Desain Kemasan Makanan Ringan Menarik dan Efektif, Penjualan Dijamin Naik Tajam!

Desain Kemasan Makanan Ringan | Anak – anak dan sebagian orang dewasa ketika memilih produk snack atau makanan ringan pasti melihat kemasannya dulu. Selain berfungsi sebagai pengaman isi produk dari zat kimia dan paparan udara dari luar inilah fungsinya.

Kemasan makanan sudah menjadi tanda pengenal dan pembeda dari kompetitor. Informasi mengenai brand, kualitas, legalitas, kode produksi, petunjuk, dan lain-lain dapat disampaikan melalui kemasan produk.

Fungsi Kemasan Makanan Ringan

desain kemasan makanan ringan

Konsumen saat ini sudah cerdas dan berpola pikir yang kritis. Jika dulu konsumen tak menyadari informasi pada kemasan. Namun kini mereka selalu melihat info dari produk melalui kemasan ini.

Fungsi kemasan produk ditujukan melindungi produk agar tahan lama dan tidak terpapar zat lain. Jadi kemasan produk akan terjaga kualitasnuya.

Namun ada beberapa kesulitan produsen dalam memilih desain kemasan produk dan material atau bahan pembuatan kemasan produk. Kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai desain kemasan produk khusus untuk Anda.

Desain Kemasan Makanan Ringan yang Disukai Konsumen

desain kemasan makanan ringan

Untuk menciptakan desain kemasan makanan ringan anda dapat menggunakan jasa desainer. Tentunya kita sendiri selaku produsen atau pemilik produk juga harus mengetahui hal – hal agar desain kemasan menarik konsumen.

Berikut adalah beberapa hal yang mempengaruhi menariknya desain kemasan makanan terhadap konsumen :

  1. Warna yang Cerah Cenderung Diperhatikan Konsumen

    Salah satu hal yang akan membuat kemasan pertama kali dilirik adalah warna. Warna yang cerah akan membuat kemasan produk Anda beda dengan yang lain. Gunakan setiap warna di produk – produk agar tercipta ciri khas.

    Kecenderungan konsumen untuk membeli produk dengan melihat warna kemasan yang cerah dan elegan tidak bisa diragukan lagi.

  2. Informasi Produk Harus Jelas

    Selanjutnya adalah memberikan informasi produk yang jelas. Anda dapat memberikan informasi kandungan bahan pembuatan produk. Selain itu juga dapat ditampilkan keunggulan produk sebagai strategi marketing.

    Paling penting adalah cantumkan kode dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau dinas kesehatan. Hal ini akan menjadi faktor penentu utama. Karena saat ini konsumen cerdas pasti memilih makanan sehat yang lolos uji kelayakan produk.

  3. Bentuk Kemasan Unik Pasti Dilirik

    Jika anda sedang berada di minimarket atau supermarket coba perhatikan. Hampir semua produk berbentuk kotak. Jarang anda menemukan bentuk kemasan produk lingkaran atau segitiga.

    Dari survey kami untuk makanan ringan anak – anak. Paling laris adalah kemasan produk dengan bentuk oval. Ya, karena bentuknya unik anak – anak akan suka walaupun tidak tahu isinya seperti apa.

    Meskipun trik ini ampuh namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan kualitas produk makanan ringan anda.

  4. Gambar Unik Sebagai Pembeda

    Semisal anda menjual produk berupa snack anak – anak. Berikan gambar karakter animasi atau karakter anda sendiri. Seperti contohnya adalah memberikan gambar karakter yang disukai anak – anak.

    Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang akan mempengaruhi menariknya produk anda dimata konsumen. Terutama anak – anak.

 

Dengan informasi diatas anda sudah tau kan desain kemasan makanan yang menarik itu seperti apa. Jika sudah paham akan kami berikan ulasan tambahan mengenai keterkaitan pemasaran dengan desain kemasan produk.

Desain Kemasan Makanan Ringan Sebagai Strategi Pemasaran

desain kemasan makanan ringan

Jika tadi sudah ada beberapa ulasan desain yang menarik maka kali ini ada strategi pemasaran melalui desain kemasan makanan ringan. Berikut adalah ulasan dari kami :

  1. Perhatikan Keamanan Produk

    Terbayang kan bagaimana sebuah makanan ringan diproduksi kemudian sampai ke tangan konsumen? Pertama dari produksi dan dikemas. Kemudian melalui distributor, gudang, market baru sampai ke tangan konsumen.

    Hal paling utama adalah keamanan produk. Jika produk anda kemasannya rusak dan tidak terlihat. Produknya terpapar zat lain sehingga berubah rasa. Makan produk anda dicap tidak enak, tidak konsisten rasanya, bahkan tidak layak konsumsi!

    Perhatikan bahan dari kemasan anda dan bagaimana pengemasannya. Sebagian produk yang sudah terkenal kualitasnya menggunakan alat pres plastik untuk merekatkan dan mengemas produk. Ada juga mesinlain sebagain mesin pengemas produk anda.

  2. Jenis Produk

    Produk makanan ringan anda seperti apa bentuknya? Dan berapa jumah atau volume per pack yang akan anda gunakan. Perhitungan semacam ini sangat penting. Agar dapat ditentukan ukuran kemasan, bahan kemasan yang digunakan dan juga desainnya seperti apa.

    Jenis makanan ringan  yang mempunyai warna bagus dan harus dilihat produknya seperti roti cenderung diberi kemasan bening. Agar terlihat apakah sudah basi sebelum tanggal kadaluarsa dan juga untuk memperlihatkan kepada konsumen bentuk dari produknya.

  3. Sense of Quality Produk

    Dari kemasan akan terlihat bagaimana sebuah produk itu berkualitas atau tidak. Juga akan terlihat sekilas apakah produk ini mahal atau tidak.

    Kemasan produk yang baik mencerminkan keunggulan produk dan gambaran isi produk. Dengan memperhatikan bentuk, desain, keamanan bahan, cara pengiriman produk sampai ke tangan konsumen dan yang paling penting kualitas produk itu sendiri.

  4. Pemilihan Tema Desain Kemasan Makanan Ringan

    Pertama kali yang harus anda tentukan adalah menentukan target pasar. Kemudian tentukan tema dari desain kemasan makanan ringan anda. Jika targetnya anak – anak seusaikan dengan kegemaran mereka. Kartun, animasi dan warna – warna ceria ( warna – warni ) menarik perhatian mereka.

    Berbeda jika target pasar anda adalah dewasa. Desain yang tenang dan tidak terlalu ramai mudah untuk menarik perhatian. Tentukan juga tema agar nyambung dengan isi makanan ringan. Jika isinya adalah snack rasa ayam berikan tema ayam jagan tema sapi.

Cara menentukan desain kemasan makanan ringan yang menarik sangat lah sederhana. Terkadang kita sendiri yang membuat hal ini menjadi ribet.

Yang penting untuk dilakukan adalah jangan egois untuk melihat keinginan anda. Tapi lihatlah apa keinginan pasar dari produk anda.

Desain kemasan makanan ringan yang menarik dan produk yang dapat diandalkan. Didukung dengan pendistribusian produk makanan ringan yang aman akan sebanding dengan hasil yang dapat anda rasakan.

Agar desain mampu menarik perhatikan konsultasiakan dengan desainer grafis yang sanggup menangkap keinginan anda. Karena tidak semua desainer grafis mempunyai skill ini.

Semoga dengan artikel ini akan membantu anda dalam memilih desai kemasan makanan ringan anda. Salam sukses dari kami!