Panduan Mudah Membuat Keripik Wortel

//Panduan Mudah Membuat Keripik Wortel

Panduan Mudah Membuat Keripik Wortel

Panduan Mudah Membuat Keripik Wortel – Tahukah anda keripik wortel? Mungkin makanan yang satu ini masih sangat kurang familiar di telinga sebagian orang.

Wortel selama ini dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan vitamin. Tetapi wortel lebih sering diolah menjadi sop, tumis, atau jus biasa. Kali ini, ada inovasi baru dalam mengolah wortel.

Wortel yang kaya akan gizi ini akan diolah menjadi cemilan yang sehat berupa keripik. Bagi anda yang merasa penasaran, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

 

Panduan Mudah Membuat Keripik Wortel

Kandungan Gizi Wortel

Menurut dpertemen pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau ½ cangkir wortel cincang dapat dianggap sebagai satu porsi. Satu porsi wortel memiliki kandungan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein.

1. Wortel kaya akan vitamin A

Wortel adalah makanan yang paling kaya akan vitamin A, menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa per hari.

2. Antioksidan

Sayuran ini memiliki kandungan antioksidan beta-karoten yang menjadikan wortel memiliki warna oranye yang cukup terang. Beta-karoten diserap dalam usus dan diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan.

3. Kandungan Vitamin dan Mineral

Wortel merupapakan sayuran yang sangat super, ia juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Selain tingginya nutrisi, tentu wortel juga merupakan sumber kesehatan terpercaya, apa saja manfaatnya ?

 

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Mata

Wortel kaya betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia.

 

2. Menurunkan Kolesterol

Penelitian oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Begitu juga penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS.

Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke.

Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut.

 

3. Mencegah Kambuhnya Penyakit Kanker

Penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru.

Karenanya, dia menganjurkan agar para perokok mengonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru.

Ternyata, selain kanker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara.

Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 – 5 kali lipat.

 

4. Menghindari kanker payudara

Kenapa konsumsi wortel bisa menghindari kanker yang berbeda. Itulah fungsi dan manfaat lebih pada wortel. Kanker payudara bisa berkurang hingga 17-18% karena wortel mengandung banyak hidrat arang dan juga fosfor.

Dengan begitu jaringan yang bisa mengikat payudara yang membahayakan, bisa berkurang bahkan menggugur. Anda bisa mengonsumsi secara rutin terutama bagi para wanita. Konsumsi wortel sebagai jus setiap harinya tanpa gula, dan bisa diganti dengan madu.

 

5. Mengurangi resiko kanker usus besar

Kanker usus besar merupakan kanker yang membahayakan. Karena menyerang organ vital dalam sistem pencernaan yakni usus besar.

Kanker usus besar bisa dicegah dengan wortel yang mengandung bahan seperti zat falcarinol dan zat falcarindol. Zat ini bisa digunakan untuk mengurangi terjadinya akar dari penyakit jamur, akar ini bisa mengikat jaringan sehat pada manusia. Untuk itu, kanker usus besar kemungkinan bisa dihindari jika mengonsumsi wortel secara rutin.

 

6. Mengurangi penyakit jantung

Penyakit kronis lainnya yang bisa dikurangi dengan wortel adalah jantung. Mengonsumsi 5-6 wortel setiap minggunya ternyata membuat zat antioksidan dalam tubuh bekerja dan menghindari sakit jantung dengan sangat cepat dan baik.

Terutama bagi anda yang sudah terdeteksi memiliki penyakit jantung, ada baiknya mengonsumsi wortel secara rutin.

 

7. Meningkatkan sistem imun tubuh

Wortel mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti halnya pada makanan sehat lain, vitamin C tentu berguna untuk menaikan imun tubuh agar terus sehat dan terhindari dari penyakit.

Selain vitamin c, wortel juga mengandung zat antioksidan yang bisa menaikan imun tubuh. Tentunya untuk melindungi dari radikal bebas atau paparan polusi yang berbahaya.

 

8. Mencegah diabetes

Wortel nyatanya mengandung vitamin K yang sangat baik untuk menjaga kadar gula darah. Rasanya yang manis pun tidak perlu menambahkan gula pada minuman atau makanan dengan bahan utama wortel. Nah, beberapa dari anda yang dinyatakan sebagai penderita diabetes, bisa mengonsumsi wortel.

 

9. Memperkuat tulang dan tubuh

Vitamin K terkenal sebagai fungsinya yang bisa mendukung tulang dan tubuh semakin kuat. Nah, wortel sangat jelas mengandung vitamin K cukup banyak. Sehingga bagi anda yang sudah memasuki usia lanjut, ada baiknya untuk mengonsumsi wortel secara rutin.

 

10. Janin dalam kandungan

Janin dalam kandungan membutuhkan nutrisi yang sangat baik. maka beberapa makanan sangat disarankan untuk anda yang sedang hamil. Salah satunya adalah wortel yang baik untuk janin.

karna wortel mengandung vitamin A yang ternyata baik untuk perkembangan janin, dan menguatkan rahim. Janin juga akan tahan terhadap penyakit dan ketika sang ibu sakit, maka bayi dalam rahim tersebut akan tetap kuat dan aman.

11. Meningkatkan memotri pada otak

Memori pada otak akan meningkat tajam dengan mengonsumsi makanan seperti ikan atau makanan berprotein tinggi. Ternyata tidak hanya makanan itu saja, namun wortel yang mengandung vitamin B dapat meningkatkan memori pada otak. Sehingga wortel sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak.

 

12. Membersihkan darah

Kandungan retinol, dan asam rerinoat yang ada pada vitamin A mampu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh diseluruh tubuh.

Kebersihan darah sangat penting agar tidak menimbulkan penyakit. Vitamin A merupakan kandungan terbesar dalam wortel. Maka anda, terutama pria wajib sering mengonsumsi wortel. Karena pria tidak mengalami silklus menstruasi.

 

13. Perbaikan sel

Mengonsumsi makanan yang tepat sangat baik untuk perbaikan sel ketika anda sedang sakit. Wortel mengandung fosfor yang bisa melakukan fungsi tersebut. Perbaikan sel berguna ketika mengalami sakit atau mengalami cidera dan juga penyembuhan pasca sakit.

Jika anda sedang sakit dan dalam masa pemulihan, atau mengalami cidera akibat jatuh atau kecelakaan. Bisa menggunakan wortel untuk perbaikan sel dengan cara menjus wortel setiap pagi.

 

14. Meningkatkan kualitas sperma

Bagi pria atau suami-istri, kualitas sperma sangatlah penting. Dalam hal ini berarti memiliki arti bahwa kualitas sperma akan menghasilkan janin yang berkualitas juga. Selain itu kualitas sperma bisa didapatkan dari wortel yang mengandung vitamin A sangat banyak. Rutinlah mengonsumsi jus wortel setiap pagi atau malam hari.

15. Baik untuk Pencernaan

Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar.

 

16. Menjaga Kesehatan Kulit 

Manfaat wortel pada kulit terletak pada kandungan vitamin A dan kandungan zat-zat pendukung lainnya, yamg mampu menjaga kulit agar tetap cantik dan bersinar.

Wortel menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi. Penggunaanya bisa langsung dikonsumsi atau dibuat sebagai bahan masker. mengkonsumsi wortel secara rutin, akan sangat membantu untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit.

Mencegah radang sendi

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat rendah beta karoten dan vitamin C adalah faktor risiko tinggi untuk rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis adalah salah satu penyakit yang dialami karena kesalahan imun mengenali organ sebagai benda asing khususnya di bagian sendi.

Maka penyakit ini umumnya disebut radang sendi. Wortel yang mengandung vitamin C akan membantu mengurangi sakit radang sendi.

17. Melindungi Radiasi

Banyak sekali benda elektronik yang mengeluarkan radiasi cukup tinggi. Bahkan ponsel yang sehari-hari bersama dengan anda memiliki radiasi yang tinggi.

Gabungan Beta-karoten, vitamin C dan vitamin E bisa melindungi anda dari paparan radiasi, sehingga anda tidak terkena hal berbahaya layaknya kanker atau paparan radiasi tinggi.

18. Mencegah Penuaan Dini

Wortel merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik, antioksidan akan menangkal radikal bebas yang terkena pada kulit. Manfaat antioksidan itu sendiri pun juga dipercaya untuk memperlambat efek penuaan dini.

 

19. Mempercepat Penyembuhan Luka

Tak hanya menjadikan kulit konsumennya tetap sehat, beta karoten yang terdapat dalam wortel juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Jika terjadi infeksi kulit entah karena sayatan atau lainnya, konsumsilah sayuran yang mengandung asam pantotenat tersebut agar luka cepat sembuh.

 

20. Keseimbangan hormon

Nyatanya mengonsumsi wortel bisa membantu menenangkan pikiran atau mengendalikan amarah anda. kok bisa ? nah, keseimbangan hormon bisa didapatkan dari fosfor yang jelas terkandung dalam wortel. Jika anda merasa hormon anda sedang tidak baik, konsumsi saja jus wortel di pagi hari.

21. Mencegah Anemia

Wortel mengandung zat besi yang bisa mencegah terjadinya anemia. Anemia merupakan penyakit yang menandakan tekanan darah rendah. Dengan begitu, bagi anda yang memiliki anemia bisa mengonsumsi jus wortel setiap pagi.

22. Membantu membentuk enzim

Beberapa jenis enzim yang penting seperti seperti myoglobin, cytochrome dan katalase dibentuk dengan bantuan zat besi. Wortel mengandung zat besi sebesar 0,8 miligram.

Enzim sangat penting agar tubuh bisa bekerja dan substrat bisa berpasangan dengan enzimnya. Enzim juga mendukung berbagai fungsi kerja organ.

23.Melindungi kesehatan otak dan fungsi kognitif

Wortel dan jus wortel dapat mencegah munculnya penyakit Alzheimer. Sayuran bermuatan zat besi ini juga dapat meningkatkan daya ingat serta menghambat timbulnya gangguan pada kognitif seseorang.

Alasannya, sayuran rendah kalori tersebut mampu meminimalisir stres oksidatif dalam otak yang dapat memperlemah kemampuan saraf dalam mengenali rangsangan.

 

 

Panduan Mudah Membuat Keripik Wortel :

Tahukah anda keripik wortel? Mungkin makanan yang satu ini masih sangat kurang familiar di telinga sebagian orang. Wortel selama ini dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan vitamin.

Tetapi wortel lebih sering diolah menjadi sop, tumis, atau jus biasa. Kali ini, ada inovasi baru dalam mengolah wortel. Wortel yang kaya akan gizi ini akan diolah menjadi cemilan yang sehat berupa keripik.

Bagi anda yang merasa penasaran, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

# Bahan-bahan dan Panduan Mudah Membuat Keripik Wortel:

Setelah diolah menjadi keripik pun, wortel tetap memiliki kandungan gizi yang berguna untuk tubuh. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan kehilangan vitamin dan gizi yang dibutuhkan. Asalkan Panduan Mudah Membuat Keripik Wortel yang dilakukan masih tepat dan sesuai dengan langkah yang dianjurkan.

 

Resep Keripik Wortel

Bahan untuk Keripik Wortel:

  • Wortel sebanyak 1 kg
  • Garam 1 ons
  • Bawang putih sebanyak ½ ons
  • Bawang merah sebanyak ½ ons
  • Penyedap rasa sebanayk 20 gram
  • Gula sebanyak 50 gram
  • Tepung terigu sebanyak 1 kg
  • Ketumbar secukupnya

Langkah-langkah Membuat Keripik Wortel:

  1. Wortel yang sudah dicuci bersih dikupas kulitnya.
  2. Setelah dikupas dan dicuci bersih, wortel kemudian direbus hingga lembek. Setelah itu tiriskan.
  3. Wortel yang sudah direbus lalu ditumbuk hingga halus. Agar lebih praktis, anda bisa juga menggunakan blender untuk menghaluskan wortel hingga seperti bubur.
  4. Bubur wortel kemudian dicampur dengan tepung dan bumbu-bumbu lainnya. Setelah itu campur hingga rata dan sempurna.
  5. Adonan keripik yang sudah tercampur rata kemudian dikukus kurang lebih selama 1 jam. Setelah dirasa matang, angkat adonan kemudian dinginkan selama kurang lebih 24 jam sampai adonan mengeras.
  6. Selanjutnya, potong adonan yang sudah mengeras dengan ketebalan 1-2 mili agar tidak terlalu keras dan bisa mengembang dengan sempurna ketika digoreng.
  7. Adonan yang sudah dipotong kemudian dijemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.
  8. Goreng keripik wortel lalu sajikan sebagai cemilan sehat untuk keluarga.

 

#Panduan Mudah Membuat Keripik Wortel :

Kalo soal cara membuatnya sih tidak terlalu sulit cukup mudah lah untuk di buat nya. Kalo gitu tidak usah lama-lama lagi untuk resep dan cara membuat keripik wortel anda bisa langsung lihat di bawah sini.

Bahan-bahan untuk keripik wortel :

  • Tepung meizena 30 grm.
  • Tepung terigu 300 grm.
  • Gula halus 30 grm.
  • Gula halus 75 grm, untuk taburan.
  • Minyak goreng secukupnnya.
  • Wortel segar 150 grm, parut halus.
  • Baking powder ½ sdt.
  • Telur ayam 1 butir.
  • Garam halus 1 sdt.
  • Kayu manis bubuk 2 sdt, untuk taburan.

Tahap-tahap pembuatan keripik wortel :

  1. Untuk langkah yang pertama, siapkan lah sebuah wadah untuk membuat adonan keripik.
  2. Berikutnya di masukan lah wortel yang telah di parut dan bahan-bahan yang lain seperti, baking powder, tepung terigu, gula halus, tepung meizena, telur ayam, garam, di aduk hingga jadi menggumpal.
  3. Lalu adonan keripik yang telah jadi menggumpal di masukan lah pada gilingan mie menggunakan ukuran paling besar hingga jadi, licin.
  4. Sesuah adonan jadi licin, maka langsung di giling lah adonan menggunakan ukuran lebih kecil dari ukuran yang nomor 7 hingga jadi ke nomor 2.
  5. Sesudah itu, di cetak lah adonan menggunakan ring bulat, terus lah lakukan cara itu hingga semuanya selesai.
  6. Berikutnya panaskan lah minyak terus adonan keripik di goreng hingga jadi berbentuk bulat, di tunggu hingga jadi matang dan sambil di bolak balik.
  7. Angkat, dan keripik wortel siap untuk di hidangkan bersama bahan-bahan taburan.

Cukup mudah kan cara membuatnya, nah kalo gitu sekain saja dari kami atas resep dan Panduan Mudah Membuat Keripik Wortel, terima kasih dan selamat mencoba resep nya.

 

Mudah dan sederhana sekali, jadi jika anda ingin membuat keripik wortel ini dirumah anda pasti bisa untuk membuatnya. Nah, agar keripik wortel yang sudah matang tidak mudah melempem dan tetap renyah anda bisa letakkan keripik wortel ini didalam wadah yang tertutup. Demikianlah resep membuat keripik wortel ini semoga bisa memberikan manfaat bagi yang ingin membuatnya dirumah. Terima kasih

By | 2017-11-04T02:45:58+00:00 October 30th, 2017|Artikel|Comments Off on Panduan Mudah Membuat Keripik Wortel

About the Author: