Pelajari Jenis Jenis Plastik Kemasan Supaya Tidak Salah Pilih Kemasan

//Pelajari Jenis Jenis Plastik Kemasan Supaya Tidak Salah Pilih Kemasan

Pelajari Jenis Jenis Plastik Kemasan Supaya Tidak Salah Pilih Kemasan

Pemilihan jenis plastik kemasan sangat berpengaruh pada produk yang dipasarkan, baik pada kualitas maupun tampilan produk. Kemasan produk yang baik akan menarik minat untuk membeli, dan kemasan yang kurang baik membuat pembeli kurang berminat.

Kita sering kali kesulitan dalam memilih dan membeli plastik kemasan yang baik. Kesulitan tersebut dikarenakan tidak semua toko menjual plastik yang murah dan berkualitas. Tidak semua bahan plastik aman untuk digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman.

Ada baiknya sebelum memilih jenis plastik kemasan kita mengetahui berbagai jenis plastik dari bahan penyusunnya. Berikut ini sekilas tentang bahan penyusun plastik berdasarkan Resin identification code yang berlaku secara internasional.

Sekilas tentang macam-macam jenis plastik kemasan

Jenis Plastik Kemasan

Kode diatas merupakan pembagian jenis plastik perdasarkan kode yang berlaku secara internasional.

1. Polyethylene Terephthalate (PET/PETE)

Jenis plastik kemasan ini merupakan plastik kemasan yang dapat bertahan cukup lama, kuat, jernih, ringan,  kedap air dan gas. Plastik kemasan jenis ini aman untuk mengemas makanan maupun miniman dalam suhu rendah. Namun plastik pada suhu diatas 80 derajat akan menyebabkan lunturnya lapisan polimer dan menghasilkan zat penyebab kanker.

2. High Density Polyethylene (HDPE)

Plastik kemasan jenis ini relatif aman terhadap zat kimia. Penggunaanya dapat ditemukan sebagai bahan pengemas kemasan susu, botol detergen, botol obat, botol oli mesin, botol shampoo, dan bahan lainnya. Namun kemasan ini direkomendasikan sebagai kemasan sekali pakai karena seiring waktu akan terjadi pelepasan senyawa antimoni trioksida yang mengancam kesehatan.

3. Polyvinyl Chloride (PVC)

Jenis bahan kemasan ini memiliki sifat cukup kuat dan keras. Namun bahan PVC mengandung komponen berbahaya jadi penggunaannya tidak disarankan untuk menyimpan makanan maupun minuman.

4. Low Density Polyethylene (LDPE)

Jenis plastik kemasan ini bersifat kuat, fleksibel, kedap air, permukaan tidak jernih dan menjadi lunak pada suhu tinggi. Plastik ini aman digunakan untuk membungkus makanan dan minuman.

5. Polypropylene (PP)

Jenis plastik kemasan dengan bahab PP yang terbaik untuk membungkus makanan dan minuman. Jenis plastik ini mampu mencegah terjadinya reaksi kimia, dan mampu bertahan sampai suhu maksimal 140 derajat celcius.

6. Polystyrene (PS)

Jenis plastik polystyrene atau disebut sterofoam memiliki sifat kaku, buram, terpengaruh lemak dan pelarut. Disarankan menghindari kemasan berbahan sterofoam/polystyrene ini karena bisa menimbulkan kerusakan pada otak, syaraf dan sistem reproduksi.

7. Pilikarbonat (PC)

Plastik kemasan dengan bahan polikarbonat bersifat ringan, tidak mudah pecah, dan jernih. Kemasan dengan bahan ini cukup aman selama tidak ada tanda-tanda kerusakan. Akan tetapi bila kemasanmenunjukkan ada tanda kerusakan walaupun sedikit disarankan untuk tidak digunakan lagi.

Jenis plastik kemasan makanan ringan dengan bentuk pouch

1. Plastik vakum transparan Pe+ Nylon & PET

jenis plastik kemasan

Jenis plastik ini merupakan kombinasi plastik jenis PET/PETE dengan Pe+ Nylon. Kombinasi kedua bahan tersebut menciptakan kemasan yang dapat mencegah masuknya udara dariluar saat udara sudah divakum dengan alat vakum sealer.

Jenis plastik kemasan ini dibuat untuk meningkatkan daya tahan produk. Plastik kemasan ini sangat cocok untuk makanan ringan yang berupa biji-bijian seperti kacang.

2. Pouch Kombinasi Alumunium foil & Plastik OPP/PP

jenis plastik kemasan

Plastik kemasan ini merupakan kombinasi dua bahan yaitu pada bagian belakan menggunakan Alumunium foil dan plastik opp pada bagian depan. Alumunium foil pada bagian belakan bertujuan untuk mencegah produk terpapar sinar matahari dan bagian depan menggunakan plastik OOP.

Plastik OOP transparan sehingga produk yang dikemas dapat terlihat. Selain menghindarkan paparan sinar matahari kemasan ini juga dapat mencegah oksigen masuk kedalam kemasan.

3. Pouch Super Clear PP

Jenis plastik kemasan

Kemasan ini menggunakan bahan plastik PP sehingga keseluruhan kemasan bening. Kemasan ini merupakan alternatif yang merupakan kemasan yang lebih murah dari jenis lainnya. Namun bagi pengusaha kecil kemasan ini lebih populer dan lebih mudah didapatkan.

Coba dan buktikan sepesialnya resep keripik mangga berikut-> Resep Spesial…! Cara Membuat Keripik Mangga

Jenis plastik kemasan makanan ringan dengan bentuk Stand-Up

1. Stand-Up Transparant Pe+ Nylon & PET

jenis plastik kemasan

Jenis plastik kemasan ini juga kombinasi bahan PET/PETE dan Pe+ Nylon. Kemasan stand up pouch merupakan kemasan yang dapat diletakkan dengan kondisi berdiri karena bagian bawah kemasan dibuat khusus. Plastik kemasan ini cocok untuk makanan ringan yang memiliki ukuran sedang dan tidak mudah rusak.

Plastik kemasan ini bersifat bening, namum agak buram karena campuran pe+ nylon. Bagian penutup mengunakan alat press plastik sehingga setelah dibuka plastik tidak bisa ditutup rapat kembali tanpa alat press plastik. Karena kemasan ini cuma sekali pakai maka cocok untuk makanan ringan yang langsung dihabiskan.

2. Stand-Up Kombinasi Alumunium foil & PET/PETE

jenis plastik kemasan

Bahan kemasan ini mengkombinasikan alumunium foil pada bagian belakang kemasan dan plastik OPP bening pada bagian depan. Bahan alumunium foil bertujuan untuk menjaga kualitas produk dan bagian depan dapat memperlihatkan produk didalamnya.

Kemasan ini memiliki bentuk Stand-Up yang berarti kemasan ini dapat di berdirikan. Kemasan ini memiliki bentuk yang menarik sehingga cocok untuk produk makanan ringan sperti snack, keripik dan makanan ringan lainnya.

3. Stand-Up Kombinasi Alumunium & PET/PETE dengan Zipper

jenis plastik kemasan

Kemasan memiliki bentuk sama seperti kemasan Stand-up lain namun lebih kokoh karena memiliki bahan alumunium dan PET. Kelebihan dari kemasan ini adalah dibagian tutup yang terdapat zipper yang berfungsi seperti resleting yang dapat dibuka dan ditutup kembali.

4. Stand-up Super Clear PP dengan Zipper

jenis plastik kemasan

Plastik kemasan ini hampir sama seperti diatas yang memiliki zipper pada bagian penutup yang dengan mudah dibuka dan ditutup. Kemasan ini memungkinkan untuk menonjolkan produk yang dikemas karena kemasanyang bening.

Kemasan ini sangat cocok untuk mengemas makanan ringan karena memiliki kelebihan pada kondisi kemesan yang bening dan juga penutup zipper. Pembeli dapat melihat isi produk yang dapat menjadi daya tarik. Apabila makanan tidak habis maka kemasan dapat ditutup kembali.

Biji Durian jadi makanan ringan yang LEZAT berikut -> Terungkap Rahasia..! Cara Membuat Keripik Biji Durian Super Renyah

Pemilihan kemasan yang sesuai produk

Nah dari penjelasan diatas sekarang kita tau beberapa jenis kemasan plastik yang cocok digunakan untuk membungkus produk makanan ringan. Sekarang tinggal memilih kemasan mana yang sesuai dengan produk makanan ringan yang akan kita jual.

Pemilihan kemasan harus sesuai dengan produk makanan ringan yang akan dikemas. Misal kita ingin mengemas makanan ringan kacang bawang khas Bali untuk didistribusikan diluar pulau kita perlu kemasan vakum. Kemasan vakum akan menjaga produk dari udara sehingga produk terjaga kualitasnya.

Untuk mempercantik tampilan kita dapat label/gambar pada kemasan sehingga menarik minat pembeli. Label unik misalnya mungkin akan membuat pembeli penasaran sehingga pembeli mencoba. Apabila bembeli suka maka pembeli akan mudah mengingat produk kita dengan label unik tersebut.

Agar produk kita laku kita juga harus kreatif dalam mengemasnya, keamanan kualitas makanan ringan harus juga dijaga. Apabila kualitas bagus dan tampilan menarik maka otomatis akan menarik minat pembeli.

Demikian artikel kali ini tentang beberapa Jenis Plastik Kemasan makanan ringan yang dapat disampaikan. Semoga informasi ini jadi referensi yang bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih…!

By | 2018-10-17T13:18:56+00:00 September 19th, 2018|Artikel|Comments Off on Pelajari Jenis Jenis Plastik Kemasan Supaya Tidak Salah Pilih Kemasan