Select Page

Salah satu olahan pisang yang terkenal karena kenikmatannya. Mungkin bagi sebagian orang masih ada yang belum pada tahu bagaimana cara membuat keripik pisang aneka rasa yang renyah.

Beberapa pasti berpikiran bahwa cara membuat keripik pisang itu sangat susah, padahal sebenarnya mudah lho. Salah satu olahan keripik pisang ini terkenal dan banyak disukai orang karena rasa yang nikmat dan banyak variasinya. Beda dengan ketika kita makan langsung buah pisang tanpa diolah.

Cara membuat keripik pisang aneka rasa ini bisa dikatakan gampang karena buah pisang sendiri merupakan buah yang tidak mengenal musim alias selalu ada di setiap saat. Kita tidak perlu untuk menunggu musim tertentu untuk memanen buah pisang.

Sebenarnya kalau dibandingkan dengan olahan pisang yang lain, cara membuat keripik pisang bisa dikatakan sedikit lebih rumit. Sedikit lho ya. Cuma sedikit kok. Olahan pisang lainnya yang jauh lebih mudah adalah pisang goreng yang tentu saja mudah ditemui terutama di penjual gorengan.

Eits, tapi jangan menyerah dulu. Meskipun cara membuat keripik pisang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan pisang goreng, tapi rasanya tentu lebih wah dong. Apalagi kriuk-kriuk renyahnya yang bikin mulut jadi termanjakan banget. Dan juga keripik pisang memiliki banyak variasi loh seperti keripik pisang asin, keripik pisang manis, keripik pisang coklat, dan masih banyak lagi yang  lainnya.

Nah, coba deh dipikir. Kalau kita cara membuat keripik pisang aneka rasa sendiri di rumah, tentu kita bisa memutuskan sendiri keripik pisang kita akan disajikan dengan rasa apa dan bagaimana cara penyajiannya yang tentu saja bisa disesuaikan dengan selera kita.

Nggak perlu dipikir dulu kalau cara membuat keripik pisang itu susah, yang penting kita tahu cara membuat keripik pisang. Dan kalau memang kita pintar mengambil kesempatan, kita bisa membuat hal ini menjadi ladang uang lho. Bagaimana? Tertarik mencoba? Yuk, langsung saja simak cara membuat keripik pisang aneka rasa di bawah ini.

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa

keripik pisang aneka rasa

Adapun Macam – macam keripik pisang yaitu:

1. Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa yang Renyah

keripik pisang renyah

Keripik pisang renyah sangat dikagumi banyak orang hingga sekarang, karena rasa yang tidak membosankan sama sekali ini. Banyak orang yang tertarik karenan keripik pisang yang super enak dan gurih ini.

Bahan :

  1. Pisang ambon 10 buah
  2. Garam halus 1 sdm
  3. Kapur sirih 1 sdt
  4. Air bersih 1 L
  5. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa yang Renyah :

  1. Kupas semua kulit pisang lalu iris tipis tipis seperti logam koin.
  2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air ke dalamnya.
  3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  4. dan masukkan pisang yang sudah diiris tipis ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam.
  5. Siapkan wadah bersih lainnya.
  6. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  7. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  8. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  9. Keripik pisang siap disajikan.

2. Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa yang Manis

keriik pisang manis

Keripik pisang manis ini juga mudah dan enak, tidak kalah juga dengan varian rasa yang lainnya. yukk coba sekarang…

Bahan :

  1. Pisang ambon 10 buah
  2. Gula pasir 200 g
  3. Garam halus 1 sdt
  4. Kapur sirih 1 sdt
  5. Air bersih 2 L
  6. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa yang Manis :

  1. Kupas semua kulit pisang lalu iris dengan tipis seperti logam koin.
  2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air 1 L ke dalamnya.
  3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  4.  dan masukkan pisang yang sudah diiris tipis ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam.
  5. Siapkan wadah bersih lainnya.
  6. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  7. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  8. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  9. Rebus 1 L dengan gula. Aduk hingga gula larut. Rebus hingga larutan gula mengental.
  10. Masukkan keripik pisang yang sudah digoreng lalu tuangkan ke dalam rebusan gula. Lalu aduk hingga semua pisang sudah terselimuti gula.
  11. Angkat dan tiriskan
  12. Keripik pisang manis siap disajikan.

3. Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa yang Coklat

keripik pisang coklat

Keripik pisang aneka rasa coklat ini rasanya mantull banget. Keripik pisang coklat juga ndak kalah enak loh. ini juga cemilan yang disukai oleh anak anak jaman sekarang.

Bahan :

  1. Pisang ambon 10 buah
  2. Gula halus 50 g
  3. Coklat bubuk 30 g
  4. Tepung maizena 30 g, sangrai
  5. Kapur sirih 1 sdt
  6. Air bersih 1 L
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa yang Coklat :

  1. Kupas semua kulit pisang lalu iris dengan tipis seperti logam koin.
  2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air ke dalamnya.
  3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  4. dan masukkan pisang yang sudah diiris tipis ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam.
  5. Siapkan wadah bersih lainnya.
  6. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  7. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  8. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  9. Campur dengan gula, coklat bubuk, dan tepung maizena hingga tercampur sempurna.
  10. Masukkan bubuk ke dalam wadah tertutup.
  11. dan Masukkan pisang yang sudah digoreng ke dalam bubuk.
  12. Tutup wadah lalu kocok hingga bubuk menempel pada pisang.
  13. Keripik pisang coklat siap disajikan.

4. Cara Membuat Keripik Pisang Rasa yang Keju

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa

Keripik pisang aneka rasa keju ini juga wao rasanya. Keripik pisang keju ini juga lezat, di jamin deh enak banget rasanya, kepoin kuyy…

Bahan :

  1. Pisang ambon 10 buah
  2. Kapur sirih 1 sdt
  3. Air bersih 1 L
  4. Bumbu bubuk rasa keju secukupnya
  5. Keju parut secukupnya
  6. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa yang Keju:

  1. Kupas semua kulit pisang lalu iris tipis seperti logam koin.
  2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air ke dalamnya.
  3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan pisang yang sudah diiris tipis ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam.
  5. Siapkan wadah bersih lainnya.
  6. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  7. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  8. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  9. Siapkan wadah tertutup, masukkan pisang lalu masukkan pula bumbu bubuk keju.
  10. Tutup wadah lalu kocok wadah hingga bumbu bubuk keju menempel pada pisang.
  11. Taruh keripik pisang pada piring penyajian, taburkan keju parut.
  12. Keripik pisang rasa keju yang gurih siap disajikan.

5. Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa yang Balado

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa

Varian rasa balado juga ndak kalah saing nih guys, disukai banyak remaja dan pemuda, kuyy cobain.

Bahan :

  1. Pisang ambon 10 buah
  2. Kapur sirih 1 sdt
  3. Air bersih 1 L
  4. Bumbu bubuk balado 2 sdm
  5. Garam halus 1 sdt
  6. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa yang Balado:

  1. Kupas semua kulit pisang lalu iris dengan tipis seperti logam koin.
  2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air ke dalamnya.
  3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan pisang yang sudah diiris tipis ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam.
  5. Siapkan wadah bersih lainnya.
  6. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  7. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  8. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  9. Campurkan bumbu bubuk balado dengan garam hingga tercampur sempurna.
  10. Siapkan wadah tertutup, masukkan pisang lalu masukkan pula bumbu.
  11. Tutup wadah lalu kocok wadah hingga bumbu menempel pada pisang.
  12. Keripik pisang rasa balado yang gurih siap disajikan.

6. Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa yang Asin

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa

Keripik pisang asin juga enak loh gays. Banyak sekali yang suka sama varian rasa keju ini.

Bahan:

  1. Kapur sirih 1 sdt
  2. Air 1 L
  3. Buah pisang 1 sisir
  4. Secukupnya minyak goreng

Bahan Bumbu Halus:

  1. Ketumbar 1 1/2 sdm
  2. Garam dapur 1 sdm
  3. Kunyit 2 cm
  4. Kemiri 3 butir
  5. Bawang putih 5 siung
  6. Secukupnya vetsin
  7. Campur bahan-bahan di atas, kemudian haluskan.

Cara Membuat :

  1. Larutkan kapur sirih ke dalam air.
  2. Buah pisang diris tipis-tipis.
  3. Rendam selama kurang lebih 1 jam ke dalam larutan air kapur.
  4. Angkat pisang-pisang, lalu cuci hingga bersih, kemudian tiriskan.
  5. Siapkan wadah besar, lalu masukkan irisan pisang dan bumbu halus
  6. Aduk-aduk sampai merata.
  7. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, supaya bumbu meresap.
  8. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng
  9. Goreng pisang hingga matang dan kering.
  10. Angkat, lalu tiriskan.
  11. Keripik pisang asin yang renyah siap disajikan.

Tips Cara Membuat Keripik Pisang yang Renyah:

  • Apapun jenis pisangnya, boleh digunakan. Jenis pisang yang paling sering digunakan adalah pisang kepok.
  • Pilih buah pisang yang masih belum matang atau hampir matang.
  • Semakin tipis irisan buah pisang, maka akan semakin gurih dan renyah hasil jadi keripik pisang ketika digoreng
  • Sebaiknya menggunakan pemotong pisang khusus, agar bisa memotong sebanyak mungkin buah pisang secara          simetri dengan cepat.

Berikut Beberapa Manfaat Serat untuk Tubuh Kita :

  • Serat tidak hanya membuat perut terasa lebih penuh, tapi juga mengurangi masalah pencernaan, termasuk memangkas resiko kanker kolon.
  • Beberapa penelitian menunjukkan, dalam jumlah besar serat bisa membantu mengatur kadar gula darah dan insulin. Ini sebabnya, orang yang sering mengkonsumsi serat cenderung biar lebih langsing.
  • Asupan serat tinggi sangat terbukti memperlambat timbulnya plak oleh kolesterol pada wanita yang menderita penyakit jantung.
  • Konsumsi serat yang cukup akan melindungi jantung dengan menurunkan kolesterol jahat tanpa harus mengurangi kadar kolesterol baik. Ini dikarenakan pangan tinggi serat umumnya rendah kandungan lemak jenuh dan kolesterol.
  • Serat membuat makan jadi lebih lambat dan perut cepat terasa penuh, sehingga cocok untuk metode menurunkan berat badan dan mengontrol kalori.
  • Adanya serat meningkatkan pelepasan enzim pencernaan dan mengatur hormon pankreas.
  • Serat yang cukup membantu kerja usus, mengurangi resiko divertikulosis, wasir, serta meningkatkan kecepatan melenyapkan zat-zat berbahaya dalam makanan.
  • Serat yang larut sangat lembut dan dapat menolong mereka mengalami iritasi pada usus
Jadi, mengkonsumsi cemilan keripik pisang untuk kesehatan tubuh adalah salah satu pilihan yang baik. Selain dari rasanya yang lezat, ternyata keripik pisang juga bermanfaat untuk kesehatan.

Efek Samping Mekonsumsi Keripik Pisang Aneka Rasa

1. Mengantuk

Kantuk (drowsiness) adalah keadaan ketika seseorang ingin tidur. Sayangnya, kondisi kantuk ini dapat terjadi pada saat yang tidak tepat. Akibatnya orang tersebut akan tertidur pada saat yang juga tidak tepat, misalnya di tengah-tengah aktivitasnya saat  melakukan pekerjaannya.

Perasaan mengantuk yang berlebihan pada siang hari dapat menjadi sebuah tanda adanya gangguan tidur. Meskipun terkesan sebagai masalah yang sederhana, tapi keluhan kantuk berlebihan dapat menyebabkan berbagai gangguan lain, seperti gangguan produktivitas kerja atau penurunan prestasi sekolah.

Pisang mengandung tryptophan yang bisa membuat kamu sangat merasa mengantuk. Kandungan karbohidrat yang ada pada pisang bisa menghalangi kandungan asam amino memasuki otak kamu.
Hal ini akan memicu peningkatan produksi hormon serotonin yang biasa membuat kamu mengantuk. Magnesium yang ada pada pisang juga dikenal bisa merilekskan otot tubuh. Bisa dibayangkan, tubuh kamu akan jadi super mengantuk jika makan pisang dalam jumlah yang banyak.

2. Hormon Tak Seimbang

Hormon merupakan kelompok biokimia dalam tubuh yang berperan penting dalam setiap fungsi tubuh, oleh karena itu kadarnya harus tetap seimbang. Ketidak seimbangan hormon terjadi karena adanya gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat

Keseimbangan hormon yang ada didalam tubuh kamu bisa dipengaruhi oleh xeniobiotik yang ada dalam pisang. Dalam hal ini, yang terpengaruh adalah hormon estrogen perempuan dan androgen pada pria.
Terlalu banyak mengonsumsi pisang bisa mengacaukan keseimbangan kedua hormon ini, dan dampak negatif tersebut bisa dirasakan langsung oleh perempuan dengan kacaunya siklus haid dan rasa lelah yang berlebihan.

3. Kadar Gula Darah

Kadar gula darah merupakan banyaknya zat gula atau glukosa di dalam darah. Meskipun sangat senantiasa mengalami perubahan, kadar gula darah perlu dijaga dalam batas normal agar tidak terjadi gangguan di dalam tubuh.

Kadar gula darah dapat dipengaruhi oleh asupan nutrisi dari makanan atau minuman, khususnya karbohidrat, serta jumlah insulin dan kepekaan sel-sel tubuh terhadap insulin. dan kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi pisang, karena mengandung gula alami bernama glukosa. Jika kamu mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak, tentunya bisa memicu naiknya kandungan gula dalam darah. Bahkan, gigi kamu juga bisa merasakan dampak negatif dari gula yang terkandung dalam pisang, lho. Enamel pada gigi bisa rusak.

4. Hyperkalemia

Pisang terkenal karena memiliki kandungan kalium dan potasium. Kalium penting bagi tubuh kamu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, namun jika berlebihan tentu saja akan memberi dampak negatif. Hal ini bisa menuntun kamu pada kondisi hyperkalemia.
Hyperkalemia merupakan kondisi dimana detak jantung kamu jadi tak beraturan, lumpuh sementara, otot lemas, dan tekanan darah yang rendah. Bahkan dalam kondisi yang parah bisa berujung pada gagal jantung!

5. Kerusakan Saraf

Sakit saraf adalah kondisi di mana terjadi gangguan pada sistem saraf. Ketika sistem saraf terganggu, maka penderitanya bisa kesulitan bergerak, berbicara, menelan, bernapas, atau berpikir. Penderita juga bisa mengalami gangguan pada ingatan, panca indera, atau suasana hati.

Percaya atau tidak, kebanyakan yang  mengonsumsi pisang juga bisa berujung pada kerusakan saraf, lho. Ini biasa terjadi pada kamu yang sering mengonsumsi pisang sebagai makanan harian untuk diet. Hal ini dikarenakan kandungan B6 yang ada pada pisang.

Penyebab Hiperkalemia

Peningkatan jumlah kalium dalam darah disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari gangguan kesehatan hingga efek samping penggunaan obat-obatan. Berikut ini ada beberapa jenis gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan hiperkalemia:

  • Gagal ginjal. Gagal Ginjal merupakan salah satu penyebab paling umum hiperkalemia. Ketika fungsi ginjal terganggu, ginjal pun tidak mampu membuang kelebihan kalium dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan jumlah kalium dalam tubuh meningkat.
  • Diabetes. Tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah dan asidosis menyebabkan keluarnya kalium dari sel dan masuk ke aliran darah. Selain itu, penderita diabetes juga cenderung mengalami banyak penurunan dalam fungsi ginjal dalam mengeluarkan kalium melalui urine. Hal inilah yang dapat menyebabkan meningkatnya jumlah kalium dalam darah penderita diabetes.
  • Kerusakan jaringan. Rusaknya jaringan bisa menyebabkan sel tubuh yang rusak melepaskan kalium ke dalam aliran darah. Beberapa hal yang menyebabkan kerusakan jaringan, antara lain:
    • Tindakan operasi.
    • Cedera.
    • Luka bakar.
    • Alkohol yang berlebihan, atau penyalahgunaan obat.
  • Penyakit Addison. Kondisi ketika terganggunya fungsi kelenjar adrenal dalam memproduksi berbagai hormon penting bagi tubuh, salah satunya adalah aldosteron. Hormon aldosteron dapat membantu mengatur jumlah natrium dan cairan di ginjal, serta mengeluarkan kalium melalui urine. Jika produksi hormon aldosteron berkurang, maka sangat berdampak pada meningkatnya jumlah kalium dalam tubuh.
Sekian cara membuat keripik pisang aneka rasa, cemilan hitz ini. Semoga resep ini bermanfaat bagi kita semua. Cukup, sekian saya mengucapkan banyak terimakasih.

 

× Whatsapp Kami!