Select Page

Siapa yang tidak suka dengan kerupuk bawang. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep kerupuk bawang yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

Tahukan anda apa itu bawang, barang (Allium cepa var ascalonicum) adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utara, dan kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis

A.Pengertian Bawang

Bawang Putih (garlic), gambar: www.iefimerida.gr

Bawang merupakan istilah umum bagi sekelompok tumbuhan penting bagi manusia yang termasuk dalam genus Allium. Umbi, daun, atau bunga bawang dimanfaatkan sebagai sayuran atau sebagai rempah-rempah, tergantung bagaimana kita memandangnya.Simaklah artikel ini saya akan membuat resep kerupuk bawang.

B. Jenis Bawang  yang Mungkin Diantaranya Belum Kita Ketahui.

1. Shallot ( di Indonesia dikenal Bawang Merah)

Bawang merah (Allium cepa var ascalonicum (L) Back) merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis. Umbi bawang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur.

Karakteristik Bawang Merah:

  • Penampakan Shallot: Bawang Merah tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. bawang merah barat, berukuran kecil, ramping dan ringan dengan kulit tipis berwarna merah muda-jingga dan daging berwarna keunguan. Untuk bawang merah di Asia, ukurannya lebih kecil dari bawang merah barat atau sangat kecil dan dagingnya berwarna ungu gelap.
  • Rasanya: lebih ringan dalam rasa dari Red Onion, tapi lebih tegas dari Bawang Bombai, dengan sedikit rasa bawang putih.
  • Ketersediaan: Tersedia sepanjang tahun
  • Cara Menggunakan: Iris tipis dan goreng untuk taburan bumbu masak, mie, kari, bubur, atau goreng telu dan lainnya.

2. Red Onion

Red Onion atau dikenal sebagai Bawang Merah besar ini memiliki ukuran lebih besar dari bawang merah/shallot, dan memiliki daging tebal layaknya bawang bombai. Bahkan bawang merah besar ini memiliki aroma paling tajam dibanding bawang jenis lain dan memili rasa pedas.

Karakteristik Bawang Merah Besar:

  • Penampakan Red Onion: Bentuknya seukuran bola golf hingga softball (bola kasti), dengan daging merah marun terang dan merah, kulit tipis gelap.
  • Rasa: Tegas dan pedas ketika mentah, dan masih terasa kuat, tapi manis, ketika dimasak.
  • Ketersediaan: Tersedia sepanjang tahun
  • Cara Memanfaatkannya: Biasanya digunakan sebagai topping burger atau salad pizza.

3. Bawang Bombai (Yellow Onion)

Adalah jenis bawang yang paling banyak dan luas dibudidayakan, dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan, berbentuk bulat besar dan berdaging tebal dan memiliki aroma yang khas bila dibanding dengan bawang merah biasa, umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu.

Karakteristik Bawang Bombai:

  • Penampakan Yellow Onion: Bentuknya seukuran bola golf, dengan daging kuning muda dan keemasan, serta memiliki kulit tipis.
  • Rasa: Tegas ketika mentah, sangat manis ketika dimasak.
  • Ketersediaan: Bawang Bombai tersedia sepanjang tahun
  • Cara Memanfaatkannya: Bawang kuning/Bombai ideal untuk memasak sup, semur dan rebus.

4. Sweet Onion

Sweet Onion atau dikenal dengan nama Vidalias karena tumbuh subur di kota Vidalia, Georgia. Vidalias adalah jenis yang paling umum dari bawang manis. Bawang ini kurang tajam, rasanya benar-benar manis sehingga ada yang menyebutnya Potato Onion.

Karakteristik Sweet Onion:

  • Penampakan Sweet Onion: Bentuknya meruncing di batang dan akar, dan lebar bagian tengah, kulit kuning muda tipis.
  • Rasa: Sangat manis dan renyah, cocok untuk dimakan mentah
  • Ketersediaan: Bawang ini biasanya tersedia sekitar akhir April hingga awal September di Amerika.
  • Cara Memanfaatkannya: Biasanya digunakan sebagai salad.

5. White Onion

Banyak yang tidak mampu membedakan bawang bombai (Yellow Onion) dengan White Onion karena selain bentuknya sama, warnanya agak mirip.

Karakteristik White Onion:

  • Penampakan White Onion: Bentuknya seukuran bola baseball hingga softball, dengan daging putih, serta memiliki kulit tipis cerah.
  • Rasa: Lebih ringan dibanding Bawang Bombai, dan bisa dimakan mentah.
  • Ketersediaan: Tersedia sepanjang tahun
  • Cara Memanfaatkannya: Karena tekstur renyah dan rasa ringan, bawang putih sering disajikan untuk salad, diiris tipis pada sandwich,, atau ditaburkan pada pizza.

6. Garlic (di Indonesia dikenal Bawang Putih)

Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Karakteristik Bawang Putih:

  • Penampakan Garlic: Bentuknya unik disebut bulb onion karena bergelembung yang yang dikupas terdiri dari beberapa siung bawang tunggal.
  • Rasa: Tegas ketika mentah, lengket dan gurih ketika dimasak.
  • Ketersediaan: Tersedia sepanjang tahun
  • Cara Memanfaatkannya: Dapat digunakan untuk bumbu masak berupa sop, tumis maupun sayur serta telah terbukti sebagai obat.

7. Pearl Onion

Bawang mutiara memiliki beberapa varietas warna mulai dari kuning, merah, dan putih yang paling banyak ditemukan.

Karakteristik Bawang Mutiara:

  • Penampakan Pearl Onion: Bentuknya unik dan lucu tampak seperti bawang merah/shallot biasa tapi lebih rapi dan seperti mutiara.
  • Rasa: Lebih ringan dan lebih manis dari bawang biasanya
  • Ketersediaan: Tersedia sepanjang tahun
  • Cara Memanfaatkannya: mengupas kulit bawang mutiara segar agak sulit, untuk melakukannya dengan cepat dan mudah adalah merebus nya terlebih dahulu dalam air panas, kemudian mengupasnya. Bawang mutiara biasanya dimasak untuk acar dan koktail.

8. Cippolini Onion

Merupakan bawang berbentuk cakram atau piring terbang yang sedikit kuning, mengingatkan pada pesawat pengunjung dari luar angkasa alias alien. Jenis bawang ini sekali dihidangkan di restoran mewah, tapi saat ini cukup banyak tersedia di supermarket besar.

Karakteristik Bawang Cippolini:

  • Penampakan Cippolini Onion: Bentuknya unik seperti piring terbang sedikit lebih besar dari bawang mutiara dan memiliki kulit kuning pucat.
  • Rasa: sangat manis
  • Ketersediaan: Tersedia sepanjang tahun
  • Cara Memanfaatkannya: mengupas kulit bawang Cippolini termasuk yang sulit, perlu pisau untuk memotong terlebih dahulu bagian bawahnya/akar, kemudian mengupasnya seperti pada bawang bombai. Bawang ini juga mengandung kadar gula yang tinggi sehingga rasa manis cocok untuk tumisan seperti jamur dan kacang.

9. Green Onion atau Scallions 

Salah satu bawang paling serbaguna di dunia, daun bawang panjang dan tipis, biasanya tidak lebih gemuk dari jari tangan. Rasanya manis dan ringan dapat digunakan dalam keadaan mentah atau dimasak.

Karakteristik Bawang Daun:

  • Penampakan Scallions: Bagian bawah berwarna putih cerah dan di bagian puncak hijau gelap, daun bawang biasanya dijual secara kelompok/ikat.
  • Rasa: lembut, renyah dan juicy pada waktu yang sama. warna hijau tua dibagian puncaknya cenderung memiliki sedikit lebih menggigit.dan yang terbaik digunakan sebagai aksen, seperti yang Anda lakukan daun bawang segar atau peterseli.
  • Ketersediaan: Tersedia sepanjang tahun
  • Cara Memanfaatkannya: Dapat digunakan untuk bumbu masak berupa sop, tumis maupun sayur atau untuk telor kocok. Sama halnya dengan bawang putih dan jahe, bawang daun sangat diperlukan untuk tumisan.

10. Kucai (Garlic Chives)

Sesuai namanya Garlic Chives, Kucai memiliki sedikit aroma dan rasa seperti bawang putih/garlic. Namun dalam bentuk daun yang jika dibandingkan dengan bawang daun/Scallions lebih pipih serta memiliki bunga berwarna putih.

Karakteristik Kucai:

  • Penampakan Kucai: Bagian bawah berwarna kehijau-hijauan dan di bagian puncak daunnya hijau, namun yang dijual biasanya bagian daunnya saja yang berukuran lebih pipih dari bawang daun biasa.
  • Rasa: rasanya lebih ringan dari bawang daun
  • Ketersediaan: Tersedia sepanjang tahun
  • Cara Memanfaatkannya: Dapat digunakan untuk bumbu masak seperti tumisan, misal tumis oncom kucai dan toge.

Setiap jenis bawang, baik itu bawang merah, putih ataupun bawang daun memiliki aroma yang tajam dan unik, sangat cocok sebagai penyedap rasa masakan. Namun tak hanya sebagai penyedap rasa, semua jenis bawang memiliki nutrisi penting yang memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh manusia.

C. Manfaat Bawang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia:

1. Melawan Kanker

Radikal bebas yang berlebih dikenal mendorong percepatan penyebaran kanker. Bawang mengandung sejumlah zat baik yang larut dalam air antioksidan berupa vitamin C serta jenis flavonoid yang disebut quercetin, yang juga memiliki sifat antioksidan kuat. Secara kolektif, vitamin C dan quercetin membantu melindungi sel-sel tubuh, jaringan, dan organ dari radikal bebas. Selain itu, bawang putih mengandung sulfur alami yang disebut senyawa organosulfur yang memiliki efek anti-kanker yang kuat.

2. Regulator Gula Darah

Senyawa organosulfur yang terkandung dalam bawang memainkan peran penting dalam regulasi insulin dengan cara mengontrol tingkat glukosa darah (gula). kontrol ketat gula darah adalah salah satu strategi yang paling penting untuk pencegahan dan pengobatan diabetes. Bawang juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin biotin yang larut dalam air, yang selanjutnya meningkatkan kadar gula darah yang sehat. Hal ini terutama karena biotin sangat penting untuk pelepasan insulin.

3. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi dan formasi plak yang dihasilkan di arteri sangat meningkatkan risiko penyakit jantung dan komplikasi terkait seperti serangan jantung dan stroke. Bawang telah terbukti efektif menurunkan kolesterol dan mencegah formasi plak di arteri. Efek penurun kolesterol dari bawang yang sebagian besar disebabkan oleh adanya quercetin, telah terbukti menghambat LDL (“buruk”) sebagai akumulasi kolesterol di dinding arteri.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi sangat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal. Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa, karena kehadiran besar quercetin, rutin makan bawang bisa efektif menurunkan tekanan darah pada penderita yang didiagnosis hipertensi atau tekanan darah tinggi batas. Quercetin merangsang pelebaran pembuluh darah sedemikian rupa yang mempromosikan aliran darah yang sehat sehingga mengurangi tekanan darah.

5. Membantu Metabolisme

Biotin yang terkandung dalam bawang membantu dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Dengan demikian, mampu sangat meningkatkan metabolisme tubuh secara keseluruhan dengan memasukkan bawang ke dalam daftar asupan diet harian. Semakin tinggi metabolisme, semakin banyak kalori akan terbakar saat istirahat dan selama kegiatan fisik sehari-hari. Makan bawang juga dapat mengurangi kecenderungan tubuh untuk menyimpan lemak dengan meningkatkan karbohidrat dan lemak yang digunakan sebagai energi.

D.Resep Kerupuk Bawang

Hasil gambar untuk gambar kerupuk bawang

1.Resep Kerupuk Bawang Seblak Kering 

Bahan-bahan:

  • 300 gr krupuk bawang Finna (5 bungkus @60gr)
  • 1/2 liter minyak goreng
  • Bumbu tabur
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 siung kencur (bisa ditambah karna aku kurang suka kencur)
  • Bubuk bawang putih (bisa goreng sendiri ya)
  • 1/2 sdm bumbu penyedap (masako)
  • 2 bungkus boncabe lvl 15

Cara Membuat Seblak Kering Kerupuk bawang:

  1. Rendam krupuk selama 1 jam dg minyak goreng, krupuk bener2 terendam ya bun (kalo mau lebih lama merendamnya jg bisa)
  2. Siapkan bumbu Tabur, iris tipis kencur dan daun jeruk lalu digoreng sampai kering
  3. Tumbuk daun jeruk dan kencur yg sudah digoreng ke dalam plastik (aku pake plastik es batu) setelah halus campurkan semua bahan bumbu tabur diplastik
  4. Setelah 1 jam perendaman, goreng krupuk dg api sedang di osreng2 jangan sampe gosong
  5. Tiriskan lalu masukkan ke wadah dan campurkan dg bumbu tabur.

2.Resep Kerupuk Bawang Seblak Samyang Sosis Ayam 

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus mie Samyang
  • Kerupuk bawang mentah
  • Dada ayam
  • 2 buah sosis ayam
  • Telur ayam
  • 1 siung bawang putih
  • Bawang merah
  • Teh penguat rasa
  • 1/2 botol Bon Cabe level 30 (sesuai selera)
  • secukupnya Air

Cara Membuat Seblak Samyang Sosis Ayam Kerupuk Bawang:

  1. Siapkan bahan dan bumbu
  2. Rebus mie samyang hingga setengah matang, angkat dan tiriskan.
  3. Potong sosis dan dada ayam, serta bahan pelengkap tambahan seperti sayur dan sebagainya, sesuai selera.\
  4. Haluskan bawang putih dan bawang merah, goreng hingga harum dengan api kecil.
  5. Campurkan dan goreng daging dada ayam dan sosis ke dalam bumbu bawang hingga setengah matang. Sisihkan ke bagian setengah panci, goreng telur ayam di sisi yang kosong dan orek kasar.
  6. Masukkan air secukupnya hingga bahan terendam dengan baik, rebus hingga menghangat, kemudian masukkan kerupuk bawang dan masukkan penguat rasa, bumbu bumbu pelengkap, serta mie Samyang. Aduk dan rebus hingga air kaldu menyusut
  7. Tuang seblak ke wadah, taburi bahan taburan wijen dan rumput laut kering yang telah terkemas di dalam mie Samyang. Santap selagi hangat.
  8. Selamat menikmati!

3.Resep Kerupuk Bawang Wortel

Bahan-bahan:

  • 125 gram terigu protein sedang
  • Tepung sagu/tapioka
  • Wortel, parut
  • 5 siung bawang merah, parut
  • 2 butir kuning telur
  • 1 sdt Garam
  • secukupnya Air

Cara Membuat Kerupuk Bawang Wortel:

  1. Campur dan aduk rata: terigu, sagu, wortel, bawang merah, kuning telur, garam.
  2. Uleni hingga kalis. Kalau perlu tambahkan air sedikit demi sedikit saja, SEPERLUNYA HINGGA KALIS. Bisa jadi ngga perlu tambahan air karena kelembaban wortel berbeda-beda. Dan jangan terlalu diuleni biar kerupuknya ngga alot.
  3. Gilas tipis adonan. Kalau pakai mesin gilingan pasta, giling yang paling tipis trus potong pakai mode pasta fetucine. Nah berhubung aku ngga punya gilingan, aku tipiskan adonan, trus aku potong kotak-kotak, trus aku tipisin lagi.
  4. Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng hingga agak kaku, kemudian balik dan lanjutkan menggoreng hingga matang. Tiriskan.
  5. Setelah dingin, masukkan dalam wadah kedap udara agar terjaga kerenyahannya.

4.Resep Kerupuk Bawang Nasi

Bahan-bahan:

  • 1 Piring nasi sisa
  • Tepung kanji
  • 15 Siung bawang putih
  •  Royco
  •  Ketumbar bubuk
  •  Garam
  • Sesuai selera Pewarna Sumbo

Cara Membuat Kerupuk Bawang Nasi:

  1. Rendam nasi selama 1 jam, lalu blender nasi bersama bawang putih
  2. Siapkan wadah masukkan adonan nasi kedalam baskom, campurkan semua bahan,tambahkan sedikit demi sedikit tepung kanji lalu uleni sampai bisa di bentuk kemudian olesi pewarna Sumbo sesuai selera
  3. Lalu rebus sampai matang kalau sudah mengembang lalu angkat taruh di baskom kemudian diamkan selama 1H
  4. Iris tipis-tipis jemur sampai kering
  5. Kemudian goreng,, selamat mencoba

5.Resep Kerupuk Bawang Nasi Pedas

Bahan-bahan:

  • Nasi
  • Sagu
  • Bawang putih
  • 10 buah cabe rawit merah
  • 3 sdt garam (disesuaikan selera)
  • 50 ml Air
  • Pewarna makanan

Cara Membuat Kerupuk Bawang Nasi Pedas:

  1. Haluskan nasi dengan air sampai menjadi bubur dan lembut
  2. Kemudian haluskan cabe, bawang putih, serta garam, lalu masukan pada adonan nasi. Lalu masukan sagu
  3. Aduk rata hingga kalis dan bisa di bentuk
  4. Ambil ¼ bagian adonan untuk diberi pewarna makanan.
  5. Membuat motif kerupuk pertama
  6. Sedikit adonan, dan buat memanjang
  7. Adonan putih, lalu pipihkan, lalu taruh di tengah, dan gulung, lalu padatkan.
  8. Lalu bagian luar beri motif kembali seperti gambar.
  9. Membuat motif kerupuk kedua
  10. Pipihkan adonan putih dan hijau, lalu tumpuk seperti gambar. Setelah itu gulung dan padatkan
  11. Hasil seluruh adonan yg sudah dibuat motif, siap di rebus selama 1 jam.
  12. Jika sudah kering, kerupuk siap untuk di iris tipis setebal 1 milimeter, atau setipis mungkin yg bisa di potong.
  13. Jemur dibawah terik matahari sampai kering garing dan warnanya menjadi lebih transparan seperti kaca.

6.Resep Kerupuk Bawang Rumahan

Bahan-bahan:

  • Tepung tapioka boleh diganti cornstarch
  • 150 gr sisa nasi (sayang kalau dibuang)
  • 2 siung bawang putih
  • Garam/penyedap
  • Daun bawang
  • Air

Cara Membuat Kerupuk Bawang Rumahan:

  1. Pertama- tama, tepung, air, garam, daun bawang semua di campur sehingga jadi adonan yang kalis. Air nya ditambahkan sedikit demi sedikit saja, jangan sampai kebanyakan.
  2. Bila sudah kalis, adonan dibentuk bulat memanjang supaya nanti bisa dipotong bentuk seperti kerupuk.
  3. Jika sudah, kukus atau direbus hingga matang kurleb 30 menit. Angkat,dinginkan taruh dikulkas 24 jam jika ingin mudah untuk dipotong.
  4. Taruh di loyang/tampah potongan tersebut. Jemur 2 hari. Kebetulan ditempat aku lg winter jadi bisa dioven dengan suhu rendah sekitar 170 Fahrenheit selama 3 jam.
  5. Kerupuk sudah jadi dan siap untuk digoreng atau disimpan dan dimakan sewaktu waktu

7.Resep Kerupuk Bawang Nasi Aroma

Bahan-bahan:

  • 2 porsi nasi
  • Sagu tani
  •  Garam
  •  Air matang
  • Minyak goreng
  • Penyedap rasa bubuk
  • Terasi
  • Bawang putih
  • Air untuk merebus

Cara Membuat Kerupuk Nasi Aroma Bawang Putih:

  1. Nasi lebih yang masih bagus diulek/tumbuk aga halus. Letakkan di baskom
  2. Haluskan : garam + bawang putih + terasi
  3. Campur bumbu halus ke nasi yang sudah ditumbuk tadi + penyedap rasa + 5 sendok sagu tani Uleni sampe kalis + air dikit klo masih lembek tambah sagu lagi uleni hingga kalis dan adonan bisa dibentuk
  4. Setelah adonan sudah dibentuk. Panaskan air + 1 sendok minyak goreng. Masukan adonan kedalam panci rebus, rebus hingga adonan mengambang. Angkat. Letakkan dalam wadah.
  5. Masukkan kedalam kulkas suhu biasa jangan di frezer nya ya. Kirakira 10 jam deh kayanya
  6. Jika sudah mulai aga mengeras keluarkan dari kulkas. Iris iris tipis adonan tersebut. Yang telaten ya tipiiiis banget. Jejer di tampah/nampan
  7. Calon kerupuk yang sudah di iris tipis dijemur dipanas yang terik banget. Aku jemurnya smpe 2 hari.
  8. Kerupuk yang sudah dijemur dan kering bisa disimpan di wadah kering dan siap untuk di goreng
  9. Selamat mencoba enak deh.

Demikianlah artikel yang telah saya buat semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

× Whatsapp Kami!