Select Page

Resep keripik pisang renyah. Kripik pisang merupakan salah satu panganan hasil olahan pisang. dan keripik pisang ini berbentuk irisan tipis dari buah pisang yang digoreng dengan minyak sehingga menjadi produk dengan kadar air yang rendah. Kripik pisang mempunyai daya simpan yang lama.

Selain itu resep keripik pisang renyah ini dapat dibuat dari semua jenis pisang khususnya pisang yang memiliki nilai ekonomi yang rendah dan tidak dimanfaatkan sebagai buah pencuci mulut seperti buah pisang raja nangka dan pisang kepok.

Kripik ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat dan merupakan produk yang banyak dipasarkan setiap waktu serta dapat diproduksi setiap saat mengingat produksi dan ketersediaan buah pisang. Di masyarakat dan di pasar sangat banyak, ada bermacam variasi dalam pembuatan kripik pisang.

Keripik pisang sudah dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia sejak dulu. Kreasi olahan dari buah pisang sampai sekarang masih diminati banyak orang karena makanan ringan pisang ini dikenal cukup enak dan manfaat gizinya juga sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita.

Jenis tanaman pisang memang bermacam macam jenisnya, namun tidak semua jenis bisa diolah menjadi keripik pisang hanya jenis tertentu saja yang bagus digunakan sebagai bahan baku keripik pisang. Keripik pisang bisa diolah secara tradisional atau melalui penggorengan biasa dan bisa juga diolah melalui mesin keripik buah.

Kali ini kami akan memperkenalkan jenis keripik pisang yang diolah secara tradisional. Cara pengolahannya tidaklah rumit resep khususnya juga sudah diketahui umum. Karena cara pengolahan tradisional keripik pisang adalah salah satu warisan yang turun temurun dikenal oleh generasi pendahulu kita.

Pisang yang kita pilih harus jenis yang bisa diolah menjadi keripik pisang. Tidak boleh terlalu matang atau masih mendekati matang agar pada waktu proses menggoreng pisang bisa lebih cepat kering dan tidak mudah gosong.

Resep Keripik Pisang Super Renyah Saat di Makan

Bahan yang Digunakan untuk Resep Keripik Pisang Super Renyah:

  • Pisang ambon 10 buah
  • Gula pasir 200 gram
  • Garam halus 1 sdt
  • Kapur sirih 1 sdt
  • Air bersih 2 L
  • Minyak goreng

Cara Membuat Resep Keripik Pisang Super Renyah:

  1. Kupas semua kulit pisang lalu iris tipis tipis
  2. Siapkan wadah yang bersih
  3. Lalu tuangkan air 1 liter kedalamnya
  4. Masukkan kapur sirih
  5. Aduk hingga tercampur dengan rata
  6. Masukkan pisang yang sudah diiris tipis kedalamnya
  7. Rendam selama kurang lebih 1 jam
  8. Siapkan wadah yang bersih lainnya
  9. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam
  10. Aduk sampai rata
  11. Siapkan penggorengan dengan api sedang
  12. Biarkan hingga minyak mulai panas
  13. Goreng pisang hingga coklat keemasan.  Lalu angkat dan tiriskan.
  14. Rebus 1 liter dengan gula. Aduk hingga gula larut.
  15. Setelah itu rebus hingga larutan gula itu mengental
  16. Masukkan pisang yang sudah digoreng kedalam rebusan gula.
  17. Aduk hingga semua pisang sudah terselimuti dengan gula
  18. Angkat dan tiriskan. Keripik pisang renyah siap disajikan.

Berikut Manfaat Serat yang Terkandung Resep Keripik Pisang Super Renyah:

  • Serat tidak hanya membuat perut terasa lebih penuh, tapi juga mengurangi masalah pencernaan, termasuk memangkas resiko kanker kolonel.
  • Beberapa penelitian menunjukkan, dalam jumlah besar serat bisa membantu mengatur kadar gula darah. Ini sebabnya orang yang sering mengkonsumsi serat cenderung lebih langsing.
  • Asupan serat tinggi terbukti mempengaruhi timbulnya plak oleh kolesterol pada wanita yang menderita penyakit jantung.
  • Konsumsi serat yang cukup akan melindungi jantung dan menurunkan kolesterol jahat tanpa mengurangi kadar kolesterol baik.
  • Serat membuat makan menjadi lebih lambat dan perut cepat terasa penuh, sehingga cocok untuk metode menurunkan berat badan dan mengontrol kalori.
  • Dan serat yang larut dapat menolong mereka yang mengalami iritasi pada usus.

Manfaat Keripik Pisang Super Renyah Bagi Kesehatan Kita

1. Mencegah Penyakit Asma

Asma termasuk penyakit kronis pada saluran pernapasan. Nah, kandungan keripik pisang bisa untuk menangani                    penyakit asma. Yuk mulai makanan sehat untuk mencegah terjadinya penyakit asma.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Otak juga dapat dijaga kesehatannya dengan mengonsumsi keripik pisang. Kandungan yang ada di dalam keripik ini                bisa melindungi otak dari penyakit. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh serat yang mencegah kolesterol meningkat.

3. Mencegah Kanker

Pisang mampu menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, rasa pisang tersebut melindungi kamu dari                      berbagai serangan penyakit. Selain itu penyakit kanker pun bisa dicegah dengan mengonsumsi keripik pisang.

4. Mencegah Sembelit

Sembelit bisa dicegah dengan mengonsumsi olahan pisang secara rutin. Kandungan serat yang tinggi membuat sistem           pencernaan tetap terjaga. Tak hanya mencegah sembelit, pisang pun juga efektif untuk mengobati penyakit diare.

5. Mencegah Anemia

Penderita anemia disarankan untuk memakan pisang karena efektif menambah darah. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi pada pisang sangat tinggi. Pisang juga membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan lebih sehat.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Keripik pisang yang juga membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang ada di dalamnya sanagat bermanfaat untuk menjaga dan melindungi mata sehingga bisa mencegah kita dari resiko rabun atau katarak.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat lainnya dari keripik pisang yaitu sangat baik untuk melancarkan peredaran darah tubuh kita. Kandungan kalium yang terdapat pada makanan ini membantu mengatur tekanan darah sehingga peredaran darah akan tetap lancar.

8. Membantu Pencernaan Usus

Kandungan serat yang ada dalam makanan ini sangat baik membantu pencernaan usus. Dengan rajin mengkonsumsinya        maka kita bisa mencegah dari resiko penyakit usus.

9. Menormalkan Pencernaan Jantung

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk menjaga fungsi jantung kita bisa mengkonsumsi                keripik pisang. Kandungan kalium yang terdapat dalam makanan ini mampu menambah nutrisi tubuh yang mendukung            fungsi jantung sehingga jantung bisa berfungsi dengan normal.

10. Menurunkan Berat Badan

Jika anda ingin menurunkan berat badan dengan cara yang mudah dan alami maka kita bisa mengkonsumsi keripik                pisang. Kandungan kalori yang rendah pada makanan ini sangat baik untuk menurunkan berat badan sehingga kita bisa  mendapatkan berat badan yang ideal.

11. Baik Bagi Penderita Penyakit Lever

Penderita penyakit lever bagus mengkonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, yang akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.

Efek Samping Mengkonsumsi Resep Keripik Pisang Super Renyah:

1. Mengantuk

Kandungan karbohidrat yang ada pada pisang bisa menghalangi kandungan asam amino memasuki otak kita. Hal ini akan memicu peningkatan produksi hormon serotonin yang biasa membuat kita mengantuk. Tubuh kamu akan jadi super mengantuk jika makan pisang dalam jumlah yang banyak. Janganlah terlalu banyak memakan pisang.

2. Kadar Gula Darah

Penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi pisang, karena mengandung gula alami bernama glukosa. Jika kamu mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak, tentunya bisa memicu naiknya kandungan gula dalam darah. Bahkan, gigi kamu juga bisa merasakan dampak negatif dari gula yang terkandung dalam pisang.

3. Hyperkalemia

Pisang terkenal karena memiliki kandungan kalium dan potasium. Kalium penting bagi tubuh kamu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, namun jika berlebihan tentu saja akan memberi dampak negatif. Hal ini bisa menuntun kamu pada kondisi hyperkalemia.
Hyperkalemia merupakan kondisi dimana detak jantung kamu jadi tak beraturan, lumpuh sementara, otot lemas, dan tekanan darah yang rendah.

Manfaat Bahan Dasar Resep Keripik Pisang Renyah bagi Kesehatan:

1. Pisang Ambon

pisang ambonn (1)

1. Memberikan Suntikan Energi

Tahukah kamu bahwa pisang adalah buah yang umum dikonsumsi oleh seorang atlet? Sehingga pisang mampu memberikan suntikan energi dengan menjadikan gula sebagai energi.

2. Menyediakan Elektrolit

Apabila kamu sedang menderita diare, konsumsi lah buah pisang. Pisang kaya akan elektrolit yang mampu mengembalikan kehilangan elektrolit karena diare.

3. Bermanfaat Sebagai Antasida Alami

Antasida alami sangat penting sekali untuk mencegah penyakit maag. Apabila kamu menderita penyakit maag, perbanyaklah mengonsumsi buah pisang.

2. Gula Pasir

Gula pasir (1)

1. Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Jika anda menderita tekanan darah rendah, maka sangat disarankan mengkonsumsi gula pasir karena bisa meningkatkan tekanan darah anda secara cepat untuk mencegah sakit kepala, pingsan dan beberapa masalah lain yang ditimbulkan dari tekanan darah terlalu rendah.

2. Meredakan nyeri haid

Ternyata kandungan gula sangat bermanfaat sekali untuk meredakan nyeri dan kram haid yang kerap membuat wanita tidak nyaman. Gula juga dapat memperbaiki mood dan meredakan rasa pegal-pegal ketika haid.

3. Menghaluskan kulit wajah dan bibir

Scrub wajah di rumah habis? Coba deh kamu membuat scrub sendiri dengan menggunakan gula pasir dan madu murni. Oles pada permukaan kulit wajah dan bibir lalu pijat perlahan dengan gerakan memutar.

Diamkan hingga 15 menit lalu bilas dan keringkan. Gula pasir ini dapat mengangkat sel-sel kulit yang mati sehingga bisa membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

4. Meningkatkan energi dengan cepat

Gula yang masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi glukosa yang dapat menghasilkan energi dengan cepat. Oleh karena itu, gula baik dikonsumsi saat tubuh lemas dan kelelahan, misalnya setelah berolahraga, saat bangun tidur, saat dehidrasi, dan sebagainya.

5. Meningkatkan tekanan darah

Ketika seseorang menderita tekanan darah rendah, kepala sering terasa ringan dan pusing, bahkan tubuhnya bisa sangat lemas, limbung lalu jatuh pingsan. Hal ini disebabkan oleh kurang lancarnya aliran darah dan oksigen ke otak.

Kondisi seperti ini salah satunya dapat diatasi dengan mengonsumsi gula yang berguna sebagai sumber energi.

3. Garam

garam halus (1)

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat garam yang pertama adalah mengatasi jerawat. Siapa yang tidak sebal saat ada jerawat tumbuh di wajah? Jerawat biasanya akan tumbuh saat kita sedang stres, kurang menjaga kebersihan wajah, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, dan lain sebagainya.

2. Mengobati Luka

Jika kita memiliki luka di kulit, cobalah untuk mengobatinya dengan air garam. Sebab, khasiat garam memiliki kemampuan anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan luka dengat cepat dan mudah. Caranya, kita hanya perlu mencampurkan garam dengan air hangat. Kemudian rendam luka kita selama beberapa menit.

3. Menghidrasi Tubuh

Manfaat garam sangat penting untuk mempertahankan tingkat hidrasi tubuh. Sangat penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit untuk kelancaran fungsi organ.

Bagi orang yang bekerja di luar dan terutama mereka yang rutin berolahraga, sangat penting untuk memulihkan kekurangan garam dan air yang terjadi melalui keringat. Ketika tubuh mengalami dehidrasi dan penyakit seperti kolera dan diare melemahkan sistem, dokter menyarankan kita minum dari campuran air, gula, dan garam untuk mengimbangi cairan yang hilang.

4. Kapur Sirih

kapur sirihh (1)

1. Perawatan Gigi

Kalsium hidroksida telah digunakan sebagai terapi utama dalam kedokteran gigi sejak beberapa dekade lalu karena dinilai memiliki banyak manfaat kesehatan.

Meski memang digunakan sebagai perawatan gigi sejak lama, kita tidak boleh menggunakan kapur sirih sembarangan. Idealnya, penggunaan bubuk putih ini di bawah pengawasan dokter gigi. Tujuan tentu agar kita terhindar dari berbagai hal-hal buruk yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

2. Meluruskan Rambut Keriting

Bagi kita yang punya rambut bergelombang atau pun keriting dan sedang mendamba-dambakan punya kapur larus, kapur sirih mungkin bisa membantu.
Faktanya, kalsium hidroksida sering ditambahkan dalam beberapa produk hair relaxing. Hair relaxing merupakan krim atau cairan yang dirancang khusus untuk meluruskan rambut yang keriting.
Kalsium hidroksida dapat membantu meluruskan rambut yang keriting karena bahan satu ini berfungsi untuk memecah ikatan sidulfide yang menghubungkan sistein, yaitu asam amino yang banyak terkandung pada rambut keriting.
Ketika ikatan sidulfide terpecah, proses ini akan secara permanen mengubah struktur fisik rambut keriting menjadi lebih lurus, halus, dan mudah diatur.

5. Air Bersih

1. Menjaga Stamina Tubuh

Seperti layaknya manfaat air, begitu pula fungsi sumber air bersih yaitu menjaga stamina pada tubuh. Ketika tubuh tercukupi kebutuhan airnya maka tubuh pun akan terjaga staminanya.

Tubuh tidak akan mudah merasa lelah dan merasa lesu dengan segala aktifitas yang dilewati seharian. Stamina ini tentu tidak hanya didukung dengan cukupnya air, tetapi juga didukung dengan adanya air bersih yang membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Bayangkan saja jika air yang diminum banyak tetapi tidak bersih. Tentu itu akan menyebabkan beberapa penyakit yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

2. Menyegarkan Badan

Badan menjadi segar adalah salah satu hal yang diakibatkan dari adanya oksigen. Memang salah satu manfaat oksigen adalah membuat badan menjadi segar.

Tetapi ternyata bukan hanya oksigen saja yang dapat menyegarkan badan dan membuat badan fit. Namun air bersih pun juga demikian. Dengan adanya air bersih maka tubuh akan segar.

3. Membersihkan Peralatan Rumah

Selain memiliki fungsi untuk kesehatan dan untuk tubuh, ternyata air bersih memiliki fungsi untuk membersihkan peralatan rumah seperti layaknya Jeruk nipis digunakan pula untuk membersihkan lemak dan kotoran di piring dan peralatan lain. Sama halnya dengan fungsi air bersih.

Bagaimana tidak, tanpa adanya sumber air yang bersih maka seluruh peralatan rumah yang kotor tidak mungkin bisa bersih. Dan tentunya peralatan yang bersih ini pula akan menunjang kesehatan tubuh sehingga akan lebih sehat.

Akan mungkin, jika peralatan yang digunakan dirumah tidak bersih akan menyebabkan penyakit-penyakit pada tubuh. Karena bakteri-bakteri yang menempel pada peralatan rumah tidak dibersihkan dan sering kontak langsung dengan kulit yang pada akhirnya dapat mengakibatkan penyakit diare.

6. Minyak Goreng

minyak goreng (2)

1. Bermanfaat Sebagai Pelumas

Percaya atau tidak minyak goreng bisa digunakan sebagai oli. Manfaatnya yaitu sebagai pelumas untuk bahan logam. Selain lebih murah, caranya juga lumayan sederhana. Tinggal dioleskan pada alat-alat yang terbuat logam, misalnya resleting.

Khasiat jika dilakukan secara teratur adalah alat-alat yang terbuat dari logam tersebut lebih licin, misal untuk resleting dan terbebas dari berkarat.

2. Perangkap Nyamuk

Sekarang ini banyak alat pengusir nyamuk yang beredar di pasaran, bisa bentuk bakar, lotion, semprot, raket atau pun yang elektrik. Tapi pernahkah kalian membayangkan jika tak ada satu pun tipe alat anti nyamuk tersebut di rumah? Apalagi jika rumah kalian adalah sarang nyamuk.

Wah berabe tuh. Pasti akan sangat menyebalkan dan hasilnya kulit kalian bentol-bentol dan gatal-gatal. Kali ini ada cara ampuh dan gratis untuk mengusir nyamuk. Ambil tutup panci yang agak lebar dan oleskan secara merata dengan minyak goreng.

Setelah itu cari area tempat bersarangnya para nyamuk, misalkan kolong tempat tidur. Lalu kibaskan tutup panci tersebut. Hasilnya nyamuk-nyamuk tersebut akan menempel pada sisi tutup panci yang sudah diolesi dengan minyak goreng itu.

Jangan terlalu banyak mengoleskan minyak agar tidak menimbulkan cipratan minyak kemana-mana. Cara diatas bisa digunakan, baik untuk di dalam rumah atau pun di luar rumah.

Sekian resep keripik pisang renyah, semoga resep keripik pisang renyah ini bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.

× Whatsapp Kami!