Select Page

Siapa yang tidak suka dengan keripik singkong . Keripik gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika sedang minum kopi,susu dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep keripik singkong balado yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan- bahan yang mudah didapatkan.

Umbi-umbian Singkong dengan nama latin Manihot esculenta merupakan tumbuhan jenis umbi akar atau akar pohon yang panjang fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari jenis singkong yang ditanam. Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan.

Pengertian Singkong

Hasil gambar untuk pengertian singkong

Singkong  adalah singkong varietas unggul dari Kalimantan Timur yang dapat berproduksi hingga 40 kg per pohon. Singkong gajah dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, tetapi tidak dapat tumbuh baik di daerah rawa atau yang terus menerus sering tergenang air.Singkong juga dapat dibuat keripik singkong.
Dengan pertumbuhan yang normal, pohon singkong gajah dapat mencapai tinggi 4 sampai dengan 5 meter. Ditemukan oleh Professor Ristono, guru besar Universitas Mulawarman, pada tahun 2006.
 lalu dikembangkan pada tahun 2008. Produksi rata-rata Singkong Gajah segar jenis ini per hektar adalah 120 ton, Umur tanaman 10 bulan sudah dapat dipanen.

Jenis Singkong yang Enak Untuk Membuat Keripik Singkong:

1.Singkong Manggu

Adalah singkong yang berasal dari jawa barat dan sudah lama dikenal oleh masyarakat, singkong yang satu ini memiliki diameter sekitar 4 hingga 5 cm. singkong manggu bisa di oleh menjadi berbagai jenis makanan karena rasa nya yang enak dan manis. Singkong manggu ini mudah untuk di tanam, mudah dikupas, renyah dan daging nya juga empuk, dan kadar pati nya juga cukup tinggi.

2.Singkong Menterga atau Singkong Kuning

Dapat  disebut dengan singkong kuning karena warna singkong nya memang lebih kuning di bandingkan dengan yang lain nya, banyak orang yang menyukai singkong mentega karena singkong ini memiliki rasa yang lebih legit dan kenyal di bandingkan singkong lain nya. Keripik singkong yang terbuat dari singkong mentega akan memiliki tampilan yang lebih bagus dan cantik serta menggugah selera. Ketika digunakan untuk membuat tape juga rasa nya lebih enak dan manis.

3.Singkong Gajah

Singkong gajah berasal dari Kalimantan timur dan memiliki umbi yang besar dengan diameter 8 cm.

4.Singkong Putih

Memiliki tekstur yang lebih keras dan memiliki warna yang putih, singkong ini memang cocok untuk di rebus atau di kukus dalam pengolahan nya, seperti dalam membuat kolak singkong.

5.Singkong Mukibat

Singkong yang satu ini merupakan hasil dari percobaan seseorang yang memadukan antara singkong biasa dengan singkong karet, singkong ini adalah perpaduan okulasi kedua nya, dan ternyata hasil nya cukup bagus karena singkong ini bisa digunakan untuk di ambil pati nya dan di olah menjadi bieotanol.

6.Singkong Emas

Merupakan salah satu dari percobaan antara singkong karet lokal dengan singkong Thailand, umbi yang satu ini pertama kali di kenalkan di daerah Bengkulu dan di tanam oleh petani Bengkulu. Singkong yang satu ini bisa di oleh dengan untuk berbagai jenis makanan seperti tepung terigu, spirtus, bahan pembuatan jamu, minyak kompor hingga pakan ternak.

Klasifikasi Tanaman singkong

Klasifikasi tanaman singkong adalah sebagai berikut:
Kingdom : Plantae atau tumbuh-tumbuhan
Divisi : Spermatophyta atau tumbuhan berbiji
Sub Divisi: Angiospermae atau berbiji tertutup
Kelas : Dicotyledoneae atau biji berkeping dua
Ordo : Euphorbiales
Famili : Euphorbiaceae
Genus : Manihot
Spesies : Manihot utilissima Pohl.; Manihot esculenta Crantz sin.
Tumbuhan singkong (Manihot esculenta) merupakan tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat alternative selain sebagai sayuran atau makanan yaitu sebagai yaitu obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, bisul, dan bisa meningkatkan stamina.
Sumber artikel diatas dari Dunia Tumbuhan

Kandungan Singkong dan Daun Singkong

Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, pakar tanaman obat efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah napsu makan. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi.
Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun singkong mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.
Karena kandungannya itulah tanaman singkong sejak zaman dahulu dijadikan sebagai tanaman obat alternatif untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Manfaat Singkong dan Daun Singkong 

1. Melancarkan pencernaan

Singkong merupakan umbi yang banyak sekali mengandung Insoluble Fiber atau Serat yang Tidak Larut dalam Air. Serat jenis ini berfungsi memperlancar proses buang air besar, serta mampu nyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan Anda menjadi sehat.

2. Mengobati sakit kepala

Anda dapat memanfaatkan daun singkong untuk mengobati sakit kepala. Caranya yaitu coba sekali kali kompres dengan daun singkong. Ambillah beberapa lembar daun. Lalu tumbuklah sampai halus. Setelah itu kompreskan pada bagian yang dirasa sakit.

3. Untuk mengobati diare

Daun singkong ternyata juga mampu mengobati diare. Caranya yaitu rebuslah daun singkong di air kira kira 900 cc, lalu biarkan sampai tinggal separonya atau 450 cc. Kemudian saring daun tersebut hingga menjadi separonya lagi. Kemudian minumlah 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.

4. Mencerdaskan otak

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa di dalam daun singkong ada berbagai kandungan asam amino yang diperlukan tubuh baik untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan kulit dan tulang, meningkatkan daya ingat, kinerja otak dan metabolisme asam amino lain. Dalam kaitan mencerdaskan otak ada beberapa asam amino yang terkandung dalam daun singkong yaituasam glutamik, phenilalanin, tirosin dan triptophan.

5. Obat Luka Bernanah dan Terbakar

Mengatasi luka bernanah, batang singkong segar ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk luka garukan, singkong diparut lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan diperban.
Obat luka karena terkena benda panas, singkong diparut lalu diperas. Airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap, lalu patinya dioleskan pada bagian yang luka.

6. Mengatasi Rematik

Pada pemakaian luar, sebanyak lima lembar daun singkong, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya, dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Setelah diaduk, ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.
Untuk pemakaian dalam, 100 gram batang singkong, satu batang sereh, dan 15 gram jahe direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu, disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

7. Obat Cacingan

Dapat mengobati cacingan pada anak-anak, caranya ambil 60 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun ketepeng cina direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur. Mengatasi beri-beri, 200 gram daun singkong dimakan sebagai lalap.

8. Meningkatkan Stamina

Untuk meningkatkan stamina, 100 gram singkong, 25 gram kencur, dan lima butir angco (kurma merah, beli di toko obat/makanan china) yang telah dibuang bijinya, diblender dengan menambahkan air secukupnya. Lalu tambahkan madu dan diminum.

9. Manfaat lain dari singkong:

  • Daun singkong dapat gunakan sebagai obat penambah darah karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi.
  • Air perasan umbi dapat mengobati luka pada lambung, karena fungsinya sebagai antibiotik. Sedangkan pada penderita panas dalam air perasan umbi singkong tersebut dapat mendinginkan daerah pencernaan.
  • Umbi singkong juga dapat dipakai sebagai obat panas dalam dengan cara diparut terlebih dahulu dan diambil air perasannya.

Kandungan nutrisi 

Seperti halnya dengan ubi jalar, singkong juga sangat tinggi mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Singkong menyediakan Energi sebesar 160 Kcal, jumlah Karbohidrat 38.06 g, Protein 1,36 g 2,5, Total Lemak 0.28 g, Kolesterol 0 mg, dan Serat 1,8 g. Berikut kandungan gizi per 100g singkong mentah menurut USDA:

a.Vitamin:

Kandungan vitamin tertinggi ubi kayu adalah Folat (vitamin B9) 27 mg, Vitamin C 20,6 mg, dan K 1,9 mg. Selebihnya adalah Niacin 0.854 mg, Pyridoxine 0.088 mg, Riboflavin 0.048 mg, Thiamin 0,087 mg, Vitamin A 13 IU <, dan Vitamin E 0,19 mg.

b.Mineral:

Sodium 14 mg, Kalium 271 mg, Kalsium 16 mg 1,6, Zat Besi 0,27 mg, Magnesium 21 mg, Mangan 0,383 mg, Fosfor 27 mg, dan Zinc 0.34 mg.

Manfaat bagi kesehatan 

a.Sumber energi:

Hal ini mungkin yang tertinggi dari setiap umbi tropis yang kaya pati. 100 g ubi kayu menyediakan 160 kalori, terutama berasal dari sukrosa yang membentuk sebagian besar gula pada umbi-umbian, yang total terhitung lebih dari 69 % dari total gula. Gula kompleks amilosa lainnya adalah sumber karbohidrat utama yaitu sekitar 16-17 %. Dengan demikian, singkong bisa sebagai makanan alternatif selain nasi untuk mendapatkan cukup energi bagi tubuh kita.

b.Mengandung Serat dan 0 kolesterol:

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat akan sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan membantu pencernaan. Rendahnya lemak dan kolesterol, yang ditambah dengan kandungan serat, membuat singkong juga baik untuk mencegah resiko obesitas.

c.Mengandung protein:

Singkong sangat rendah lemak, juga lebih rendah protein jika dibanding dengan sereal dan kacang-kacangan. Meskipun demikian, makanan yang murah meriah ini mengandung lebih banyak protein, jika dibandingkan dengan sumber makanan lainnya seperti ubi, kentang, pisang, dll. Protein tertinggi terutama terdapat dalam daun singkong yang juga tinggi manfaatnya bagi kesehatan.

d.Bebas gluten:

Seperti halnya umbi-umbian lain, ubi kayu juga bebas gluten. Pati singkong yang bebas gluten digunakan sebagai makanan khusus untuk pasien penyakit celiac dan autisme.

e.Sumber vitamin K:

Vitamin K berperan potensial dalam membangun massa tulang dengan cara mempromosikan aktivitas osteotrophic dalam tulang. Selain itu, vitamin ini juga berguna dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan cara membatasi kerusakan saraf di otak.

f.Sumber vitamin B:

Singkong merupakan sumber yang cukup baik dari beberapa vitamin B-kompleks, seperti folat, thiamin, piridoksin (vitamin B – 6), riboflavin, dan asam pantotenat. Vitamin B Kompleks adalah vitamin esensial yang harus diperoleh setiap hari dari makanan, yang sangat penting bagi kesehatan secara menyeluruh.

g.Magnesium dan Tembaga:

Makan Singkong akan membantu Anda untuk mendapatkan asupan magnesium dan tembaga lebih banyak lagi. Diet makanan yang kaya magnesium akan meningkatkan kesehatan seumur hidup, menurunkan tekanan darah, serta mengurangi risiko osteoporosis. Mineral penting lain yang bisa diperoleh dari makan singkong adalah mangan, zat besi, serta seng.

h.Tinggi Kalium:

Selain itu, ubi kayu juga menyediakan kalium yang cukup baik (271 mg per 100g, atau 6 % dari kebutuhan setiap hari). Kalium merupakan senyawa penting dari sel dan cairan tubuh yang bermanfaat untuk membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah.
sumber artikel diatas dari Alas kaki.
Berikut ini saya akan membuat resep keripik  singkong .

A.Resep Keripik Singong Balado

1.Resep Keripik Singkong : Balado Enak

Bahan-bahan:

  • 1 kg ubi singkong
  • 200 gram cabe merah
  • 300 gram gula merah (tergntung selera jika ingin manis)
  • 1 sendok garam
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Bon cabe (optional)
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah Membuat Keripik Singkong Balado Enak:

  1. Kupas dan cuci ubi kemudian potong2 hingga tipis (bisa pake alat untuk keripik)
  2. Goreng hingga menguning, angkat tiriskan
  3. Haluskan cabe bawang dan beri gula merah koreksi rasa, dingin sambal.
  4. Setelah dingin campurkan ubi singkong dan sambal hingga merata.
  5. Bisa ditambahkan bon cabe sesuai selera aja ya
  6. Sajikan

2.Resep Keripik Singkong: Balado Pedas

Bahan-bahan:

  • 3 batang singkong sedang
  • bumbu halus :
  • 5 buah cabai merah besar
  • 2 sisir gula merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 siung bangput
  • 3 sdm gulpas
  • Penyedap rasa
  • 3 sdm air
  • secukupnya minyak goreng

Langkah Membuat Keripik Singkong Balado Pedas:

  1. Kupas singkong lalu cuci bersih dan potongan 2 tipis singkong biar tdk berubah warna saat memotongnya langsung taruh potongan sing kedalam air
  2. Goreng singkong sampai matang biasanya pinggiran y berubah coklat jgn terlalu besar api yg digunakan sedang2 saja biar tdk cepat gosong.
  3. Tumis semua bumbu halus hingga matang dan beri sedikit air… Jgn banyak2 yah buunn fungsi air hanya agar gula tdk gosong dan matikan kompor
  4. Saat semua kripik sudah matang digoreng masukkan kedalam bumbu tadi aduk2 hingga rata nyalakan api kecil saja lalu aduk sebentar dan matikan. Kripik singkong siap disantap.

3.Resep Kripik Singkong Balado:Manis

Bahan-bahan:

  • 1 kg singkong
  • 5 buah bawang putih
  • 30 cabe merah
  • 1 sdm soda kue
  • 3 sdm cuka
  • 1/2 sdm micin
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdm gula merah
  • 1 sdmgaram

Langkah Membuat Keripik Singkong Balado Manis:

  1. Kupas singkong terlebih dahulu
  2. Iris tipis tipis singkong
  3. Lalu rendam dengan air dan soda kue selama 20menit
  4. Tiriskan, goreng garing sambil memblender cabai dan bawang putih, setelah selesai
  5. Masak cabai yang telah dihaluskan
  6. Masukan semua bumbu
  7. Jika sudah matang matikan api lalu masukan singkong yang telah di goreng, aduk hingga merata sambalnya

4.Resep Keripik Singkong Balado : Pedas Manis

Bahan-bahan:

  • 1 kg singkong
  • Garam
  • Bumbu:
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 21 cabai merah keriting
  • 11 cabai setan/rawit
  • 10 sdm gula pasir
  • Secukupnya garam dan minyak goreng
  • Sedikit air

Langkah Membuat Keripik Singkong Balado Pedas Manis:

  1. Kupas singkong lalu potong potong tipis lakukan hingga habis cuci hingga bersih lalu rendam dengan air dan garam selama setengah jam setelah itu cuci kembali dan beri air jika mau menggoreng tiriskan singkong goreng menggunakan minyak panas api sedang hingga matang renyah lalu angkat tiriskan lakukan hingga habis taruh di atas tisu atau kertas agar menyerap minyak sisihkan.
  2. Haluskan blender semua bumbu kecuali garam dan gula beri sedikit air.
  3. Tumis hingga harum lalu beri garam dan gula pasir tes rasa masak hingga kental sisihkan tunggu hingga dingin lalu masukkan kripik yang sudah digoreng aduk hingga tercampur rata lalu simpan dalam toples atau wadah kedap udara siap dinikmati.

5.Resep Keripik Singkong Balado :Asin Manis

Bahan-bahan:

  • 2 kg singkong
  • 3 butir bawang putih
  • 1/4 bawang bombay
  • 2 sdt baking soda/air kapur sirih
  • 1 bulat kecil gula merah
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 sachet kecil royco
  • air tuk merendam
  • 7 atau 8 cabe merah besar
  • tergantung selera pedas level anda masing 2
  • 1 ibu jari asam jawa

Langkah membuat keripik singkong Balado asin manis:

  1. Kupas singkong iris halus atau parut Lalu rendam dalam mangkok yang sudah diberi air dan baking soda/kapur sirih selama 20 menit
  2. Tiriskan dan mulai goreng,saya bagi 2 bagian yang 1untuk anak2,jadi yang sesudah digoreng semua lalu saya taburi garam dan gula pasir secara bersamaan dan saya aduk dgn menggunakan tangan perlahan supaya tidak hancur keripik nya.
  3. Ambil cabe,bombay,garam,gula jawa dan gula pasir,asem jawa,tambahkan air sedikit dan blender
  4. Kemudian panaskan wajan dan masukkan bahan yang diblender tadi dan tambahkan gula pasir sesuai selera yg doyan pedas manis sampai agak mendidih.
  5. Lalu masukkan bahan keripik singkong yg telah digoreng terlebih dahulu yg anda pisahkan untuk disambel.masukkan perlahan dan aduk sampai merata.
  6. Sesudah itu anda. Icip kalau kurang manis atau kurang garam,aduk merata semua keripik nya dan diamkan sampai dingin sebelum masuk toples.. Selamat menikmati.

    Demikian artikel yang saya buat semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.