Mesin Filling Cup – Mesin Air Mineral Terbaru 2017

Mesin Filling Cup

Mesin Filling Cup adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengisi kemasan gelas dengan cairan, bisa air mineral maupun cairan lainnya. Cup Filling Machine bekerja dengan mengisikan cairan (bisa air atau cairan lainnya) ke dalam kemasan gelas sekaligus menutupnya.

Mesin Aqua Gelas merupakan sebuah alat yang sangat penting dalam sebuah industri minuman kemasan gelas, Untuk menghemat biaya produksi salah satunya dengan meminimalisir jumlah karyawan (Mekanisasi).  Selain menghemat biaya pengeluaran upah karyawan juga dapat menghemat biaya produksi (Efisiensi).

Dikarenakan Mesin Aqua Gelas lah yang akan melakukan proses produksi, mulai dari sterillisasi kemasan gelas, pengisian, dan penutupan gelas. Umumnya bahan-bahan berbentuk cairan / liquid seperti : air mineral, kecap, saus, madu, jamu, minyak kembang, flavor, sirup dll.

Mesin Filling ini berfungsi sebagai filling untuk produk cair ke dalam plastik standing pouch, untuk output dan pengaturan bisa diatur, Sangat cocok digunakan untuk merintis usaha minuman ataupun usaha air mineral dalam kemasan gelas / cup.  Sehingga pemrosesan pengemasan dalam gelas, mulai dari proses Awal, pengisian, dan penutupan dengan sistem seal, dilakukan secara otomatis

Mekanisme kerja pada alat filling ini salah satunya dengan memanfaatkan mesin packaging vertical Liquid dengan menggunakan Pump-Injection. Diproduksi menggunakan teknologi terkini, dengan menggunakan bahan kualitas tinggi. Dengan memakai stainless steel dan rangka baja mesin ini di desain untuk pemakaian jangka panjang dengan perawatan yang minim. Dapat digunakan untuk mengisi cup dengan volume 0-250 ml. Memiliki banyak kelebihan daripada mesin yang lain. Dengan design double sealer mesin ini menjamin hasil seal yang prima tanpa adanya kebocoran seal.

Kegunaan Mesin Filling Cup

Mesin Filling Cup Sealer ini sering di gunakan oleh berbagai kalangan pengusaha Air Minum Dalam Kemasan, mengingat kebutuhan air sangat besar untuk di konsumsi. Penggunaannya lebih dikhususkan untuk produk atau bahan yang akan dikemas dalam botol plastik namun lebih kepada produk refill (Isi Ulang).

Mesin Aqua Gelas memang menjadi alat yang sangat dibutuhkan dan tepat guna tentunya bagi para pengusaha minuman kemasan gelas. Mekanisme kerja mesin ini adalah dengan melakukan pengisian produk dan kemudian langsung di tutup / kemas (Packing).

Pada prosesnya anda hanya tinggal meletakan Cup kedalam CUP MOLD kemudian membawanya ke titik pengisian, mengisinya dengan produk, lalu menutupnya dengan LID (Plastik lembaran yang dikemas dalam bentuk gulungan) dan memotong LID.

Karena dengan menggunakan Mesin Aqua Gelas, proses produksi produk kemasan gelas anda akan semakin mudah, cepat, steril, dan terstandar tentunya. Produk dikemas dalam standing pouch yang kemudian digunting sebagai refill untuk pengemasan botol.

Apalagi, Mesin Air Gelas bisa digunakan untuk industri bersekala sedang hingga yang bersekala besar, seperti pabrik air mineral kemasan gelas. Jenis dan spesifikasi yang digunakan tergantung bentuk kemasan produk yang akan dipasarkan.

Penawaran Produk Filling Cup

Mesin Filling Cup dirancang serta dibuat khusus untuk melakukan proses pengemasan produk ke dalam kemasan gelas. Konsep fungsional pengemasan telah menjadi bagian penting yang harus mencakup seluruh proses pemasaran dari konsepsi produk sampai ke pemakai terakhir, Alat filling cup hadir untuk menjawab tantangan tersebut.
Mesin Cup sealer merupakan mesin pemroses pengemasan dalam gelas, mulai dari proses Awal, pengisian, dan penutupan dengan sistem seal, dilakukan secara otomatis. Mesin Aqua Gelas ini sangat cocok digunakan pada industri air mineral, minuman cup (kemasan gelas) dan produk lainnya.

Alat Pengemas Cup Rumah Mesin telah dilengkapi dengan teknologi Photocell dan Photoelctric untuk mendeteksi kemasan gelas yang akan diisi. Selain itu kami mendesiin mesin ini sehingga sangat mudah pengoperasian & perawatannya. Cukup satu orang saja untuk mengoperasikannya. Untuk perawatan cukup sediakan oli untuk pelumas bagian yang bergeraknya

Mesin Aqua Gelas Rumah Mesin menerapkan sistem Pneumatic (Tekanan Udara) untuk proses penekanan ( pressing ) dan penyegelan (Sealing).

Mesin Air Kemasan Gelas  juga telah dilengkapi Teknologi Pencetakan Kode Produksi. Cup Filling Machine dirancang dan dibuat dengan penuh perhitungan dan professional. Serta dibuat dari bahan material Stainless Steel A 11 Anti Karat Berstandar Foodgrade dan telah lolos uji QUALITY CONTROL.

Sehingga Kualitas, Keandalan, Keamanan, dan Keunggulan Mesin Pengemas Gelas Plastik kami terjamin.

Tentunya kami menawarkan Mesin Aqua Gelas kami dengan harga yang lebih murah daripada yang lain.

Model Dan Spesifikasi Mesin Filling Cup 

  1. Mesin Filling Cup GD – Series 2 Line

Mesin Filling Cup - Mesin Air Mineral  Terbaru 2017
Gambar Produk Mesin Filling Cup GD – Series 2 Line1
Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik : 220 V.
Frekuensi Listrik : 220 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 2500 Watt.
Bahan Material : Stainless Steel A 11 Anti Karat Bersatandar Foodgrade.
Temperatur Rentang : 180-240 C.
Kapasitas Proses : 1800 Cup  / Jam.
Rentang Pengisian : 50 – 360 g.
Akurasi Kesalahan Pengisian : <2,5%.
Berat Mesin : 800 Kg.
Dimensi Mesin : 2200 mm x 600 mm x 1550 mm.

 

  1. Mesin Filling Cup GD – Series 4 Line

Mesin Filling Cup - Mesin Air Mineral  Terbaru 2017
Gambar Produk Mesin Filling Cup GD – Series 4 Line
Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik : 380 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 3800 Watt.
Bahan Material : Stainless Steel A 11 Anti Karat Bersatandar Foodgrade.
Kapasitas Proses : 3600  Cup / Jam.
Rentang Pengisian : 50 – 360 g.
Berat Mesin : 1200 Kg.
Dimensi Mesin : 2200 mm x 800 mm x 1550 mm.

Keunggulan Dari Mesin Filling Cup 

  • Mesin Filling Cup Otomatis Akan Menempatkan Kemasan Gelas (Cup) Pada Jalur Pengisian Dan Penutupan.
  • Menggunakan Sistem Pneumatic (Tekanan Udara) Untuk Penekanan (Pressing) Dan Penyegelan (Sealing).
  • Menggunakan teknologi motorik dimana semuanya digerakan menggunakan 1 motor.1
  • Pengisian Bahan Lebih Efektif Dan Efisien Karena Tidak Ada Tetesan Bahan Yang Terbuang Diluar Cup.
  • Dilengkapi Dengan Alat Pencatatan Dan Pendeteksi Barang Yang Berbasis Pada Teknologi Photocell.
  • Proses Pengisian, Penyegelan, Dan Merapikan Hasil Segel Berjalan Dengan Sistematis.
  • Menggunakan sistem digital untuk pengaturan panas dan photo sensor untuk mengatur jarak plastik.
  • Dilengkapi dengan nozel automatik pada bagian pengisian air.
  • Dibuat Dari Bahan Material Stainless Steel A 11 Anti Karat Berstandar Foodgrade.
  • Mesin ini juga dilengkapi alat untuk mencetak tanggal kadaluarsa / Experidate.
  • Dirancang Dan Dibuat Dengan Penuh Perhitungan Dan Ketelitian.
  • Dilengkapi Dengan Sistem Teknologi Pencetakan Kode Produksi.
  • Terdapat Plat Panduan Untuk Melepas Kemasan Gelas ( Cup ).
  • Steril, Cepat, Aman, Mudah, Hemat, Dan Terstandar.

Petunjuk Pemakaian Mesin Filling Cup 

  1. Persiapkan Mesin Filling Cup, Kemasan Cup, Plastik Penutup, dan produk cairan yang akan dikemas. Anda hanya tinggal memasang plastik lid cup pada bagian atas mesin cup sealer semi otomatis.
  2. Letakkan Pastik Penutup dan Kemasan Cup pada tempat yang telah disediakan.  Cup yang bisa di sealer menggunakan mesin cup sealer ini adalah cup yang memiliki permukaan bulat.
  3. Selanjutnya Anda tempatkan gelas plastik yang telah terisi minuman di mesin bagian bawahnya.
  4. Masukkan Produk Cairan yang akan anda kemas ke dalam wadah penampungan, pastikan juga gagang press, top seal sudah terpasang dan kabel penghubung listrik juga sudah dipasang.
  5. Hidupkan Mesin Aqua Gelas.
  6. Jalankan proses pengemasan produk anda dengan menekan tombol Run.
  7. Proses akan berjalan dengan diawali penempatan Kemasan Cup pada tempat pengisian.
  8. Mesin ini dilengkapi dengan sensor sehingga plastik lid cup yang Anda pasang tadi bisa berputar sendiri sehabis terpasang di gelas. Dilengkapi pula dengan digital counter yang bisa menghitung jumlah gelas yang dikemas.
  9. Proses selanjutnya akan otomatis di handle oleh Mesin Aqua Gelas. Anda hanya perlu mengambil produk anda yang sudah terkemas rapi, agar tidak menghalangi proses selanjutnya.
  10. Produk anda selesai dikemas dalam Kemasan Cup dengan keadaan Tersegel Rapat dan steril, serta siap untuk dipasarkan.

Cara Memilih Mesin Filling Cup Yang Berkualitas

Mesin ini awalnya diproduksi oleh Jepang, namun sejalan dengan perkembangan produk tersebut di Indonesia dan semakin menurunnya kurs rupiah terhadap mata uang asing, maka perusahaan manufaktur di Indonesia mulai membuat secara lokal. Bermula dari mesin 4 lines (4 jalur) dengan kapasitas sekitar 5000 gelas per jam hingga kini dengan kapasitas besar yaitu 18 bahkan 24 lines dengan konfigurasi 9×2 atau 12×2.

Pengukuran kinerja mesin biasanya dilihat dari :

  1.  kapasitas pengisian per jam nya (capacity)
  2. kerataan permukaan cairan setelah pengisian (level)
  3. kerapian pemotongan (cutting),dan
  4. kekuatan perekatan (seal strength).

Mesin ini terbuat seluruhnya dari stainless steel dan untuk bagian bagian yang bersentuhan dengan produk yang akan diisi dipergunakan material yang aman untuk pangan (food grade). Sedangkan untuk bahan bucket tempat duduk cup terbuat dari aluminium ringan namun tahan lama dan sesuai dengan sifat produk yang akan diisi.

Mesin ini dibuat untuk memiliki daya tahan lama dan dalam kapasitas produksi berskala industri besar asal jangan melupakan perawatan berkala untuk pemeliharaan mesin. Mesin ini juga memerlukan kompresor udara untuk suplai angin sebagai penggerak pada bagian bagian tertentu yang memerlukan angin yang terkompresi sebagai pendorong/ penggerak. Umumnya mesin ini memerlukan ruangan kurang lebih 4 x 6 meter sebagai ruang produksi dan memerlukan kurang lebih 8 meter rel berjalan untuk produk jadi.

Jenis Bahan Kemasan Cup Yang Sering Digunakan :

  1. PET (Polyethylene Terephthalate)

Mesin Filling Cup - Mesin Air Mineral Terbaru 2017
Contoh Material Jenis PET

PET (Polyethylene Terephthalate) merupakan jenis bahan material kemasan cup plastik yang terdiri dari lapisan polimer thermoplast dari golongan Poliester. Yang mana lapisan polimer tersebut dapat meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik ketika bersentuhan dengan suhu panas.

  1. HDPE (High Density Polyethylene)

Mesin Filling Cup - Mesin Air Mineral Terbaru 2017
Contoh Penggunaan Material Jenis HDPE

High Density Polyethylene atau disingkat HDPE, adalah sebuah bahan material kemasan Cup yang termasuk dalam golongan Polietilena Termoplastik. HDPE memiliki sifat bahan yang keras, kuat, tahan terhadap suhu tinggi, dan berwarna buram. High Density Polyethylene ( HDPE ) mempunyai nomor 2 pada daftar daur ulang.

  1. PVC (Polyvinyl Chloride)

Mesin Filling Cup - Mesin Air Mineral Terbaru 2017
Contoh Penggunaan Material Jenis PVC

PVC (Polyvinyl Chloride) merupakan bahan material Kemasan Cup yang termasuk dalam golongan Polietilena Termoplastik. Polyvinyl Chloride didapat dari proses Polimerisasi Monomer Vinil Klorida. PVC sendiri mempunyai banyak sekali bahan tambahan yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Seperti DEHA yang sangat berbahaya bagi kesehatan organ hati dan ginjal ketika PVC bocor dan bercampur dengan produk.

  1. LDPE (Low Density Polyethylene)

Mesin Filling Cup - Mesin Air Mineral Terbaru 2017
Contoh Penggunaan Material Jenis LDPE

Low Density Polyethylene disingkat LDPE adalah jenis termoplastik yang terbuat dari bahan dasar minyak bumi. LDPE dibuat dengan menggunakan tekanan tinggi serta polimerasi radikal bebas. LDPE akan rusak/bocor pada suhu diatas 90 derajat celcius, serta dapat rusak juga dengan oksidator kuat dan beberapa jenis pelarut.Penggunaan LDPE sendiri cukup banyak, seperti pada wadah/kemasan makanan dan minuman, alat – alat farmasi/laboratorium, dan peralatan elektronik.

  1. PP (Polypropylene)
Mesin Filling Cup - Mesin Air Mineral Terbaru 2017
Contoh Penggunan Material Jenis Polypropylene

Polypropylene atau PP adalah sebuah jenis Polimer Termoplastik yang dibuat dari proses polimerasi industri kimia. PP pertama kali ditemukan pada tahun 1951 oleh DR. Karl Rehn di Hoechst AG, Jerman. Titik lebur dari Polypropylene adalah pada suhu 160 derajat celcius. PP juga mempunyai nomor indeks daur ulang seperti jenis bahan material plastik lainnya, hanya saja nilainya adalah 5.

Polypropylene sering digunakan dalam industri pengemasan, tekstil, alat tulis, laboratorium, elektronik, otomotif, dan masih banyak lagi.

  1. PC (Polycarbonate)
Mesin Filling Cup - Mesin Air Mineral Terbaru 2017
Contoh Penggunaan Material Polikarbonat

Polycarbonate disingkat PC adalah salah satu jenis Polimer Termoplastik yang terdiri dari polimer dengan gugusan karbonat dalam rangkaian panjang. Penggunaan dari bahan material plastik jenis satu ini sangat lah luas, terutama dalam dunia industri kimia.

Bisa dikatakan Polycarbonate merupakan jenis polimer Termoplastik yang jadi unggulan. Dengan sifat ketahanan yang tinggi terhadap suhu dan tekanan benturan, ditambah lagi tingkat kejernihanya yang sangat bening.Polycarbonate sendiri mempunyai nomor indeks daur ulang 7.