Inilah Tips…! Cara Membuat Keripik Buah Semangka

//Inilah Tips…! Cara Membuat Keripik Buah Semangka

Inilah Tips…! Cara Membuat Keripik Buah Semangka

Cara membuat keripik buah semangka – Keripik semangka merupakan camilan yang terbuat dari buah semangka yang sedang ngehits dan marak akhir – akhir ini.

Karena bentuknya pun unik dan menarik seperti yang kita ketahui bahwa buah semangka mengandung banyak air, tapi kok bisa dijadikan sebuah kripik yang rasanya sangat renyah crispy dan garing kriuk.

Cara membuat keripik buah semangka dan keripik kulit semangka tidak bisa sembarangan karena harus menggunakan berbagai macam alat untuk bisa menghasilkan kripik yang renyah, kriuk, dan krenyes.

Jadi kalau Anda berminat membuat kripik semangka dan kulit semangka ini pastikan anda mempunyai alat mesinnya.

Mesin yang saya maksud adalah mesin vacuum frying atau sering di sebut mesin penggorengan hampa, alat atau mesin ini digunakan untuk menggoreng kripik semangka dengan tingkat suhu tertentu.

Sehingga buah tidak akan bisa rusak atau menghancurkan buah semangka itu, berbeda halnya kalau Anda menggunakan wajan penggorengan biasan. Bila anda menggunakan penggorengan biasa buah semangka malah akan menjadi rusak dan bahkan hancur.

Karena pemanasan suhu dalam wajan yang terlalu panas. Selain itu Anda juga harus menggunakan mesin spinner untuk meniriskan minyak yang ada di dalam kripik semangka agar menjadi renyah dan kriuk.

Sebelum menuju ke cara membuat keripik buah semangka kita harus tahu manfaat yang terkandung didalam buah semangka, Berikut ini adalah beberapa manfaat buah semangka yang perlu Anda ketahui.

cara membuat keripik buah semangka

  1. Mencegah Asma

Manfaat semangka adalah buah ajaib untuk mencegah penyakit asma. Buah ini tidak menyembuhkan penyakit asma tapi hanya mencegah untuk tahap gejala atau penyakit pernafasan yang bisa menjadi asma.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah semangka secara efektif mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mencegah gangguan pernafasan.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Semangka ternyata juga sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Orang yang memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah semangka.

Semangka memiliki efek yang sangat baik pada pembuluh darah dan mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung. Hal inilah yang membuat semangka menjadi buah menyegarkan untuk penderita hipertensi.

  1. Menangkal Kanker

Semangka menjadi buah yang memiliki sumber tinggi vitamin C dan zar licopen. Kedua macam zat ini sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker.

Manfaat semangka untuk kesehatan menjadi sumber antioksidan yang sangat tinggi dan sangat baik untuk penderita kanker prostat dan beberapa jenis kanker lain.

  1. Mengatasi Sembelit

Semangka adalah buah yang mengandung serat dan air yang sangat tinggi. Serat dalam semangka bisa mengatasi masalah sembelit terutama karena kekurangan serat larut dalam usus.

Serat yang terdapat pada semangka bisa membentuk gel alami pada usus besar sehingga melancarkan penyerapan nutrisi dan melancarkan buang air besar.

  1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu jenis kelainan yang disebabkan karena tubuh kekurangan asupan air mineral. Semangka menjadi buah yang menyegarkan dan memiliki banyak kandungan air.

Kekurangan air bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah, tidak bertenaga dan kurang konsentrasi. Selain itu kekurangan air juga bisa membuat ginjal bekerja lebih berat sehingga bisa menimbulkan gangguan pada ginjal.

  1. Mencegah Peradangan

Peradangan yang terjadi pada organ tubuh bisa menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya. Kandungan senyawa kolin yang ditemukan dalam semangka memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan otot tubuh, membantu tubuh untuk menciptakan efek santai, dan memperbaiki ingatan otak.

Senyawa kolin dalam manfaat semangka ini, juga memiliki peran untuk menyeimbangkan kesehatan sel tubuh, membantu pengiriman sinyal syaraf otak dan motorik serta membantu proses penyerapan lemak dalam tubuh.

  1. Membuat Kulit Lembut dan Halus

Semangka tidak hanya buah yang menyegarkan dan memenuhi kebutuhan nutrisi. Tapi ternyata semangka yang kaya dengan kandungan vitamin A bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan lembab.

Hal ini akan mencegah kulit kusam dan kurang nutrisi. Wanita yang mengkonsumsu semangka secara teratur bisa memiliki kulit yang lebih cantik dan tidak kering. Vitamin A dalam semangka juga memperbaiki sistem jaringan sel tubuh pada bagian rambut dan kulit.

  1. Mengatasi Nyeri Otot

Senyawa asam amino citruline yang ditemukan dalam semangka memiliki efek yang sangat baik untuk meredakan nyeri otot. Senyawa ini mampu membuat otot tubuh menjadi lebih santai sehingga meredakan ketegangan.

Hal inilah yang membuat semangka sangat efektif untuk atlit setelah melakukan pertandingan.

  1. Sumber Kolagen Alami

Kolagen adalah senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga elastisitas kulit. Manfaat semangka untuk kulit mengandung vitamin C yang sangat tinggi.

Vitamin C adalah jenis vitamin yang membantu tubuh dalam menyerap kolagen sehinggab membuat kulit menjadi lebih lembut. Selain itu semangka yang penuh air akan memenuhi kebutuhan air untuk memelihara sel kulit.

  1. Memelihara Kesehatan Jantung dan Tulang

Semangka mengandung senyawa likopen yang berfungsi untuk membantu memelihara kesehatan jantung dan tulang.

Semangka mampu membuat aliran darah dalam jantung menjadi lebih maksimal, memelihara sel tubuh, mengurangi tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang sering menyebabkan serangan jantung.

Selain itu semangka juga sangat efektif untuk membentuk kepadatan tulang sehingga mencegah osteoporosis. Likopen akan memelihara kesehatan jantung dan mempertahankan kepadatan tulang dengan mempercepat penyerapan kalsium.

  1. Buah untuk Diet

Kandungan asam amino citruline dalam buah semangka ternyata juga sangat efektif untuk mengatasi lemak yang menumpuk dalam tubuh. Senyawa ini didapatkan dari semangka setelah dirubah oleh ginjal dan menjadi arginin.

Kemampuan senyawa ini akan lebih tinggi ketika sudah menjadi arginin sehingga menyebabkan tubuh melemahkan sel – sel lemak dalam tubuh dan larut dalam saluran pengeluaran. Jadi, manfaat semangka untuk diet sangat baik untuk dikonsumsi.

  1. Mengatasi Peradangan

Beberapa jenis senyawa yang ditemukan dalam semangka adalah seperti senyawa fenolik, triterpenoid, karotenoid, dan flavonoid. Likopen dalam semangka sangat efektif untuk mengatasi peradangan dan mencegah tubuh dari serangan radikal bebas.

Bahkan semangka juga mengandung cucurbicatin yang bisa menjadi agen anti inflamasi sehingga menyebabkan sel tubuh cepat pulih. Senyawa ini juga akan membantu tubuh dalam membuat sistem kekebalan alami.

  1. Melancarkan Urin

Orang yang memiliki masalah dengan saluran diuretik dan ginjal bisa menggunakan semangka sebagai terapi alami. Semangka mengandung air yang sangat tinggi dan bisa meningkatkan aliran urin dalam tubuh.

Semangka juga membantu membuat racun dalam hati sehingga meringankan sistem kerja ginjal.

  1. Mencegah Pembentukan Lemak

Semangka juga menjadi buah yang sangat segar dan bisa membuat tubuh merasakan efek alkali dari air yang terkandung dalam semangka.

Dengan konsumsi buah semangka secara teratur maka dapat membuat tubuh menghindari berbagai jenis penyakit yang disebabkan karena makanan yang mengandung lemak dan zat asam lainnya.

  1. Memelihara Kesehatan Mata

Semangka adalah buah yang mengandung vitamin A dan zat beta karoten. Kedua macam zat ini bisa membantu tubuh dalam memelihara kesehatan retina dan lensa mata.

Semangka juga bisa membantu mata untuk mencegah penyakit yang disebabkan karena usia seperti penyakit katarak dan penyakit rabuh pada orang tua.

  1. Mencegah Impotensi

Khasiat semangka yang sangat menarik adalah mencegah impotensi. Kandungan senyawa citruline yang bisa dirubah menjadi arginin oleh ginjal telah memberikan peran yang besar terutama untuk mencegah masalah disfungsi ereksi pada laki – laki.

Manfaat semangka untuk kesuburan mampu meningkatkan gairan seksual, mengurangi rasa lemah dan lesu serta meningkatkan libido.

 

Bila anda sudah tahu manfaat buah semangka, mari kita lanjut bagaimana cara membuat keripik semangka sebagai berikut :

RESEP KERIPIK SEMANGKA

cara membuat keripik buah semangka

BAHAN :

  1. Buah semangka 1 yang berukuran besar dan tanpa biji. semangka yang masih segar atau baru di petik.

Cara membuat keripik buah semangka :

  1. Pertama – tama Kupas kulit buah semangka, lalu potong buah semangka sesuai dengan selera. Kulit bagian dalam jangan dibuang karena nanti bisa dibuat keripik kulit semangka.
  2. Lalu Masukkan daging semangka yang sudah di potong ke dalam freezer kurang lebih selama 15 menit.
  3. Kemudian Goreng dengan menggunakan alat penggoreng hampa atau mesin vacum fryer dengan suhu 50-60 derajat celcius hingga matang dan busa nya habis, itulah tanda bahwa keripik semangka sudah matang.
  4. Angkatlah keripik semangka tersebut dan setelah itu masukkan kedalam mesin spinner untuk meniriskan minyak yang ada pada keripik semangka dan tunggu hingga benar-benar tuntas dan tidak ada minyak yang tersisa.
  5. Sajikan kripik semangka yang sudah jadi atau anda bisa menyimpanya dalam toples atau plastic yang tertutup rapat agar tahan lama alias tetap renyah siap untuk dijual.

baca juga cara membuat keripik biji durian

Resep keripik kulit semangka

cara membuat keripik buah semangka

Bahan :

  • Kulit semangka Sisa dari pembuatan kerpik semangka .
  • Glikose secukupnya.
  • Minyak mabati.

Cara membuat keripik kulit semangka :

  1. Pertama – tama pilih kulit buah semangka yang masih segar, lalu potong kulit semangka sesuai dengan selera.
  2. Kemudian masukkan kulit semangka yang sudah di potong ke dalam freezer kurang lebih selama 15 menit.
  3. Kemudian Goreng dengan menggunakan alat penggoreng hampa atau mesin vacum fryer dengan suhu 50 – 60 derajat celcius sampai matang dan busa nya habis, itu tanda bahwa keripik semangka sudah matang.
  4. Angkatlah keripik kulit semangka tersebut dan setelah itu masukkan kedalam mesin spinner untuk meniriskan minyak yang ada pada keripik kulit semangka dan tunggu hingga benar – benar tuntas dan tidak ada minyak yang tersisa.
  5. Sajikan kripik kulit semangka yang sudah jadi atau anda bisa menyimpanya dalam toples atau plastic yang tertutup rapat agar tahan lama alias tetap renyah.

Baca juga cara membuat keripik buah mangga spesial

Olahan lain dari buah semangka segar :

  1. Selain cara membuat keripik buah semangka, semangka juga bisa dibuat Watermelon Sorbet

Watermelon Sorbet

Bahan – bahan :

  • 5 cangkir semangka yang dipotong dadu.
  • ½ cangkir air jeruk nipis.
  • ⅓ cangkir madu.
  • ¼ sdt perisa jeruk nipis.
  • 1 sdt garam.

Cara membuat :

  • Pertama – tama Masukkan semua bahan dan blender dengan kecepatan tinggi.
  • Masukkan ke dalam freezer selama 30 menit.
  • Sajikan.

Baca juga cara membuat keripik pepaya secara tadisional

  1. Selain cara membuat keripik buah semangka, semangka juga bisa dibuat Cucumber Watermelon Summer Salad

Cucumber Watermelon Summer Salad

Bahan – bahan :

  • 3 cangkir buah semangka yang sudah dipotong dadu
  • 2 cangkir buah timun yang dipotong dadu
  • 1 cangkir paprika yang dipotong dadu
  • ½ cangkir bawang bombay cincang
  • 1 buah alpukat, potong dadu
  • ¼ cangkir cilantro, cincang

Dressing :

  • ¼ cangkir minyak alpukat
  • 2 sdm jus jeruk
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • ⅛ sdt garam
  • ⅛ sdt lada

Cara membuat :

  • Pertama – tama campur semangka, timun, paprika, dan bawang ke dalam satu mangkuk besar.
  • Selanjutnya campurkan minyak alpukat, jus jeruk, air jeruk nipis, garam dan lada ke satu wadah, masukkan campuran dressing ke mangkuk buah.
  • Tambahkan cilantro dan buah alpukat.
  • Masukkan kulkas selama 15 menit sebelum disantap.
  1. Selain cara membuat keripik buah semangka, semangka juga bisa dibuat Semangka goreng

Semangka goreng

Bahan :

  • 1 buah semangka tanpa biji
  • 3 cangkir minyak
  • 1/2 cangkir maizena
  • 2 putih telur, kocok
  • 2 sendok teh air
  • 3/4 cangkir tepung
  • Gula bubuk untuk garnis

Cara membuat :

  1. Pertama – tama potong semangka tanpa biji hingga berbentuk persegi sekitar 2 cm.
  2. lalu panaskan minyak pada wajan cekung atau deep fryer.
  3. Kocok putih telur dengan tepung maizena dan air sampai tercampur rata. Masukkan potongan semangka dalam campuran ini.
  4. Gulingkan semangka pada tepung maizena sebelum memasukkannya pada penggorengan.
  5. Goreng hingga berwarna keemasan, angkat, tiriskan.
  6. Taburi dengan gula bubuk sebelum disajikan. ( hati – hati semangka dapat menjadi sangat panas karena kandungan airnya tinggi )
  1. Selain cara membuat keripik buah semangka, semangka juga bisa dibuat Jus semangka mix segar

Bahan :

  • 300 gr semangka, potong dadu.
  • 3 sdm jeruk lemon.
  • 200 ml air kelapa atau diganti dengan air biasa.
  • 1 sdt sirup maple atau diganti sirup lain.
  • Es kristal secukupnya.

Cara membuat jus semangka mix segar

  • Pertama anda harus Blender semua bahan dengan kecepatan tinggi.
  • Tuangkan dalam gelas lalu siap dihidangkan .
  1. Selain cara membuat keripik buah semangka, semangka juga bisa dibuat Puding semangka

Bahan-bahan yang kamu butuhkan selain semangka adalah

  • 1/4 cangkir tepung maizena,
  • 1/2 cangkir gula,
  • 2 sendok makan air lemon dan
  • 1/3 cangkir krim susu, dan whipped cream.

Cara membuatnya juga tidak sulit.

  1. Pertama – tama, haluskan dulu semangka sampai benar – benar halus, kalau perlu sarang setelah blender untuk mendapatkan hasil yang benar – benar halus.
  2. Lalu, aduk bersama dengan tepung maizena hingga mengental.
  3. Setelah itu baru masukan ke dalam air mendidih yang sudah dimasukkan gula, aduk rata. Tunggu campuran puding sampai mendidih lalu tambahkan air lemon.
  4. Setelah itu angkat dan masukan ke dalam cetakan.
  5. Diamkan dulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.
  6. Pudingmu sudah selesai dan gunakan whipped creamse bagai fla.

baca juga cara membuat keripik berbagai jenis, yang berbahan dasar dari buah – buahan untuk mulai usaha jualan keripik buah .

Di atas adalah bahan dan cara membuat keripik buah semangka. Semangka yang biasanya hanya bisa dimakan dalam berbentuk buah segarnya tapi kini juga bisa dinikmati dengan bentuk kripik semangka yang manis dan renyah.

Recommended banget nih buat anda yang mulai bosan menikmati buah semangka yang segar. Dan mungkin resep kripik semangka di atas cocok untuk dijadikan peluang usaha bagi anda dan juga keluarga untuk bisnis.

Bisnis keripik buah memang sangat menjanjikan, jadi tidak ada salah nya jika anda mencoba membuat nya dan mulai berinovasi dalam hal rasa. Semoga informasi tersebut bisa membantu anda untuk membuat keripik semangka yang lebih renyah.

Terima kasih dan semmoga  bermanfaat. Selamat buat anda yang akan  mencoba membuat kripik semangka yang manis dan renyah.

 

By | 2017-12-19T02:03:26+00:00 December 19th, 2017|Artikel|Comments Off on Inilah Tips…! Cara Membuat Keripik Buah Semangka

About the Author: