Select Page

Resep Red Velvet-

Sejarah Resep Red Velvet

Bagian 1

Kue red velvet berasal dari Waldorf-Astoria, sebuah restoran di sebuah hotel ternama di New York, Amerika Serikat. Cerita yang beredar, seorang perempuan datang ke restoran tersebut dan terpukau dengan sajian kue yang ia makan. Kue yang disukai oleh wanita tersebut adalah kue merah buatan restoran itu! Saking terpesonanya, bahkan sampai meminta resepnya ke chef yang kemudian berakhir dengan pihak restoran memberikan resep beserta dengan tagihan ‘balik jasa’ sebesar $350.

Dari sinilah kue red velvet mulai tersebar tatkala perempuan itu menyebarkan resep kue merah tersebut. Selain cerita tersebut, muncul kisah lain mengenai asal usul red velvet berasal dari restoran sekaligus toko roti Departemen Store Earton di Kanada.

Pada tahun 1940 dan 1950-an, istri dari pemilik tempat tersebut membuat red velvet dan menjualnya, kemudian dirinya mengklaim kalau kue tersebut adalah produk asli dari Earton.

Jika melirik ke masa lalu, red velvet ternyata sudah ada zaman peran dunia kedua, sekitar tahun 1940-an.Kue ini populer di Amerika Serikat karena merupakan kue yang disajikan untuk para tentara. Menurut cerita, kue ini bisa jadi sajian untuk para tentara pada saat perang dunia kedua berlangsung, para pastry chef mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahan-bahan membuat kue, termasuk pewarna makanan.

Bagian 2

Kondisi ini membuat para chef tersebut melakukan inovasi! Mereka menggunakan buah bit sebagai pewarna makanan dan akhirnya membuat kue yang mereka buat berwarna merah, kemudian lahirlah red velvet.

Red velvet semakin dikenal dunia, tatkala kemunculanny di sebuah film pada tahun 1989, A Steel Magnoliasa yang menceritakan tentang pengantin pria yang membawakan red velvet dalam bentuk armadillo (sejenis tapir) untuk pengantin wanitanya. Melalui film ini menjadikan kue ini terlihat sebagai sebuah kue yang romantis nan seksi di mata dunia.

Namun, sampai sekarang masih belum diketahui sejarah darimana sebenarnya kue red velvet berasal. Sekedar info saja, jika Anda sebenarnya dapat menemukan resep kue ini sejak akhir tahun 1800-an. Kalau sejarah namanya, kue yang pada awalnya hanya disebut dengan kue merah ini disebut sebagai red velvet karena tekstur lembut dan empuk dari kuenya (velvet).

Bagian 3

Red Velvet Cake, makanan ini hadir dengan warna merah mencoloknya. Siapapun pasti akan tergoda saat melihat cake yang didominasi warna merah ini. Bak seorang gadis seksi yang menggoda, Red Velvet mampu hadir memikat kalian untuk melahapnya. Warna merah yang melambangkan unsur seksi menjadikan cake yang masuk dalam tipe butter cake ini begitu menggoda untuk disantap.

Red Velvet Cake ternyata sudah ada sejak jaman perang dunia kedua, yakni sekitar tahun 1940-an. Cake yang dulu popular di Amerika Serikat ini merupakan cake yang disajikan untuk para tentara. Jadi sejarahnya, cake ini muncul saat perang dunia kedua. Waktu itu, para pastry chef mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahan-bahan pembuat kue seperti pewarna makanan karena di negara Paman Sam itu sedang mengalami krisis ekonomi yang cukup parah. Akhirnya mereka membuat inovasi kuliner yang tidak terduga. Berhubung buah bit yang termasuk dalam ras umbi-umbian ini banyak ditemui di negara tersebut, para pastry chef akhirnya menggunakan sari buah bit untuk mewarnai cake buatan mereka sehingga lahirlah Red Velvet Cake.

Red Velvet mulai dikenal pelosok dunia berkat sebuah film pada tahun 1989 yang berjudul â??Steel Magnoliasâ??. Dikisahkan pengantin pria yang ada film tersebut membawa Red Velvet cake dalam bentuk armadillo (sejenis binatang tapir) untuk sang pengantin wanita. Semenjak itu, cake romantis nan seksi ini mulai banyak digemari di dunia.

Bagian 4

Selain warna merah menyala yang menjadi daya tarik utama keseksian Red Velvet, keistimewaan dari cake ini terletak dari krim olesannya. Jika umumnya krim olesan cake terbuat dari mentega putih atau krim putih telur alias maringue, krim olesan pada Red Velvet menggunakan cream cheese yang dipadu dengan vanilli dan sedikit gula bubuk sehingga menghasilkan rasa asam, gurih, dan manis menjadi satu. Ditambah dari tekstur cake yang lembut dan lembab, menjadikan cake yang juga dijuluki Devilâ??s Food ini. Kenapa dijuluki Devilâ??s Food? Karena warna merahnya menyimbolkan sosok devil dan juga pertumpahan darah pada masa perang dunia. (jow)

Hal Menarik Tentang Kue Red Velvet

1.Ciri Khas Red Velvet

Red Velvet memiliki tekstur yang lembut, aroma coklat, dan pastinya warna yang merah. Bila dibuat dalam bentuk besar, kue Red Velvet biasanya memiliki permukaan yang diselimuti dengan krim keju gurih yang membuat rasanya semakin lezat.

2. Coklat bahan utama

Red velvet merupakan makanan lezat yang harus Anda coba. Seperti Anda tahu, kue ini biasanya dihias dengan krim keju manis yang yummy. Ada banyak variasi hiasan kue yang dapat ditemui di pasaran, dan coklat merupakan terfavorit. Pastinya, yang digunakan adalah coklat bubuk tanpa pemanis.

3. Misteri Red Velvet

Kue Red Velvet sampai sekarang masih memiliki satu misteri yang masih menjadi perdebatan. Banyak yang bertanya-tanya tentang siapa penemu kue Red Velvet.

4. Sejarah Red Velvet

Red Velvet merupakan masakan klasik Amerika yang biasa disajikan sebagai makanan penutup. Ternyata kue ini sudah terkenal sejak Perang Dunia ke-2. Kue ini merupakan makanan yang sering disajikan untuk para tentara. Waktu itu, para pastry chef mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahan-bahan pewarna makanan karena di negara Paman Sam itu sedang mengalami krisis ekonomi yang cukup parah. Akhirnya mereka menemukan buah bit dan membuat inovasi kuliner yang tidak terduga. Berhubung buah bit termasuk dalam ras umbi-umbian yang banyak ditemui di negara tersebut, para pastry chef akhirnya menggunakan sari buah bit untuk mewarnai cake buatan mereka sehingga lahirlah Red Velvet Cake.

5. Penyebaran Resep Red Velvet

Menurut kisah masyarakat, penyebaran Red Velvet berawal dari bocornya resep seorang chef Hotel Waldorf di New York City. Awalnya ada seorang pelanggan yang menanyakan resepnya pada chef tersebut. Setelah selesai makan, sang chef memberikan tagihan USD350. Diduga, pelanggan tersebut marah setelah menerima tagihannya, dan akhirnya dia menyebarkan resep itu ke orang-orang terdekat dan teman bergaulnya.

6. Ketenaran Red Velvet

Red Velvet mulai booming setelah terlihat sebagai sajian romantis pada film Steel Magnolias pada tahun 1898. Di dalam adegan di film yang dibintangi oleh Julia Roberts ini, sang pengantin pria membawa Red Velvet Cake untuk pasangannya. Dan mulai saat itu, semua toko kue dan bakery mulai keranjingan untuk membuatnya.

7. Red Velvet Di Indonesia

Di Indonesia, kue Red Velvet mulai jadi pembicaraan publik sejak 2011. Tetapi sayangnya, saat itu penjualannya masih minim dan harganya pun relatif tinggi. Seiring waktu, kue Red Velvet semakin dikenal dan akhirnya menjadi makanan yang mudah didapat dimana-mana. Baru-baru ini red velvet menjadi trend kuliner di Indonesia. Banyak olahan makanan atau minuman dengan rasa Red Velvet.

Resep Red Velvet

Resep Red Velvet

Bahan :

250      gr         Tepung terigu

2          butir     Telur

300      gr         Gula pasir

2          sdm      Coklat bubuk

240      ml         Buttermilk (campur susu cair+1sdm cuka,diamkan 15 menit)

120      gr         ROYAL PALMIA BUTTER MARGARINE, suhu ruangan

1          sdm      Baking powder

1          sdm      Soda kue

1          sdm      Cuka masak

1          sdm      Vanila ekstrak/pasta vanila

1/2       sdt       Garam sesuai selera

Pewarna makanan warna merah

Cara membuat :

  1. Campur dan ayak jd 1 yaitu tepung+baking powder+garam+coklat bubuk sisihkan. Campur buttermilk dgn pewarna merah sampai tingkat warna yg di inginkan aduk rata sisihkan.
  2. Mixer ROYAL PALMIA BUTTER MARGARINE dgn gula sedikit demi sedikit dgn speed tinggi masukan telur+pasta vanila mixer lg hingga mengembang softpeak.
  3. Turunkan speed ke rendah masukan ayakan tepung secara bergantian dgn buttermilk (diawali dgn tepung trs buttermilk trs tepung trs buttermilk trs tepung-diawali dgn tepung diakhiri dgn tepung jg). Mixer sebentar saja asal rata jgn lupa bantu aduk pkai spatula pinggiran2 baskom spy keaduk rata lalu matikan mixer.
  4. Panaskan oven pakai api sedang dulu kurleb 5 menit dan siapkan loyang yg sdh diolesi dgn ROYAL PALMIA BUTTER MARGARINE dan dialasi dgn kertas roti sisihkan.
  5. Campur cuka+soda kue aduk lalu masukan kedlm adonan td lgsg diaduk dgn cepat ya pelan2 aj..tuang dlm loyang dan panggang dgn suhu 180° kurleb 45 menit(krn aku pke otang jd aku oven slma 1jam dgn api kecil).

Sambungannya!

  1. Tes tusuk lidi ya klo sdh matang tdk ada adonan yg menempel di lidi.
  2. Keluarkan dr oven lalu dinginkan..jgn lgsg di potong ya klo sdh suhu ruang krn cake ini sgt rapuh jd hrs msk kulkas dulu 2-3 klo dipaksa di potong maka kacau balau cakeny pasti hancur dan tekstur yg khas pd red velvet tdk terasa..klo sdh sett dlm kulkas2-3 jam baru bs di hias/dipotong.
  3. Utk cream ny aku combine antara 100gr creamcheese dgn 50ml whipped cream +50gr butter+1 sdm gula halus(krn aku mw rasa yg ngeju) mixer sampai softpeak mengental. Klo sdh keluar de kulkas baru cakeny di belah 2/3 sesuai keinginan lapisan dan diberi lapisan creamcheese di hias sesuai selera lalu masukan kedlm kulkas lg deh agar lbh sett antara cake dan creamnya dan pulen cakenya..
  4. Red velvet memang rada beremah klo di potong tp teksturny ttp pulen lembut..percampuran soda kue+cuka itu agar cakeny di bagian atasny kering/tdk benyek tp di bagian dlmny ttp lembut/pulen. Bs jg di bikin dgn 1/2 resep ya dan klo tdk mw di cetak dgn loyang cake bisa jg cetak dlm bentuk cup muffin.Resep Red Velvet.
× Whatsapp Kami!