Select Page

Kalau dilihat dari warnanya, kue satu ini mungkin memang tidak terlalu menarik. Warnanya yang hitam pasti membuat banyak orang beranggapan bahwa kue karamel ini adalah kue yang gosong. Tetapi kalau sudah mencicipinya, pasti banyak yang akan ketagihan dengan resep kue karamel enak yang legit dan lezat.

Teksturnya juga cukup lembut dengan tampilan berlubang lubang di tengah nya seperti sarang semut sehingga bisa dinikmati oleh segala usia. Ada beberapa resep bolu karamel yang kita kenal, seperti bolu karamel kukus, bolu karamel ncc dan bulu karamel panggang. Kali ini kita akan memberikan cara membuat bolu karamel panggang enak yang mudah.

Rasanya yang benar benar legit dan enak dan tentu saja teksturnya yang cukup lembut memang bisa membuat orang yang sudah pernah mencobanya jadi ketagihan. Biasanya sih keluarga saya dulu membuat kue bolu panggang ini sekaligus dalam beberapa loyang, sehingga bisa dibagikan ke keluarga lain dan tetangga dekat rumah dan kebanyakan mereka memuji cita rasa spesial buatan keluarga kami.

Buat teman teman yang tidak hobi masak, cara membuat kue bolu karamel panggang ini cukup sederhana kok, jadi tidak perlu khawatir kue nya nanti gak jadi atau bantat. Memang ada beberapa langkah pemilihan bahan dan tips yang harus benar benar diperhatikan supaya hasil resep bolu karamel ini berhasil dengan sukses.

Resep Kue Karamel

bolu karamel kukus1

Bahan-Bahan yang di Butuhkan:

  • 5 butir telur ayam
  • 500 gram gula pasir
  • 500 cc air panas
  • 200 gram margarin
  • 150 g tepung terigu
  • 150 gram tepung tapioka
  • 250 cc susu kental manis
  • 1/2 sdt baking soda

Cara Membuat Kue Karamel:

1. Buat dulu karamelnya. Caranya panaskan gula di wajan anti lengket dengan api kecil, tak perlu diaduk-aduk. Setelah gula sudah berubah jadi karamel, tambahkan air panas sedikit demi sedikit. Kalau sudah larut dan tercampur rata tanpa gumpalan, matikan api. Dinginkan dalam suhu ruang selama 2-3 jam.
2. Ayak tepung terigu, tepung tapioka, baking powder, dan baking soda.
3. Di wadah lain, kocok telur dan masukkan susu.
4. Cairkan margarin kemudian biarkan dingin terlebih dahulu.
5. Saatnya untuk mencampur bahan-bahannya. Masukkan semua jenis tepung yang sudah diayak tadi dalam adonan telur sedikit demi sedikit. Selingi juga dengan menuangkan karamel sedikit demi sedikit. Lakukan sampai semua tercampur rata.
6. Terakhir, masukkan margarin cair. Aduk rata, jangan sampai ada yang bergerindil.
7. Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega atau minyak dan ditaburi tepung.
8. Tuang adonan di loyang.
9. Panggang sampai bolu matang sempurna.

Manfaat Bahan Dasar Cara Membuat Kue Karamel

Telur Ayam

telur ayam1

Telur ayam adalah bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep kue karamel. dan telur juga mempunyai banyak manfaat loh…

Manfaatnya:

1. Membantu Kehamilan Agar Lebih Sehat

Wanita hamil yang mengonsumsi lebih banyak putih telur selama kehamilan memiliki lebih banyak energi. Tentu hal ini membuat kita merasa tidak lelah. Selain itu, rajin makan telur juga membantu mencegah bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.

2. Kenyang Lebih Lama

Makan telur rebus utuh untuk sarapan membuat perut kita kenyang sampai waktu makan siang. Itu karena telur mengandung protein tinggi, sehingga mengekang keinginan untuk makan banyak.

Karena itu, tak salah jika kita memperbanyak makan telur, terutama saat sarapan yang dikombinasikan dengan lauk lainnya.

3. Baik Untuk Saraf dan Fungsi Otak

Putih telur mengandung kolin, nutrisi makro yang membantu dalam proses penciptaan DNA. Tak cukup itu, putih telur mendukung fungsi saraf dan otak, serta membantu dalam proses membuang racun dalam tubuh.

4. Mengandung Vitamin

Vitamin adalah zat organik yang banyak ditemukan pada makanan. Nah, vitamin adalah zat yang sangat penting dalam membantu perkembangan fisik dan mental manusia, meski dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit. Karena dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, vitamin tergolong sebagai zat gizi mikro.

Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin sendiri. Maka sangat penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin.

Jenis-jenis vitamin dan perbedaannya:

Vitamin adalah jenis zat gizi mikro yang masih terbagi-bagi lagi dalam kelompok dan jenis yang berbeda. Ada 6 jenis vitamin yang berperan penting dalam menjaga fungsi tubuh manusia. Sedangkan dua kelompok vitamin yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air.

dan vitamin yang larut dalam lemak tersimpan pada sel-sel lemak dan memerlukan lemak agar dapat diserap. Yang termasuk vitamin larut lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Mirip seperti lemak, vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan jika jumlahnya sudah berlebih dan akan digunakan untuk proses selanjutnya.

Oleh karena itu, pastikan Anda hanya mengonsumsi suplemen vitamin-vitamin ini secukupnya saja. Bila dikonsumsi berlebihan, vitamin ini tidak dibuang oleh tubuh sehingga dapat berbahaya bagi kesehatan kita. Kebalikannya, vitamin yang larut dalam air tidak dapat disimpan dalam tubuh.

Tubuh manusia perlu mengonsumsi vitamin larut air setiap hari dalam jumlah yang sesuai. Keunggulannya, vitamin jenis ini dapat diserap kapan pun tanpa harus membutuhkan lemak. Satu butir telur mengandung banyak riboflavin yang diperlukan untuk mencegah kondisi tertentu, seperti sakit kepala terkait migrain.

Para ahli juga mengklaim bahwa bagian putih telur juga mencegah serangan jantung, demensia, dan penyakit terkait tulang dalam jangka panjang nanti.

5. Bebas Kolesterol

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol merupakan jenis khusus lipid yang disebut steroid.

Orang diet cocok sekali makan telur, sebab makanan ini bebas kolesterol. Tak hanya itu, telur juga bebas lemak dan nol kalori, sehingga aman dikonsumsi. Cobalah untuk rajin makan telur untuk sarapan atau makan malam yang pasti akan mengenyangkan

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Telur mengandung kolagen dalam membran yang hadir di luar putih telur. Jika kita ingin punya kulit sehat, makan banyak putih telur atau menggunakannya sebagai masker. Ini adalah bahan alami untuk mencegah kerutan dan memperbanyak asupan nutrisi untuk kulit.

7. Mengurangi Kelelahan

Putih telur mengandung banyak mineral penting yang memberikan manfaat lebih besar bagi tubuh kita. Jika kita merasa lelah, cukup konsumsi putih telur dalam bentuk apapun. Bahan makanan ini dapat dimasak atau bisa digunakan untuk membuat kue yang rasanya lezat.

Air Hangat

air hangat

Air hangat juga penting loh buat pembuatan resep kue karamel. Yuk kita simak lebih dalam manfaatnya..

Manfaatnya:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat air hangat yang pertama ini tentu merupakan berita gembira buat kita yang berencana diet ketat. Minum air hangat tak hanya dapat menaikkan suhu tubuh sehingga mempercepat metabolisme, namun cairan ini juga bebas kalori.

2. Mendetoksifikasi Tubuh

Tak banyak orang tahu bahwa air hangat merupakan ramuan ajaib yang dapat mengeluarkan toksin atau racun melalui urin dan keringat dari tubuh. kita boleh menambahkan perasan lemon atau madu untuk penambah rasa yang menyehatkan.

3. Memperlancar Proses Pencernaan

Minum air hangat selama makan dapat membantu mempercepat proses cerna. Selain itu, minum air hangat saat perut masih kosong juga bisa meningkatkan pergerakan lambung dan mencegah konstipasi.

4. Mencegah Penuaan Dini

Selain mempermudah keluarnya toksin dari dalam tubuh, manfaat air hangat juga dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga menjauhkan gejala penuaan dini seperti kulit kering, berkerut, dan bernoda hitam.

5. Meredakan Gejala Demam dan Batuk

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas angka 38 derajat celsius. dan demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri, atau parasit.

Selain itu, demam juga bisa terjadi pada kondisi hipertiroidisme, artritis, atau karena penggunaan beberapa jenis obat-obatan, termasuk antibiotik. Kenaikan suhu tubuh akibat konsumsi obat ini disebut dengan demam obat atau “drug fever”.

Batuk adalah respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan, serta mencegah benda asing masuk ke saluran napas bawah. Tenggorokan dan saluran napas dilengkapi saraf yang merasakan jika terdapat bahan atau zat yang menggangggu

Air yang masuk dalam tubuh dapat mengencerkan dahak sekaligus melegakan pernafasan. Rasa gatal dan nyeri pada tenggorokan juga bisa mereda lantaran minum air hangat.

6. Menjauhkan Penyakit

Mendidihkan air bisa membunuh kuman penyakit yang terdapat di dalamnya sehingga beragam penyakit pun bisa dihindari. Apalagi diminum selagi hangat, maka akan mendapatkan manfaat air hangat lainnya seperti yang kita bahas di sini.

7. Menghidrasi Usai Berolahraga

Pasca berolahraga, tubuh perlu terhidrasi ulang. Namun tak hanya menghidrasi, air hangat juga bisa mengembalikan vitamin dan mineral yang hilang dari tubuh dengan cara mempertahankan keseimbangan elektrokemikal. Di samping itu, minum air hangat pasca latihan mampu mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menyeruput air hangat selama makan malam atau sebelum tidur, tak hanya dapat melancarkan pencernaan, namun juga membersihkan tubuh dari toksin. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih rileks dan cepat terlelap. Tak hanya itu, kita takkan mudah lapar saat tengah malam tiba dan bakal merasa lebih segar keesokan harinya.

9. Melancarkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. … Pertama, darah mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel dan karbon dioksida dalam arah yang berlawanan (lihat respirasi).

Saat segelas air hangat mengalir masuk dalam tubuh, timbunan lemak dan toksin akan terkikis dan dikeluarkan dari tubuh. Selain meningkatkan peredaran darah, resiko penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah akan berkurang.

10. Melindungi Tubuh dari Infeksi

Tak hanya sel kulit yang mendapat manfaat air hangat, namun juga bisa mendetoksifikasi permukaan kulit. Bila wajah berjerawat atau kulit kepala berketombe, minumlah sedikitnya 8 gelas air hangat setiap harinya agar pori-pori tak lagi tersumbat.

Efek Samping Makan Kue Karamel

1. Lemak pada perut

Sebenarnya hampir di seluruh bagian tubuh memiliki lemak di bawah kulit. Lemak yang bisa Bunda cubit dengan tangan itu disebut sebagai subkutan. Khusus di area perut, lemak ini disebut sebagai lemak viseral karena berada di rongga antara dan sekitar visera (organ dalam perut dan usus).
Menurut dokter Samuel Dagogo-Jack, ketua Asosiasi Diabetes Amerika, lemak viseral adalah racun yang memengaruhi bagaimana tubuh bekerja. Lemak viseral mengandung bahan kimia yang meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit jantung dan membuat tubuh kurang sensitif terhadap insulin sehingga rentan diabetes.
Seorang ilmuwan dari American Cancer Society, Eric Jacobs, PhD mengungkapkan bahwa racun dalam lemak perut dapat menyebabkan kanker. Dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti telah menemukan hubungan antara lemak di perut dengan kanker usus besar, kanker esofagus atau kerongkongan, dan kanker pankreas.Memiliki lemak perut memang menyusahkan. Karena berada di bagian dalam tubuh, dokter Dagogo-Jack mengatakan bahwa kita sering memiliki ‘rasa aman yang palsu’ terkait kondisi kesehatan kita.Mungkin kita tidak terlihat gendut, tapi bukan berarti kita tidak punya masalah dengan lemak di perut. Bagaimana cara mengetahui bahwa lemak di perut kita memengaruhi kesehatan? Mudah saja, tak perlu melakukan tes darah maupun uji kesehatan lainnya. Yang kita butuhkan hanyalah sebuah alat ukur atau meteran dan ukuran pinggang kita akan menjawab semuanya.Semakin besar ukuran pinggang kita, maka semakin besar pula bahaya yang disebabkan oleh perut kita.

  • Untuk wanita Asia, ukuran pinggang lebih dari 80 cm (atau empat setengah jengkal tangan orang dewasa) harus berhati-hati.
  • Untuk pria Asia, ukuran pinggang lebih dari 90 cm (atau lima jengkal tangan orang dewasa) harus berhati-hati.

“Jika kita harus beralih ke ukuran celana lebih besar meski berat tubuh masih termasuk normal untuk ukuran tinggi badan kita, atau bahkan jika kita belum melihat adanya kenaikan berat badan, itu pertanda penting untuk mulai mengatur pola makan dan rajin olahraga,” ujar Eric Jacobs.

2. Karies Gigi

Karies gigi adalah sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur jaringan keras gigi. Penyakit ini ditandai dengan gigi berlubang. Jika tidak ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, kematian saraf gigi (nekrose) dan infeksi periapikal dan infeksi sistemik yang bisa membahayakan penderita, dan bahkan bisa berakibat kematian.

Penyakit ini telah dikenal sejak masa lalu, berbagai bukti telah menunjukkan bahwa penyakit ini telah dikenal sejak zaman perunggu, zaman besi, dan zaman pertengahan. Peningkatan prevalensi karies banyak dipengaruhi perubahan dari pola makan. Kini, karies gigi telah menjadi penyakit yang tersebar di seluruh dunia.

Karies gigi terjadi ketika bakteri yang hidup di mulut mencerna sisa karbohidrat dari makanan yang kita konsumsi, entah itu merupakan sisa dari gula pada donat yang kita konsumsi atau lainnya. Bakteri tersebut akan membusuk dan memproduksi asam yang dapat menghancurkan enamel/dentin gigi.

3. Kerusakan Hati

Gangguan hati dapat memengaruhi kondisi kesehatan umum seseorang secara signifikan. Infeksi virus, faktor genetik, efek samping obat-obatan, dan gaya hidup yang kurang sehat, merupakan faktor-faktor yang dapat menyebabkan gangguan hati.

Hati (liver) merupakan organ terbesar yang dimiliki manusia. Organ ini terletak di dalam rongga perut, pada bagian kanan atas perut, dan terlindungi oleh tulang rusuk serta diafragma. Hati berperan dalam menetralisir racun, sintesis protein, dan pembekuan darah. Hati juga berperan sebagai organ yang memproduksi empedu untuk pencernaan.

Gula yang masuk ke aliran darah dari saluran pencernaan akan dipecah menjadi glukosa dan fruktosa. Sayangnya, fruktosa tidak diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang signifikan -karena memang tidak terlalu dibutuhkan oleh tubuh.

Sehingga, konsumsi gula berlebih dapat membuat tubuh kelebihan fruktosa yang dapat membebani hati dan menyebabkan perlemakan hati. Hal tersebutlah yang dapat memicu terjadinya komplikasi kesehatan.

4. Penyakit Jantung

Meskipun kaitan antara konsumsi gula berlebih dengan penyakit jantung belum begitu jelas. Namun, studi dalam Journal of American Heart Association tahun 2013 menyebutkan bahwa konsumsi gula berlebih dapat membuat terganggunya cara kerja organ jantung dalam memompa darah.

Studi lainnya juga menunjukkan bahwa konsumsi minuman manis berlebih dapat meningkatkan tekanan darah dan merangsang hati untuk membuang lemak ke aliran darah. Kedua hal tersebutlah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Disfungsi Metabolik

Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan sindrom metabolik klasik, seperti berat badan, obesitas abdominal, penurunan HDL, peningkatan LDL, gula darah tinggi, peningkatan trigliserida, dan tekanan darah tinggi.

6. Resistensi Hormon Insulin

Semakin banyak konsumsi gula kita, maka akan semakin banyak produksi hormon insulin pada tubuh kita. Hormon insulin berperan dalam membantu mengkonversi makanan menjadi energi.

Namun, ketika kadar insulin tubuh dan kadar gula tinggi, maka akan membuat sensitivitas produksi hormon berkurang dan membuat glukosa menumpuk dalam darah. Gejala yang dialami oleh kondisi ini, yang disebut dengan resistensi insulin, adalah kelelahan, kelaparan, kabut otak, dan tekanan darah tinggi.

Sekian resep kue karamel, semoga resep kue karamel ini bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimaksih.

× Whatsapp Kami!