Select Page

Mesin Penutup Botol merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memudahkan anda dalam proses penutupan botol. Memang hal yang sepele sebetulnya, tapi efeknya sangatlah bermanfaat.

Dimana Mesin penutup botol ini digunakan untuk menutup berbagai macam jenis botol mulai dari tutup botol plastik, botol beling, tutup botol kaleng dan masih banyak lagi macam jenis penutup seperti penutup botol seperti yang berbahan plastik, seng, kawat atau berbahan ulir.

Mesin penutup botol ini sangat banyak digunakan dan dimanfaatkan dalam dunia perindustrian pengemasan atau Industri air minum mineral, industri beer, industri obat, atau industri lainnya yang dikemas dalam botol baik produk makanan maupun produk minuman.

Mesin penutup botol ini juga sangat besar perannya. Hal ini dikarenakan peran mesin ini sangat menyangkut dalam proses penyegelan yang akan sangat mempengaruhi masa kadaluarsa. Dengan kata lain penutupan produk dengan benar adalah kewajiban bagi semua perusahaan produk makanan ataupun minuman.

Bahkan ada pernyataan yaitu “dont accept if seal broken” yang artinya “jangan terima apabila segel atau tutup botol rusak” yang seringkali dituliskan pada produk makanan atau minuman yang dijual. Terkait akan hal tersebut sehingga menjadikan proses penutupan botol menjadi suatu hal yang sangat penting.

Model dan Spesifikasi Mesin Penutup Botol

1. Mesin Penutup Botol DK-50 Z – Locking & Capping Machine

Mesin Penutup Botol DK 50 Z adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menutup berbagagai jenis botol dengan jenis bahan material penutup botol berupa plastik.

Mesin Penutup Botol

Spesifikasi Mesin Penutup Botol DK-50 Z :

Model : DK-50 Z.
Power Supply : 110v 220v/50-60hZ 1 Phase 0.37KW
Lebar Penyegelan : 10mm – 35 mm
Jenis Penutup : Penutup Plastik
Diameter Segel : 20 mm – 40 mm
Tinggi Botol ( Produk ) Yang Cocok : 100 mm – 350 mm
Kecepatan Penyegelan : 1200 Botol ( Produk ) / Jam
Berat Mesin : 65 Kg
Dimensi Mesin : 560 mm x 200 mm x 920 mm

2. Mesin Penutup Botol DK-50 D – Locking & Capping Machine

Mesin Penutup Botol

Mesin Penutup Botol DK 50 D adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menutup berbagagai jenis botol dengan jenis bahan material penutup botol berupa logam atau metal.

Spesifikasi Mesin Penutup Botol DK-50 D :

Model : DK-50 D.
Power Supply : 110v 220v/50-60hZ 1 Phase 0.37KW
Lebar Penyegelan : 7 mm – 45 mm
Jenis Penutup : Penutup Logam
Diameter Segel : 14 mm – 46 mm
Tinggi Botol ( Produk ) Yang Cocok : 50 mm – 320 mm
Kecepatan Penyegelan : 1200 Botol ( Produk ) / Jam
Berat Mesin : 68 Kg
Dimensi Mesin : 560 mm x 200 mm x 920 mm

Kegunaan Mesin Penutup Botol

Mesin penutup botol atau yang dikenal dengan Mesin Botol Capping berguna sekali untuk melakukan penutupan botok dengan akurat dan dengan cara yang benar, dimana dengan menggunakan mesin bottle capping ini hasil penutupan botol sangatlah erat.

Dengan kata lain kehadiran alat penutup botol ini akan sangat mempermudah pekerjaan anda dan membuat pengerjaan lebih efisien, lebih cepat dan lebih tepat.

Bahkan mesin tutup botol juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari dapat mengatur ketinggian botol dan besar diameter mulut botol, selain itu juga dapat diaplikasikan ke berbagai bentuk dan jenis botol serta penutup botol. Mesin penutup botol ini dijual dengan harga yang terjangkau namun dengan kualitas mesin yang prima dan

Selain itu Mesin ini menjadi salah satu jenis mesin pengemasan yang dapat digunakan untuk menyegel kemasan botol, baik yang berbahan botol kaca maupun botol plastik.

Mesin bottle capping juga dapat digunakan pada logam ulir dan tutup plastik. Sehingga Mesin penutup botol ini sangat penting bagi industri seperti produk minuman, industri kimia maupun produk kosmetik.

Botol Capper atau alat penutup botol digunakan untuk menutup botol selama proses bottling termasuk untuk menutup botol bir setelah proses pengisian. Pengoperasian Alat Penutup Botol menggunakan teknik tekanan yang bekerja mendorong tutup logam atau plastik pada bibir botol.

Dengan menggunakan mesin ini maka hasil penyegelan botol bir lebih ketat. Karena pada dasarnya penyegelan yang ketat sangat dianjurkan sebelum bir siap dikonsumsi. Apabila Anda mengalami kesulitan menggunakan, tak perlu khawatir. Karena mesin ini dirancang sederhana agar pengoperasiannya lebih mudah, sempurna dan rekat.

Macam-Macam Tutup Botol

Ada lebih dari satu jenis tutup botol yang dipakai dalam pengemasan beragam jenis produk. Masing-masing macam memiliki fungsi tambahan selain untuk menyegel kemasan. Di bawah ini adalah beberapa varian tutup botol yang bisa digunakan dalam bisnis Anda.

1. Tutup Botol Tear Off

Tutup botol tear off adalah jenis penutup yang tidak dapat disegel ulang. Peruntukkan tutup ini adalah pada obat-obatan cair. Meskipun tutup ini terbuat dari material metal, tetapi bagian atas tutup ini mudah dirusak atau dirobek dengan tangan.

Jenis tutup semacam ini dapat Anda temui pada produk farmasi, khususnya obat yang diberikan melalui syringe. Tutup semacam ini biasanya dilengkapi dengan tutup karet yang digunakan untuk bisa mengambil cairan di dalam botol tanpa harus membuka kemasannya. Tutup karet tersebut diletakkan dibawah tutup tear off.

2. Tutup Botol Segel

Jenis tutup botol segel adalah yang paling umum dipakai dalam aneka produk. Kebanyakan produk berbahan cair dan berupa minuman, menggunakan tutup botol ini. Bahan tutup botol biasanya berupa plastik. Akan tetapi pada produk tertentu, tutup bisa juga dibuat dari bahan logam.

Ciri dari tutup botol segel adalah model tutup ulir dan adanya segel yang ganda. Konsumen bisa membuka segel pertama lalu kembali menutup kemasan produk untuk menjaga kualitasnya.

Tutup botol segel yang berkualitas baik bisa dilihat dari kekuatan segelnya dan ulir yang menutup sempurna. Bila botol dijungkirbalikkan, maka isi tidak akan tumpah atau merembes keluar dari kemasan. Hal ini menandakan kemasan tertutup sempurna.

3. Tutup Botol Plug

Serupa dengan jenis tutup botol segel, kemasan dengan tutup botol plug bisa dibuka tutup sesuai kebutuhan konsumen. Bedanya, bila tutup botol segel umumnya menggunakan tipe ulir, tutup plug hanya mengandalkan tekanan antara tutup dengan kemasan.

Jenis tutup ini bisa Anda lihat pada kemasan kaleng cat atau lem. Tutup ini relatif lebih sulit untuk dibuka, karena memang didesain untuk menjaga agar isi kemasan tidak mudah kering atau menggumpal.

Tutup botol plug juga ada yang dikombinasikan dengan jenis tutup botol ulir. Model tutup plug semacam ini bisa Anda temukan pada produk madu dan beberapa jenis obat-obatan cair. Bahan dari tutup plug pun bervariasi. Material plastik maupun metal bisa digunakan tergantung pada jenis produk dan kemasannya.

4. Tutup Botol Lancip

Berbeda dari jenis tutup botol lain, tutup botol lancip adalah varian tutup yang paling sering digunakan untuk industri makanan. Produk pelengkap makanan seperti; saus, sambal, kecap, cuka, hingga sirup, biasanya memakai jenis tutup ini.

Bentuk tutup botol ini lancip. Sebagian model memiliki lubang di bagian ujung lancipnya, sedangkan ada pula yang harus digunting dulu sebelum digunakan. Segel ganda digunakan untuk menjamin kualitas produk terjaga dengan baik.

5. Tutup Botol Flip Top

Sesuai namanya, bagian atas dari tutup botol ini bisa dijentikkan dengan tangan untuk dibuka dan ditutup kembali. Konsumen pun bisa dengan mudah membuka tutup kemasan untuk menggunakan produk.

Tutup botol sejenis ini kerap digunakan untuk produk farmasi, bumbu atau saus makanan. Beberapa contoh produk yang menggunakan tutup botol flip top adalah saus sambal, bumbu halus (seperti, merica, baking powder, dan sejenisnya), hingga minyak angin.

Untuk menjaga kualitas produk, kemasan tutup ini biasanya dilengkapi dengan segel dibawah tutup botol flip top. Konsumen harus membuka segel ini sebelum bisa menggunakan produk dan memakai tutup flip top-nya.

6. Tutup Botol Gabus

Tutup botol berbahan gabus adalah jenis yang paling sering digunakan untuk produk minuman wine. Penggunaan bahan gabus bertujuan untuk menghindari adanya reaksi antara wine dengan penutup. Terlebih tipe minuman wine cenderung disimpan dalam waktu yang sangat lama.

Dari jenis-jenis tutup botol yang telah kami paparkan tadi, sebagian memang bisa dipasangkan secara manual. Namun, tentu hasil kekuatan segel dan kerapatan tutup akan lebih rendah ketimbang memasangnya dengan mesin penutup botol.

Lalu, apa saja kelebihan dari mesin penutup botol yang Anda perlukan? Ramesia Mesin menawarkan mesin penutup botol dengan beragam keunggulan sebegaimana kami sebutkan berikut ini.

Manfaat Mesin Penutup Botol

Seperti yang kita ketahui, saat ini telah ada banyak sekali produk produk yang dikemas dalam bentuk kemasan botol baik produk minuman, makanan, kosmetika, bumbu, obat obatan dan masih banyak lagi. Sehingga kehadiran mesin penutup botol sangat dibutuhkan oleh pengusaha industri produk kemasan botol.

Sebab mesin ini akan membuat proses penyegelan atau penutupan tutup botol lebih rekat, dan tentunya prosesnya juga lebih cepatm lebih rekat dan lebih higienis. Dengan kata lain kualitas dan kuantitas produk dapat sangat terjamin dengan alat penutup botol ini. Jadi manfaatkanlah kehadiran mesin ini untuk melancarkan dan mengembangkan usaha anda.

 

× Whatsapp Kami!