Pelajari Berbagai Inovasi Cara Membuat Kemasan Makanan Dari Kertas

Kemasan berperan penting untuk melindungi barang dari berbagai kerusakan maupun menjadi media promosi. Kertas termasuk salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kemasan. Setiap jenis kemasan memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda-beda, tergantung cara membuat kemasan makanan dari kertas maka kemasan akan menarik.

Jenis kemasan yang memakai bahan kertas biasanya lebih ramah lingkungan dari bahan lain. Penggunaan bahan kertas sampah yang dihasilkan lebih mudah diurai, juga bahan kertas yang lebih mudah diperbarui.

Untuk membuat kemasan makanan dari kertas juga harus memperhatikan bahan yang digunakan. Bahan kertas harus terhindar dari campuran bahan yang dapat mengganggu kesehatan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sebelum mempelajari cara membuat kemasan makanan dari kertas kita akan membahas bahan yang aman digunakan. Dikarenakan banyak jenis kertas, kita harus memahami jenis kertas yang akan kita gunakan untuk membuat kemasan makanan.

Tips cara membuat kemasan makanan dari kertas yang aman

1. Bahan yang digunakan

Dimulai dari bahan kertas yang digunakan untuk membuat kemasan harus aman. Kita harus menggunaka kertas yang tidak mengandung bahan kimia yang mempengaruhi makanan maupun kesehatan.

2. Sesuaikan Bahan dengan makanan

Jika makanan yang dikemas termasuk makanan pana maupun berkuah kita harus menggunakan bahan yang berkategori food grade papper.

3. Desain

Desain dari kemasan harus sesuai dengan kebutuhan produk yang dikemas. Misal desain penutup dengan model pengunci jadi tidak perlu menggunakan lem untuk merekatkan sisi penutupnya.

Pastikan Menggunakan Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

Jenis kertas yang aman sebagai kemasan makanan

1. Kertas Duplex

cara membuat kemasan makanan dari kertas

Jenis Kertas duplex merupakan salah satu jenis kertas karton yang banyak ditemukan di pasaran. Bahan ini memiliki ciri berupa kedua permukaan yang berbeda warna. Salah satu sisinya memiliki warna putih bisa juga abu-abu.

Jenis kertas ini memiliki beberapa ketebalan yang bisa disesuaikan dengan penggunaan. Kertas dengan ketebalan berbeda bahan bahan yang digunakan juga sedikit berbeda. Kegunaan dari bahan ini juga bermacam, salah satunya sebahai gelas sekali pakai.

2. Kertas Ivory

cara membuat kemasan makanan dari kertas

Bahan dari kertas ivory merupakan kombinasi antara art carton dan matt paper. Pada salah satu sisi ivory berupa laminasi gloosy, untuk bagian lainnya bertekstur doff. Perbedaan kedua jenis laminasi tersebut terlihat dari permukaan kertas yang berbeda.

Secara umum warna kertas ivory didominasi putih. Karena kandungan selulosa-yang membentuk warna putih-pada kertas menghalangi proses oksidasi lignin. Kandungan ini yang memantulkan gelombang cahaya sehingga menghalau warna putih.

Kemasan berbahan ivory biasa digunakan sebagai kemasan kue. Sifat kertas yang kokoh menjadikan bahan kemasan dengan kertas ivory layak digunakan.

3. Kertas Kraft

cara membuat kemasan makanan dari kertas

Jenis kertas kraft memiliki permukaan dengan tekstur lebih kelihatan hampir seperti kertas daur ulang. Kertas kraft memiliki warna bagian muka lebih bersih dan pada bagian belakang lebih kelihatan serat-serat kertasnya. Jenis kertas ini memiliki warna coklat natural dan juga putih.

4. Kertas Greaseproof / kertas Food Grade

cara membuat kemasan makanan dari kertas

Bahan dengan kertas greaseproof atau sering juga disebut kertas jenis Foodgrade memiliki permukaan halus dan dapat bersentuhan langsung dengan makanan. Jenis kertas ini tidak meninggalkan serat pada makanan yang menempel.

Beberapa jenis kertas yang hampir sama yaitu kertas Irzat atau kertas Barrier yang sering dipakai sebagai pelapis roti. Kertas greaseproof lebih tahan terhadap minyak sedangkan kertas Irzat dan Barrier kurang tahan terhadap minyak.

Contoh Cara Membuat Kemasan Makanan Dari Kertas ( Paper Bag )

Sebelum masuk ke langkah pembuatan siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan paper bag. Alat semisal gunting/cutter, double tape, dan lem. Jangan lupa yang terpenting adalah kertas kraft atau kertas lain yang ingin digunakan.

Untuk persiapan kertasnya buat/potong kertas dengan ukuran misal tinggi 15 cm dan lebar 30 cm(2x ukuran tinggi). Berikut gambaran langkahnya.

cara membuat kemasan makanan dari kertas

Langkah-langkah :

1. Langkah Pertama

cara membuat kemasan makanan dari kertas

Beri lem/double tape pada salah satu sisi kertas secara vertikal dengan lebar kertas yang di lem sekitar 1 cm. Gambar pertama di kiri yang diarsir merupakan tanda yang diberi lem. Kemudian rekatkan ujung yang di lem ke ujung satunya seperti di gambar.

2. Langkah kedua

cara membuat kemasan makanan dari kertas

Setelah disambungkan tempatkan bagian yang disambung di tengah kemudian tekan agar sisi tertekuk seperti di gambar. Kemudian beri tanda untuk membuat bagian bawah papper bag kira-kira sesuai ukuran barang yang akan diisikan.

3. Langkah ketiga

Lipat kedua ujung kiri dan kanan bawah membentuk segitiga.

4. Langkah Keempat

Buka lipatan segi tiga dan masukkan lipatan kedalam antara dua kertas depan dan belakang seperti gambar keempat.

5. Langkah Kelima

cara membuat kemasan makanan dari kertas

Lipat satu sisi bagian depan kertas keatas, lipatan sesuai garis bantu yang kita berikan tadi. Lipatan harus sesuai dengan gambar diatas yang ke lima.

6. Langkah Keenam

Lipat bagian ujung lipatan atas seperti gambar keenam, lipatan kebawag harus lebih 0,5 cm dari garis tengah.

7. Langkah Ketujuh

cara membuat kemasan makanan dari kertas

Beri lem pata bagian sisi bawah secara horizontal sekita 1 cm, kemudian lipat keatas melebihi garis tengah sekitar 0,5 cm. Gambar yang diarsir merupakan bagian yang di lem dan melekat dengan lipatan dari atas.

8. Langkah terakhir

Yang terakhir yaitu buka bagian atas kertas seperti gambar terakhir dan bag paper siap digunakan. Bisa juga menambahkan tali pada bagian atas paper bag dengan cara melubangi kertas dan diberi tali.

Contoh Cara Membuat Kemasan Makanan Dari Kertas (Kotak Sederhana)

Sebelum masuk ke langkah pembuatan siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan Kotak kemasan. Alat semisal gunting, cutter, double tape, dan lem. Jangan lupa yang terpenting adalah kertas puplex atau kertas lain yang ingin digunakan.

Kita akam membuat bagian bawah kottak kemasan. Langkah Pertama, menggambar sketsa pada kertas, sebagai contoh berikut gambar dan ukuran yang digunakan. ( Ukuran bisa ditenentukan sesuai kebutuhan )


cara membuat kemasan makanan dari kertas
Kedua, gunting pada bagian garis terluar juga potong 4 kotak di sudut. Hasilnya menjadi seperti di bawah ini.

cara membuat kemasan makanan dari kertasKetiga lipat kertas sesuai garis pola yang tadi dibuat, hasilnya seperti dibawah ini.

cara membuat kemasan makanan dari kertasKeempat, rekatkan setiap ujung lipatan dengan menggunakan lem, lakukan pada keempat sudut. Hasilnya akan seperti berikut ini.

cara membuat kemasan makanan dari kertasSelanjutnya kita akan membuat bagian penutupnya. Untuk ukuran panjang lebar lebar penutup hampir sama dengan kotak bawah, namun diberi sedikit tambahan sekitar 2 mili meter . Untuk lebih jelasnya bisa melihat sketsa di bawah ini.

cara membuat kemasan makanan dari kertasKemudian, potong bagian tepi dari tutup kotak kado sesuai pola yang digambar, dan jangan lupa hilangkan 4 kotak di sudut. Hasilnya akan seperti gambar berikut.

cara membuat kemasan makanan dari kertas

Langkah selanjutnya yaitu lipat bagian sisi sesuai dengan pola yang tadi digambar. Hasilnya sebagai berikut.

cara membuat kemasan makanan dari kertas

Kemudian jangan lupa untuk mengelem setiap sudutnya menggunakan lem. Maka pembuatan kotak sudah selesai berikut gambar kotak yang sudah jadi.

Demikian itulah contoh pembuatan kotak kemasan, untuk hasil yang lebih bagus kita dapat menambahkan hiasan agar kemasan lebih menarik. Sebagai contohnya dapat menambahkan lapisan tambahan pada kotak seperti berikut ini.

Selain contoh yang saya berikan diatas, masih banyak kreasi kemasan makanan dari kertas yang dapat dibuat. Semakin unuk kreasi yang anda ciptakan maka akan lebih menarik. Untuk contoh pola maupun langkah-langkah cara membuat kemasan makanan dari kertas bila pembahasan diatas masih kurang silahkan membaca artikel serupa.

Semoga artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi yang berguna, Sekian Terima Kasih.