cemilan dari singkong jadi ngebuat ini deh “keripik singkong pedas manis” yang suka pedas bisa ditambah cabenya dan yang suka manis bisa ditambah gula merahnya ya 😀

mau tau resepnya ?  Nah kali ini kami akan memberikan resepnya Cara membuat keripik singkong renyah..simak yah resepnya Berikut ini :

Bahan –  bahan

-750 gr singkong
-250 gr gula merah
-10 cabe rawit merah
– 1 bawang putih
– 2 daun jeruk
– secukupnya garam dan 100 ml

Langkah – langkah cara membuat keripik singkong  pedas manis

1. Kupas singkong dr kulitnyaaa, rendam dengan air cuci bersih lalu iris tipis ya (sy menggunakan food processor) lalu rendam lagi dengan air, buang airnya setelah itu sisihkan

2. Goreng irisan singkong tadi hingga matang dengan minyak banyak

3.  Haluskan cabe dan bawang putih lalu tumis hingga harum beri air 100 ml, masukan gula merah, garam dan daun jeruk tunggu hingga agak menyusut tes rasa

4.  Masukan irisan singkong yang sudah diiris tadi ke dalam wajan tahap 3 aduk hingga rata

5.   Masukan dalam wadah kedap udara, ini bisa tahan lama yaaa buat cemilan dirumah

cara membuat singkong pedas manis

keripik ingkong pedas manis

5.Keripik singkong super simple

Lagi suka nyemil sendiri nih… apalagi cemilan yang berbahan dasar singkong👍😍 muncul lah cemilan singkong super cepat super murah super gampaaang ini😉 bisa juga dicampur bumbu instan beraneka rasa.. Kalau saya cukup diroycoin aja😂.. Eiittzzz jangan salah dimakan tanpa bumbu pun enaakkk lho😍

mau tau resepnya ? Nah kali ini kami akan memberikan resepnya Cara membuat keripik singkong super simple…simak yah resepnya Berikut ini 🙂 :

Bahan – bahan

  • 1/2 kg Singkong
  • 1 saset Royco ayam
  • Minyak goreng
  • Alat: pisau pengupas timun

Langkah – langkah  cara membuat keripik singkong super simple

1. Kupas singkong,cuci bersih lalu kerok menggunakan pisau pengupas timun sampai habis.

2. Goreng dengan minyak panas sampai matang (usahakan semua singkong kerendam minyak biar matang bersamaan&krispi)

3. Di angin anginkan sebentar lalu campur dengan royco ayam sampai merata.

4.  Siap dihidangkan.

cara membuat Keripik singkong super simple

Keripik singkong super simple

6.Keripik singkong balado

Untuk kali ini kita akan memberikan resep cara untuk membuat keripik singkong balado karena banyak  sekali  orang yang paling suka sama makanan yang satu ini 😀 daripada beli coba bikin sendiri dan hasilnya enak dan bisa dinikmati sendiri 🙂

Nah gk usah tunggu lama lagi berikut ini kita akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik singkong balado

Bahan – bahan

  • 2 kg singkong
  • 2 ons cabe merah dan cabe rawik
  • 3 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm gula putih
Secukupnya garam dan penyedap rasa

Langkah – langkah  Cara untuk membuat keripik singkong balado

1.  Iris halus singkong. Lalu cuci hingga bersih.

2.  Goreng singkong. Lalu ditiriskan.

3.  Siapkan bahan-bahan seperti cabai, bawang merah dan bawang putih. Lalu   diblender.

4. Setelah itu tumis bahan-bahan yang telah di blender, lalu berikan gula dan garam.
5. Setelah itu tuangkan singkong ke dalam sambal dan aduk hingga rata.

6.  Setelah itu tuangkan singkong ke dalam sambal dan aduk hingga rata.

7. Keripik singkong balado siap untuk di nikmati

Keripik singkong balado

Keripik singkong balado

8.Keripik singkong keju

Dikasih singkong sama saudara banyak nih. Bingung mau diapain. Sebagian dibuat lagi bubur singkong (lagi), karena suka banget sama bubur singkong. Dibuat keripik aja kali sebagian. Mau keripik balado males nguleg bumbunya. Keripik keju aja. Lebih praktis buatnya. Memanfaatkan keju yg menumpuk juga di freezer.

Mau tau resepnya ? Nah gk usah tunggu lama lagi berikut ini kita akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik singkong keju…

Bahan  – bahan

500 gram singkong kualitas baik
Secukupnya minyak untuk menggoreng
3/4 sdt garam halus
3 sdt parmesan bubuk
2 sdt bubuk paprika merah

Langkah langkah untuk cara membuat keripik keju

1. Gunakan slicer untuk mengiris singkong. Atau pisau biasa yg tajam.
Goreng singkong hingga matang, tiriskan.
2. Masukan singkong di plastik besar, tambahkan garan, keju parmesan dan paprika bubuk. Kocok2 plastik hingga bumbu rata. Test rasa, sesuaikan selera masing2.
3. Masukan dalam wadah kedap udara. Sajikan.
Cara membuat Keripik singkong keju

Keripik singkong keju

9.Keripik singkong kukus

Mau tau cemilan yang simpel dan yang  pasti nikmat? kali ini kita akan memberikan beberapa resep baru cara untuk membuat keripik singkong kukus yang mudah,simpel dan yang pasti nikmat,murah kita dapat membuat nya sendiri  dirumah loh 😀

Nah yuk Langsung saja berikut ini kita akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik singkong kukus 😀

Bahan – bahan

5 buah singkong,potong jd 3 bagian
secukupnya garam,penyedap,dan minyak utk menggoreng
1 lbr daun pandan

Langkah – langkah membuat keripik singkong kukus

1. Kukus singkong dg daun pandan disimpulkan,tp ngukusnya jngan smpe empuk. Cukup kukus setengah matang saja trus angkat

2.Setelah dingin potong sesuai selera.Lebih bgus tipis jd bsa garing. Sy motong ketebelan..tp tetep renyah jg sih.

3. Setelah dipotong2 tipis Taburi garam dan pnyedap roy*o rasa ayam. Campur hingga rata. Kmdian goreng dg api sedang smpe kecoklatan..trus tiriskan..kriuk..kriuk..ludesss deh.

cara membuat keripik singkong kukus

keripik singkong kukus

10.Keripik singkong pedes kriuk

Pengen makan Keripik singkong yang  murah,… Kalau beli lebih mahal… Tapi dapetnya cuma sedikit…Mending bikin sendiri dirumah yuk lebih murah dan enak…,nanti kita akan memberikan resepnya Cara mebuat keripik singkong kriuk

Nah gk usah tunggu lama lagi…Yuk Langsung saja berikut ini kita akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik yang kriuk…

Bahan bahan

– 2 kg singkong

– secukupnya minyak goreng

–  bumbu halus :..

– 10 buah cabe merah keriting

– 10 buah cabe rawet

– 1 sdm cabe merah bubuk

– 5 siung bawang putih

– 3 sdm gula putih

  – 2 sdm gula merah sisir

 – 1 sdt air asam jawa

– sesuai selera garam

Langkah – langkah cara membuat kerpik singkong pedes kriuk

1. Kupas singkong cuci bersih n kukus 20 menit.. Dinginkan potong iris2 tipis.. Sesuai selera

2.  Goreng hingga matang kecoklatan..

3. Haluskan bumbu,tumis hingga harus tambahkan gula putih, gula merah, garam dan air asam koreksi rasa,, jika sudah sesuai nbumbunya sudah berbuih dan agak kering  masukkan keripiknya..

4. Campurkan bumbu pada keripik

5.  keripik pedas kriuk dapat dihidangkan

cara membuat keripik singkong pedas kriuk

keripik singkong pedas kriuk

11. Keripik singkong pedas manis gurih

Lagi niat banget bikin ini karena disini banyak keripik singkong gini, tapi gak ada yang jual. Alhasil bikin sendiri karena mudah dan murah Ya walaupun pegel iris iris singkong nya 😀 tapi hasil memuaskaaannn…

Mau tau resepnya ?

Nah Yuk Langsung saja berikut ini kita akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik singkong pedes gurih..

Bahan – bahan

-1 kg singkong

-2 sdm air kapur sirih

-50 gr gula jawa
-2 sdm gula pasir
-1/4 sdt garam
-/4 sdt penyedap rasa
-minyak untuk menggoreng
-bumbu yang di haluskan:
-10 siung bawang merah
-10 siung bawang putih
-5 buah cabe setan
-10 buah cabe merah
-10 buah cabe rawit
-10 lembar daun jeruk

Langkah – langkah untuk cara membuat keripik singkong pedas manis gurih

1.Iris tipis singkong, lalu rendam dengan air kapur sirih selama 20 menit.

2. Haluskan bumbu, bisa di ulek atau di blender. Goreng singkong sampai kecoklatan. Angkat, tiriskan.

3. Goreng bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan garam, gula merah,gula putih, dan penyedap rasa. Cicip rasanya.

4.  Setelah mendidih, masukkan singkong, aduk rata. Angkat dan sajikan

5. dan akhirnya keripik singkong pedes manis gurih dapat di hidangkan

Cara membuat keripik singkong pedes manis gurih

keripik singkong pedes manis gurih

12. Keripik singkong asin pedas renyah

Untuk kali ini kita akan memberikan resep cara untuk membuat keripik singkong renyah,karena banyak  sekali  orang yang paling suka sama makanan yang satu ini :D,daripada beli coba bikin sendiri dan hasilnya enak dan bisa dinikmati sendiri 🙂

Nah gk usah tunggu lama lagi berikut ini kita akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik yang renyah 😀

Bahan – bahan

  • 1 kg singkong
  • 100 g ikan teri asin sedang
  • 200 g cabe merah giling
  • 2 sdm bawang merah halus
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt penyedap
  • 1/2 sdt cuka putih
  • secukupnya minyak untuk menggoreng

Langkah – langkah Cara untuk membuat keripik asin renyah

1. bersihkan singkong, cuci dan iris-iris tipis

2.  rendam ikan teri sebentar (-/+ 15 menit) agar tidak terlalu asin, lalu tiriskan

3.  goreng singkong dengan minyak panas dan api kecil, agar crunchy, angkat dan tiriskan

4. goreng ikan teri dengan minyak panas dan api kecil hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan

5. goreng bawang merah, cabe merah, beri garam, penyedap dan cuka putih, aduk rata angkat (jangan beri gula dulu yaaa)

6.  taruh singkong goreng dan ikan teri goreng dalam suatu wadah, beri sambal (cabe yang telah dimasak) dan taburi dengan gula pasir, aduk rata

nb, mungkin ada yang bertanya, mengapa tidak di aduk langsung di kuali? agar kerikpik nya tidak terlalu berminyak, jadi saya pisahkan waktu proses pencampurannya

7.  siap di sajikan sebagai cemilan, atau dapat juga menjadi bahan pelengkap untuk lontong, nasi uduk dll, selamat menikmat

 

Photo

 

 

 

By | 2017-11-24T23:53:49+00:00 November 24th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Keripik Singkong Enak dan Sederhana

About the Author: