Select Page

Cara membuat keripik pisang manis ala indonesia sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak lama, kreasi olahan dari buah pisang sampai sekarang masih diminati karena makanan ringan dari pisang ini dikenal cukup enak dan manfaat gizinya juga bagus.

Jenis tanaman pisang ini memang bermacam macam, namun tidak semua jenis bisa diolah menjadi cara membuat kripik pisang manis hanya jenis jenis tertentu saja yang bagus digunakan sebagai bahan baku keripik pisang.

Kali ini kami akan memperkenalkan jenis kripik pisang yang diolah secara tradisionil, cara me,membuat keripik pisang ala indonesia tidaklah rumit resep khususnya juga sudah diketahui umum karena cara pengolahan tradisionil cara membuat keripik pisang manis adalah salah satu warisan yang turun temurun dikenalkan oleh generasi pendahulu kita.

Pisang yang kita pilih harus dari jenis yang bisa diolah menjadi keripik pisang manis, tidak boleh terlalu matang atau yang masih mendekati matang agar pada waktu proses menggoreng pisang bisa lebih cepat kering juga tidak mudah gosong.

Cara Membuat Keripik Pisang Manis Ala Indonesia

keripik pisang manis

Bahan:

  • Pisang ambon 10 buah
  • Gula pasir 200 g
  • Garam halus 1 sdt
  • Kapur sirih 1 sdt
  • Air bersih 2 L
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Pisang Manis:

  1. Kupas semua kulit pisang lalu iris dengan tipis seperti logam koin.
  2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air 1 L ke dalamnya.
  3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  4. dan asukkan pisang yang sudah diiris tipis ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam.
  5. Siapkan wadah bersih lainnya.Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  6. dan siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  7. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.Rebus 1 L dengan gula. Aduk hingga gula larut. Rebus hingga larutan gula mengental.
  8. Masukkan keripik pisang yang sudah digoreng ke dalam rebusan gula.  Lalu aduk hingga semua pisang sudah terselimuti gula.
    • Serat tidak hanya membuat perut terasa lebih penuh, tapi juga mengurangi masalah pencernaan, termasuk memangkas resiko kanker kolon.
    • Beberapa penelitian menunjukkan, dalam jumlah besar serat bisa membantu mengatur kadar gula darah dan insulin. Inilah sebabnya, orang yang sering mengkonsumsi serat cenderung lebih langsing.
    • dan serat yang larut sangat lembut dan dapat menolong mereka mengalami iritasi pada ususAngkat dan tiriskanKeripik pisang manis siap disajikan.
    • Berikut Beberapa Manfaat Serat Untuk Tubuh Kita :Jadi, mengkonsumsi cemilan keripik pisang untuk kesehatan tubuh adalah salah satu pilihan yang baik.

Tidak memakai bahan bahan yang berbahaya untuk kesehatan tubuh seperti pemanis buatan, perasa buah buahan, pewarna makanan, dan pengawet kimia dengan tujuan untuk mendapatkan hasil Keripik Pisang yang berkwalitas dari rasa maupun Nutrisinya. Sehat dan Higienis adalah komitmen dari produk Aneka Keripik untuk selalu memberikan yang terbaik bagi konsumen.

Komposisi Keripik Pisang Manis

Bahan bahan baku untuk pembuatan keripik pisang terdiri dari beberapa bahan bahan baku pilihan terbaik terutama untuk bahan baku dasarnya yaitu pisang.

Cara dan sistem pemesanan pembelian dan pembayaran sekaligus pengiriman barang telah diatur untuk lebih jelasnya bisa dilihat di Pembayaran. Untuk data harga terbagi dalam tiga katagori yaitu pembelian untuk retail, pembelian untuk grosir, dan pembelian untuk loss atau curah.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Saat ini, gaya hidup manusia modern telah berubah. Aktivitas di luar ruangan makin sedikit dilakukan. Bersamaan dengan itu, muncul kebiasaan baru, yakni beraktivitas di dalam ruangan dengan gadget.

Tidak ada salahnya melakukan kegiatan tersebut. Namun, jika berlebihan, kesehatan mata rawan terganggu. Ingat, layar gawai memancarkan sinar biru yang mengancam mata. Selain itu, berada di dalam ruangan sering membuat mata harus bekerja ekstra karena hanya menerima cahaya dalam intensitas rendah.

Bukan hal aneh lagi kalau gangguan kesehatan mata cenderung meningkat. Prevent Blindness America mencatat terdapat kenaikan penderita gangguan penglihatan hingga 89 persen dalam 20 tahun terakhir. Sebagian besar penderitanya ialah mereka yang berusia 40 tahun ke atas.

Tentu saja kita tidak mau mengalami gangguan penglihatan seperti itu. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Langkah-langkah tersebut mudah diterapkan ke siapa saja.

Khasiat keripik pisang yang pertama membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang ada di dalamnya bermanfaat untuk menjaga dan melindungi mata sehingga bisa mencegah kita dari resiko mata rabun atau katarak.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Tubuh manusia memiliki sistem peredaran darah yang berperan untuk mengalirkan nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Namun, tidak hanya menyalurkan kedua zat tersebut. Masih banyak lagi fungsi lain yang dimiliki oleh sistem peredaran darah manusia, untuk lebih memahaminya simak penjelasan berikut.

Sistem peredaran darah atau yang dalam dunia medis lebih dikenal dengan sistem kardiovaskular merupakan suatu sistem yang berguna untuk menyalurkan berbagai zat penting, seperti nutrisi dan oksigen, dari jantung ke seluruh tubuh.

Manfaat lainnya dari keripik pisang juga sangat baik untuk melancarkan peredaran darah. Kandungan kalium yang terdapat pada makanan ini membantu mengatur tekanan darah sehingga peredaran darah akan tetap lancar. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsinya.

3. Membantu Pencernaan Usus

Kandungan serat yang ada dalam makanan ini sangat baik membantu pencernaan usus. Dengan rajin mengkonsumsinya maka bisa mencegah anda dari resiko penyakit usus seperti terjadiya gejala kanker usus besar.

4. Menormalkan Fungsi Jantung

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk menjaga fungsi jantung anda bisa mengkonsumsi keripik pisang. Kandungan kalium yang terdapat dalam makanan ini mampu menambah nutrisi tubuh yang mendukung fungsi jantung sehingga jantung bisa berfungsi dengan normal.

5. Mencegah Anemia

Kurang darah atau anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen, sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

Anemia dapat terjadi sementara atau dalam jangka panjang, dengan tingkat keparahan yang bisa ringan sampai berat. dan anemia terjadi ketika kadar hemoglobin (bagian utama dari sel darah merah yang mengikat oksigen) berada di bawah normal.

Kekurangan darah bisa dicegah dengan mengkonsumsi keripik pisang. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang ada di dalamnya mampu mencegah terjadinya anemia sehingga makanan ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita anemia.

6. Mengatasi Asma

Asma merupakan penyakit kronis pada saluran pernapasan. Untuk mengatasinya kita bisa melakukannya dengan cara banyak mengkonsumsi keripik pisang. Kandungan yang terdapat pada makanan ini terbukti mampu mengatasi penyakit asma. Mulailah mengkonsumsi makanan ini untuk mencegah dari resiko asma.

Tanda dan gejala asma meliputi:
  1. Sesak napas
  2. Dada sesak atau sakit
  3. Kesulitan tidur disebabkan oleh sesak napas, batuk atau mengi
  4. Suara bersiul atau mengi saat menghembuskan nafas (mengi adalah tanda umum asma pada anak-anak)
  5. Serangan batuk atau mengi yang diperparah oleh virus pernafasan, seperti flu atau flu
  6. Tanda-tanda bahwa asma Anda mungkin memburuk termasuk:
  7. Asma tanda dan gejala yang lebih sering dan menyusahkan
  8. Meningkatnya kesulitan bernafas (diukur dengan peak flow meter, alat yang digunakan untuk memeriksa seberapa baik paru-paru Anda bekerja)
  9. Kebutuhan untuk menggunakan inhaler bantuan cepat lebih sering
  10. Bagi beberapa orang, tanda dan gejala asma menyala dalam situasi tertentu:
  11. Asma akibat olahraga, yang mungkin lebih parah saat udara terasa dingin dan kering
  12. Asma kerja, dipicu oleh iritan di tempat kerja seperti asap kimia, gas atau debu
  13. Alergi yang disebabkan asma, dipicu oleh zat udara, seperti serbuk sari, spora jamur, limbah kecoa atau partikel kulit dan air liur kering yang ditumpahkan oleh hewan peliharaan (bulu binatang peliharaan)

7. Mengobati Sembelit

Sembelit adalah suatu kondisi di mana pergerakan usus menurun atau sulit buang air besar untuk waktu yang lama. Sembelit atau yang punya nama lain konstipasi ini, umumnya diartikan sebagai kondisi buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu. Biasanya sembuh jika kita mengubah gaya hidup kita, namun sembelit kronik akan lebih sulit untuk diterapi dan biasanya merupakan gejala dari kondisi medis yang lain.

dan sembelit adalah suatu kondisi di mana pergerakan usus menurun atau sulit buang air besar untuk waktu yang lama. Sembelit atau yang punya nama lain konstipasi ini, umumnya diartikan sebagai kondisi buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu. Sembelit biasanya sembuh jika kita mengubah gaya hidup kita, namun sembelit kronik akan lebih sulit untuk diterapi dan biasanya merupakan gejala dari kondisi medis yang lain.

Untuk mengobati sembelit anda bisa rutin mengkonsumsi keripik pisang. Kandungan yang ada di dalamnya berfungsi untuk memperlancar buang air besar sehingga bisa mencegah anda dari resiko sembelit.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Selain bermanfaat mengobati sembelit, keripik pisang juga mampu menjaga kesehatan otak. Kandungan yang ada dalam makanan ini mampu menjaga dan melindungi otak agar tetap sehat sehingga bisa mencegah anda dari resiko kerusakan pada otak.

9. Mengobati Diare

Diare adalah penyakit yang membuat penderitanya menjadi sering buang air besar, dengan kondisi tinja yang encer. Pada umumnya, diare terjadi akibat makanan dan minuman yang terpapar virus, bakteri, atau parasit.

dan diare bisa disebabkan karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri. Untuk mengobatinya kita bisa menggunakan cara yang alami yaitu mengkonsumsi keripik pisang. Kandungan kalium yang ada di dalamnya mampu mencegah dan mengobati diare lebih cepat.

10. Menurunkan Berat Badan

Jika kita  ingin menurunkan berat badan dengan cara yang mudah dan alami maka kita bisa mengkonsumsi keripik pisang. Kandungan kalori yang rendah pada makanan ini sangat efektif menurunkan berat badan sehingga anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

Selain 10 manfaat dan khasiat keripik pisang untuk kesehatan, ada lagi 7 manfaat lainnya dari makanan ini yang perlu anda ketahui, Berikut ini manfaatnya:

7 Manfaat dan Khasiat Keripik Pisang Lainnya:

  1. Baik bagi ibu hamil
  2. Mengobati jerawat
  3. Menghaluskan kulit wajah
  4. Mengobati sakit maag
  5. Menyehatkan tulang
  6. Memperlancar sistem pencernaan
  7. Mengurangi pembekakan

Demikian 17 manfaat dan khasiat keripik pisang untuk kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui. Semoga informasi tentang khasiat makanan ini bermanfaat untuk menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan tubuh.

Efek Samping Mengkonsumsi Keripik Pisang Manis Ala Indonesia

1. Mengantuk

Pisang mengandung tryptophan yang bisa membuat kamu merasa mengantuk. Kandungan karbohidrat yang ada pada pisang bisa menghalangi kandungan asam amino memasuki otak kamu. Hal ini akan memicu peningkatan produksi hormon serotonin yang biasa membuat kamu mengantuk.
Magnesium yang ada pada pisang juga dikenal bisa merilekskan otot tubuh. Bisa dibayangkan, tubuh kamu akan jadi super mengantuk jika makan pisang dalam jumlah yang banyak.

2. Hormon Tak Seimbang

Keseimbangan hormon yang ada dalam tubuh kamu bisa dipengaruhi oleh xeniobiotik yang ada dalam pisang. Dalam hal ini, yang terpengaruh adalah hormon estrogen perempuan dan androgen pada pria.
Terlalu banyak mengonsumsi pisang bisa mengacaukan keseimbangan kedua hormon ini, dan dampak negatif tersebut bisa dirasakan langsung oleh perempuan dengan kacaunya siklus haid dan rasa lelah yang berlebihan.

3. Kadar Gula Darah

Gula darah atau yang dikenal juga dengan istilah glukosa merupakan hasil pemecahan karbohidrat oleh sistem pencernaan di lambung dan usus halus. Asupan karbohidrat yang sudah dipecah menjadi glukosa dialirkan ke seluruh sel-sel tubuh.

Kadar gula darah adalah besarnya jumlah glukosa di dalam darah dengan volume tertentu. Biasanya kadar gula darah dinyatakan dalam satuan mg per dL (desi liter). Jumlah glukosa dinyatakan dalam satuan mg, sedangkan jumlah darah dinyatakan dalam dL.

Penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi pisang, karena mengandun gula alami bernama glukosa. Jika kamu mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak, tentunya bisa memicu naiknya kandungan gula dalam darah.
Bahkan, gigi kamu juga bisa merasakan dampak negatif dari gula yang terkandung dalam pisang, lho. Enamel pada gigi bisa rusak.

4. Hyperkalemia

Pisang terkenal karena memiliki kandungan kalium dan potasium. Kalium penting bagi tubuh kamu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, namun jika berlebihan tentu saja akan memberi dampak negatif. Hal ini bisa menuntun kamu pada kondisi hyperkalemia.
Hyperkalemia merupakan kondisi dimana detak jantung kamu jadi tak beraturan, lumpuh sementara, otot lemas, dan tekanan darah yang rendah. Bahkan dalam kondisi yang parah bisa berujung pada gagal jantung!

5. Kerusakan Saraf

Kerusakan saraf adalah kondisi di mana terjadi gangguan pada sistem saraf. Ketika sistem saraf terganggu, maka penderitanya bisa kesulitan bergerak, berbicara, menelan, bernapas, atau berpikir. Penderita juga bisa mengalami gangguan pada ingatan, panca indera, atau suasana hati.

Percaya atau tidak, kebanyakan mengonsumsi pisang juga bisa berujung pada kerusakan saraf, lho. Ini biasa terjadi pada kamu yang mengonsumsi pisang sebagai makanan harian untuk diet. Hal ini dikarenakan kandungan B6 yang ada pada pisang.

Sekian cara membuat keripik pisang manis ala indonesia ini, semoga resep ini bermanfaat kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimaksih.

× Whatsapp Kami!