Select Page

Anda suka cemilan dari buah pisang? Kalau begitu, sama dong seperti saya. Buah pisang punya rasa manis alami dan tekstur lembut, sehingga mudah diolah jadi aneka kudapan atau pencuci mulut seperti pisang coklat, molen, dan pisang goreng. Intinya, pisang sangat fleksibel dibuat apapun dan bisa dinikmati kapanpun dimanapun! Ngomong-ngomong soal kudapan dari pisang, ada satu jajanan yang sedang hits sekarang ini, yaitu nugget pisang. Dari namanya, kita bisa menebak kalau olahan pisang ini berbentuk seperti nugget tapi memakai pisang sebagai isiannya. Padahal, nugget lebih identik dengan olahan daging ayam, sapi, atau seafood. Hmm, penasaran kan?

A.Pengertian Pisang Goreng Nugget

Hasil gambar untuk gambar nugget pisang

Nugget pisang adalah salah satu jajanan ikonik dari Makassar. Kalau biasanya digoreng dengan tepung biasa, pisang yang satu ini digoreng dengan tepung panir sehingga lebih bertekstur dan renyah di luar. Namun jangan tertukar dengan pisang pasir lho, karena nugget pisang umumnya memakai pisang raja dan pisang tanduk yang terasa lebih legit dan beraroma khas.

B.Manfaat Pisang Goreng Nugget

Mau Buat Pisang Goreng atau <i>Cake</i>? Ini 5 Jenis Pisang yang Cocok

1). Mengobati Penyakit Lambung (Maag)

Terdapat mitos bahwa kandungan pada buah pisang dapat meningkatkan asam lambung dan gas lambung, maka penderita maag tidak boleh mengonsumsinya terlalu banyak. Padahal, kandungan dari buah pisang ini yang akan mampu mengobati rasa nyeri pada lambung.

Anda dapat mengonsumsinya ketika nyeri perut karena maag anda kambuh. Konsumsilah buah pisang tersebut seperti seakan-akan obat lambung anda. Dengan melakukannya secara rutin, anda akan mendapati kondisi maag yang lebih baik dari sebelumnya.

2). Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Kalium pada satu buah pisang seperti yang telah diketahui di atas, sangatlah tinggi jumlahnya. Kandungan kalium ternyata sangatlah bermanfaat untuk membantu kerja ginjal. Sehingga, konsumsi rutin buah pisang dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal.

3). Program Diet / Mengurangi Berat Badan

Buah pisang merupakan buah yang memiliki kandungan fruktosa dengan berindeks glikemiks yang rendah. Kandungan jenis gula ini tentu sangat bagus, membuat buah pisang sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet. Kandungan proteinnya juga dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan lemak dan karbohidratnya tidak mengkhawatirkan untuk mengganggu program diet anda. Selain itu, kandungan serat pada buah pisang pun dapat membantu untuk melancarkan pencernaan dan membuat anda lebih cepat kenyang. Oleh karena itu, konsumsilah buah pisang sebagai bagian dari program diet anda.

4). Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi dalam buah pisang berupa potassium dan serat dapat membantu mencegah kerusakan pada sistem peredaran darah. Sehingga resiko serangan jantung pada manusia yang mengonsumsi buah pisang ditemukan sangatlah kecil jumlahnya. Manfaat buah pisang dalam menjaga kesehatan jantung pun dapat terjaga.

5). Mengurangi Sakit yang dirasakan Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh karena pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, salah satu jenis buah pisang diketahui mampu mengobati sakit diabetes. Pisang ini dikenal dengan nama pisang goroho, dari makassar. Oleh karena itu, buah pisang sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

6). Membantu Menghilangkan Jerawat

Dalam bidang kecantikan, manfaat buah pisang salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Kandungan buah pisang yang kaya akan vitamin membuatnya mampu menutrisi kulit wajah dan mudah menghilangkan jerawat ataupun bekasnya. Gunakanlah buah pisang dengan ditumbuk hingga halus dan tempelkan pada wajah. Bersihkan tempelan pisang pada wajah yang berjerawat setelah setengah jam penggunaan. Ulangi penggunaan sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7). Mengobati Penyakit Anemia

Buah pisang kaya akan zat besi. Kandungan ini sangat baik bagi para penderita anemia. Dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin, penderita anemia dapat merasakan kondisi tubuh yang membaik dan tidak lagi mudah jatuh dan drop.

Buah pisang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kerja membangun jaringan baru di jaringan kulit yang mengalami luka bakar. Anda cukup menumbuk buah pisang hingga halus. Oleskan hasil tumbukkan buah pisang tersebut ke bagian kulit yang mengalami luka bakar. Jika sudah, maka tunggu selama beberapa saat sebelum dibuka dan kembali disiram.

9). Mengurangi Rasa Gatal Akibat Sengatan Serangga

Setelah digigit atau disengat oleh serangga, anda akan mendapati kulit anda berbentol-bentol dan mungkin juga gatal. Anda akan menemukan anda menggaruk bekas sengatan tersebut karna sangat gatal. Garukkan anda dapat membuat luka dan kulit anda menjadi semakin kurang. Sehingga penggunaan buah pisang untuk mengurangi rasa gatal akibat sengatan serangga sangat disarankan. Lakukan dengan menghaluskan buah pisang dan menempelkannya di bagian kulit yang gatal.

10). Membantu Proses Metabolisme

Gangguan pada sistem pencernaan bukanlah hal istimewa lagi saat ini. Kebiasaan hidup yang penuh jadwal menyebabkan konsumsi makanan pun menjadi tidak teratur dan terkadang minim sekali kandungan serat. Buah pisang merupakan salah satu buah yang kandungan seratnya cukup tinggi dan baik untuk kebutuhan pelumas sistem pencernaan. Anda dapat mengonsumsi buah pisang secara rutin untuk mendapatkan sistem pencernaan yang baik dan lancar. Konsumsilah buah pisang sebanyak dua kali dalam sehari, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11). Mengatasi Rasa Sakit saat Menstruasi / Haid

Rasa sakit saat menstruasi / haid yang sering dialami oleh wanita dapat diatasi dengan mengonsumsi buah pisang. Buah pisang memiliki kandungan mineral yang baik untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Konsumsilah buah pisang secara teratur saat sedang haid dan rasakan manfaatnya bagi anda.

12). Menghaluskan Permukaan Kulit Wajah

Buah pisang kaya akan vitamin yang sangat baik untuk kulit wajah. Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga permukaan kulit wajah tetap halus dan lembut. Gunakan pisang sebagai masker dengan menghaluskannya. Tambahkan sedikit madu dan oleskan pisang dan madu tersebut ke seluruh wajah secara merata. Diamkan selama setengah jam sebelum anda bilas hingga bersih.

13). Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan potassium dan kalium dalam pisang sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Kedua mineral ini terkandung cukup banyak jumlahnya pada buah pisang. Sehingga konsumsi buah pisang sangatlah disarankan bagi anda yang mengalami masalah dalam peredaran darah dan sejenisnya.

14). Memperbaiki Kondisi Mata yang Minus

Kesehatan mata sangatlah berkaitan dengan kecukupan vitamin A. Buah pisang diketahui memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Kandungan buah pisang ini yang dapat menyebabkan kondisi mata penderita kelainan minus dapat diperbaiki secara perlahan-lahan. Konsumsilah pisang secara rutin untuk memperbaiki kemampuan penglihatan anda.

15). Memperbaiki Kondisi Mood

Buah pisang memiliki kandungan triptofan yang baik untuk memproduksi hormone serotonin. Hormone serotonin merupakan hormone yang mengatur suasana hati / mood seseorang. Jumlah hormone serotonin yang diproduksi dengan banyak dapat membuat seseorang memiliki kondisi mood yang lebih baik. Oleh karena itu, jika anda sedang merasa kesal anda dapat mengonsumsi pisang dan mendapati diri anda kembali bahagia.

C.Resep Pisang Goreng Nugget

1.Resep  Pisang Goreng Nugget Cispy

Bahan-bahan:

  • 1 tangkai pisang ambon yg sdh matang
  • sesuai selera Gula pasir
  • Tepung trigu
  • Susu bubuk
  • Telur
  • Tepung roti sckupnya
  • Minyak utk mnggoreng

Cara Membuat  Pisang Goreng Nugget Crispy :

  1. Siapkn loyang brukuran 10x20cm. Atau cetakan brbntuk pisang
  2. Hancurkan pisang dg garpu smpai bner2 hancur,, lalu tmbahkn gula sesuai selera anda (cz pisangnya udh manis) tmbahkn tepung trigu, satu btir telur dan susu bubuknya,
  3. Aduk terus dg spatula sampai trcmpur rata
  4. Lalu itu masukan kedlm loyang yg telah diberi alas plastik atau kertas roti, klo puny cetakn yg brbentuk pisang mlh bgus. lalu kukus kurng lbih 15mnit smpai adonan mteng
  5. Stelah mtang tunggu smpai agk dingin lalu potong2 panjang.
  6. Kocok sbutir telur tdi, lalu guling2 kan nugget yg sdh mtang td, trus tmbhkn tepung roti(panir),, stelah itu bisa lgsung digoreng, bisa jg dismpen frizer dlu bwt besok
  7. Selamat mncoba ya

2.Resep Pisang Goreng Nugget Kriuk

Bahan-bahan:

  • 5-6 buah pisang
  • Bumbu sajiku instan pisang goreng
  • Tepung roti
  • Minyak goreng

Cara Membuat  Pisang Goreng Nugget Kriuk:

  1. Kupas kulit pisang.. lalu hancurkan buah pisang dengan sendok atau di remas saja.
  2. Masukkan tepung terigu pisang goreng lalu aduk hingga rata..jika masih terasa kurang manis bisa ditambah gula putih. Tapi karena pisangku udh manis jd ga ditambah gula lg. (Oia ga perlu ditambah air karena nnti terlalu lembek dan benyek)
  3. Kemudiam bentuk adonan sesuai selera. Lalu masukkan ke tepung roti..guling2 hingga rata seluruh bagian.
  4. Panaskan minyak..dan goreng.hati2 jangan terlalu lama. Masak hingga kuning keemasan.
  5. Selamat menikmati ditemani dengan teh panas

3.Resep  Pisang Goreng Nugget Stick

Bahan-bahan:

  • 10 buah pisang apa aja (aq pisang kepok)
  • 1 bks tepung pisang goreng
  • Secukupnya air es
  • Tepung roti
  • 1 bks skm coklat untuk topping

Cara Membuat  Pisang Goreng Nugget Stick

  1. Kupas pisang, belah jadi 2, atau jadi 4 memanjang (kalo mau lebih ramping)
  2. Buat adonan tepung dr teoung pisang goreng beri air es secukupnya (jgn terlalu encer)
  3. Masukan pisang yg telah dipotong oanjang ke dalam adonan tepung basah,
  4. Kemudian gulingkan pisang di tepung roti, tekan2 sedikit agar menempel. Lakukan sampai pisang habis.
  5. Masukan pisang ke dalam lemari es sebentar agar tepung roti menempel sempurna.
  6. Goreng pisang hingga matang kuning keemasan.
  7. Beri topping skm diatasnya. Hmmm yummy

4.Resep Pisang Goreng Nugget Rimbah Coklat

Bahan-bahan:

  • 3 buah pisang raja nangka matang (boleh ambon/kepok)
  • 6 sdm tepung terigu
  • 1 btr telur
  • 6 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • Secukupnya susu kental manis
  • Topping :
  • 200 gr dcc (di parut) / boleh di ganti mesis
  • Susu kental manis coklat
  • Bahan celupan :
  • Secukupnya tepung panir / tepung roti
  • 2 sdm Tepung maizena
  • Secukupnya air

Cara Membuat  Pisang Goreng Nugget Rimbah Coklat

  1. Terlebih dahulu haluskan pisang menggunakan garpu/gelas.jka sudah halus masukan tepung, telur, dll.
  2. Aduk rata semua bahan menjadi satu, lalu masukan kedalam loyang yang sudah di lapisi minyak, agar tidak lengket.
  3. Kukus dengan api sedang selama 15 menit. Jika sudah matang, dinginkan adonan naget pisangnya, potong2 sesuai selera.
  4. Celupkan naget pisang yang sudah di potong kedalam tepung maizena dan air. Lalu baluri dengan tepung panir.
  5. Goreng di api yang sedang, jika sudah di goreng taburi coklat yang sudah di parut, sambil di sirami dengan susu kental manis, lalu tabur lagi dengan parutan coklat, biar tebal kayak hutan rimbah

5.Resep  Pisang Goreng Nugget Chocholatos

Bahan-bahan:

  • 1 sikat pisang lilin
  • 6 sdm terigu
  • 1/4 sdm vanili
  • Telur
  • 1/4 garam
  • secukupnya Tepung roti
  • 3 sdm gula putih
  • Terigu secukupnya untng baluran
  • 1 bungkus chocholatos

Cara Membuat  Pisang Goreng Nugget Chocholatos:

  1. Kupas pisang lalu tumbuk” dengan gelas
  2. Kalo udh hancur kasih gula dan terigu
  3. Kemudian masukan telur dan vanili
  4. Masukan dalam cetakan(tips kasih alas kertas roti biar gampang di keluarkan dri cetakan) lalu kukus slama 30 mnit
  5. Keluarkan dari cetakan.. Lalu potong” sesuai selera
  6. Siapkan terigu dan tepung roti.. Baluri adonan yg udh d kukus dengan terigu dan tepung roti
  7. Kemudian goreng.. Lalu taburi dengan chocholatos yg dicampurkan dgn 3sdm gula putih.

6.Resep  Pisang Goreng Nugget Coklat

Bahan-bahan:

  • 5 buah pisang kepok,  kemudian lumatkan
  • 110 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 3 sdm susu kental manis
  • Air
  • 150 gram keju parut
  • Gula secukupnya
  • Vanili secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Bahan Pelapis:
  • Maizena secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya

Cara Membuat  Pisang Goreng Nugget Coklat

  1. Campurkan semua bahan adonan, kemudian kukus hingga matang. Kurang lebih 20 menit menggunakan api sedang.
  2. Lalu potong adonan persegi.
  3. Setelah itu lumuri dengan menggunakan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air.
  4. Lalu baluri dengan tepung roti.
  5. Terakhir panaskan minyak, goreng hingga kecokelatan.
  6. Sajikan Nugget pisang buatanmu dengan topping nuttela atau pasta cokelat sesuai dengan selera.

7.Resep  Pisang Goreng Nugget Sederhana

Bahan-bahan:

  • Pisang raja, ambon, kepok atau cavendish yang sudah benar benar matang dan dilumatkan kurang lebih sebanyak 200 gram saja.
  • Tepung terigu kurang lebih sebanyak 125 gram.
  • Gula pasir kalau suka manis sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 45 gram.
  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 pcs.
  • Garam sesuai selera atau kurang lebih sejumput saja.
  • Tepung panir sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 25 gram saja.

Cara Membuat  Pisang Goreng Nugget Sederhana:

  1. Pertama ambil wadah kemudian masukkan pisang lembut, tepung terigu, tepung panir dan semua bahan adonan.
  2. Aduk aduk adonan tadi sampai tercampur rata dan agak lembek ya supaya tepung panirnya bisa melekat. Kalau terlalu lembek bisa dimasukkan sebentar ke lemari pendingin atau kulkas sebentar.
  3. Ambil adonan secukupnya kemudian bentuk lalu gulirkan ke bahan pelapisnya sampai rata dan ulangi sampai habis.
  4. Panaskan minyak dan goreng seperti biasa sampai matang dan berwarna kecoklatan.

8.Resep  Pisang Goreng Nugget Tanpa Telur

Bahan-bahan:

  • Pisang raja atau kepok yang sudah dilumatkan sampai halus kurang lebih sebanyak 1/2 kg.
  • Gula paisr sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4 sendok makan saja.
  • Tepung terigu kurang lebih sebanyak 10 sendok makan saja.
  • Susu bubuk sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Vanili bubuk kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Garam dapur beryodium kalau suka sedikit saja atau bisa dihilangkan

Cara Membuat Pisang Goreng Nugget Tanpa Telur:

  1. Masukkan pisang halus bersama tepung, gula dan bahan lainnya kemudian aduk aduk sampai halus.
  2. Siapkan loyang dengan dilapisi sedikit minyak dan kertas roti lalu masukkan adonan pisang nugget diatas.
  3. Masak dan kukus sampai matang atau kurang lebih selama 1/2 jam.
  4. Setelah matang dinginkan terlebih dahulu kemudian potong potong persegi panjang atau kotak sesuai selera.
  5. Campurkan dan aduk semua bahan pencelup sampai rata.
  6. Masukkan potongan nugget kukus kedalam pencelup kemudian angkat dan gulir atau gulingkan ke dalam tepung panir sampai rata. Ulangi sampai habis.
  7. Lalu masukkan di minyak yang sudha panas dan goreng sampai matang.
  8. Tiriskan dan bisa langsung disajikan atau diberi topping coklat, meisis atau lainnya sesuai selera.

Demikianlah artikel yang telah saya buat semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

× Whatsapp Kami!