Select Page

Resep Cheese cake lumer ,memang belakangan ini sedang populer-populernya di Indonesia. Sesuai namanya itu , cheese cake adalah suguhan cake yang dibuat dari bahan dasar keju. Untuk membuat cake ini, sekurangnya dibutuhkan berberapa jenis keju seperti, keju muda (soft cheese) dan keju segar (fresh cheese).

Berdasarkan sejarahnya, makanan pencuci mulut ini dipercaya berasal dari zaman peradaban Yunani Kuno. Konon katanya, cheese cake sudah dijadikan hidangan untuk para atlet olimpiade pertama yakni, pada tahun 776 SM.

Proses Pengolahan

Proses pengolahan serta bahan-bahan pertama kali diperkenalkan pada 230 Masehi. Dan pada 1000 MSH, resep cheese cake sudah mulai diperkenalkan oleh tentara Romawi yang berhasil mengalahkan Yunani ke wilayah Inggris dan Eropa Barat, dan kemudian dengan cepat menyebar ke hampir seluruh wilayah Eropa.

Cheese cake sudah mulai mengembangkan sayapnya sampai ke daratan Amerika pada 1872,lebih tepatnya di wilayah Philadelphia. Jenis keju yang digunakan pun sedikit berbeda yakni, cream cheese. Keju ini dianggap lebih terasa aromanya, dan proses pembuatan yang lebih sederhana.

Benua terakhir yang didatangi ‘demam’ cheese cake adalah Asia, karena memang bangsa Asia bukanlah pengonsumsi utama keju. Kini cheese cake sudah menjadi hidangan pembuka yang trendi dan favorit, bahkan tercipta beberapa variasi resep baru yang menonjolkan cita rasa Asia.

Cheesecake terdiri dari dua bagian, yaitu bagian crust yang mirip dengan biskuit dan bagian isinya yang sebagian besar terdiri dari krim keju. Awalnya, satu-satunya cara membuat cheesecake adalah dipanggang. Tidak heran kalau dulu banyak orang lebih pilih memakan cheesecake ketika masih hangat. Tapi, kini cheesecake juga bisa dinikmati tanpa
harus dipanggang tapi dengan cara didinginkan. Makanya, untuk cheesecake yang nggak dipanggang biasanya memakai gelatin, bukan telur.

Variasi Cheese Cake

Ada banyak variasi cheesecake di seluruh dunia. Misalkan saja dari Amerika Serikat, jenis cheesecake yang paling banyak di kenal adalah New York Cheese Cake yang menggunakan cream cheese dan pot cheese. Cheesecake tipe ini terkenal sebagai cheesecake polos, tidak ada topping apa pun di atasnya. Selain itu, ada pula cheesecake Italia dengan keju Mascarpone-nya, cheesecake Prancis yang terkenal ringan dan tipis dengan adonan putih telurnya sampai variasi dari Jepang seperti greentea cheesecake.

Cheese cake lumer adalah salah satu kue yang lembut dan di dalamnya dikasih semacam cheese cream, kalau cakenya dipotong, maka akan keluar lelehan krim keju yang dapat lumer di mulut ketika digigit. Untuk toppingnya, cheese cake bisa beragam mulai dari cokelat, green tea dan masih banyak lainnya sesuai selera.

Tentang Cheese Cake

SESUAI dgn namanya, cheese cake adalah cake suguhan yang terbuat dari bahan dasar keju. Untuk membuat cake ini, setidaknya kita membutuhkan beberapa jenis keju seperti, keju muda soft cheese dan keju segar fresh cheese.

Berdasarkan sejarahnya, makanan pencuci mulut ini dipercaya berasal dari zaman peradaban Yunani Kuno. Dulu katanya, cheese cake sudah menjadi hidangan bagi para atlet olimpiade pertama yakni, pada tahun 776 Sebelum Masehi.

Proses pengolahan serta bahan-bahan pertama kali diperkenalkan pada 230 Masehi. Dan pada 1000 Masehi, resep cheese cake mulai dikenalkan oleh tentara Romawi yang berhasil mengalahan Yunani ke wilayah Inggris dan Eropa Barat, dan kemudian dengan cepat menyebar ke hampir seluruh wilayah Eropa.

Seiring berkembangnya zaman, buku masakan berisi resep-resep cheese kali mulai diterbitkan pada tahun 1545. Kala itu, keju yang digunakan pada proses pembuatan cheese cake dikenal dengan sebutan keju “Neufchatel”.

Cheese cake mulai melebarkan sayapnya hingga ke daratan Amerika pada 1872, tepatnya di wilayah Philadelphia. Jenis keju yang digunakan pun sedikit berbeda yakni, cream cheese. Keju ini dianggap lebih terasa aromanya, dan proses pembuatan yang lebih sederhana.

Walaupun keju Neufchatel masih banyak digunakan, terutama untuk resep-resep yang berasal dari Eropa, hampir di seluruh dunia penggunaan cream cheese jauh lebih populer.

Pada tahun 1912, James Kraft berhasil mendapatkan proses pasteurisasi untuk keju krim tersebut. Sejak saat itu, keju krim diproduksi secara massal dan dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Bahkan Kraft menjadikan tempat asal keju krim menjadi merk dagangnya yaitu, Philadelphia Cream Cheese.

Benua yang terakhir kali disinggahi “demam” cheese cake adalah Asia, karena memang bangsa Asia bukanlah orang yang pengonsumsi utama keju. Kini cheese kue telah menjadi hidangan favorit dan trendi, bahkan menciptakan sejumlah resep baru yang menonjolkan cita rasa Asia.

Biasanya mengandung buah atau bahan khas Asia misalnya durian, mangga, leci, atau teh hijau. Tekstur kuenya juga lebih ringan dan kepadatanya tidak sama seperti cake yang pertama, seperti japannese style cheese cake.

Penyebaran Cheesecake di Benua Eropa dan Amerika

Resep cheesecake juga dengan cepat tersebar hampir diseluruh wilayah Eropa.

Setiap wilayah di Eropa memodifikasi resep cheesecake dengan menggunakan berbagai bahan khusus dari wilayah mereka masing-masing.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, nama keju yang digunakan untuk cheesecake pun berubah.

Hal ini tercatat pada buku masakan pertama yang terbit tahun 1545.

Oleh sebab itu, keju yang digunakan untuk pembuatan cheesecake disebut dengan Neufchatel.

Tepat pada abad ke-18 cheesecake mulai diperkenalkan hingga ke daratan Amerika, lebih tepatnya wilayah Philadelphia.

Bahkan, jenis keju yang digunakan untuk membuat cheesecake sudah diganti dengan cream cheese dibandingkan dengan keju asli karena dianggap lebih memiliki aroma dan sederhana saat dibuat.

Meskipun, keju neufchatel masih sering digunakan terutama untuk resep-resep yang berasal dari Eropa, tetapi penggunaan cream cheese sendiri ternyata lebih populer hampir di seluruh dunia.

Cheesecake di Era Modern

Tahun 1912, James Kraft berhasil menemukan proses penetrasi untuk cream cheese.

Sejak saat itu, cream cheese mulai diproduksi secara massal dan dengan cepat menyebar ke seluruh dunia.

Setelah Amerika,  Asia menjadi benua terakhir yang disinggahi cheesecake.

Cheesecake di Asia lebih bermacam lagi, dicampur bahan-bahan lain seperti cokelat hingga bubuk teh hijau.

Untuk toppingnya pun bukan hanya dihiasi dengan buah, justru banyak yang hanya menyajikan potongan cheesecake utuh demi merasakan rasa cheesecake yang sebenarnya.

Meski sudah berabad-abad hadir, cheesecake tetap dipilih sebagai menu pencuci mulut favorit.

Apakah Anda termasuk pecinta cheesecake?

Jika iya, semoga Info di atas bermanfaat.Resep Cheese cake lumer

Contoh Cheese Cake

Cheesecake kini jadi salah satu dessert yang paling terkenal di dunia. Jenisnya pun ada bermacam-macam. Ada yang dipanggang atau dibekukan. Ada versi cokelat, beri, New York, cookie dough, red velvet, dan lainnya.

Bahannya ada yang menggunakan keju krim, cottage cheese, ricotta, mascarpone, neufchatel ataupun keju quark.

Dasarnya bisa menggunakan biskuit atau kue kering yang dihancurkan. Atasnya bisa dilapisi lelehan cokelat atau gelatin, bisa juga ditutup buah-buahan aneka warna yang ditata menarik dan cantik.

Resep kue keju saat ini ada sedemikian banyak, jauh lebih rumit dari versi awalnya — yang sudah ada sejak 4.000 tahun lalu.

Orang-orang Yunani Kuno adalah yang pertama membuatnya. Bahannya kala itu masih sederhana, yakni terigu, madu, gandum, madu, dan keju lembut dari susu kambing dan susu domba, lalu dipanggang.

Cheesecake pertama diyakini dibuat di Pulau Samos. Yang terkenal adalah Apician yang dibuat oleh Apicius, Aristoxenean, dan Philoxenean.

Ada juga cheesecake Euchylous yang mengandung buah yang dikeringkan dan Bazyma yang terbuat dari tepung, madu, buah ara kering dan kenari.

Cheesecake jadi pilihan bagi pasangan pengantin sebagai kue pernikahan.

Kue keju kala itu juga dianggap sebagai sumber energi dan sering disantap oleh para atlet yang berlaga dalam olimpiade pada tahun 776 Sebelum Masehi.

Resep cheesecake mencapai Amerika Serikat dibawa oleh para imigran. Pada 1872, saat berniat membuat keju Prancis yang disebut Neufchatel, William Lawrence secara tak sengaja menemukan sebuah proses yang menghasilkan keju krim.

Keju krim tersebut kemudian didistribusikan dalam kemasan dan akhirnya dikenal sebagai Philadelphia Brand Cream Cheese.Resep Cheese cake lumer

 

Resep Cheese Cake Lumer

Bahan cara membuat cheese cake:

100 gram keju parut

300 ml air

2 sdm gula pasir2 sachet SKM (susu kental manis) putih

2 sdm tepung maizena lalu di larutkan dengan 50 ml air

1 bungkus santan kara yang ukuran 65 ml

1 sachet susu bubuk putih

1 sachet susu Real Good rasa cream cheese yang 150 ml (atau bisa diganti dengan cheese melt)

1/2 sdt garam

Kepingan oreo di hancurkan / bolu / selai stroberi untuk selang seling pada adonan nanti

  1. Cara Membuat Cheese Cake Lumer:

    1. Campurkan semua bahan-bahan di atas kecuali tepung maizena, lalu rebus dan didihkan di atas api kecil, sambil adonan terus diaduk-aduk.

    2. Ketika adonan menjelang mendidih, segera masukkan tepung maizena secara bertahap sambil terus diaduk dengan cepat.

    3. Apabila adonan sudah mulai terlihat mengental dan ada letupan-letupan, segera matikan api dan diamkan adonan hingga dingin.

    4. Dengan demikian,Setelah adonan dingin atau uapnya hilang masukkan ke dalam cup atau gelas dan buat seperti lapisan yang berselang antara adonan cheese dengan bubuk biskuit oreo atau bahan yang lain dan bisa disesuaikan dengan selera.

    5. Terakhir, kasih topping dengan parutan keju atau bahan yang lain sesuai selera, kemudian masukkan ke dalam lemari es bukan freezer dan biarkan sampai dingin.Resep Cheese cake lumer

× Whatsapp Kami!