Select Page

Halo teman-teman,hari ini saya akan membagikan resep puddin cake dan beberapa penjelasan tentang pudding nih.Pengen tau kan nah langsung aja kita lihat info selenglapnya di bagian bawa paragraft.

Resep Pudding Cake

resep pudding cake

Bahan-Bahan Resep Pudding Cake

Sponge Cake Vanilla:

Bahan A:
  • 3 butir telur
  • 1 kuning telur
  • 50gr gula pasir
  • 1/2 sdt sp
    Bahan B:
  • 37 gr tepung terigu protein sedang
  • 8 gr tepung maizena
  • 9 gr susu bubuk
    Bahan C:
  • 58 gr salted butter (sy blueband c&c).
    Coffee Pudding:
  • 350 ml susu uht plain
  • 50 gr whipped cream dairy
  • 7 gr agar-agar bubuk
  • 50 gr gula pasir
  • 1 kuning telur
  • 7 gr kopi instan tanpa ampas (sy 4 gr)
  • 50 gr white chocolate compound, potong kecil/iris.
    Chocolatte pudding:
  • 350 ml susu uht plain
  • 50 gr whipped cream dairy
  • 7 gr agar-agar bubuk
  • 50 gr gula pasir
  • 1 kuning telur
  • 50 gr dark chocolate compound, potong kecil/iris
  • 13 gr cokelat bubuk

Langkah

  1. Membuat sponge cake vanilla: Panaskan oven disuhu 170°c. Ayak bahan B. Lelehkan bahan C. Oles loyang dengan margarin dan alasi baking paper (uk. 12×22×5).
  2. Masukkan semua bahan A, mikser sampai putih mengembang.
  3. Turunkan speed mikser dan masukkan bahan B secara bertahap, aduk rata. Matikan mikser.
  4. Tambahkan bahan C, aduk balik menggunakan spatula sampai rata. Masukkan dalam loyang.
  5. Panggang selama 20 -25 menit. Angkat dan dinginkan di cooling rak. (Jgn kaget jika menyusut).
  6. Siapkan loyang ukuran 10×20×8 cm. Basahi loyang dan alasi bawahnya dengan plastik. Masukkan kue dan rapikan (saya buang bagian atasnya).
  7. Membuat coffee pudding: campur semua bahan dipanci/wajan, aduk rata. Nyalakan api sedang, aduk-aduk terus sampai mendidih dan matang. Tunggu uap panasnya hilang dan masukkan pudding secara perlahan ke atas cake. Tunggu hingga mengeras bagian atasnya
  8. Membuat chocolatte pudding: masukkan semua bahan dalam panci, aduk rata. Nyalakan api, aduk sampai mendidih dan matang. Tunggu uap panasnya hilang.
  9. Setelah pudding coffee bagian atasnya sudah mengeras, secara perlahan masukkan pudding chocolatte. Tunggu hingga setengah mengeras dan dinginkan dalam kulkas. Sebelum mengeluarkan dari loyang, pinggirnya sisir dengan pisau tipis agar mudah keluarnya.
  10. Saya beri atasnya dengan lelehan coklat dan taburan chocochip (diskip juga tidak apa-apa).
“BEBERAPA PENJELASAN SINGKAT TENTANG PUDDING”

Pada abad ke-18, pudding di Inggris tidak lagi terbuat dari daging. Dan pada abad ke-19 puding masih dibuat dengan cara direbuss, namun hasil akhirnya lebih mirip cake. Pada saat itu, pudding disajikan secara tradisonal pada perayaan Natal. Pudding plum atau Christmas pudding salah satu contohnya.

Pudding yang dikenal sekarang sebenarnya lebih mirip custard. Sejarah custard dengan pudding juga hampir sama kunonya. Meskipun dua jenis hidangan ini berbeda, namun istilah custard dan pudding seolah menyatu pada abad ke-19 di Amerika. Custard sendiri merujuk pada hidangan Romawi Kuno dibuat dengan telur. Bangsa Romawi Kuno memang ahli dalam hal menciptakan beberapa hidangan berbasis telur, seperti omelet atau crustades.

Ahli sejarah makanan umumnya sepakat bahwa custard yang dikenal seperti pudding saat ini diciptakan sejak abad pertengahan. Pada saat itu custard bisa dimakan langsung atau dijadikan sebagai isian pie, kue tart, atau roti. Kemungkinan besar, flan adalah custard atau pudding yang paling terkenal dan banyak diadaptasi di seluruh dunia. Hidangan asal Inggris ini dibuat dari sponge cake berbentuk bulat yang diberi isian manis dan gurih. Di Spanyol dan Prancis, flan dikenal dengan nama creme caramel yang mempunyai rasa manis karena lapisan karamel lembut di atasnya.

Dengan kemajuan jaman sekarng, untuk tampilan dari pudding tidak hanya disajikan dengan polosan begitu saja. Untuk saat ini pudding mulai dimodifikasi dengan di tambahan bahan isi atau dibentuk dan dibuat lapisan-lapisan agar lebih menarik pada saat di sajikan. Begitu juga untuk hasil akhirnya ditambah dengan topping, membuat hasil jadi dari pudding semakin menarik.

Kandungan Gizi Puding

Ini adalah salah satu contoh kandungan nutrisi dari pudding. Contoh yang kami ambil ini adalah puding coklat Bagian Pudding yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %

  •  Energi 157 kkal
  •  4,52 g Lemak
  •  Jenuh 0,802 g Lemak
  •  Lemak tak Jenuh Ganda 1,616 g
  • Lemak tak Jenuh Tunggal 1,921 g
  • Kolesterol 3 mg
  • Protein 3,05 g
  • Karbohidrat 25,99 g
  • Serat 1,1 g
  • Gula 20,17 g
  • Sodium 146 mg
  • Kalium 203 mg

Manfaat Mengkonsumsi Pudding :

resep pudding cake

Sobat.. walaupun mengenyangkan, tapi puding nggak menggemukkan badan cuy… Karena itu, puding direkomendasikan sebagai pengganti snack yang berkarbohidrat tinggi. Selain itu, banyak manfaat yang diberikan puding , antara lain :

Mencegah Kardiovaskular

Menurut para ilmuwan Jepang, ekstrak rumput laut dalam puding bisa menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Untuk pengidap stroke, rumput laut juga berguna buat menyerap kelebihan garam pada tubuh.

Pencegah Kanker

Penelitian di HSoPH Amerika mengungkapkan bahwa perempuan premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara daripada wanita di Amerika. Soalnya, wanita Jepang punya pola makan yang selalu menambahkan rumput laut dalam menu mereka.

Makanan Diet

Kandungan serat pada rumput laut yang sangat tinggi bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh. Karena itu, puding yang mengandung rumput laut sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menderita obesitas. Karbohidratnya juga sulit dicerna sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama, tapi kamu tidak perlu takut jadi gemuk, sobat,

Antioksidan

Klorofil pada rumput laut hijau bisa berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu tubuh jadi bersih dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya.

Kandungan Gizi pada Pudding untuk Kesehatan Tubuh

resep pudding cake

Pudding banyak disajikan sebagai makanan penutup karena rasanya yang manis. Dibalik rasanya yang manis, terdapat sejumlah manfaat baik untuk tubuh.

Ada yang tidak suka pudding? Seperti itu tidak mungkin. Makanan penutup yang memiliki rasa manis ini sangat digemari oleh semua orang. Pudding terbuat dari bahan yang bebas pengawet dan pemanis buatan.

Jadi bila ENDEUSiast ingin membuat pudding manis maka bisa menambahkan gula atau buah-buahan manis. Tahukah ENDEUSiast dibalik rasanya yang manis, pudding memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Ada banyak kandungan gizi yang terdapat dalam puding. Kira-kira gizi apa saja yang ada dalam pudding? Mari kita simak penjelasanya dibawah ini.

1. Serat

Salah satu kandungan yang ada dalam puding adalah serat. Serat memiliki fungsi untuk memperlancar metabolisme dan sistem pencernaan sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh para penderita obesitas.

Jika metabolisme dan sistem pencernaan pada tubuh berfungsi dengan baik maka tubuh menjadi lebih sehat, bugar dan tidak mudah sakit. Tidak heran bila banyak ibu-ibu yang mengharuskan anaknya untuk mengkonsumsi puding minimal 1x sehari. Tujuannya adalah agar sistem pencernaan pada anak berfungsi dengan baik dan lancar.

2. Kalsium

Pada komposisi pudding biasanya terdapat susu atau bila tidak ada ENDEUSiast juga bisa menambahkan sendiri menggunakan susu cair atau bubuk. Susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Contoh resep puding yang menggunakan susu adalah puding lumut lampis susu.

3. Protein

Sama halnya dengan serat, protein merupakan enzim yang bermanfaat untuk menjaga sistem metabolisme dan pencernaan dalam tubuh. Kandungan protein pada puding juga bisa berguna untuk kesehatan kuku, rambut dan kulit serta sebagai reproduksi sel darah merah.

4. Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral merupakan komponen penting yang ada dalam pudding. Ada banyak vitamin pada pudding yang baik untuk kesehatan seperti vitamin A, C, B, B6, B12, dan E. sama halnya dengan kalsium, mineral juga berperan penting untuk memperkuat tulang dan gigi terutama pada anak-anak.

Sekarang ENDEUSiast sudah tau kan apa saja kandungan gizi dibalik pudding yang manis. Semua gizi yang telah dijelaskan d iatas sangat baik untuk kesehatan tubuh kita terutama pada anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan.

Bagi ENDEUSiast yang bingung menyiapkan makanan sehat untuk anak maka bisa memilih puding. Anak-anak pasti menyukainya karena rasanya yang manis serta teksturnya yang kenyal ketika dimakan. jadi itulah beberapa kandungan gizi yang bisa ENDEUSiast temukan dalam puding. Selain rasanya yang enak ternyata juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Rutinlah mengkonsumsi puding setiap hari.

Itulah resep,manfaat dan gizi dari Resep Pudding Cake..gimana sobat? mau coba? coba aja deh rugi kalau ngk coba …buat kesehatan bagus banget lho…:”)

× Whatsapp Kami!