Select Page

Pada artikel saya akan memberitahu tentang resep bakso aci. Bagi penggemar makanan yang pedas, tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama Bakso Aci. Jajanan terkenal yang khas dari Garut ini memang sangat memiliki banyak penggemar yang banyak. Teksturnya yang kenyal yang terbuat dari Tepung Sagu, serta beberapa topping pilihan contoh seperti tahu, ceker ayam, dan juga pilus yang membuatnya terasa semakin nikmat untuk dimakan.

Disiram dengan kuah asam yang pedas hangat yang sangat cocok untuk dinikmati saat musim hujan. Apalagi kini sangat mudah rasanya untuk menemukan para penjual baso aci dengan berbagai varian beragam yang bisa untuk dicoba. Kuliner baso aci ini memang sangat dikenal luas, bahkan sampai mendadak viral di berbagai macam sosial media.

Bahkan banyak baso aci instan yang dijual di pasaran secara bebas dan bisa untuk Anda racik sendiri di rumah Anda. Namun tidak ada salahnya juga untuk membuat baso Aci dengan racikan Anda sendiri. Cara membuat baso aci sebenarnya sangat mudah, resep di bawah ini bisa membantu Anda dalam membuat baso aci yang kenyal dan juga lezat.

Resep Bakso Aci

Berikut merupakan resep bakso aci yang enak dan lezat.

Bahan – Bahan Bakso Aci

  • 50 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung sagu
  • 1/4 sdt merica
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 75 ml air hangat
  • 1 daun bawang, iris tipis-tipis

Bahan Untuk Isian

  • 50 gram daging ayam cincang
  • 1 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • Merica secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya

Bahan Untuk Kuah Bakso

  • 1 siung bawah putih dan haluskan
  • 1buah bawang bombay dan iris tipis-tipis
  • 5 lembar daun jeruk dan iris tipis-tipis
  • 1 sdt ebi dan haluskan
  • 1000 ml air kaldu
  • 1 batang daun bawang dan iris tipis-tipis
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya

Pelengkap Tambahan

  • Batagor kering
  • Tahun Putih
  • Sukro
  • Sambal

Resep Bakso Aci

  1. Untuk isian, tumis bawang merah dan juga bawang putih yang sudah dihaluskan hingga berbau wangi. Kemudian tambahkan dengan daging ayam cincang dan aduk hingga tercampur dengan merata. Tambahkan pula merica dan juga kaldu bubuk secukupnya sesuai dengan selera dan keinginan Anda. Masak hingga matang dan kemudian baru disisihkan
  2. Untuk bakso aci, campur semua bahan-bahan kering dan tambahkan dengan menggunakan air sedikit demi sedikit. Aduk perlahan sampai adonan kalis dan mudah untuk dibentuk. Bentuk adonan dengan bentuk bulat-bulat dan pipihkan, kemudian baru Anda beri isian. Bulatkan kembali lalu sisihkan. Lakukan sampai adonan bakso aci habis.
  3. Rebus bakso aci di dalam air yang mendidih hingga baso mengapung di permukaan air itu. Jangan langsung meniriskan bakso aci tersebut. Diamkan beberapa saat supaya matangnya sangat sempurna
  4. Untuk kuah bakso aci, tumis bawang bombay hingga berbau wangi. Kemudian baru tambahkan bawang putih dan juga ebi yang sudah dihaluskan. Setelah itu barulah masukkan air kaldu, daun jeruk, dan juga daun bawang.
  5. Tunggu hingga mendidih dan kemudian Anda masukkan kaldu bubuk, garam, serta gula pasir secukupnya hingga rasanya pas di lidah Anda.
  6. Masukkan baso aci, batagor kering, dan juga tahu putih ke dalam kuah baso. Masak beberapa saat kurang lebih sekitar 3 menit hingga bakso aci matang
  7. Untuk penyajian, anda bisa menambahkan sambal dan menanmbahkan sukro di semangkuk bakso aci
  8. Satu mangkok bakso aci siap untuk disajikan

Resep Bakso Aci Mercon

Berikut merupakan resep bakso aci mercon yang sangat menggoda.

Resep Bakso Aci Yang Kenyal

Bahan – Bahan

  • 200 gr tepung tapioka
  • 200 gr tepung terigu
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sachet masako sapi
  • 1 sdm garam
  • Secukupnya lada bubuk
  • 2 batang sledri
  • Secukupnya air panas

Bahan Isian :

  • 20 biji cabe rawit domba, direbus

Bahan kuah :

  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Secukupnya garam, penyedap, lada bubuk

Toping :

  • Pilus sukro
  • Cuanki lidah, Cuanki Tahu, siomay
  • Cabe bubuk Homemade liat di resep sebelumnya
  • Jeruk limau

Resep Bakso Aci

  1. Campurkan duo tepung kemudian masukan masako, garam, lada bubuk dan juga sledri aduk rata, lalu didihkan air beri bawang putih. Setelah mendidih tuang sedikit demi sedikit ke adonan tepung sambil di uleni jika sudah panas bisa pake sendok ya. Uleni hingga kalis sudah bisa di bentuk
  2. Ambil adonan secukupnya kemudian pipihkan Kasih isian seperti cabe rawit domba nya lalu bulatkan, sebagian adonan di poloskan.
  3. Rebus baso aci hingga mengapung, tiriskan jangan lupa untuk rebus nya kasih minyak ya biar gk nempel – nempel.
  4. Tumis bahan kuah sampe berbau harum beri air secukupnya saja, kemudian masukan baso aci nya tunggu hingga matang kurang lebih 3 menit
  5. Angkat dan masukan ke dalam mangkok tata dengan toping nya biar makin cantik dan enak ya, toping sesuai dengan selera. Mantep untuk yang suka pedes boleh coba deh resep ini.

Manfaat Tepung Terigu

Resep Bakso Aci Yang Kenyal

Tepung Terigu Protein Tinggi

Tepung terigu memiliki protein yang tinggi dan memiliki kadar gluten paling tinggi. Yaitu berkisar sekitar 13% sampai 14% sehingga mempunyai kemampuan mengikat dan memerangkap gas dengan baik. Yang bisa membuat adonan mengembang dengan sempurna dan tekstur lebih kenyal. Namun kelemahannya yaitu, tepung terigu jenis ini bisa cepat basi dan cepat sekali berjamur sehingga tidak bisa bertahan lama.

Tepung terigu jenis ini sangat cocok untuk membuat adonan makanan yang memerlukan elastisitas yang tinggi. Beberapa makanan yang bisa dibuat dari tepung terigu jenis ini antara lain yaitu roti, pasta, donat, kue sus, roti tawar, sandwich, burger, hot dog dan chorros. Beberapa jenis mie contohnya seperti mie tarik, mie ayam, mie kuning, mie instan, mie telor mie lidi dan juga martabak telor.

Tepung Terigu Protein Sedang

Siapa yang menyangka jika Tepung terigu protein sedang ini mempunyai kadar gluten menengah yaitu berkisar sekitar 11% hingga 12% dan seringkali digunakan sebagai tepung serba guna dalam pembuatan makananan dan cemilan.

Tepung terigu dengan protein yang sedang baik sekali untuk makanan dengan tekstur lembut tetapi cukup mengembang. Beberapa makanan yang cocok dibuat dari tepung terigu jenis ini antara lain yaitu beberapa macam cake seperti bolu, banana cake, brownies, bolu gulung, roti manis, waffle, martabak manis, chorros ataupun kegunaan lain yang lebih luas.

Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu protein rendah mempunyai kadar gluten yang sangat rendah yaitu tidak lebih dari 11% dan juga sangat baik sekali jika untuk membuat kue-kue yang renyah. Kelebihannya, tepung terigu jenis ini yaitu mempunyai ketahanan yang lebih lama dikarenakan oleh rendahnya kadar protein.

Tepung terigu jenis ini bisa digunakan untuk membuat makanan yang tidak mengutamakan volume dan tidak mengutamakan kekenyalan. Beberapa makanan yang sangat cocok dibuat dari tepung terigu protein rendah antara lain kue kering dan juga biskuit. Maupun bakpia , sponge cake, black forest, chocolate cake, kue lapis Surabaya, swiss roll, lapis legit, pancake, chiffon cake, cookies, egg drop dan masih banyak yang lainnya. Contohnya seperti untuk membuat bahan campuran gorengan.

Mengatasi Luka Bakar

Apabila Anda terkena luka bakar, misalkan tidak sengaja terkena air mendidih ketika Anda sendang masak. Anda juga bisa menggunakan tepung terigu untuk mengatasi masalah luka bakar yang Anda alami. Caranya sangat mudah yaitu dengan cara mencelupkan tangan Anda yang terkena luka bakar ke dalam tepung terigu tersebut kurang lebih sekitar 10 menit.

Hasilnya yaitu tangan Anda yang tercelup air mendidih tersebut tidak akan terasa sakit maupun berwarna merah. Namun apabila luka bakar tersebut tidak terletak pada tangan Anda. Anda juga bisa menaburkan tepung terigu pada luka bakar tersebut.

Membuat Logam Berkilau

Apabila ceret dapur, lampu tembaga bisa juga barang kerjaninan yang lain kepunyaan Anda yang terbuat dari logam terlihat usang karena dimakan oleh waktu. Anda dapat menggunakan tepung terigu ini untuk mengembalikan kilau barang-barang Anda tersebut.

Caranya sangat mudah, campurkan tepung terigu dengan cuka putih dan juga garam secukupnya. Hingga membentuk pasta kemudian oleskan pada barang-barang Anda hingga kering. Setelah itu, hilangkan tepung pasta tepung terigu dari barang-barang tersebut dengan menggunakan kain yang sangat lembut

Sebagai Sampo Kering

Apabila Anda sedang terburu-buru dan rambut terasa cukup berminyak, Anda bisa untuk menggunakan tepung terigu untuk mengatasi hal tersebut. Caranya cukup mudah yaitu taburkan sedikit tepung terigu pada akar rambut kemudian sisir hingga tepung terigu hilang dengan merata. Hal ini dkarenakan tepung terig mampu untuk menghilangkan minyak dalam rambut Anda sehingga rambut tidak akan terlihat lepek.

Mencerahkan Kulit

Dengan takaran yang tepat, tepung terigu juga bisa Anda jadikan masker supaya membuat kulit Anda terlihat lebih sehat dan lebih cerah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara mencampurkan 2 sendok makan tepung terigu dengan 1 sendok makan yogurt dan juga sedikit bubuk kunyit untuk dijadikan masker. Aplikasikan masker pada wajah lalu biarkan selama 25 menit, kemudian basuh dengan menggunakan air hangat.

Membantu Mengatasi Jerawat

Selain bisa membuat kulit Anda cerah, tepung terigu teryata bisa juga untuk dijadikan masker untuk membantu mengatasi jerawat. Caranya sangat muda yaitu dengan cara mencampurkan tepung terigu, madu, teh hijau hangat yang sudah di seduh dan juga beberapa tetes lemon untuk dijadikan masker. Aplikasikan masker pada jerawat dan juga tutupi dengan menggunakan plester selama semalaman, dan bersihkan pada keesokan harinya.

Sebagai Lulur

Tepung terigu ternyata juga bisa digunakan sebagai lulur untuk detoksifikasi kulit lho. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara mencampurkan tepung terigu dan juga anggur yang telah dihancurkan hingga menjadi adonan yang pas untuk dibuat lulur. Aplikasikan pada tubuh sebagai lulur kemudian diamkan selama lebih dari 15 menit, kemudian mandilah dengan menggunakan air hangat.

Mempercepat Pematangan Buah

Dalam tepung terigu perlu diketahui bahwa terdapat kandungan ascorbic acid. Ascorbic acid dalam tepung ini mempunyai fungsi yaitu membantu pembentukan gluten juga bisa mempercepat pematangan. Hal ini memang belum banyak orang yang mengetahuinya, tetapi nyatanya terigu mampu untuk membantu mempercepat proses pematangan pada buah alpukat.

Anda hanya perlu menaruh buah alpukat yang belum matang tersebut ke dalam wadah yang berisikan tepung terigu. Pastikan buah alpukat tenggelam dalam balutan tepung terigu tersebut. Dengan begitu mampu untuk membantu proses pematangan buah lebih cepat.

Manfaat Tepung Sagu

Resep Bakso Aci Yang Kenyal

Sebagai Sumber Energi

Manfaat sagu untuk kesehatan yang pertama yaitu sebagai sumber energi tubuh. Kandungan karbohidrat dalam jumlah yang banyak di dalam sagu mampu untuk menjadi alternatif yang sangat baik sebagai suplemen alami penambah energi di dalam tubuh kita. Tubuh kita sangat membutuhkan banyak energi untuk relaksasi pasca melakukan olahraga yang cukup berat.

Sagu bisa untuk membantu kita dalam mengisi kembali energi yang hilang. Hal ini bisa diketahui jika sagu mampu meningkatkan produksi glukosamin alami dalam tubuh yang bisa memperbaiki keseluruhan pergerakan pada sendi dan juga pemulihan pada otot di sekitarnya.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat sagu untuk kesehatan juga bisa didapatkan yaitu untuk melancarkan sistem pada pencernaan. Sagu dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit pencernaan contoh seperti kembung, sembelit, asam lambung, maag, dan juga gangguan pencernaan yang lainnya.

Sagu bisa meningkatkan produksi enzim pencernaan dan juga pergerakan usus secara keseluruhan dengan melindungi usus supaya tidak kering. Itu sebabnya, biasanya sagu diresepkan untuk pasien penderita penyakit gastroenteritis atau penyakit muntaber, karena mampu untuk memberikan efek menenangkan dan juga mendinginkan perut dari rasa sakit.

Baik untuk Tulang Dan Sendi

Manfaat sagu selanjutnya adalah baik untuk tulang dan juga sendi, yang didapatkan dari kandungan kalsium, zat besi dan kandunga mineral lainnya. Selain itu, sagu juga dapat meningkatkan pada produksi glukosamin, yang sangat mempengaruhi kepadatan tulang, fleksibilitas dan juga gerakan sendi.

Kadar glukosamin yang cukup meningkat ini mampu untuk meningkatkan produksi cairan sinovial. Yang ditemukan dalam jumlah yang kecil antara selubung sendi dan juga selubung tendon sehingga sangat berfungsi untuk fleksibilitas gerakan persendian.

Mengobati Hipertensi

Sejak zaman kuno akar tapioka sudah digunakan untuk menyembuhkan stres, hipertensi, dan juga memegang peranan penting dalam perawatan alami untuk masalah pada kardiovaskular. 100 Gram sagu mengandung kurang lebih sekitar lima miligram potasium.

Kandungan potasium yang ada di dalam sagu sangat dipercaya bisa untuk meningkatkan sirkulasi darah dan keseluruhan sistem kardiovaskular. Jadi tidak heran, apabila sagu menjadi salah satu pengobatan yang terkenal untuk masalah hipertensi.

Meredakan Panas saat Demam

Biasanya saat Anda mengonsumsi antibiotik maka efek sampingnya, yaitu tubuh akan menghasilkan produksi panas yang berlebihan. Sagu bisa membantu Anda untuk meredakan panas akibat demam yang berlebih dari dalam tubuh.

Hal ini karena sagu mempunyai efek pendinginan yang menenangkan tubuh dengan cara mengendalikan kelebihan produksi empedu. Karena itu, sagu sangat berfungsi sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit akibat suhu panas yang terlalu tinggi yang ada di dalam tubuh seperti demam.

Masker Wajah Alami

Manfaat sagu selanjutnya adalan untuk kecantikan, yaitu sebagai masker wajah yang sangat alami. Banyak produk kecantikan mulai sejak dulu menjadikan sagu sebagai bedak dan sebagai masker wajah. Nyatanya sagu memang mampu untuk bekerja sebagai eksfoliator kulit yang sangat bagus.

Anda juga bisa membuat masker wajah dengan menggunakan tepung sagu atau sagu. Yang berbentuk mutiara yang dicampur dengan beberapa tetes susu untuk membuat pasta yang kental. Selain sebagai eksfoliator alami, sagu juga sangat mampu membantu mempercepat pada penyembuhan bekas luka dan menghaluskan kulit.

Mencegah Darah Tinggi

Sejak zaman kuno akar tapioka sudah digunakan sebagai menyembuhkan stres, hipertensi, dan juga memegang peranan penting dalam perawatan alami untuk masalah kardiovaskular. 100 gram sagu bisa mengandung sekitar lima miligram potasium. Kandungan potasium di dalam sagu sangat dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi darah dan juga keseluruhan sistem kardiovaskular. Jadi tidak heran, jika sagu menjadi salah satu pengobatan yang sangat terkenal untuk masalah hipertensi.

Demikianlah artikel tentang resep bakso aci. Tentu tidak sesusah yang Anda bayangkan bukan?? Semoga artikel kali ini saya bisa membantu Anda. Terutama yang membaca artikel saya ini. Sekian dan terima kasih.

× Whatsapp Kami!