Select Page

Cara membuat karamel yang lezat sangatlah mudah dan bisa anda lakukan sendiri dirumah. Simak terus artikel ini dan mari belajar bersama.

Karamel adalah gula-gula yang terbentuk dari proses karamelisasi sehingga menghasilkan cairan yang lengket berwarna cokelat gelap dan biasa digunakan untuk perisa dalam puding, isian permen dan cokelat, topping es krim, atau untuk ditambahkan ke berbagai hidangan penutup. Dua kriteria untuk karamel yang sempurna adalah warna dan rasanya.

Ada dua jenis karamel, yaitu karamel basah dan kering. Karamel basah biasanya dibuat dengan cara memasak gula dan air dan karamel basah biasa digunakan untuk saus.

Sedangkan karamel kering bentuknya lebih keras dan terbuat dari gula yang dilelehkan. Karamel kering sering digunakan untuk membuat flan, praline dan brittle

Untuk membuat kedua jenis karamel tersebut sangatlah cepat dan mudah. Terlebih lagi bahan-bahan yang diperlukan bisa ditemukan dengan mudah di toko sekitar dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi, langsung kita simak saja cara membuat karamel berikut ini

Cara Membuat Karamel

Cara Membuat Karamel

1. Cara Membuat Karamel Basah

Bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan:

  • ¾ cangkir gula pasir atau gula halus
  • ¼ cangkir air
  • 1 cangkir krim kental (opsional)
  • 1 ½ sendok makan mentega tawar
  • Panci berwarna terang (supaya bisa melihat proses karamelisasi)

Cara pembuatan :

  1. Masukkan gula ke dalam panci
  2. Lalu tuangkan air dengan perlahan sampai menutup keseluruhan permukaan gula
  3. Masak gula dan air dengan api sedang dan aduk secara perlahan sampai Anda melihat larutan tersebut menggumpal
  4. Panaskan larutan gula tersebut hingga berwarna kecokelatan dan mengeluarkan busa lembut serta berasap
  5. Angkat dari api dan tambahkan krim kental, hanya jika Anda ingin menggunakan krim kental. Jika tidak, maka Anda dapat langsung mendinginkan karamel tersebut dan menyimpannya di wadah yang kedap udara.

2. Cara Membuat Karamel kering

Untuk membuat karamel kering, Anda hanya perlu menyediakan secangkir gula pasir atau gula halus. Kemudian ikut langkah-langkah pembuatannya:

  1. Tuangkan gula ke dalam panci secara merata
  2. Panaskan gula dengan api sedang dan aduk secara perlahan hingga gula meleleh dan berwana kecokelatan. Proses ini terjadi sangat cepat, jadi jangan Anda tinggalkan larutan gula tersebut
  3. Jika sudah berubah menjadi kecokelatan, matikan kompor dan angkat, lalu dinginkan
  4. Tambahkan krim kental jika diinginkan, lakukan ketika karamel didinginkan
  5. Setelah karamel dingin, pindahkan ke wadah yang kedap udara dan masukkan ke dalam lemari es. Karamel bisa digunakan selama kurang lebih dua sampai tiga minggu.

Sedikit tips tambahan ketika membuat karamel : Ketika membuat karamel basah, posisi panci lebih baik dimiringkan dan tidak perlu diaduk. Tetapi jika sudah terlanjur diaduk, karamel biasanya akan meninggalkan sisa cairan yang lengket pada dasar panci. Ketika membersihkannya, rendam dulu panci tersebut dengan air panas selama 30 menit, lalu bilas dan bersihkan.

3. Cara Membuat Karamel Salted

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 200 gram gula palem
  • 120 ml heavy whipped cream
  • 4 sendok makan mentega tawar (butter)
  • 1 sendok makan ekstrak vanili
  • 1/2 sendok teh garam halus

Langkah langkah cara membuat karamel salted :

  1. Berikan mentega, whipped cream, brown sugar dan garam di panci. Lalu aduklah hingga tercampur rata.
  2. Panaskan panci di atas kompor dengan api sedang. Biarkan gula meleleh sempurna dan jangan sekali-sekali diaduk. Segera kecilkan api begitu karamel mengeluarkan bau harum dan berubah warna menjadi cokelat keemasan.
  3. Panaskan lagi selama 1 menit dengan panci yang sedikit diangkat dari kompor. Goyangkan panci agar karamel tidak menjadi gosong.
  4. Masukkan vanili, lalu goyang-goyangkan hingga tercampur dengan sempurna. Kemudian angkat segera dari kompor.
  5. Tuang karamel masuk ke dalam toples yang tahan panas, dan biarkan sampai dingin.

4. Saus Karamel Buttermilk

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 200 gram gula palem
  • 4 sendok makan mentega tawar (butter)
  • 2 sendok makan air jeruk nipis/lemon
  • 100 ml air

Langkah langkah cara membuat karamel buttermilk :

  1. Campurkan gula palem dan air sebanyak 50 ml ke dalam panci.
  2. Rebus dengan api kecil sampai gula benar-benar larut.
  3. Tambahkan mentega, air jeruk nipis, dan sisa air.
  4. Masak hingga mendidih dan saus mengental.
  5. Angkat segera dari kompor ketika saus karamel berwarna cokelat muda.

5. Cara Membuat Karamel Keju

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 200 gram gula pasir
  • 100 gram keju cheddar
  • 150 ml air

Langkah langkah cara membuat karamel keju :

  1. Masukkan gula pasir dan air ke dalam panci.
  2. Panaskan dengan api kecil hingga gula larut.
  3. Keju cheddar yang sudah diparut lalu dimasukkan dan kemudian aduk hingga tercampur rata.
  4. Masak hingga saus mengental dan berubah warna.
  5. Segera angkat dari kompor sebelum gosong.

Jika disimpan di wadah yang kedap udara dan diletakkan di dalam lemari es, saus karamel bisa bertahan hingga berbulan-bulan.

6. Cara Membuat Karamel Kurma

Bahan-bahan :

  • 250 gr kurma tanpa biji
  • 200 ml susu UHT full cream
  • 1 sdt pink himalayan salt
  • 1 sdm butter

Langkah-langkah cara membuat karamel kurma :

  1. Blender kurma dengan susu cair hingga lembut.
  2. Pindahkan ke panci, tambahkan garam dan butter.
  3. Masak hingga meletup letup dan kental.
  4. Tuang dalam wadah kedap udara, biarkan hingga suhu ruang baru tutup lalu simpan dalam lemari es (jika tidak langsung di habiskan).

Tak sedikit yang gagal memasak karamel dengan warna cokelat keemasan dan rasa manis gurih yang pas. Banyak yang justru berakhir dengan saus karamel yang pahit dan gosong.

Karamel harus dimasak dalam waktu yang presisi agar tidak hangus. Selain itu tidak boleh diaduk sampai benar-benar mendidih agar hasil akhirnya tidak keras.

5 Kesalahan Umum Keika Membuat Karamel

1. Tidak menggunakan panci anti lengket

Membuat karamel akan menodai peralatan dapur kesayanganmu. Biar terhindar dari bekas masakan yang sulit dibersihkan lebih baik gunakan panci anti lengket yang berbahan tebal saat memasak karamel.

Karena jika memilih sembarang panci maka karamel juga akan mudah gosong ketika proses masak.

2. Memasak dengan api besar

Menggunakan api besar bukan ide bagus saat masak karamel. Proses pencairan gula yang terjadi dalam waktu singkat bisa menganggu pembentukan karamel dan menyebabkan gula kembali mengkristal dengan cepat.

Ada baiknya kita cukup menggunakan api kecil-sedang saat memasak karamel.

3. Memasukkan bahan-bahan secara tidak seimbang

Mungkin ada sebagian dari kita yang lebih menyukai rasa creamy pada saus karamelnya. Tapi perlu diingat bahwa mencampurkan komposisi yang tidak seimbang bisa memengaruhi proses pembuatan karamel.

Hindari memasukkan mentega atau krim terlalu banyak supaya tidak menyebabkan saus karamel yang terlalu berminyak ataupun kental.

4. Mengaduk gula saat dipanaskan

Selagi memanaskan gula hindari untuk mengaduk gula. Hal ini sangat mengganggu proses karamelisasi karena memicu pembentukan kristal yang akhirnya merusak tekstur saus karamel itu sendiri.

Bisa gunakan kuas yang telah diberi air untuk mengolesi daerah sekitar panci untuk mencegah karamel menempel di dinding panci.

5. Membiarkannya di dalam wadah terbuka

Karamel yang telah matang sebaiknya tidak disimpan dalam wadah terbuka. Ketika karamel sudah selesai didinginkan ada baiknya untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara.

Jika kita menyimpannya dalam ruangan terbuka maka teksturnya bisa berubah dan lama kelamaan dapat mempengaruhi rasa.

Setelah menyimak beberapa kesalahan di atas semoga saus karamel buatan kalian bisa tercipta dengan sempurna ya!

 

4 Tips Cara Membuat Karamel Yang Baik

1. Buat sesuai kebutuhan

Untuk membuat karamel, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika terlalu banyak akan tidak babik karena nantinya menjadi tidak terpakai karena sudah terlanjur mengeras di panci. Sayang kan udah capek-capek bikin malah terbuang begitu saja. Misal jika hanya akan digunakan untuk topping di atas pancake-mu, cukup gunakan 200 gram gula pasir dan 2 sdm air saja. Kamu cukup mencampur kedua bahan tersebut di atas panci lalu masak di atas api kecil. Jangan lupa tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis untuk mencegah gula mengkristal.

2. Gunakan Alat Masak Yang Tepat

Ini penting banget untuk diingat. Sebaiknya gunakan panci kecil yang tinggi atau panci saus (sauce pan) untuk membuat karamel karena saat dimasak karamel ini akan mendidih, mengembang, dan sering mengeluarkan letupan-letupan berisi uap panas. Lebih baik hindari penggunaan wajan datar atau alat masak yang berukuran terlalu kecil atau tidak sesuai dengan jumlah karamel yang akan dimasak.

Gunakan sendok kayu yang panjang untuk pengaduk. Karamel mendidih itu panasnya jauh melebihi air yang mendidih, lho. Sementara itu kita harus mengaduknya terus menerus kan saat memasak. Maka sendok kayu panjang ini bisa mencegah tanganmu kepanasan saat mengaduk dan terkena letupan-letupannya. So, be careful.

3. Perhatikan Perubahan Warna Setelah Mendidih

Sesudah bahan dimasukkan dalam panci, aduk secara perlahan dengan gerakan konsisten sampai mendidih dan mengental. Jangan lupa untuk amati perubahan warna gulanya, guys. Tapi jangan sampai karena kamu kepo ingin lihat warnanya, kamu jadi sangat dekat dengan pancinya dan terkena letupannya, lho. Jika warna sudah berubah menjadi cokelat muda terang, Matikan langsung api dan pindahkan panci dari kompor. Aduk-aduk hingga karamel ini berwarna cokelat keemasan. Waaah pasti tercium aroma wangi gula, nih!

4. Segera Sajikan

Segera gunakan karamel tersebut, ya. Namun tetap harus tetap hati-hati karena karamelnya panas banget. JIka terlalu lama membiarkannya, karamel akan mengeras di dalam panci dan sulit dipindahkan.

Selain dibuat saus, kamu juga bisa membuat permen dari karamel. Caranya juga mudah, tinggal tuang karamel di atas wadah datar berbahan besi (seperti loyang), bentuk karamel sesukamu menggunakan cetakan kue, beri stik es krim atau tusukan sate, kemudian tunggu hingga mengeras. Setelah keras, ambil permennya dengan bantuan spatula atau sendok dan siap untuk dinikmati. Menyenangkan bukan?

Setelah mengetahui beberapa cara membuat karamel dan tips membuatnya. Simak juga beberapa resep dengan saos karamel dibawah ini

Resep Aneka Makanan Dengan Saus Karamel

1. Ayam Saus Karamel

Bahan-bahan :

(4 porsi)

  • 600 gram Fillet paha ayam (tanpa kulit)
  • 2 sdm Minyak goreng
  • 1 sdm Bawang putih cincang
  • 3 sdm Jahe cincang
  • 2 sdm Bawang merah cincang
  • 4 sdm Gula Palem
  • 2 sdm Kecap ikan
  • 1 sdm Gula Pasir
  • 1/2 sdt Merica hitam bubuk
  • 1 sdt Cabai kering tumbuk kasar
  • 1/2 sdt Garam
  • 60 ml air
  • 3 batang Daun bawang, belah2, iris 3 cm

Langkah–langkah :

(40 menit)

  1. Belah fillet paha ayam masing-masing menjadi 2 bagian memanjang
  2. Potong melintang setiap bagian menjadi 4.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan, masukkan daging ayam, aduk selama 2 menit, angkat, tiriskan.
  4. Masukkan bawang putih, jahe, dan bawang merah ke dalam wajan bekas menggoreng ayam. Tumis selama 1 menit, masukkan kecap ikan, gula palem, gula pasir, garam, merica, dan cabai kering.
  5. Aduk sampai mendidih dan mulai mengental.
  6. Masukkan air, aduk-aduk hingga licin. setelah mendidih, masukkan daging ayam.
  7. Masak selama 20 menit sambil sekali-kali diaduk hingga saus kental berwarna cokelat mengilat dan ayam matang.
  8. Masukkan daun bawang, aduk, angkat.
  9. Pindahkkan masakan ke dalam wadah saji, hidangkan selagi panas.

2. Pisang Balut Keju Karamel

Bahan-bahan :

  • 2 buah pisang mateng ukuran sedang
  • 4 Sdt Tepung Terigu
  • 5 Sdt Tepung Beras
  • 3 Sdt Keju yang sudah diparut
  • 1 1/2 Sdt margarin
  • 3 Sdt Gula Pasir
  • 1 Sachet Susu Kental Manis Coklat
  • Secukupnya minyak goreng untuk menggoreng

Langkah-langkah :

  1. Satukan tepung terigu, tepung beras aduk rata.
  2. Setelah rata, masukkan kembali keju parut dan susu kental manis aduk hinga adonan menjadi satu
  3. Iris pisang menjadi beberapa bagian
  4. Masukkan pisang kedalam adonan lalu goreng
  5. Lakukan hingga adonan habis setelah itu susun diatas wadah yang ingin digunakan
  6. Balut pisang yang ada didalam wadah dengan karamel
  7. Masakan siap disajikan

3. Brownies Pisang Saus Karamel

Bahan-bahan :

  • 150 gr DCC
  • 3 sdm margarin
  • 110 gr gula pasir
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt BPDA
  • 100 gr terigu sedang
  • 20 gr coklat bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 300 gr pisang yang sudah matang sekali dicincang kasar

Langkah-langkah :

  1. Panaskan oven 170°C dan siapkan loyang 20x20cm alasi kertas roti agar tidak perlu dibalik saat mengeluarkan brownies
  2. Campur terigu, garam, coklat bubuk dan BPDA sisihkan.
  3. Tim DCC sampai cair, aduk menggunakan whisk lalu matikan api dan masukkan margarin dan gula pasir.
  4. Setelah campuran coklat margarin cukup dingin, masukkan telur dan aduk menggunakan whisk lagi.
  5. Tambahkan campuran terigu kedalam larutan coklat telur. Aduk cukup menggunakan sendok kayu.
  6. Masukkan pisang lumat dan aduk asal rata saja.
  7. Masukkan adonan ke loyang dan panggang selama kurang lebih 40 menit.
  8. Setelah brownies matang keluarkan dari oven dan hilangkan uap panas nya lalu setelah dingin dapat dihias saus karamel.

4. Puding Karamel Roti Apel

Bahan-bahan :

  • 200 gr roti tawar
  • 350 ml susu cair fullcream
  • 4 butir telur
  • 110 gr butter
  • 100 gr gula pasir
  • 2 buah apel potong dadu
  • 1 sdt vanilla esence
  • 4 sdm kismis
  • 1 sdt Cinnamon powder (saya skip)
  • 1 sdm gula palm (untuk taburan atasnya)
  • Secukupnya keju (tambahan saya)

Langkah-langkah :

  1. Potong2 roti tawar
  2. Apel juga dipotong dadu
  3. Tata roti tawar diatas
  4. Sebarkan apel dan kismis suka2..
  5. Hangatkan susu dan margarin sampai margarin meleleh
  6. Matikan api.
  7. Di wadah lain kocok lepas telur dan gula sampai gula larut
  8. Masukan susu cair dan butter kedalam kocokan telor dan gula
  9. Kocok lagi pake ballon wisk sampai tercampur rata
  10. Tuang adonan susu kedalam loyang yang sudah berisi roti dan kawan2 tadi
  11. Taburi dengan parutan keju dan gula palem

5. Ayam Goreng Tepung Karamel

Bahan Utama :

  • 6 buah sayap ayam ddpotong dua bagian
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1/2 sendok teh garam
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Untuk Pencelup (Aduk Rata) :

  • 250 ml air es
  • 150 gram terigu protein sedang
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan Untuk Pelapis :

  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram maizanes
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Bahan Untuk Karamel :

  • 500 gram gula pasir
  • 50 ml air

Bahan Untuk Saus :

  • 1 siung bawang putih (Dicincang Kasar)
  • 1/2 sendok makan saus tomat
  • 1/4 buah bawang bombay (Dicincang Halus)
  • 1/2 sendok makan saus tiram
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh kecap asin
  • 150 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Langkah-langkah :

  1. Lumuri ayam dengan bawang putih, merica bubuk, dan garam lalu diamkan kurang lebih 15 menit. Lalu sisihkan.
  2. Untuk Pelapis, campur tepung terigu, maizanes, baking powder, garam, merica bubuk, dan bawang putih bubuk. setelah itu aduk rata.
  3. Celup ayam kebahan pencelup, Kemudian gulingkan diatas pelapis, lalu cubit-cubit hingga keriting.
  4. Goreng didalam minyak yang sudah panas sampai benar-benar matang.
  5. Gosongkan gula pasir untuk membuat karamel, kemudian tuangi air dan masak hingga larut, setelah itu sisihkan.
  6. Untuk Sausnya, Panaskan Minyak kemudian tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum baunya.
  7. Tambahkan saus tiram, kecap asin, saus tomat, karamel, garam dan merica bubuk. Aduk hingga rata ya.
  8. Tuangkan air, masak sampai mendidih dan kental.
  9. Masukkan ayam dan aduk rata.
  10. Sajikan segera supaya menambah rasa gurih dan lezatnya.

Demikian pembahasan mengenai Cara Membuat Karamel Yang Mudah dan Lezat, jika anda tertarik untuk membuat gula semut  bisa anda kepoin artikel lain di website ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna untuk menambah wawasan anda mengenai cara membuat karamel. Terima kasih.