Cara Membuat Keripik Singkong Balado Super Renyah dan Pedas

//Cara Membuat Keripik Singkong Balado Super Renyah dan Pedas

Cara Membuat Keripik Singkong Balado Super Renyah dan Pedas

Cara membuat keripik singkong balado – Keripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih.

Perkembangan sekarang banyak memunculkan variasi rasa keripik singkong, tidak hanya asin gurih tetapi juga asin pedas dan manis pedas atau dikenal sebgai bumbu balado. Makanan ini tersebar hampir merata di seluruh Pulau Jawa dan sudah menyebar kesuruh negeri.

Kerenyahan kripik singkong memang menjadi ciri khas dari camilan tersebut, apalagi dengan tambahan rasa varian yang berbeda-beda membuat rasa kripik menjadi semakin nikmat saat disantap.

Camilan keripik ini sering dijadikan makanan ringan dengan teman saat perjalanan jauh maupun saat mengerjakan pekerjaan yang sekiranya membutuhkan camilan.Untuk mendapatkan camilan keripik singkong yang renyah, anda harus bisa menemukan jenis singkong dengan kualitas yang baik.

 

Keripik singkong

Camilan Keripik ada banyak jenis, namun yang paling banyak disukai adalah keripik singkong, keripik ini memang memiliki rasa khas tersendiri, sama seperti keripik lain nya yang juga membuat orang ketagihan.

Camilan ini juga bisa membuat orang ketagihan, apalagi saat ini keripik singkong memiliki banyak sekali varian rasa yang akan membuat orang bingung untuk memilih varian rasa yang mana.

Seperti contoh varian rasa dari keripik singkong cokelat, keripik singkong ini tentu nya dibuat dari singkong pilihan yang membuat keripik ini memiliki rasa yang renyah, namun rasa yang renyah tidak cukup.

Anda harus bisa menciptakan varian rasa yang enak dan unik, bahkan jika anda bisa rasa tersebut hanya dimiliki oleh anda saja. Sehingga tidak banyak orang yang bisa menjual keripik singkong dengan rasa tertentu yang sama dengan produk anda.

Keripik cokelat misalnya memang keripik biasa yang diberikan tambahan cokelat di akhir pembuatan nya, sama seperti keripik singkong keju. Keripik ini juga diberi taburan keju yang enak ketika sudah jadi atau ketika keripik singkong di haluskan.

Karena ada beberapa jenis pemotongan nya, ada yang memotong keripik singkong secara langsung, dan ada juga yang menghaluskan singkong tersebut dan di olah dengan berbagai bumbu lalu di cetak sesuai keinginan.

Anda bisa memilih cara mana yang ingin anda gunakan untuk membuat keripik singkong anda. Sebelum ke cara membuat keripik singkong balado kita lihat dulu yuk beberapa manfaatnya.

 

Manfaat keripik singkong

  1. Mengendalikan diabetes

Khasiat keripik singkong yang pertama dapat membantu mengandalikan diabetes. Kandungan serat yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah sehingga bisa mengontrol diabetes anda agar tetap dalam batas normal.

Oleh karena itu, anda bisa mulai mengkonsumsi makanan ini.

  1. Mencegah penyakit jantung

Jika anda salah satu penderita penyakit jantung maka anda bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi keripik singkong. Hal ini dikarenakan kandungan sumber serat yang ada di dalamnya mampu menjaga kesehatan jantung sehingga bisa mencegah anda dari resiko penyakit jantung.

  1. Menguatkan tulang

Tulang berfungsi sebagai organ yang melindungi tubuh dari benturan benda tumpul. Untuk menjaga tulang agar tetap kuat bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi keripik singkong.

Kandungan vitamin K yang ada di dalamnya berfungsi untuk membangun masa tulang sehingga tulang akan tetap kuat dan juga sehat.

  1. Membantu produksi sel darah merah

Selain bermanfaat untuk menguatkan tulang, keripik singkong juga sangat bermanfaat untuk membantu produksi sel darah merah. Kandungan vitamin B kompleks yang ada dalam makanan ini membantu memproduksi sel darah merah sehingga bisa mencegah dari penyakit anemia.

  1. Mencegah resiko kanker usus besar

Kanker usus besar merupakan kanker yang menyerang pada bagian usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi keripik singkong.

Kandungan serat yang ada di dalamnya bermanfaat untuk mencegah resiko kanker usus besar.

  1. Membantu pertumbuhan tubuh

Mengkonsumsi keripik singkong juga sangat efektif membantu pertumbuhan tubuh. Kandungan yang bernama riboflavin yang terdapat dalam makanan ini berguna untuk membantu pertumbuhan tubuh sehingga anda bisa mengkonsumsinya untuk pertumbuhan tubuh yang baik dan juga sehat.

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol jahat disebabkan karena banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat bisa mengkonsumsi keripik singkong ini.

Kandungan kalium yang ada di dalamnya mampu mengantur tekanan darah sehingga kadar kolesterol jahat bisa menurun.

  1. Mencegah penyakit alzeimer

Untuk mencegah penyakit alzeimer anda bisa mengkonsumsi keripik singkong. Penyakit ini ditandai dengan menurunnya kemampuan berpikir dan berbicara. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini untuk mencegah resiko penyakit alzeimer.

  1. Melancarkan proses pencernaan

Keripik singkong juga sangat berkhasit untuk melancarkan proses pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang ada di dalamnya membantu proses buang air besar menjadi lancar sehingga bisa mencegah anda dari resiko gangguan pencernaan.

  1. Menurunkan resiko stroke

Stroke merupakan hilangnya fungsi otak dengan cepat, karena gangguan darah menuju ke otak. Untuk menurunkan resiko stroke anda bisa mengkonsumsi keripik singkong.

Kandungan serat yang ada di dalamnya mampu menurunkan resiko stroke sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita stroke.

 

 

RESEP KERIPIK SINGKONG BALADO SUPER ENAK RENYAH DAN GURIH

Keripik singkong merupakan salah satu dari aneka camilan yang sangat digemari. Tetapi apa jadinya jika keripik tidak renyah alias melempem. Berikut resep dan tips cara membuat keripik singkong balado enak renyah dan gurih.

 

Resep pertama cara membuat keripik singkong balado

cara membuat keripik singkong balado

Bahan dan Bumbu :

  • 1 kg singkong
  • 1 sdm kapur sirih
  • 300 ml air matang
  • 5 sdm garam untuk rendaman
  • 5 siung bawang putih, haluskan untuk rendaman
  • 2 sdm gula pasir untuk bumbu
  • minyak untuk menggoreng

Haluskan :

  • 8 butir bawang merah
  • 150 gram cabai merah keriting
  • 1½ sdt garam

Cara membuat keripik singkong balado :

  1. Singkong dikupas dan dicuci bersih lalu iris tipis dengan menggunakan alat pengiris untuk membuat keripik atau pisau, tetapi usahakan ukuran irisan sama tipis atau tidak tebal sebelah.
  2. Campur air dengan air kapur sirih, beri bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan, aduk rata. Rendam irisan singkong ke dalamnya hingga 30 menit, angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan minyak, goreng singkong hingga matang dan kering, angkat dan tiriskan keripik singkong hingga dingin dan tidak berminyak.
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, aduk-aduk. Tuang gula pasir, aduk hingga rata. Setelah bumbu mengering, kecilkan api lalu masukkan keripik singkong, aduk hingga rata. Angkat, tiriskan dan diamkan hingga dingin lalu sajikan.

Tips membuat keripik singkong yang renyah :

  • Pilih singkong yang masih segar, berukuran besar dan isinya berwarna putih tidak ungu.
  • Keringkan singkong yang sudah direndam hingga benar-benar kering dan jangan terkena sinar matahari langsung.
  • Siapkan dua penggorengan. Penggorengan pertama dengan panas sedang (untuk menggoreng setengah matang), dan yang kedua dengan suhu panas maksimal (untuk menggoreng sampai matang).
  • Penggunaan bumbu balado pedasnya dapat disesuaikan dengan selera, atau dapat dipadukan dengan tambahan bumbu, seperti daun salam, cabai merah besar atau air asam jawa. Selain rasa bumbu balado, keripik singkong juga biasa dibuat dengan bumbu asin atau keju.

Tips membuat keripik singkong yang empuk :

  • Singkong atau ubi kayu yang masih fresh tidak lebih dari satu hari setelah dicabut dari akarnya.
  • Iris singkong jangan terlalu tipis, rendam singkong dengan air panas. Campurkan soda kue (1sdt/1liter air) lalu diamkan air hingga dingin.
  • Goreng dengan api besar dengan perbandingan minyak dan singkong adalah 3:1.
  • Jika setelah dicampur bumbu, singkong menjadi lembek itu berarti bumbu terlalu berair atau belum kering saat ditumis.
  • Agar keripik singkong dapat renyah kembali, dengan cara di goreng lagi dengan api besar namun beresiko mengurangi rasa atau bisa dengan oven agar tidak merubah rasa (disarankan menggunakan oven kompor).

baca juga cara membuat keripik pepaya secara tradisional

 

Resep kedua cara membuat keripik singkong balado.

cara membuat keripik singkong balado

Bahan Kripik:

  • 1 kilo gram singkong.
  • 2 sendok teh kapur sirih, larutkan dalam 300 mili liter air.

Bahan Bumbu Balado :

  • 8 siung bawang putih.
  • 150 gram cabai merah keriting.
  • 2 sendok makan gula pasir.
  • 1 1/2 sendok teh garam.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Cara membuat keripik singkong balado :

  1. Kupas singkong dan cuci bersih
  2. Iris tipis singkong dengan menggunakan alat pengiris
  3. Rendam dalam air yang berisi garam dan sedikit air kapur. Angkat dan bersihkan
  4. Rendam kembali dalam air
  5. Goreng irisan singkong tersebut dengan menggunakan minyak yang banyak dan api yang sedang.
  6. Goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan

Cara Membuat Bumbu Balado:

  1. Kupas cabai merah, keluarkan bijinya
  2. Haluskan bawang putih dan cabai merah
  3. Tumis bawang putih dan cabai merah yang sudah dihaluskan tadi sampai harum dan sedikit mengering
  4. masukkan gula dan garam. Aduk terus sampai rata.

Cara membuat keripik singkong balado :

  1. Setelah semua bumbu tercampur rata dan gula sudah mencair, angkat wajan dari atas api
  2. Dalam kondisi hangat, masukkan keripik singkong  dan aduk sampai semua bumbu  balado tercampur dengan baik dan menempel di keripik singkong.
  3. Biarkan sampai kering dan tidak lengket
  4. Setelah dingin, keripik singkong balado siap disajikan atau dikemas.

Baca juga cara membuat keripik singkong renyah

 

Resep ketiga cara membuat keripik singkong balado

Bahan keripik:

  • 1 Kg singkong (iris tipis),
  • 2 sdt air kapur sirih,
  • 1 sdm garam dan
  • 1.500 ml air.

    Bumbu balado:

  1. 10 buah bawang merah,
  2. 10 buah cabai merah besar,
  3. 15 buah cabai merah keriting,
  4. 3 buah cabai rawit merah,
  5. 4 lembar daun salam,
  6. 1 sdm garam,
  7. 100 gram gula pasir,
  8. 2 sdm air asam Jawa dan
  9. minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Cara membuat keripik singkong balado :

  1. Setelah diiris tipis, rendam dalam larutan air kapur sirih, garam dan air. Diamkan sekitar 20 menit, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Setelah ditiriskan. Masukkan singkong dalam minyak panas hingga kering dan matang, sisihkan.
  3. Haluskan bawang merah, cabai merah besar, cabai keriting dan cabai rawit. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan daun salam dan sedikit garam sampai harum. Kemudian masukkan garam, gula paisr dan air asam Jawa lalu aduk hingga kental.
  4. Setelah kental, tambahkan singkong goreng dan aduk hingga keripik singkong tercampur rata dengan bumbu.
  5. Setelah dingin, masukkan keripik dalam wadah tertutup.

 

Resep keempat cara membuat keripik singkong balado

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik singkong balado :

  • Singkong 500 gram, kupas kulitnya dan iris tipis
  • Garam halus 1 sendok teh
  • Air bersih 750 ml
  • Air kapur sirih 1 sendok teh

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat balado :

  • Bawang merah 5 butir, umbuk kasar
  • Cabai merah besar 5 buah, tumbuk kasar
  • Cabai merah keriting 5 buah, tumbuk kasar
  • Daun salam 2 lembar
  • Garam halus 1 sendok teh
  • Gula pasir 50 gram
  • Air asam jawa 1 sendok makan. Terbuat dari ½ sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air bersih kemudian larutkan.
  • Minyak goreng 3 sendok makan atau secukupnya untuk menumis
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng keripik singkong

Langkah – langkah yang dilakukan untuk membuat keripik singkong balado :

  • Rendam singkong yang telah di iris tipis ke dalam larutan air kapur sirih, garam halus, dan air. Diamkan selama 15 menit kemudian cuci bersih singkong menggunakan air bersih yang mengalir, tiriskan.
  • Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng singkong. Goreng menggunakan minyak yang benar – benar panas hingga matang dan kering kemudian angkat dan tiriskan.
  • Panaskan minyak secukupnya untuk menumis bumbu, masukkan bawang merah, cabai merah besar dan cabai merah keriting, daun salam, serta garam. Tumis sampai harum kemudian tambahkan gula pasir dan air asam jawa. Aduk – aduk sampai mengental.
  • Selanjutnya masukkan singkong yang telah Anda goreng tadi ke dalam tumisan balado, aduk – aduk sampai semua bahan tercampur merata lalu angkat.
  • Keripik singkong balado buatan Anda siap untuk disajikan

 

Resep kelima cara membuat keripik singkong balado

Bahan-bahan/bumbu-bumbu

  1. 500 gram singkong, diiris tipis
  2. 1 sendok teh air kapur sirih
  3. 1 sendok teh garam
  4. 750 ml air

Bahan Balado

  1. 5 buah bawang merah, ditumbuk  kasar
  2. 2 lembar daun salam
  3. 5 buah cabai merah keriting, ditumbuk kasar
  4. 5 butir cabai merah besar, diulek sampai kasar
  5. 1 sendok teh garam
  6. 50 gram gula pasir
  7. 1 sendok makan air asam jawa
  8. 3 sendok makan minyak untuk menumis
  9. minyak untuk menggoreng

Cara Pengolahan
Rendam singkong dalam larutan air kapur sirih, garam, dan juga air. Biarkan selama 15 menit. Cuci sampai bersih. Kemudian tiriskan singkong. Goreng dengan menggunakan minyak panas sedang hingga matang dan juga kering. Tumis bawang merah, cabai merah, daun salam, dan juga garam hingga harum. Tambahkan garam, gula pasir, dan juga air asam jawa. Aduk hingga kental. Masukkan singkong goreng. Aduk hingga terbalut rata.

Sangat mudah bukan untuk cara membuat keripik singkong balado ini? Anda dapat mencoba resep dengan menambahkan sedikit perasa manis atau gurih di dalam pembuatannya.

Nah, itulah resep keripik singkong balado, cemilan lezat yang tentunya sangat istimewa dan akan menjadikan waktu berkumpul Anda bersama keluarga merupakan waktu yang berkualitas dan juga sangat berharga. Selamat mencoba !!!

Oke demikian info singkat tentang cara membuat keripik singkong balado, semoga bermanfaat, selamat mencoba.

 

By | 2017-11-20T08:23:29+00:00 November 20th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Keripik Singkong Balado Super Renyah dan Pedas

About the Author: