Select Page

Siapa yang tidak suka dengan kerupuk ikan. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep kerupuk ikan yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

A.Pengertian Ikan

7 Jenis Ikan yang Sering Dikonsumsi Orang Indonesia, Gurihnya Nagih!

Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin)  yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan; biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ikan bertulang rawan                 ( Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes). Ikan dalam berbagai bahasa daerah disebut iwak (jv, bjn), juku

B.Jenis Ikan yang Sering Dikonsumsi di Indonesia

7 Jenis Ikan yang Sering Dikonsumsi Orang Indonesia, Gurihnya Nagih!

1. Kakap

Ikan laut khas Kepulauan Riau ini begitu populer di kalangan pecinta seafood. Kakap sendiri mempunyai banyak jenis, seperti merah dan putih. Harganya pun bervariasi tergantung kondisi cuaca dan musimnya, biasanya dibanderol antara Rp60-80 ribu per kilogram.

Banyak cara untuk mengolah kakap, biasanya diolah menjadi kakap asam manis, kakap bumbu kuning, gulai, dan sebagainya. Kakap ini sangat baik untuk tubuh, karena mengandung selenium tinggi yang bermanfaat sebagai antioksidan menangkal radikal bebas.

2. Tenggiri

Pasti sudah gak asing lagi dengan ikan satu ini. Tenggiri yang hidup di laut dangkal ini termasuk karnivora yang senang memakan kumpulan ikan kecil. Ikan ini pun masih satu kerabat dengan tuna dan tongkol dengan bentuk memanjang dan

3. Tuna

Tuna merupakan salah satu jenis ikan paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Harganya cukup mahal mengingat dagingnya yang sangat lezat, apalagi untuk sushi atau sashimi. Di pasaran harganya dibanderol sekitar Rp80-120 ribu per kilo, tergantung jenisnya.

Ikan ini  sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung protein dan asam amino yang tinggi. Dagingnya juga mengandung lemak yang rendah, sehingga tidak membahayakan jantung. Meski begitu, jangan terlalu berlebihan ya, kita dianjurkan mengonsumsi ikan tuna sebanyak 170 gram dalam sepekan.

4. Salmon

Dibandingkan tuna, salmon menjadi pilihan terbaik kalau mau dimakan langsung. Harganya pun terpaut jauh, yakni sekitar Rp300 ribuan per kilo. Gak heran, karena salmon memiliki rasa daging yang manis, kenyal, dan lembut.

Hebatnya lagi, salmon memiliki banyak manfaat, lho! Beberapa di antaranya seperti sumber lemak sehat, menurunkan tekanan darah, sumber vitamin, antiinflamasi, pelumas sendi, dan sebagainya. Kamu termasuk pecinta salmon gak, nih?

5. Lele

Beralih ke ikan air tawar, ada lele yang bertubuh licin dan memiliki kumis. Ikan ini begitu populer di Indonesia. Olahan yang paling favorit adalah pecel lele. Dagingnya yang lembut dan gurih sangat pas disajikan bersama sambal pedas.

Lele juga memiliki banyak manfaat, seperti sumber vitamin B-12, rendah merkuri, mengandung asam lemak sehat, serta rendah kalori dan lemak.

6. Gurami

Gurami menjadi salah satu menu wajib di rumah makan seafood. Ikan ini menjadi pilihan ekonomis jika kakap dirasa terlalu mahal. Meski lebih murah, rasanya tak kalah lezat, dagingnya padat, rasanya enak, dan gurih.

Biasanya orang Indonesia suka mengonsumsinya dalam bentuk gurami goreng, bakar, asam manis, atau semacamnya. Kalau kamu sendiri lebih suka olahan gurami seperti apa?

7. Wader

Terakhir ada ikan mungil yang sering ditemukan di perairan air tawar, seperti sungai, kolam, dan waduk. Wader cukup populer di Indonesia, terutama Jawa. Biasanya wader dikonsumsi dengan cara diberi sedikit tepung, lalu digoreng.

C.Manfaat Makan Ikan yang Perlu Anda Ketahui

Jika mengonsumsi ikan secara rutin, maka Anda bisa memenuhi asupan gizi harian sesuai dengan Gerakan Nasional Sadar Gizi yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Berikut adalah berbagai manfaat makan ikan:

1. Organ Kardiovaskular Semakin Sehat

Manfaat makan ikan yang pertama adalah baik bagi organ kardiovaskular seperti jantung, pembuluh darah arteri, dan pembuluh darah vena, karena kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan. Dengan rutin mengkonsumsi ikan, kita juga akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan gagal jantung.

Nutrisi dalam ikan mampu menurunkan kadar trigliserida dalam darah, meningkatkan kadar kolesterol baik, menurunkan tekanan darah, dan mencegah pembekuan darah. Pakar kesehatan dari Harvard School of Public Health sendiri merekomendasikan konsumsi 2 porsi ikan dalam seminggu jika ingin menurunkan risiko terkena penyakit jantung tiga kali lebih rendah.

2. Menurunkan Berat Badan

Penelitian yang dilakukan di University of Georgia menghasilkan fakta, bahwa manfaat makan ikan dalam bentuk minyak ikan yang kaya akan kandungan DHA mampu menurunkan kadar lemak pada tubuh secara keseluruhan. Jika kita mengonsumsinya secara rutin yang dibarengi dengan berolahraga secara teratur, maka akan menurunkan berat badan lebih cepat.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Asam lemak omega 3 ternyata mampu mencegah datangnya kanker payudara, kanker kolon, dan kanker prostat. Selain itu, manfaat ikan dalam bentuk suplemen minyak ikan juga mampu membantu penderita hyperlipidemia.

4. Membuat Fungsi Otak Meningkat

Manfaat ikan yang mengandung asam lemak omega 3 adalah mendukung fungsi dan perkembangan otak, khususnya bagi bayi dan anak-anak. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta menarik tentang kemampuan suplemen minyak ikan dalam meningkatkan daya memori orang dewasa dengan signifikan.

5. Melawan Peradangan Pada Tubuh

Nutrisi di dalam ikan atau minyak ikan ternyata memiliki sifat anti peradangan. Dengan mengonsumsinya secara rutin, hal ini tentu akan menurunkan masalah radang sendi, radang prostat, dan radang kandung kemih.

6. Membantu Kesehatan Mata

Manfaat ikan secara teratur bisa menurunkan risiko terkena degenerasi macula, glaukoma, dan sindrom mata kering. Dalam penelitian terbaru, diketahui bahwa mengonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu akan menurunkan risiko terkena degenerasi macula lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

7. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam Journal of Lipid Research baru-baru ini menunjukkan fakta bahwa kandungan asam lemak omega-3 EPA mampu mencegah datangnya keriput dan proses penuaan dini. Minyak ikan juga mampu menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari serta membuat rambut berkilau.

8. Mengatasi Depresi

Kandungan asam lemak omega 3 mampu menurunkan depresi dan kecemasan. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi ikan cenderung tidak mudah terkena depresi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi ikan.

9. Mengurangi Risiko Alzheimer

Manfaat makan ikan satu kali seminggu dapat membantu melestarikan neuron abu-abu – bagian otak yang terkait dengan memori dan kognisi – menurut sebuah studi. Peneliti menemukan bahwa orang yang makan ikan dikukus atau dipanggang – memiliki otak yang lebih besar dan sel yang lebih besar di area otak yang bertanggung jawab untuk memori dan belajar. Para ilmuwan percaya bahwa volume otak yang lebih besar dapat membantu menurunkan risiko penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer.

10. Vitamin D

Manfaat ikan laut menurut para ilmuwan dapat membantu menangkal penyakit, meningkatkan kesehatan tulang, dan dengan bantuan omega-3 pada ikan, mencegah penurunan kognitif, karen ikan laut sebagai sumber vitamin D. Satu porsi atau tiga ons salmon mengandung 75 persen dari jumlah vitamin harian yang disarankan.

11. Manfaat Ikan Menguatkan Sperma

Sebuah penelitian terhadap 188 pria menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak ikan segar – bersama dengan makanan sehat lainnya seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian – memiliki sperma yang lebih kuat daripada mereka yang mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Para peneliti mengatakan bahwa lebih banyak studi perlu dilakukan, tetapi data awal menunjukkan bahwa semakin baik pola makan peserta, semakin kuat bentuk dan mobilitas sperma yang dihasilkannya.

12. Membantu Mencegah Asma Pada Anak

Asma adalah penyakit umum yang ditandai dengan peradangan kronis di saluran napas. Sayangnya, tingkat asma telah meningkat secara dramatis selama beberapa dekade terakhir. Studi menunjukkan bahwa manfaat makan ikan secara teratur dapat menurunkan risiko asma sebanyak 24% pada anak-anak, tetapi tidak ada efek signifikan yang ditemukan pada orang dewasa.

13. Memperbaiki Kualitas Tidur

Gangguan tidur telah menjadi sangat umum di seluruh dunia. Ada banyak alasan berbeda untuk ini (seperti peningkatan paparan cahaya biru), tetapi beberapa peneliti percaya bahwa kekurangan vitamin D juga dapat menjadi penyebab kualitas tidur.

Dalam studi 6 bulan dari 95 pria paruh baya, manfaat makan ikan salmon tiga kali seminggu dapat memperbaiki kualitas tidur sehari-hari. Para peneliti berspekulasi bahwa ini disebabkan oleh vitamin D dalam salmon.

14. Membantu Melawan Jerawat

Apakah Anda memiliki jerawat hormonal atau dewasa, manfaat makan ikan dapat membantu meringankan kulit Anda. Sebuah studi yang diterbitkan oleh BioMed Central mencatat bahwa minyak ikan bermanfaat untuk membersihkan kulit bagi orang-orang dengan jerawat sedang sampai parah.

15. Mengurangi Rematik

Jika Anda menderita rheumatoid arthritis, yang merupakan peradangan kronis pada sendi Anda, makan lebih banyak ikan dapat membantu meringankan pembengkakan dan rasa sakit. The American College of Rheumatology menemukan bahwa konsumsi ikan yang lebih tinggi sebenarnya menurunkan aktivitas penyakit di rheumatoid arthritis.

D.Resep Kerupuk Ikan

1.Resep Kerupuk Ikan Tenggiri

Bahan-bahan:

  • 200 gr daging ikan tenggiri, haluskan
  • Tepung tapioka
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 100/125 ml air
  • 1 sdt garam
  • Gula pasir
  • 1 sdt lada halus

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri:

  1. Campurkan ke dalam wadah/baskom : daging ikan, lada, garam, gula, air dan sebagian tepung.
  2. Aduk rata sambil tambahkan sisa tepung.
  3. Jika terlalu kering bisa tambahkan air. Dan jk terlalu lembek bisa tambahkan tepung. Krn adonan tergantung dg kadar air daging ikan.
  4. Siapkan air dan masak hingga mendidih. Tambahkan sedikit minyak goreng ke air
  5. Uleni adonan sebentar saja asal rata dan bisa dibentuk lonjong/lenjer. Dg alasi tangan dg tepung tapioka. Bentuk adonan tidak terlalu besar supaya mudah matang. Sambil masukan adonan yg telah dibentuk ke air mendidih.
  6. Masak hingga lenjeran terapung bbrp saat, angkat dan dinginkan. (Gambar : hasil dari 2 resep)
  7. Setelah itu diamkan di kulkas semalaman agar dapat diiris tipis-tipis
  8. Tata irisan krupuk ke wadah yg lebar, jemur di terik matahari hingga kering. (Jika cuaca terik cukup dijemur seharian krupuk udh kering) dan siap di goreng.

2.Resep Kerupuk Ikan Gabus

Bahan-bahan:

  • Daging giling ikan haruan
  • Tepung tapioka sy pake merk rose brand
  • 1/4 kg bawang putih
  • 2 bks ladaku bubuk
  • 3 sachet kaldu bubuk
  • Secukupnya Garam dan gula
  • 1 sdm vitsin /msg
  • 750 ml air masak

Cara Membuat Kerupuk Ikan Gabus:

  1. Haluskan bawang putih dan merica,banyakin bawang putihnya biar lbh harum krupuknya.
  2. Siapkan wadah unt mengulen adonan.masukkan daging ikan giling,dan bumbu halus.ingat garam jgn di masukkan dulu ya,tambahkan air sdkt demi sdkt kacak sampe daging ikan lembut dan sdkt mengembang.uleni terus sampai adonan bnr2 lembut terakhir baru tambahkan garam dan vitsin.
  3. Setelah garam masuk.biar krupuknya ga mengeras hasilnya.cpt tambahkan tepung tapioka.Setelah bisa dibentuk,bentuk spt balok potong kotak2 atw bs sesuai selera.
  4. Jika telah terbentuk siapkan panci unt merebus..rebus krupuk ikan sampai mengambang pertanda klo krupuk sdh matang..ohya di sini krupuknya khas dg warna merah tp dlmnya putih.cara merebusnya beri air rebusan dg pewarna makanan yg food grade berwarna merah,maka hasil dr krupuk rebusnya berwarna merah
  5. Krupuk ikan ini lbh enak di maem dg cocolan sambal spt ini..dan hampir semua anak menyukai krupuk spt ini..bs di goreng di tepungi,bs jg di bakar spt sate dan kdg di potong2 kotak di sambal goreng dg nanas dan petai..yg ke dua sy buat yg versi putih ga pake pewarna

3.Resep Kerupuk Ikan Bandeng:

Bahan-bahan:

  • 2 btr telur ayam
  • 30 gr gula bubuk
  • Garam
  • 1/2 sdt penyedap jamur (totole)
  • 200 gr daging ikan bandeng, haluskan
  • 1/4 amoniak larutkan dengan 80 ml air
  • 400 gr tepung kanji
  • Kaldu daging bubuk
  • 1/4 sdt baking powder double acting

Cara Membuat Kerupuk Bandeng:

  1. Kocok telur bersama gula, garam, penyedap jamur hingga berbuih
  2. Tambahkan ikan, aduk rata. Tambahkan larutan amoniak, uleni hingga rata.
  3. Lalu tambahkan tepung, kaldu, baking powder, aduk rata. Pulung adonan, bentuk sesuka hati
  4. Rendam dalam minyak dingin. Nyalakan kompor, pertama gunakan api besar. Setelah krupuk amplang terapung, kecilkan api. Goreng hingga matang. Angkat, tiriskan

4.Resep Kerupuk Ikan Tongkol

Bahan-bahan:

  • 1/2 ikan tongkol
  • 13 sdm tepung sagu
  • 1/2 sdt soda kue
  • Telur
  • 1 butir kuning telur

Cara Membuat Kerupuk Tongkol:

  1. Blender ikan tongkol (dagingnya aja ya jgn pk kulit apalagi durinya hehe). Kemudian kocok telur dan kuning telur.
  2. Lalu campurkan bumbu k dalam telur, aduk hingga rata kemudian masukan ikan yg sudah d blendeer, lalu beri soda kue dan tepung sagu dikit demi sedikit, aduk hingga kalis\
  3. Kemudian bentuk sekecil mungkin, krn klo d goreng dy akan mengembang. Klo bisa segitu d kecilin lagi ya supaya dalamnya juga matang sehingga bisa kriukk
  4. Cara menggoreng : rendam minyak yg belum panas, kemudian baru nyalakan api kecil saja, sambil d aduk2 terus ya biar mengembang dan matang merata sehingga bisa kriuk

5.Resep Kerupuk Ikan Lele

Bahan-bahan:

  • 250 gram fillet lele
  • Tapioka
  • 100 gram tepung terigu tinggi protein
  • 7 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada ku
  • Garam
  • Air

Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele:

  1. Siapkan fillet lele, lalu blender dgn sedikit air untuk dihaluskan
  2. Uleg bawang putih hingga halus, siapkan wadah campur lele, bawang putih, tepung tapioka, tepung terigu, lada, garam. Uleni hingga kalis sambil beri air perlahan
  3. Lalu masukan kedalam plastik/wadah untuk dikukus – +30mnt
  4. Angkat dari dandang, lalu iris*sesuai selera dan jabarkan di wadah
  5. Keringkan dibawah sinar matahari
  6. Setelah kering siap digoreng dan disajikan

6.Resep Kerupuk Ikan Teri

Bahan-bahan:

  • Ikan teri wader sebanyak kurang lebih 5 kg
  • Tepung terigu sebanyak kurang lebih 2,5 kg
  • Bawang putih sebanyak kurang lebih 15 siung lalu kita haluskan
  • Garam halus sebanyak kurang lebih 30 gr
  • Vetsin sebanyak kurang lebih 2 sendok teh
  • Minyak gorang sebanyak secukupnya saja yang penting dapat merendam adonan kerupuk saat menggoreng.

Cara Membuat Kerupuk Ikan Teri:

  1.  Pertama — tama Sebelum ikan teri kita olah, sortir dulu ikan teri wader, kemudian kita cuci ikan teri sampai bersih dengan menggunakan air bersih, agar menghilangkan kotoran.
  2. Lalu itu kita campurkan ikan teri wader dengan bumbu bawang putih, garam secukupnya saja, dan juga vetsin, lalu kita diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu bisa meresap ke dalam ikan teri dan campuran tadi.
  3.  Selanjutnya, kita masukan ikan teri wader yang sudah dicampur bumbu ke dalam tepung terigu sampai ikan teri tadi terselimuti oleh tepung terigu, kemudian kita pukulkan ke dalam tepung terigu tapi jngan terlalu keras agar tepung terigu yang menempel tidak terlalu banyak.
  4.  Setelah semua ikan teri sudah diselimuti dengan tepung terigu, kemudian kita goreng ikan teri wader ke dalam miyak goreng yang sudah panas uahakan minyak yang digunakan panas agar ikan teri amatang dengan sempurna sampai berwarna kecoklatan. Setelah ikan teri terlihat kecoklatan, kemudian ikan teri kita tiriskan, agar minyaknya cepat kering dan atus.
  5. Kerupuk ikan teri siap di sajikan.

 

Demikianlah artikel yang telah saya buat semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

× Whatsapp Kami!