Mesin Capping – Alat Penutup Botol Terbaru 2017

Mesin Penutup Botol

Mesin Capping atau Alat Penutup Botol adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menutup berbagai jenis botol dan berbagai jenis bahan penutup botol menyegel kemasan berupa botol, baik botol kaca maupun botol plastik. Alat ini digunakan pada logam ulir dan tutup plastik untuk jenis air mineral. Botol plastik dan botol kaca adalah salah satu kemasan yang cocok untuk produk berbentuk cairan. Banyak jenis produk menggunakan botol, mulai produk kebutuhan dapur, kecap, saos cuka. Kosmetik, deterjen cair, minyak sawit, minuman ringan, air mineral dan lain-lain.

Segel tutup botol menjadi hal sangat penting dalam sebuah industri makanan , minuman, ataupun industri lainnya. Fungsi tutup botol sendiri adalah supaya cairan tertutup rapat dan tidak mudah untuk tumpah. Pada tutup botol biasanya dilengkapi dengan segel dan plastik yang fungsinya sendiri adalah untuk keaslian yang menerangkan bahwa produk tersebut terlindung dan merupakan syarat dari standarisasi produk dari pabrik.

Mesin capping ini ini difungsikan khusus untuk proses penutupan botol, sangat berguna bagi anda sehingga anda tidak perlu lagi melakukan proses penutupan botol secara manual. Alat Penutup Botol bekerja dengan cara menutup botol dengan tutup yang telah disediakan kemudian menyegelnya dengan sangat kuat dan rapat.

Alat Penutup Botol sangat bermanfaat bagi industri minuman (produk cair) yang membutuhkan penutupan sekaligus penyegelan pada botolnya. Mesin ini dapat digunakan untuk menutup berbagai macam jenis botol diantaranya botol plastik, botol beling, dengan berbagai macam jenis penutup seperti penutup berbahan plastik, seng, kawat dan ulir.

Mesin Tutup Botol tidak hanya digunakan oleh industri industri besar saja, namun sangat cocok juga digunakan untuk usaha UKM.  Alat Penutup Botol menggunakan teknik tekanan untuk mendorong tutup logam (metal) atau plastik pada bibir botol, proses penyegelan yang ketat sangat dianjurkan sebelum minuman siap untuk dikonsumsi.

Dengan berbagai macam produk yang ditawarkan mesin penutup botol yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dalam pengertian dapat diatur ketinggian botol dan juga besaran diameter mulut botol, selain itu dapat diaplikasikan ke segala bentuk dan jenis botol dan penutup botol.

Kegunaan Mesin capping

Dengan banyaknya Perusahaan minuman besar yang menyajikan kemasan minuman secara praktis dan ini sangat memudahkan manusia dalam membawa dan konsumsi jenis minuman. Permasalahannya adalah bagaimana suatu perusahaan dapat memproduksi botol minuman dalam jumlah yang besar namun dengan waktu yang singkat untuk menjual produk tersebut untuk konsumsi masyarakat.
Maka dari itu diperlukan suatu solusi untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Mesin Penutup Botol merupakan mesin yang banyak digunakan pada industri minuman, bahan makanan, farmasi, dan industri produk cairan lainnya. Mesin Capping dengan proses sistem ter-otomatisasi sangat banyak di pergunakan pada saat ini karena dapat memudahkan dan menghemat waktu pengerjaan.

Sistem otomatisasi ini selalu berkaitan dengan mikrokontroler/komputer yang merupakan salah satu perangkat

elektronik untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia menghasilkan kinerja yang lebih efisien. Karena Mesin Tutup Botol akan menutup dan menyegel berbagai jenis botol dan penutupnya dengan sangat rapat dan kuat.

Dengan menggunakan Alat Penutup Botol juga akan membuat proses penutupan dan penyegelan kemasan botol semakin mudah, cepat, aman, dan hemat.

Penggunaan dari Mesin Segel Tutup Botol sangatlah luas, mulai dari usaha UKM, usaha menengah, hingga usaha makro yang bersekala besar.

Penawaran Mesin Capping

Produk Mesin Penutup Botol ini dirancang serta dibuat khusus untuk dapat menutup sekaligus menyegel berbagai jenis Botol, Sistem pengisi botol otomatis bekerja dengan menggunakan sensor optocoupler sebagai sensor utamanya.

Alat Penutup Botol merupakan mesin yang sangat cocok diaplikasikan pada industri farmasi, minuman kemasan botol dan produk kemasan botol lainnya. Mesin Capping ini memiliki modul konveyor, modul catudaya, modul motor DC, modul panel pemisah dan modul mikrokontroler.

Alat Segel Tutup Botol didesain dapat digunakan untuk menutup sekaligus menyegel berbagai jenis Botol dan Penutupnya. Mulai dari botol yang terbuat dari metal / logam hingga botol yang terbuat dari plastik.

Mesin Tutup Botol dapat mengakomodasi diameter mulut botol sampai 4 cm dan tinggi botol hingga 32 cm. Alat Press Tutup Botol dapat menutup sekaligus menyegel 1200 botol dalam satu jam proses. Proses mengencangkan tutup otomatis hanya mengharuskan operator menempatkan tutup ke wadah, Mesin capping secara otomatis menangani wadah dan torsi berulir sampai tingkat tinggi tergantung pada jenis pengencangnya.

Cara kerjanya adalah pada kontrol torsi dicapai dengan cengkeraman pegas yang dilepuh atau kopling udara yang menyebabkan permukaan pengencang menempel pada tutup yang dilepaskan setelah torsi target tercapai. Locking & Capping Machine dirancang dan dibuat dengan penuh perhitungan dan profesional. Serta dibuat dari bahan yang bermutu tinggi dan telah lolos uji QUALITY CONTROL.

Sehingga Kualitas, Keandalan, Keamanan, dan Keunggulan Mesin Penyegel Tutup Botol kami terjamin.

Tentunya kami menawarkan Alat Penutup Botol kami dengan harga yang lebih murah daripada yang lain.

Model Dan Spesifikasi Produk Mesin Penutup Botol 

  1. Locking & Capping Machine DK – 50 / D Model Cap Metal / Logam

Display Produk Locking & Capping Machine DK – 50 / D Model Cap Metal / Logam
Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik : 1 Phase 220 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 370 Watt.
Diameter Segel : 15 mm – 40 mm.
Tinggi Botol ( Produk ) Yang Cocok : 50 mm – 320 mm.
Kecepatan Penyegelan : 1200 Botol ( Produk ) / Jam.
Berat Mesin : 68 Kg.
Dimensi Mesin : 560 mm x 200 mm x 920 mm.

 

  1. Locking & Capping Machine DK – 50 Z Model Cap Plastik

Mesin Capping - Alat Penutup Botol Terbaru 2017
Display Produk Locking & Capping Machine DK – 50 Z Model Cap Plastik
Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik : 1 Phase 220 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 370 Watt.
Diameter Segel : 25 mm – 40 mm.
Tinggi Botol ( Produk ) Yang Cocok : 100 mm – 300 mm.
Kecepatan Penyegelan : 1200 Botol ( Produk ) / Jam.
Berat Mesin : 65 Kg.
Dimensi Mesin : 650 mm x 200 mm x 920 mm.

Keunggulan Mesin Penutup Botol Otomatis :

  • Proses Sangat Cepat, Yakni Bisa Mencapai 1200 Kali Penutupan Sekaligus Penyegelan Tutup Botol Dalam 1 Jam Proses.
  • Dapat Digunakan Untuk Menutup Sekaligus Menyegel Berbagai Macam Jenis Botol.
  • Produk Dibuat Dari  Material Yang BerkualitasTinggi.
  • Mudah Dalam Pengoperasian Dan Perawatan.
  • Mesin Dan Suku Cadang Terbaik.
  • Kesederhanaan dan kemudahan penggunaan.
  • Hemat Dan Ramah Lingkungan.
  • Mesin Sangat Andal Dan Awet.
  • Pekerjaan penutup botol otomatis dari pemberia penutup sampai penyegelan.
  • Mesin Bergaransi.
  • Aman Dan Steril.

Petunjuk Penggunaan Mesin Penutup Botol 

  1. Persiapkan Alat Penutup Botol , Botol Yang Sudah Terisi Produk Cair, Dan Tutup Botol.
  2. Tutup botol menggunakan tutup botol.
  3. Atur ketinggian botol dan diameter mulut botol serta tutup botol pada Alat Penutup Botol.
  4. Setelah Alat Penutup Botol anda atur dengan baik, anda dapat mulai menjalankan proses penyegelan tutup botol dengan menghidupkan Mesin.
  5. Saat dihidupkan microcontroller akan membeeikan sinyal untuk menjalanjan conveyor.
  6. Setelah Alat Press Tutup Botol anda hidupkan, anda dapat mulai meletakkan botol yang sudah diberi tutup diatasnya tadi ke Mesin.
  7. Limitswitch akan memutar penutup dan aktif bersamaan.
  8. Otomatis Mesin Press Tutup Botol akan mengangkat (mengarahkan) botol ke penyegel yang sedang beroperasi (berputar).
  9. Ketika menyentuh penyegel yang berputar, Botol akan otomatis tersegel dengan kuat dan rapat, sekaligus turun ke bawah.
  10. Kemudian setelah penampang bersama botol turun, anda dapat mengambi botol tersebut dan menggantinya dengan botol yang belum tersegel. Anda dapat mengulanginya hingga semua botol tersegel dengan kuat dan rapat.
  11. Setelah semua botol tersegel, botol anda siap dipasarkan atau didistribusikan.

Macam Macam Jenis Tutup Botol

  1.  Tutup Botol Segel

Tutup Botol Segel merupakan jenis tutup botol yang sering digunakan untuk menutup jerigen dan kebanyakan botol minuman. segel botol ini banyak di gunakan oleh sektor industri AMDK, industri kecap, industri sirup.

 

Mesin Capping - Alat Penutup Botol Terbaru 2017
gambar tutup botol segel
Ukuran diameter umum untuk mulut Jerigen : 37 mm dan 42 mm

Yang mana Tutup Botol Segel mempunyai sistem tutup dan segel ganda untuk menjaga kehigienisan serta keamanan produk anda.

 

  1. Tutup Botol Flip Top

Untuk jenis Tutup Botol selanjutnya adalah Tutup Botol Flip Top, yang mana merupakan jenis botol yang sering digunakan produk kesehatan dan farmasi. Flip Top sendiri merupakan jenis engesel dari botol tersebut.

Mesin Capping - Alat Penutup Botol Terbaru 2017
Gambar Tutup Botol Flip Top

Berbagai macam BOTOL PET BENING BULAT (Type BR) dengan berbagai pilihan tutup/cap: Fine Mist Sprayer (spray), Flip Top, Disk Top, atau Treatment Pump. Jenis Tutup Botol satu ini merupakan sebuah tutup yang unik, yakni dapat dibuka dan ditutup berulang ulang. Seperti pada salah satu produk farmasi, yakni minyak kayu putih.

 

  1. Tutup Botol Tear Off

Tutup Botol Tear Off merupakan jenis Tutup Botol yang sering digunakan untuk menutup dan menyegel botol botol farmasi khususnya penggunaan pada vaksin. Jenis ini termasuk jenis botol PET, obat-obatan.

Mesin Capping - Alat Penutup Botol Terbaru 2017
Gambar Produk Tutup Botol Tear Off

Seperti yang dilakukan oleh industri farmasi yang menutup botol botol obatnya dengan Tutup Botol Tear Off. Yang mana ditujukan untuk memudahkan Dokter dalam mengambil dosis obat cair dengan jarum suntiknya.

 

  1. Tutup Botol Plug

Tutup Botol Tipe Plug merupakan tutup botol yang sering digunakan pada produk seperti kaleng cat, tiner, dan kemasan lainnya.

Mesin Capping - Alat Penutup Botol Terbaru 2017
Gambar Tutup Botol Plug

Dikarenakan Tutup Botol Plug akan menyegel dan menyumbat mulut kaleng ( lubang pada kaleng ) dengan kuat dan rapat.

 

  1. Tutup Botol Lancip

Tutup Botol Lancip merupakan jenis Tutup Botol yang banyak digunakan untuk produk kemasan botol kecap, cuka, saus, sirup, dan lainnya.

Mesin Capping - Alat Penutup Botol Terbaru 2017
Gambar Tutup Botol Lancip

Penutup jenis ini memiliki bentuk lancip di ujungnya, serta kebanyakan memiliki lubang pada ujung tersebut. Namun tetap dilengkapi dengan segel ke dua di dalam tutup botol tersebut.